Saturday, April 21, 2018

30 Tips dan Panduan Lengkap Jalan-Jalan Liburan ke Krabi Thailand



krabi, tiger caves, wat tham sua, karst, temple, thailand, phuket, asean, asia, south east asia, backpacking, travel, buddha
Patung Buddha Yang Terdapat di Puncak Bukit Krabi Tempat Dimana Kuil Wat Tham Sua Berada

Ada beberapa alasan mengapa Thailand menjadi salah satu destinasi impian untuk berlibur bagi orang Indonesia diantaranya karena menjadi surga belanja, tempat yang menyenangkan untuk berwisata budaya karena memiliki kuil-kuil yang megah, memiliki ragam cita rasa yang nikmat untuk berwisata kuliner serta biaya hidup yang terbilang murah dan cocok untuk para wisatawan yang berbudget terbatas.

Tak hanya itu pesona keindahan pantai dan pulau-pulau di laut Andaman yang berpasir putih dengan warna gradasi laut toska dan biru menarik banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia untuk datang ke Thailand khususnya ke Krabi yang berada di Thailand Selatan. Selain alasan diatas tentunya ada beragam alasan lainnya untuk datang ke negeri penuh senyum ini. Jadi jika kamu juga memiliki rencana untuk berkunjung ke Krabi Thailand berikut kami sharing tips dan panduan Jalan Jalan Liburan ke Krabi khususnya bagi kamu yang pergi tanpa travel agent. Semoga tips dan panduan yang dapat saya berikan dapat membuat  liburan kamu di Krabi Thailand menjadi lebih terencana dan berakhir menyenangkan.




1.  Cek Paspor Sebelum Merencanakan Liburan ke Thailand
Untuk kamu yang sudah memiliki paspor pastikan masa berlaku paspor kamu saat tanggal keberangkatan ke Thailand tidak kurang dari 6 bulan dari masa akhir berlakunya paspor kamu. Jika kurang dari 6 bulan segeralah lakukan perpanjangan paspor agar perjalananmu berjalan sesuai rencana dan tidak di deportasi oleh imigrasi saat mendarat di Thailand atau saat sebelum terbang di bandara.


2.   Tentukan Tujuan Utama

Krabi terletak di Thailand bagian selatan dan berdekatan dengan beberapa kota dan destinasi lainnya mulai dari pulau-pulau di sekitar Phuket dan Koh Phi Phi, Koh Lanta yang dekat dengan kota Trang, Koh Samui dan Koh Phangan yang dekat dengan kota Suratthani serta pulau-pulau dan pantai populer lainnya. 
Source: phiphi-booking.com

Jadi sebelumnya tentukan tujuanmu ke Thailand apakah hanya untuk berkunjung ke Krabi saja, atau mengunjungi beberapa kota lainnya juga. Karena hal ini sangat berpengaruh dengan tiket pesawat tujuan mana yang sebaiknya kamu beli. Karena jika salah beli tujuan tentunya akan menyulitkan kita untuk menuju ke destinasi tersebut baik karena keterbatasan waktu maupun budget yang ada. Detailnya akan kami sampaikan di point berikutnya.





3.  Hunting Tiket Pesawat ke Krabi

Misalnya kamu hendak ke Phuket atau Krabi naik pesawat maka kami rekomendasikan carilah tiket dari Jakarta atau kota besar di Indonesia dengan tujuan ke Kuala Lumpur untuk transit terlebih dahulu kemudian menyambung dengan penerbangan dari Kuala Lumpur ke Phuket atau Krabi. Namun apabila kamu hendak ke Bangkok juga dari kota Bangkok juga terdapat beberapa pilihan maskapai penerbangan yang melayani rute domestik ke kota Krabi Thailand diantaranya Air Asia, Thai Airlines serta Bangkok Airlines. Apabila kamu hendak menjelajah beberapa kota sekaligus perhitungkan juga jarak dan waktu tempuh yang dibutuhkan agar tidak dikejar-kejar waktu dan dapat menikmati perjalanan saat di Thailand.
Pemandangan Krabi dari Atas Pesawat AirAsia
 Berapa budget untuk tiket pesawat ke Thailand? Semua tergantung dari kota mana yang hendak kamu tuju dan apakah harga tiket yang kamu peroleh adalah harga promo atau normal. Sebagai gambaran jika promo kamu dapat memperoleh tiket ke Thailand dengan harga tiket kisaran 800 ribuan untuk pulang pergi perorang, namun untuk harga normalnya kurang lebih 1 sampai 5 juta tergantung maskapai dan tujuannya.  

  Untuk kamu yang memiliki budget terbatas rasanya ikut hunting tiket promo adalah salah satu jalan menuju ke Thailand. Tiket promo dapat kamu dapatkan baik promosi yang diadakan online di website maskapai penerbangan maupun di event-event atau travel fair tertentu.  Apabila kamu memiliki waktu lebih rasanya dapat mempertimbangkan Air Asia, salah satu maskapai berbudget rendah favorit kami yang kerap memberikan tiket promo. Untuk pilihan moda transportasi lainnya secara detailnya akan kami jabarkan di point berikutnya ya.



