Monday, September 16, 2013

Mengintip Moda Transportasi Kereta Api di China


Salah Satu Kereta Jarak Jauh Yang Beroperasi di Daratan China
Sebagai salah satu negara terbesar di dunia, China memiliki dataran yang membentang sekitar 18.000 kilometer untuk dijelajah. Dengan besarnya dataran tersebut negara ini membangun sistem moda transportasi yang memadai untuk dapat mengakomodasi kebutuhan perjalanan penduduknya. Salah satu moda transportasi yang terus dikembangkan di China yaitu jaringan kereta api yang menghubungkan hampir semua provinsi dalam 18 jalur kereta api utama
Dengan melihat jaringan kereta di china, kita bisa langsung membayangkan betapa luas dan kompleks nya sistem kereta api di negeri ini. Moda transportasi ini sangat penting bagi China yang memiliki jumlah penduduk terbesar didunia sekitar 1,45 miliar jiwa. Dengan jumlah penduduk yang besar serta dataran yang luas tentunya kebutuhan untuk bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain begitu besar. Tak heran jika volume trafik kereta Api di China merupakan salah satu yang terbesar dan tersibuk di dunia.
Pemerintah China terus menggarap proyek-proyek prestisius dalam hal membangun infrastruktur pembangunan lintasan kereta api dengan anggaran yang besar untuk terus dapat mengembangkan jalur baru hingga ke daerah terpencil sekalipun.  Dengan memiliki ambisi besar dalam hal pembangunan serta teknologi di bidang kereta api, panjang jalur kereta api China saat ini adalah yang terpanjang di seluruh dunia bahkan Pemerintah China berencana sudah bisa membangun 16.000 km jalur kereta api diakhir tahun 2020. Luar biasa kan?

Kereta Jarak Jauh di China
Dari puluhan jalur kereta tersebut, ada beberapa jenis kereta api yang perlu anda ketahui di China yang direpresentasikan dengan kode huruf pada nomor keretanya diantaranya yaitu Z untuk kereta api setingkat eksekutif, T untuk kereta api ternyaman kedua setelah Z, Nomor kereta yang diawali C & D untuk kereta api berkecepatan tinggi seperti shinkansen di Jepang atau yang dikenal dengan bullet train, serta kereta api K untuk kategori lainnya.
Jadwal Keberangkatan Kereta Api di Salah Satu Stasiun Besar di China
Gerbong Kereta Cepat di China

   Untuk penggolongan karcis keretanya dapat dikategorikan dalam beberapa kelas penumpang diantaranya:

1.  Hard seat
   Kelas penumpang untuk hard seat merupakan kelas termurah dibandingkan tiket lain karena tempat duduk nya keras dan dalam satu gerbong cukup padat dijejali penumpang. Jika dibandingkan dengan Indonesia sama seperti kelas ekonomi hanya saja keretanya lebih bagus yang umumnya berbentuk kereta tingkat 2 lantai.
Suasana di Stasiun Kereta Yang Hendak Naik Gerbong Kelas Ekonomi

Salah Satu Gerbong Kereta Api Bertingkat di China
Salah Satu Gerbong Dengan Kelas Penumpang Ekonomi
2.  Soft Seat
    Kelas penumpang untuk soft seat merupakan kelas kedua yang umumnya orang beli untuk jarak yang tidak terlalu jauh atau untuk menghemat ongkos. Jika dibandingkan dengan Indonesia sama seperti kelas bisnis dimana tempat duduknya lebih nyaman dan lebih lega.

Salah Satu Kereta Cepat di China (courtesy)
Untuk Soft Seat Kondisinya Lebih Lega dan Lebih Nyaman Dibanding Hard Seater
3.  Hard Sleeper
    Dalam satu kompartemen terdapat 6 buah kasur bertingkat dalam 2 baris, jadi masing-masing baris terdapat 3 kasur yang tersusun keatas. Kondisi kasurnya tidak terlalu empuk tetapi nyaman untuk tidur khususnya perjalanan panjang. Dimasing-masing gerbongnya dilengkapi kamar mandi, dispenser air hangat dan wastafel yang terdapat disambungan gerbong.
Kereta Api Jarak Jauh Dengan Kelas Kursi Hard Sleeper
Untuk Hard Sleeper, Dalam Satu Kompartemen terdapat 6 Kasur Bertingkat
4.  Soft Sleeper
    Hampir sama dengan kelas hard sleeper, untuk kelas penumpang soft sleeper terdapat kasur dalam satu kompartemen. Perbedaannya jumlah kasur dalam masing-masing kompartemen  terdapat 4 buah kasur bertingkat dalam 2 baris, jadi masing-masing baris terdapat 2 kasur yang tersusun keatas. Kondisi kasurnya lebih nyaman dengan busa yang empuk serta ruang yang lebih luas. Dilengkapi televisi untuk hiburan serta colokan listrik untuk menge-charge elektronik anda. Dimasing-masing gerbongnya dilengkapi kamar mandi, dispenser air hangat dan wastafel yang terdapat disambungan gerbong yang lebih bersih dibandingkan gerbong lain. Dengan harga yang cukup mahal namun lebih murah dibandingkan tiket pesawat, rasanya gerbong kelas ini saya rekomendasikan bagi anda yang ingin menikmati perjalanan panjang di China sembari menikmati pemandangan dataran China dari balik jendela gerbong kereta dengan kenyamanan kelas eksekutif.
Salah Satu Kereta Jarak Jauh di China
Untuk Soft Sleeper, Dalam Satu Kompartemen terdapat 4 Kasur Bertingkat
Dilengkapi Televisi/ Video Untuk Hiburan
5.  Deluxe Soft Sleeper
   Untuk kelas penumpang deluxe soft sleeper pangsa pasarnya yaitu golongan eksekutif yang menginginkan privasi nya terjaga dalam melakukan perjalanan dengan kereta api. Dalam satu kompartemen hanya berisi 2 kasur yang tidak bertingkat. Beberapa diantaranya telah dilengkapi dengan fasilitas yang mewah serta toilet pribadi dimasing-masing kompartemen.
Stasiun Kereta Guilin, China
Suasana Dalam Gerbong Yang Dibagi Dalam Kompartemen Untuk Privacy Penumpang
  Jadi, jika kamu berencana melakukan perjalanan ke China untuk perjalanan yang jauh, saya rekomendasikan untuk mencoba jenis kelas penumpang yang tidak ada di negara kita yaitu merasakan sensasi naik kereta dengan kelas penumpang hard sleeper atau soft sleeper. Namun semua itu kembali lagi kepada anda yang menyesuaikan dengan budget yang ada. Jika kamu memiliki pengalaman unik dengan kereta api di China, dengan senang hati bisa berbagi cerita di blog ini ya.


Follow my instagram @travelographers , twitter account @travelographers 
 and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Baca artikel lain terkait mengenai perjalanan dengan kereta api dan China:

4 comments:

  1. Cakep nih, aku juga pernah nulis kereta India.

    ReplyDelete
    Replies
    1. well noted.. asyik.. bisa dibaca" untuk perencanaan naik kereta ke india..

      Delete
  2. Wah keretanya udah macam hotel aja ya, pake edisi super ekslusif segala. Ngomong-ngomong yg ada tempat tidurnya itu kalau siang diganti tempat duduk atau tetap kasur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tetap kasur karena memang dalam gerbongnya sudah dibuat perkamar seperti itu. dari dulu sampai sekarang belum ada ya kereta seperti ini di Indonesia :(

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.