Tuesday, May 1, 2018

25 Tips dan Panduan Lengkap Liburan ke Pulau Phi Phi & Maya Beach Thailand



Keindahan Pulau Phi Phi di Thailand Selatan (pic: tanksthatgetround)
Kabarnya semenjak adanya film The Beach yang diperankan Leonardo Dicaprio keberadaan Phi Phi Island dan Maya Beach menjadi tambah populer sehingga menjadi salah satu destinasi impian para wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Di film yang menceritakan sekelompok orang yang menemukan sebuah pulau yang indah bak surga dan terisolir dari dunia luar itu mengambil latar Maya Bay sebagai salah satu tempat syuting film tersebut.
Kini pulau ini rasanya sudah dikunjungi jutaan orang yang telah datang kesini, karena pulau ini tidak lagi terisolir seperti halnya di film The Beach melainkan terbuka untuk semua kalangan yang hendak berlibur untuk menikmati keindahan Phi Phi Island dan Maya Bay. Jika kamu salah satunya yang memiliki impian untuk menikmati keindahan pulau-pulau yang ada di laut Andaman ini baik dari Phuket maupun dari Krabi, berikut kami informasikan tips dan panduan Jalan Jalan Liburan ke Pulau Phi Phi dan Maya Bay khususnya bagi kamu yang pergi tanpa travel agent atau tur dari Indonesia. Semoga tips dan panduan yang dapat saya berikan dapat membuat  liburan kamu di Pulau Phi Phi dan Maya Bay Thailand menjadi lebih terencana dan berakhir menyenangkan.




1.      Akses kota terdekat ke Phi Phi Island dan Maya Bay
Sebagai informasi Phi Phi Island terletak di tengah-tengah Phuket dan Krabi. Dua kota ini adalah kota terdekat untuk menuju ke Pulau Phi Phi. Disaat kamu merencanakan perjalanan ke pulau Phi Phi tentukan tujuanmu apakah kamu akan melalui Phuket, melalui  Krabi atau mengunjungi Phuket dan Krabi dalam satu rangkaian perjalanan. Karena hal ini sangat berpengaruh dengan tiket pesawat tujuan mana yang sebaiknya kamu beli. 
Gambaran jarak dari Krabi dan Phuket ke pulau Phi Phi (source: phiphi-booking.com)
 Apabila kamu berencana berkunjung ke Phuket dan Krabi di satu rangkaian Perjalanan maka untuk mengefesienkan waktu dan biaya saran kami jika kamu ke Thailand untuk kedua destinasi ini sebaiknya naik pesawat dengan tujuan mendarat di Phuket kemudian terbang keluar Thailand dari Krabi atau sebaliknya jadi dengan demikian bisa mengefesienkan waktu menjelajah dua provinsi ini tanpa perlu bolak-balik pulang pergi mengejar waktu. Sebagai informasi dari Krabi ke Phuket atau sebaliknya bisa ditempuh dengan naik bus kurang lebih 2-3 jam perjalanan bisa juga naik ferry yang ditempuh dari Phuket ke Phi Phi Island dan ke Krabi dengan waktu sekitar 3 jam.

2.      Waktu yang dibutuhkan untuk menjelajah Phi Phi Island
Apabila kamu hendak ke Phuket atau Krabi dan liburan hopping island ke Phi Phi Island dan Maya Bay saja waktu yang kamu butuhkan minimal 3 hari yaitu 1 hari untuk kedatangan di kota Phuket/kota Krabi, 1 hari penuh untuk ikut tour hopping island ke Phi Phi Island dan Maya Bay, dan 1 hari untuk jadwal kembali naik pesawat atau pindah ke kota lain. 3 hari adalah waktu paling minimal yang harus kamu punya.
Jika kamu hendak menjelajah Phuket, Phi Phi Island & Maya Bay serta Krabi dalam satu rangkaian perjalanan maka waktu yang kamu butuhkan minimal 5 hari dengan rincian 1 hari untuk kedatangan di kota Phuket, 1 hari menjelajah Phuket, 1 hari penuh untuk ikut tour hopping island ke Phi Phi Island dan Maya Bay, setengah hari untuk perjalanan ke Krabi dan menjelajah sebagian tempat wisata di Krabi dan 1 hari untuk jadwal kembali naik pesawat atau pindah ke kota lain. Dengan catatan 5 hari adalah kamu tidak bisa menginap di Pulau Phi Phi melainkan hanya sekedar transit saat mengikuti open trip hopping island baik dari Phuket maupun dari Krabi.
Perahu Ferry bersiap untuk belabuh di dermaga Pulau Phi Phi, Thailand
Jika kamu hendak bermalam di Phi Phi Island maka waktu yang kamu butuhkan tambahan waktu minimal 3 hari 2 malam. Rinciannya yaitu 1 hari untuk perjalanan ferry dari Phuket/Krabi ke Pulau Phi Phi kemudian menjelajah Pulau Phi Phi, 1 hari penuh berikutnya dari pagi hingga sore untuk mengikuti open trip untuk hopping island ke Maya Bay dan pulau-pulau sekitar dan setengah hari berikutnya untuk jadwal kembali naik ferry dari Pulau Phi Phi ke Phuket atau Krabi.

