Wednesday, April 8, 2015

Asia Overland, Air Terjun Huay To dan Taman Nasional Khao Phanombencha Krabi

Air Terjun Huay To di Taman Nasional Khao Phanombencha, Krabi
Ku tatap matahari yang sudah meninggi. Matahari bersinar cerah di kota Krabi, memang pagi yang sempurna untuk mengawali petualangan kami hari ini. Dengan santai kami melangkah menyusuri trotoar di depan toko-toko yang berjejer di sepanjang jalan itu. Meskipun sudah cukup siang namun masih sedikit kendaraan yang berlalu lalang, tidak ada riuh kemacetan kendaraan bermotor yang meneriakan klaksonnya memekakan gendang telinga. Mungkin memang karena kota kecil suasananya memang sepi dan tenang seperti ini.
Kami berjalan menyusuri kota Krabi menuju tempat penyewaan motor yang telah kami temukan semalam. Dengan jaminan paspor dan biaya sewa sebesar 200 Bath atau setara dengan 60,000 Rupiah kami dapat menggunakan motor ini sehari penuh. Dengan sepeda motor inilah kami akan menjelajah Krabi, sebuah tempat yang terkendal dengan keindahan tebing karst nya. Aku memanaskan sepeda motor matik sambil berbicara dengan Coy yang sedang mengenakan helm catok berwarna putih di kepalanya. Petualangan pertama menjelajahi negeri gajah putih akan segera dimulai. Berbekal peta pinjaman dari tempat penyewaan sepeda motor kamipun melaju cepat membelah jalan beraspal yang sepi untuk menuju Tiger Cave sebagai destinasi tujuan kami.

Perjalanan Menjelajahi Krabi Dengan Sepeda Motor Sewaan
Suasana di Jalan Raya Kota Krabi Yang Lengang
Khao Phanombencha, huay to waterfall, krabi, phuket, thailand, travel, backpacking, air terjun, lampu merah
Salah Satu Lampu Merah Yang Unik di Kota Krabi
Suasana Jalanan di Kota Krabi Yang Lengang
Salah Satu Destinasi Wisata Alam di Krabi, kamu Bisa Menjelajahi Dengan Perahu Kano atau Kayak Disini
Memandang kedua sudut jalan, dengan petunjuk jalan yang ada semuanya tidak cukup membantu kami untuk menemukan tempat yang kami tuju. Papan petunjuk yang ada begitu minim kalaupun ada didominasi aksara Thailand yang meliuk-liuk seperti jalanan di kedua tebing bebatuan karst yang menjulang di kedua sisi ini. Sampai akhirnya kami memutuskan untuk berbalik arah sebelum tersesat terlalu jauh.
Tersesat Menuju Tebing Karst Dengan Pemandangan Yang Indah di Krabi
Di Daerah Pelosok Krabi, Jalan Raya Sebagian Masih Berupa Batu dan Tanah Seperti Ini
Tersesat Hingga Ke Perkebunan Karet di Pelosok Krabi
Ketika mencoba jalur lain kami mencoba untuk mengikuti petunjuk jalan menuju air terjun karena itu salah satu petunjuk jalan yang dapat kami mengerti yang dituliskan dengan bahasa inggris “waterfall” disertai arah panah. Ketika ditengah perjalanan kami melihat tampak sebuah kuil yang berdiri di bawah tebing karst, tanpa ragu kamipun sejenak untuk mampir melihat tempat tersebut lebih dekat. Ini adalah salah satu kenikmatan perjalanan tanpa itinerary yang mengikat, dengan demikian perjalanan menjadi lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan apa yang ditemukan dalam sebuah perjalanan.
Salah Satu Kuil di Kaki Tebing Karst di Krabi
Salah Satu Patung Buddha Yang Terdapat Dalam Kuil Tersebut
   Di kilometer selanjutnya tampak dua buah petunjuk jalan berlatar biru dengan tulisan putih dengan tulisan Huay To Waterfall dan satunya Khao Phanom Bencha National Park. Sebenarnya dua tujuan ini tidak masuk dalam rencana perjalanan kami, namun karena sudah kepalang tanggung cukup jauh kami menyusuri jalan ini akhirnya kami melanjutkan ke taman nasional itu. Mungkin ini yang namanya tersesat membawa nikmat.

