Sunday, February 4, 2018

30 Tips & Panduan Jalan-Jalan Liburan Pertama Kali ke Chiang Rai, Thailand


Suku Kahwi/Karen yang tinggal di Perkampungan di Provinsi Chiang Rai, Thailand

Ada dua destinasi populer di Thailand Utara yang patut kamu kunjungi yaitu kota Chiang Mai yang memiliki julukan 'Rose of the North' dan kenal juga dengan kota seribu kuil karena begitu banyaknya kuil yang ada di kota tua ini serta satu lagi yaitu kota Chiang Rai yang memiliki beberapa destinasi wisata budaya seperti perkampungan suku pedalaman Karen/Lahwi yang berleher panjang, White Temple yang mempesona serta kawasan segitiga emas (The golden triangle) yang berbatasan langsung antara Thailand, Myanmar dan Laos.
Untuk artikel kali ini kami ingin sharing tips dan panduan Jalan Jalan Liburan ke Chiang Rai khususnya bagi kamu yang pergi tanpa travel agent. Semoga tips dan panduan yang dapat saya berikan dapat membuat  liburan kamu menjadi lebih menyenangkan dan terencana mulai dari mendarat di Chiang Rai hingga hendak terbang keluar dari Thailand.


1.      Buatlah Paspor
Untuk kamu yang belum pernah keluar negeri dan belum memiliki paspor tentu saja harus membuat paspor terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Kamu bisa membuat passport dengan pengajuan secara prosedur normal atau dengan prosedur pengajuan online. Apa saja cara persyaratannya? Untuk detailnya kamu dapat membaca tautan berikut.
Untuk kamu yang sudah memiliki paspor pastikan masa berlaku paspor kamu saat tanggal keberangkatan ke Thailand tidak kurang dari 6 bulan dari masa akhir berlakunya paspor kamu. Jika kurang dari 6 bulan segeralah lakukan perpanjangan paspor agar perjalananmu berjalan sesuai rencana dan tidak di deportasi oleh imigrasi saat mendarat di Thailand atau saat sebelum terbang di bandara.



2.      Tentukan Tujuan
Yang harus kamu ketahui Thailand memiliki beberapa kota besar yang populer mulai dari Bangkok, Chiang Mai, Hat Yai, Phuket, Udon Thani, Pattaya, Pak Kret dan Nonthaburi serta puluhan pulau populer dengan pantai yang indah yang tersebar di Thailand. 
Pelajari Dulu Peta Thailand Untuk Bisa Melihat Posisi Kota atau Destinasi
Yang Hendak Kamu tuju, klik untuk memperbesar petanya. source: elzion
Kemudian kalau mau ke Chiang Rai tentukan dulu bagaimana rencanamu ke kota ini, apakah melalui jalur darat dari kota lain seperti Bangkok atau Chiang Mai. Atau apakah mau masuk ke kota Chiang Rai melalui jalur darat melalui negara lain seperti kota Houay Xai yang masuk territorial negara Laos. Atau apakah masuk melalui jalur udara yaitu bandara Chiang Rai.
Jawaban pertanyaan tersebut sangat berpengaruh dengan tiket pesawat tujuan mana yang sebaiknya kamu beli. Karena jika salah beli tujuan tentunya akan menyulitkan kita untuk menuju ke Chiang Rai baik karena keterbatasan waktu maupun budget yang ada. Detailnya akan kami sampaikan di point berikutnya.

