Thursday, April 21, 2016

30 Tips & Panduan Jalan-Jalan Liburan Pertama Kali ke Thailand


Grand Palace, Salah Satu Destinasi Paling Populer di Thailand
 Selain Singapura dan Malaysia negara Thailand adalah salah satu destinasi populer yang diminati wisatawan Indonesia. Selain faktor jarak serta bebas visa pesona negeri Thailand yang dikenal sebagai surga belanja dan surga kuliner menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain berbelanja dan wisata kuliner di Thailand juga terkenal dengan ratusan candi yang menawan yang patut untuk dikunjungi. Begitu juga dengan puluhan pulau dengan pantai yang indah yang begitu menarik untuk dijelajahi. Hal itulah yang menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke Thailand. Semua itu ditambah lagi dengan biaya hidup yang murah dan cocok untuk para wisatawan yang berbudget terbatas.
Thailand memiliki beberapa kota yang populer untuk dijelajahi. Namun ke kota manapun kamu berkunjung ke Thailand apabila kamu hendak ke Thailand berikut kami sharing tips dan panduan Jalan Jalan Liburan ke Thailand khususnya bagi kamu yang pergi tanpa travel agent. Semoga tips dan panduan yang dapat saya berikan dapat membuat  liburan kamu menjadi lebih menyenangkan dan terencana mulai dari mendarat di Negeri Gajah Putih hingga hendak terbang keluar dari Thailand.

1.      Buatlah Paspor
Untuk kamu yang belum pernah keluar negeri dan belum memiliki paspor tentu saja harus membuat paspor terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Kamu bisa membuat passport dengan pengajuan secara prosedur normal atau dengan prosedur pengajuan online. Apa saja cara persyaratannya? Untuk detailnya kamu dapat membaca tautan berikut. Tidak perlu Calo, Membuat paspor Online Mudah loh. 
Untuk kamu yang sudah memiliki paspor pastikan masa berlaku paspor kamu saat tanggal keberangkatan ke Thailand tidak kurang dari 6 bulan dari masa akhir berlakunya paspor kamu. Jika kurang dari 6 bulan segeralah lakukan perpanjangan paspor agar perjalananmu berjalan sesuai rencana dan tidak di deportasi oleh imigrasi saat mendarat di Thailand atau saat sebelum terbang di bandara.



2.      Tentukan Tujuan
Thailand memiliki beberapa kota besar yang populer mulai dari Bangkok, Chiang Mai, Hat Yai, Phuket, Udon Thani, Pattaya, Pak Kret dan Nonthaburi serta puluhan pulau populer dengan pantai yang indah yang tersebar di Thailand bagian selatan mulai dari pulau-pulau di sekitar Phuket dan Krabi seperti Koh Phi Phi, Koh Lanta yang lebih dekat dengan kota Trang, Koh Samui dan Koh Phangan yang lebih dekat dengan kota Suratthani serta pulau-pulau populer lainnya. Destinasi mana yang akan kamu inginkan sangat berpengaruh dengan tiket pesawat tujuan mana yang sebaiknya kamu beli. Karena jika salah beli tujuan tentunya akan menyulitkan kita untuk menuju ke destinasi tersebut baik karena keterbatasan waktu maupun budget yang ada. Detailnya akan kami sampaikan di point berikutnya.
Pelajari Dulu Peta Thailand Untuk Bisa Melihat Posisi Kota atau Destinasi
Yang Hendak Kamu tuju, klik untuk memperbesar petanya (courtesy)

Berikut gambaran umum destinasi populer di Thailand.
Wat Arum, Salah Satu Candi Populer di Kota Bangkok
Wat Pho, Salah Satu Candi Populer di Kota Bangkok

Pagoda Doi Inthanon Yang Bisa Diakses Dari Kota Chiang Mai
White Temple Yang Ada di Chiang Rai, Thailand Utara
Suku Karen Berleher Panjang Bisa Kamu Temui di Chiang Mai dan Chiang Rai
Noppharat Thara Beach, Ao Nang Beach, Pantai, Sunset, Senja, Krabi, Thailand, Phuket, Backpacking, travel, south east asia
Sepotong Senja di Pantai Noppharat Thara dan Ao Nang di Krabi, Thailand
Apabila kamu hendak ke Pulau Dan Pantai yang Indah Maya Bay di Taman Nasional Phi Phi Krabi Phuket Thailand adalah Destinasinya
Khao Phanombencha, huay to waterfall, krabi, phuket, thailand, travel, backpacking, air terjun
Salah Satu Destinasi Wisata Alam di Krabi, kamu Bisa Menjelajahi Dengan Perahu Kano atau Kayak Disini
krabi, tiger caves, wat tham sua, karst, temple, thailand, phuket, asean, asia, south east asia, backpacking, travel
Kuil Tiger Cave di Puncak Bukit Krabi, Thailand

3.      Hunting Tiket Pesawat
Apabila kamu sudah menentukan tujuan/ kota mana yang dikehendaki hal yang harus kamu lakukan tentu saja mencari tiket ke Thailand. Umumnya penerbangan internasional yang langsung dari Indonesia hanya ke Bangkok saja, jadi apabila kamu hendak ke kota lain dapat menyambung dengan kereta, bus atau pesawat domestik yang melayani rute antar pulau atau antar kota di Thailand. Untuk maskapai penerbangan yang dapat kamu pilih dengan tujuan langsung ke Bangkok diantaranya Air Asia, Garuda Airlines, Thai Airlines serta Bangkok Airlines.
Misalnya kamu hendak ke Phuket atau Krabi maka kami rekomendasikan carilah tiket dari Jakarta atau kota besar di Indonesia dengan tujuan ke Kuala Lumpur untuk transit terlebih dahulu kemudian menyambung dengan penerbangan dari Kuala Lumpur ke Phuket atau Krabi. Begitu juga halnya dengan destinasi lainnya seperti Chiang Mai, Chiang Rai, Hay Tai, Suratthani atau Pattaya. Tonton video kami dibawah ini saat menjelajah Thailand Selatan.



 Tonton juga video kelanjutannya saat menyebrang dari Phi Phi Island ke Krabi Thailand Selatan.




Namun apabila kamu hendak ke Bangkok juga dari kota Bangkok juga terdapat beberapa pilihan maskapai penerbangan yang melayani rute domestic ke kota atau destinasi lainnya di Thailand. Apabila kamu hendak menjelajah beberapa kota sekaligus perhitungkan juga jarak dan waktu tempuh yang dibutuhkan agar tidak dikejar-kejar waktu dan dapat menikmati perjalanan saat di Thailand. Tonton video kami ini saat menjelajah kota Bangkok Thailand.


Berapa budget untuk tiket pesawat ke Thailand? Semua tergantung dari kota mana yang hendak kamu tuju dan apakah harga tiket yang kamu peroleh adalah harga promo atau normal. Sebagai gambaran jika promo kamu dapat memperoleh tiket ke Thailand dengan harga tiket kisaran 800 ribuan untuk pulang pergi perorang, namun untuk harga normalnya kurang lebih 1 sampai 5 juta tergantung maskapai dan tujuannya.  
Pesawat Air Asia Yang Saya Tumpangi Saat Hendak Terbang Dari Bandara Chiang Mai
  Untuk kamu yang memiliki budget terbatas rasanya ikut hunting tiket promo adalah salah satu jalan menuju ke Thailand. Tiket promo dapat kamu dapatkan baik promosi yang diadakan online di website maskapai penerbangan maupun di event-event atau travel fair tertentu.  Apabila kamu memiliki waktu lebih rasanya dapat mempertimbangkan Air Asia, salah satu maskapai berbudget rendah favorit kami yang kerap memberikan tiket promo. Untuk pilihan moda transportasi lainnya secara detailnya akan kami jabarkan di point berikutnya ya.

