Thursday, April 14, 2016

15 Kuliner Pinggir Jalan Yang Patut Kamu Cobain Saat Traveling di Thailand

Nacos Manis Khas Thailand

“People will travel anywhere for good food, it’s crazy.” Tidak sedikit orang rela menempuh jarak beratus-ratus hingga ribuan kilometer jauhnya untuk bisa mencicipi sajian kuliner yang otentik dari suatu daerah atau sebuah negara. Berwisata kuliner katanya. Karena memang untuk urusan rasa lidah tidak pernah bohong dimana ada sensasi yang berbeda apabila kita menikmatinya di tempat asalnya. Terlebih lagi ada beraneka ragam sajian kuliner dengan  racikan bumbu yang khas yang mungkin tidak dapat ditemukan di tempat lain.
Ada juga golongan orang yang memang menyisipkan agenda wisata kuliner di tengah liburannya ke sebuah destinasi. Salah satu destinasi yang memiliki sajian kuliner yang beragam favorit kami tentu saja aneka makanan pinggir jalan saat kamu traveling di kawasan Asia Tenggara salah satunya negara Thailand. Karena terkadang makanan otentik dari sebuah daerah bukan datang dari restoran mahal yang ada di kota tersebut melainkan makanan yang tersaji di pinggir-pinggir jalan atau pasar tradisional yang ada di kota itu. Berikut beberapa ragam kuliner pinggir jalan yang patut kamu cobain saat traveling di Thailand.

1.         Nasi Goreng dan Nasi Ayam di Pasar Malam Krabi
Apabila kamu menginap di sekitar pusat kota Krabi rasanya mengunjungi pasar malam Krabi untuk mencari kulinernya adalah patut kamu lakukan. Selain terdapat beberapa pilihan menu halal harganya juga terbilang murah dengan pilihan menu yang beragam. Salah satu menu yang paling ramai di beli orang yaitu nasi goreng atau nasi ayam yang di jual dalam bungkus sterofoam dengan harga berkisar 40-60 Bath per porsinya. Rasanya? Bisa dibilang cita rasa yang khas dari masakan di Thailand bagian selatan cukup pedas namun disanalah sensasinya sehingga dapat memanjakan lidah khususnya bagi kamu pecinta makanan pedas.
moslem in thailand, krabi, night market, street vendor, islam thailand, pasar malam, menu halal thailand
Salah Satu Penjaja Makanan Halal di Pasar Malam Kota Krabi
Menu Nasi Goreng Dan Nasi Ayam Dengan Racikan Bumbu Thailand
2.         Goreng-Gorengan di Pasar Muslim Krabi
Salah satu my guilty pleasure adalah menikmati aneka gorengan yang dijual di pinggir-pinggir atau pasar tradisional. Salah satu yang membuat saya kalap adalah ketika secara tidak sengaja menjumpai sebuah pasar muslim di provinsi Krabi Thailand dimana banyak tersaji beraneka sajian kuliner yang halal dan menggugah selera. Disini terdapat beraneka ragam gorengan mulai dari sosis goreg, daging goreng, bakso goreng, nugget goreng, fish cake goreng, ayam goreng hingga kue-kue goreng. Yang harus kamu perhatikan umumnya untuk makanan frozen seperti bakso, sosis dan nugget mengandung pewarna makanan jadi lihatlah terlebih dahulu tekstur dan warnanya. Pewarna makanan yang baik seperti Textured Soy Protein umumnya digunakan di industri makanan pengolahan daging seperti ini.
moslem in thailand, krabi, night market, street vendor, islam thailand, pasar malam, menu halal thailand
Ada Berbagai Menu Bakar Dan Gorengan Yang Disajikan Di Lapak Warung Ini
moslem in thailand, krabi, night market, street vendor, islam thailand, pasar malam, menu halal thailand
Pedagang Muslim Lainnya Yang Turut Berdagang Di Pasar Ini
 3.         Makanan Panggang & Bakar di Pasar Muslim Krabi
Aroma daging yang di panggang dan dibakar selalu ngga pernah salah untuk dinikmati oleh indra penciuman kita. Aroma keharuman yang dijajakan di sepanjang lapak pedagang di pasar muslim Krabi ini sungguh menggoda iman. Jika kamu ke Krabi coba carilah pasar muslim ini yang letaknya tidak jauh dari Pantai Noppharat Thara dan Pantai Ao Nang.
moslem in thailand, krabi, night market, street vendor, islam thailand, pasar malam, menu halal thailand
Salah Satu Pedagang Yang Sedang Membakar Aneka Daging dan Hidangan Laut
moslem in thailand, krabi, night market, street vendor, islam thailand, pasar malam, menu halal thailand
Berbagai Macam Bakso Tusuk Yang Telah Dilumuri Bumbu Ini Juga Begitu Nikmat Rasanya
4.         Kue Basah di Pasar Muslim Krabi
Beberapa jenis jajanan pasar yang tampak manis dengan taburan parutan kelapa di atasnya juga terlihat menggiurkan untuk dicoba ketika blusukan di pasar muslim Krabi ini. Ada kue yang berwarna coklat seperti ongol-ongol, ada kue yang berwarna putih yang dibalut daun pisang, ada juga kue yang serupa dengan kue kelepon hanya saja bentuknya memanjang. 
moslem in thailand, krabi, night market, street vendor, islam thailand, pasar malam, menu halal thailand
Penjaja Kue Yang Berjilbab Merah Jambu
5.         Cemilan Manis di Pasar Malam Patong Phuket
Ketika sampai di Phuket salah satu tempat yang kami tuju yaitu pasar malamnya yang tidak jauh dari Pantai Patong dan Jalan Bangla. Beberapa kue pancong dengan potongan pisang tampak lezat, ditemani oleh barisan kue lapis yang beraneka warna. Kalo kamu datang kesini disaat kondisi perut sedang lapar dijamin kalap.
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Sweet Nacos Dengan Krim Kelapa Yang Nikmat, Renyah!
Salah satu yang membuat kami menitikkan air liur karena kelezatannya begitu menggoda yaitu deretan nacos khas Thailand yang tampak begitu renyah dan manis dengan taburan parutan kelapa dan wijen yang telah disangrai kering di atasnya disusul Muslim pancake dengan pilihan rasa pisang, kelapa, jagung serta kismis yang dijual di sebuah lapak dengan label halal di atasnya.

