Friday, February 9, 2018

Asia Overland, Menjejak House of Opium dan Cerita Kejayaannya di Segitiga Emas Thailand


Mengabadikan momen di House of Opium, Thailand
Dari sisi negara Thailand kawasan The Golden Triangle ini telah disulap menjadi atraksi wisata. Namun tahukah kamu kalau di The Golden Triangle kawasan segi tiga emas antara negara Thailand, Myanmar dan Laos hingga kini memiliki sejarah perdagangan narkotika jenis opium yang kelam? Kawasan The Golden Triangle ini merupakan pusat geografis dari Sub-wilayah Besar Mekong di aliran sungai Mekong yang mengalir dari negara China dan berhilir di Cambodia dan Vietnam. Sejak dahulu sungai ini begitu strategis sebagai jalur perdagangan internasional salah satunya menjadi pusat pedagangan opium terbesar di dunia.
Semua berawal dari seorang Jendral bernama Khun Sa yang dikenal sebagai penguasa opium yang menguasai wilayah pegunungan utara Thailand sekitar tahun 1963 mengarahkan masyarakat disini untuk menanam opium. Opium berasal dari candu bunga yang tumbuh subur di daerah dataran tinggi yang penyebarannya dari Afganistan ke Daratan China dan masuk ke wilayah Myanmar dan Thailand.

Perahu kami Melintasi Sungai Mekong diantara Segitiga Emas 3 Negara
Pada tahun 1960 sampai 1970-an pusat penyebaran opium dunia berada pada daerah The Golden Triangle ini. Dengan produksi opium yang diperkirakan mencapai 700 ribu ton setiap tahunnya, maka tak heran dahulunya kawasan segitiga emas ini dikenal sebagai lumbung opium dan pusat peredaran dan distribusi opium terbesar di dunia. Bersama dengan tetangganya negara Myanmar dan Laos yang membentuk kawasan segi tiga emas, pegunungan ini menjadi penghasil 75 persen pasokan opium dunia. 
Dahulunya kawasan ini menjadi penghasil opium utama, menghasilkan ribuan ton setiap tahunnya. Walaupun kini Thailand memiliki komitmen untuk memerangi perdagangan opium di kawasan ini, namun para pengedar opium telah menciptakan jalur perlintasan baru dari Myanmar melalui Laos menuju bagian selatan Cina, Kamboja dan Vietnam. Hingga kini Myanmar tetap merupakan salah satu produsen opium di Asia Tenggara.
Kawasan Segitiga Emas kini berubah menjadi destinasi wisata dan Surga judi
Pintu masuk Candi Prathat di Kawasan Segitiga Emas
Kuil yang ada di Kawasan Segitiga Emas, Thailand
Kuil yang menjadi destinasi wisata di kawasan Segitiga Emas, Thailand
Namun semenjak peredaran opium dilarang, cerita kejayaan opium dibawah penguasa Jendral Khun Sa di kawasan ini tinggal sejarah. Kawasan ini mulai meninggalkan belenggu opium dan berubah menjadi destinasi wisata para pelancong lokal maupun wisatawan mancanegara. Masih banyak pengetahuan lainnya tentang sejarah kawasan segi tiga emas dan sejarah narkotika jenis opium yang dapat kamu gali di Museum House of Opium di The Golden Triangle, Thailand ini. Bersambung.

House of Opium di The Golden Triangle, Thailand
Berpose di kawasan Segitiga Emas. Dari sini aku bisa melihat 3 negara yaitu Thailand, Laos dan Myanmar

Baca Artikel Tentang Thailand lainnya disini
           #Cross Border : Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Hatyai Thailand Selatan

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)


Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.


No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.