Saturday, March 10, 2018

30 Tips dan Panduan Jalan-Jalan Liburan ke Chiang Mai, Thailand



Pertunjukan Seni di Benteng Tua di Pusat Kota Chiang Mai, Thailand

Destinasi populer di Thailand yang mendunia tidak hanya Bangkok, Phuket dan Krabi, di bagian utara terdapat sebuah kota yang dikenal dengan nama Chiang Mai yang tidak kalah mempesona. Kota yang dijuluki 'Rose of the North' yang terkenal dengan keindahan kuil-kuilnya ini kenal juga dengan kota seribu kuil karena begitu banyaknya kuil yang ada di kota tua ini, walaupun pada kenyataaannya kini di kota ini diperkirakan hanya memiliki 300 kuil Buddha dengan ciri khas yang berbeda-beda. Di antara kuil-kuil tersebut, Wat Phrathat Doi Suthep merupakan kuil yang paling populer di kota Chiang Mai.
Di kota ini juga menjadi surga berbelanja dan wisata kuliner juga lezat dengan harga yang terjangkau yang tentunya patut untuk dikunjungi. Hal itulah yang menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke kota Chiang Mai di Thailand. Semua itu ditambah lagi dengan biaya hidup yang lebih murah di banding kota di Thailand lainnya dan cocok untuk para wisatawan yang berbudget terbatas.

Berikut kami sharing tips dan panduan Jalan Jalan Liburan ke Chiang Mai khususnya bagi kamu yang pergi tanpa travel agent. Semoga tips dan panduan yang dapat saya berikan dapat membuat  liburan kamu menjadi lebih menyenangkan dan terencana mulai dari mendarat di Chiang Mai hingga hendak terbang keluar dari Thailand.



1.      Buatlah Paspor
Untuk kamu yang belum pernah keluar negeri dan belum memiliki paspor tentu saja harus membuat paspor terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Kamu bisa membuat passport dengan pengajuan secara prosedur normal atau dengan prosedur pengajuan online. Apa saja cara persyaratannya? Untuk detailnya kamu dapat membaca tautan berikut.
Untuk kamu yang sudah memiliki paspor pastikan masa berlaku paspor kamu saat tanggal keberangkatan ke Thailand tidak kurang dari 6 bulan dari masa akhir berlakunya paspor kamu. Jika kurang dari 6 bulan segeralah lakukan perpanjangan paspor agar perjalananmu berjalan sesuai rencana dan tidak di deportasi oleh imigrasi saat mendarat di Thailand atau saat sebelum terbang di bandara.

2.      Tentukan Tujuan
Yang harus kamu ketahui Thailand memiliki beberapa kota besar yang populer mulai dari Bangkok, Chiang Mai, Hat Yai, Phuket, Udon Thani, Pattaya, Pak Kret dan Nonthaburi serta puluhan pulau populer dengan pantai yang indah yang tersebar di Thailand. 

Pelajari Dulu Peta Thailand Untuk Bisa Melihat Posisi Kota atau Destinasi
Yang Hendak Kamu tuju, klik untuk memperbesar petanya. source: elzion


Kemudian kalau mau ke Chiang Mai tentukan dulu bagaimana rencanamu ke kota ini, apakah melalui jalur darat dari kota lain seperti Bangkok atau Chiang Rai. Atau apakah mau masuk ke kota Chiang Mai melalui jalur darat melalui negara lain seperti kota Houay Xai yang masuk territorial negara Laos. Atau apakah masuk melalui jalur udara yaitu bandara internasional di Chiang Mai.
Jawaban pertanyaan tersebut sangat berpengaruh dengan tiket pesawat tujuan mana yang sebaiknya kamu beli. Karena jika salah beli tujuan tentunya akan menyulitkan kita untuk menuju ke Chiang Mai baik karena keterbatasan waktu maupun budget yang ada. Detailnya akan kami sampaikan di point berikutnya.