4.  Buat Itinerary ke Krabi

Untuk mempersiapkan perjalananmu ke Krabi Thailand ada baiknya mempersiapkan itinerary perjalanan minimal secara gambaran umumnya agar kamu sudah tahu kemana saja destinasi yang dapat kamu tuju. Hal ini juga untuk membuat perhitungan jarak dan waktu tempuh untuk menuju tempat wisata atau jarak dari 1 pulau ke pulau lain yang hendak kamu jelajahi. Point ini kami tulis karena kami sendiri memiliki pengalaman dimana karena salah memperhitungkan waktu sehingga dengan terpaksa harus melewati beberapa pulau yang awalnya hendak kami tuju dengan alasan waktu yang tidak cukup. Sesungguhnya peta memang terlihat dekat namun waktu tempuh nya juga kita harus pertimbangkan seperti jadwal bus, ferry, speed boat atau kereta yang menghubungkan destinasi yang kita tuju. 
Pantai Ao Nang, Krabi Thailad
Patung Kepiting di Krabi 0 Kilometer
Mangrove Forest di Krabi, Thailand


5.  Mencari Penginapan di Krabi

Jika kamu liburan ke Thailand dengan jadwal yang fleksibel rasanya untuk mencari penginapan secara on the spot/ go show masih sangat mungkin, hal inilah yang dua kali kami lakukan saat traveling ke Krabi Thailand yang baru mencari penginapan saat tiba di kota yang kamu singgahi. Namun jika tujuan kamu adalah berlibur bersama keluarga, teman atau pasangan dengan jadwal perjalanan yang pasti tentunya melakukan pemesanan penginapan dari jauh-jauh hari adalah hal yang bijak sehingga dapat memastikan kamu memperoleh penginapan yang sesuai dengan selera kamu serta sesuai dengan budget yang kamu miliki. 
City Hotel Dan Suasana Malam di Kota Krabi

Kamar Paling Murah di City Hotel Kota Krabi, Hanya 450 Bath Semalam Untuk Dua Orang
Rekomendasi saya untuk mencari penginapan di Krabi Thailand baiknya carilah yang dekat pusat kota yaitu Pasar Krabi atau bisa cari yang dekat dengan pantai Ao Nang. Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya kami sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Thailand, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral saya di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher hingga sebesar 30 - 40 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. Tertarik? Yuk Daftar airbnb.com disini.

Saat di penginapan baiknya kamu meminta kartu nama yang tertulis alamat penginapan dengan jelas. Hal ini dapat kamu gunakan just in case kamu tersesat sehingga dapat memudahkan kamu pada saat bertanya kepada orang lain di jalan atau dengan supir taksi/ tuk-tuk untuk mengantarkan kembali ke penginapan.





6.  Persiapkan Mata Uang Bath

Beberapa hari sebelum keberangkatan ada baiknya kamu telah menukarkan uang rupiah dan membeli Thailand Bath di money changer yang ada di dekat kota kamu. Hindari menukarkan uang di bandara karena umumnya nilai tukarnya sangat rendah. Jika tidak ada Thailand Bath kamu juga dapat menukarkan terlebih dahulu ke dalam mata uang USD (Dollar Amerika) untuk ditukarkan di money changer ketika sampai di Thailand. Dan baiknya jangan pernah berpikir juga untuk menukarkan uang Rupiah saat kamu tiba di Thailand karena nilai tukar Rupiah itu kurang bagus bahkan tidak semua money changer di luar negeri yang mau menerima Rupiah. Pastikan juga kamu menukarkan uang dengan jumlah yang cukup karena tidak semua tempat menerima kartu kredit. Gunakan kartu atm atau kratu kredit di Thaialnd saat darurat saja karena umumnya nilai tukarnya kurang bagus atau terkena biaya adminsitrasi tambahan.



7.   Bisakah ke Krabi dengan Moda Transportasi Kereta Api?

Yang harus kamu ingat tidak semua kota dilalui jalur oleh Kereta Api salah satu contohnya Phuket dan Krabi tidak dapat ditempuh dengan kereta api sehingga kamu harus naik bus dari Bangkok, Suratthani atau kota Hatyai. 
haadyai, hatyai, thailand, south thailand, songtheaw, temple, backpacking thailand, kota hatyai, hatyai railway station, stasiun hatyai
Salah Satu Stasiun di Thailand 

Berhubung Krabi adalah destinasi favorit bisa kami katakan cukup mudah untuk mencari bus antar kota di Thailand dengan tujuan ke Krabi. Kamu dapat naik bus dari Bangkok, Suratthani, Phuket, Trang atau dari Hat Yai ke Krabi. Sebagai informasi apabila kamu hendak naik bus waktu tempuh dari Phuket Krabi dengan bus yaitu sekitar 2-3 jam. Untuk Perjalanan dari Hat Yai ke Krabi sekitar 5-7 jam perjalanan. Untuk Perjalanan dari Suratthani ke Krabi itu sekitar 4-5 jam perjalanan. Sedangkan untuk perjalanan bus dari Bangkok ke Krabi itu sekitar 6-8 jam perjalanan tergantung kondisi lalu lintas.
road trip from krabi to phuket, overland from krabi to phuket, bus jalan darat dari krabi ke phuket
Bus Yang Mengantarkan Kami dari Krabi Ke Kota Phuket
road trip from krabi to phuket, overland from krabi to phuket, bus jalan darat dari krabi ke phuket
Interior Bus dan Pintu Masuk Bus bagian Tengah