3.      Waktu terbaik mengunjungi Phi Phi Island dan Maya Bay
Tentunya waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi pulau, laut atau pantai adalah di musim panas atau bukan musim hujan. Untuk area Phi Phi Island sendiri umumnya bulan Oktober sampai bulan May adalah waktu terbaik karena potensi hujan cukup kecil. Sedangkan bulan Agustus dan September adalah salah satu musim dimana kawasann Phi Phi Island berpotensi turun hujan. Kami punya pengalaman berkunjung ke bulan Agustus di saat cuaca sedang mendung dan beberapa kali hujan sehingga pemandangan yang tersaji menajdi kurang spektakuler.
Gradasi laut di Pulau Khai Nok di musim Kemarau bulan Desember
Keindahan Maya Bay di Taman Nasional Phi Phi Krabi di Bulan Desember
Pengalaman kedatangan kami kesini lainnya yaitu di bulan Desember dimana sedang musim kemarau sehingga pemandangan lautnya semakin berkilau dan indah. Kekurangannya ketika kita datang di musim kemarau tentunya adalah disaat peak season sehingga akan banyak sekali orang dan umumnya harga paket tur menjadi lebih mahal. 

Ini pengalaman kami saat hopping island ke pulau Mosquitto Taman Nasional Phi Phi di musim hujan (bulan agustus)

Ini pengalaman kami saat hopping island ke pulau Mosquitto Taman Nasional Phi Phi di musim hujan (bulan agustus)

Suasana Maya Bay saat musim hujan atau low season, suasananya lebih tenang dan sepi
Suasana Pulau Phi Phi di low season, pantainya sepi dan lebih tenang
4.      Budget yang dibutuhkan ke Pulau Phi Phi dan Maya Bay
Untuk budget sebenarnya tergantung dari paket open trip atau tur seperti apa yang kami ikuti serta berapa lama waktu yang kamu miliki untuk berkunjung ke Pulau Phi Phi Phi. Apabila kamu berencana menginap di pulau Phi Phi maka budget yang harus kamu siapkan adalah naik ferry untuk pulang pergi serta budget untuk menginap minimal 2 malam di Pulau Phi Phi. Namun jika waktu kamu terbatas maka kami sangat sarankan untuk ikut yang one day trip saja dari Phuket atau Krabi karena hitungannya bisa lebih murah. Untuk detailnya akan kami jabarkan di point-point berikutnya ya.
Keindahan Maya Bay di Taman Nasional Phi Phi Thailand


5.      Ferry Transfer dari Phuket ke Pulau Phi Phi
Untuk kamu yang dari Phuket apabila kamu berencana menginap di pulau Phi Phi maka pilihannya adalah naik ferry dari dermaga Phuket Rassada Pier/ Sea Angel Pier/ Num Chai Pier. Untuk tiket ferrynya kami sendiri memilih untuk membeli paket dari open trip yang bisa dibeli dari agen perjalanan atau hotel ditempat kamu menginap. Kelebihannya paket tersebut sudah termasuk transportasi di jemput dari penginapan ke dermaga Phuket serta tiket ferry dari dermaga sampai ke dermaga Tonsai Pulau Phi Phi. Untuk harga paket tiketnya yaitu sekitar 500-700 Thailand Bath untuk sekali jalan. 
 