3.      Hunting Tiket Pesawat
Apabila kamu sudah menentukan tujuan/ kota mana yang dikehendaki hal yang harus kamu lakukan tentu saja mencari tiket ke Thailand. Umumnya penerbangan internasional yang langsung dari Indonesia hanya ke Bangkok saja, jadi apabila kamu hendak ke kota Chiang Rai dapat menyambung dengan kereta, bus atau pesawat domestik yang melayani rute antar kota di Thailand. 
Bandara Internasional Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand
 Apabila kamu lebih memilih lewat jalur udara untuk maskapai penerbangan yang dapat kamu pilih dengan tujuan langsung dari Indonesia ke Bangkok diantaranya Air Asia, Garuda Airlines, Thai Airlines serta Bangkok Airlines. Kemudian dari Bangkok bisa naik maskapai domestik seperti Thai Airlines, Bangkok Airlines serta Air Asia.
Pesawat Air Asia
Alternatif lainnya untuk lewat jalur udara yaitu carilah tiket dari Jakarta atau kota besar di Indonesia dengan tujuan ke Kuala Lumpur untuk transit terlebih dahulu kemudian menyambung dengan penerbangan dari Kuala Lumpur ke Chiang Mai. Kemudian nanti sesampainya di Chiang Mai bisa melanjutkan perjalanan denan bus atau minivan ke kota Chiang Rai. Apabila kamu hendak menjelajah beberapa kota sekaligus perhitungkan juga jarak dan waktu tempuh yang dibutuhkan agar tidak dikejar-kejar waktu dan dapat menikmati perjalanan saat di Chiang Rai
Berapa budget untuk tiket pesawat ke Chiang Rai Thailand? Semua tergantung dari kota mana yang hendak kamu tuju dan apakah harga tiket yang kamu peroleh adalah harga promo atau normal. Sebagai gambaran jika promo kamu dapat memperoleh tiket ke Bangkok Thailand dengan harga tiket kisaran 800 ribuan untuk pulang pergi perorang, namun untuk harga normalnya kurang lebih 1 sampai 6 juta tergantung maskapai dan tujuannya.  
  Untuk kamu yang memiliki budget terbatas rasanya ikut hunting tiket promo adalah salah satu jalan menuju ke Thailand. Tiket promo dapat kamu dapatkan baik promosi yang diadakan online di website maskapai penerbangan maupun di event-event atau travel fair tertentu.  Apabila kamu memiliki waktu lebih rasanya dapat mempertimbangkan Air Asia, salah satu maskapai berbudget rendah favorit kami yang kerap memberikan tiket promo. Untuk pilihan moda transportasi lainnya secara detailnya akan kami jabarkan di point berikutnya ya.
"Selingan iklan"
Telah Terbit Buku Karya Saya Yang Berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina.
Telah terbit buku karya saya yang berjudul Overland. Penasaran bagaimana Trilogy buku ini? Baca Sinopsis lengkapnya disini : Buku Trilogy Overland - Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Sebuah memoar perjalanan jalur darat melintasi perbatasan 13 negara Asia Tenggara dan Daratan Cina.
Untuk teman-teman yang mau order atau tanya informasi detailnya boleh direct whatsapp ya +6287887874709. Bisa juga DM Instagram @travelographers,  beli di website Leutikaprio atau di link marketplace ini ya.
* Tokopedia
* Shopee
* Bukalapak


4.      Buat Itinerary
Untuk mempersiapkan perjalananmu menjelajah Chiang Rai ada baiknya mempersiapkan itinerary perjalanan minimal secara gambaran umumnya agar kamu sudah tahu kemana saja destinasi yang dapat kamu tuju. Hal ini juga untuk membuat perhitungan jarak dan waktu yang dibutuhkan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar Chiang Rai yang hendak kamu jelajahi. Sesungguhnya peta memang terlihat dekat namun waktu tempuh nya juga kita harus pertimbangkan seperti jadwal bus, minivan atau kereta yang menghubungkan destinasi yang kita tuju. 
Clock Tower, salah satu ikon kota Chiang Rai di Thailand

5.      Mencari Penginapan
Jika kamu backpackeran ke Chiang Rai dengan jadwal yang fleksibel rasanya untuk mencari penginapan secara on the spot/ go show masih sangat mungkin, hal inilah yang dua kali kami lakukan saat traveling ke Chiang Rai yang baru mencari penginapan saat tiba di kota yang kamu singgahi. Namun jika tujuan kamu adalah berlibur bersama keluarga, teman atau pasangan dengan jadwal perjalanan yang pasti tentunya melakukan pemesanan penginapan dari jauh-jauh hari adalah hal yang bijak sehingga dapat memastikan kamu memperoleh penginapan yang sesuai dengan selera kamu serta sesuai dengan budget yang kamu miliki. Rekomendasi saya untuk mencari penginapan di Chiang Rai Thailand baiknya carilah yang dekat dengan pusat kota, terminal bus Chiang Rai atau pasar malam Chiang Rai. 
Pengnapan kami selama di Chiang Rai. Dekat dengan pasar malam dan terminal bus Chiang Rai
Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya kami sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Thailand, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral kami di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher hingga sebesar 40 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. 

Rekomendasi saya untuk mencari penginapan di Bangkok Thailand baiknya carilah yang dekat dengan akses ke transportasi umum seperti kereta, bus atau tempat wisata. Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya kami sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Bangkok Thailand, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral saya di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher sebesar 40 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. Tertarik? Yuk Daftar airbnb.com disini. Untuk rekomendasi penginapan per kota lainnya di Thailand nanti akan kami sharing pada point atau artikel selanjutnya yang disesuaikan dengan kota yang hendak kamu tuju.



