Sunday, December 24, 2017

Asia Overland, Kesempatan kedua di Grand Palace Bangkok, Thailand

Wat Phra Kaew dan Grand Palace di Bangkok, Thailand

Masih kukuh terpatri dalam ingatanku pertama kali nekat backpacking jalur darat dari Singapura hingga Thailand, sesampainya di Bangkok Thailand budget sudah sangat minim. Hasilnya? ketika sampai di depan Grand Palace hanya bisa memandang bangunan megah ini dari luar pintu gerbang saja karena harga tiket masuk untuk ke komplek istana raja Thailand ini cukup mahal yaitu 500 Bath. Dengan jumlah uang sebesar itu setara dengan budget makan dan transport kami untuk keliling kota Bangkok untuk 2 hari. Tapi rekan perjalanan ku saat itu Bang Coy meyakinkan aku untuk melewatkan tempat ini dan harus berani bermimpi suatu saat akan kembali ke Thailand sekaligus melanjutkan perjalanan menjelajah negara Asia yang lain.
Dan benar saja 2 tahun kemudian ketika aku melanjutkan pengembaraan menjelajah Asia Tenggara hingga Dataran China akhirnya terwujud juga untuk bisa masuk dan melihat lebih dekat kemegahan Grand Palace ini.

Bangunan Grand Palace dan Wat Phra Kaew dilihat dari luar tembok

Tentara penjaga Istana di Grand Palace, Bangkok
Di kesempatan kedua untuk mengunjungi Grand Palace ini tentunya tidak akan kulewatkan terlebih lagi semua teman seperjalananku kali ini mengajak untuk ikut masuk. Ya walaupun harga tiket masuk nya lumayan mahal namun apa yang bisa dilihat di dalam istana ini sangat worth it. Banyak spot-spot menarik dengan detail ornamen yang luar biasa indahnya.

            Setelah membayar tiket masuk, kami bertujuh mulai masuk ke dalam Grand Palace. Istana yang dibangun pada tahun 1782 ini berfungsi sebagai kediaman resmi Raja-raja Thailand dari abad ke 18 hingga tahun 1945. Selain sebagai tempat tinggal Raja Thailand di dalam komplek istana ini terdapat kuil Wat Phra Kaew atau Temple of Emerald Buddha yang memiliki arsitektur yang indah dan merupakan salah satu bangunan paling suci di Thailand. Di istana ini kerap digunakan sebagai tempat menggelar upacara kenegaraan atau ritual kerajaan.
Berpose di dalam komplek Grand Palace, Bangkok
             Dari luar istana candi ini sudah terlihat mencolok dengan pagodanya yang berwarna emas, berkilau dan bercahaya ketika terpapar sinar matahari. Kami mulai menjelajah masuk kuil ini dan mengagumi setiap bagian bangunan yang ada di dalamnya, mulai dari Phra Ubisot, Phar Si Rattana, Phra Mondop, Golden Chedi serta sebuah monument untuk Raja. Karena keindahanya, istana dan kuil ini selalu ramai dikunjungi banyak wisatawan, termasuk di hari ketika kami datang saat itu.
Grand Palace dan Wat Phra Kaew di Bangkok, Thailand
Salah satu bagian bangunan di Wat Phra Kaew

Detail Patung dan Bangunan yang ada di dalam Grand Palace
Detail Patung dan Bangunan yang ada di dalam Grand Palace
Detail Patung dan Bangunan yang ada di dalam Grand Palace
Detail Patung dan Bangunan yang ada di dalam Grand Palace
             Ketika berkeliling istana dan kuil ini, kami mengagumi setiap detail yang ditampilkan di komplek istana ini mulai dari arsitekturnya yang menawan, detail patung yang menghiasai di setiap sisi bangunan, detail dekorasi yang menghiasai dinding serta bangunan di dalamnya yang terlihat begitu artistik dan menawan. 
Detail Bangunan di Komplek Grand Palace dan Wat Phra Kaew
Salah satu bangunan di komplek istana raja

Kemegahan Grand Palace di Bangkok, Thailand
Terkadang Tuhan tidak langsung mewujudkan setiap keinginan hambanya. Ada kalanya Tuhan menjawab Iya untuk langsung mewujudkan keinginan kita, ada kalanya Tuhan menjawab Tidak karena Dia lebih tahu yang terbaik untuk kita dan ada kalanya tunggu nanti agar kita senantiasa berdoa dan tidak putus asa untuk terus berdoa untuk dapat mewujudkan impian itu.




Baca Artikel Tentang Thailand lainnya disini
           #Cross Border : Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Hatyai Thailand Selatan

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

 Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.


No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.