Ini Ferry yang kami tumpangi dari Phuket ke Pulau Phi Phi, Thailand

Suasana di dalam ferry dari Phuket ke Pulau Phi Phi, Thailand
Di atas ferry ada warung yang menjual makanan, buah dan minuman
Ini salah satu menu yang dijual diatas ferry Phuket ke Pulau Phi Phi. Ada menu halalnya.
Toilet di atas ferry dari Phuket ke Phi Phi, Thailand

Diatas deck ferry ke Pulau Phi Phi, Thailand
Pulau Phi Phi sudah terlihat dan Ferry hendak berlabuh di dermaga
Pulau Phi Phi sudah terlihat dan Ferry hendak berlabuh di dermaga

Lama perjalanan ferry dari dermaga ke Pulau Phi Phi yaitu sekitar 2-3 jam, tergantung kondisi laut dan ketinggian ombak. Jadwal beberapa jadwal keberangkatannya yaitu ada mulai dari pagi hingga sore yang bsia kamu pilih sesuai ketersediaan tiket atau waktu kamu.

6.      Ferry Transfer dari Krabi ke Pulau Phi Phi
Untuk kamu yang dari Krabi pabila kamu berencana menginap di pulau Phi Phi maka pilihannya adalah naik ferry dari dermaga Kongka Pier (Krabi Town), Klong JIlad Pier (Krabi Town) atau dari Ao Nang di Noppharatthara Pier/ Aonang Pier. Untuk tiket ferrynya sendiri tersedia paket dari open trip yang bisa dibeli dari agen perjalanan atau hotel ditempat kamu menginap. Kelebihannya paket tersebut sudah termasuk transportasi di jemput dari penginapan ke dermaga di Krabi atau Ao Nang serta tiket ferry dari dermaga sampai ke dermaga Tonsai Pulau Phi Phi. Untuk harga paket tiketnya yaitu sekitar 300-500 Thailand Bath untuk sekali jalan. 
Pick up transport dari Pusat kota Krabi atau dari Pantai Ao Nang ke Krabi Town Ferry Terminal
Ini bagian depan Krabi Ferry Terminal di Krabi Town Thailand
Ini Dermaga di Krabi Town Ferry Terminal
Lama perjalanan ferry dari dermaga ke Pulau Phi Phi yaitu sekitar 2-3 jam, tergantung kondisi laut dan ketinggian ombak. Jadwal beberapa jadwal keberangkatannya yaitu ada mulai dari pagi hingga sore yang bsia kamu pilih sesuai ketersediaan tiket atau waktu kamu.
Ini diatas Ferry dari Krabi ke Pulau Phi Phi, Thailand
Suasana di dalam Ferry/ Speed boat yang melayani rute Krabi ke Pulau Phi Phi dan sebaliknya

7.      Tentang One Day Trip ke Pulau Phi Phi dan Maya Bay Dari Phuket (Speed Boat)
Tidak lengkap bila ke Phuket tanpa pergi ke Pulau Phi Phi. Ketika berada di Phuket dengan mudah kita akan melihat banyak agen perjalanan maupun dari penginapan yang berlomba-lomba menawarkan harga paket beragam sesuai budget mulai dari budget backpacker maupun yang turis mewah dengan speed boat lengkap dengan fasilitas minum dan makan siang yang disajikan secara prasmanan. Dari salah satu dermaga di Phuket kamu bisa menjelajah pulau-pulau yang berada di taman nasional Mu Koh Phi Phi dan tentu saja berkunjung ke Maya Beach tempat dimana film The Beach yang dibintangi oleh Leonardo dicaprio dibuat.
Minivan yang menjemput kami di penginapan dan mengantar hingga ke dermaga Phuket
One Day Trip Dengan Speedboat dari Phuket untuk Hopping Island ke Phi Phi Island

Menikmati Minuman Dingin Diatas Speed Boat
Apabila kamu mengikuti open trip dari Phuket ke Pulau Phi-Phi standard harga paket open tripnya yang satu hari Hopping Island yaitu 1000-1700 Thailand Bath peorang untuk dewasa. Ada juga open trip ke Pulau Phi Phi yang lebih mahal sekitar 2000-3500 Bath perorang untuk paket perjalanan yang lebih mewah. Jadi saat membeli tiket open trip ini kami sarankan tanyalah secara detail fasilitas apa saja yang di dapat dan menu makanan apa saja yang akan diberikan. Dari pengalaman kami umumnya open trip ini sudah termasuk transportasi antar jemput dari dan ke penginapan, minuman dan buah untuk cemilan serta makan siang prasmanan dengan menu-menu seafood dan ayam goreng yang lezat.
Makan Siang Yang Disajikan Buffet Prasmanan di Phi Phi Island
Menikmati Orange Juice Di Atas Speed Boat
Umumnya itinerary untuk tour ini adalah berkunjung ke Maya Bay, Phi Phi Leh, Viking Cave, Monkey Island, makan siang di Koh Phi Phi dan ke salah satu pulau di sekitar taman nasional Phi Phi dengan pilihan Bamboo Island, Mosquito Island atau Khai Island dengan durasi trip yaitu dijemput dari penginapan di Phuket sekitar jam 6-7 pagi, sampai di dermaga sekitar jam 7-8 pagi dan trip akan dimulai dengan speedboat untuk hopping island ke beberapa pulau di Taman Nasional Phi Phi dan kembali ke dermaga dan kota Phuket sekitar jam 5-6 sore.

