Friday, April 20, 2018

Liburan Ke Phi Phi Island & Maya Beach di Musim Hujan, Yes or No?


Maya Bay di Phi Phi National Marine Park saat bulan Agustus/ Musim Hujan Terasa Lebih Tenang dan Sepi
Tentunya setiap orang pasti ingin berkunjung ke sebuah tempat destinasi impiannya di waktu terbaiknya. Namun terkadang keinginan dengan kesempatan yang ada bisa saling berseberangan waktunya sehingga kita harus memilih untuk tetap berjalan atau berdiam diri tidak jadi mewujudkannya. Atau disaat kita traveling pada waktu yang direkomendasikan banyak orang namun karena perubahan faktor cuaca menjadi kurang bersahabat pun bisa terjadi mengingat kita hanya bisa berdoa dan pasrah atas kehendak Tuhan yang mengendalikan seisi alam semesta termasuk cuaca.
Salah satu destinasi wisata yang sangat tergantung dengan cuaca yaitu destinasi yang berkaitan dengan pantai, pulau dan laut. Untuk artikel kali ini kami ingin berbagi pengalaman bagaimana pengalaman pergi ke pulau Phi Phi dan Maya Bay disaat musim hujan atau low season beserta keuntungan dan kelemahannya dibandingkan musim panas dari pengalaman kami sendiri yang sudah 2 kali kesana di musim dan cuaca yang berbeda.
 Loh Sama Bay Phi Phi Thailand di saat bulan terbaik. Air lautnya terlihat jernih, dan gradasi lautnya begitu memanjakan mata
Salah Satu Sudut Yang Cantik di Pulau Khai Nok Thailand di Saat Musim Kemarau



Untuk destinasi Phi Phi Island di Thailand sendiri umumnya bulan Oktober sampai bulan May adalah waktu terbaik karena potensi hujan cukup kecil. Sedangkan bulan Juni hingga  September adalah salah satu musim dimana kawasan Phi Phi Island berpotensi turun hujan lebih besar. Kami punya pengalaman berkunjung ke bulan Agustus di saat cuaca sedang mendung dan beberapa kali hujan sehingga pemandangan yang tersaji menjadi kurang spektakuler. 
Bermain Kayak di Pulau Mosquito saat musim Hujan
Snorkeling dengan kondisi cuaca sedang mendung di bulang Agustus
Keuntungan ke Phi Phi Island saat musim low season adalah pantainya sepi
Kami cukup beruntung karena pada saat itu hujan tidak turun seharian namun sesekali cuaca cerah dan matahari muncul khususnya di siang hari. Di saat musim hujan umumnya cuaca mendung mulai dari pagi ke menjelang siang serta sore ke malam. Kabarnya beberapa hari sebelum kedatangan kamu hujan turun selama beberapa hari secara terus menerus yang tentunya membuat perjalanan hopping island ke Phi Phi Island kurang menyenangkan.
Di saat musim hujan langit terlihat kelabu seperti ini dan ombak laut terasa lebih tinggi dan bergelombang


Teman kami ada yang berkunjung di bulan September dan Oktober pada saat itu cuaca nya sedang tidak bagus dan kondisi ombak sedang tinggi sehingga dalam beberapa hari semua penyebrangan laut ditutup, tidak ada keberangkatan baik ferry maupun speed boat yang membawa open trip ke Pulau Phi Phi. Hasilnya teman saya itu hanya menghabiskan waktu beberapa hari untuk keliling Phuket saja.
Pengalaman kedatangan kami kesini lainnya yaitu di bulan Desember dimana sedang musim kemarau sehingga pemandangan lautnya semakin berkilau dan indah. Kekurangannya ketika kita datang di musim kemarau tentunya adalah di saat peak season sehingga akan banyak sekali orang dan terasa begitu sesak. Secara foto apabila ke Phi Phi Island tentunya hasilnya akan lebih indah karena warna gradasi lautnya semakin berkilau.
Keindahan Maya Bay di Taman Nasional Phi Phi Krabi Thailand di bulan Desember


Menikmati Loh Sama Bay, Phi Phi Thailand di saat cerah pada bulan Desember
Jadi kesimpulan dari kami jika kamu terpaksa berkunjung ke Pulau Phi Phi pada musim hujan, hindari pergi di bulan September dan Oktober karena peluang cuaca buruk dan badai di laut sangat tinggi. Jika musim transisi di bulan lainnya dari Juni ke Agustus kamu masih ada peluang untuk dapat cuaca yang bagus, dan di bulan inilah umumnya orang lokal berlibur ke Phi Phi Island. Cek terus website ramalan cuaca seperti accu weather untuk melihat kondisi cuaca beberapa hari sebelum keberangkatan kamu untuk menentukan apakah kamu akan tetap hopping island atau tetap di daratan Phuket atau Krabi saja. 
Traveling ke Phi Phi Island di Musim Hujan Seperti ini Suasananya Lebih Tenang dan Nyaman
Keuntungan pergi di musim hujan atau low season yaitu suasananya jauh lebih tenang dan cocok bagi kamu yang ingin mencari kedamaian di tengah suasana alam, sederetan tebing karst dan hamparan pasir di sekitar pulau Phi Phi yang indah dan terbilang tidak terlalu ramai. Keuntungan lainnya karena low season untuk mencari penginapan lebih mudah karena tingkat ketersedian kamar lebih banyak. Keuntungan lain yaitu karena low season umumnya harga open trip yang dijual bisa lebih murah di bandingkan saat peak season yang bisa lebih mahal jika banyak pake tour yang terjual habis atau kuota telah penuh.
Maya Bay di Phi Phi National Marine Park saat bulan Agustus/ Musim Hujan sangat Sepi dan Nyaman
Untuk keuntungan pergi di musim kemarau tentunya kita bisa menikmati Phi Phi Island yang sedang cantik-cantiknya karena gradasi air laut dan hamparan pasir putihnya semakin berkilau. Tebing-tebing karst yang diselimuti pepohonan pun terlihat lebih hijau dan segar. Kekurangannya karena terlalu banyak orang terkadang sulit untuk mendapatkan foto Phi Phi Island dan khususnya Maya Bay dalam suasanya yang tenang. Kekurangan lainnya ketersediaan tiket open trip maupun penginapan semakin terbatas karena peak season dimana banyak orang berlibur di musim ini.
Suasana Keramaian Maya Bay yang Disesaki Wisatawan di Saat Peak Season
Snorkeling jauh lebih menyenangkan Ketika berkunjung ke Phi Phi Island di Musim Panas
Suasana Pulau Khai Nok ketika sedang Peak Season


Jadi untuk jawaban Yes atau No kembali lagi kepada kamu yang akan memutuskan dan disesuaikan dengan tujuan perjalanan kamu sendiri. So, Yes or No?



Baca Artikel Tentang Thailand lainnya disini
           #Cross Border : Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Hatyai Thailand Selatan

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.



No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.