Sampai Akhirnya Kami Menemukan Petunjuk Jalan Lainnya Yang Dapat Dimengerti Oleh Kami.

Sebuah gerbang pintu masuk bertuliskan Khao Phanombencha National Park menyambut kedatangan kami. Dengan membayar 100 Bath perorangnya, kami mulai menyusuri jalan setapak di Taman Nasional tersebut dengan berjalan kaki mengikuti petunjuk arah yang ada. Sesaat masuk kawasan hutan alaminya kami mulai tersadar area ini cukup luas untuk dijelajahi semuanya, Akhirnya kami memutuskan untuk memilih jalan pintas menuju air terjun Huay To yang belum terbayang bagaimana wujud keindahannya.
Pintu Gerbang Menuju Taman Nasional Khao Phanom Bencha
Peta Jalur Trail di Dalam Taman Nasional Khao Phanom Bencha

Arah Petunjuk Menuju Air Terjun Huay To
 Terus berjalan menanjak mengikuti jalan setapak yang cukup licin dan terjal, kami disuguhi pemandangan hutan yang rindang dengan suara alam semesta mengiringi langkah kami. Suara gemercik air terjun yang mengalir mulai terdengar sesaat melewati sebuah jembatan kecil yang melintasi sungai kecil yang penuh dengan bebatuan kecil dan besar.
Air Terjun Huay To di Taman Nasional Khao Phanom Bencha, Krabi
 Dengan terus mengikuti arah suara air mengalir, kami telah sampai di air terjun Huay To yang merupakan air terjun terbesar di provinsi Krabi. Air terjun ini memiliki lima tingkat aliran air dengan kolam besar di bawahnya, tampak lima anak muda orang lokal sedang berenang di kolam dan salah satunya sedang bermain di puncak tertinggi air terjun tersebut.

Berjalan mengikuti arah pulang kami tertarik pada satu petunjuk menuju viewpoint. Dari namanya kami merepresentasikan tempat ini sebagai salah satu puncak untuk melihat taman nasional ini dari ketinggian. Kami berbelok arah menuju tempat tersebut, namun tak sampai ratusan langkah mengikuti jalan setapak itu kami dihadapkan oleh jalan yang mulai tertutup ilalang yang cukup tinggi dan berubah menjadi jalan tanah berbatu.

Berjalan Menyusuri Hutan di Taman Nasional Khao Phanom Bencha
Ini Bukan Pengunggunya loh :p. Ini Bang Coy, Teman Seperjalanan Yang lagi Berpose Di Salah Satu Pohon Tua di Taman Nasional Khao Phanom Bencha
 Pepohonan besar yang berumur ratusan tahun berdiri di kedua sisi, rasanya butuh puluhan orang untuk bisa memeluk batang pohonnya yang besar ini. Semakin menanjak keatas jalurnya semakin tidak tampak karena sudah menyatu dengan pepohonan yang tumbuh dengan suburnya. Jika nekat terus melanjutkan perjalanan kesana rasanya hampir sama dengan membuka jalur baru ujar Coy. Akhirnya kami memutuskan untuk berbalik arah agar tidak tersesat dua kali. Cukup tersesat pertama kali ke tempat yang sebenarnya tidak masuk dalam itinerary kami. Sebuah perjalanan ke sebuah tempat yang tidak direncanakan namun memberikan banyak cerita bagi kami.

Telah Terbit Buku Karya Saya Yang Berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina.
Telah terbit buku karya saya yang berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Penasaran bagaimana Trilogy buku ini? Baca Sinopsis lengkapnya disini : Buku Trilogy Overland - Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Sebuah memoar perjalanan jalur darat melintasi perbatasan 13 negara Asia Tenggara dan Daratan Cina.
Untuk teman-teman yang mau order atau tanya informasi detailnya boleh direct whatsapp ya +6287887874709. Bisa juga DM Instagram @travelographers,  beli di website Leutikaprio atau di link marketplace ini ya.
* Tokopedia
* Shopee
* Bukalapak
Follow my instagram @travelographers , twitter account @travelographers
 and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

2 comments:

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.