Tuesday, April 24, 2018

40 Tips dan Panduan Lengkap Jalan-Jalan Liburan ke Phuket Thailand


Keindahan Phi Phi Island Yang Ditawarkan Dalam Paket Tour
Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Phi Phi Island atau James Bond Island di Thailand umumnya masuk melalui Phuket. Alasannya selain terdapat banyak pilihan open trip atau tour di Phuket memiliki beragam tempat menarik untuk dikunjungi mulai dari sederetan pantai yang indah, pulau yang mempesona, kuil Buddha yang megah, kuliner yang lezat, hiburan pertandingan Muay Thai yang seru hingga kehidupan malam di café dan restoran yang tersaji di sepanjang pantai Patong dan Bangla Road.
Jadi jika kamu juga memiliki rencana untuk berkunjung ke Phuket Thailand berikut kami informasikan tips dan panduan Jalan Jalan Liburan ke Phuket khususnya bagi kamu yang pergi tanpa travel agent atau tur dari Indonesia. Semoga tips dan panduan yang dapat saya berikan dapat membuat  liburan kamu di Phuket Thailand menjadi lebih terencana dan berakhir menyenangkan.

1.  Cek Paspor Sebelum Merencanakan Liburan ke Thailand
Untuk kamu yang sudah memiliki paspor pastikan masa berlaku paspor kamu saat tanggal keberangkatan ke Thailand tidak kurang dari 6 bulan dari masa akhir berlakunya paspor kamu. Jika kurang dari 6 bulan segeralah lakukan perpanjangan paspor agar perjalananmu berjalan sesuai rencana dan tidak di deportasi oleh imigrasi saat mendarat di Thailand atau saat sebelum terbang di bandara. Simak perjalanan kami di Thailand Selatan di video ini ya.


2.  Tentukan Tujuan Utama
Phuket terletak di Thailand bagian selatan dan berdekatan dengan beberapa kota dan destinasi lainnya mulai dari pulau-pulau di sekitar Phuket dan Koh Phi Phi, Koh Lanta yang dekat dengan kota Trang, Koh Samui dan Koh Phangan yang dekat dengan kota Suratthani serta pulau-pulau dan pantai populer lainnya.
Jadi sebelumnya tentukan tujuanmu ke Thailand apakah hanya untuk berkunjung ke Phuket saja, atau mengunjungi beberapa kota lainnya juga. Karena hal ini sangat berpengaruh dengan tiket pesawat tujuan mana yang sebaiknya kamu beli. Karena jika salah beli tujuan tentunya akan menyulitkan kita untuk menuju ke destinasi tersebut baik karena keterbatasan waktu maupun budget yang ada. Detailnya akan kami sampaikan di point berikutnya.
Noppharat Thara Beach, Ao Nang Beach, Pantai, Sunset, Senja, Krabi, Thailand, Phuket, Backpacking, travel, south east asia
Perjalanan Darat Dari Krabi Menuju Phuket, Thailand
Apabila kamu berencana berkunjung ke Phuket dan Krabi di satu rangkaian Perjalanan maka untuk mengefesienkan waktu dan biaya saran kami jika kamu ke Thailand untuk kedua destinasi ini sebaiknya naik pesawat dengan tujuan mendarat di Phuket kemudian terbang keluar Thailand dari Krabi atau sebaliknya jadi dengan demikian bisa mengefesienkan waktu menjelajah dua provinsi ini tanpa perlu bolak-balik pulang pergi mengejar waktu. Sebagai informasi dari Krabi ke Phuket atau sebaliknya bisa ditempuh dengan naik bus kurang lebih 2-3 jam perjalanan bisa juga naik ferry yang ditempuh dari Phuket ke Phi Phi Island dan ke Krabi dengan waktu sekitar 3 jam. 
Peta jarak dan lokasi Phuket, Phi Phi dan Krabi Untuk Referensi. Source: phiphi-booking.com

3.  Hunting Tiket Pesawat ke Phuket
Misalnya kamu hendak ke Phuket atau Krabi naik pesawat maka kami rekomendasikan carilah tiket dari Jakarta atau kota besar di Indonesia dengan tujuan ke Kuala Lumpur untuk transit terlebih dahulu kemudian menyambung dengan penerbangan dari Kuala Lumpur ke Phuket atau Krabi. Namun apabila kamu hendak ke Bangkok juga dari kota Bangkok juga terdapat beberapa pilihan maskapai penerbangan yang melayani rute domestik ke kota Phuket Thailand diantaranya Air Asia, Thai Airlines serta Bangkok Airlines. Apabila kamu hendak menjelajah beberapa kota sekaligus perhitungkan juga jarak dan waktu tempuh yang dibutuhkan agar tidak dikejar-kejar waktu dan dapat menikmati perjalanan saat di Thailand.
Keindahan Thailand Selatan dilihat dari atas jendela pesawat Airasia
Berapa budget untuk tiket pesawat ke Phuket Thailand? Semua tergantung dari kota mana yang hendak kamu tuju dan apakah harga tiket yang kamu peroleh adalah harga promo atau normal. Sebagai gambaran jika promo kamu dapat memperoleh tiket ke Thailand dengan harga tiket kisaran 800 ribuan untuk pulang pergi perorang, namun untuk harga normalnya kurang lebih 1 sampai 5 juta tergantung maskapai dan tujuannya.  
  Untuk kamu yang memiliki budget terbatas rasanya ikut hunting tiket promo adalah salah satu jalan menuju ke Phuket Thailand. Tiket promo dapat kamu dapatkan baik promosi yang diadakan online di website maskapai penerbangan maupun di event-event atau travel fair tertentu.  Apabila kamu memiliki waktu lebih rasanya dapat mempertimbangkan Air Asia, salah satu maskapai berbudget rendah favorit kami yang kerap memberikan tiket promo. Untuk pilihan moda transportasi lainnya secara detailnya akan kami jabarkan di point berikutnya ya.

4.   Buat Itinerary ke Phuket
Untuk mempersiapkan perjalananmu ke Phuket Thailand ada baiknya mempersiapkan itinerary perjalanan minimal secara gambaran umumnya agar kamu sudah tahu kemana saja destinasi yang dapat kamu tuju. Hal ini juga untuk membuat perhitungan jarak dan waktu tempuh untuk menuju tempat wisata atau jarak dari 1 pulau ke pulau lain yang hendak kamu jelajahi. Point ini kami tulis karena kami sendiri memiliki pengalaman dimana karena salah memperhitungkan waktu sehingga dengan terpaksa harus melewati beberapa pulau yang awalnya hendak kami tuju dengan alasan waktu yang tidak cukup. Sesungguhnya peta memang terlihat dekat namun waktu tempuh nya juga kita harus pertimbangkan seperti jadwal bus, ferry, speed boat atau kereta yang menghubungkan destinasi yang kita


Gambaran lokasi dan jarak dari Suratthani ke Phuket dan Krabi serta beberapa pulau di sekitarnya. source: samuiidays.com