6.        Ketan Manis di Pasar Malam Patong Phuket
Barisan ketan yang bewarna ungu dengan topping buah nangka, mangga, abon dan sejenis wijen di atasnya yang disajikan di atas daun pisang tampak menggugah selera. Dari barisan ketan itu ada beberapa jenis varian yang menarik perhatianku yaitu ketan berwarna ungu yang sepertinya menggunakan pewarna makanan. Namun ketika aku coba ternyata rasanya tidak jauh berbeda dengan ketan putih biasa hanya sedikit lebih manis dengan warna yang menarik perhatian. Satu lagi sajian ketan yang patut kamu coba ketiak di Thailand tentu saja Mango Sticky Rice nya yang juga banyak dijual di pinggir-pinggir jalan di Thailand.
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Sajian Ketan Dengan Berbagai Macam Topping
Ketan Mangga Pun Patut Untuk di Coba (courtesy)
 7.         Masakan Khas Thailand di Pasar Malam Patong Phuket
Di Pasar Malam Patong Phuket terdapat beberapa kedai penjual masakan rumahan yang menyajikan masakan dengan bumbu khas Thailand. Tidak jauh dari kedai tersebut terdapat seorang penjual telur puyuh goreng yang digoreng garing di bagian pinggirnya namun kuningnya dibuat setengah matang, melihat nya langsung tergoda untuk mencoba. Kress.
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Beragam Menu Yang Tampak Lezat di Pasar Malam Phuket Namun Tidak Terjamin Kehalalannya.
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Sajian Ayam Goreng di Pasar Malam Phuket, Thailand
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Telur Putuh Yang digoreng Dengan Pinggiran Yang Garing Dan Renyah

bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Telur Puyuh Goreng Yang Dijual Perpaket.

