Tuesday, March 8, 2016

Pengalaman Naik Kereta ETS Gold Dari Kuala Lumpur ke Kota Ipoh, Malaysia



Kereta ETS Gold Yang Melayani Rute Kuala Lumpur - Ipoh


Aku menatap kota Kuala Lumpur yang masih tertidur dari balik bingkai jendela kamar ku, memandang langit kelabu dengan gumpalan awan yang bergelayut diatasnya. Hari itu masih gelap dan azan subuh baru saja berkumandang namun kami harus bergegas bangun untuk mandi kemudian bersiap-siap menuju stasiun KL Sentral, mengejar jadwal kereta ETS Gold yang akan mengantarkan kami ke kota Ipoh, ibu kota negara bagian Perak yang memiliki banyak bangunan tua, karya seni mural yang kreatif, kuliner yang lezat serta disanalah awal mula tercipta Old Town White Coffee yang terkenal itu. Traveling memotivasi kami untuk mengalahkan rasa malas untuk beranjak dari tempat tidur agar bangun lebih awal disaat sebagian orang masih terlalap dan enggan keluar dari selimutnya. Di Kuala Lumpur yang memiliki zona waktu GMT+8 pukul 5:00 langit masih begitu gelap.
Berhubung waktu sudah mepet kamipun bergegas mencari taksi untuk menuju stasiun KL Sentral dari daerah Putra, mengingat menunggu kereta KTM komuter maupun LRT yang menuju stasiun KL Sentral di pagi buta dengan jadwal yang masih sedikit adalah bukan solusi terbaik, terlebih lagi kami dalam kondisi tergesa-gesa takut tertinggal jadwal keberangkatan kereta. 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta, taksi yang kami tumpangi mulai melaju membelah jalan raya Kuala Lumpur yang masih kosong. Pak supir menambah kecepatannya ketika berada di jalan raya yang lurus guna mengejar target sampai di stasiun KL Sentral sebelum jam 5:45, sesuai dengan permintaan kami.
Ketika taksi perlahan melambatkan kecepatannya dan telah berhenti sempurna di depan stasiun KL Sentral setelah membayar ongkosnya kami langsung bergegas menuju tempat menunggu kereta ETS Gold tujuan Ipoh, mengingat pada saat itu waktu telah menunjukan pukul 5:55 pagi, 5 menit sebelum kereta diberangkatkan. Walau sangat mepet untung saja kedatangan kami terbilang tepat waktu sehingga masih dapat mengejar kereta tersebut dan langsung dipersilahkan naik ke gerbong di kereta ETS yang sudah stand by di peron.
Tidak lama setelah kami duduk Kereta ETS2 Gold dengan nomor 9302 siap diberangkatkan. Pintu gerbong tertutup otomatis secara serentak mengikuti tombol yang ditekan masinis dari ruang kontrol kemudi. Tak lama kemudian kereta ETS Electric Train Service ini pun mulai melaju meninggalkan kota Kuala Lumpur. Dalam satu harinya ada belasan jadwal keberangkatan dari Kuala Lumpur ke kota Ipoh menggunakan kereta ETS Gold dengan harga tiket 35 Ringgit untuk dewasa dan 22 Ringgit untuk anak-anak. Untuk kamu yang hendak membeli tiket ETS Gold ada baiknya melakukan pembelian dari beberapa hari sebelumnya agar rencana perjalanan dapat berjalan sesuai itinerary. Untuk pemesanan online dapat klik di website ini https://intranet.ktmb.com.my/e-ticket/login.aspx# dan apabila kamu hendak membeli langsung konter/loket penjualan tiket dibuka dari jam 7 pagi sampai jam 9:30 malam.
Jadwal Perjalanan Kereta ETS di Malaysia (photo courtesy)
Jadwal Perjalanan Kereta ETS di Malaysia (photo courtesy)
Daftar Harga Tiket Kereta ETS di Malaysia (photo courtesy)
Dari balik jendela kereta ETS langit terlihat sudah mulai terang. Kehadiran mentari yang mulai menerang diatas langit Kuala Lumpur menghapus gelapnya malam. Kereta ETS yang dioperasikan oleh KTM Keretaapi Tanah Melayu di Malaysia ini menggunakan teknologi unit berganda elektrik sehingga ramah lingkungan. Dengan menggunakan listrik sebagai sumber energinya membuat kereta ini menghasilkan emisi karbon yang jauh lebih rendah dibandingkan jenis moda transportasi lainnya yang menggunakan energi fosil minyak bumi yang umumnya menghasilkan emisi karbon yang tinggi.
Dalam perjalanan kami mengamati fasilitas yang ada di dalam kereta ETS Gold ini. Pada setiap baris kursinya masing-masing berisi 4 kursi dengan konfigurasi 2+2 di kedua sisi lorong kereta. Semua kursinya reclining berwarna merah yang dapat disesuaikan sudut kenyamanannya. Sama halnya dengan tiket kelas ekonomi di pesawat, kelas ini juga dilengkapi dengan meja lipat di belakang setiap kursi dan dapat dilipat untuk memberikan keleluasaan.
Konfigurasi Tempat Duduk Di Dalam Kereta ETS Gold, Malaysia