5.  Mencari Penginapan di Phuket
Jika kamu liburan ke Thailand dengan jadwal yang fleksibel rasanya untuk mencari penginapan secara on the spot/ go show masih sangat mungkin, hal inilah yang dua kali kami lakukan saat traveling ke Phuket Thailand yang baru mencari penginapan saat tiba di kota yang kamu singgahi. Namun jika tujuan kamu adalah berlibur bersama keluarga, teman atau pasangan dengan jadwal perjalanan yang pasti tentunya melakukan pemesanan penginapan dari jauh-jauh hari adalah hal yang bijak sehingga dapat memastikan kamu memperoleh penginapan yang sesuai dengan selera kamu serta sesuai dengan budget yang kamu miliki.
Rekomendasi saya untuk mencari penginapan di Phuket Thailand disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Secara area dapat kami kategorikan menjadi 3 tempat yaitu di kawasan tengah kota yang lebih dekat ke terminal bus namun jauh dengan pantai, kawasan kedua yaitu dekat dengan pusat wisata yaitu kawasan Bangla Road dan Pantai Patong, serta kawasan pantai lainnya yang berada di sederetan pantai Kata dan pantai Baron. Untuk kamu yang suka dengan keramaian dan lokasi strategis kami sarankan untuk mencari penginapan di sekitar Pasar Malam Pantai Patong, Bangla Road atau sekitar stadium Muang Thay. Jika tujuan kamu ke Phuket untuk mencari ketenangan misalnya untuk berbulan madu maka hindari menginap di kawasan ini.
Sederetan Penginapan di Sekitar Bangla Road
 Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya kami sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Thailand, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral saya di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher hingga sebesar 30 - 40 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. Tertarik? Yuk Daftar airbnb.com disini.
Saat di penginapan baiknya kamu meminta kartu nama yang tertulis alamat penginapan dengan jelas. Hal ini dapat kamu gunakan just in case kamu tersesat sehingga dapat memudahkan kamu pada saat bertanya kepada orang lain di jalan atau dengan supir taksi/ tuk-tuk untuk mengantarkan kembali ke penginapan.




6.  Persiapkan Mata Uang Thailand Bath
Beberapa hari sebelum keberangkatan ada baiknya kamu telah menukarkan uang rupiah dan membeli Thailand Bath di money changer yang ada di dekat kota kamu. Hindari menukarkan uang di bandara karena umumnya nilai tukarnya sangat rendah. Jika tidak ada Thailand Bath kamu juga dapat menukarkan terlebih dahulu ke dalam mata uang USD (Dollar Amerika) untuk ditukarkan di money changer ketika sampai di Thailand. Dan baiknya jangan pernah berpikir juga untuk menukarkan uang Rupiah saat kamu tiba di Thailand karena nilai tukar Rupiah itu kurang bagus bahkan tidak semua money changer di luar negeri yang mau menerima Rupiah. Pastikan juga kamu menukarkan uang dengan jumlah yang cukup karena tidak semua tempat menerima kartu kredit. Gunakan kartu atm atau kratu kredit di Thailand saat darurat saja karena umumnya nilai tukarnya kurang bagus atau terkena biaya adminsitrasi tambahan. Simak video perjalanan kami saat dari Suratthani ke Phuket disini ya.

7.   Bisakah ke Phuket dengan Moda Transportasi Kereta Api?
Yang harus kamu ingat tidak semua kota dilalui jalur oleh Kereta Api salah satu contohnya Phuket dan Krabi tidak dapat ditempuh dengan kereta api sehingga kamu harus naik bus dari Bangkok, Suratthani atau kota Hatyai. 
haadyai, hatyai, thailand, south thailand, songtheaw, temple, backpacking thailand, kota hatyai, hatyai railway station, stasiun hatyai
Salah Satu Stasiun di Thailand 

8.  Bus Antar Kota di Thailand Ke Phuket
Berhubung Phuket adalah destinasi favorit bisa kami katakan cukup mudah untuk mencari bus antar kota di Thailand dengan tujuan ke Phuket. Kamu dapat naik bus dari Bangkok, Suratthani, Phuket, Trang atau dari Hat Yai ke Phuket. Sebagai informasi apabila kamu hendak naik bus waktu tempuh dari Krabi ke Phuket dengan bus yaitu sekitar 2-3 jam. Untuk Perjalanan dari Hat Yai ke Phuket sekitar 5-7 jam perjalanan. Untuk Perjalanan dari Suratthani ke Krabi itu sekitar 3-5 jam perjalanan. Sedangkan untuk perjalanan bus dari Bangkok ke Phuket itu sekitar 6-8 jam perjalanan tergantung kondisi lalu lintas.
road trip from krabi to phuket, overland from krabi to phuket, bus jalan darat dari krabi ke phuket
Bus Yang Mengantarkan Kami dari Krabi Ke Kota Phuket
road trip from krabi to phuket, overland from krabi to phuket, bus jalan darat dari krabi ke phuket
Interior Bus dan Pintu Masuk Bus bagian Tengah
Untuk menghemat waktu apabila dibutuhkan perjalanan yang panjang pilihlah jadwal keberangkatan yang malam hari sehingga akan tiba pada pagi harinya. Selain hemat waktu kamu juga dapat menghemat biaya penginapan. Untuk pembelian tiket bus dapat kamu lakukan langsung di terminal bus nya atau membeli pada agen perjalanan resmi, hostel atau tempat penginapan kamu menginap. Itulah kelebihan penginapan di Thailand yang umumnya memiliki fasilitas untuk membantu pemesanan tiket baik bus, kereta maupun moda transportasi lainnya.

9.   Mini Van Antar Kota di Thailand menuju Phuket
Di beberapa kota kecil Thailand terkadang jadwal bus tidak sebanyak jadwal keberangkatan minivan yang juga melayani rute antar kota. Jadi apabila kamu mengejar waktu ada baiknya juga mencari info mengenai keberadaan dan jadwal mini van yang dapat mengantarkan kamu ke kota Phuket. Untuk ongkos umumnya naik mini van lebih mahal sedikit dibandingkan naik bus antar kota. Untuk pembelian tiket naik mini van antar kota  kamu lakukan langsung di terminal bus nya atau membeli pada agen perjalanan resmi, hostel atau tempat penginapan kamu menginap. 
haadyai, hatyai, thailand, south thailand, songtheaw, temple, backpacking thailand, kota hatyai, hatyai railway station, stasiun hatyai
Minivan antar kota di Thailand
 Untuk minivan ke Phuket umumnya hanya ada dari kota yang jaraknya tidak terlalu jauh seperti dari Hat Yai, Trang, Suratthani dan Krabi. Kalau kamu dari Bangkok mau jalur darat kami sarankan sebaiknya naik bus reclining seat/ sleeper saja yang lebih nyaman untuk perjalanan jarak jauh.