Untuk menghemat waktu apabila dibutuhkan perjalanan yang panjang pilihlah jadwal keberangkatan yang malam hari sehingga akan tiba pada pagi harinya. Selain hemat waktu kamu juga dapat menghemat biaya penginapan. Untuk pembelian tiket bus dapat kamu lakukan langsung di terminal bus nya atau membeli pada agen perjalanan resmi, hostel atau tempat penginapan kamu menginap. Itulah kelebihan penginapan di Thailand yang umumnya memiliki fasilitas untuk membantu pemesanan tiket baik bus, kereta maupun moda transportasi lainnya.
Terminal Bus Krabi di Thailand



9.  Mini Van Antar Kota di Thailand menuju Krabi

Di beberapa kota kecil Thailand terkadang jadwal bus tidak sebanyak jadwal keberangkatan minivan yang juga melayani rute antar kota. Jadi apabila kamu mengejar waktu ada baiknya juga mencari info mengenai keberadaan dan jadwal mini van yang dapat mengantarkan kamu ke kota Krabi. Untuk ongkos umumnya naik mini van lebih mahal sedikit dibandingkan naik bus antar kota. Untuk pembelian tiket naik mini van antar kota  kamu lakukan langsung di terminal bus nya atau membeli pada agen perjalanan resmi, hostel atau tempat penginapan kamu menginap. 
haadyai, hatyai, thailand, south thailand, songtheaw, temple, backpacking thailand, kota hatyai, hatyai railway station, stasiun hatyai
Minivan yang melayani transportasi antar kota di Thailand Selatan termasuk Krabi

Untuk minivan ke Krabi umumnya hanya ada dari kota yang jaraknya tidak terlalu jauh seperti dari Hat Yai, Trang, Suratthani dan Phuket. Kalau kamu dari Bangkok mau jalur darat kami sarankan sebaiknya naik bus reclining seat/ sleeper saja yang lebih nyaman untuk perjalanan jarak jauh.



10. Tiba di Krabi Thailand Lewat Jalur Udara (Krabi International Airport)

Setibanya di Krabi Thailand umumnya kamu harus melengkapi selembar formulir yang harus kamu isi sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk masuk ke negara Thailand. Pesan saya isilah semua kolom yang diwajibkan dengan lengkap mulai dari cara kedatangan, waktu kedatangan, keberangkatan maskapai yang dinaiki atau moda transportasi darat atau laut apa yang kamu gunakan. Ketika berhadapan dengan petugas imigrasi berlakulah yang sopan dan mudah diajak bekerja sama tanpa perlu panik atau takut yang berlebihan. Bila diajukan pertanyaan jawablah dengan sopan. Apabila kamu tidak bisa berbahasa Thailand gunakan saja bahasa inggris. Bila tidak bisa kedua bahasa itu tersenyumlah, karena senyum adalah bahasa universal yang dapat dimengerti oleh semua umat manusia.
Krabi Internasional Airport, Thailand
Krabi Internasional Airport, Thailand

Ikuti barisan antrean dengan tertib dan siapkan semua dokumen yang diperlukan yaitu paspor dan kartu imigrasi kedatangan dan keberangkatan yang telah kamu isi dengan lengkap. Agar dokumen tidak tercecer ada baiknya kamu menggunakan passport cover/ passport holder untuk menyimpan dokumen tersebut. Satu yang harus kamu ingat ketika giliran kamu hendak tiba selalu berdiri di belakang garis kuning/ garis pembatas sampai giliran kamu tiba dipanggil untuk menghampiri petugas imigrasi di loket tersebut.





11. Ambil Brosur & Peta Wisata

Jika kamu masuk Thailand melalui jalur udara carilah Thailand Tourism Information Center atau rak-rak yang menyediakan peta dan brosur tentang wisata dan transportasi umum di Thailand yang dapat kamu ambil secara gratis. Hal ini sangat penting selain untuk mendapatkan gambaran umum peta transportasi juga terdapat informasi tentang semua tempat wisata populer yang patut kamu kunjungi selama berlibur di Krabi Thailand.  
Krabi 0 Kilometer, Salah Satu Lokasi Yang Wajib kamu kunjungi ketika di Krabi
Mangrove Forest juga patut kamu masukan dalam daftar rencana pejalananmu di Krabi, Thailand



