Friday, December 29, 2017

20 Tips dan Panduan Lengkap Belanja & Kuliner di Chatuchak Weekend Market di Bangkok, Thailand


Chatuchak Weekend Market di Bangkok, Thailand

Ketika bunga-bunga mulai bermekaran di negara-negara Indochina, suasana di sekitar Pasar Chatuchak Bangkok pun serasa di Seoul. Bedanya cuaca di kota Bangkok ini tropis, tidak dingin khas musim semi. Gerah!. Rasanya itulah kesan pertama yang kami lihat ketika berkunjung ke pasar tradisional terbesar dan terpopuler di ibu kota Thailand ini. Apabila kamu naik kereta skytrain (BTS) maka stasiun kereta terdekat dengan pasar Chatuchak ini berdekatan dengan Chatuchak Park. Jika kamu beruntung yaitu datang ketika sederetan pohon-pohon besar di sekitar taman ini sedang berbunga maka percayalah bahwa kamupun akan merasakan hal yang sama, seperti di negara-negara yang sedang musim semi.
Namun di artikel kali ini kami tidak membahas lebih detail tentang pohon-pohon yang bebunga tersebut, melainkan akan memberikan tips serta panduan yang bisa kamu jadi referensi ketika kamu hendak mengunjungi dan berbelanja di pasar Chatuchak Weekend market ini. Sebagai informasi pasar ini salah satu surga belanja yang ada di kota Bangkok. Banyak yang borong oleh-oleh di pasar ini. Banyak juga penjual online shop yang supply barang dari pasar ini. Banyak juga jastip-jastipan (jasa titip) barang-barang yang dibeli di pasar ini. Harganya yang murah terkadang membuat lupa diri tiba-tiba sudah belanja banyak aja. Apapun alasan kamu ke pasar ini, catat 10 Tips berikut agar wisata belanja kamu di kota Bangkok khususnya di pasar ini menjadi lebih menyenangkan.

Bunga yang bermekaran di dekat taman Chatuchak, Bangkok Thailand
 1.      Bagaimana mencapai tempat ini dengan transportasi umum?
Jika kamu ke Bangkok tanpa travel agent atau tur, alternatif transportasi umum yang bisa kamu pilih dari pusat kota Bangkok yaitu kamu bisa naik skytrain (BTS) kemudian turun di stasiun Mo Chit. Kemudian keluarlah di pintu nomer 1 yang menuju taman Chatuchak. Ikutilah keramaian dimana kamu akan melihat sederetan penjual di pinggir jalan dan tepat di salah satu pintu masuk Chatuchak Weekend market.

BTS Skytrain di kota Bangkok, Thailand

Alternatif lain yang bisa kamu pilih dari pusat kota Bangkok yaitu dengan cara naik subway (MRT) dengan tujuan stasiun Chatuchak Park. Kemudian keluarlah di pintu keluar nomer 1 dan kemudian ikuti saja orang-orang yang berjalan menuju keramaian dimana kamu akan melihat sederetan penjual di pinggir jalan dan tepat di salah satu pintu masuk Chatuchak Weekend market.



2.     
Alternatif transportasi yang lebih efesien
Jika kamu ke Bangkok tanpa travel agent salah satu alternatif transportasi yang bsia kamu pertimbangkan yaitu bisa naik tuktuk atau taxi, namun umumnya di jam-jam tertentu kondisi di jalan raya menuju dan dari Chatuchak weekend market ini sering macet khususnya sore hari. Untuk amannya bisa juga naik transportasi online seperti grab atau uber agar tidak perlu tawar menawar ongkos mengingat sebagian besar taksi di Bangkok tidak menggunakan argo apabila penumpangnya turis mancanegara.