10. Tiba di Terminal Bus Phuket
Apabila Phuket adalah salah satu destinasi yang kamu kunjungi dari rangkaian perjalananmu di Thailand, dan apabila kamu ke Phuket naik bus dari kota lain di Thailand maka sudah dapat dipastikan kamu akan berhenti atau turun di terminal busyang berada di pusat kota Phuket. Sebagai informasi apabila kamu menginap di tengah kota maka kamu bisa mempertimbangkan untuk naik tuk-tuk atau taksi untuk ke penginapan. Namun apabila kamu menginap di kawasan pantai seperti Patong, Kata, Karon dan sekitarnya maka jarak dari pusat kota ke pantai tersebut masih cukup jauh sehingga tidak bisa naik tuk-tuk. Alternatifnya kami pernah naik bus umum dari seberang pasar tradisional di Phuket dan kami pernah juga naik transportasi online seperti Grab agar lebih efesien dan hemat dibandingkan naik moda transportasi lainnya.
road trip from krabi to phuket, overland from krabi to phuket, bus jalan darat dari krabi ke phuket
Suasana Terminal Bus Phuket
road trip from krabi to phuket, overland from krabi to phuket, bus jalan darat dari krabi ke phuket
Salah Satu Bus Tingkat Yang Parkir di Terminal Bus Phuket
phuket, thailand, patong beach, pantai patong, sunset, bus umum ke patong phuket, bus to patong beach
Bus Umum Dari Kota Phuket Menuju Pantai Patong

phuket, thailand, patong beach, pantai patong, sunset, bus umum ke patong phuket, bus to patong beach
Kondisi Bus Umum di Phuket, Thailand
11. Tiba di Phuket Thailand Lewat Jalur Udara (Phuket International Airport)
Setibanya di Phuket Thailand umumnya kamu harus melengkapi selembar formulir yang harus kamu isi sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk masuk ke negara Thailand. Pesan saya isilah semua kolom yang diwajibkan dengan lengkap mulai dari cara kedatangan, waktu kedatangan, keberangkatan maskapai yang dinaiki atau moda transportasi darat atau laut apa yang kamu gunakan. Ketika berhadapan dengan petugas imigrasi berlakulah yang sopan dan mudah diajak bekerja sama tanpa perlu panik atau takut yang berlebihan. Bila diajukan pertanyaan jawablah dengan sopan. Apabila kamu tidak bisa berbahasa Thailand gunakan saja bahasa inggris. Bila tidak bisa kedua bahasa itu tersenyumlah, karena senyum adalah bahasa universal yang dapat dimengerti oleh semua umat manusia.

Bandara Internasional Phuket, Thailand
Ikuti barisan antrean dengan tertib dan siapkan semua dokumen yang diperlukan yaitu paspor dan kartu imigrasi kedatangan dan keberangkatan yang telah kamu isi dengan lengkap. Agar dokumen tidak tercecer ada baiknya kamu menggunakan passport cover/ passport holder untuk menyimpan dokumen tersebut. Satu yang harus kamu ingat ketika giliran kamu hendak tiba selalu berdiri di belakang garis kuning/ garis pembatas sampai giliran kamu tiba dipanggil untuk menghampiri petugas imigrasi di loket tersebut. 
Bandara Internasional Phuket, Thailand
Untuk transportasi dari bandara internasional Phuket ke Phuket Town atau daerah pantai Patong bisa naik transportasi online atau airport shuttle services. Ongkosnya tergantung jarak ke penginapan atau tempat yang kamu tuju yaitu berkisar 300 - 900 Bath.

12. Ambil Brosur & Peta Wisata
Jika kamu masuk Phuket Thailand melalui jalur udara atau berada di sektiar jalan Bangla dan pantai Patong carilah Thailand Tourism Information Center atau rak-rak yang menyediakan peta dan brosur tentang wisata dan transportasi umum di Phuket Thailand yang dapat kamu ambil secara gratis. Hal ini sangat penting selain untuk mendapatkan gambaran umum peta transportasi juga terdapat informasi tentang semua tempat wisata populer yang patut kamu kunjungi selama berlibur di Phuket Thailand.  

13. Mengikuti Open Trip di Phuket
Salah satu kelebihan di Phuket Thailand mereka mengemas sebuah paket tur dengan sangat baik yaitu dengan banyaknya paket perjalanan open trip. Open trip disini yaitu paket perjalanan dengan jadwal regular ke sebuah destinasi populer dengan konsep biaya sharing cost sehingga umumnya harga paketnya lebih terjangkau. Jadi kita tidak perlu menyewa kendaraan sendiri atau pemandu untuk membawa kita ke sebuah destinasi melainkan kita akan bergabung dengan peserta trip lain dari berbagai negara. Selain harganya lebih murah juga kita bisa berkenalan dan menambah teman baru dari berbagai negara. Untuk memesan open trip ke sebuah destinasi kami rekomendasikan belilah di hostel, penginapan kamu atau agen perjalanan terpercaya. 
Maya bay, Thailand
Phi Phi Don, Thailand
 Open trip yang dapat kamu coba ketika berada di Phuket yaitu bermain kayaking & canoing di Koh Panyee dan James Bond Island, City tour keliling Phuket mulai dari Wat Chalong hingga ke Big Buddha, One Day Tour untuk Pulau Phi Phi, hingga open trip ke penangkaran gajah. Untuk detailnya akan kami jabarkan di poin-point berikutnya ya.
 Pulau Khai Nok Thailand, salah satu pulau yang bisa dikunjungi ketika open trip ke Pulau Phi Phi
Mekanisme untuk mengikuti open trip ini yaitu terlebih dahulu tentukan tujuan dan tanggal keberangkatan dari paket perjalanan yang hendak kamu belli. Kamu bisa membeli tiket atau paket perjalanan di agen perjalanan baik yang ada di pinggir jalan maupun dari penginapan kamu menginap. Pada saat membeli paket perjalanan tersebut pastikan kamu menerima bukti pembayaran dan nama serta biodata kamu dicatat dengan benar seperti nama, nomer telpon yang bisa dihubungi serta alamat tempat menginap untuk penjemputan saat tour berlangsung. 
Salah Satu Pemandangan Indah Yang Tersaji Di Tengah Perjalanan Keliling Phuket
Nanti di hari H akan ada seseorang yang akan menjemput di hotel tempat kamu menginap sesuai dengan waktu perjanjian, maka pastikan kamu tidak telat ketika hendak dijemput agar perjalanan open trip berjalan lancar. Nanti di perjalanan open trip ini kamu akan bertemu dengan banyak orang dari bebagai negara yang tergabung dalam trip yang sama. Berbaurlah dan menjadi teman agar perjalanan open trip kamu bisa lebih menyenangkan.
Minivan yang membawa kami Open Trip dari Phuket ke Pulau Phi Phi