6.      Persiapkan Mata Uang Bath
Beberapa hari sebelum keberangkatan ada baiknya kamu telah menukarkan uang rupiah dan membeli Thailand Bath di money changer yang ada di dekat kota kamu. Hindari menukarkan uang di bandara karena umumnya nilai tukarnya sangat rendah. Jika tidak ada Thailand Bath kamu juga dapat menukarkan terlebih dahulu ke dalam mata uang USD (Dollar Amerika) untuk ditukarkan di money changer ketika sampai di Thailand. Dan baiknya jangan pernah berpikir juga untuk menukarkan uang Rupiah saat kamu tiba di Thailand karena nilai tukar Rupiah itu kurang bagus bahkan tidak semua money changer di luar negeri yang mau menerima Rupiah. Pastikan juga kamu menukarkan uang dengan jumlah yang cukup karena tidak semua tempat menerima kartu kredit. Gunakan kartu atm atau kratu kredit di Thailand saat darurat saja karena umumnya nilai tukarnya kurang bagus atau terkena biaya adminsitrasi tambahan.

7.      Bagaimana Dengan Visa?
Sesama anggota Asean negara Thailand memberlakukan bebas visa terhadap warga negara Indonesia yang hendak berkunjung untuk berwisata. Bebas visa yang berlaku untuk orang Indonesia apabila kamu masuk melalui jalur darat maka kamu akan mendapatkan izin tinggal dengan batas maksimum 30 hari namun jika kamu masuk melalui jalur darat mendapatkan izin tinggal yang lebih pendek yaitu dengan batas maksimum 15 hari saja.

8.      Tiba di Thailand Lewat Jalur Udara atau Jalur Darat
Apabila kamu pergi ke Thailand dengan pesawat terbang satu hal yang sebaiknya kamu lakukan yaitu dalam 1 atau 2 hari sebelum hari keberangkatan periksa kembali jadwal penerbangan apakah ada informasi penundaan atau pembatalan penerbangan untuk memastikan perjalanan kamu berjalan lancar. Setibanya di Thailand umumnya kamu harus melengkapi selembar formulir yang harus kamu isi sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk masuk ke negara Thailand. Pesan saya isilah semua kolom yang diwajibkan dengan lengkap mulai dari cara kedatangan, waktu kedatangan, keberangkatan maskapai yang dinaiki atau moda transportasi darat atau laut apa yang kamu gunakan.
Cek kembali jadwal penerbangan untuk memastikan tidak ada perubahan jadwal
 Kemudian saat berada di loket imigrasi kamu diwajibkan untuk melakukan pemindaian sidik jari guna dilakukan verifikasi dan pendataan bagi semua pendatang yang tiba di Thailand. Hal ini dilakukan untuk mencegahan masuknya kegiatan terorisme, identitas palsu atau perdagangan manusia di dalam negara Thailand. Ketika berharapan dengan petugas imigrasi berlakulah yang sopan dan mudah diajak bekerja sama tanpa perlu panik atau takut yang berlebihan.
Ikuti barisan antrean dengan tertib dan siapkan semua dokumen yang diperlukan yaitu paspor dan kartu imigrasi kedatangan dan keberangkatan yang telah kamu isi dengan lengkap. Agar dokumen tidak tercecer ada baiknya kamu menggunakan passport cover/ passport holder untuk menyimpan dokumen tersebut. Satu yang harus kamu ingat ketika giliran kamu hendak tiba selalu berdiri di belakang garis kuning/ garis pembatas sampai giliran kamu tiba dipanggil untuk menghampiri petugas imigrasi di loket tersebut.
 
9.      Mendarat langsung di Chiang Rai?
Kota di Thailand yang memiliki transportasi umum kereta MRT, BTS atau ARL (Airport Rail Link) hanya ada di ibu kota Bangkok saja sedangkan di kota Chiang Mai hanya ada transportasi umum seperti bus, song theaw (angkot) serta tuk-tuk. Jadi apabila kamu mendarat di Chiang Rai maka transportasi yang bisa kamu gunakan untuk ke penginapan atau ke pusat kota Chiang Mai yaitu taksi atau minivan yang dapat kamu sewa dari bandara.
Bandara Internasional Chiang Rai, Thailand

