Thursday, February 18, 2016

Sepenggal Cerita Di Jalan Bangla & Kulineran di Pasar Malam Phuket Thailand


bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Beragam Menu Yang Tampak Lezat di Pasar Malam Phuket Namun Tidak Terjamin Kehalalannya.
Disaat lampu jalanan mulai terang benderang, disaat itulah kehidupan malam di Bangla Road dimulai. Jedag-jedug dentuman lagu dari berbagai aliran musik terdengar begitu meriah sesaat jalan tersebut ditutup untuk kendaraan dan disulap menjadi jalan khusus pejalan kaki dan pusat keramaian malam. Beberapa wanita dan waria dengan dandanan yang menor dan berbaju minim mulai berdiri di sepanjang jalan itu mempromosikan café, lounge dan tempat hiburan.
Kami menyeruak keramaian jalan itu untuk mencari makan malam. Beberapa pramuniaga pun ikut menawarkan kami untuk melihat pertunjukan penari waria dan wanita yang harganya tertera pada selembar kertas berlaminating yang berisi daftar harga yang mereka tawarkan. Dengan sopan kamipun berlalu tidak mengindahkan mereka dan lebih memilih menuju pasar malam untuk mencari makanan halal. Perut yang lapar, uang yang terbatas dan iman yang kuat (*eeeh,) adalah alasannya kami menolak tawaran tersebut.
Bangla Boxing Stadium, The Real Fight at nine PM, Tonight!, Tonight!, Tonight!”
“Bangla Boxing Stadium, The Real Fight at nine PM, Tonight!, Tonight!, Tonight!”
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Suasana Jalan Bangla di Malam Hari
Sayup-sayup suara promosi yang diputar pada pengeras suara mulai terdengar semakin nyaring. Sebuah mobil dengan bak terbuka yang dimodifikasi memiliki atap yang berbentuk podium di bagian atasnya berlalu melalui kami. Seorang atlet Thai Boxing berada di atas atap tersebut yang dikelilingi bendera dari beberapa negara sembari memperagakan gerakan tinjunya untuk mempromosikan Thai Boxing yang setiap malamnya di gelar di Bangla Boxing Stadium. Di hampir semua body mobil tersebut penuh oleh cutting stiker foto-foto petarung dari beberapa negara yang akan meramaikan pertandingan tersebut.
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Bangla Boxing Stadium di Phuket, Thailand
 Dalam perjalanan kami menikmati suasana keramaian di Bangla Road dan Pantai Patong sudah beberapa kami mobil seperti ini berkeliling kota melewati kami dan semakin gencar mempromosikannya.
 “Bangla Boxing Stadium, The Real Fight at nine PM, Tonight!, Tonight!, Tonight!”
“Bangla Boxing Stadium, The Real Fight at nine PM, Tonight!, Tonight!, Tonight!”
Sampai-sampai, saking seringnya mendengar tagline promosi tersebut kami sudah hafal dengan iklan itu karena terus diputar berulang-ulang. Bang Amin pun sempat berceloteh akan dibuatkan ringtones khusus untuk ini..”Hahaha.. ada-ada saja celotehnya” Entah mengapa setiap kali mobil yang mempromosikan Thai Boxing itu lewat, kami bisa tertawa sepanjang jalan membuat lelucon akan tagline iklan tersebut. Dengan aksen Thailand dan nada yang khas yang begitu membekas diingatan, kamipun berkali-kali menirukan suara itu.. “Tonight!, Tonight!, Tonight!” dan diikuti dengan tawa canda kecerian bersama sahabat perjalanan. “Hahaha…”
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Pasar Malam Phuket Yang Tidak Jauh Dari Jalan Bangla Dan Pantai Patong
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Sajian Ayam Goreng di Pasar Malam Phuket, Thailand
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Salah Satu Kedai Halal di Pasar Phuket, Thailand
Berputar-putar mengelilingi café di sekitar Patong agak sulit untuk mencari makanan halal selain masakan India atau cemilan seperti pancake. Kami terus berjalan hingga melewati Patong Shopping Paradise dan berlabuh ke pasar malam di Patong yang terkenal dengan surga kuliner jalanan dengan harga yang murah itu. Disinipun banyak tersebar aneka ragam makanan yang tampak menggiurkan, hanya saja karena beberapa tampak tidak halal kamipun tak berani mengambil resiko untuk mencobanya.
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Telur Puyuh Goreng Yang Dijual Perpaket.

bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Sajian Kuliner di Pasar Malam Phuket, Thailand

Akhirnya kami lebih memilih banyak kuliner mencicipi berbagai jenis kue dan jajanan khas Thailand berharap bisa kenyang dengan makan jalanan tersebut. Satu persatu lapak yang tampak halal kami singgahi dan cicipi bersama. Barisan ketan yang bewarna ungu dengan topping buah nangka, mangga, abon dan sejenis wijen di atasnya yang disajikan di atas daun pisang tampak menggugah selera. Beberapa kue pancong dengan potongan pisang juga tampak lezat, ditemani oleh barisan kue lapis yang beraneka warna. Telur puyuh goreng yang digoreng garing di bagian pinggirnya namun kuningnya dibuat setengah matang juga menggoda. Kress..
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Sajian Ketan Dengan Berbagai Macam Topping
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Beberapa Cupcakes Yang Dijual di Pasar Malam Phuket
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Telur Putuh Yang digoreng Dengan Pinggiran Yang Garing Dan Renyah
Salah satu yang membuat kami menitikkan air liur karena kelezatannya begitu menggoda yaitu deretan nacos khas Thailand yang tampak begitu renyah dan manis dengan taburan parutan kelapa dan wijen yang telah disangrai kering di atasnya disusul Muslim pancake dengan pilihan rasa pisang, kelapa, jagung serta kismis yang dijual disebuah lapak dengan label halal di atasnya. 
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Bersama Bang Amin Menikmati Sajian Kuliner di Pasar Malam Phuket
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Sweet Nacos Dengan Krim Kelapa Yang Nikmat, Renyah!
Memang dasar perut Indonesia, kalau belum ketemu nasi tetap saja rasanya kami belum makan malam. Beberapa cemilan yang telah kami santap bersama masih terasa belum nendang. Akhirnya kami menuju ke sebuah tempat bernama Jung Ceylon Mal yang di dalamnya terdapat berbagai outlet frenchise dunia untuk mencari makanan berat sekaligus menikmati pertunjukan gratis air mancur dan laser yang dikenal dengan nama Water Fountain Show yang patut untuk dilihat ketika berkunjung ke pantai Patong. 
jung ceylon mall, bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Pertunjukan Air Mancur di Dalam Jung Ceylon Mal, Phuket
jung ceylon mall, bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Pertunjukan Water Fountain Show di Dalam Jung Ceylon Mal, Phuket
jung ceylon mall, bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Bang Amin dan Bang Coy Yang Begitu Lahap Menikmati Sajian Menu di KFC Jung Ceylon Mal Phuket
Karena cukup sulit mencari menu halal disini, kami memutuskan untuk ke sebuah frenchise ayam goreng bapak tua beruban putih yang sudah memiliki jaringan di seluruh dunia di tempat ini. Selain halal seharusnya dari sisi harga tidak semahal makanan di café atau lounge yang ada di sepanjang pantai Patong. Akhirnya hari ini di tutup dengan menyantap sebuah menu yang tampak menarik di restoran ini yaitu menu Thai Green Chicken Curry. Sebuah menu yang menyajikan nasi dengan kari hijau ayam yang merupakan salah satu masakan Thailand yang populer disini. Mungkin beginilah kebanyakan perut Indonesia, baru kenyang setelah ketemu nasi. 

Baca Episode Sebelumnya disini

           Baca Artikel Tentang Thailand disini

Follow my instagram @travelographers , twitter account @travelographers 
 and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)


5 comments:

  1. Thailand iini yg bikin gw selalu rindu dan ngak pernah bosan itu kuliner nya JUARA
    Btw kamu mangkal di bangla kak ???? inget lho jangan sembarangan, mesti pake kondom kalo main hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk.. alhamdulillah untunnya nggak khilaf cum, inget isi dompet yang pas-pasan wkwkwkwkwkkwkwk

      Delete
  2. jadi penasran sama kuliner thailand yang katanya enak-enak dan pas banget dengan lidah indonesia ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya rasanya enak dan harganya murah pas sesuai dengan kocek yang pas-pasan hehehe

      Delete
  3. jadi kangen ke thailand lagi nih :( mau halan halan kesana tapi temen-temen lagi pada sibuk semua

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.