Friday, March 11, 2016

Menjajal Canggihnya Kereta Peluru KTX Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Singapura


Kereta Peluru KTX Buatan Korea (courtesy)

Di atas rangkaian jalur besi yang menghubungkan Kuala Lumpur Malaysia dengan Singapura, kereta cepat express KTX buatan The Korea Rail Network Authority (KRNA) mulai bersiap melaju meninggalkan keramaian Kuala Lumpur, ibu kota Malaysia. Kibaran bendera hijau dan bunyi pluit panjang dari salah satu pertugas stasiun melengking pertanda kereta segera berangkat. Setiap penumpang yang naik sudah duduk tertib pada nomer kursi yang sesuai dengan yang tertara pada tiket masing-masing. Tak lama kemudian keretapun secara perlahan mulai bergerak maju.
Aku memilih duduk di tepi sebelah jendela, tempat favoritku dalam setiap perjalanan apapun moda transportasinya. Pemandangan dari balik jendela kaca gerbong kereta peluru KTX silih berganti, berkelabat seiring laju kereta. Tiang-tiang listrik, pepohonan dan bangunan-bangunan yang berada di sisi jalur kereta mulai tampak berlari dan menghilang ditelan laju kereta yang melaju dengan kencangnya, kereta melesat bak peluru yang dilepaskan dari sebuah larasnya. Rasanya seperti itulah bayanganku ketika menjajal simulasi teknologi Korea Train Express yang disajikan di sinema 4 dimensi yang dapat dinikmati semua orang di eksibisi Korea Train Express KTX  di Nu Central, Kuala Lumpur Malaysia.
Tiket Kereta Cepat KTX
Di era dunia yang borderless dan negara Malaysia yang terus berkembang membuat Pemerintah Malaysia bekerja sama dengan Singapura untuk membangun jaringan kereta cepat High Speed rail (HSR) pertama di Asia Tenggara, menghubungkan beberapa kota dan memajukan daerah baru yang akan dilalui kereta cepat ini.  Jaringan kereta cepat Kuala Lumpur ke Singapura ini adalah satu dari Entry Point Projects (EPPs) yang diklaim dapat mengembangkan pertumbuhan perekonomian yang dinamis di ibu kota Malaysia serta meningkatkan daya saing kota Kuala Lumpur.
Cerita sukses Korea Selatan membangun infrastruktur jaringan kereta cepat yang dikenal dengan nama KTX kini dibawa oleh Malaysia untuk diimplementasikan di negeri ini. Pengalaman KTX membangun high-speed rail (HSR) menghubungkan kota Seoul ke Gwangju, Seoul ke Busan dan Gwangju ke bagian barat daya negeri Ginseng menjadi salah satu bukti bahwa teknologi kereta cepat yang dikembangkan Korea Selatan dapat bersaing dengan teknologi serupa yang dikembangkan Jepang, China, Prancis, Spanyol dan Jerman.
Peta Jaringan Kereta KTX di Seluruh Dunia
 Salah satu pertimbangan dibangunnya jaringan kereta cepat ini adalah betapa besarnya kebutuhan mobilitas penumpang dari Kuala Lumpur ke Singapura dan sebaliknya, hal ini diamini oleh begitu banyaknya jadwal penerbangan pesawat setiap harinya dan menjadi salah satu jalur penerbangan tersibuk dan terbanyak di Malaysia. Kebutuhan ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan para pelaku bisnis juga untuk memudahkan mobilisasi para wisatawan mengingat betapa besarnya jumlah kunjungan turis mancanegara yang berkunjung ke dua negara ini, Singapura dan Malaysia. 

