Tuesday, August 13, 2013

Keuntungan Traveling Dengan Kereta Api



Kereta Perbatasan dari Vietnam Utara Menuju China Selatan
Dengan begitu merebaknya penerbangan berbudget rendah dan kompetisi harga promo yang ditawarkan oleh hampir semua maskapai penerbangan membuat banyak orang berburu dan berlomba-lomba untuk mendapatkan tiket promo tersebut. Dengan moda transportasi pesawat kita dapat memangkas waktu perjalanan secara significant khususnya bagi yang memiliki keterbatasan waktu untuk berlibur atau berpetualang.
Tetapi untuk kamu yang memiliki waktu lebih dan ingin merasakan petualangan yang berbeda, cobalah traveling dengan kereta api untuk berpindah dari satu kota ke kota lain, dari satu negara ke negara lain akan memberikan pengalaman yang berkesan dibanding menggunakan moda transportasi pesawat yang umumnya rasanya sama disemua maskapai penerbangan. 
Kesan yang dihadirkan ketika menggunakan moda transportasi ini akan selalu beda disetiap kota atau negara baik dari pemandangan yang dapat dilihat, maupun suasana yang dihadirkan tergantung dari kelas tiket yang kita beli. Ada kebersamaan yang tersirat didalam gerbong kereta, duduk berjam-jam kursi keras sembari merasakan denyut kehidupan bersama penumpang lain. Duduk santai ditepi jendela sembari memandangi hamparan pemandangan yang membelah bumi mengiri setiap deru laju kereta yang berlayar.

Berikut Keuntungan traveling dengan kereta api dibanding moda transportasi lain khususnya pesawat terbang.

1. Menghemat budget
    Jika kamu memiliki budget yang terbatas, moda transportasi kereta yang relatif jauh lebih murah dapat menyelamatkan kantong anda dari pengeluaran budget transportasi yang besar untuk pesawat. Tidak perlu membayar lebih untuk komponen biaya lain seperti airport tax, kelebihan bagasi dan biaya-biaya lain.
Salah Satu Stasiun Kereta Api Besar di China
2. Lebih Fleksibel 
    Dengan jadwal keberangkatan yang relatif banyak dan dapat dibeli go show tentunya membuat perjalanan anda lebih fleksibel. Tak perlu tergesa-gesa mengejar jadwal penerbangan karena dihantui tertinggal pesawat atau tak perlu khawatir akan biaya tambahan apabila ingin melakukan  perpindahan jadwal. Dengan kereta api kita dapat menyesuaikan perjalanan sesuai dengan kota yang akan disinggahi.
Jadwal Keberangkatan Lebih Fleksibel Dapat Disesuaikan
3. Harga Tiket Stabil
    Tidak seperti harga tiket pesawat yang fluktuatif yang semakin mendekati hari H semakin mahal, kereta api memiliki harga tiket yang stabil dari tahun pertahun. Dan umumnya untuk harga tiket kereta api tidak banyak penambahan komponen harga seperti tiket pesawat.
Harga Tiket Lebih Stabil Walapun Membeli Dalam Waktu Dekat
4. Bagasi Gratis dan Tidak Ditimbang
    Apabila traveling dengan pesawat khususnya maskapai penerbangan dengan budget rendah, sering kali untuk menghemat pengeluaran sebagian besar orang menghindari penambahan biaya untuk bagasi berlebih bahkan tidak menggunakan bagasi yaitu membawa semua barang bawaan ke kabin. Dengan kereta api, anda tidak perlu khawatir akan biaya tambahan bagasi.
Barang Bawaan Dapat Diletakan di Kabin Tanpa Prosedur Timbang dan Tambahan Biaya
5. Lebih Nyaman
    Untuk perjalanan panjang, traveling dengan kereta api lebih memberikan kenyamanan. Karena umumnya jarak antar kursi penumpang dikereta lebih besar dibanding dengan dipesawat yang umumnya sempit. Terlebih lagi untuk beberapa negara memiliki jenis tiket kereta untuk sleeper yang menyediakan kasur untuk tidur yang membuat tidur anda nyenyak selama perjalanan.
Salah Satu Tipe Kelas Penumpang Dengan Tiket Sleeper Yang Dilengkapi Kasur Bertingkat
 6.  Tidak Ribet
    Salah satu hal yang kurang disukai para pejalan yaitu ketika harus dikejar waktu keberangkatan pesawat dengan waktu yang dimiliki terbatas. Berbaris dalam antrian untuk masuk pos keamanan, memasukan semua barang bawaan ke beberapa pos pemeriksaan dengan x-ray bahkan harus melepas jacket, ikat pinggang hingga alas kaki. Dengan kereta api semua prosedurnya menjadi lebih sederhana dan cepat.
Prosedur Untuk Naik Kereta Jauh Lebih Praktis Dibanding Pesawat
Diantara kamu ada yang memiliki pengalaman seru dengan kereta api? Kita dapat saling berbagi disini.
Telah Terbit Buku Karya Saya Yang Berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina.
Telah terbit buku karya saya yang berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Penasaran bagaimana Trilogy buku ini? Baca Sinopsis lengkapnya disini : Buku Trilogy Overland - Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Sebuah memoar perjalanan jalur darat melintasi perbatasan 13 negara Asia Tenggara dan Daratan Cina.
Untuk teman-teman yang mau order atau tanya informasi detailnya boleh direct whatsapp ya +6287887874709. Bisa juga DM Instagram @travelographers,  beli di website Leutikaprio atau di link marketplace ini ya.
* Tokopedia
* Shopee
* Bukalapak


Follow my Instagram & Twitter account : @travelographers

Baca artikel lain terkait mengenai perjalanan dengan kereta api :

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.