Taksi dan Tuk-Tuk di Bangkok, Thailand

3.      Jam beroperasi
Dari namanya sendiri bisa kita ketahui kalau Chatuchak weekend market ini hany abuka di akhir pekan saja. Untuk hari sabtu dan minggu pasar buka dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore. Oh iya pasar ini juga buka di hari Jumat dari pukul 6 sore sampai jam 12 malam. Sebenarnya untuk sabtu atau minggu juga ada sebagian toko yang buka sampai malam, umumnya toko-toko yang berada di pinggir jalan serta penjual kaki lima yang akan menggelar lapak dagangannya di jalan mulai dari sore hari.
Salah satu toko di Pasar Chatuchak, Bangkok
 4.      Persiapan sebelum ke pasar Chatuchak
Percayalah, godaan berbelanja di pasar Chatuchak begitu berat. Jadi sebelum kamu ke pasar ini jika memungkinkan buatlah secara kasaran kira-kira barang apa saja yang hendak kamu cari dan beli. Kalau tidak memungkinkan tentukan budget yang kamu persiapkan untuk bisa membatasi diri. Karena dari pengalaman kami dan teman-teman kami (khususnya kaum hawa), ketika sedang berada di pasar ini umumnya kalap atau khilaf ketika melihat banyak barang lucu dan unik. Dengan alasan harganya murah terkadang membuat lupa diri tiba-tiba sudah belanja banyak saja.
Hati-hati, barang yang dijual di Pasar Chatuchak bisa bikin kamu lapar mata dan kalap

5.      Bawalah kantong belanjaan
Menyambung nomer 4, persiapan lain yang perlu kamu perhatikan yaitu bawalah kantong belanjaan sendiri khususnya bagi kamu yang memang niat untuk borong besar-besaran di pasar Chatuchak market ini.  Dari pengalaman kami karena terlalu banyak membawa kantong plastik/ kresek dari hasil belanjaan tentunya menyulitkan ketika membawa belanjaan tersebut. Untung saja ada beberapa penjual yang menjual tas belanjaan yang besar yang dapat memudahkan ketika membawa barang belanjaan tersebut. Jadi jika kamu memang memiliki tas belanjaan sendiri ada baiknya persiapkan, agar tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli tas belanjaan sendiri.
Area pasar Chatuchak sangat luas, ini salah satu section yang ada di kawasan pasar.
6.      Pakai pakaian yang nyaman dan tidak gerah
Masih menyambung nomer 4, ketika kamu menjadwalkan ke pasar ini kenakanalah pakaian yang nyaman dan tidak membuat kamu gerah khususnya ketika kamu datang ke pasar ini di siang hari. Cuaca di pasar ini bisa sangat terik dan panas yang membuat kamu terus berkeringat, jadi pakailah pakaian yang tidak membuatmu cepat gerah dan kepanasan. Pakailah pakaian yang nyaman dan tidak mencolok atau berlebihan.
Kenakan pakaian yang nyaman dan kasual

7.      Bawalah uang cash yang cukup, tapi tidak berlebihan.
Setelah menghitung budget yang akan kamu persiapkan, persiapkan uang cash yang cukup karena bisa dibilang namanya pasar tradisional semua pembayaran dilakukan dengan uang cash. Dari pengalaman kami sendiri ketika kami kalap berbelanja dan kurang persiapan membawa uang cash yang cukup akhirnya dengan terpaksa kami harus menukarkan uang di money changer yang ada di kawasan pasar Chatuchak weekend market ini. Jika dalam waktu darurat kamu juga membutuhkan money changer dan ATM di kawasan pasar chatuchak ini, pergilah ke arah section yang menjual makanan. Disana ada money changer resmi dan ATM.



8.     
Waspada copet
Menyambung point nomer 7 bawalah uang cash yang cukup namun tidak berlebihan. Ketika berbelanja tetap waspada karena yang namanya pasar tradisional tentu ada resiko kehilangan baik karena kecopetan atau terjatuh secara tidak sengaja. Untuk menyiasatinya simpanlah uang ditempat yang aman. Jika memungkinkan pisahkan uang untuk berbelanja dengan dompet yang berisi dokumen penting.

9.      Apa saja yang dijual di pasar ini?
Di pasar ini ada beragam barang yang dijual disini. Secara garis besar di Chatuchak weekend market kamu bisa menemukan penjual pakaian dan aksesoris yang ada di Section 2-6 dan 10-26, penjual kerajinan tangan yang bisa kamu temukan di section 8-10, penjual keramik yang bisa kamu temukan di section 11, 13, 15, 17, 19 dan 25, penjual dekorasi rumah dan furniture yang ada di section 1,3,4,7,8. Penjual tanaman ada di section 3 dan 4. Penjual buku ada di section 1 dan 27. Penjual barang-barang antik ada di section 1 dan 26 serta penjual makanan yang ada beberapa section yang dengan mudah kamu temukan di pasar ini.
Salah satu section yang menjual keramik di pasar Chatuchak Weekend market di Bangkok, Thailand