14. Cara menuju Pulau Phi Phi dan Maya Bay dari Phuket
Tidak lengkap bila ke Phuket tanpa pergi ke Pulau Phi Phi. Metika berada di Phuket dengan mudah kita akan melihat banyak agen perjalanan maupun dari penginapan yang berlomba-lomba menawarkan harga paket beragam sesuai budget mulai dari budget backpacker maupun yang turis mewah dengan speed boat lengkap dengan fasilitas minum dan makan siang yang disajikan secara prasmanan. Dari salah satu dermaga di Phuket kamu bisa menjelajah pulau-pulau yang berada di taman nasional Mu Koh Phi Phi dan tentu saja berkunjung ke Maya Beach tempat dimana film The Beach yang dibintangi oleh Leonardo dicaprio dibuat.
Ferry dari Phuket ke Pulau Phi Phi, Thailand
Ferry ketika hendak sampai ke dermaga Pulau Phi Phi, Thailand
Ada 2 cara untuk menuju Pulau Phi Phi dari Phuket yaitu naik Ferry dari dermaga dekat Phuket Town menuju pulau Phi Phi atau ikut one day trip untuk hopping Island dari Krabi keliling pulau-pulau di sekitar Pulau Phi Phi. Apabila kamu berencana menginap di pulau phi phi maka pilihannya adalah naik ferry, namun jika waktu kamu terbatas maka kami sangat sarankan untuk ikut yang one day trip saja dari Phuket.
Ini speedboat yang kami tumpangi saat ikut One Day Tour Hopping Island ke Phi Phi dari Phuket, Thailand
Ini speedboat yang kami tumpangi saat ikut One Day Tour Hopping Island ke Phi Phi dari Phuket, Thailand

15. Budget ke Pulau Phi Phi & Maya Bay dari Phuket
Apabila kamu mengikuti open trip dari Phuket ke Pulau Phi-Phi standard harga paket open tripnya yang satu hari Hopping Island yaitu 1000-1700 Thailand Bath peorang untuk dewasa. Ada juga open trip ke Pulau Phi Phi yang lebih mahal sekitar 2000-3000 Bath perorang untuk paket perjalanan yang lebih mewah. Jadi saat membeli tiket open trip ini kami sarankan tanyalah secara detail fasilitas apa saja yang di dapat dan menu makanan apa saja yang akan diberikan. Dari pengalaman kami umumnya open trip ini sudah termasuk transportasi antar jemput dari dan ke penginapan, minuman dan buah untuk cemilan serta makan siang prasmanan dengan menu-menu seafood dan ayam goreng yang lezat.
Koh Kai Nok, Salah satu pulau yang dikunjungi saat one day trip ke Pulau Phi Ph
One Day Trip dengan Speed Boat ke Pulau Phi Phi dan Sekitarnya

Prasmanan Saat Ikut One Day Trip dari Phuket ke Phi Phi Island

16. Rekomendasi Pantai di Phuket
Di Phuket memiliki deretan pantai yang indah dan populer mulai dari Pantai Patong yang tidak pernah sepi dari pengunjung, pantai Karon yang terdapat banyak resort mewah, Pantai Kata yang berpasir putih yang indah serta sederetan pantai lainnya yang juga populer diantaranya pantai Rawai, Pantai Bang Tao, Pantai Freedom, Pantai Mai Khao,  Pantai Nai Thon serta pantai Laem Singh. Ya ada banyak sekali pantai di Phuket yang tidak akan habis untuk dijelajahi satu persatu dalam sekali perjalananmu di Phuket. 
 
Mampir di Pantai Kata dan Kamala Untuk Makan Siang Dan Bermain di Pantai
Mampir di Pantai Kata dan Kamala Untuk Makan Siang Dan Bermain di Pantai
Untuk pantai yang paling dekat dengan keramaian yaitu pantai Patong dimana kawasan tersebut terdapat hiburan malam di sepanjang jalan Bangla, sebuah mal besar bernama Jungceylon Shopping Center, dekat dengan Phuket Night market dan stadion tempat pertandingan Muay Thai.

Suasana Pantai Patong di Phuket, Thailand

Suasana pantai Patong di Phuket, Thailand
17. Mengikuti open trip ke Phang Nga Bay (James Bond Island)
Salah satu alasan banyak orang berkunjung ke Phuket karena dari sini wisatawan dapat mencari banyak pilihan paket perjalanan ke Phang Nga Bay yang terkenal memiliki deretan bebatuan karst yang menjulang dan gradasi warna laut yang mempesona. Salah satu lokasi yang menjadi ikon disini yaitu Koh Panyee dan James Bond Island yang menjadi semakin populer setelah tempat ini menjadi salah satu latar pengambilan film Hollywood James Bond. Untuk bisa kesini kamu dapat memilih open trip yang dapat kamu beli di beberapa agen perjalanan atau dari penginapan tempat kamu menginap. Pilihannya yaitu kamu dapat mengikuti open trip yang hanya setengah hari saja atau ikut yang open trip satu hari penuh lengkap dengan paket bermain kayak di sekitar pulau James Bond. 
James Bond Island di Phuket, Thailand. Source: phukettoursdirect.com
Untuk estimasi biaya ikut open trip ke James Bond Island dari Phuket yaitu berkisar 800-1500 Thailand Bath. Saran kami ketika mencari tiket untuk open trip ini jangan malas untuk berjalan dan membandingkan beberapa agen perjalanan ya. Tipsnya apabila kamu menginap di hostel atau guesthouse backpacker cobalah tanya informasi mengenai tiket murah, pengalaman kami beli di hostel jauh lebih murah dibanding harga pasaran di agen perjalanan. Namun apabila di penginapan kamu tidak menjual tiket open trip saran kami hindari beli tiket open trip di sepanjang Bangla Road karena dari pengalaman kami harganya lebih mahal. Coba carilah agen perjalanan di ujung Bangla Road tepatnya di sederetan Pantai Patong, kami mendapakan harga lebih murah ketika beli tiket dari sana.



   
18. Hopping Island ke Pulau-Pulau di Laut Andaman
Selain Phi Phi Island, Maya Bay, Phang Nga Bay dan James Bond Island ada lagi pulau yang tidak kalah populernya untuk dikunjungi di Phuket Thailand yaitu Pulau Similan. Tidak hanya menjadi surganya para pecinta menyelam tempat ini juga cocok untuk kamu yang ingin menikamti hamparan pasir putih, gradasi warna laut toska yang jernih serta pulau yang asyik untuk bersantai. Untuk mencapai tempat ini kamu juga bisa mencari paket open trip yang dijual di beberapa agen perjalanan atau tempat kamu menginap di Phuket.
Suasana Pulau Khai Nok Yang Di Kunjungi Wisatawan
Spot Favorit Kami Saat Berada di Pulau Khai Nok, Thailand

19.   Berkunjung ke Wat Chalong, Kuil Tercantik di Phuket
Ada sebuah komplek kuil yang cantik di Phuket yang dikenal dengan nama Wat Chalong. Kuil ini merupakan kuil terpenting dan termegah di Phuket yang di dalamnya terdapat beberapa kuil dengan desain bangunan yang penuh ornamen dan ukiran berwarna emas diantaranya Sala Mondop, Ubosot, Viharn, Crematorium dan Chedi. Salah satu bangunan paling menarik utnuk dikunjungi yaitu Chedi yang merupakan pagoad yang menjulang setinggi 61 meter. Hampise semua bangunan di kuil pada kedia sisi anak tangga dihiasi naga berwarna hijau yang menjulur panjang. Di beberapa sudut bangunan dipenuhi gambar atau lukisan Buddha. 
Kompleks Wat Chalong, Phuket - Thailand
wat chalong, phuket, thailand, buddha, chedi
Chedi di Wat Chalong, Phuket- Thailand
Pengalaman kami kesini yaitu dengan naik sepeda motor yang kami sewa dari penginapan kami di dekat jalan Bangla Road. Jika kamu liburan bersama kelompok besar bisa mempertimbangkan sewa kendaaraan atau ikut one day tour untuk trip keliling Phuket dengan agenda perjalanan ke Wat Chalong, View Point, Big Buddha, Phuket 0 kilometer dan beberapa spot menarik lainnya.

