Wednesday, May 23, 2012

Kring Kring, Asyiknya Bersepeda Berkeliling Kota Tua Jakarta



 Sebuah kota yang dahulunya bernama Batavia dan Jayakarta ini, kini telah menjelma menjadi sebuah kota besar Megapolitan yang terus tumbuh mengikuti perkembangan modernisasi. Perubahan wajah kota tampak diberbagai sudut kota dengan begitu pesatnya pembangunan gedung-gedung baru yang mewarnai kota ini.  Meskipun demikian kota ini masih menyimpan bangunan kuno yang eksotis berikut adat istiadat dan budaya yang kental sebagai peninggalan sejarah yang menjadi saksi bisu perkembangan kota Jakarta.
Salah satu tempat yang menyimpan bangunan kuno tersebut yang menjadi cagar budaya kota Jakarta dan tempat berwisata baik wisatawan domestik maupun mancanegara yaitu Kawasan kota tua Jakarta. Lokasinya yang mudah diakses dan berada dijantung kota menjadikan tempat ini salah satu lokasi favorit untuk dikunjungi. Ada beberapa cara untuk mencapai tempat ini yaitu bisa dengan Bus Transjakarta (Busway) Koridor 1 tujuan Jakarta Kota atau dapat dicapai dengan kereta api dan commuter KRL tujuan Setasiun Jakarta Kota Beos.
Untuk berkeliling kota tua Jakarta dapat dinikmati dengan mengowes sepeda, untuk pengunjung yang tidak membawa sepeda jangan khawatir karena disana terdapat tempat penyewaan sepeda dengan jenis ontel yang telah dicat beraneka warna dan sepeda tandem yang dapat sewa dengan kisaran harga 20ribu per jamnya. Khusus sepeda ontel harga sewa tersebut sudah termasuk asesoris topi khas tempo dulu yang bagus untuk berphoto bak Sinyo dan Noni Belanda.

Dikawasan ini terdapat berbagai bangunan tua peninggalan jaman kolonial belanda yang masih berdiri tegak ditengah maraknya pembangunan gedung baru. Beberapa bangunan diantaranya telah mengalami perubahan fungsi dari sebelumnya gedung pemerintahan atau perkantoran menjadi museum atau bangunan kosong yang didalamnya tersimpan berbagai macam barang peninggalan dan ruangan yang memiliki nilai historis.
Kota Tua terbagi dalam lima zona diantaranya yaitu zona pertama meliputi kawasan Sunda Kelapa, zona kedua sekitar Taman Fatahillah, zona ketiga meliputi kawasan Pecinan, zona keempat daerah Pekojan dan zona kelima zona pengembangan. Wisata Kota Tua Jakarta untuk zona Taman Fatahillah yang merupakan salah satu ikon kota tua Jakarta dapat dimulai dengan menelusuri bangunan setasiun kota tua yang begitu khas.
Tepat berada diseberang halte busway Jakarta Kota terdapat Museum Bank Mandiri yang memiliki koleksi uang kertas dan uang koin dari berbagai masa ke masa serta sejarah dari penggunaan mata uang dan alat transaksi tersebut di Indonesia. Zona/ kawasan Fatahillah memiliki museum dan bangunan bersejarah lainnya yang letaknya berdekatan diantaranya Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Seni rupa, Gedung Merah, Galangan VOC, Museum Bahari, Menara Syahbandar, Benteng Pagar Batas Istana Jayakarta dan Jembatan Kota Intan serta bangunan lain yang terletak dikawasan ini.
Ditengah perkembangan dan modernisasi kota Jakarta dengan  bangunan baru yang terus berdiri semakin terus menggerus keberadaan bangunan lama. Bangunan tua tersebut yang terus termakan usia akan semakin memperihatinkan kondisinya jika tidak mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah dan tentunya peran masyarakat untuk bersama-sama menjaga cagar budaya.
Kondisinya diperburuk dengan pedagang kaki lima serta parkiran yang kurang tertata dengan baik. Belum lagi dengan perilaku pengunjung yang kurang kesadaran menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan yang dapat mengurangi kenyamanan dan keindahan kawasan kota tua Jakarta. Andai saja pengelolaan dan perawatan kota tua ini sebaik negara lain, tentunya potensi wisata kota tua Jakarta dapat dioptimalkan untuk lebih menarik wisatawan khususnya turis asing dan menjadi sebuah primadona dan ikon pariwisata kota Jakarta.

Follow me on twitter : @travelographers


 

 

3 comments:

  1. hmm dulu aku juka banget bersepeda kak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepeda roda dua atau empat? *eeh hehehe
      terima kasih mas azis sudah mampir.

      Delete
  2. wahhh jadi rindu bersepeda nihh, terakhir bersepeda waktu masi smp

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.