10.  Mendarat di Thailand dari kota Bangkok?
Sebagian besar orang yang baru pertama kali ke Thailand umumnya mendarat di kota Bangkok yang menjadi pintu masuk utama dari banyak maskapai penerbangan. Untuk maskapai penerbangan yang full service seperti Garuda Indonesia, Bangkok Airways, Thai Airways akan mendarat di Bandara International Suvarnabhumi sedangkan maskapai berbudget rendah seperti Air Asia akan mendarat di bandara Don Mueang. Untuk gambaran umumnya Bandara International Suvarnabhumi seperti bandara Soekarno Hatta yang letaknya berada di luar kota Jakarta sedangkan bandara Don Mueang seperti bandara Halim Perdana Kusuma yang letaknya berada dekat dengan pusat kota. 
Bandara Suvanabhumi di Bangkok, Thailand
Bandara Dong Mueang di Bangkok, Thailand
Apabila dari Bangkok kamu hendak melanjutkan perjalanan ke Chiang Rai  lewat jalur udara untuk maskapai penerbangan yang dapat kamu pilih yaitu naik maskapai domestik seperti Thai Airlines, Bangkok Airlines serta Air Asia. Lama perjalanan dengan pesawat yaitu sekitar 2,5 jam perjalanan. Apabila kamu hendak melanjutkan perjalanan ke Chiang Rai lewat jalur darat bisa memilih naik kereta api maka kamu harus transit di kota Chiang Mai terlebih dahulu karena tidak ada jalur kereta api ke kota Chiang Rai. Alternatif lain yaitu naik bus baik yang ke Chiang Mai dulu maupun yang langsung ke Chiang Rai. Untuk waktu yang lebih efesien pilihlah jadwal keberangkatan kereta atau bus di malam hari, mengingat jarak perjalanan ke Chiang Rai lewat jalur darat lebih dari 10 jam.



11.  Naik Taksi
Taksi adalah salah satu transportasi umum yang bisa diandalkan di Chiang Rai mengingat di kota ini tidak ada transportasi kereta seperti MRT, BTS atau Airport Rail Link. Jika kamu menggunakan aplikasi Grab/ Uber rasanya bisa jadi pilihan lain mengingat lebih aman karena kamu tidak perlu menawar harga ongkos taksi terlebih lagi tidak semua supir taksi bisa berbahasa Inggris.
Taksi resmi yang kami tumpangi dari bandara Chiang Rai ke pusat kota Chiang Rai
12.  Song Theaw
Di Chiang Rai Thailand ada angkutan umum yang dikenal dengan nama Song Theaw. Bentuknya seperti angkot namun pintunya berada di belakang, bisa dibilang seperti mobil omprengan dengan kap penutup seperti yang ada di Indonesia. Untuk ongkosnya baru diberikan setelah kita mau turun dan akan dikenakan ongkos sesuai dengan seberapa jauh jaraknya. Setiap song theaw disini umumnya tertulis nomor angkutan atau tujuannya yang tertera di kaca bagian depan mobil song theaw. 
Song Theaw di Terminal bus Chiang Rai
 Ada baiknya googling dulu lebih detail tentang nomor dan jalur song theaw ini apabila kamu hendak mencoba naik angkutan umum ini agar tidak tersesat kecuali kalau niat kamu memang untuk berkeliling tanpa tujuan yang pasti hitung-hitung mencari pengalaman hidup.

13.  Tuk-Tuk
Salah satu transportasi umum paling populer di Chiang Rai Thailand yaitu tuk-tuk, sebuah kendaraan roda tiga seperti bajaj namun dengan tempat duduk untuk penumpang yang terbuka. Bagian tertutupnya hanya pada atap untuk melindungi penumpang dari hujan dan panas. Sebelum naik pastikan dulu kamu sudah sepakat dengan ongkosnya, jangan ragu untuk menawar jika harganya terlalu mahal. Keuntungan tuk-tuk adalah supirnya dapat sekaligus menjadi pemandu jalan yang bisa mengantarkan mu ke tempat-tempat destinasi wisata yang kamu ingin tuju.
Tuk-tuk di Chiang Rai, Thailand
14.  Kereta Api Antar Kota ke Chiang Rai
Yang perlu kamu ketahui tidak ada jalur kereta api ke kota Chiang Rai. Apabila kamu hendak naik kereta api misalnya dari pusat kota Bangkok maka kamu harus transit terlebih dahulu di kota Chiang Mai. Kemudian dari kota Chiang Mai untuk menuju kota Chiang Rai kamu harus menyambung bus atau minivan dengan tujuan Chiang Rai.
Untuk tiketnya ada baiknya kamu melakukan pemesanan beberapa hari sebelum tanggal keberangkatan agar dapat tiket sesuai dengan yang kamu inginkan. Di Thailand terdapat beberapa kelas tiket mulai dari sleeper train dimana terdapat kasur untuk tidur dan cocok untuk perjalanan panjang yang dilakukan pada malam hari, tiket kereta kelas 2 yaitu tempat duduk yang empuk serta tiket kereta kelas 3 yaitu seperti tiket ekonomi di Indonesia.