4.      Buat Itinerary
Untuk mempersiapkan perjalananmu menjelajah negeri Gajah Putih Thailand ada baiknya mempersiapkan itinerary perjalanan minimal secara gambaran umumnya agar kamu sudah tahu kemana saja destinasi yang dapat kamu tuju. Hal ini juga untuk membuat perhitungan jarak dari 1 kota ke kota lain yang hendak kamu tuju atau jarak dari 1 pulau ke pulau lain yang hendak kamu jelajahi. Point ini kami tulis karena kami sendiri memiliki pengalaman dimana karena salah memperhitungkan waktu sehingga dengan terpaksa harus melewati beberapa pulau yang awalnya hendak kami tuju dengan alasan waktu yang tidak cukup. Sesungguhnya peta memang terlihat dekat namun waktu tempuh nya juga kita harus pertimbangkan seperti jadwal bus, ferry, speed boat atau kereta yang menghubungkan destinasi yang kita tuju. 
"Selingan iklan"
Telah Terbit Buku Karya Saya Yang Berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina.
Telah terbit buku karya saya yang berjudul Overland. Penasaran bagaimana Trilogy buku ini? Baca Sinopsis lengkapnya disini : Buku Trilogy Overland - Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Sebuah memoar perjalanan jalur darat melintasi perbatasan 13 negara Asia Tenggara dan Daratan Cina.
Untuk teman-teman yang mau order atau tanya informasi detailnya boleh direct whatsapp ya +6287887874709. Bisa juga DM Instagram @travelographers,  beli di website Leutikaprio atau di link marketplace ini ya.
* Tokopedia
* Shopee
* Bukalapak


5.      Mencari Penginapan
Jika kamu backpackeran ke Thailand dengan jadwal yang fleksibel rasanya untuk mencari penginapan secara on the spot/ go show masih sangat mungkin, hal inilah yang dua kali kami lakukan saat traveling ke Thailand yang baru mencari penginapan saat tiba di kota yang kamu singgahi. Namun jika tujuan kamu adalah berlibur bersama keluarga, teman atau pasangan dengan jadwal perjalanan yang pasti tentunya melakukan pemesanan penginapan dari jauh-jauh hari adalah hal yang bijak sehingga dapat memastikan kamu memperoleh penginapan yang sesuai dengan selera kamu serta sesuai dengan budget yang kamu miliki.
Rekomendasi saya untuk mencari penginapan di Thailand baiknya carilah yang dekat dengan akses ke transportasi umum seperti kereta, bus atau tempat wisata. Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya kami sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Thailand, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral saya di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher sebesar 35 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. Tertarik? Yuk Daftar airbnb.com disini. Untuk rekomendasi penginapan per kota di Thailand nanti akan kami sharing pada point atau artikel selanjutnya yang disesuaikan dengan kota yang hendak kamu tuju. 
Penginapan Murah saat kami berada di kota Krabi. Namanya City Hotel, Hanya 450 Bath Semalam Untuk Dua Orang
Kalau kamu budget terbatas bisa menginap di hostel dengan kamar Dormitory seperti ini.
Ini penginapan kami saat di Crown Hostel Backpacker Phuket.
 Harganya 150 Bath perorang permalam.

6.      Persiapkan Mata Uang Bath
Beberapa hari sebelum keberangkatan ada baiknya kamu telah menukarkan uang rupiah dan membeli Thailand Bath di money changer yang ada di dekat kota kamu. Hindari menukarkan uang di bandara karena umumnya nilai tukarnya sangat rendah. Jika tidak ada Thailand Bath kamu juga dapat menukarkan terlebih dahulu ke dalam mata uang USD (Dollar Amerika) untuk ditukarkan di money changer ketika sampai di Thailand. Dan baiknya jangan pernah berpikir juga untuk menukarkan uang Rupiah saat kamu tiba di Thailand karena nilai tukar Rupiah itu kurang bagus bahkan tidak semua money changer di luar negeri yang mau menerima Rupiah. Pastikan juga kamu menukarkan uang dengan jumlah yang cukup karena tidak semua tempat menerima kartu kredit. Gunakan kartu atm atau kratu kredit di Thaialnd saat darurat saja karena umumnya nilai tukarnya kurang bagus atau terkena biaya adminsitrasi tambahan.



7.      Bagaimana Dengan Visa?
Sesama anggota Asean negara Thailand memberlakukan bebas visa terhadap warga negara Indonesia yang hendak berkunjung untuk berwisata. Bebas visa yang berlaku untuk orang Indonesia apabila kamu masuk melalui jalur udara maka kamu akan mendapatkan izin tinggal dengan batas maksimum 30 hari namun jika kamu masuk melalui jalur darat mendapatkan izin tinggal yang lebih pendek yaitu dengan batas maksimum 15 hari saja.

8.      Mendarat di Bangkok?
Sebagian besar orang yang baru pertama kali ke Thailand umumnya mendarat di kota Bangkok yang menjadi pintu masuk utama dari banyak maskapai penerbangan. Untuk maskapai penerbangan yang full service seperti Garuda Indonesia, Bangkok Airways, Thai Airways akan mendarat di Bandara International Suvarnabhumi sedangkan maskapai berbudget rendah seperti Air Asia akan mendarat di bandara Don Muang. Untuk gambaran umumnya Bandara International Suvarnabhumi seperti bandara Soekarno Hatta yang letaknya berada di luar kota Jakarta sedangkan bandara Don Muang seperti bandara Halim Perdana Kusuma yang letaknya berada dekat dengan pusat kota. 
Bandara Internasional Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand
Suasana di Dalam Bandara Internasional Suvarnabhumi, Bangkok Thailand
Apabila kamu mendarat di Bandara International Suvarnabhumi untuk menuju ke pusat kota Bangkok kamu dapat menggunakan bus bandara, taksi atau Kereta ARL (Airport Rail Link). Apabila kamu tiba di bandara Don Muang kamu dapat menggunakan bus umum atau taksi untuk menuju ke pusat kota Bangkok.
Suasana Di Dalam Kereta ARL Menuju Kota Bangkok
Salah Satu Stasiun Pemberhentian ARL di Kota Bangkok