3.      Hunting Tiket Pesawat
Apabila kamu sudah menentukan tujuan/ kota mana yang dikehendaki hal yang harus kamu lakukan tentu saja mencari tiket ke Thailand. Umumnya penerbangan internasional yang langsung dari Indonesia hanya ke Bangkok saja, jadi apabila kamu hendak ke kota Chiang Mai dapat menyambung dengan kereta, bus atau pesawat domestik yang melayani rute antar kota di Thailand.
Apabila kamu lebih memilih lewat jalur udara untuk maskapai penerbangan yang dapat kamu pilih dengan tujuan langsung dari Indonesia ke Bangkok diantaranya Air Asia, Garuda Airlines, Thai Airlines serta Bangkok Airlines. Kemudian dari Bangkok bisa naik maskapai domestic seperti Thai Airlines, Bangkok Airlines serta Air Asia.
Alternatif lainnya untuk lewat jalur udara yaitu carilah tiket dari Jakarta atau kota besar di Indonesia dengan tujuan ke Kuala Lumpur untuk transit terlebih dahulu kemudian menyambung dengan penerbangan dari Kuala Lumpur ke Chiang Mai. Apabila kamu hendak menjelajah beberapa kota sekaligus perhitungkan juga jarak dan waktu tempuh yang dibutuhkan agar tidak dikejar-kejar waktu dan dapat menikmati perjalanan saat di Chiang Mai
Bandara Internasional Chiang Mai di Thailand
 Berapa budget untuk tiket pesawat ke Chiang Mai Thailand? Semua tergantung dari kota mana yang hendak kamu tuju dan apakah harga tiket yang kamu peroleh adalah harga promo atau normal. Sebagai gambaran jika promo kamu dapat memperoleh tiket ke Thailand dengan harga tiket kisaran 800 ribuan untuk pulang pergi perorang, namun untuk harga normalnya kurang lebih 1 sampai 5 juta tergantung maskapai dan tujuannya. 
  Untuk kamu yang memiliki budget terbatas rasanya ikut hunting tiket promo adalah salah satu jalan menuju ke Thailand. Tiket promo dapat kamu dapatkan baik promosi yang diadakan online di website maskapai penerbangan maupun di event-event atau travel fair tertentu.  Apabila kamu memiliki waktu lebih rasanya dapat mempertimbangkan Air Asia, salah satu maskapai berbudget rendah favorit kami yang kerap memberikan tiket promo. Untuk pilihan moda transportasi lainnya secara detailnya akan kami jabarkan di point berikutnya ya.

4.      Buat Itinerary
Untuk mempersiapkan perjalananmu menjelajah Chiang Mai ada baiknya mempersiapkan itinerary perjalanan minimal secara gambaran umumnya agar kamu sudah tahu kemana saja destinasi yang dapat kamu tuju. Hal ini juga untuk membuat perhitungan jarak dan waktu yang dibutuhkan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar Chiang Mai yang hendak kamu jelajahi. Point ini kami tulis karena kami sendiri memiliki pengalaman dimana karena salah memperhitungkan waktu sehingga dengan terpaksa harus melewati beberapa pulau yang awalnya hendak kami tuju dengan alasan waktu yang tidak cukup. Sesungguhnya peta memang terlihat dekat namun waktu tempuh nya juga kita harus pertimbangkan seperti jadwal bus, minivan atau kereta yang menghubungkan destinasi yang kita tuju. 
Pertunjukan Seni di Benteng Tua kota Chiang Mai, Thailand
Pasar Malam di Chiang Mai, Thailand
Doi Inthanon yang dapat diakses dari Chiang Mai, Thailand
Doi Suthep, salah satu kuil yang suci dan sakral di Chiang Mai Thailand
Salah satu air terjun di Chiang Mai, Thailand
Ada Panda di Kebun Binatang Chiang Mai, Thailand
Ada banyak kuil yang bisa dikunjungi di Chiang Mai, Thailand



5.      Mencari Penginapan
Jika kamu backpackeran ke Chiang Mai dengan jadwal yang fleksibel rasanya untuk mencari penginapan secara on the spot/ go show masih sangat mungkin, hal inilah yang dua kali kami lakukan saat traveling ke Chiang Mai yang baru mencari penginapan saat tiba di kota yang kamu singgahi. Namun jika tujuan kamu adalah berlibur bersama keluarga, teman atau pasangan dengan jadwal perjalanan yang pasti tentunya melakukan pemesanan penginapan dari jauh-jauh hari adalah hal yang bijak sehingga dapat memastikan kamu memperoleh penginapan yang sesuai dengan selera kamu serta sesuai dengan budget yang kamu miliki.
Rekomendasi saya untuk mencari penginapan di Chiang Mai Thailand baiknya carilah yang dekat dengan pusat kota yaitu sekitar tembok tua yang merupakan pusat kota Chiang Mai. Alternatifnya carilah penginapan di sekitar Anusarn Night Market Food & Walking Street, sebuah pasar malam yang dikenal sebagai surga belanja barang murah dan makanan pinggir jalan yang lezat di kota Chiang Mai. 
Penginapan kami di Chiang Mai, Thailand
 Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya kami sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Thailand, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral saya di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher sebesar 40 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. Tertarik? Yuk Daftar airbnb.com disini. Untuk rekomendasi penginapan per kota lainnya di Thailand nanti akan kami sharing pada point atau artikel selanjutnya yang disesuaikan dengan kota yang hendak kamu tuju.