Viking Cave di Taman Nasional Phi Phi Krabi, Thailand
Bermain Dengan Monyet di Monkey Island
Open Trip ke Pulau Phi Phi dari Phuket
Kalau kamu memiliki budget lebih sekitar 2000-3000 Bath dan mau menikmati sunrise maka bisa ikut paket yang one day tour Phi Phi Sunrise dengan durasi perjalanan berangkat lebih pagi yaitu dari jam 5 subuh hingga sore.

8.      Tentang One Day Trip ke Pulau Phi Phi dan Maya Bay Dari Phuket (Big Boat)
Jika budget kamu terbatas bisa juga ikut one day trip bukan dengan speedboat kecil melainkan dengan kapal besar yaitu dengan harga tour sekitar 1000 Bath perorang. Apabila kamu membawa serta anak kecil dibawah 4 tahun dari pengalaman kami semua tur ke Phi Phi Island tidak kenakan biaya atau gratis.
Big Boat Untuk Hopping Island ke Taman Nasional Pulau Phi Phi


9.      Tentang Private Trip ke Pulau Phi Phi dan Maya Bay Dari Phuket (Sewa Boat)
Apabila kamu maunya private trip untuk satu rombongan kamu saja maka ada pilihan lain yaitu menyewa private speed boat dengan harga sekitar 30,000-40,000 Thailand Bath. Harga sewa tersebut sudah termasuk transfer dari penginapan, makan siang, guide dan driver, tiket masuk dan biaya sewa speed boat selama 8 jam.
Jenis Perahu Speed Boat Yang Dapat Kamu Sewa Untuk Keliling Pulau Phi Phi


10.  Tentang One Day Trip ke Pulau Phi Phi dan Maya Bay Dari Krabi (Speed Boat)
Apabila kamu mengikuti open trip dari Krabi ke Pulau Phi-Phi standard harga paket open tripnya dengan speed boat yang satu hari Hopping Island yaitu 1000-1500 Thailand Bath peorang untuk dewasa. Jadi saat membeli tiket open trip ini kami sarankan tanyalah secara detail fasilitas apa saja yang di dapat dan menu makanan apa saja yang akan diberikan. kalo dijual lebih murah umumnya ada yang tidak termasuk Foreigner Park Fee sebesar 400 Bath untuk dewasa dan 200 Bath untuk anak-anak. Dari pengalaman kami umumnya open trip ini sudah termasuk transportasi antar jemput dari dan ke penginapan, minuman dan buah untuk cemilan serta makan siang prasmanan dengan menu-menu seafood dan ayam goreng yang lezat.
Speedboat yang digunakan untuk One Day Trip ke Taman Nasional Pulau Phi Phi
Umumnya itinerary untuk tour ini adalah berkunjung ke Maya Bay, Phi Phi Leh, Viking Cave, Monkey Island, makan siang di Koh Phi Phi dan ke salah satu pulau (tergantung paket tur) di sekitar taman nasional Phi Phi dengan pilihan Poda Island, Bamboo Island, Mosquito Island atau Khai Island dengan durasi trip yaitu dijemput dari penginapan di Phuket sekitar jam 7-8 pagi, sampai di dermaga sekitar jam 8-9 pagi dan trip akan dimulai dengan speedboat untuk hopping island ke beberapa pulau di Taman Nasional Phi Phi dan kembali ke dermaga dan kota Krabi atau Pantai Ao Nang sekitar jam 4-5 sore.
Beberapa Perahu Yang Menepi di Monkey Island
Noppharat Thara Beach, Ao Nang Beach, Pantai, Sunset, Senja, Krabi, Thailand, Phuket, Backpacking, travel, south east asia
Sepotong Senja di Pantai Noppharat Thara dan Ao Nang di Krabi, Thailand