20.  Berkunjung Phuket 0 kilometer dan Big Buddha
Di titik 0 kilometer Phuket ini terdapat sebuah kuil dengan patung Buddha yang sangat besar. Lokasi kuil ini berada di punack bukit sehingga dari tempat ini kita juga bisa melihat pemandangan pantai dan laut yang indah khususnya apabila di waktu kedatangan kamu cuaca sedang cerah.
Pemandangan Indah Yang Tersaji di Kilometer 0, Phuket - Thailand
Patung Buddha di Kilometer 0, Phuket - Thailand
Pengalaman kami kesini yaitu dengan naik sepeda motor yang kami sewa dari penginapan kami di dekat jalan Bangla Road. Jika kamu liburan bersama kelompok besar bisa mempertimbangkan sewa kendaaraan atau ikut one day tour untuk trip keliling Phuket dengan agenda perjalanan ke Wat Chalong, View Point, Big Buddha, Phuket 0 kilometer dan beberapa spot menarik lainnya.
Pemandangan Indah Yang Tersaji di Kilometer 0, Phuket - Thailand

21. Berkunjung ke pusat kehidupan malam di Bangla Road
    Mulai dari sore hingga pagi jalanan di sepanjang Bangla Road ini ditutup untuk kendaraan dan menjadi lautan manusia untuk menikmati malam baik hanya sekedar jalan atau masuk ke area hiburan malam disini. Jika kamu sedang liburan bersama keluarga dan membawa serta anak kecil sebaiknya jangan lewat jalan ini karena pemandangannya terlalu vulgar untuk anak-anak karena dari pinggir jalan saja kamu bisa melihat puluhan wanita berpakaian seksi baik yang mempromosikan bar maupun yang sedang berjoget di tiang bak striptis. Namun bagi kamu yang non muslim dan suka dengan kehidupan malam bisa dikatakan jalan ini akan menjadi surga untuk kamu sehingga menjadi lupa waktu. Yang perlu dipersiapkan uang saja yang banyak untuk membeli minum.
Suasana keramaian jalan Bangla di dekat pantai Patong, Phuket Thailand
Suasana keramaian jalan Bangla di dekat pantai Patong, Phuket Thailand
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Suasana Jalan Bangla di Malam Hari, Semakin malam semakin ramai. Pusat kehidupan malam ada disini



22. Santai Sore di Pantai Patong
Rasanya pantai ini tidak pernah sepi khususnya menjelang sore ke malam. LOkasinya yang sangat strategis dekat dengan Jalan Bangla, Jangceylon Shopping Market dan Pasar malam membuat pantai ini mudah untuk diakses para wisatawan yang datang ke Phuket. Di pantai ini kamu bisa menikmati matahari terbenam sembari bermain pasir dan ombak. Jika ada budget lebih kamu juga bisa mencoba untuk naik jet sky atau parasut yang ditarik oleh speed boat. Ada juga kelompok orang yang bersenang-senang dengan banana boat atau sekedar berjemur di pantai ini.
phuket, thailand, patong beach, pantai patong, sunset, bus umum ke patong phuket, bus to patong beach
Senja di Pantai Patong, Phuket - Thailand


23. Masjid di sekitar Phuket
Ada beberapa masjid di Phuket diantaranya Masjid Phuket Central, Masjid Islam dan Masjid Nurul Islam. Kami sendiri baru pernah datang ke Masjid Nurul Islam yang lokasinya tidak jauh dengan Pantai Patong. Kedatangan kami kesini untuk sholat dan menikmati dua porsi makanan halal yang kami temukan di dua kedai halal yang lokasinya di dekat masjid ini yaitu makan mie bakso dan ayam bakar. Jika kamu hendak mencari masjid dan makanan halal di sekitar Pantai Patong bisa datang ke masjid ini. 
Masjid di dekat Pantai Patong, Phuket Thailand
Masjid di dekat pantai Patong, Phuket Thailand
Kedai food truck penjual ayam bakar di depan masjid Patong Phuket, Thailand
Kedai Makanan Halal di Sebelah Masjid Patong, Phuket Thailand
24. Berkunjung ke Jungceylon Shopping Center
    Ada sebuah pusat perbelanjaan modern yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Patong dan Jalan Bangla. Disini menjual beragam produk baik internasional maupun produk lokal. Makanan yang ada disinipun juga beragam baik franchise jaringan internasional maupun restoran lokal. Tempat ini bisa jadi salah satu alternatif semisal kamu tidak cocok makanan Thailand atau mencari makanan yang terlihat halal bisa datang ke restoran jaringan internasional yang ada disini mulai dari ayam goreng, pizza sampai burger.
Jungceylon Mall di Dekat Pantai Patong dan Jalan Bangla Road, Phuket
   Oh iya disini setiap malamnya ada pertunjukan laser dan air mancur loh yang bisa kamu nikamti secara gratis. Rasanya mal ini cocok untuk tempat berlibur bersama keluarga khususnya bagi kamu yang membawa anak kecil dimana pastinya membutuhkan tempat untuk menyusui dan mengganti popok.
jung ceylon mall, bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Pertunjukan Air Mancur di Dalam Jung Ceylon Mal, Phuket
jung ceylon mall, bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Pertunjukan Water Fountain Show di Dalam Jung Ceylon Mal, Phuket

25. Melihat Pertandingan Beladiri Muay Thai di Bangla Patong Boxing Stadium
Tidak jauh dari Jungceylon Shopping Center dan Bangla Road terdapat sebuah stadion olahraga untuk bertinju khas Thailand yang dikenal dengan nama Muay Thai. Promosinya cukup gencar karena apabila kamu berjalan di sekitar Bangla Road maupun Pantai Patong umumnya akan sering melihat sebuah mobil bak terbuka yang dihias dengan ornamen beladiri Muay Thai lengkap dengan beberapa petinjunya. 
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Bangla Boxing Stadium di Phuket, Thailand
Dengan pengeras suara mereka akan mempromosikan bahwa setiap senin malam, kamis malam dan sabtu malam ada pertandingan Muay Thai yang akan digelar dengan menampilkan puluhan petinju Muay Thai profesional baik orang Thailand asli maupun atlet internasional. Untuk tiketnya kamu dapat membeli di agen resmi, hotel tempat kamu menginap atau datang langsung ke arena pertandingan dimana Muay Thai digelar.
Promosi Muay Thai dengan mobil bak terbuka
Apabila kamu hendak menonton pertandingan beladiri khas thailand ini persiapkan budget 1800 Bath untuk kelas VIP, 1500 THB untuk posisi penonton di ringside atau 1300 Bath untuk menonton di kursi stadion biasa. Saran kami jika berkunjung di high season belilah tiket di ringside pilih yang middle section, namun apabila kamu menonton saat low season pilihlah tempat duduk di stadium side.