10.  Datanglah lebih pagi atau menjelang sore sekalian.
Untuk hari sabtu dan minggu pasar ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore. Rekomendasi kami jika kamu hendak berbelanja banyak datanglah lebih pagi ketika pasar belum terlalu ramai disesaki banyak orang sehingga kamu bisa lebih leluasa berbelanja dan berburu barang yang ingin kamu cari. Alasan lain mengapa kamu sebaiknya datang lebih pagi karena cuacanya masih terbilang lebih bersahabat dibandingkan ketika kamu datang ditengah hari dimana matahari sedang panas-panasnya khususnya ketika cuaca sedang terik dan cerah. Jika kamu datang ke pasar Chatuchak ini hanya untuk sekedar berwisata saja, datanglah di sore hari ketika pasar sudah ramai dan cuaca lebih bersahabat.
Suasana pasar Chatuchak di siang hari yang mulai disesaki banyak orang

11.  Hati-hati tersesat.
Chatuchak weekend market ini sangat luas. Dengan memiliki lebih dari 8000 toko/ penjual dan ratusan ribu orang datang ke pasar ini tentunya bisa membuat kamu kehilangan arah khususnya bagi kamu yang baru pertama kali ke pasar ini. Jika kamu melihat ada pusat informasi, mintalah peta gratis yang bisa menjadi referensimu ketika menjejalah pasar ini. Kamu bisa juga download petanya dari gambar/denah di bawah ini.
Denah Pasar Chatuchak Weekend Market (source: Chatuchak.org)

12.  Tentukan meeting point
Jika kamu ke pasar ini bersama rombongan atau kelompok, ada kemungkinan kamu akan terpisah baik secara sengaja atau tidak disengaja. Secara sengaja maksudnya kamu setuju untuk berpisah dengan teman untuk mencari barang yang kamu inginkan dan akan bertemu lagi setelah belanja selesai. Hal ini umumnya dilakukan untuk membuat mobilitas menjelajah pasar chatuchak lebih fleksibel mengingat setiap orang pasti memiliki barang yang berbeda untuk dicari. 
Clock tower di Chatuchak Weekend Market ini bisa jadi pilihan tempat meeting point kamu
Jika terpisah tidak sengaja maksudnya secara tidak sengaja kamu bisa terpisah dari rombongan karena terlalu asik berbelanja atau menawar. Untuk menyiasati ini sebelum mulai berpisah baiknya kamu telah menentukan meeting point dimana serta jam berapa kamu harus bertemu. Salah satu saran tempat bertemu yang bisa kami rekomendasikan yaitu di Clock tower yang merupakan salah satu titik tertinggi dan satu-satunya di pasar Chatuchak. Lokasinya yang berada di tengah dan mudah dicari tentunya bisa memudahkan semua pihak.



13. 
Jangan malas untuk berkeliling
Sebelum membeli sebuah barang ada baiknya kamu catat nama tokonya dan lokasi sectionnya kemudian cobalah cari toko-toko lainnya yang sejenis untuk perbandingan. Hal ini penting dilakukan agar kamu tidak menyesal baik karena menemukan barang dengan model/motif yang lebih kamu sukai maupun harga yang lebih murah. Jadi jangan malas untuk berkeliling dan survey harga dulu ya sebelum membeli, kecuali kalau kamu rasa barangnya tidak ada ditempat lain dan barangnya sangat kamu suka segeralah beli agar tidak menyesal. Menyesal baik karena kehabisan dibeli orang lebih dulu atau menyesal karena tidak dapat menemukan kembali dimana toko tersebut mengingat pasarnya sangat luas dan bisa membuatmu tersesat.
Salah satu kedai penjual pashmina di pasar Chatuchak, Bangkok

14.  Jangan ragu menawar
Ada sebagian besar penjual yang memang sudah menginformasikan harga barang dagangan yang mereka jual di daftar harga untuk mempromosikan barang dagangan mereka. Namun ada sebagian juga yang tidak ada daftar harganya. Jadi jika kamu ingin membeli barang di penjual yang tidak melampirkan harga jualnya maka jangan ragu untuk mencoba menawar agar mendapatkan harga yang lebih murah. Apabila kamu beli dalam jumlah yang besar, cobalah untuk meminta potongan harga atau bonus.
Jangan ragu untuk menawar di pasar ini untuk mendapatkan harga yang lebih murah