12. Cara menuju Pulau Phi Phi dari Krabi

Mayoritas orang yang berkunjung ke Phi Phi Island umumnya berangkat dari Phuket dimana banyak agen perjalanan yang berlomba-lomba menawarkan harga paket beragam sesuai udget mulai dari budget backpacker maupun yang turis mewah dengan speed boat lengkap dengan fasilitas minum dan makan siang yang disajikan secara prasmanan. Namun tahukah kamu sebenarnya Phi Phi island secara jarak sebenarnya lebih dekat dan lebih murah diakses dari Krabi ? Dari Krabi kamu bisa menjelajah pulau-pulau yang berada di taman nasional Mu Koh Phi Phi dan tentu saja berkunjung ke Maya Beach tempat dimana film The Beach yang dibintangi oleh Leonardo dicaprio dibuat.
krabi to do list, krabi place to visit, tips ke krabi thailand, phi phi, cano di krabi, kayak di krabi, emerald pool, blue pool, sewa motor di krabi, wisata krabi, tiger caves, huay to waterfall
Hopping Island menikmati keindahan pulau-pulau di Taman Nasional Phi Phi Provinsi Krabi
krabi to do list, krabi place to visit, tips ke krabi thailand, phi phi, cano di krabi, kayak di krabi, emerald pool, blue pool, sewa motor di krabi, wisata krabi, tiger caves, huay to waterfall
Hopping Island menikmati keindahan pulau-pulau di Taman Nasional Phi Phi Provinsi Krabi
 Ada 3 cara untuk menuju Pulau Phi Phi dari Krabi yaitu naik Ferry dari dermaga dekat Krabi Town, naik ferry dari dermaga dekat Ao Nang dan satu lagi ikut one day trip untuk hopping Island dari Krabi keliling pulau-pulau di sekitar Pulau Phi Phi. Apabila kamu berencana menginap di pulau phi phi maka pilihannya adalah naik ferry, namun jika waktu kamu terbatas maka kami sangat sarankan untuk ikut yang one day trip saja dari Krabi. 
Diatas Ferry yang Melayani Rute Krabi Town - Phi Phi Island, Thailand
Dari Krabi juga bisa naik perahu longboat seperti ini
Untuk 1 Day Tour Dari Phi Phi bisa naik speed boat seperti ini


13. Berkunjung ke Phuket dan Krabi di Satu Rangkaian Perjalanan?

Untuk mengefesienkan waktu dan biaya saran kami jika kamu ke Thailand untuk kedua destinasi ini sebaiknya naik pesawat dengan tujuan mendarat di Phuket kemudian terbang keluar Thailand dari Krabi atau sebaliknya jadi dengan demikian bisa mengefesienkan waktu menjelajah dua provinsi ini tanpa perlu bolak-balik pulang pergi mengejar waktu. Sebagai informasi dari Krabi ke Phuket atau sebaliknya bisa ditempuh dengan naik bus kurang lebih 2-3 jam perjalanan bisa juga naik ferry yang ditempuh dari Phuket ke PhiPhi Island dan ke Krabi dengan waktu sektiar 3 jam. 
Noppharat Thara Beach, Ao Nang Beach, Pantai, Sunset, Senja, Krabi, Thailand, Phuket, Backpacking, travel, south east asia
Jalan Raya Yang Dilalui Ketika Perjalanan Darat Dari Krabi Menuju Phuket, Thailand






14. Berkunjung ke Tiger Cave

Di Krabi ada sebuah kuil yang berdiri megah di ujung tebing bebatuan karst yang menjulang tinggi. Kuil tersebut dikenal dengan nama Tiger Caves atau Wat Tham Suea yang merupakan salah satu situs paling suci untuk umat Buddha yang ada di provinsi Krabi. Yang membuat menarik tempat ini kamu harus naik mendaki 1237 anak tangga untuk bisa mencapai puncak bukit dan melihat keindahan kuil Buddha dan panorama sederetan perbukitan karst yang tersebar di provinsi Krabi. Untuk melihat lebih detail tentang Tiger Caves bisa membaca link berikut ini
krabi, tiger caves, wat tham sua, karst, temple, thailand, phuket, asean, asia, south east asia, backpacking, travel
Penampakan Tangga Menuju Atas Bukit Yang Semakin Terjal Dengan Sudut Kemiringan Yang Tajam
krabi, tiger caves, wat tham sua, karst, temple, thailand, phuket, asean, asia, south east asia, backpacking, travel
Tebing Bebatuan Karst Yang Menjulang Di Sekitar Provinsi Krabi, Thailand

Tiger Cave di Krabi, Thailand

15.  Rekomendasi Pantai di Krabi

Di Krabi memiliki deretan pantai yang indah dan populer mulai dari Noppharat Thara, Aonang dan Ao Pai  karena memiliki garis pasir pantai yang begitu panjang dengan pasir pantai yang halus. Ketika air laut sedang surut diperkirakan panjang pantainya bisa mencapai 2 kilometer sampai ke bibir ombak karena itu tidak heran pantai ini menjadi salah satu pantai favorit orang lokal untuk dikunjungi karena menjadi tempat yang sempurna untuk bermain pasir dipantai bersama keluarga. Untuk menikmati waktu sore di Krabi berjalanlah di pesisir Noppharat Thara, Aonang dan Ao Pai   dan nikmatilah senja yang indah dari pantai itu.