6.      Persiapkan Mata Uang Bath
Beberapa hari sebelum keberangkatan ada baiknya kamu telah menukarkan uang rupiah dan membeli Thailand Bath di money changer yang ada di dekat kota kamu. Hindari menukarkan uang di bandara karena umumnya nilai tukarnya sangat rendah. Jika tidak ada Thailand Bath kamu juga dapat menukarkan terlebih dahulu ke dalam mata uang USD (Dollar Amerika) untuk ditukarkan di money changer ketika sampai di Thailand. Dan baiknya jangan pernah berpikir juga untuk menukarkan uang Rupiah saat kamu tiba di Thailand karena nilai tukar Rupiah itu kurang bagus bahkan tidak semua money changer di luar negeri yang mau menerima Rupiah. Pastikan juga kamu menukarkan uang dengan jumlah yang cukup karena tidak semua tempat menerima kartu kredit. Gunakan kartu atm atau kratu kredit di Thaialnd saat darurat saja karena umumnya nilai tukarnya kurang bagus atau terkena biaya adminsitrasi tambahan.



7.      Bagaimana Dengan Visa?
Sesama anggota Asean negara Thailand memberlakukan bebas visa terhadap warga negara Indonesia yang hendak berkunjung untuk berwisata. Bebas visa yang berlaku untuk orang Indonesia apabila kamu masuk melalui jalur darat maka kamu akan mendapatkan izin tinggal dengan batas maksimum 30 hari namun jika kamu masuk melalui jalur darat mendapatkan izin tinggal yang lebih pendek yaitu dengan batas maksimum 15 hari saja.

8.      Tiba di Thailand Lewat Jalur Udara atau Jalur Darat
Apabila kamu pergi ke Thailand dengan pesawat terbang satu hal yang sebaiknya kamu lakukan yaitu dalam 1 atau 2 hari sebelum hari keberangkatan periksa kembali jadwal penerbangan apakah ada informasi penundaan atau pembatalan penerbangan untuk memastikan perjalanan kamu berjalan lancar. Setibanya di Thailand umumnya kamu harus melengkapi selembar formulir yang harus kamu isi sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk masuk ke negara Thailand. Pesan saya isilah semua kolom yang diwajibkan dengan lengkap mulai dari cara kedatangan, waktu kedatangan, keberangkatan maskapai yang dinaiki atau moda transportasi darat atau laut apa yang kamu gunakan.
Kemudian saat berada di loket imigrasi kamu diwajibkan untuk melakukan pemindaian sidik jari guna dilakukan verifikasi dan pendataan bagi semua pendatang yang tiba di Thailand. Hal ini dilakukan untuk mencegahan masuknya kegiatan terorisme, identitas palsu atau perdagangan manusia di dalam negara Thailand. Ketika berharapan dengan petugas imigrasi berlakulah yang sopan dan mudah diajak bekerja sama tanpa perlu panik atau takut yang berlebihan.
Ikuti barisan antrean dengan tertib dan siapkan semua dokumen yang diperlukan yaitu paspor dan kartu imigrasi kedatangan dan keberangkatan yang telah kamu isi dengan lengkap. Agar dokumen tidak tercecer ada baiknya kamu menggunakan passport cover/ passport holder untuk menyimpan dokumen tersebut. Satu yang harus kamu ingat ketika giliran kamu hendak tiba selalu berdiri di belakang garis kuning/ garis pembatas sampai giliran kamu tiba dipanggil untuk menghampiri petugas imigrasi di loket tersebut.




9.      Mendarat langsung di Chiang Mai?
Kota di Thailand yang memiliki transportasi umum kereta MRT, BTS atau ARL (Airport Rail Link) hanya ada di ibu kota Bangkok saja sedangkan di kota Chiang Mai hanya ada transportasi umum seperti bus, song theaw (angkot) serta tuk-tuk. Jadi apabila kamu mendarat di Chiang Mai maka transportasi yang bisa kamu gunakan untuk ke penginapan atau ke pusat kota Chiang Mai yaitu taksi, tuk-tuk atau minivan yang dapat kamu sewa dari bandara.