15.  Bawa kalkulator
Sebenarnya hampir sebagian besar penjual di pasar Chatuchak weekend market ini bisa diajak berkomunikasi dalam bahasa inggris umum seperti menjelaskan harganya berapa dan bahasa dasar dalam transaksi jual beli. Namun jika kamu tidak terlalu fasih bahas inggris dan menghindari kesalah pahaman ada baiknya juga kamu membawa kalkulator kecil untuk memudahkan transaksi tawar menawar.  Yang harus kami ingat rate 1 Thailand bath ke rupiah itu sekitar 380 Rupiah. Jadi sebelum membeli coba konversikan berapa rupiahnya sehingga kamu bisa membandingkan dengan harga pasar untuk menilai apakah barang tersebut layak untuk dibeli atau terlalu mahal.
Membawa kalkulator bisa memudahkan kamu untuk melakukan tawar menawar di pasar Chatuchak

16.  Toilet Umum
Yang namanya fasilitas umum tentunya bisa kamu temukan juga toilet umum di pasar Chatuchak weekend market ini. Namun tentu saja kondisinya tidak sebersih di tempat wisata pada umumnya, jadi sebaiknya persiapkan lah tisu kering atau tisu basah sebagai persiapan kamu sebelum masuk ke toilet umum di pasar ini

17.  Pijat refleksi untuk refreshing
Apabila kamu sudah terlalu lelah karena berkeliling pasar Chatuchak weekend market yang sangat besar ini, manjakan dirimu di tempat-tempat pijat yang bsia kamu temui di pasar tradisional ini. Untuk biayanya tergantung jasa yang kamu pilih antara hanya pijat kaki saja, ditambah pijat tangan atau sekalian pijat punggung.



18. 
Ada mushola
Untuk kamu yang beragama islam yang hendak mencari tempat untuk solat di pasar ini terdapat sebuah mushala untuk sholat. Posisi musholanya dapat kamu temukan di belakang bangunan Bank Bangkok. Jika kamu tidak tahu cobalah bertanya ke orang di sekeliling mu dimana letak Bank Bangkok tersebut untuk memudahkan pencarianmu menemukan Bank Bangkok.

19.  Surga Kulineran
Selain jadi surga belanja, Chatuchak weekend market di Bangkok juga jadi surga untuk yang suka kulineran. Makanannya pun beragam. Banyak cemilan dan minuman yang bisa diicip. Jika kamu bepergian dalam kelompok agar bisa mencicipi banyak jenis makanan bisa saling patungan agar tidak kekeyangan dan bisa mencoba beragam jenis makanan tersebut.
Beberapa pilihan makanan yang bisa kamu coba di Pasar Chatuchak, Bangkok
Beberapa pilihan makanan yang bisa kamu coba di Pasar Chatuchak, Bangkok
Beberapa pilihan makanan yang bisa kamu coba di Pasar Chatuchak, Bangkok
Beberapa pilihan makanan yang bisa kamu coba di Pasar Chatuchak, Bangkok
Beberapa pilihan makanan yang bisa kamu coba di Pasar Chatuchak, Bangkok

Beberapa pilihan makanan yang bisa kamu coba di Pasar Chatuchak, Bangkok
Beberapa pilihan makanan yang bisa kamu coba di Pasar Chatuchak, Bangkok
Beberapa pilihan makanan yang bisa kamu coba di Pasar Chatuchak, Bangkok
Penjual es krim di Pasar Chatuchak Weekend Market
 
20.  Makanan halal
Untuk menemukan makanan halal disini carilah kedai yang tertulis no pork no lard di kedai jualannya. Apabila kamu ingin membeli di penjual pinggir jalan untuk amannya belilah makanan olahan laut yang lebih aman tingkat kehalalannya.  Namun apabila kamu benar-benar mencari makanan yang halal kamu bisa mencari di kawasan sekitar mushola di belakang bangunan Bank Bangkok atau ke sebuah warung bernama Saman Islam yang lokasinya tepat di sekitar Clock Tower di dalam pasar Chatuchak. 
Warung Saman Islam di Chatuchak, Bangkok
Makanan halal yang dijual di warung ini


Baca Artikel Tentang Thailand lainnya disini
           #Cross Border : Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Hatyai Thailand Selatan

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)


Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.