15.  Bus Antar Kota di Chiang Rai Thailand
Untuk bepergian antar kota dari Chiang Rai kamu dapat menggunakan transportasi bus antar kota dengan ongkos yang relative murah dibanding naik pesawat. Untuk menghemat waktu apabila dibutuhkan perjalanan yang panjang pilihlah jadwal keberangkatan yang malam hari sehingga akan tiba pada pagi harinya. Selain hemat waktu kamu juga dapat menghemat biaya penginapan. 

Bus antar kota di terminal bus Chiang Rai
 Untuk pembelian tiket bus dapat kamu lakukan langsung di terminal bus nya atau membeli pada agen perjalanan resmi, hostel atau tempat penginapan kamu menginap. Itulah kelebihan penginapan di Chiang Rai Thailand yang umumnya memiliki fasilitas untuk membantu pemesanan tiket baik bus, kereta maupun moda transportasi lainnya. Rute bus favorit dari kota Chiang Rai diantaranya tujuan ke Chiang Mai, tujuan ke perbatasan Laos, tujuan ke Chiang Saen, serta ke kota Bangkok.
Bus umum dalam kota di Chiang Rai, Thailand


16.  Mini Van Antar Kota di Chiang Rai Thailand
Untuk tujuan tertentu di kota Chiang Mai, terkadang jadwal bus tidak sebanyak jadwal keberangkatan minivan yang juga melayani rute antar kota. Jadi apabila kamu mengejar waktu ada baiknya juga mencari info mengenai keberadaan dan jadwal mini van yang dapat mengantarkan kamu ke kota tujuan. Untuk ongkos umumnya naik mini van lebih mahal sedikit dibandingkan naik bus antar kota. 
Minivan antar kota dari Chiang Rai, Thailand
Untuk pembelian tiket naik mini van antar kota  kamu lakukan langsung di terminal bus nya atau membeli pada agen perjalanan resmi, hostel atau tempat penginapan kamu menginap. Itulah kelebihan penginapan di Thailand yang umumnya memiliki fasilitas untuk membantu pemesanan tiket baik bus, kereta maupun moda transportasi lainnya. Rute minivan favorit dari kota Chiang Mai diantaranya tujuan ke Chiang Mai, tujuan ke Chiang Khong, tujuan ke Chiang Saen, tujuan ke Pai serta ke kota Bangkok.

17.  Bahasa
Umumnya tulisan yang banyak kamu lihat saat berada di Thailand tentu saja aksara Thailand yang menyerupai tulisan jawa kuno honocoroko yang sulit dimengerti. Namun untungnya di kota-kota besar dan tempat pariwisata umumnya telah dilengkapi dengan bahasa inggris yang dapat kita baca dan mengerti. Untuk bahasa percakapan umumnya menggunakan bahasa Thailand dan English. Jika kamu tidak bisa berbahasa Inggris atau orang yang kamu temui tidak bisa bahasa Inggris maka pergunakanlah bahasa tubuh yang dilengkapi dengan tulisan agar bisa menjalin komunikasi yang baik. Dan selalu ingat tersenyum yang merupakan bahasa universal yang dapat dimengerti oleh semua bangsa.
haadyai, hatyai, thailand, south thailand, songtheaw, temple, backpacking thailand, kota hatyai, hatyai railway station, stasiun hatyai
Salah Satu Loket Penjualan Tiket di Terminal Bus Dengan Display Bahasa Thailand

18.  Minuman & Makanan halal
Apabila kamu muslim yang hendak mencari makanan halal perhatikan dengan seksama tempat dimana kamu membeli makanan. Apabila kamu hendak makan pastikan di gerai makanan tersebut terdapat tulisan “no pork no lard” atau kamu dapat menanyakan langsung kepada penjualnya apabila tidak ada tulisan tersebut. Jika tidak ada tulisan tersebut ada baiknya mencari kedai lainnya.
Ragam kulineran yang bisa ditemukan di Chiang Rai Night Market/ Night Bazaar
Ragam kulineran yang bisa ditemukan di Chiang Rai Night Market/ Night Bazaar