Pesawat Air Asia di Bandara Internasional Chiang Mai, Thailand



10.  Mendarat di Bangkok?
Sebagian besar orang yang baru pertama kali ke Thailand umumnya mendarat di kota Bangkok yang menjadi pintu masuk utama dari banyak maskapai penerbangan. Untuk maskapai penerbangan yang full service seperti Garuda Indonesia, Bangkok Airways, Thai Airways akan mendarat di Bandara International Suvarnabhumi sedangkan maskapai berbudget rendah seperti Air Asia akan mendarat di bandara Don Mueang. Untuk gambaran umumnya Bandara International Suvarnabhumi seperti bandara Soekarno Hatta yang letaknya berada di luar kota Jakarta sedangkan bandara Don Mueang seperti bandara Halim Perdana Kusuma yang letaknya berada dekat dengan pusat kota. 

Di Bandara Suvarnabhumi Bangkok, Thailand

Apabila dari Bangkok kamu hendak melanjutkan perjalanan ke Chiang Mai  lewat jalur udara untuk maskapai penerbangan yang dapat kamu pilih yaitu naik maskapai domestik seperti Thai Airlines, Bangkok Airlines serta Air Asia. Lama perjalanan dengan pesawat yaitu sekitar 2 jam perjalanan. Apabila kamu hendak melanjutkan perjalanan ke Chiang mai lewat jalur darat bisa memilih naik kereta api atau bus. Untuk waktu yang lebih efesien pilihlah jadwal keberangkatan kereta atau bus di malam hari, mengingat jarak perjalanan ke Chiang Mai lewat jalur darat sekitar 8 jam.


Bandara Internasional Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand
Suasana di Dalam Bandara Internasional Suvarnabhumi, Bangkok Thailand


Mendarat di Don Mueang Bangkok, Thailand
Tempat menunggu taksi, uber, grab atau bus ada di lantai bawah bandara Don Mueang


11.  Naik Taksi
Taksi adalah salah satu transportasi umum yang bisa diandalkan di Chiang Mai mengingat di kota ini tidak ada transportasi kereta seperti MRT, BTS atau Airport Rail Link. Jika kamu menggunakan aplikasi Grab/ Uber rasanya bisa jadi pilihan lain mengingat lebih aman karena kamu tidak perlu menawar harga ongkos taksi terlebih lagi tidak semua supir taksi bisa berbahasa Inggris.
Salah satu taksi di Chiang Mai berwarna Kuning Biru



12.  Song Theaw
Di Chiang Mai Thailand ada angkutan umum yang dikenal dengan nama Song Theaw. Bentuknya seperti angkot namun pintunya berada di belakang, bisa dibilang seperti mobil omprengan dengan kap penutup seperti yang ada di Indonesia. Untuk ongkosnya baru diberikan setelah kita mau turun dan akan dikenakan ongkos sesuai dengan seberapa jauh jaraknya. Setiap song theaw disini umumnya tertulis nomor angkutan atau tujuannya yang tertera di kaca bagian depan mobil song theaw. 
Angkot Songtheaw di Chiang Mai, Thailand
Ada baiknya googling dulu lebih detail tentang nomor dan jalur song theaw ini apabila kamu hendak mencoba naik angkutan umum ini agar tidak tersesat kecuali kalau niat kamu memang untuk berkeliling tanpa tujuan yang pasti hitung-hitung mencari pengalaman hidup. Untuk di Chiang Mai sendiri song theaw yang paling populer yaitu yang memiliki rute dari pusat kota ke Chiang Mai Zoo dan berakhir di kuil Doi Suthep.

13.  Tuk-Tuk
Salah satu transportasi umum paling populer di Chiang Mai Thailand yaitu tuk-tuk, sebuah kendaraan roda tiga seperti bajaj namun dengan tempat duduk untuk penumpang yang terbuka. Bagian tertutupnya hanya pada atap untuk melindungi penumpang dari hujan dan panas. Sebelum naik pastikan dulu kamu sudah sepakat dengan ongkosnya, jangan ragu untuk menawar jika harganya terlalu mahal. Keuntungan tuk-tuk adalah supirnya pandai mencari jalan menghindari tempat kemacetan untuk menuju ke tempat tujuan lebih cepat khususnya saat berada di Chiang Mai yang juga sudah mulai padat.
Tuk-tuk di Chiang Mai, Thailand
 14.  Kereta Api Antar Kota di Thailand
Salah satu transpotasi umum yang dapat kamu gunakan untuk bepergian antar kota dari atau ke Chiang Mai Thailand yaitu dengan kereta Api. Untuk tiketnya ada baiknya kamu melakukan pemesanan beberapa hari sebelum tanggal keberangkatan agar dapat tiket sesuai dengan yang kamu inginkan. Di Thailand terdapat beberapa kelas tiket mulai dari sleeper train dimana terdapat kasur untuk tidur dan cocok untuk perjalanan panjang yang dilakukan pada malam hari, tiket kereta kelas 2 yaitu tempat duduk yang empuk serta tiket kereta kelas 3 yaitu seperti tiket ekonomi di Indonesia. Rute kereta favorit untuk ke Chiang Mai yaitu dari pusat kota Bangkok.
haadyai, hatyai, thailand, south thailand, songtheaw, temple, backpacking thailand, kota hatyai, hatyai railway station, stasiun hatyai
Salah Satu Peron di Stasiun Kereta di Thailand


