Tuesday, September 10, 2013

Tips Merencanakan Perjalanan ke China Dengan Kereta Api



Suasana Stasiun Kereta Jarak Jauh di Stasiun Beijing, China
Pengalamanku traveling ke negeri tirai bambu dengan kereta api memberikan pelajaran berharga untukku agar lebih mempersiapkan perencanaan sebelum memutuskan akan menjelajah dataran China dengan kereta api. Kesulitan yang dihadapi tidak seperti negara lain yang pernah saya kunjungi, di negeri ini hampir semua aksaranya menggunakan kanji, nyaris tidak ada huruf alphabet yang dapat membantu kecuali urutan angka untuk waktu dan harga tiket. Begitu juga dengan petugas penjual tiketnya yang nyaris tidak bisa berbahasa Inggris, kalaupun ada itupun hanya di kota besar seperti Beijing atau Shanghai saja sedangkan untuk kota kecil tidak ada loket khusus “english speaking”.
Mengingat negara China merupakan negara dengan penduduk terbesar didunia, tak heran jika setiap harinya suasana stasiun begitu ramai penuh orang mengantri untuk memperebutkan tiket kereta dengan kapasitas penumpangnya yang terbatas.
Jika anda merencanakan membeli sendiri tiket kereta api di stasiun tanpa reservasi melalui travel agent, berikut tips untuk memudahkan anda dalam merencanakannya.

 1.  Cek jadwal keberangkatan kereta dari stasiun terdekat melalui website The Man Seat in 61 dan Website Train China Guide , China Trip Advisor, China Train Tickets atau China Train Ticket. Untuk Tipsnya bisa membaca tautan Tips Merencanakan Keliling Dunia dengan Kerata Api.
Keramaian di Stasiun Kereta Jarak Jauh Beijing, China
2. Mintalah resepsionis hotel atau hostel untuk menuliskan dalam selembar kertas mengenai tiket kereta api yang hendak anda beli dalam tulisan kanji. Usahakan informasinya jelas dan lengkap mulai dari tujuan mana, jam keberangkatan, nomor kereta hingga jenis tempat duduknya.
Pelajari Bentuk Tiket Kereta di China (Courtesy : seat 61)
3. Usahakan membeli tiket tidak dadakan yaitu direncanakan beberapa hari sebelumnya. Hal ini mengingat jadwal kereta yang begitu sibuk, antrian yang panjang serta kapasitas penumpang yang terbatas. Ingat loh, China ini negara dengan penduduk terbanyak sedunia!
Antrian Yang Umum Terjadi Di China Ketika Hendak Membeli Tiket Kereta
4. Pelajari peta jaringan jalur kereta api untuk estimasi jarak tempuh. Dengan begitu besarnya negara China yang membentang perjalanan darat di China bisa menempuh puluhan jam bahkan hitungan hari.   
Puluhan Ribu Kilometer Jalur Kereta Yang Membentang di Dataran China (Courtesy : china-tour.cn)
5. Pelajari tulisan kanji. Kamu tidak perlu bisa bahasa mandarin untuk bisa menulis kanji, yang penting bisa meniru tulisan kanji kemudian menuliskannya dalam sebuah kertas yang dapat kita pergunakan setiap kali dalam membeli tiket. Adapun informasi yang perlu kita tulis yaitu nomor kereta, jumlah karcis, jam keberangkatan, kota asal dan tujuan serta jenis tiket yang kita inginkan. Untuk melihat tulisan kanjinya seperti apa gambar berikut bisa menjadi referensi. Hal inilah yang saya lakukan guna melancarkan transaksi pembelian tiket di stasiun China, tak perlu berbicara cukup menyodorkan selembar kertas yang berisi informasi lengkap terkait tiket yang kita kehendaki, bayar kemudian bisa berbalik dengan membawa tiket yang kita inginkan.
Nyaris Tidak Ada Huruf Alphabet di Loket Penjualan, Semuanya Menggunakan Aksara Kanji China
6. Ketahui beberapa jenis kereta api di China yang direpresentasikan dengan kode huruf seperti Z untuk kereta api sekelas eksekutif, T untuk kereta api sekelas bisnis, C & D untuk kereta api berkecepatan tinggi dan beberapa kode huruf lainnya.
Kolom Paling Awal Adalah Kode Kereta Api di China
7. Hindari Traveling disaat Libur Nasional di China pada periode akhir September sampai awal oktober serta libur hari buruh pada periode akhir April sampai awal Mei. Kamu bisa membayangkan betapa padatnya negara kita disaat musim mudik tiba? Nah kira-kira begitulah kondisi di China pada saat libur nasional. Selain harga tiket bisa meroket, apabila beli tiketnya tidak jauh-jauh hari dijamin anda akan sulit untuk mendapatkan tiket. Belum lagi kondisi stasiun yang dijejali jutaan penduduk China yang berencana untuk liburan atau pulang kampung. 
Sejumlah Stasiun Besar di China Setiap Harinya Dipadati Ribuan Calon Penumpang
    Diantara kamu ada yang memiliki pengalaman seru dengan kereta api di dataran China? Atau memiliki tips lain untuk merencanakan perjalanan dengan kereta api di China? Kita dapat saling berbagi disini.

Follow my Instagram & Twitter account : @travelographers

Baca artikel lain terkait mengenai perjalanan dengan kereta api dan China:
Waktu yang direkomendasikan untuk dihindari traveling ke China

2 comments:

  1. Terima kasih infonya.

    "Toko Online Grosir Busana Baju Muslim Maxi Gamis Dress Busui Pashmina Jilbab Murah"
    www.iyesh.com

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.