Tuesday, May 8, 2012

Jamur yang Berkilau di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Gunung Halimun Salak, Sukabumi

Di daerah Sukabumi terdapat sebuah Taman Nasional yang merupakan kawasan konservasi yang dilindungi, didalamnya terkandung keanekaragaman hayati yang beberapa jenis flora dan fauna yang langka dan dilindungi, beberapa diantaranya adalah owa jawa, macan tutul jawa dan elang jawa. Untuk mencapai lokasi taman nasional ini dapat melalui Bogor atau Sukabumi menuju Parungkuda kemudian ke arah Kabandungan dengan jarak sekitar 50 km. Alternatif lain yaitu melalui Bogor-Cisangku atau Rangkasbitung,Bayah menuju Ciparay.

Selain sebagai tempat pariwisata alam yang sangat menarik, karena memiliki obyek wisata dan daya tarik alam yang dimilikinya, tempat ini juga dijadikan penelitian beberapa jenis satwa khususnya jenis burung.  Keheningan hutan dengan kicauan burung yang bertengger diatas pepohonan tentunya menjadi daya tarik dan menjadi obyek pengamatan satwa yang menarik untuk diteliti.

Dahulunya terdapat fasilitas canopy trail di Cikaniki yaitu sebuh jembatan yang dibuat melintang diatas pepohonan yang tinggi guna keperluan penelitian tersebut, kini jembatan tersebut sudah tidak dapat dilewati lagi untuk alasan keamanan dikarenakan jembatan tersebut sudah tidak layak lagi untuk dilewati. Hal ini disebabkan karena pihak taman nasional kekurangan dana untuk melakukan perawatan terhadap beberapa fasilitas didalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang tentunya mengharapkan perhatian lebih dari pemerintah pusat atau setempat untuk pengelolaan , perawatan dan keperluan operasional lainnya.

Canopy Trail
Salah satu ikon untuk jenis flora ditaman nasional ini yaitu jamur yang dapat berkilau menyala dalam kegelapan, atau lebih sering disebut jamur glow in the dark. Dalam malam yang menggulita di sekitar stasiun penelitian Cikaniki Taman Nasional Gunung Halimun Salak dapat kita temui sekumpulan jamur yang berkilauan dalam kegelapan, untuk mengetahui tempat tumbuhnya jamur ini, tentunya diperlukan rangers/ guide dari taman nasional selain untuk faktor keamanan dan prosedur tentunya untuk menunjukan jalan dan tempat menuju habitat jamur tersebut tumbuh mengingat untuk dapat melihat jamur tersebut hanya ditengah kegelapan malam.

Sekumpulan jamur tersebut memendarkan cahaya kehijauan laksana kunang-kunang di malam hari yang terlihat begitu cantiknya yang tentunya akan memberikan pengalaman menarik untuk setiap pengunjung yang bermalam di taman nasional ini.

Ada Beberapa objek yang menarik untuk dikunjungi di kawasan Taman nasional ini diantaranya Cikaniki dan Citalahab yaitu melihat canopy trail tempat pengamatan flora dan satwa, menjelajahi hutan dan pendakian gunung halimun, Perkebunan the nirmala, Candi tua Cibedug yang merupakan candi dari zaman megalitik yang terletak sekitar 8 km dari Desa Citorek serta air terjun yang disebut curug diantaranya Curug Cimantaja, Curug Piit, Curug Cipamulaan, Curug Cihanyawar dan Curug Citangkolo.
Curug Macan

Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini juga merupakan tempat tinggal asli dari beberapa penduduk pedalaman  masyarakat tradisional adat diantaranya dari  Kasepuhan Banten Kidul dan penduduk pedalaman Baduy. Untuk melihat atraksi budaya di sekitar taman nasional ini dapat berkunjung di sekitar bulan juli yang terdapat upacara Seren yang diselenggarakan di Kasepuhan Banten kidul dengan pagelaran kesenian tradisional khas sunda seperti debus, angkung serta pagelaran seni lainnya. Untuk masyarakat suku baduy  terdiri dari Baduy dalam dan Baduy luar yang  dikenal memiliki tradisi dan pola kehidupan yang harmonis dengan alam yaitu masyarakat yang memiliki pola kehidupan sangat unik dalam kearifannya memanfaatkan dan mengelola kawasan hutan disekelilingnya selama puluhan tahun.



Pemandangan Disekitar Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Dengan lokasinya yang tak jauh dari kota besar Jakarta dan Bandung, tentunya taman nasional ini bisa jadi salah satu pilihan sebagai tempat berpetualang khususnya melihat keindahan jamur yang glow in the dark yang jarang dapat dijumpai ditempat lain selain dikawasan ini. Siap untuk gelap-gelapan bersama jamur yang bercahaya? Taman Nasional Gunung Halimun Salak sudah menanti kunjungan anda.

Follow me on twitter : @travelographers


No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.