Kota Kuala Lumpur
Singapura
Kondisi saat ini transporatasi umum yang menghubungkan Kuala Lumpur dan Singapura selain dengan pesawat terbang yang membutuhkan waktu sekitar 1 jam terdapat banyak jadwal keberangkatan bus serta beberapa kereta api sampai ke Johor Baru, sebuah kota yang berbatasan langsung dengan Singapura. Jarak tempuh yang dibutuhkan melalui jalur darat yaitu sekitar 5 sampai 8 jam, namun dengan adanya kereta cepat ini kelak hanya membutuhkan waktu sekitar 90 menit saja. Ketika waktu begitu berharga maka dimasa yang akan datang kelak transportasi kereta cepat ini akan memiliki prospek bisnis yang luar biasa dan membantu banyak orang untuk memudahkan mobilisasi di kedua negara ini.
Eksibisi Korea Train Express di Nu Central Kuala Lumpur rencananya diadakan selama 1 tahun ini dibuat dalam rangka untuk mensosialisasikan pembangunan kereta cepat yang menghubungkan 2 negara yaitu Malaysia dan Singapura yang akan dibangun oleh kontraktor dari Korea Selatan. Setiap orang yang datang bisa melihat secara langsung bagaimana canggihnya teknologi Korea Train Express KTX serta berbagai pengetahuan dan informasi terkait project kereta cepat Kuala Lumpur ke Singapura di tempat ini. Untuk setiap pengunjung yang berminat menjajal simulasi kereta cepat ini dapat juga mendaftarkan diri secara gratis untuk masuk ke Theater 4 Dimensinya. Lokasi pameran ini terletak di lantai 1 Nu Sentral pada Lot 08 dan 09, selemparan batu dari stasiun pertukaran terbesar di Kuala Lumpur, KL Sentral.
Suasana Eksibisi Korea Train Express di Nu Central, Kuala Lumpur
Setiap harinya ada beberapa kali jadwal pertunjukan teknologi kereta cepat Korea yang dapat kamu nikmati di Theater 4 Dimensinya dengan kapasitas 6 orang perjadwalnya. Sambil menunggu jadwal pertunjukan kamu dapat mempelajari banyak hal yang dipaparkan di dinding informasi tentang terknologi KTX di Korea Selatan. Informasi yang diberikan tidak hanya berupa display poster saja namun juga terdapat beberapa video yang dapat kamu nikmati untuk menambah wawasan kamu tentang terknologi kereta cepat KTX. Ada juga layar interaktif yang dapat kamu coba untuk mendapatkan pengetahuan bagaimana teknologi konstruksi, system kereta cepat, rolling stock serta pembangunan stasiun kereta cepat dibuat. Tidak hanya itu di layar interaktif tersebut kita juga bisa mengetahui lebih detil kota dan destinasi mana saja yang akan dilalui kereta cepat yang menghubungkan Kuala Lumpur dan Singapura ini. 
Layar Interaktif Dan Informasi Tentang KTX Di Malaysia
Beberapa Pengunjung Yang Sedang Mencoba Layar Interaktif Untuk Menggali Informasi Tentang KTX Di Malaysia
Beberapa Pengunjung Yang Sedang Mencoba Layar Interaktif Untuk Menggali Informasi Tentang KTX Di Malaysia

Beberapa Pengunjung Yang Sedang Mencoba Layar Interaktif Untuk Menggali Informasi Tentang KTX Di Malaysia
Berdasarkan layar interaktif tersebut dapat kita ketahui jaringan kereta cepat Kuala Lumpur- Singapura ini akan berhenti di beberapa kota yaitu Kuala Lumpur, Seremban, Ayer Keroh Melaka, Muar, Batu Pahat, Iskandar Region Johor Bahru Malaysia dan Jurong Singapura. Tentunya dengan beroperasinya kereta cepat ini kelak dapat memangkas waktu perjalanan darat untuk menuju kota tersebut serta menunjang pertumbuhan perekonomian di daerah yang dilewati jaringan kerta cepat ini.
Layar Interaktif Yang Berisi Informasi Stasiun dan Kota Yang Akan Dilewati Kereta Cepat KTX
Tidak hanya itu di Eksibisi ini kamu juga dapat menjajal simulasi interaktif bagaimana kereta cepat melaju dari sudut masinis yang mengoperasikan kereta cepat. Ada beberapa panel sederhana di ruang kontol kemudi kereta cepat yang dapat sedikit menggambarkan bagaimana kereta ini dapat melaju dan dioperasikan. Pada saat saya mencoba mengoperasikan alat simulasi ini sistem menggambarkan kereta cepat KTX melaju dari Kuala Lumpur sampai ke stasiun Seremban, salah satu jalur yang akan dibangun di Malaysia.
Beberapa Pengunjung Yang Tertarik Mencoba Simulasi Mengemudikan Kereta Cepat KTX