9.      Tiba di Thailand Lewat Jalur Udara atau Jalur Darat
Apabila kamu pergi ke Thailand dengan pesawat terbang satu hal yang sebaiknya kamu lakukan yaitu dalam 1 atau 2 hari sebelum hari keberangkatan periksa kembali jadwal penerbangan apakah ada informasi penundaan atau pembatalan penerbangan untuk memastikan perjalanan kamu berjalan lancar. Setibanya di Thailand umumnya kamu harus melengkapi selembar formulir yang harus kamu isi sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk masuk ke negara Thailand. Pesan saya isilah semua kolom yang diwajibkan dengan lengkap mulai dari cara kedatangan, waktu kedatangan, keberangkatan maskapai yang dinaiki atau moda transportasi darat atau laut apa yang kamu gunakan.
Kemudian saat berada di loket imigrasi kamu diwajibkan untuk melakukan pemindaian sidik jari guna dilakukan verifikasi dan pendataan bagi semua pendatang yang tiba di Thailand. Hal ini dilakukan untuk mencegahan masuknya kegiatan terorisme, identitas palsu atau perdagangan manusia di dalam negara Thailand. Ketika berharapan dengan petugas imigrasi berlakulah yang sopan dan mudah diajak bekerja sama tanpa perlu panik atau takut yang berlebihan.
Ikuti barisan antrean dengan tertib dan siapkan semua dokumen yang diperlukan yaitu paspor dan kartu imigrasi kedatangan dan keberangkatan yang telah kamu isi dengan lengkap. Agar dokumen tidak tercecer ada baiknya kamu menggunakan passport cover/ passport holder untuk menyimpan dokumen tersebut. Satu yang harus kamu ingat ketika giliran kamu hendak tiba selalu berdiri di belakang garis kuning/ garis pembatas sampai giliran kamu tiba dipanggil untuk menghampiri petugas imigrasi di loket tersebut. 
haadyai, hatyai, thailand, south thailand, songtheaw, temple, backpacking thailand, kota hatyai, hatyai railway station, stasiun hatyai, stasiun padang besar, cross border malaysia thailand, senandung langkawi
Mengisi Formulir Kedatangan Saat Masuk Ke Thailand Melalui Jalur Darat Dari Negera Malaysia ke Thailand
haadyai, hatyai, thailand, south thailand, songtheaw, temple, backpacking thailand, kota hatyai, hatyai railway station, stasiun hatyai, stasiun padang besar, cross border malaysia thailand, senandung langkawi
Suasana Kantor Imigrasi Thailand di Stasiun Padang Besar, Malaysia
10.  Tiba di Thailand Lewat Jalur Laut
Masuk ke Thailand tidak hanya bisa lewat jalur udara maupun darat namun kamu juga bisa lewat jalur laut. Salah satu perbatasannya yaitu dari Pulau Langkawi di Malaysia dengan naik Ferry ke Satun Thailand. Ketika sedang berhadapan dengan petugas imigrasi berperilakulah yang sopan, jangan memotret atau bermain dengan gadget dan handphone mu. Bila diajukan pertanyaan jawablah dengan sopan. Apabila kamu tidak bisa berbahasa Thailand gunakan saja bahasa inggris. Bila tidak bisa kedua bahasa itu tersenyumlah, karena senyum adalah bahasa universal yang dapat dimengerti oleh semua umat manusia.

11.  Ambil Brosur & Peta Wisata
Jika kamu masuk Thailand melalui jalur udara carilah Thailand Tourism Information Center atau rak-rak yang menyediakan peta dan brosur tentang wisata dan transportasi umum di Thailand yang dapat kamu ambil secara gratis. Hal ini sangat penting selain untuk mendapatkan gambaran umum peta transportasi juga terdapat informasi tentang semua tempat wisata populer yang patut kamu kunjungi selama berlibur di Thailand. Selain itu umumnya di setiap brosur yang ada terdapat potongan kupon atau voucher yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan harga diskon puluhan persen di beberapa tempat wisata, hotel maupun tempat makan/restoran.



12.  MRT, BTS Skytrain dan Kereta ARL (Airport Rail Link) Hanya ada di Kota Bangkok
Kota di Thailand yang memiliki transportasi umum kereta MRT, BTS atau ARL hanya ada di ibu kota Bangkok saja sedangkan di kota besar dan kota kecil lainnya di Thailand hanya ada transportasi umum seperti bus, song theaw (angkot) serta tuk-tuk. Untuk naik kereta MRT dan BTS Suica kamu dapat membeli tiket melalui vending machine yang dapat dibayar dengan menggunakan uang kertas atau koin Bath. Yang harus kamu perhatikan umumnya vending machine di Thailand menggunakan bahasa English jadi apabila kamu tidak mengerti jangan malu untuk bertanya dan meminta bantuan orang Thailand karena pengalaman kami semua orang Thailand akan dengan senang hati membantu orang yang kesulitan.
Salah Satu Gerbang Masuk Ke Stasiun MRT di Bangkok
BTS Skytrain di kota Bangkok, Thailand
Sebelum masuk ke peron stasiun pastikan kamu masuk melalui pintu yang benar. Perhatikan dengan seksama mana pintu khusus untuk masuk dan mana pintu untuk keluar yang dapat dibedakan dari warna hijau berarti pintu boleh dilalui dan merah dilarang melintas. Tempelkan kartu / tiket berbentuk koin pada pintu masuk yang telah ditentukan sampai pintunya terbuka lalu berjalanlah masuk tanpa perlu terburu-buru. Simpanlah kartu / tiket berbentuk koin tersebut karena akan dibutuhkan saat keluar di stasiun tujuan kamu. Untuk tarif MRT atau BTS Skytrain berkisar antara 15-40 bath sekali jalan. Moda transportasi ini beroperasi dari pukul 6 pagi sampai 12 malam.

13.  Di Dalam Stasiun MRT, BTS dan Kereta ARL (Airport Rail Link)
Di semua platform dan dalam kereta MRT, BTS dan Kereta ARL (Airport Rail Link) setiap penumpang dilarang untuk makan, minum serta merokok. Jadi patuhilah peraturan tersebut untuk menghindari kamu ditangkap dan dikenakan denda yang besar karena melanggar aturan. Peraturan ini dibuat selain untuk kenyamanan setiap penumpang juga untuk menjaga kebersihan fasilitas transportasi umum di Thailand. 
Di Dalam MRT Bangkok, Thailand
14.  Naik Taksi
Taksi adalah salah satu transportasi umum yang terbilang cukup terjangkau argonya, bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan argo taksi di Indonesia. Jika memang kamu memiliki budget terbatas rasanya naik MRT, BTS dan bus adalah solusi alternatif yang dapat kamu pilih mengingat masih ada juga taksi yang tidak menggunakan argo. Jika kamu menggunakan aplikasi Uber rasanya bisa jadi pilihan lain mengingat lebih aman karena kamu tidak perlu menawar harga ongkos taksi terlebih lagi tidak semua supir taksi bisa berbahasa Inggris.
Taksi dan Tuk-Tuk di Bangkok, Thailand
15.  Song Thaew
Di Thailand ada angkutan umum yang dikenal dengan nama Song Thaew. Bentuknya seperti angkot namun pintunya berada di belakang, bisa dibilang seperti mobil omprengan dengan kap penutup seperti yang ada di Indonesia. Untuk ongkosnya baru diberikan setelah kita mau turun dan akan dikenakan ongkos sesuai dengan seberapa jauh jaraknya. Setiap song theaw disini umumnya tertulis nomor angkutan atau tujuannya yang tertera di kaca bagian depan mobil song thaew. Ada baiknya googling dulu lebih detail tentang nomor dan jalur song theaw ini apabila kamu hendak mencoba naik angkutan umum ini agar tidak tersesat kecuali kalau niat kamu memang untuk berkeliling tanpa tujuan yang pasti hitung-hitung mencari pengalaman hidup. 
Song Thaew di Kota Bangkok, Thailand
Noppharat Thara Beach, Ao Nang Beach, Pantai, Sunset, Senja, Krabi, Thailand, Phuket, Backpacking, travel, south east asia
Song Thaew Saat Perjalanan Dari Krabi Menuju Phuket, Thailand
phuket, thailand, patong beach, pantai patong, sunset, bus umum ke patong phuket, bus to patong beach
Songtheauw,  Salah Satu Transportasi Umum di Kota Phuket, Thiland
haadyai, hatyai, thailand, south thailand, songtheaw, temple, backpacking thailand, kota hatyai, hatyai railway station, stasiun hatyai
Barisan SongThaew Di Depan Stasiun Kereta Hatyai, Thailand