26. Berkunjung ke View Point di Phuket
    Ada beberapa tempat view point di Phuket untuk melihat panorama keindahan Phuket dari ketinggian diantaranya dekat patung Big Buddha di Phuket 0 kilometer, view point dengan pemandangan 3 pantai Kata, Nai Harm, Panwa serta view point untuk menikmati matahari terbit di Promthep Cape. Nikmatilah keindahan pantai dan laut Phuket dari titik ini.
Pemandangan Dari View Point




27.  Penangkaran Gajah di Phuket
Salah satu ikon Thailand yaitu gajah. Di Phuket sendiri terdapat sebuah temapt untuk penangkaran hewan bertubuh besar ini yang berlokasi di Paklok, Phang Nga, di Pantai Naithon dan Pantai Bangtao. Biaya masuknya sekitar 3000 Bath untuk dewasa dan 1500 Bath untuk anak-anak di bawah 12 tahun.
Gajah di Phuket, Thailand

Gajah di Phuket, Thailand
28.  Kota Tua Phuket
Phuket tidak hanya memiliki sederatan pantai yang indah serat pulau-pulau yang mempesona untuk dijelajahi. Di bagian pusat kotanya terdapat sebuah kawasan kota tuanya yang dapat kami jelajahi untuk memperlajari sejarahnya dan berfoto-foto ria. Pada saat malam hari di sekitar pusat kota Phuket juga terdapat pasar malam yang menjula beragam produk lokal yang dijual dengan murah serta beragam jenis kuliner yang menggugah selera. 
phuket, thailand, patong beach, pantai patong, sunset, bus umum ke patong phuket, bus to patong beach
Suasana di sekitar Kota Tua Phuket, Thailand

29.  Phuket FantaSea Show
    Phuket tidak hanya memiliki pertunjukan laser dan air mancur di Jangceylon Shopping Center, jika kamu ingin melihat pertunjukan yang lebih spektakuler bisa melihat Phuket FantaSea Show yang mempertunjukan atraksi penari dengan gajah yang dikolaborasikan dengan permainan musik dan pertujukan cahaya laser ke udara. Pertunjukan ini dimulai pada jam 8:30 malam, yang harus kamu ketahui disini ada peraturan para pengujung tidak boleh mengambil gambar dan merekam video disini. Untuk harga tiket pertunjukannya yaitu 1800 Bath perorang. Untuk tiketnya sebaiknya kamu telah membeli lebih awal baik dari agen perjalanan maupun dipesan dari tempat kamu menginap. 
Phuket Fantasea show di Phuket Thailand. Source : Thrillophilia.com

30. Simon Cabaret Show
Pertunjukan ini dimainkan oleh sekelompok lady boy atau transgender yang dikemas menjadi sebuah pertunjukan tarian dan musik yang menghibur. Setiap malamnya pertunjukan ini di gelar dalam beberapa jadwal yaitu jam 6 sore, jam 7:30 malam serta jam 9:30 malam. Jika dirupiahkan tiket masuknya sekitar 300,000 rupiah perorang untuk sekali pertunjukan dengan durasi pertunjukan sekitar 1 jam 15 menit.
Pertunjukan Simon Cabaeret di Phuket, Thailand. Source: tripadvisor.com

31.  Rekomendasi Tempat Kulineran di Phuket
Tidak lengkap rasanya jika traveling tanpa dilengkapi dengan wisata kuliner untuk mencicipi beragam jenis makanan maupun minuman yang khas yang berasal dari kota tersebut. Untuk di Phuket sendiri ada beragam jenis makanan dan kudapan yang nikmat untuk kamu coba yang dapat ditemui di pasar malam Phuket yang letaknya tidak jauh dari stadium Muay Thai. Pilihan lain untuk makanan internasional bisa mencari di dalam Jungceylon Shopping Center. Untuk mencari makanan halal terdapat beberapa kedai di pasar malam yang menjual makanan halal. Dekat masjid tidak jauh dari Pantai Patong pun ada beberapa kedai makanan halal namun kalau tidak salah hanya buka sampai sore saja. Kami pernah makan mie bakso dan ayam bakar di 2 warung yang dekat masjid.
Bakso halal di dekat masjid Patong Phuket, Thailand
Apabila kamu muslim yang hendak mencari makanan halal perhatikan dengan seksama tempat dimana kamu membeli makanan. Apabila kamu hendak makan pastikan di gerai makanan tersebut terdapat tulisan “no pork no lard” atau kamu dapat menanyakan langsung kepada penjualnya apabila tidak ada tulisan tersebut. Jika tidak ada tulisan tersebut ada baiknya mencari kedai lainnya. 
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Pasar Malam Phuket Yang Tidak Jauh Dari Jalan Bangla Dan Pantai Patong
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Salah Satu Kedai Halal di Pasar Phuket, Thailand
Thailand terkenal dengan aneka kulinernya jadi luangkan waktumu untuk mencoba aneka masakan yang makanan yang ada baik yang kamu temukan di kedai restoran ternama atau di pinggir jalan yang ada di pasar malam dan tempat-tempat pariwisata. Untuk referensi makanan di Thailand bacalah artikel ini. 15 Kuliner Street food yang patut kamu coba saat traveling ke Thailand.
bangla road, phuket, pantai patong, thailand, pasar malam phuket, phuket night market, kuliner di thailand
Sajian Ketan Dengan Berbagai Macam Topping
Beragam kuliner yang bisa ditemukan di pasar malam dekat Jalan Bangla dan Patong di Phuket, Thailand
Beragam kuliner yang bisa ditemukan di pasar malam dekat Jalan Bangla dan Patong di Phuket, Thailand

Di Pasar malam dekat Bangla Road Phuket terdapat banyak penjual makanan dan buah-buahan



32. Naik Taksi/ Taksi Online
Taksi adalah salah satu transportasi umum yang terbilang cukup terjangkau argonya, bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan argo taksi di Indonesia. Saran kami kamu bisa menggunakan aplikasi Grab mengingat lebih aman dan murah karena kamu tidak perlu menawar harga ongkos taksi terlebih lagi tidak semua supir taksi bisa berbahasa Inggris. Pengalaman kami naik taksi di Phuket yaitu ketika dari pusat kota Terminal Phuket hendak menuju penginapan yang di sekitar pantai Patong. Uniknya Grab yang menjemput kami bukan mobil grab pada umumnya namun sebuah mobil van besar yang umumnya digunakan untuk membawa tour.
Suasana jalan raya di Kota Phuket
  