Seorang Pengunjung Yang Sedang Mencoba Simulasi Mengemudikan Kereta Cepat KTX
Dan highlights dari eksibisi ini tentu saja masuk ke dalam theater 4 Dimensinya yang didalamnya kita dapat melihat video tentang teknologi kereta cepat KTX di Korea Selatan dan pengalaman naik kereta cepat tersebut. Sebelum masuk setiap penumpang akan diberikan karcis sebagai tanda masuk penumpang dengan kartu yang menyerupai karcis penumpang sesungguhnya. Kemudian di pintu masuk petugas akan memberikan kacamata 3 dimensi untuk memberikan sensasi menikmati visual secara lebih nyata. Setiap orang boleh memilih tempat duduk yang telah disediakan kemudian duduk dengan tertib sambil menikmati sajian informasi yang dipaparkan dilayar. Sesekali kursi akan bergoyang seirama dengan efek audio dan visual yang ditampilkan sehingga memberikan kesan nyata. Begitu juga dengan efek hembusan angin setiap kali kereta melaju dengan cepat yang menghadirkan sensasi pengalaman yang menyenangkan ketika merasakan naik ke dalam kereta cepat KTX.
Tiket KTX Untuk Mencoba Simulasi Kereta KTX di Dalam Theater 4 Dimensi
Suasana Di Dalam Theater 4 Dimensi Yang Memberikan Sensasi Nyata Mengendari Kereta Cepat KTX

Setiap Orang Yang Masuk Ke Eksibisi ini Bisa Mengisi Buku Tamu Secara Digital Untuk Memberikan Testimoni Atau Harapan Mengenai Project Kereta Cepat KTX
Eksibisi ini diadakan dengan tujuan untuk mensosialisasikan teknologi kereta cepat KTX yang akan dibangun di Malaysia kepada pengunjung lokal agar dapat melihat sendiri bagaimana orang dapat terhubung dengan cara yang lebih cepat, aman dan lebih nyaman. Dijadwalkan kereta cepat ini ditargetkan akan selesai dibangun dan di mulai beroperasi pada tahun 2022.  Lalu bagaimana dengan nasib kereta cepat di Indonesia yang masih pro dan kontra? Masih jamankah kita terlalu sibuk bertengkar dan mudah diadu domba oleh segelintir kepentingan dibandingkan secara bersama-sama membangun negeri seperti halnya kedua negara tetangga kita ini? Sederhananya yang baik untuk kemajuan bangsa kita dukung yang salah kita koreksi bersama-sama. Salam roker! (ROmbongan KEReta –red).

Follow my instagram @travelographers , twitter account @travelographers 
 and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)


Baca artikel lain terkait mengenai perjalanan dengan kereta api :
Mengintip Moda Transportasi Kereta Api di China  
Pengalaman Naik Kereta ETS Gold Dari Kuala Lumpur ke Kota Ipoh, Malaysia
Kereta Cepat ETS Platinum Dari Butterworth Penang ke Kuala Lumpur, Malaysia
Perjalanan Kilat Dengan Kereta Peluru Dari Guangzhou ke Shenzhen, China 
Menjajal Canggihnya Kereta Peluru KTX Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Singapura 

3 comments:

  1. saingan Kereta cepat JKT-BDG berarti...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas fajar, semua negara besar dan berkembang kini trend nya mau membangun transportasi umum yang nyaman dan aman untuk semua warna nya. hehe

      Delete
  2. Kak, ada boleh bagi panduan backpack k Malaysia - Singapura buat pemula tak...:)
    Mohon skalian itinerary nya juga...
    muhkzihajj@gmail.com

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.