16.  Tuk-Tuk
Salah satu transportasi umum paling populer di Thailand yaitu tuk-tuk, sebuah kendaraan roda tiga seperti bajaj namun dengan tempat duduk untuk penumpang yang terbuka. Bagian tertutupnya hanya pada atap untuk melindungi penumpang dari hujan dan panas. Sebelum naik pastikan dulu kamu sudah sepakat dengan ongkosnya, jangan ragu untuk menawar jika harganya terlalu mahal. Keuntungan tuk-tuk adalah supirnya pandai mencari jalan menghindari tempat kemacetan untuk menuju ke tempat tujuan lebih cepat khususnya saat berada di kota besar seperti Bangkok yang macetnya sama seperti kota Jakarta.
Naik Tuk-Tuk di Kota Bangkok, Thailand

17.  Transportasi Sungai
Di beberapa kota di Thailand terdapat transportasi sungai yang umum digunakan oleh orang lokal Thailand. Salah satu contohnya yaitu transportasi sungai di Bangkok dengan beberapa rute. Ada juga kapal atau perahu besar yang melayani transpotasi di sungai Chao Praya yang dapat membawa kamu ke beberapa tempat menarik seperti candi yang terkenal diantarnaya Wat Arum dan Wat Pho serta Grand Palace di Bangkok. Untuk biaya naik perahu ini sekitar 15 bath atau lebih tergantung jarak dan tipe perahunya.
Waterway di Kota Bangkok, Thailand
Salah Satu Transportasi Air di Kota Bangkok, Thailand

18.  Kereta Api Antar Kota di Thailand
Salah satu transpotasi umum yang dapat kamu gunakan untuk bepergian antar kota di Thailand yaitu dengan kereta Api. Untuk tiketnya ada baiknya kamu melakukan pemesanan beberapa hari sebelum tanggal keberangkatan agar dapat tiket sesuai dengan yang kamu inginkan. Yang harus kamu ingat tidak semua kota dilalui jalur oleh Kereta Api salah satu contohnya Phuket dan Krabi tidak dapat ditempuh dengan kereta api sehingga kamu harus naik bus dari Bangkok, Suratthani atau kota Hatyai. Di Thailand terdapat beberapa kelas tiket mulai dari sleeper train dimana terdapat kasur untuk tidur dan cocok untuk perjalanan panjang yang dilakukan pada malam hari, tiket kereta kelas 2 yaitu tempat duduk yang empuk serta tiket kereta kelas 3 yaitu seperti tiket ekonomi di Indonesia. 
haadyai, hatyai, thailand, south thailand, songtheaw, temple, backpacking thailand, kota hatyai, hatyai railway station, stasiun hatyai
Salah Satu Peron di Stasiun Hatyai, Thailand
haadyai, hatyai, thailand, south thailand, songtheaw, temple, backpacking thailand, kota hatyai, hatyai railway station, stasiun hatyai
Suasana di Stasiun Hatyai, Thailand
Jalur kereta api favorit paling populer yaitu dari perbatasan Malaysia melalui kota Hatyai menuju Suratthani dan Bangkok, Jalur kereta dari Bangkok ke Ayyutaya, Jalur Kereta dari Bangkok ke kota Chiang Mai serta dari Bangkok menuju Aranyaprathet yaitu perbatasan dengan Cambodia.

19.  Bus Antar Kota di Thailand
Untuk bepergian antar kota di Thailand kamu dapat menggunakan transportasi bus antar kota dengan ongkos yang relative murah dibanding naik pesawat. Untuk menghemat waktu apabila dibutuhkan perjalanan yang panjang pilihlah jadwal keberangkatan yang malam hari sehingga akan tiba pada pagi harinya. Selain hemat waktu kamu juga dapat menghemat biaya penginapan. Untuk pembelian tiket bus dapat kamu lakukan langsung di terminal bus nya atau membeli pada agen perjalanan resmi, hostel atau tempat penginapan kamu menginap. Itulah kelebihan penginapan di Thailand yang umumnya memiliki fasilitas untuk membantu pemesanan tiket baik bus, kereta maupun moda transportasi lainnya.
haadyai, hatyai, thailand, south thailand, songtheaw, temple, backpacking thailand, kota hatyai, hatyai railway station, stasiun hatyai
Bus Yang Berbaris di Terminal Bus Hatyai, Thailand Selatan
road trip from krabi to phuket, overland from krabi to phuket, bus jalan darat dari krabi ke phuket
Bus Yang Mengantarkan Kami dari Krabi Ke Kota Phuket
road trip from krabi to phuket, overland from krabi to phuket, bus jalan darat dari krabi ke phuket
Salah Satu Bus Tingkat Yang Parkir di Terminal Bus Phuket
20.  Mini Van Antar Kota di Thailand
Di beberapa kota kecil Thailand terkadang jadwal bus tidak sebanyak jadwal keberangkatan minivan yang juga melayani rute antar kota. Jadi apabila kamu mengejar waktu ada baiknya juga mencari info mengenai keberadaan dan jadwal mini van yang dapat mengantarkan kamu ke kota tujuan. Untuk ongkos umumnya naik mini van lebih mahal sedikit dibandingkan naik bus antar kota. Untuk pembelian tiket naik mini van antar kota  kamu lakukan langsung di terminal bus nya atau membeli pada agen perjalanan resmi, hostel atau tempat penginapan kamu menginap. Itulah kelebihan penginapan di Thailand yang umumnya memiliki fasilitas untuk membantu pemesanan tiket baik bus, kereta maupun moda transportasi lainnya.
Mini Van Yang Kami Tumpangi Saat Berada di Kota Chiang Rai
haadyai, hatyai, thailand, south thailand, songtheaw, temple, backpacking thailand, kota hatyai, hatyai railway station, stasiun hatyai
Suasana Terminal Bus Hatyai, Thailand Selatan
haadyai, hatyai, thailand, south thailand, songtheaw, temple, backpacking thailand, kota hatyai, hatyai railway station, stasiun hatyai
Sederetan Mini van diTerminal Bus Hatyai, Thailand Selatan