Noppharat Thara Beach, Ao Nang Beach, Pantai, Sunset, Senja, Krabi, Thailand, Phuket, Backpacking, travel, south east asia
Bersantai Menikmati Sunset di Pantai Noppharat Thara Krabi Yang memiliki Garis Pantai Yang Panjang
Noppharat Thara Beach, Ao Nang Beach, Pantai, Sunset, Senja, Krabi, Thailand, Phuket, Backpacking, travel, south east asia
Sepotong Senja di Pantai Noppharat Thara dan Ao Nang di Krabi, Thailand

16.  Berkunjung ke Taman Nasional Khao Phanom Bencha

Tak jauh dari pusat kota Krabi terdapat Taman Nasional Khao Phanom Bencha yang didalamnya terdapat beberapa destinasi wisata alam yang menarik untuk dijelajahi khususnya bagi kamu yang suka berpetualang di alam liar. Disini terdapat beberapa air terjun yang cantik, view point dengan pemandangan yang indah, hutan bambu yang rindang, melihat beberapa jenis binatang yang hidup bebas, menghirup udara khas pegunungan yang segar serta menikmati rindangnya pepohonan yang tumbuh alami. Pepohonan besar yang berumur ratusan tahun berdiri di kedua sisi, rasanya butuh puluhan orang untuk bisa memeluk batang pohonnya yang besar ini. Semakin menanjak keatas jalurnya semakin tidak tampak karena sudah menyatu dengan pepohonan yang tumbuh dengan suburnya.
Khao Phanombencha, huay to waterfall, krabi, phuket, thailand, travel, backpacking, air terjun
Pintu Gerbang Menuju Taman Nasional Khao Phanom Bencha
Khao Phanombencha, huay to waterfall, krabi, phuket, thailand, travel, backpacking, air terjun
Peta Jalur Trail di Dalam Taman Nasional Khao Phanom Bencha
Khao Phanombencha, huay to waterfall, krabi, phuket, thailand, travel, backpacking, air terjun
Berjalan Menyusuri Hutan di Taman Nasional Khao Phanom Bencha

   



17. Rekomendasi Air Terjun di Krabi

Masih di dalam kawasan Taman Nasional Khao Phanom Bencha apabila kamu terus berjalan menanjak mengikuti jalan setapak maka kamu akan disuguhi pemandangan hutan yang rindang dan Air terjun Huay To yang merupakan air terjun terbesar di provinsi Krabi. Air terjun ini memiliki lima tingkat aliran air dengan kolam besar di bawahnya, setiap harinya ada saja orang lokal sedang berenang di kolam dan bermain di puncak tertinggi air terjun tersebut. Apabila kamu membawa pakaian ganti tidak ada salahnya untuk basah-basahan di Air terjun Huay To untuk menikmati liburan kamu di Krabi.
Khao Phanombencha, huay to waterfall, krabi, phuket, thailand, travel, backpacking, air terjun
Air Terjun Huay To di Taman Nasional Khao Phanom Bencha, Krabi

   

18.  Bermain  Kayaking & Canoing di Ao Thalene Krabi

Salah satu aktivitas luar ruangan yang seru untuk dilakukan di Krabi tentu saja melakukan kayaking dan canoing di Ao Thalene Krabi. Dari tempat ini kamu dapat menikmati indahnya jajaran tebing karst yang menjulang, menikmati serunya mendayung kayak atau cano di sungai hingga menikmati rindangnya pepohonan bakau yang tumbuh subur di kedua sisi sungai.  
Khao Phanombencha, huay to waterfall, krabi, phuket, thailand, travel, backpacking, air terjun
Salah Satu Destinasi Wisata Alam di Krabi, kamu Bisa Menjelajahi Dengan Perahu Kano atau Kayak Disini
krabi to do list, krabi place to visit, tips ke krabi thailand, phi phi, cano di krabi, kayak di krabi, emerald pool, blue pool, sewa motor di krabi, wisata krabi, tiger caves, huay to waterfall
Canoing di Ao Thalene Krabi (photo courtesy azriernaidak.blogspot.my)

  



19. Rekomendasi Wisata Alam di Krabi

Pernah membayangkan betapa nikmatnya berendam di kolam alami dengan air yang bening dan berkilau bak kristal? Maka berkunjung ke Emerald Pool (sa Morakot) di provinsi Krabi bisa mewujudkan impian itu. Terletak di Khao Pra Bang Kram Wildlife Sanctuary di dikstrik Klong Thom Krabi kolam alami ini memiliki sumber air hangat yang mengalir secara alami dari hutan Khao Nor Chuchi di Krabi. Disini setiap pengunjung diperbolehkan untuk berenang namun tidak disarankan airnya untuk diminum karena airnya mengandung kalsium karbonat yang cukup tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan.

krabi to do list, krabi place to visit, tips ke krabi thailand, phi phi, cano di krabi, kayak di krabi, emerald pool, blue pool, sewa motor di krabi, wisata krabi, tiger caves, huay to waterfall
Blue Pool di Provinsi Krabi, Thailand (photo courtesy forum tripadvisor)

Apabila kamu berkunjung di kala cuaca cerah maka dapat menikmati refleksi sinar matahari yang berkilau di jernihnya air dan membuat warna air tersebut semakin berkilau bak kristal. Dikarenakan tempat ini begitu populer disarankan untuk mengunjunginya pada pagi hari karena apabila sudah terlalu siang maka tempat ini akan dipadati banyak orang baik penduduk lokal maupun turis khususnya di akhir pekan.