11.  Tentang One Day Trip ke Pulau Phi Phi dan Maya Bay Dari Krabi (Perahu Kayu Longtail Boat)
Apabila kamu mengikuti open trip dari Krabi ke Pulau Phi-Phi standard harga paket open tripnya dengan perahu kayu longtail boat yang satu hari Hopping Island yaitu 500-1000 Thailand Bath peorang untuk dewasa. Jadi saat membeli tiket open trip ini kami sarankan tanyalah secara detail fasilitas apa saja yang di dapat dan menu makanan apa saja yang akan diberikan. Kalo dijual lebih murah umumnya ada yang tidak termasuk Foreigner Park Fee sebesar 400 Bath untuk dewasa dan 200 Bath untuk anak-anak. Dari pengalaman kami umumnya open trip ini sudah termasuk transportasi antar jemput dari dan ke penginapan, minuman dan buah untuk cemilan serta makan siang prasmanan dengan menu-menu seafood dan ayam goreng yang lezat.
Jenis Perahu kayu Yang Dapat Kamu Sewa untuk Keliling Taman Nasional Phi Phi
Umumnya itinerary untuk tour ini adalah berkunjung ke Maya Bay, Phi Phi Leh, Viking Cave, Monkey Island, makan siang di Koh Phi Phi dan ke salah satu pulau (tergantung paket tur) di sekitar taman nasional Phi Phi dengan pilihan Poda Island, Bamboo Island, Mosquito Island atau Khai Island dengan durasi trip yaitu dijemput dari penginapan di Phuket sekitar jam 7-8 pagi, sampai di dermaga sekitar jam 8-9 pagi dan trip akan dimulai dengan speedboat untuk hopping island ke beberapa pulau di Taman Nasional Phi Phi dan kembali ke dermaga dan kota Krabi atau Pantai Ao Nang sekitar jam 4-5 sore.
Salah satu longboat untuk island hopping di Pulau Phi Phi, Thailand



12.  Live on board ke Pulau Phi Phi dan Maya Bay
Dari pengalaman kami mengikuti Open Day Trip ke Pulau Phi Phi, di saat peak season suasana di Phi Phi Leh dan Maya Bay sangat lah ramai karena bisa dikatakan bisa mencapai ribuan orangnya memiliki standar jadwal yang trip yang sama dengan puluhan perahu speed boat atau perahu yang berbeda. Dengan mengikuti open trip di jadwalkan mayoritas pengunjung akan tiba di Phi Phi Leh dan Maya Bay di pemberhentian pertama yaitu sekitar jam 9 - 10 pagi. Seperti inilah suasana keramaian di Maya Bay di saat kondisi jam sibuk.
Suasana Keramaian Maya Bay yang Disesaki Wisatawan Dari Berbagai Negara
Jika kamu hendak melihat Maya Bay dalam kondisi yang tenang dan tidak ramai seperti ini maka salah satu alternatifnya yaitu mengikuti paket perjalanan Live on board atau bermalam di kapal sehingga kamu dapat memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Maya Bay di saat sedang bagus-bagusnya atau saat sedang sepi pengunjung. Karena dengan mengikuti live on board kamu akan di  jadwalkan untuk berkunjung ke Maya Bay yaitu di pagi hari sekitar jam 7 pagi setelah sunrise atau di sore hari menjelang sunset. 
Yang perlu kamu ingat tour ini umumnya paling ramai dari bulan Oktober ke May saja di saat cuaca di laut sedang bagus dan bukan musim hujan. Untuk musim hujan trip tergantung kondisi cuaca. Jika kamu berencana untuk ikut paket tur ini maka persiapkan budget lebih besar karena harga paket tur nya mulai dari 3-9 jutaan rupiah. Harga bervariasi tergantung apakah kamu memilih paket diving atau tidak, karena kalau yang paket diving tentunya akan lebih mahal. Umumnya itinerary untuk tour ini adalah berkunjung ke Maya Bay, Phi Phi Leh, Koh Bida Nok, Koh Bida Nai, Koh Phai  and Koh Young.