21.  Bus Umum Dalam Kota di Thailand
Di Thailand terdapat bus umum yang melayani rute dalam kota. Umumnya kondisi bus umum di Thailand tidak jauh berbeda dengan di Indonesia yaitu terdapat supir dan kondekturnya yang menarik ongkos saat di dalam bus umum. Jika tidak tertera berapa ongkosnya dan jika kondekturnya tidak dapat berbahasa inggris persiapkan ongkos dengan pecahan mata uang Bath yang cukup besar agar dia bisa langsung memberikan kembaliannya sehingga kamu tidak perlu kawatir ongkos yang kamu berikan tidak kurang. Untuk bisa sampai ke tujuan atau tempat pemberhentian yang kamu inginkan beritahukan kondekturnya bisa melalui ucapan atau tulisan di kertas agar dia bisa memberi tahukan kepada kamu kapan kamu harus turun.
phuket, thailand, patong beach, pantai patong, sunset, bus umum ke patong phuket, bus to patong beach
Bus Umum Dari Kota Phuket Menuju Pantai Patong
phuket, thailand, patong beach, pantai patong, sunset, bus umum ke patong phuket, bus to patong beach
Kondisi Bus Umum di Phuket, Thailand
22.  Minuman & Makanan halal
Apabila kamu muslim yang hendak mencari makanan halal perhatikan dengan seksama tempat dimana kamu membeli makanan. Apabila kamu hendak makan pastikan di gerai makanan tersebut terdapat tulisan “no pork no lard” atau kamu dapat menanyakan langsung kepada penjualnya apabila tidak ada tulisan tersebut. Jika tidak ada tulisan tersebut ada baiknya mencari kedai lainnya.
Thailand terkenal dengan aneka kulinernya jadi luangkan waktumu untuk mencoba aneka masakan yang makanan yang ada baik yang kamu temukan di kedai restoran ternama atau di pinggir jalan yang ada di pasar malam dan tempat-tempat pariwisata. Untuk referensi makanan di Thailand bacalah artikel ini. 15 Kuliner Street foodyang patut kamu coba saat traveling ke Thailand.
moslem in thailand, krabi, night market, street vendor, islam thailand, pasar malam, menu halal thailand
Salah Satu Penjaja Makanan Halal di Pasar Malam Kota Krabi
Salah Satu Kedai Halal di Pasar Malam Sanam Luang Bangkok
Nacos Manis Khas Thailand
23.  Bahasa
Umumnya tulisan yang banyak kamu lihat saat berada di Thailand tentu saja aksara Thailand yang menyerupai tulisan jawa kuno honocoroko yang sulit dimengerti. Namun untungnya di kota-kota besar dan tempat pariwisata umumnya telah dilengkapi dengan bahasa inggris yang dapat kita baca dan mengerti. Untuk bahasa percakapan umumnya menggunakan bahasa Thailand dan English. Jika kamu tidak bisa berbahasa Inggris atau orang yang kamu temui tidak bisa bahasa Inggris maka pergunakanlah bahasa tubuh yang dilengkapi dengan tulisan agar bisa menjalin komunikasi yang baik. Dan selalu ingat tersenyum yang merupakan bahasa universal yang dapat dimengerti oleh semua bangsa.
haadyai, hatyai, thailand, south thailand, songtheaw, temple, backpacking thailand, kota hatyai, hatyai railway station, stasiun hatyai
Salah Satu Loket Penjualan Tiket di Terminal Bus Hatyai Thailand Selatan Dengan Display Bahasa Thailand
24.  Pakaian
Ketika kamu berkunjung ke Thailand ke kota manapun yang hendak kamu tuju umumnya ada daftar kuil yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Jadi baiknya persiapkan pakaian yang sopan saat mengunjungi kuil tesebut sebagai bentuk menghormati dan menghargai umat Buddha yang sedang beribadah di tempat itu. Untuk beberapa kuil sebelum masuk umumnya tanggalkan alas kaki untuk menjaga kebersihan dan sebagai bentuk penghormatan terhadap tempat ibadah yang kita singgahi.
Pakaian Sopan Saat Berada di Kuil Atau Tempat Keagamaan
Sedangkan jika kamu berkunjung ke tempat seperti pantai disini kamu bebas menggunakan pakaian apa saja. Mau yang tertutup atau terbuka bebas tidak akan ada orang yang melarang.

25.  Cuaca
Di Thailand memiliki cuaca yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia yaitu ada musim hujan dan musim kemarau. Namun untuk Thailand bagian utara terdapat juga musim dingin dengan udara yang sejuk namun tidak bersalju. Jadi carilah informasi mengenai prakiraan cuaca di tanggal keberangkatan kamu serta kota tujuan kamu agar dapat mempersiapkan pakaian yang sesuai.



26.  Open Trip
Salah satu kelebihan Thailand mereka mengemas sebuah paket tur dengan sangat baik yaitu dengan banyaknya paket perjalanan open trip. Open trip disini yaitu paket perjalanan dengan jadwal regular ke sebuah destinasi populer dengan konsep biaya sharing cost sehingga umumnya harga paketnya lebih terjangkau. Jadi kita tidak perlu menyewa kendaraan sendiri atau pemandu untuk membawa kita ke sebuah destinasi melainkan kita akan bergabung dengan peserta trip lain dari berbagai negara. Selain harganya lebih murah juga kita bisa berkenalan dan menambah teman baru dari berbagai negara. Untuk memesan open trip ke sebuah destinasi kami rekomendasikan belilah di hostel, penginapan kamu atau agen perjalanan terpercaya. 
Menikmati Minuman Dingin Diatas Speed Boat Saat Open Trip ke Pulau Phi Phi Dari Phuket
Join Open Trip dari Krabi Untuk Bisa Menikmati Loh Sama Bay, Phi Phi Thailand dari Atas Speed Boat
Join Open Trip dari Krabi Untuk BisaMenikmati Loh Sama Bay, Phi Phi Thailand dari Atas Speed Boat

27.  Sewa Motor
Salah satu cara untuk menghemat biaya saat menjelajah negara Thailand yaitu dengan menyewa motor karena tidak semua destinasi wisata ada open tripnya. Dan terkadang biaya open tripnya juga terbilang mahal untuk destinasi tertentu. Pengalaman kamu sewa motor di Thailand cukup mudah kamu hanya menyerahkan paspor atau ID card sebagai jaminan dan uang sewa motor yang berkisar mulai dari 200 bath tergantung dari tipe sepeda motor yang kamu sewa. Umumnya sewa motor tidak termasuk bensin jadi kamu perlu mengisi bensin sendiri yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Sewa motor cocok untuk kamu yang berjiwa petualang dan berani nyasar karena ketika menjelajah ke sebuah tempat atau destinasi kamu hanya mengandalkan peta dan insting pejalan.
Khao Phanombencha, huay to waterfall, krabi, phuket, thailand, travel, backpacking, air terjun
Perjalanan Menjelajahi Krabi Dengan Sepeda Motor Sewaan
Mengisi Bensin Eceran Di Kawasan Pantai Patong Phuket
28.  Penginapan
Saat di penginapan baiknya kamu meminta kartu nama yang tertulis alamat penginapan dengan jelas. Hal ini dapat kamu gunakan just in case kamu tersesat sehingga dapat memudahkan kamu pada saat bertanya kepada orang lain di jalan atau dengan supir taksi/ tuk-tuk untuk mengantarkan kembali ke penginapan.

29.  Internet
Ketika pertama kali saya ke Thailand saya hanya memanfaatkan free wifi yang diperoleh di penginapan atau fasilitas umum dan tidak membeli paket internet disana dengan alasan ingin menikmati menjelajah negerinya dibanding sibuk bermain gadget (baca: padahal budget terbatas hehe). Namun pada saat kedua kalinya ke Thailand akhirnya saya membeli kartu sim card lokal yang dapat di beli di minimarket seperti 711. Belilah paket data sesuai kebutuhan dan minta tolonglah penjaga minimarket itu untuk mengaktifkan data kamu..

