Tuesday, August 6, 2013

3 Tips Merencanakan Keliling Dunia Dengan Kereta Api


Kereta Super Cepat Shinkanshen di Jepang
 Overlanding is the most interesting way to get around, and no global trip would be complete without at least one segment. Bener banget nih!, Ucapku membatin ketika membaca sepenggal kalimat yang saya temukan di salah satu buku Rough Guide tentang rencana perjalanan untuk keliling dunia.

Dalam perjalanan, terkadang kita tidak memiliki pilihan moda transportasi lain untuk mengunjungi suatu daerah yang kita tuju karena tempat tersebut hanya dapat dicapai melalui jalur darat baik dengan kendaraan bermotor maupun kereta api. Kereta api umumnya menjadi pilihan yang menarik selain jarak tempuh yang lebih cepat, moda transportasi yang lebih nyaman serta memiliki tingkat keselamatan yang lebih baik dibanding moda transportasi darat lain.

Kecintaanku akan kereta api semua berawal dari kebiasaan pulang ke kampung halaman sejak kecil yang merupakan salah satu tradisi yang telah mengakar di tengah kehidupan masyarakat di negara kita. Dalam Konteks perjalanan, aku lebih memilih untuk menjelajah suatu tempat melalui jalur darat baik dengan bus maupun kereta api. Selain lebih murah perjalanan melalui jalur darat khususnya kereta api dapat memberikan pengalaman membaur dengan penduduk setempat dan menyatu didalamnya.  

Stasiun Kereta Hanoi di Pagi Hari
 Menurutku, kenikmatan dengan menggunakan moda transportasi kereta api, yaitu ketika kita dapat merasakan denyut kehidupan dalam gerbong kereta khususnya kereta ekonomi yang begitu merakyat. Menikmati pemandangan dari balik jendela kaca diatas kereta yang melaju cepat juga menjadi suatu kenikmatan tersendiri, hamparan hijau persawahan disekitar perbukitan maupun pegunungan bahkan menikmati hamparan laut yang luas dengan nyiur melambai tentunya memberikan kesan yang tak terlupakan.
 
Suasana Stasiun Kereta di Hatyai, Thailand Selatan

Di mulai dari suka naik kereta api di negeri sendiri, maka ketika menjelajah negeri orangpun aku akan berusaha untuk menggunakan moda transportasi ini untuk merasakan sensasi membaur dengan penduduk setempat. Dari dalam dalam gerbong ini kehidupan suatu negara tercermin, mulai dari alam, sosial, budaya, ekonomi hingga berbagai aspek lain dapat kita cermati dan temui sepanjang perjalanan.
Suasana Gerbong Kereta kelas Ekonomi di China
 Bagi kamu yang juga memiliki ketertarikan yang sama dengan saya yaitu berpergian dengan kereta api dan memiliki rencana untuk menjajal moda transportasi ini di negara yang akan anda kunjungi, Berikut beberapa tips dalam merencanakan menggunakan Kereta Api dinegara yang kita tuju

  1. Lengkapi informasi mengenai kondisi moda transportasi di negara yang akan anda tuju, salah satunya dapat anda peroleh melalui website Man Who Seat in 61.  Didalam website ini anda dapat menemukan informasi mulai dari bagaimana cara membeli tiket,  bagaimana mengecek jadwal keberangkatan beserta harganya serta beberapa tips berguna lainnya. 
  2. Gali lebih dalam informasi melalui website resmi operator kereta api di tempat yang kita tuju, sebagai contoh misalkan ingin menjelajah eropa anda dapat mengujungi website Rail Europe  sebagai referensi, untuk anda yang berencana menjelajah china anda dapat mengunjungi website China Train Guide , bagi anda yang berencana menjelajah Jepang dengan kereta Shinkansen anda dapat menggali informasi pada website Shinkansen dan untuk negara lainnya ada dapat melakukan pencarian disesuaikan dengan negara yang anda tuju.  
  3. Pelajari peta jaringan kereta di negara dan pelajari mengenai jarak dan rutenya. Untuk peta ini anda dapat unduh di mesin pencari atau di website resmi operator kereta api di kota atau negara yang anda tuju.
Peta Jaringan Jalur Kereta Api di China (courtesy: china-tour.cn)
Dengan perencanaan yang matang dan telah mempelajari moda transportasi Kereta Api dinegara yang kita tuju tentunya akan memudahkan kita disaat mencoba secara langsung. Diantara kamu ada yang memiliki pengalaman seru dengan kereta api disuatu kota atau negara tertentu? Atau memiliki tips lain untuk merencanakan perjalanan dengan kereta api? Kita dapat saling berbagi disini.



Follow my Instagram & Twitter account : @travelographers


Baca artikel lain terkait mengenai perjalanan dengan kereta api :




9 comments:

  1. Kalo di itung budget murahan naik pesawat atau kereta kak ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dihitung dengan harga normal (bukan tiket promo), naik kereta umumnya lebih murah.. harga tiketnya lebih stabil dan waktunya lebih flexible.

      Delete
  2. Paling seneng memang kalau traveling naik kereta :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mas.. bisa menikmati perjalanan dari balik jendela kereta dan melihat kehidupan masyarakat setempat didalam gerbong..

      Delete
  3. Gabung bersama di poker online bersahabat
    Kenapa memilih Epen Poker?
    1 .Kami memiliki Banyak hadiah
    2 .Op 7x24jam Siap melayani Anda dengan ramah dan proffesional
    3 .Proses wd Depo Super cepat
    4 .Dapatkan juga bonus refferal dari kami
    5 .Player Vs Player tidak ada robot
    6 .Bisa dimainkan di perangkat ios maupun android
    7 .Bonus New member 10%
    8 .Bonus share like FB
    9 .Bonus TO(turn Over) Mingguan Syarat&ketentuan berlaku
    10.Jumlah refferal tidak dibatasi
    11.5 game dalam 1 id
    12.Bisa dimainkan di laptop tanpa harus download
    Indo lengkap lsg saja klik Daftar dan kunjungi web kami
    poker online

    ReplyDelete
  4. Info terbaik....tp msia perlu visa utk ke china...susah mohon..

    ReplyDelete
  5. Tips yang sangat berguna. Btw, apakah semua negara ada transpotasi ini? Maksudku Kalo lintas negara untuk Asia, apakah ada jalur kereta kek gini? Ataukah sambung pesawat trus KA lagi, gitu?terimakasih salam kenal

    ReplyDelete
  6. pengalaman kami overland lewat perbatasan negara dengan kereta api hanya negara cambodia dan laos saja yang belum ada kereta api. untuk negara asean lainnya sudah ada jalur kerata api dan sebagian sudah saling terkoneksi antar negara bahkan bisa sampai eropa. sebagain lain harus nyambung bus dulu.

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.