13.  Mekanisme Mengikuti Open Trip dari Phi Phi Island
Salah satu kelebihan di Phi Phi Island Thailand mereka mengemas sebuah paket tur dengan sangat baik yaitu dengan banyaknya paket perjalanan open trip. Open trip disini yaitu paket perjalanan dengan jadwal regular ke sebuah destinasi populer dengan konsep biaya sharing cost sehingga umumnya harga paketnya lebih terjangkau. Jadi kita tidak perlu menyewa perahu sendiri atau pemandu untuk membawa kita ke spot-spot menarik di sekitar Pulau Phi Phi melainkan kita akan bergabung dengan peserta trip lain dari berbagai negara. Selain harganya lebih murah juga kita bisa berkenalan dan menambah teman baru dari berbagai negara. Untuk memesan open trip ke sebuah destinasi kami rekomendasikan belilah di hostel, penginapan kamu atau agen perjalanan terpercaya. 



Dermaga Phi Phi Island
Open trip yang dapat kamu coba ketika berada di Phi Phi Island yaitu One Day Trip Hopping Island ke beberapa spot snorkling dan pulau di sekitar Phi Phi Island salah satunya ke Maya Beach. Mekanisme untuk mengikuti open trip ini yaitu terlebih dahulu tentukan tujuan dan tanggal keberangkatan dari paket perjalanan yang hendak kamu belli. Kamu bisa membeli tiket atau paket perjalanan di agen perjalanan baik yang ada di pinggir jalan maupun dari penginapan kamu menginap. Pada saat membeli paket perjalanan tersebut pastikan kamu menerima bukti pembayaran dan nama serta biodata kamu dicatat dengan benar seperti nama, nomer telpon yang bisa dihubungi serta alamat tempat menginap.
Dermaga Phi Phi Island
Dermaga Phi Phi Island
Perbedaan open trip di Pulau Phi Phi dengan di kota seperti Phuket atau Krabi yaitu untuk di Pulau Phi Phi tidak ada penjemputan di hari H. Kamu akan diberitahu tempat meeting point untuk memulai trip baik di agen perjalanan tempat kamu membeli paket tur atau langsung bertemu di dermaga pulau Phi Phi. Pastikan kamu tidak telat ketika hendak dijemput agar perjalanan open trip berjalan lancar. Nanti di perjalanan open trip ini kamu akan bertemu dengan banyak orang dari bebagai negara yang tergabung dalam trip yang sama. Berbaurlah dan menjadi teman agar perjalanan open trip kamu bisa lebih menyenangkan.

14.  Tentang One Day Trip Hopping Island Dari Pulau Phi Phi ke Maya Bay
Pada saat kedatangan kedua kami dan menginap di Pulau Phi Phi untuk berkeliling hopping island di sekitar Taman Nasional Phi Phi kami memilih untuk ikut open trip dari pulau Phi Phi dengan perahu besar. Untuk tiketnya kami membeli di salah satu agen perjalanan yang berada di pulau Phi Phi. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah kami berjalan dari satu persatu kedai agen perjalanan untuk membandingkan harganya. Untuk biaya open tripnya sekitar 700-1000 Bath perorang untuk dewasa sedangkan untuk anak kecil dibawah 4 tahun gratis. 

Ini Big Boat yang kami tumpangi ketika ikut open trip Hopping Island dari Pulau Phi Phi

Ini Big Boat yang kami tumpangi ketika ikut open trip Hopping Island dari Pulau Phi Phi
Hopping island ke Taman Nasional Phi Phi dari Pulau Phi Phi, Thailand
Snorkeling di Shark point di Taman Nasional Phi Phi, Thailand
15.  Sewa Private Longtail Boat dari Pulau Phi Phi ke Maya Bay
Jika kamu hendak private trip dengan perahu kayu khas Thailand maka kamu dapat menyewa longtail boat dari Tonsai Pier di Pulau Phi Phi. Biaya sewanya tergantung dari berapa jam dan berapa jumlah pulau yang hendak kamu tuju. Biaya sewanya mulai dari 1800 Thailand bath untuk 4 jam yang cukup untuk mengantar kamu ke Koh Phi Phi Leh dan Maya Bay serta pulau di sektiar Phi Phi Island. 

Ini longtail boat yang bisa disewa dari Pulau Phi Phi untuk Hopping Island salah satunya ke Maya Bay

Ini longtail boat yang bisa disewa dari Pulau Phi Phi untuk Hopping Island salah satunya ke Maya Bay
Apabila punya budget lebih bisa sewa selama 6 jam seharga sekitar 2400 Thailand Bath sehingga cukup untuk mengunjungi pulau lainnya seperti mosquito, Bamboo atau Khai Island. Untuk kapasitas perahunya sendiri tergantung ukuran perahu kayunya atau kisaran 4-8 orang, jadi kalau untuk menghemat biaya sewa perahunya maka baiknya kamu cari teman seperjalanan untuk sharecost. Keuntungannya kamu dapat mengatur waktu perjalanan dengan lebih fleksibel dan dengan teman seperjalanan yang kamu inginkan saja. Untuk sewanya kamu dapat memesan dari agen perjalanan di Pulau Phi Phi atau langsung negosiasi dengan pemilik perahu di Tonsai Pier / Dermaga.