30.  Wisata Belanja & Oleh-Oleh
Salah satu budaya orang Indonesia kurang lengkap rasanya apabila tidak berbelanja di negeri Thailand dan membawa oleh-oleh ketika pulang. Untuk mencari oleh-oleh saya sarankan belilah di pasar malam, kedai-kedai atau kios di pasar tradisional atau di dekat kuil-kuil yang menjadi tempat wisata karena umumnya harganya lebih murah dibandingkan oleh-oleh yang ditawarkan di mal-mal dan pusat perbelanjaan ternama.
Apabila kamu membeli di pasar malam jangan ragu untuk menawar dan membandingkan terlebih dahulu dengan penjual lainnya agar mendapatkan gambaran harga pasarnya sehingga kita bisa mendapatkan harga terbaik. Sebelum membeli oleh-oleh atau barang yang kamu incar ada baiknya persiapkan kalkulator kecil atau kertas dan pulpen yang dapat kamu gunakan sebagai media untuk tawar menawar mengingat banyak penjual di Thailand yang tidak bisa berbahasa Inggris.
Pasar Malam di Kota Chiang Rai, Thailand Utara
Pasar Malam di Kota Chiang Mai, Thailand Utara
Jalan Khaosan di Bangkok, Selain terdapat banyak penginapan murah juga banyak barang murah untuk dibeli
Lain cerita untuk kamu yang memiliki budget lebih untuk shopping tentunya mengunjungi gerai-gerai ternama yang banyak bertebaran di berbagai sudut kota bisa menjadi pilihan mengingat di dalamnya terdapat beragam brand ternama dengan model-model yang unik dan beragam. Tinggal gesek tidak perlu repot tawar menawar hehe.
MBK, Salah Satu Mall Ternama di Kota Bangkok
Kain Sutera dan Pashmina Yang Bisa Dijadikan Oleh-Oleh

Semoga tips jalan-jalan liburan untuk kamu yang baru pertama kali ke Thailand bermanfaat. Untuk tips dan panduan detail perkotanya akan kami tulis di artikel terpisah ya.  Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang Thailand yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini. Salam Pejalan.

Baca Artikel Tentang Thailand lainnya disini
           #Cross Border : Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Hatyai Thailand Selatan

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)


Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.

81 comments:

  1. 30 tips jalan-jalan ke Thailand ini lengkap banget . yang mau kesana tinggal buka post ini . berguna banget untuk yang pertama kali pergi ke Thailand

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mba evi. iy aniat berbagi informasi semog abisa bermanfaat dan menginspirasi banyak orang.

      Delete
  2. asli ini postingannya bermanfaat, sangat2 lengkap

    ReplyDelete
  3. Wow makasih infonya. 25 September 2016 ini saya berencana liburan ke bangkok. 😂

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Min, pembelian bagasi dr maskapai sebaiknya dilakukan sejak berangkat atau nanti saja ketika pulang dr Thailand?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung barang yang dibawa. kalo berangkat ngga terlalu banyak bawa barang pengalaman kami backpacking sih ngga beli bagasi, belinya untuk tiket pas pulangnya aja karena bakal penuh oleh-oleh (orang indonesia banget kan) hehehe

      Delete
  6. Ada info colokan listrik buat di bangkok, apa sama kaya di indo ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk colokan di thailand sebagian besar sama seperti di Indonesia yaitu 2 colokan. tapi ada baiknya tetap bawa selalu converter untuk jaga-jaga ya.

      Delete
  7. kak kira kira total budget (keseluruhan mulai dari tiket berangkat-kembali ke indonesia) ke thailand berapa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh tahu kira-kira mau ke destinasi thailand bagian dan kota mana serta berapa lama? jadi kami bsia bantu kasih perkiraan budget yang diperlukan. namun sebagai gambaran umum biaya hidup makan di thailand hampir sama dengan di indonesia yang tergolong murah mulai dari 12,000 sekali makan sampai ratusan ribu (restoran). untuk penginapan juga murah mulai dari 100 ribuan juga da sampai berjuta-juta (resort mewah).

      Delete
    2. Saya baru rencana kira2 1-2 minggu berlibur di thailand, terus kira2 perkiraan budget yg harus saya bawa itu berapa ya..?

      Delete
    3. kalo bener" ngebackpacker untuk penginapannya bisa dibudgetin seharinya rata" 100 ribu. untuk makan rata" sekali makan + minum 40-50 bath, untuk transportasi umumnya berkisar 100-500 bath tergantung sebarapa jauh jaraknya. utk hemat saat explore sebuah kota bisa sewa motor seharinya 250 bath.

      Delete
  8. Thanks infony.sangat bermanfaat.sy sama.keluarga ber3 rencana tahun dpn mau ke bangkok.ada tips bulan apa baiknya ksana? Sy ingin lihat bangkok,phuket.island dan beberapa tempat yg dibahas disini.kira2 backpackeran butuh budget berapa ya? Biar bisa dipersiapkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo phuket baiknya hindari bulan juli, agustus-oktober karena masih musim hujan. namun keuntungannya krn bukan peak season turis tidak terlalu banyak. kalo bangkok rasanya tetap bagus untuk dikunjungi sepanjang tahun. untuk budget backpackeran tergantung berapa lama dan berapa kota yang akan dikunjungi di thailand. rencananya berapa lama?

      Delete
  9. Rencana aku mau kebangkok ber2 anakku untuk pertama kalinya nih, mau kepattaya sm phuket jg, 5D4N cukup kah? Kmn aja ya bagusnya, kita suka kulineran sm belanja jg orgnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cukup. untuk menghemat waktu saya sarankan bisa berangkat turun di bangkok kemudian pulangnya dari pattaya jadi ngga bolak balik. karena ada pesawat tujuan ke bangkok ada ada pesawat tujuan ke pattaya. namun perlu digarisbawahi untuk tujuan ke pattaya umumnya naik air asia dari kuala lumpur. secara waktu 5d4n bisa dicukup"i dengan membuat perencanaan yang matang dan explore di destinasi 2 kota itu saja.

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Sama mba sya jg mau k bangkok n phuket bln depan, spa tau breng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bulan november kami sedang berada di brunei mba :), semoga lain kali bisa bareng ya hehehe

      Delete
  12. thanks infonya, sya 2 januari 2017 insya allah ke thailand

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. untuk mencapai destinasi favorit misal ke wat arun, chiang mai,wat Pho itu kalau dari kota bangkok bisa menggunakan transportasi apa yah? apakah itu termasuk luar kota? soalnya saya pernah ke bangkok tapi menggunakan travel nah saya ingin coba untuk backpacker tapi masih takut karena kondisi disana tidak seperti singapura yang gampang dijangkau hehe, mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk wat arun, wat po itu berada di tengah kota bangkok yang bisa diakses dengan tuk-tuk, uber atau taksi serta bus umum. kalo chiang mai itu kota lain yang bukan berada di kota bangkok yang bisa diakses dengan kereta api, bus atau pesawat. jarak chiangmai ke bangkok itu seperti dari jakarta ke jogja.