20. Naik Taksi/ Taksi Online

Taksi adalah salah satu transportasi umum yang terbilang cukup terjangkau argonya, bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan argo taksi di Indonesia. Saran kami kamu bisa menggunakan aplikasi Grab mengingat lebih aman dan murah karena kamu tidak perlu menawar harga ongkos taksi terlebih lagi tidak semua supir taksi bisa berbahasa Inggris. Pengalaman kami naik taksi di Krabi yaitu ketika dari pusat kota Krabi hendak menuju bandara internasional Krabi.



21. Angkutan umum Song Theaw

Di Thailand ada angkutan umum yang dikenal dengan nama Song Theaw. Bentuknya seperti angkot namun pintunya berada di belakang, bisa dibilang seperti mobil omprengan dengan kap penutup seperti yang ada di Indonesia. Untuk ongkosnya baru diberikan setelah kita mau turun dan akan dikenakan ongkos sesuai dengan seberapa jauh jaraknya. Setiap song theaw disini umumnya tertulis nomor angkutan atau tujuannya yang tertera di kaca bagian depan mobil song theaw.
Song Theaw yang bisa ditemukan di Krabi dan Phuket seperti ini

 Ada baiknya googling dulu lebih detail tentang nomor dan jalur song theaw ini apabila kamu hendak mencoba naik angkutan umum ini agar tidak tersesat kecuali kalau niat kamu memang untuk berkeliling tanpa tujuan yang pasti hitung-hitung mencari pengalaman hidup.  Untuk Songtheaw di Krabi sendiri paling banyak melayani rute di tengah kota Krabi ke terminal bus Krabi. Untuk destinasi yang cukup jauh seperti ke Ao Nang umumnya sangat jarang.



22. Angkutan Umum Tuk-Tuk di Krabi

Salah satu transportasi umum paling populer di Thailand yaitu tuk-tuk, sebuah kendaraan roda tiga seperti bajaj namun dengan tempat duduk untuk penumpang yang terbuka. Bagian tertutupnya hanya pada atap untuk melindungi penumpang dari hujan dan panas. Sebelum naik pastikan dulu kamu sudah sepakat dengan ongkosnya, jangan ragu untuk menawar jika harganya terlalu mahal.  Yang kami amati Tuk-tuk di Krabi tidak terlalu banyak, kalaupun ada umumnya bisa ditemukan di kawasan pantai Ao Nang dan dekat terminal bus Krabi.
Tuk-Tuk Service di Krabi, Thailand
Tuk-Tuk Service di Krabi, Thailand



23. Rekomendasi Tempat Kulineran di Krabi.

Tidak lengkap rasanya jika traveling tanpa dilengkapi dengan wisata kuliner  untuk mencicipi beragam jenis makanan maupun minuman yang khas yang berasal dari kota tersebut. Untuk di Krabi sendiri ada beragam jenis makanan dan kudapan yang nikmat untuk kamu coba yang dapat ditemui di pasar malam yang ada di pusat kota Krabi, Pasar muslim Krabi atau kedai dan restoran yang ada di sepanjang kawasan Noppharat Thara, Aonang dan Ao Pai   . Bagi kamu yang beragama muslim jangan khawatir karena di Krabi cukup mudah untuk menemukan menu halal berhubung di Thailand Selatan cukup banyak orang Thailand yang memeluk agama islam dan membuka warung yang menyajikan menu yang halal.
moslem in thailand, krabi, night market, street vendor, islam thailand, pasar malam, menu halal thailand
Salah Satu Penjaja Makanan Halal di Pasar Muslim Kota Krabi

Apabila kamu muslim yang hendak mencari makanan halal perhatikan dengan seksama tempat dimana kamu membeli makanan. Apabila kamu hendak makan pastikan di gerai makanan tersebut terdapat tulisan “no pork no lard” atau kamu dapat menanyakan langsung kepada penjualnya apabila tidak ada tulisan tersebut. Jika tidak ada tulisan tersebut ada baiknya mencari kedai lainnya. 
moslem in thailand, krabi, night market, street vendor, islam thailand, pasar malam, menu halal thailand
Salah Satu Penjaja Makanan Halal di Pasar Malam Kota Krabi
moslem in thailand, krabi, night market, street vendor, islam thailand, pasar malam, menu halal thailand
Penjaja Kue Yang Berjilbab Merah Jambu

Thailand terkenal dengan aneka kulinernya jadi luangkan waktumu untuk mencoba aneka masakan yang makanan yang ada baik yang kamu temukan di kedai restoran ternama atau di pinggir jalan yang ada di pasar malam dan tempat-tempat pariwisata. Untuk referensi makanan di Thailand bacalah artikel ini. 15 Kuliner Street food yang patut kamu coba saat traveling ke Thailand.
Suasana Pasar Malam di Pusat Kota Krabi, Thailand
Suasana Pasar Malam di Pusat Kota Krabi, Thailand