8.         Pad Thai & Spring Roll di Khaosan Road Bangkok
Ini adalah menu paling populer yang bisa ditemukan di Thailand yaitu Pad Thai goreng. Makanan ini adalah mie atau bihun atau kwitiaw yang digoreng dengan bumbu Thailand dicampur dengan saturan seperti tauge dan diberi topping udang atua ayam. Salah satu Pad Thai pinggir jalan yang enak dan murah banyak terdapat di sepanjang Jalan Khaosan yang merupakan kawasan backpacker terkenal di kota Bangkok.
Penjual Pad thai di jalan Khaosan Bangkok
Pilihan Menu dan Harga Pad Thai di Penjual Kaki Lima Di Jalan Khaosan
9.         Goreng-Gorengan & Makanan Bakar di Pasar Malam Sanam Luang Bangkok
Masih di sekitar jalan Khaosan terdapat sebuah lapangan dan taman besar bernama Sanam Luang. Di kala petang sampai malam kawasan ini berubah menjadi sebuah pasar malam yang besar yang menapung ratusan pedagang kaki lima yang menajikan aneka ragam barang dan sajian kuliner. Untuk makanan halal juga ada di kawasan ini jadi perhatikan dulu apakah ada logo halal pada gerobak penjualnya. Salah salah satu sajian kuliner halal yang kami temukan di pasar ini menjual aneka goreng-gorengan dengan makanan yang dibakar ini.
Salah Satu Kedai Halal di Pasar Malam Sanam Luang Bangkok
Beberapa Pilihan Menu Yang Disajikan di Warung Pinggir Jalan ini
10.       Nasi Halal di Jalan Chakrapong Dekat Masjid Chakrabongse Bangkok
Salah satu makanan halal yang kami temukan di kota Bangkok yaitu berada di jalan Chakrapong tidak jauh dari Masjid Chakrabongse. Disini aku melihat beberapa warung yang menyajikan masakan berupa nasi merah dengan lauk pauk, bakso, sosis, sayuran dan beberapa bakso dan sosis yang ditusuk menyerupai sate.  
Salah Satu Menu Yang Dijual di Warung Dekat Masjid Chakrabongse, Bangkok
Deretan Pilihan Lauk Yang Disajikan
11.       Ikan Goreng di Perbatasan Maesai Tachileik
Ketika aku traveling ke perbatasan antara Thailand utara dengan negara Myanmar terdapat sebuah pasar di Maesai yang di sepanjang pinggir jalannya terdapat berbagai penjual makanan. Salah satu yang menarik perhatianku yaitu seorang penjual goreng-gorengan yang menjual ayam goreng dan ikan goreng yang dimasak garing. 
Salah Satu Penjual Ikan Goreng di Pasar Mae Sai
12.       Serangga Goreng di Pasar Malam Chiang Rai
Butuh sensasi  baru saat menikmati sebuah sajian kuliner khas di sebuah daerah? Datanglah ke pasar malam yang ada di kota Chiang Rai yang terdapat beberapa kedai penjual serangga goreng. Jenis serangga yang disajikan disini mulai dari belalang, jangkrik, kecoa, kalajengking hingga ulat. Dengan digoreng kering dan diberi bumbu membuat cemilan ini terasa begitu garing dan renyah dengan cita rasa yang khas. Berani coba?
Jangkrik Goreng di Pasar Malam Chiang Rai
Ulat Goreng di Pasar Malam Chaing Rai
Serangga Goreng di Pasar Malam Chiang Rai
13.       Makanan Bakar, Goreng & Rebus di Pasar Malam Chiang Rai
Masih di pasar yang sama disini juga terdapat beragam sajian kuliner yang di panggang dan dibakar yang menghadirkan aroma yang tidak kalah menggiurkannya dibanding serangga goreng. 
Udang Bakar di Pasar Malam Chiang rai
Ikan Goreng di Pasar Malam Chiang Rai
Ayam Goreng di Pasar Malam Chiang Rai
Sajian Makanan Beku di Pasar Malam Chaing Rai
14.       Cemilan Manis di Pasar Malam Chiang Khong
Salah satu yang membuat kami menitikkan air liur karena kelezatannya begitu menggoda yaitu deretan nacos khas Thailand yang tampak begitu renyah dan manis dengan taburan parutan kelapa dan wijen yang telah disangrai kering di atasnya. Pada bagian pinggirnya dibuat penuh warna menggunakan pewarna makanan yang menjadikan cemilan ini terlihat lebih menarik.
Nacos Manis Khas Thailand
Nacos Manis Khas Thailand