33. Angkutan umum Song Theaw
Di Thailand ada angkutan umum yang dikenal dengan nama Song Theaw. Bentuknya seperti angkot namun pintunya berada di belakang, bisa dibilang seperti mobil omprengan dengan kap penutup seperti yang ada di Indonesia. Untuk ongkosnya baru diberikan setelah kita mau turun dan akan dikenakan ongkos sesuai dengan seberapa jauh jaraknya. Setiap song theaw disini umumnya tertulis nomor angkutan atau tujuannya yang tertera di kaca bagian depan mobil song theaw.
phuket, thailand, patong beach, pantai patong, sunset, bus umum ke patong phuket, bus to patong beach
Songtheauw,  Salah Satu Transportasi Umum di Kota Phuket, Thiland
 Ada baiknya googling dulu lebih detail tentang nomor dan jalur song theaw ini apabila kamu hendak mencoba naik angkutan umum ini agar tidak tersesat kecuali kalau niat kamu memang untuk berkeliling tanpa tujuan yang pasti hitung-hitung mencari pengalaman hidup.  Untuk Songtheaw di Phuket sendiri paling banyak melayani rute di tengah kota Phuket.
Song theaw yang melayani rute pusat kota Phuket ke beberapa pantai di Phuket
Angkutan umum Song theaw besar di Phuket, Thailand
 
34. Angkutan umum Tuk-Tuk di Phuket
Salah satu transportasi umum paling populer di Thailand yaitu tuk-tuk, sebuah kendaraan roda tiga seperti bajaj namun dengan tempat duduk untuk penumpang yang terbuka. Bagian tertutupnya hanya pada atap untuk melindungi penumpang dari hujan dan panas. Selain tuk-tuk ada juga angkutan umum semacam mobil omprengan yang fungsinya sama seperti tuk-tuk. Sebelum naik pastikan dulu kamu sudah sepakat dengan ongkosnya, jangan ragu untuk menawar jika harganya terlalu mahal.  Yang kami amati Tuk-tuk di Phuket bisa ditemukan di kawasan pantai Patong yang dapat disewa untuk mengantarkan penumpang ke penginapan atau di sekitar terminal Phuket yang terletak di pusat kota.
phuket, thailand, patong beach, pantai patong, sunset, bus umum ke patong phuket, bus to patong beach
Suasana Ramai di Pesisir Pantai Patong, Thailand


35. Bahasa Sehari-hari di Thailand
Umumnya tulisan yang banyak kamu lihat saat berada di Thailand tentu saja aksara Thailand yang menyerupai tulisan jawa kuno honocoroko yang sulit dimengerti. Namun untungnya di kota-kota besar dan tempat pariwisata umumnya telah dilengkapi dengan bahasa inggris yang dapat kita baca dan mengerti. Untuk bahasa percakapan umumnya menggunakan bahasa Thailand dan English. Jika kamu tidak bisa berbahasa Inggris atau orang yang kamu temui tidak bisa bahasa Inggris maka pergunakanlah bahasa tubuh yang dilengkapi dengan tulisan agar bisa menjalin komunikasi yang baik. Dan selalu ingat tersenyum yang merupakan bahasa universal yang dapat dimengerti oleh semua bangsa.
haadyai, hatyai, thailand, south thailand, songtheaw, temple, backpacking thailand, kota hatyai, hatyai railway station, stasiun hatyai
Bahasa yang digunakan di Thailand umumnya adalah bahasa Thai

36. Etika Berpakaian
Ketika kamu berkunjung ke Phuket Thailand di hari dimana kamu berencana ke View Point Phuket 0 kilometer yang terdapat Big Buddha atau ke Wat Chalong sebaiknya kenakan pakaian yang sopan saat mengunjungi kuil tesebut sebagai bentuk menghormati dan menghargai umat Buddha yang sedang beribadah di tempat itu. Untuk beberapa kuil sebelum masuk umumnya tanggalkan alas kaki untuk menjaga kebersihan dan sebagai bentuk penghormatan terhadap tempat ibadah yang kita singgahi.
wat chalong, phuket, thailand, buddha, chedi
Sekelompok Umat Buddha Yang Sedang Melakukan Ritual Keagamaan di Kuil Wat Chalong
Sedangkan jika kamu berkunjung ke tempat seperti pantai disini kamu bebas menggunakan pakaian apa saja. Mau yang tertutup atau terbuka bebas tidak akan ada orang yang melarang.



  
37. Cuaca di Phuket
Di Phuket Thailand memiliki cuaca yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia yaitu ada musim hujan dan musim kemarau. Dari pengalaman kami bulan agustus hingga oktober peluang hujan lebih tinggi dibanding bulan lain. Ketika kamu berkunjung pertama kali bulan Desember cuaca sangat bagus dan cerah, namun di kedatangan kedua kami pada bulan Agustus dalam satu hari kondisinya hujan dan berawan. Jadi carilah informasi mengenai prakiraan cuaca di tanggal keberangkatan kamu serta kota tujuan kamu agar dapat mempersiapkan pakaian yang sesuai.
Jalan Raya di Phuket, Thailand di saat cuaca sedang cerah
38. Sewa motor di Phuket
Menyewa sepeda motor di Phuket selain murah juga merupakan salah satu cara paling menyenangkan untuk menjelajah Phuket khususnya bagi kamu yang bisa naik motor. Dengan motor kamu bisa keliling kota Phuket untuk melihat kehidupan masyarakat lokal lebih dekat hingga menjelajah dari sederetan pantai yang ada di Phuket
Mengendari Sepeda Motor Keliling Phuket, Dan Ini Berpose di Depan Sekolah
Mengisi Bensin Eceran Di Kawasan Pantai Patong Phuket
Pengalaman kami sewa motor di Phuket Thailand cukup mudah kamu hanya menyerahkan paspor atau ID card sebagai jaminan dan uang sewa motor yang berkisar mulai dari 200-300 bath tergantung dari tipe sepeda motor yang kamu sewa. Umumnya sewa motor tidak termasuk bensin jadi kamu perlu mengisi bensin sendiri yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Sewa motor cocok untuk kamu yang berjiwa petualang dan berani nyasar karena ketika menjelajah ke sebuah tempat atau destinasi kamu hanya mengandalkan peta dan insting pejalan. Di Phuket kami menyewa sepeda motor untuk mengunjungi Bigh Buddha, Wat Chalong, View Point dan beberapa pantai indah di Phuket. Kalau kamu traveling dalam kelompok besar bisa diperimbangkan untuk menyewa mobil untuk berkeliling Phuket.

39. Paket Internet dan Nomer Lokal Thailand
Ketika pertama kali saya ke Thailand saya hanya memanfaatkan free wifi yang diperoleh di penginapan atau fasilitas umum dan tidak membeli paket internet disana dengan alasan ingin menikmati menjelajah Phuket dibanding sibuk bermain gadget (baca: padahal budget terbatas hehe). Namun pada saat kedua kalinya ke Phuket Thailand akhirnya saya membeli kartu sim card lokal untuk keperluan agar bisa dihubungi ketika mengikuti open trip. Sim Card lokal dapat di beli di minimarket seperti 711 atau di kedai seluler yang ada di pinggir jalan. Belilah paket data sesuai kebutuhan dan minta tolonglah penjaga toko/ minimarket itu untuk mengaktifkan data kamu. Pengalaman kami pakai Dtac yang paket untuk turis sudah lebih dari cukup untuk berinternetan di Thailand.
"Selingan iklan"
Telah Terbit Buku Karya Saya Yang Berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina.
Telah terbit buku karya saya yang berjudul Overland. Penasaran bagaimana Trilogy buku ini? Baca Sinopsis lengkapnya disini : Buku Trilogy Overland - Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Sebuah memoar perjalanan jalur darat melintasi perbatasan 13 negara Asia Tenggara dan Daratan Cina.
Untuk teman-teman yang mau order atau tanya informasi detailnya boleh direct whatsapp ya +6287887874709. Bisa juga DM Instagram @travelographers,  beli di website Leutikaprio atau di link marketplace ini ya.
* Tokopedia
* Shopee
* Bukalapak