15.  Bus Antar Kota di Chiang Mai Thailand
Untuk bepergian antar kota dari Chiang Mai kamu dapat menggunakan transportasi bus antar kota dengan ongkos yang relative murah dibanding naik pesawat. Untuk menghemat waktu apabila dibutuhkan perjalanan yang panjang pilihlah jadwal keberangkatan yang malam hari sehingga akan tiba pada pagi harinya. Selain hemat waktu kamu juga dapat menghemat biaya penginapan. Untuk pembelian tiket bus dapat kamu lakukan langsung di terminal bus nya atau membeli pada agen perjalanan resmi, hostel atau tempat penginapan kamu menginap. Itulah kelebihan penginapan di Chiang Mai Thailand yang umumnya memiliki fasilitas untuk membantu pemesanan tiket baik bus, kereta maupun moda transportasi lainnya.

Bus antar kota dari Chiang Mai ke Chiang Rai

road trip from krabi to phuket, overland from krabi to phuket, bus jalan darat dari krabi ke phuket
Salah Satu Bus Tingkat Antar kota Antar Provinsi di Thailand

16.  Mini Van Antar Kota di Chiang Mai Thailand
Untuk tujuan tertentu di kota Chiang Mai, terkadang jadwal bus tidak sebanyak jadwal keberangkatan minivan yang juga melayani rute antar kota. Jadi apabila kamu mengejar waktu ada baiknya juga mencari info mengenai keberadaan dan jadwal mini van yang dapat mengantarkan kamu ke kota tujuan. Untuk ongkos umumnya naik mini van lebih mahal sedikit dibandingkan naik bus antar kota. 

Minivan antar kota dari Chiang Mai dan Chiang Rai, Thailand

Untuk pembelian tiket naik mini van antar kota  kamu lakukan langsung di terminal bus nya atau membeli pada agen perjalanan resmi, hostel atau tempat penginapan kamu menginap. Itulah kelebihan penginapan di Thailand yang umumnya memiliki fasilitas untuk membantu pemesanan tiket baik bus, kereta maupun moda transportasi lainnya. Rute minivan favorit dari kota Chiang Mai diantaranya tujuan ke Chiang Rai, tujuan ke Chiang Khong, tujuan ke Chiang Saen, tujuan ke Pai serta ke kota Bangkok.

17.  Bus Umum Dalam Kota di Chiang Mai Thailand
Di Thailand terdapat bus umum yang melayani rute dalam kota. Umumnya kondisi bus umum di Chiang Mai Thailand tidak jauh berbeda dengan di Indonesia yaitu terdapat supir dan kondekturnya yang menarik ongkos saat di dalam bus umum. Jika tidak tertera berapa ongkosnya dan jika kondekturnya tidak dapat berbahasa inggris persiapkan ongkos dengan pecahan mata uang Bath yang cukup besar agar dia bisa langsung memberikan kembaliannya sehingga kamu tidak perlu kawatir ongkos yang kamu berikan tidak kurang. Untuk bisa sampai ke tujuan atau tempat pemberhentian yang kamu inginkan beritahukan kondekturnya bisa melalui ucapan atau tulisan di kertas agar dia bisa memberi tahukan kepada kamu kapan kamu harus turun.