Suasana Pasar Malam di Pusat Kota Krabi, Thailand



24. Bahasa Sehari-hari di Thailand

Umumnya tulisan yang banyak kamu lihat saat berada di Thailand tentu saja aksara Thailand yang menyerupai tulisan jawa kuno honocoroko yang sulit dimengerti. Namun untungnya di kota-kota besar dan tempat pariwisata umumnya telah dilengkapi dengan bahasa inggris yang dapat kita baca dan mengerti. Untuk bahasa percakapan umumnya menggunakan bahasa Thailand dan English. Jika kamu tidak bisa berbahasa Inggris atau orang yang kamu temui tidak bisa bahasa Inggris maka pergunakanlah bahasa tubuh yang dilengkapi dengan tulisan agar bisa menjalin komunikasi yang baik. Dan selalu ingat tersenyum yang merupakan bahasa universal yang dapat dimengerti oleh semua bangsa.
haadyai, hatyai, thailand, south thailand, songtheaw, temple, backpacking thailand, kota hatyai, hatyai railway station, stasiun hatyai
Aksara Thailand yang umumnya akan kita lihat di sebagian besar fasilitas publik

25. Etika Berpakaian

Ketika kamu berkunjung ke Krabi Thailand di hari dimana kamu berencana ke Tiger Caves sebaiknya kenakan pakaian yang sopan saat mengunjungi kuil tesebut sebagai bentuk menghormati dan menghargai umat Buddha yang sedang beribadah di tempat itu. Untuk beberapa kuil sebelum masuk umumnya tanggalkan alas kaki untuk menjaga kebersihan dan sebagai bentuk penghormatan terhadap tempat ibadah yang kita singgahi.
krabi, tiger caves, wat tham sua, karst, temple, thailand, phuket, asean, asia, south east asia, backpacking, travel, buddha
Patung Buddha Bersila di Puncak Bukit Krabi, Thailand
krabi, tiger caves, wat tham sua, karst, temple, thailand, phuket, asean, asia, south east asia, backpacking, travel
Pintu Gerbang Menuju Kuil Tiger Caves di Puncak Bukit Krabi, Thailand
 Sedangkan jika kamu berkunjung ke tempat seperti pantai disini kamu bebas menggunakan pakaian apa saja. Mau yang tertutup atau terbuka bebas tidak akan ada orang yang melarang.
krabi, tiger caves, wat tham sua, karst, temple, thailand, phuket, asean, asia, south east asia, backpacking, travel
Pemandangan Yang Tersaji di Puncak Bukit Krabi di Wat Tham Sua



26. Cuaca di Krabi

Di Krabi Thailand memiliki cuaca yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia yaitu ada musim hujan dan musim kemarau. Dari pengalaman kami bulan agustus hingga oktober peluang hujan lebih tinggi dibanding bulan lain. Ketika kamu berkunjung pertama kali bulan Desember cuaca sangat bagus dan cerah, namun di kedatangan kedua kami pada bulan Agustus dalam satu hari kondisinya hujan dan berawan. Jadi carilah informasi mengenai prakiraan cuaca di tanggal keberangkatan kamu serta kota tujuan kamu agar dapat mempersiapkan pakaian yang sesuai.
krabi, tiger caves, wat tham sua, karst, temple, thailand, phuket, asean, asia, south east asia, backpacking, travel
Kondisi langit di Krabi ketika kami tiba di bulan Desember umumnya berawan. Sesekali cerah dan hujan ringan





27.Mengikuti Open Trip di Krabi

Salah satu kelebihan di Krabi Thailand mereka mengemas sebuah paket tur dengan sangat baik yaitu dengan banyaknya paket perjalanan open trip. Open trip disini yaitu paket perjalanan dengan jadwal regular ke sebuah destinasi populer dengan konsep biaya sharing cost sehingga umumnya harga paketnya lebih terjangkau. Jadi kita tidak perlu menyewa kendaraan sendiri atau pemandu untuk membawa kita ke sebuah destinasi melainkan kita akan bergabung dengan peserta trip lain dari berbagai negara. Selain harganya lebih murah juga kita bisa berkenalan dan menambah teman baru dari berbagai negara. Untuk memesan open trip ke sebuah destinasi kami rekomendasikan belilah di hostel, penginapan kamu atau agen perjalanan terpercaya.

Open trip yang dapat kamu coba ketika berada di Krabi yaitu bermain kayaking & canoing di Ao Thalene Krabi, hopping island ke beberapa pantai di Krabi dari pantai Ao Nang, Open Trip untuk hopping island ke Phi Phi Island dan sekitarnya serta open trip ke  Emerald Pool (sa Morakot) yang terletak di Khao Pra Bang Kram Wildlife Sanctuary Krabi.
Open Trip Di Krabi umumnya menggunakan Minivan seperti ini

Mekanisme untuk mengikuti open trip ini yaitu terlebih dahulu tentukan tujuan dan tanggal keberangkatan dari paket perjalanan yang hendak kamu beli. Kamu bisa membeli tiket atau paket perjalanan di agen perjalanan baik yang ada di pinggir jalan maupun dari penginapan kamu menginap. Pada saat membeli paket perjalanan tersebut pastikan kamu menerima bukti pembayaran dan nama serta biodata kamu dicatat dengan benar seperti nama, nomer telpon yang bisa dihubungi serta alamat tempat menginap untuk penjemputan saat tour berlangsung.

Nanti di hari H akan ada seseorang yang akan menjemput di hotel tempat kamu menginap sesuai dengan waktu perjanjian, maka pastikan kamu tidak telat ketika hendak dijemput agar perjalanan open trip berjalan lancar. Nanti di perjalanan open trip ini kamu akan bertemu dengan banyak orang dari bebagai negara yang tergabung dalam trip yang sama. Berbaurlah dan menjadi teman agar perjalanan open trip kamu bisa lebih menyenangkan.