16.  Spot snorkeling dan diving di sekitar Pulau Phi Phi
Umumnya itinerary untuk tour ini adalah berkunjung ke Maya Bay, Phi Phi Leh, Viking Cave, Monkey Island, makan siang di Koh Phi Phi dan ke salah satu pulau (tergantung paket tur) di sekitar taman nasional Phi Phi dengan pilihan Poda Island, Bamboo Island, Mosquito Island atau Khai Island. Biasanya nahkoda akan memberhentikan perahu di tengah perjalanan dan pemandu tour akan menginformasikan ke peserta open trip mengenai tempat yang diperbolehkan untuk berenang dan snorkeling salahs atunya yaitu di shark point dimana kalau kamu sedang beruntung bisa melihat beberapa hiu sedang berenang disini.



Ini salah satu kapal untuk diving di Phi Phi Island
Beberapa Turis Tampak Asik Berenang di Loh Sama Bay

17.  View Point di Pulau Phi Phi
Apabila kamu menginap di pulau Phi Phi maka salah satu tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi yaitu View Point. Dari titik ini kamu dapat melihat keindahan panorama keindahan Pulau Phi Phi dari ketinggian. Apabila kedatangan kamu disaat cuaca sedang cerah maka kamu dapat menikmati keindahan hamparan pantai dengan pasir putih di Loh Dalum Bay, gradasi laut yang mempesona di Phi Phi Leh dan sekitar pulau Phi Phi serta hijaunya pepohonan yang masih mendominasi sebagian area di Pulau ini. 
View point dari Pulau Phi Phi, Thailand (source: tanksthatgetround.com)
Untuk berjalan ke view point ini kamu dapat berjalan dari Reggae Bar terus berjalan ke arah Loh Dalum Bay kemudian mengikuti rute peta Pulau Phi Phi dengan patokan arah ke View Point. Estimasi waktu tempuh dengan berjalan kaki yaitu selama 20 menit. Tips nya jangan lupa bawa perbekalan air minum ya. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini yaitu menjelang sunrise atau sore hari menjelang sunset.

18.  Masjid dan Makanan halal di Pulau Phi Phi
Saat kami menginap di Pulau Phi Phi kami menemukan beberapa makanan halal di Pulau ini salah satunya adalah Efe Medditeranian Restaurant. Alternatif lainnya di Pulau ini kami juga menemukan kedai-kedai kecil yang menjual ayam goreng, pancake ataupun buah-buahan yang sebagian penjualnya adalah orang muslim yang tentunya menyajikan makanan halal. Sedangkan untuk masjidnya ada sebuah masjid di Pulau ini yang dikenal dengan nama the Al Islah Mosque. 
Salah satu restoran di Pulau Phi Phi, Thailand
Alternatif makanan halal yang bisa dijumpai di Pulau Phi Phi adalah pancake pisang dan pancake telur
Untuk menuju ke Masjid Al Islah, ikutilah petunjuk jalan di Pulau Phi Phi
19.  Rekomendasi Penginapan di Pulau Phi Phi
Walaupun kami sudah 2 kali ke Pulau Phi Phi namun kami baru sekali menginap dan bermalam selama 3 hari 2 malam di Pulau Phi Phi. Dee Dee Beach House ini adalah satu-satunya penginapan yang dapat kami rekomendasikan karena memang kami pernah menginap disini dan pengalaman kami menginap disini sangat menyenangkan. Sesuai banyak rekomendasi orang suasana penginapannya sangat homie, pemiliknya ramah, sangat dekat dengan pantai serta suasananya nyaman dan tidak terlalu bising. Salah satu kelebihan menginap disini kita bisa memesan tiket ferry dari Phi Phi ke Phuket atau Krabi dengan harga yang lebih murah dibanding agen perjalanan di luar.
Dee Dee Beach House di Pulau Phi Phi, Thailand

Dee Dee Beach House di Pulau Phi Phi, Thailand

Pintu belakang Dee Dee Beach House di Pulau Phi Phi, Thailand langsung menghadap ke laut <3

Dee Dee Beach House di Pulau Phi Phi, Thailand
Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya kami sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Thailand, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral saya di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher hingga sebesar 30 - 40 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. Tertarik? Yuk Daftar airbnb.com disini.