18.  Bahasa
Umumnya tulisan yang banyak kamu lihat saat berada di Thailand tentu saja aksara Thailand yang menyerupai tulisan jawa kuno honocoroko yang sulit dimengerti. Namun untungnya di kota-kota besar dan tempat pariwisata umumnya telah dilengkapi dengan bahasa inggris yang dapat kita baca dan mengerti. Untuk bahasa percakapan umumnya menggunakan bahasa Thailand dan English. Jika kamu tidak bisa berbahasa Inggris atau orang yang kamu temui tidak bisa bahasa Inggris maka pergunakanlah bahasa tubuh yang dilengkapi dengan tulisan agar bisa menjalin komunikasi yang baik. Dan selalu ingat tersenyum yang merupakan bahasa universal yang dapat dimengerti oleh semua bangsa.
haadyai, hatyai, thailand, south thailand, songtheaw, temple, backpacking thailand, kota hatyai, hatyai railway station, stasiun hatyai
Salah Satu Loket Penjualan Tiket di Terminal Bus Dengan Display Bahasa Thailand

19.  Minuman & Makanan halal
Apabila kamu muslim yang hendak mencari makanan halal perhatikan dengan seksama tempat dimana kamu membeli makanan. Apabila kamu hendak makan pastikan di gerai makanan tersebut terdapat tulisan “no pork no lard” atau kamu dapat menanyakan langsung kepada penjualnya apabila tidak ada tulisan tersebut. Jika tidak ada tulisan tersebut ada baiknya mencari kedai lainnya.
Thailand terkenal dengan aneka kulinernya jadi luangkan waktumu untuk mencoba aneka masakan yang makanan yang ada baik yang kamu temukan di kedai restoran ternama atau di pinggir jalan yang ada di pasar malam dan tempat-tempat pariwisata. Untuk referensi makanan di Thailand bacalah artikel ini. 15 Kuliner Street food yang patut kamu coba saat traveling ke Thailand.
Beberapa pilihan makanan halal yang kami temukan di Chiang Mai, Thailand
Beberapa pilihan makanan halal yang kami temukan di Chiang Mai, Thailand
Beberapa pilihan makanan halal yang kami temukan di Chiang Mai, Thailand

Beberapa pilihan makanan halal yang kami temukan di Chiang Mai, Thailand
Makanan halal di kota Chiang Mai yang bisa kamu temui diantaranya kebab, pancake serta buah-buahan. Rekomendasi kami berjalanlah kearah masjid Hidayatul Islam Banhaw, lokasinya tidak jauh dari pasar Anusarn Night Market Food & Walking Street tepatnya di jalan Charoenphratet Road Lane 1. Di sepanjang jalan ini banyak makanan halal.



20.  Masjid di Chiang Mai
Untuk kamu yang beragama islam dan hendak mencari masjid di kota ini, salah satu masjid yang terkenal di Chiang Mai yaitu masjid Hidayatul Islam Banhaw. Lokasinya tidak jauh dari pasar Anusarn Night Market Food & Walking Street tepatnya di jalan Charoenphratet Road Lane 1.
Masjid Hidayatul Islam Banhaw di Chiang Mai, Thailand
Masjid Hidayatul Islam Banhaw di Chiang Mai, Thailand
Masjid Hidayatul Islam Banhaw di Chiang Mai, Thailand
Masjid Hidayatul Islam Banhaw di Chiang Mai, Thailand

21.  Pakaian
Ketika kamu berkunjung ke Chiang Mai Thailand tentunya mengunjungi beberapa kuil yang direkomendasikan seperti Doi Suthep dan Doi Inthanon. Oleh karena itu jadi sebaiknya persiapkan pakaian yang sopan saat mengunjungi kuil tesebut sebagai bentuk menghormati dan menghargai umat Buddha yang sedang beribadah di tempat itu. Untuk beberapa kuil sebelum masuk umumnya tanggalkan alas kaki untuk menjaga kebersihan dan sebagai bentuk penghormatan terhadap tempat ibadah yang kita singgahi.
Suasana di Kuil Doi Suthep, Chiang Mai Thailand
Suasana di Kuil Doi Suthep, Chiang Mai Thailand
Berpakaianlah yang sopan ketika mengunjungi kuil-kuil di Chiang Mai, Thailand