28. Sewa motor di Krabi

Menyewa sepeda motor di Krabi selain murah juga merupakan salah satu cara paling menyenangkan untuk menjelajah Krabi khususnya bagi kamu yang bisa naik motor. Dengan motor kamu bisa keliling kota Krabi untuk melihat kehidupan masyarakat lokal lebih dekat hingga menjelajah ke pinggir kota tempat dimana kamu bisa menikmati hamparan tebing karst yang menjulang dengan indah hingga perkebunan karet dan kelapa.
Khao Phanombencha, huay to waterfall, krabi, phuket, thailand, travel, backpacking, air terjun
Perjalanan Menjelajahi Krabi Dengan Sepeda Motor Sewaan
Noppharat Thara Beach, Ao Nang Beach, Pantai, Sunset, Senja, Krabi, Thailand, Phuket, Backpacking, travel, south east asia
Perjalanan Dengan Sepeda Motor Sewaan Dari Kota Krabi Menuju Pantai Ao Nang & Noppharat Thara
Sewa Motor di Krabi Thailand

Pengalaman kami sewa motor di Krabi Thailand cukup mudah kamu hanya menyerahkan paspor atau ID card sebagai jaminan dan uang sewa motor yang berkisar mulai dari 200 bath tergantung dari tipe sepeda motor yang kamu sewa. Umumnya sewa motor tidak termasuk bensin jadi kamu perlu mengisi bensin sendiri yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Sewa motor cocok untuk kamu yang berjiwa petualang dan berani nyasar karena ketika menjelajah ke sebuah tempat atau destinasi kamu hanya mengandalkan peta dan insting pejalan.



29. Paket Internet dan nomer lokal Thailand

Ketika pertama kali saya ke Thailand saya hanya memanfaatkan free wifi yang diperoleh di penginapan atau fasilitas umum dan tidak membeli paket internet disana dengan alasan ingin menikmati menjelajah Phuket dibanding sibuk bermain gadget (baca: padahal budget terbatas hehe). Namun pada saat kedua kalinya ke Krabi Thailand akhirnya saya membeli kartu sim card lokal untuk keperluan agar bisa dihubungi ketika mengikuti open trip. Sim Card lokal dapat di beli di minimarket seperti 711 atau di kedai seluler yang ada di pinggir jalan. Belilah paket data sesuai kebutuhan dan minta tolonglah penjaga toko/ minimarket itu untuk mengaktifkan data kamu. Pengalaman kami pakai Dtac yang paket untuk turis sudah lebih dari cukup untuk berinternetan di Thailand.
"Selingan iklan"
Telah Terbit Buku Karya Saya Yang Berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina.
Telah terbit buku karya saya yang berjudul Overland. Penasaran bagaimana Trilogy buku ini? Baca Sinopsis lengkapnya disini : Buku Trilogy Overland - Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Sebuah memoar perjalanan jalur darat melintasi perbatasan 13 negara Asia Tenggara dan Daratan Cina.
Untuk teman-teman yang mau order atau tanya informasi detailnya boleh direct whatsapp ya +6287887874709. Bisa juga DM Instagram @travelographers,  beli di website Leutikaprio atau di link marketplace ini ya.
* Tokopedia
* Shopee
* Bukalapak





30. Wisata Belanja & Oleh-Oleh di Krabi

Salah satu budaya orang Indonesia kurang lengkap rasanya apabila tidak berbelanja di negeri Thailand dan membawa oleh-oleh ketika pulang. Untuk mencari oleh-oleh di Krabi saya sarankan belilah di pasar malam yang ada di kota Krabi atau di kawasan Pantai Ao Nang. Apabila kamu membeli di pasar malam jangan ragu untuk menawar dan membandingkan terlebih dahulu dengan penjual lainnya agar mendapatkan gambaran harga pasarnya sehingga kita bisa mendapatkan harga terbaik. Sebelum membeli oleh-oleh atau barang yang kamu incar ada baiknya persiapkan kalkulator kecil di handphone atau kertas dan pulpen yang dapat kamu gunakan sebagai media untuk tawar menawar mengingat banyak penjual di Thailand yang tidak bisa berbahasa Inggris.
Sederetan penjual souvenir di sekitar Pantai Ao Nang, Krabi Thailand
Sederetan penjual souvenir di sekitar Pantai Ao Nang, Krabi Thailand
krabi to do list, krabi place to visit, tips ke krabi thailand, phi phi, cano di krabi, kayak di krabi, emerald pool, blue pool, sewa motor di krabi, wisata krabi, tiger caves, huay to waterfall
Sederetan Cafe dan penjual souvenir di Pesisir Pantai Ao Nang Krabi, Thailand


 Semoga tips jalan-jalan liburan untuk kamu yang hendak ke Krabi Thailand bermanfaat.  Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang destinasi wisata di Krabi Thailand yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini. Salam Pejalan.

Baca Artikel Tentang Thailand lainnya disini
           #Cross Border : Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Hatyai Thailand Selatan

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.

1 comment:

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.