20.  Angkutan Umum di Pulau Phi Phi?
Yang perlu kamu ketahui walaupun ukutan pulau ini cukup besar namun tidak ada angkutan umum atau kendaraan di pulau ini ya. Umumnya para pengunjung harus jalan kaki untuk keliling pulau atau pergi ke penginapan. Alternatif lainnya yaitu naik sepeda untuk keliling pulau mengingat jalanan di pulau ini kecil seperti menyusuri dari satu gang ke gang lain.




21.  ATM dan money changer di Pulau Phi Phi
Kehabisan uang tunai di pulau Phi Phi? jangan khawatir disini ada beberapa ATM machine yang juga menerima ATM berjaringan internasional dengan logo VISA atau Master Card. Ada juga beberapa money changer yang menawarkan nilai tukar yang kompetitif salah satunya di Siam Commercial Bank yang ada di pulau ini. Lokasi ATM nya ada di dekat dermaga utama serta di dekat kawasan resto dan cafe yang ada di Tonsai Village.
SCB ATM Exchange, Salah satu ATM yang bisa ditemukan di pulau Phi Phi Thailand

22.  Minimarket di Pulau Phi Phi
Pulau Phi Phi ini bisa dibilang sudah cukup modern karena dengan cukup mudah kita bisa menemukan beberapa minimarket atau warung yang menjual beragam makanan dan minuman. Jika kamu mau mencari minuman segar, ngopi, cari cemilan atau menikmati es krim bisa beli dengan mudah untuk didapatkan disini.
P.P, salah satu minimarket di Pulau Phi Phi Thailand

23.  Bar, Cafe dan Restoran di Pulau Phi Phi
Fasilitas lain yang membuat banyak pengunjung nyaman untuk bermalam di pulau ini karena terdapat banyak pilihan tempat makan disini mulai dari menu thailand, western, asia tengah dan middle east. Pulau ini memanjakan setiap pengunjung yang ingin berpesta dalam keramaian dan hingar bingar suara dentuman musik disko hingga yang ingin mencari ketenangan di kafe atau restoran yang lokasinya terpencil atau di tepi jalan kecil. Dari menu haram hingga yang halal semua lengkap ada disini.    



Ini salah satu jalan yang terdapat sederetan toko, restoran dan Cafe di Phi Phi Island

24.  Paket Internet dan Nomer Lokal Thailand
Bisa dibilang sinyal telekomunikasi untuk internetan di pulau ini cukup stabil. Jadi apabila kamu mau internetan dengan handphone tanpa mengandalkan wifi baiknya sudah membeli Sim Card lokal ketika berada di Phuket atau Krabi yang dapat di beli di minimarket seperti 711 atau di kedai seluler yang ada di pinggir jalan. Belilah paket data sesuai kebutuhan dan minta tolonglah penjaga toko/ minimarket itu untuk mengaktifkan data kamu. Pengalaman kami pakai Dtac yang paket untuk turis sudah lebih dari cukup untuk berinternetan di Thailand.

25.  Souvenir di Pulau Phi Phi
Di area dekat dermaga dan tidak jauh dari kawasan cafe dan restoran terdapat sederetan penjual souvenir mulai dari gelang, gantungan kunci hingga magnet kulkas yang menjajakan barang dagangannya di pinggir jalan kecil. Kami sempat membeli souvenir disini dengan harga kisaran 40 Bath per satuannya atau tergantung model yang kamu incar. Jika dibandingkan dengan harga souvenir di Krabi atau Phuket harga di Pulau ini sedikit lebih mahal namun tidak significant, jadi jika kamu menemukan souvenir yang khas dan sepertinya tidak mudah ditemukan di kota Krabi atau Phuket jangan ragu untuk membeli sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan pribadi.
Beberapa toko souvenir di Pulau Phi Phi, Thailand
Semoga tips dan panduan jalan-jalan liburan untuk kamu yang hendak ke Pulau Phi Phi dan Maya Bay Thailand bermanfaat.  Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang destinasi wisata di Phi Phi dan Maya Bay Thailand yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini. Salam Pejalan.


Baca Artikel Tentang Thailand lainnya disini
           #Cross Border : Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Hatyai Thailand Selatan

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.


No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.