22.  Cuaca
Di Chiang Mai Thailand memiliki cuaca yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia yaitu ada musim hujan dan musim kemarau. Namun khusus di daerah pegunungan Doi Inthanon terdapat juga musim dingin dengan udara yang sejuk namun tidak bersalju. Jadi carilah informasi mengenai prakiraan cuaca di tanggal keberangkatan kamu serta kota tujuan kamu agar dapat mempersiapkan pakaian yang sesuai.
Cuaca di Pegunungan Doi Inthanon di transisi Musim Semi ke Musim Panas
 23.  Open Trip
Salah satu kelebihan Thailand mereka mengemas sebuah paket tur dengan sangat baik yaitu dengan banyaknya paket perjalanan open trip. Open trip disini yaitu paket perjalanan dengan jadwal regular ke sebuah destinasi populer dengan konsep biaya sharing cost sehingga umumnya harga paketnya lebih terjangkau. Jadi kita tidak perlu menyewa kendaraan sendiri atau pemandu untuk membawa kita ke sebuah destinasi melainkan kita akan bergabung dengan peserta trip lain dari berbagai negara. Selain harganya lebih murah juga kita bisa berkenalan dan menambah teman baru dari berbagai negara. Untuk memesan open trip ke sebuah destinasi kami rekomendasikan belilah di hostel, penginapan kamu atau agen perjalanan terpercaya. 
Open Trip Day Tour di Kota Chiang Mai bisa datang ke Doi Suthep ini
Open trip ke Doi Inthanon National Park bisa datang ke Dua Chedi ini
Open trip ke Perkampungan Leher Panjang bisa Melihat Suku Karen Seperti Ini
Open trip ke Chiang Rai bisa melihat keindahan kuil putih ini
Open trip ke Golden Triangle bisa mengunjungi perbatasan tiga negara Thailand- Myanmar dan Laos ini
 Open trip yang paling populer dan direkomendasikan selama di Chiang Mai yaitu trip ke Doi Inthanon, The Golden Triangle, Pai serta ke perkampungan suku leher panjang.



24.  Sewa Motor
Salah satu cara untuk menghemat biaya saat menjelajah Chiang Mai yaitu dengan menyewa motor karena tidak semua destinasi wisata ada open tripnya. Dan terkadang biaya open tripnya juga terbilang mahal untuk destinasi tertentu. Pengalaman kamisewa motor di Thailand cukup mudah kamu hanya menyerahkan paspor atau ID card sebagai jaminan dan uang sewa motor yang berkisar mulai dari 200 bath tergantung dari tipe sepeda motor yang kamu sewa. Umumnya sewa motor tidak termasuk bensin jadi kamu perlu mengisi bensin sendiri yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Sewa motor cocok untuk kamu yang berjiwa petualang dan berani nyasar karena ketika menjelajah ke sebuah tempat atau destinasi kamu hanya mengandalkan peta dan insting pejalan.
Menyewa Motor Untuk Menjelajah Doi Inthanon dari pusat kota Chiang Mai
Menyewa Motor Untuk Menjelajah Doi Inthanon dari pusat kota Chiang Mai

25.  Mintalah Kartu Nama Penginapan
Saat di penginapan baiknya kamu meminta kartu nama yang tertulis alamat penginapan dengan jelas. Hal ini dapat kamu gunakan just in case kamu tersesat sehingga dapat memudahkan kamu pada saat bertanya kepada orang lain di jalan atau dengan supir taksi/ tuk-tuk untuk mengantarkan kembali ke penginapan.

26.  Internet
Ketika pertama kali saya ke Thailand saya hanya memanfaatkan free wifi yang diperoleh di penginapan atau fasilitas umum dan tidak membeli paket internet disana dengan alasan ingin menikmati menjelajah negerinya dibanding sibuk bermain gadget (baca: padahal budget terbatas hehe). Namun pada saat kedua kalinya ke Thailand akhirnya saya membeli kartu sim card lokal yang dapat di beli di minimarket seperti 711. Belilah paket data sesuai kebutuhan dan minta tolonglah penjaga minimarket itu untuk mengaktifkan data kamu..



27. 
Wat Phrathat Doi Suthep
Wat Phrathat Doi Suthep merupakan kuil yang paling populer di kota Chiang Mai. Kuil ini adalah kuil tersuci dan tersakral di kota ini. Untuk mencapai ke kuil ini apabila kami memilih naik angkutan umum maka naiknya song theaw dengan tujuan / rute ke Doi Suthep. Apabila kamu hendak merasakan petualangan maka kamu bisa menyewa sepeda motor sendiri untuk mencapai tempat ini dari pusat kota. Apabila kamu bersama rombongan rasanya sewa minivan atau mengikuti open trip adalah salah satu cara paling efesien agar perjalanan lebih mudah dan menyenangkan. 
Wat Phrathat Doi Suthep Yang Sakral dan Suci di Chiang Mai, Thailand
Wat Phrathat Doi Suthep Yang Sakral dan Suci di Chiang Mai, Thailand
Pertunjukan Seni di Wat Phrathat Doi Suthep Chiang Mai, Thailand

Pertunjukan Seni di Wat Phrathat Doi Suthep Chiang Mai, Thailand
Pemandangan dari Wat Phrathat Doi Suthep Chiang Mai, Thailand