Cemilan Manis di Pasar Malam Chiang Khong
15.       Pancake Manis di Pasar Malam Chiang Mai
Muslim pancake dengan pilihan rasa pisang, kelapa, jagung serta kismis yang dijual di beberapa kedai dengan label halal di atasnya. Ada juga makanan lain yang menyerupai canai atau martabak yang dibuat dari adonan tepung dengan sajian topping dan rasa yang beragam yang menarik untuk dicoba.  
Penjual Roti, Canai Dan Pancake
Pancake Pisang

Kue Manis di Pasar Malam Thailand
      

25 comments:

  1. cateeettt ... Smeoga suatu saat bisa ke Thailand. Terima kasih banyak infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap. semoga menginspirasi dan bermanfaat ya.
      amiin, semoga bisa terwujud sampai ke thailand

      Delete
    2. jd pngn banget ke thailand nih..hehe

      Delete
  2. Hmmmm bikin ngilerrr tp yg selalu bikin kangen cuman padthai sama cumi bakar kering pake sambel saos nya itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. cumi kok makan cumi? hehehe.. iya saos manis thailand memang khas banget rasanya, enak buat di cocol sama gorengan atau pad thai cum

      Delete
    2. wkwk, kalo mas cumi mah liat makanan bawaannya ngiler aja..:v

      Delete
  3. ih gue penasaran sama nasi ketannya, dulu pernah lihat nasi warna warni gitu malah di Ho chi minh, trus kalo gorengan yg tusuk-tusuk dulu pernah beli di Victoria Park :3

    Sisanya beli makanan yg udah kenal ahhahaha (makanan Malaysia ujung-ujungnya)

    tapi yg hewan-hewan serem digoreng itu kayaknya gue ga mau coba :)) :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. you only live once, nanti kalo ada kesempatan bisa cobain hehe.. terima kasih sudah mampir ya.

      Delete
    2. Mantaps mas bro:D
      Bolehlah next time kesana

      Delete
    3. Bener banget, dari rasa kayaknya enak banget :D

      Delete
  4. salah satu makanan yg wajib dicoba.. selalu bikin kangen cuman padthai sama cumi bakar kering pake sambel saos nya itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia. cumi bakar kering juga enak buat di cemil hehehe..

      Delete
  5. bikin ngilerrr tp yg selalu bikin kangen cuman padthai sama cumi bakar kering pake sambel saos nya itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat. padthai dan cumi keringnya memang juara ya. nyaamm

      Delete
    2. Beh.. Cumi bakarnya bikin nagih pasti :D

      Delete
  6. banyak sekali ya kuliner pinggir jalan yang menarik di sana, terlihat enak-enak juga kecuali makanan extrim nya..

    ReplyDelete
  7. kalo di indo kira2 ini dimana min ya?

    ReplyDelete
  8. Ah... saya ngiler sama cemilannya lucu-lucu itu. Dimakan sambil nikmatin susasan thailand kayanya seru banget ya. Makanan thailand yang pengen banget saya coba itu pad thai, sama ngga ya rasanya kaya kwetiaw di Indo?

    ReplyDelete
  9. MADU THEPPRASIT, BIGBEE ASLI THAILAND
    Terverifikasi BPOM Indonesia

    www.maduthailand.com
    WA :085262362334

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.