Thursday, February 8, 2018

Asia Overland, Pulau Don Sao dan Minuman Ekstrem Bernama Lao Beer, Berani Coba?


Lao Beer, minuman ekstrem yang entah seperti apa rasanya

Setelah beberapa menit menyusuri sungai, mesin perahu dimatikan. Perahu melaju dengan sendiri dari sisa gaya dari dorongan mesin dan berlabuh ke merapat ke sebuah pulau kecil yang termasuk kawasan Zona Economic Exclusive sesuai tata hukum perbatasan internasional bernama Don Sao. Dari atas kapal kami melompat ke dermaga yang terbuat dari kayu dan drum yang mengapung.
Zona Economic Exclusive Pulau Don Sao ini masuk dalam teritorial negara Laos. Untuk masuk ke pulau ini tidak diperlukan visa maupun keluar masuk imigrasi negara Laos. Tidak ada juga kantor imigrasi yang mengecek paspor setiap pengujung yang datang ke tempat ini. Pulau ini dibuat untuk menarik minat wisatawan dari sisi Thailand untuk berkunjung ke negara Laos. Begitu juga dengan Thailand pulau Don Sao ini dijadikan salah satu daya tarik wisata The Golden Triangle yang banyak ditawarkan di agen perjalanan setempat.
Sir, Mam. Come here!, you can try our welcome drink.” 

Suasana di dekat dermaga Pulau Don Sao, Laos
 Sayup-sayup terdengar seseorang memanggil kami dari dalam warung kecil tepat di sebelah tangga naik dari dermaga. Karena penasaran kamipun datang menghampirinya. Sebuah minuman sejenis arak dengan berbagai cita rasa binatang melata dan serangga di dalamnya ditawarkan kepada kami.
Sebuah warung yang menjajakan Lao Beer di pulau Don Sao
Lao Beer rasa ular cobra, berani coba?
Lao Beer rasa kalajengking dan kobra.
 “Do you want to try it? People call it Lao Beer” Tanyanya. Minuman itu disajikan dalam botol, di dalamnya terdapat binatang dalam kondisi utuh mulai dari king cobra, kalajengking, tokek dan berbagai jenis serangga lainnya bahkan ada juga yang berisi testikel macan. Kamu berani coba rasanya? entah apa khasiat yang terkandung dalam minuman ini, namun yang pasti tak dapat kubayangkan bagaimana rasanya minuman itu.
  
Salah satu perahu yang ada di dermaga Pulau Don Sao, Laos
Mengabadikan momen di Pulau Don Sao dengan teman seperjalanan
 Pulau ini sepertinya memang dirancang untuk menarik wisatawan yang mengunjungi The Golden Triangle dari sisi Thailand. Di pulau ini tidak banyak yang dapat dilakukan selain mengunjungi sederetan warung yang menjajakan berbagai barang dagangan mulai dari cinderamata, gantungan kunci, pakaian, minuman arak dan tak ketinggalan barang-barang tiruan buatan China juga mudah ditemui di pasar ini.
Barang yang dijual di Pulau Don Sao, Laos
Suasana Pulau Don Sao di Laos
Potret Kebahagiaan di Pulau Don Sao, Laos
Walaupun tertulis mata uang yang digunakan di Pulau ini dengan Laos Kip, namun mereka juga menerima Thailand Bath
Dari kawasan Golden Triangle atau Chiang Saen Port kita bisa menyebrang dengan perahu menuju Pulau Don Sao yang masuk dalam wilayah negara Laos. Untuk masuk ke Pulau yang berada di Sungai Mekong ini tidak diperlukan pengecekan paspor atau visa, cukup membayar land tax tak lebih dari 10.000 rupiah, kamu dapat berkeliling pulau yang didominasi pasar untuk berbelanja souvenir. 
Tiket masuk pulau Don Sao, Laos

Baca Artikel Tentang Thailand lainnya disini
           #Cross Border : Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Hatyai Thailand Selatan

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)


Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan. 

2 comments:

  1. aku nggak bisa bayangin rasa minuman itu, duuuh.. nggak berani coba juga, ya gimana. di dalamnya ada biatang2nya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mereka sih ngasih sample untuk dicoba, tapi baru melihat lebih dekat saja sudah mual hehehe, jadi ngga berani coba juga dan entah bagaimana rasanya :D

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.