      Delete
  15. halo mba,salam kenal,kebetulan sy dan klurga ada rencana mau ke BKK januari 2017 ini,nah prtanyaan sy,boleh diinfokan ga hotel rekomen yg lokasinya di dekat siam square?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo zain, semoga rencana traveling ke bangkoknya berjalan lancar ya. jujur kami belum pernah menginap di dekat siam square karena 2 kali ke bangkok nginapnya di daerah khaosan road kawasan backpacker. untuk mencari hotel baiknya bisa cari di agoda, traveloka atau booking.com dan saran kami baca review" dari orang yang posting di web itu untuk pertimbangan sebelum booking sebagai referensi.

      Delete
  16. permisi numpang sharing hehe.. kalo jarak antar kota / antar pulau yang jadi destinasi wisata itu jarak tempuhnya sampai berapa lama sih, apa bisa sampai seharian seperti dari jakarta ke jogja atau ke surabaya begitu nggak.. terimakasih siapa tau ada yang mau jawab bisa jadi manfaat buat kita semua.. hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarak antar kota di thailand ada yang dekat ada juga yang jauh. misalnya kalo dari phuket ke krabi jaraknya 3 jam perjalannan saja namun kalo dari phuket ke bangkok atau bangkok ke chiang mai itu jauh membutuhkan perjalaan sekitar 6 -8 jam. jadi bisa disesuaikan klo perjalanan panjang baiknya naik pesawat atau naik bus/kereta malam jadi bisa menghamat waktu perjalanan. tipsnya sebelum menentukan mau ke kota mana saja pelajari dulu jarak nya di maps agar bisa membuat perencanaan yang lebih matang dan tidak salah beli tiket.

      rencananya mau ke kota mana?

      Delete
  17. Lengkap banget mas, thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih, semoga infonya bermafaat dan menginspirasi ya.

      Delete
  18. Permisi mas....
    Mohon info utk ke tailand bangkok sekluarga 9 orang lebih cocok menginap didaerah mana y mas ?
    Yrims

    ReplyDelete
    Replies
    1. baiknya pilih yang dekat pusat kota di kawasan Ratchathewi, sathon, bang rak, sukhumvit atau khaosan. atau kawasan kisaran yang dekat pusat transportasi umum seperti BTS. nanti untuk menuju ke tempat" wisatanya bisa naik BTS, perahu, sewa tuktuk atau naik uber grab semisal mau naik transportasi umum. klo mau sewa mobil dari penginapan pun bisa jadi lebih memudahkan dan praktis dalam mobilitas dari satu tempat ke tempat lain semisal kurang memungkinkan untuk naik transportasi umum.

      Delete
  19. Hai minta info dong, kalo bangkok - Chiang rai - krabi, rute nya baiknya kemana dulu ya? enak nya pakai apa? kereta atau bus (solo backpack nih) trims :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo kalih.
      pertanyaan sebelumnya pesawatnya mendarat dimana dan keluar dari thailand dari kota apa?

      klo PP dari bangkok maka bisa saya katakan jalurnya maju mundur karena bangkok itu ditengah, changrai itu diatas (utara) klo krabi itu dibawah (selatan). semisal belum booking tiket pesawat saya saranin berangkat mendarat di phuket/krabi kemudian melanjutkan perjalanan ke bangkok (bisa naik bus atau pesawat) kemudian dari bangkok bisa naik pesawat, bus atau kereta ke chiangmai/chiang rai. moda transportasi yang dipilih disesuaikan sama budget sama berapa lama waktu yang dimiliki ya.

      Delete
  20. Boleh bagi infonya gan wktu open trip ke phi phi island pake tour travel apa ya gan? Yng murah hehe mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dua kali ke phi phi island selalu mencari tour saat sampai di thailand dan membandingkan travel agent tour yang ada disana. tipsnya untuk cari yang murah umumnya agen perjalanan dari penginapan/hostel/guesthouse dibanding yang ada di pinggir" jalan. klo cari tour travelnya dari phuket bisa cari di seberang pantai pantong sebelum bangla road. klo carinya di krabi bisa pesan dari hostel/guesthouse, atau bisa juga cari tournya di phi phi islandnya saha semisal berencana mau bermalam di pulau ini.

      Delete
  21. Wah info yg sangat bermanfaat! Oiya gan, jadi rencananya saya dan teman2 akan berlibur ke Thailand di akhir Mei atau awal Juni 2017 nanti, mau ke Pattaya/Bangkok/Phuket dalam 5 hari 4 malam. Yang mau saya tanyakan adalah :
    1. Krn baru pertama kali ke Thailand, gan boleh sharing mana yg lebih rekomen untuk mengunjungi Bangkok/Pattaya/Phuket dan kelebihan&kekurangan masing2 destinasi wisata di ketiga kota tsb.
    2. Untuk ke Pattaya/Phuket, bagaimana sebaiknya pemesanan tiketnya?
    3. Penginapan yg cukup bagus (bukan hostel) di sekitar Bangkok/Phuket/Pattaya yg dekat juga wisatanya/transport.
    4. Untuk kira2 6-8orang, kira2 bisa berapa total biaya yg dikeluarkan per orang untuk 5hari 4malam (sudah dengan tiket pesawat, penginapan, wisata, makan, dan transport)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama 5 hari mau ke 3 kota itu ya? (pattaya, bangkok, phuket)?. sangat mepet banget waktunya belum lagi ditambah waktu perjalanan. klo pattaya dan bangkok dalam 5 hari rasanya masih cukup tapi klo ke phuket juga waktunya terlalu mepet karena untuk explore phuket dan ke phiphi islandnya saja minimal 2 hari. yang harus dipertimbangin perjalanan dari bangkok ke phuket itu 8 jam dengan darat (1,5 jaman apabila naik pesawat). untuk pesawat ada penerbangan langsung dari KL ke pattaya, ada KL ke bangkok dan ada juga KL ke phuket, jadi bsia disesuaikan dengan budget dan pilihan kota yang mau dikunjungi.
      untuk total buget harus ditentukan dulu finalnya mau ke kota mana saja nanti bisa kami bantu perkirakan biaya yang dibutuhin.

      Delete
  22. Boleh review tentang air asianya kah?

    Rencana mau ke bangkok maret 2017, bisa rekomen hostel / hotel terdekat dari Thunder Dome Muang Thong Thani?

    Terima kasih

    ReplyDelete
  23. Boleh review tentang air asianya kah?

    Rencana mau ke bangkok maret 2017, bisa rekomen hostel / hotel terdekat dari Thunder Dome Muang Thong Thani?

    Terima kasih

    ReplyDelete
  24. hii,,
    saya berencana ke bangkok dan chingmai selama 8 hari, ada yang tau gak perkiraan harus sediain brapa duit untuk perjalanan selama 8 hari ini ?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk biaya hidup di chiangmai cukup terjangkau. biaya sekali makan disana sekitar 40 bath - 80 bath sekali makan. harga minumpun standard 10 bath sampai 30 bath. untuk biaya penginapan klo dirupiahin rata" masih banyak yang 100 ribu permalam. klo mau lebih hemat saat menjelajah kota chiangmai bisa sewa motor dengan harga sewa 200-300 bath sehari. klo mau simple bisa ikut open trip namun harus nyiapin kocek lebih karena umumnya open trip itu harganya sekitar 500 sampai 1500 bath seorang (tergantung destinasi). jadi tinggal dihitung saja dengan 8 hari.