Ragam kulineran yang bisa ditemukan di Chiang Rai Night Market/ Night Bazaar
Ragam kulineran yang bisa ditemukan di Chiang Rai Night Market/ Night Bazaar
Ragam kulineran yang bisa ditemukan di Chiang Rai Night Market/ Night Bazaar
Ragam kulineran yang bisa ditemukan di Chiang Rai Night Market/ Night Bazaar

Ragam kulineran yang bisa ditemukan di Chiang Rai Night Market/ Night Bazaar
Ragam kulineran yang bisa ditemukan di Chiang Rai Night Market/ Night Bazaar

Ragam kulineran yang bisa ditemukan di Chiang Rai Night Market/ Night Bazaar
Ragam kulineran yang bisa ditemukan di Chiang Rai Night Market/ Night Bazaar
Ragam kulineran yang bisa ditemukan di Chiang Rai Night Market/ Night Bazaar
Ragam kulineran yang bisa ditemukan di Chiang Rai Night Market/ Night Bazaar
Ragam kulineran yang bisa ditemukan di Chiang Rai Night Market/ Night Bazaar
Ragam kulineran yang bisa ditemukan di Chiang Rai Night Market/ Night Bazaar
Thailand terkenal dengan aneka kulinernya jadi luangkan waktumu untuk mencoba aneka masakan yang makanan yang ada baik yang kamu temukan di kedai restoran ternama atau di pinggir jalan yang ada di pasar malam dan tempat-tempat pariwisata. Untuk referensi makanan di Thailand bacalah artikel ini. 15 Kuliner Street food yang patut kamu coba saat traveling ke Thailand.
Makanan halal di kota Chiang Rai yang bisa kamu temui diantaranya kebab, pancake serta buah-buahan. Rekomendasi kami berjalanlah ke arah Chiang Rai Night market dimana kamu bisa menemukan beragam jenis seafood atau kue-kue yang terbilang halal dan aman untuk disantap bagi kamu yang muslim.

19.  Pakaian
Ketika kamu berkunjung ke Chiang Rai Thailand tentunya mengunjungi kuil ternama salah satunya Wat Rong Khun atau White Temple (Kuil Putih). Oleh karena itu jadi sebaiknya persiapkan pakaian yang sopan saat mengunjungi kuil tesebut sebagai bentuk menghormati dan menghargai umat Buddha yang sedang beribadah di tempat itu. Untuk beberapa kuil sebelum masuk umumnya tanggalkan alas kaki untuk menjaga kebersihan dan sebagai bentuk penghormatan terhadap tempat ibadah yang kita singgahi.
Pakaian Sopan Saat Berada di Kuil Atau Tempat Keagamaan
 20.  Cuaca
Di Chiang Rai Thailand memiliki cuaca yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia yaitu ada musim hujan dan musim kemarau. Jadi carilah informasi mengenai prakiraan cuaca di tanggal keberangkatan kamu serta kota tujuan kamu agar dapat mempersiapkan pakaian yang sesuai.



21.  Open Trip
Salah satu kelebihan Thailand mereka mengemas sebuah paket tur dengan sangat baik yaitu dengan banyaknya paket perjalanan open trip. Open trip disini yaitu paket perjalanan dengan jadwal regular ke sebuah destinasi populer dengan konsep biaya sharing cost sehingga umumnya harga paketnya lebih terjangkau. Jadi kita tidak perlu menyewa kendaraan sendiri atau pemandu untuk membawa kita ke sebuah destinasi melainkan kita akan bergabung dengan peserta trip lain dari berbagai negara. Selain harganya lebih murah juga kita bisa berkenalan dan menambah teman baru dari berbagai negara. Untuk memesan open trip ke sebuah destinasi kami rekomendasikan belilah di hostel, penginapan kamu atau agen perjalanan terpercaya. 
Rombongan open trip ke kawasan segitiga emas (The golden triangle) dari Chiang Saen
Open trip yang paling populer dan direkomendasikan selama di Chiang Rai yaitu trip ke kawasan segitiga emas The Golden Triangle serta ke perkampungan suku leher panjang Karen/Lahwi yang ada di kota Chiang Rai.