28.  Taman Nasional Doi Inthanon
Doi Inthanon adalah sebuah taman Nasional yang terdapat bangunan dua chedi/ stupa besar untuk Raja dan Ratu Thailand yang dibangun di puncak gunung tertinggi di Thailand, tepatnya di kawasan Taman Nasional Doi Inthanon. Jarak dari pusat kota Chiang Mai ke taman nasional ini sekitar 100 kilometer. Apabila kamu berbudget terbatas dan memiliki jiwa petualang maka kamu bisa menyewa sepeda motor untuk mencapai tempat ini. Namun jika kamu memiliki keterbatasan waktu dan tenaga serta memiliki sedikit budget lebih maka ikutilah open trip yang bisa dibeli di penginapan atau agen perjalanan di kota Chiang Mai untuk bisa mengunjungi tempat ini.
Dua Chedi di Taman Nasional Doi Inthanon, Thailand
Dua Chedi di Taman Nasional Doi Inthanon, Thailand
Pemandangan dari Taman Nasional Doi Inthanon, Thailand

Pemandangan indah dari View Point di Taman Nasional Doi Inthanon, Chiang Mai
Mengabadikan momen di Taman Nasional Doi Inthanon, Thailand
  
29.  Perkampungan Leher Panjang Suku Karen/Lahwi serta Kawasan Segitiga Emas (The Golden Triangle)
Di Thailand sendiri ada sekitar 23 kelompok etnik minoritas yang disebut suku perbukitan. Suku Kayan Lahwi/ Karen termasuk yang terbesar dari enam suku perbukitan yang berasal dari Myanmar. Suku Kayan Lahwi/ Karen yang masih dalam kelompok bahasa Sino-Tibet ini awalnya merupakan kelompok etnis yang berada di Myanmar kemudian bermigrasi ke Thailand bagian Utara. Apabila kamu hendak berkunjung ke perkampungan suku Karen/ Lahwi, maka luangkan waktu minimal 1 hari untuk mengikuti open trip atau tour untuk ke kota Chiang Rai baik yang hanya half day trip khusus ke perkampungan leher panjang saja atau yang one day full dengan paket lengkap berkunjung ke kawasan segitiga emas (The golden triangle) yang merupakan perbatasan antara Thailand, Myanmar dan negara Laos.
Salah satu perkampungan suku leher panjang Karen di Chiang Rai, Thailand
Salah satu perkampungan suku leher panjang Karen di Chiang Rai, Thailand

Salah satu perkampungan suku leher panjang Karen di Chiang Rai, Thailand
Salah satu perkampungan suku leher panjang Karen di Chiang Rai, Thailand

Salah satu perkampungan suku leher panjang Karen di Chiang Rai, Thailand
Salah satu perkampungan suku leher panjang Karen di Chiang Rai, Thailand

30.  Wisata Belanja & Oleh-Oleh
Salah satu budaya orang Indonesia kurang lengkap rasanya apabila tidak berbelanja Chiang Mai dan membawa oleh-oleh ketika pulang. Untuk mencari oleh-oleh saya sarankan belilah di pasar malam, kedai-kedai atau kios di pasar tradisional atau di dekat kuil-kuil yang menjadi tempat wisata karena umumnya harganya lebih murah dibandingkan oleh-oleh yang ditawarkan di mal-mal dan pusat perbelanjaan ternama. 
Suasana di pasar Malam Anusarn, Chiang Mai Thailand
Suasana di pasar Malam Anusarn, Chiang Mai Thailand

Suasana di pasar Malam Anusarn, Chiang Mai Thailand
Suasana di pasar Malam Anusarn, Chiang Mai Thailand
Apabila kamu membeli di pasar malam jangan ragu untuk menawar dan membandingkan terlebih dahulu dengan penjual lainnya agar mendapatkan gambaran harga pasarnya sehingga kita bisa mendapatkan harga terbaik. Sebelum membeli oleh-oleh atau barang yang kamu incar ada baiknya persiapkan kalkulator kecil atau kertas dan pulpen yang dapat kamu gunakan sebagai media untuk tawar menawar mengingat banyak penjual di Thailand yang tidak bisa berbahasa Inggris. Salah satu pasar yang kami rekomendasikan untuk dikunjungi ketika di Chiang Mai yaitu di Anusarn Night Market Food & Walking Street.
 
Semoga tips jalan-jalan liburan untuk kamu yang baru pertama kali ke Chiang Mai Thailand bermanfaat. Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang Chiang Mai Thailand yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini. Salam Pejalan.


Baca Artikel Tentang Thailand lainnya disini
           #Cross Border : Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Hatyai Thailand Selatan

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.