      Delete
  25. Wahhh terimakasih yaaa artikel yg bermanfaat, doakan september ini aku jadi berangkat ke thailand yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, semoga lancar ya rencana perjalannya. *dibantu doa*

      Delete
  26. Ka mau nanya
    Saya tgl 11 maret nnti ke thailand untuk audisi.
    Di perlukan tiket pesawat pp ga ya ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah maaf sekali telat membaca komen ini. untuk thailand sangat jarang ditanya tiket PP, tapi klo memang niatnya pulang pergi dari thailand ngga ada salahnya sudah mempersiapkan. selain harga tiket pesawatnya lebih murah dan aman untuk di imigrasinya.

      Delete
  27. kak, ada rencana bulan madu kesana nih awal mei nanti, ada rekomendasi tempat-tempat yg seru gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk bulan madu saya saranin untuk menginap 1 malam di phiphi islandnya juga ya ketimbang di pusat kota phuketnya. nanti dari phiphi island baru bisa cari paketan untuk hopping island ke pulau" sekitar phiphi island.klo ada waktu lebih bisa luangin waktu stay juga di krabi nya karena banyak muslim di krabi jadi sangat mudah mendapatkan makanan halal disana. pantai dan pulau" di krabi pun lebih sepi dan pas suasanya untuk honeymoon dibanding di phuket.

      Delete
    2. oh maaf, karena thailand besar untuk honeymoon rencananya ke kota apa? klo phuket seperti komen diatas yang bis a kami sarankan hehe..

      Delete
  28. Mas, kalau untuk yang menjual accesories atau variasi motor di thailand di kota apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentunya di kota" besarnya seperti bangkok, chiang mai dan haytai ada. tapi untuk daerahnya kami kurang tau karena belum pernah beli accesoris kendaraan di thailand, takut kena pajak mahal pas sampai di indonya.

      Delete
  29. Mau tanya agent tour yg terpercaya melayani wisata ke thailand namanya apa yah?

    ReplyDelete
  30. banyak banget tempat-tempat wisata di thailand yang indah dan bisa kita kunjungi..

    ReplyDelete
  31. Mbak mau tanya 😄
    Dari Bangkok ke puket jarak brapa jauh ya...
    Biasanya naik apa.?

    Maaf pengen tau... Soalnya pertama kali mau liburan ke thailand.

    ReplyDelete
  32. Mau nanya saya mau ke thailand bulan agustus,liburan sekaligus ketemu teman disana.temen saya di roi et jadi dari bangkok harus naik pesawat lagu ke roi et.terus dilanjut ke rayong naik mobil dia sama suaminya.saya mau tanya kira-kira budget berapa untuk menginap 2 hari di bangkok sekalligus jalan-jalan dibangkoknya ?untuk 2 orang terima kasih

    ReplyDelete
  33. Halo kak! Makasih banyak ya info nya sangat membantu sekali. Mau nanya nih, bulan depan saya transit sekitar 8 jam di Suvarnabhumi (jam 5 sore sampe midnight), kira2 cukup ga waktunya buat belanja di bkk? Rencana mau ke Platinum Mall aja sih (fashion & make up lol). Atau ada saran t4 lain? Thank youuu

    ReplyDelete
  34. Halo gan
    Boleh direkomendasi lebih baik ke tempat mana dlu yah? Biar bisa jalan sepenuhnya.. lebih baik terbang ke phuket atau bangkok atau lainnya ya?
    Hbis itu apakah bisa menyewa orang seperti tour guide?
    Kira kira berapa jika kita mau menyewa seorang tour guide?

    ReplyDelete
  35. referensi yg sangat menarik, khususnya bagi saya yg perdana ke thailand (sekaligus luar negri hehe)..
    sekalian minta masukan untuk liburan singkat 3 hari 2 malam, sebaiknya ke tempat wisata mana aja yaa ?
    pesawat saya kira2 tiba di don mueang jam 5 sore, nah saya udh reservasi hotel di siam bangkok, jaraknya jauh gak kira2 dari bandara ke hotel saya ? trimss..

    ReplyDelete
  36. Mas, kalau liburan 6 hari 5 malam ke Bangkok & Pattaya without tour guide for the first time, bisa share rekomendasi itinerary ngak ya..? hehe..
    Situs wisata ngak harus semua dikunjungin, most wanted sih bisa ngunjungin pantai, madame tussaud bangkok, dan chatuchak market.

    Im so glad if you can help

    ReplyDelete
  37. Mas, klo untuk cewek jalan2 sendiri di Bangkok, aman kah?

    ReplyDelete
  38. pak mau tanya apa thailand ada semacam "one day pas" kayak di singapur yg bisa dipakai segala transportasi unlimited? berapa harga ? apa bisa dipakai diluar kota/luar Bangkok?

    ReplyDelete
  39. min Suku Karen Berleher Panjang di Chiang Mai dan Chiang Rai unik banget, itu serius panjang banget lehernya

    ReplyDelete
  40. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat! Rencana saya mau ke Thailand tgl 8-11 November, memang masih lama sih, hehe. Cuma gak ada salahnya cari info sebanyak2nya dari sekarang, ehh, nemu disini infonya yang lengkap. :)

    ReplyDelete
  41. mas mau tanya dong rencana bln oktober saya mau ke thailand
    dari johor bahru jalur darat
    kira" tempat mana ya yang dekat n low budget
    soalnya baru pertama kali mas
    Terima kasih

    ReplyDelete
  42. Halo. Saya belum pernah mengurus visa sendiri ke luar negeri sebelumnya. Saya ingin ke Thailand di tahun depan. Apakah saya perlu mengurus visa di Indonesia sebelum berkunjung? Atau saya bisa mengurus visa on arrival ketika sampai di sana? Tks.

    ReplyDelete
  43. Kak, mau tanya
    Kalo motoran di bangkok-pattaya bakal ditanyai ijin mengemudinya ga ya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  44. Mass. Mau bertanya saya rencana november ini mau ke thailand. 5D4N, dengan budget 1.500.000 dlm rupiah..untuk makan , Transpot dan oleh oleh sedikit. Bisa ga ya kira kita

    ReplyDelete
  45. Halo kak,rencana hanya 3d2n ke Bangkok, ini baru pertama kali, kira2 rekomendasi tempat wisatanya mana aja ya? Klo ingin wisata ke pulau apakah waktunya cukup?

    ReplyDelete
  46. Halo kak,rencana hanya 3d2n ke Bangkok, ini baru pertama kali, kira2 rekomendasi tempat wisatanya mana aja ya? Klo ingin wisata ke pulau apakah waktunya cukup?

    ReplyDelete
  47. Hallo Mas, beruntung bgt menemukan Web ini. sya berencana sekeluarga (4orang) ke Thailand di akhir tahun (Okt atau Nov). Saya type travelling yang alam dan setahu saya wisata di kota Bangkok kurang alam banget (hasil googling). Ada saran ittenary untuk saya cicip Alam Thailand, thats mean : pantai nya tapi tetep bisa menikmati kota Bangkok dengan sejarah dan kulinernya? Rencana trip 3D2N. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo kachu. Iya kalo di thailand lebih ke wisata kuliner dan belanja. saran kami kalau waktunya hanya 3 hari 2 malam bisa ke krabu atau phuket. bisa beli tiket airasia yg langsung ke phuket atau krabi dari kuala lumpur. untuk tips lengkapnya juga bisa dibaca di blog kami ya.

      Delete
  48. Panjang sekaliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii but thx

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.