22.  Sewa Motor
Salah satu cara untuk menghemat biaya saat menjelajah Chiang Rai yaitu dengan menyewa motor karena tidak semua destinasi wisata ada open tripnya. Dan terkadang biaya open tripnya juga terbilang mahal untuk destinasi tertentu. Pengalaman kamisewa motor di Thailand cukup mudah kamu hanya menyerahkan paspor atau ID card sebagai jaminan dan uang sewa motor yang berkisar mulai dari 200 bath tergantung dari tipe sepeda motor yang kamu sewa. Umumnya sewa motor tidak termasuk bensin jadi kamu perlu mengisi bensin sendiri yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Sewa motor cocok untuk kamu yang berjiwa petualang dan berani nyasar karena ketika menjelajah ke sebuah tempat atau destinasi kamu hanya mengandalkan peta dan insting pejalan.
Tempat penyewaan motor kami selama di kota Chiang Rai, Thailand
Menjelajah Chiang Rai dan kota sekitarnya dengan sepeda motor sewaan
2 sepeda motor yang kami sewa untuk menjelajah Chiang Rai dan kota sekitarnya

 23.  Mintalah Kartu Nama Penginapan
Saat di penginapan baiknya kamu meminta kartu nama yang tertulis alamat penginapan dengan jelas. Hal ini dapat kamu gunakan just in case kamu tersesat sehingga dapat memudahkan kamu pada saat bertanya kepada orang lain di jalan atau dengan supir taksi/ tuk-tuk untuk mengantarkan kembali ke penginapan.

24.  Internet
Ketika pertama kali saya ke Thailand saya hanya memanfaatkan free wifi yang diperoleh di penginapan atau fasilitas umum dan tidak membeli paket internet disana dengan alasan ingin menikmati menjelajah negerinya dibanding sibuk bermain gadget (baca: padahal budget terbatas hehe). Namun pada saat kedua kalinya ke Thailand akhirnya saya membeli kartu sim card lokal yang dapat di beli di minimarket seperti 711. Belilah paket data sesuai kebutuhan dan minta tolonglah penjaga minimarket itu untuk mengaktifkan data kamu.
Kalo kamu kamu pakai roaming dengan sim card/ kartu provider indonesia bisa aktifkan roaming salah satunya dengan paket data XL . Jika kamu mau mengisi pulsa di luar negeri bisa isi pulsa secara online melalui aplikasi sepulsa, keuntungannya selain mudah, praktis, aman dan lebih murah.

25.  Wat Rong Khun atau White Temple (Kuil Putih).
Wat Phrathat Doi Suthep merupakan kuil yang paling populer di kota Chiang Mai. Kuil ini adalah kuil tersuci dan tersakral di kota ini. Untuk mencapai ke kuil ini apabila kami memilih naik angkutan umum maka naiknya song theaw dengan tujuan / rute ke Doi Suthep. Apabila kamu hendak merasakan petualangan maka kamu bisa menyewa sepeda motor sendiri untuk mencapai tempat ini dari pusat kota. Apabila kamu bersama rombongan rasanya sewa minivan atau mengikuti open trip adalah salah satu cara paling efesien agar perjalanan lebih mudah dan menyenangkan. 
Keindahan White Temple di Chiang Rai, Thailand
Salah satu karya seni kontemporer yang bisa dijumpai di White Temple, Chiang Rai
 26.  Black House
Tak hanya dikenal dengan White Templenya yang bernuansa putih, di kota juga terdapat Black House yang dikenal dengan Baan Dam. Black House ini merupakan rumah karya dari seniman yang bernama Thawan Duchanee yang kontroversial sama halnya dengan awal pembangunan White Temple. Bangunan yang didominasi warna hitam dengan suasana misterius ini tentunya berbanding terbalik dengan White Temple. Apabila kamu hendak ke tempat ini catatlah alamatnya Black House di Moo 13, Tambon Nang Lae, Muang, Chiang Rai.



27.  Taman Nasional Doi Inthanon
Doi Inthanon adalah sebuah taman Nasional yang terdapat bangunan dua chedi/ stupa besar untuk Raja dan Ratu Thailand yang dibangun di puncak gunung tertinggi di Thailand, tepatnya di kawasan Taman Nasional Doi Inthanon. Jarak dari pusat kota Chiang Mai ke taman nasional ini sekitar 100 kilometer. Apabila kamu berbudget terbatas dan memiliki jiwa petualang maka kamu bisa menyewa sepeda motor untuk mencapai tempat ini. Namun jika kamu memiliki keterbatasan waktu dan tenaga serta memiliki sedikit budget lebih maka ikutilah open trip yang bisa dibeli di penginapan atau agen perjalanan di kota Chiang Mai untuk bisa mengunjungi tempat ini.
Keindahan dua chedi di Doi Inthanon, Thailand
Doi Inthanon memiliki taman bunga yang indah dan penuh warna