40. Wisata Belanja & Oleh-Oleh di Phuket
Salah satu budaya orang Indonesia kurang lengkap rasanya apabila tidak berbelanja di negeri Thailand dan membawa oleh-oleh ketika pulang. Untuk mencari oleh-oleh di Krabi saya sarankan belilah di pasar malam yang ada di dekat Pantai Patong tepatnya di seberang Jungceylon Shopping Center. Kalau kamu berada di tengah kota Phuket kami sarankan juga untuk datang ke Pasar malam di Phuket Town nya.
Patong Shopping Paradise


Apabila kamu membeli di pasar malam jangan ragu untuk menawar dan membandingkan terlebih dahulu dengan penjual lainnya agar mendapatkan gambaran harga pasarnya sehingga kita bisa mendapatkan harga terbaik. Sebelum membeli oleh-oleh atau barang yang kamu incar ada baiknya persiapkan kalkulator kecil di handphone atau kertas dan pulpen yang dapat kamu gunakan sebagai media untuk tawar menawar mengingat masih ada sebagian penjual di Thailand yang tidak bisa berbahasa Inggris.
Salah satu pasar yang menjual beragam souvenir khas Phuket dan Patong, Thailand
Semoga tips jalan-jalan liburan untuk kamu yang hendak ke Phuket Thailand bermanfaat.  Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang destinasi wisata di Phuket Thailand yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini. Salam Pejalan.


Baca Artikel Tentang Thailand lainnya disini
           #Cross Border : Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Hatyai Thailand Selatan

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.


18 comments:

  1. Kuliner Thailand! Duh saya udah jatuh cinta sama tipe makanan Thailand yang asem pedas. Meski diawal rasanya aneh, tapi familiar sih. Dan bikin nagih.

    Terimakasih banyak sudah berbagi info tentang wisata di Phuket. Semoga bisa kesini kapan-kapan hehe. Soalnya kemarin baru ke Krabi saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, dibantuin doa semoga bisa terwujud juga. iya kuliner khas thiland memang enak-enak dan harganya pun masih sama dengan harga makanan indonesia.

      Delete
  2. Luar biasa, informatif bgt ini! Thanks a lot..

    Mid agustus ini pertama kali (mau) ke phuket, udh booking hotel daerah khatu, patong..biasanya hotelnya minta deposit ga ya?trs kalo ga punya credit card, naro depositnya pake USD apa bisa? Atau ada rekomendasi lain soal naro deposit hotel?

    Sama agen open trip yg di pinggir2 jalan buka sampe malem ga ya?soalnya jadwal mendaratnya sore jam6 �� dan rencananya besok paginya mau lsg ikut open trip

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari pengalaman kami utk di phuket ada hotel yang minta deposit utk kartu akses ada juga yang tidak. umumnya deposit dalam mata uang Bath. klo deposit yang dimaksud tempat menyimpan barang tidak semua hotel ada deposist box, jadi sebelum booking harus dilihat dulu fasilitasnya. iya sebagaian open trip buka sampai malam, tapi klo mau lgsg ikut trip di hari besoknya langsung tergantung dari ketersediaan tempat utk open trip. klo ada bisa lgsg ikutan.

      Delete
    2. Iya sorry maksudnya deposit hotel utk akses bukan deposit box, amannya bawa cadangan bath lebih brarti ya.

      Siap thanks a lot infonya, ajib bgt.

      Delete
    3. iya baiknya bawa cadangan bath utk deposit, utk memastikan bisa contact penginapannya dulu sih utk tanya ada deposit apa ngga, terus berapa besar depositnya juga biar bisa disiapkan.

      Delete
  3. kakak, tanya dong... untuk open trip, biasanya mulai jam berapa sampai jam berapa ya? open trip yg ke pantai2 & ke daratan di phuket. ada yg bisa dipesan jauh2 hari kah? klo ada, boleh minta alamat web atau nomor kontaknya? trus apakah ada peta wisata phuket yg bisa di download?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo bu arum. untuk open trip biasanya sudah diminta standby di hotel jam 7 pagi untuk dijemput. di google banyak sekali website utk pesan jauh" hari tapi karena kami belum pernah booking online jadi mohon maaf belum bisa merekomendasi website mana yang terpercaya. pengalaman kami biasanya carinya ketika sampai di sana, biasanya lewat penginapan atau agen" yang terpercaya. untuk peta phuket biasanya kamu bsia dapat di bandara secara gratis, klo yang bisa di donwload bisa cari di google kemudian cari yang size besar agar bisa diprint ya.

      Delete
  4. Siang..mau tanya
    1.kalo sewa motor di Phuket boleh bonceng ber3 ngga.. saya,suami sama anak 10 tahun

    2. Kalau ke Phi phi harus khusus spend 1 hari ya, (dari pagi sampai sore/ malam)

    3. Jarak dari Patong ke bandaraPhuket (HKT) berapa lama

    Tks yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi lauren, maaf utk respon lambatnya. utk respon yang lebih cepat bisa DM instagram kami @travelographers ya.
      1. kalau untuk jarak dekat dan kawasan pantai masih oke, tapiklo sudah ke tengah kota rasanya selain beresiko dengan kselamatan juga razia kepolisian setempat.
      2. iya minimal spend 1 hari dari pagi sekitar jam 6 ke magrib.
      3. jarak dari patong ke phuket terbilang dekat, sekitar 1-2 jam perjalanan tergantung kondisi lalu lintas.
      3.

      Delete
  5. Mau nanya kak, kalo dari bandara ke patong baiknya naik transportasi apa ya? (Yg low budget tpi aman hehe)
    Mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo wenwenn. maaf baru sempat membalas, untuk respon yg lebih cepat bisa DM instagram kami @travelographers ya.
      untuk pengalaman kami bisa naik grab supaya lebih efesien waktu. alternatif lain bisa beli paket transport utk transfer dr penginapan ke bandara yang harganya juga murah karena share cost.

      Delete
  6. Mau nanya kak, klo dri bndara phuket ke patong baiknya maik transportasi apa ya? ( yg pow budget tpi aman heeh)
    Thanks

    ReplyDelete
  7. Hi kka.. Rencana nih mau honeymoon k phuket y.. Saran nya.. Baik travelling mandiri atau pake jasa guide tour.. Thanks

    ReplyDelete
  8. Hi kka.. Rencana nih mau honeymoon k phuket y.. Saran nya.. Baik travelling mandiri atau pake jasa guide tour.. Thanks

    ReplyDelete
  9. Mau nanyaya Pak. Dari kawasan pantai Patong ke phi phi island da n kawasan maya bay... Cukup kah waktunyadari pagi sampai sore hari?.. Mengingat waktu kami sangat singkat... Tks pak.

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.