28.  Perkampungan Leher Panjang Suku Karen/Lahwi
Di Thailand sendiri ada sekitar 23 kelompok etnik minoritas yang disebut suku perbukitan. Suku Kayan Lahwi/ Karen termasuk yang terbesar dari enam suku perbukitan yang berasal dari Myanmar. Suku Kayan Lahwi/ Karen yang masih dalam kelompok etnis yang berada di Myanmar yang kemudian berimigrasi ke Thailand bagian Utara. Apabila kamu hendak berkunjung ke perkampungan suku Karen/ Lahwi, maka luangkan waktu minimal 1 hari untuk mengikuti open trip atau tour untuk ke kota Chiang Rai baik yang hanya half day trip khusus ke perkampungan leher panjang saja atau yang one day full dengan paket lengkap berkunjung ke kawasan segitiga emas (The golden triangle) yang merupakan perbatasan antara Thailand, Myanmar dan negara Laos.
Mengunjungi Perkampungan suku berleher panjang Karen di Chiang Rai
Mengunjungi Perkampungan suku berleher panjang Karen di Chiang Rai
Mengunjungi Perkampungan suku berleher panjang Karen di Chiang Rai

Mengunjungi Perkampungan suku berleher panjang Karen di Chiang Rai

29.  Kawasan Segitiga Emas (The Golden Triangle)
Kawasan segitiga emas umumnya adalah tujuan utama para wisatawan atau petualang berkunjung ke kota Chiang Mai atau Chiang Rai. Keunikan tempat ini yaitu kamu bisa melihat perbatasan 3 negara yaitu Thailand, Myanmar serta negara Laos. Apabila kamu hendak berkunjung ke perkampungan suku Karen/ Lahwi, maka luangkan waktu minimal 1 hari untuk mengikuti open trip atau tour untuk ke kota Chiang Rai baik yang hanya half day trip khusus ke perkampungan leher panjang saja atau yang one day full dengan paket lengkap berkunjung ke kawasan segitiga emas (The golden triangle).
Kawasan Segitiga Emas, dari titik ini kita bisa melihat 3 negara yaitu Thailand, Myanmar dan Laos
Kawasan Segitiga Emas, dari titik ini kita bisa melihat 3 negara yaitu Thailand, Myanmar dan Laos

30.  Wisata Belanja & Oleh-Oleh
Salah satu budaya orang Indonesia kurang lengkap rasanya apabila tidak berbelanja Chiang Rai dan membawa oleh-oleh ketika pulang. Untuk mencari oleh-oleh saya sarankan belilah di pasar malam, kedai-kedai atau kios di pasar tradisional atau di dekat kuil-kuil yang menjadi tempat wisata karena umumnya harganya lebih murah dibandingkan oleh-oleh yang ditawarkan di mal-mal dan pusat perbelanjaan ternama. 
Salah satu akses pintu masuk ke Chiang Rai Night Bazaar, Thailand
Suasana pasar malam Chiang Rai. Semakin malam semakin ramai
Suasana pasar malam Chiang Rai, Thailand
Suasana pasar malam Chiang Rai. Semakin malam semakin ramai
Salah satu souvenir yang bisa dibeli di pasar malam Chiang Rai, Thailand
Salah satu souvenir yang bisa dibeli di pasar malam Chiang Rai, Thailand
Hiburan band di pasar malam Chiang Rai
MC di panggung pasar malam Chiang Rai, Thailand
Makan malam sambil menikmati hiburan di pasar malam Chiang Rai
Mengabadikan momen dengan teman seperjalanan Yayan.
Beberapa souvenir khas Chiang Rai yang bisa dibeli di pasar malam Chiang Rai
 Apabila kamu membeli di pasar malam jangan ragu untuk menawar dan membandingkan terlebih dahulu dengan penjual lainnya agar mendapatkan gambaran harga pasarnya sehingga kita bisa mendapatkan harga terbaik. Sebelum membeli oleh-oleh atau barang yang kamu incar ada baiknya persiapkan kalkulator kecil atau kertas dan pulpen yang dapat kamu gunakan sebagai media untuk tawar menawar mengingat banyak penjual di Thailand yang tidak bisa berbahasa Inggris. Salah satu pasar yang kami rekomendasikan untuk dikunjungi ketika di Chiang Rai yaitu di Chiang Rai Night Market.


Semoga tips jalan-jalan liburan untuk kamu yang baru pertama kali ke Chiang Rai Thailand bermanfaat. Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang Chiang Rai Thailand yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini. Salam Pejalan.


Baca Artikel Tentang Thailand lainnya disini
           #Cross Border : Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Hatyai Thailand Selatan

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan. 


1 comment:

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.