Konfigurasi Tempat Duduk Di Dalam Kereta ETS Gold, Malaysia
 Rak bagasi untuk menaruh tas ada di atas kursi di kedua sisi kereta namun tidak mempunyai penutup. Hanya tas dan koper ukuran normal yang dapat dimasukan ke kompartemen bagasi ini. Namun di setiap persimpangan dari dua gerbong telah disediakan rak bagasi untuk tempat penyimpanan koper troli berukuran besar. Setiap gerbongnya terdapat 2 buah televisi LED yang menayangkan informasi terkini tentang pelayanan Keretaapi Tanah Melayu (KTMB) serta menyajikan tontonan film yang menarik untuk dinikmati. Untuk kenyamanan dan keselamatan penumpang pada setiap gerbongnya juga dilengkapi kamera CCTV untuk memastikan perjalanan berjalan aman dan nyaman.

Fasilitas LED Di Dalam Gerbong Kereta ETS Gold, Malaysia (photo courtesy)

Fasilitas Tempat Penyimpanan Rak Bagasi Di Kereta ETS Gold, Malaysia (photo courtesy)
Beberapa keunggulan pada fasilitas yang diberikan kereta ETS Gold ini semua fasilitas yang ada di dalam gerbong ini bersahabat dengan orang yang berkebutuhan khusus salah satunya golongan yang menggunakan kursi roda misalnya.  ETS Gold memfasilitasi kaum manua dan orang berkebutuhan khusus dengan memberikan prioritas tempat duduk khusus yang tersedia untuk mereka. Tidak hanya itu saat hendak keluar masuk pintu kereta serta jalur yang dilewati di dalam gerbong begitu juga dengan fasilitas toilet umum yang bersih dan bersabahat dengan orang yang berkebutuhan khusus. (Dalam bahasa melayunya disebut OKU, Orang Kurang Upaya). Jika kamu membutuhkan fasilitas tersebut akan ada petugas yang dapat membantu anda untuk naik dan turun kereta, namun informasikanlah terlebih dahulu minimal 1 hari sebelumnya agar petugas dapat membuat persiapan tersebut.
Fasilitas Toilet Di Dalam Kereta ETS Gold Yang Ramah Terhadap OKU/ Orang berkebutuhan khusus (photo courtesy)
Desain di Dalam Gerbong Kereta Ramah Terhadap OKU/Orang Berkebutuhan Khusus (photo courtesy)
Kereta ETS Gold melaju dengan cepat. Dengan teknologi yang dimiliki kereta ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal 160 km/jam, dengan kecepatan tersebut kereta ini dikatakan masuk dalam kategori kereta cepat berkelajuan tinggi. Kecepatan yang setara dengan Sonic Express dan Kamome Express di Jepang, Tilt Train Service di Australia serta The Taroko Express dan Puyuma Express di Taiwan. Dengan naik kereta ETS Gold waktu tempuh yang dibutuhkan dari Kuala Lumpur untuk sampai ke kota Ipoh hanya 2 jam 16 menit saja.
Di tengah perjalanan ketika perut lapar ada fasilitas F&B di gerbong C yang menyediakan beberapa jenis makanan dan minuman seperti sandwich, nasi lemak, bihun goreng, kopi panas, teh hangat serta beberapa jenis minuman dingin yang dapat dicoba ditengah perjalanan. Hebatnya lagi walaupun tempat ini adalah satu-satunya kedai yang menyediakan makanan dan minuman didalam perjalanan kereta ETS Gold namun harga yang dijual masih terjangkau yaitu mengikuti standar makan dikedai luar sekitar 5 sampai 10 ringgit untuk paket makanan dan minuman yang dikehendaki. 
Gerbong Makan Di Dalam Kereta ETS Gold, Malaysia (photo courtesy)
Tidak terasa 2 jam telah berlalu dan dari pengeras suara petugas memberitahukan semua penumpang bahwa sebentar lagi kereta akan sampai di tujuan, kota Ipoh. Ketika laju kereta secara perlahan mulai melembat hingga berhenti sempurna setiap penumpang di gerbong ini mulai membereskan barang bawaannya dan turun dengan tertib dalam antrean. Dan kini akupun mulai melangkah menjejakan kaki di kota Ipoh untuk menjelajah kota tuanya, mencicipi beragam kuliner yang lezat disini dan tak lupa menyeruput secangkir kopi putih asal Ipoh yang terkenal itu.

Follow my instagram @travelographers , twitter account @travelographers 
 and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)


Baca artikel lain terkait mengenai perjalanan dengan kereta api :
Mengintip Moda Transportasi Kereta Api di China  
Kereta Cepat ETS Platinum Dari Butterworth Penang ke Kuala Lumpur, Malaysia



4 comments:

  1. Wah menarik mas shu.. Kapan ada waktu mau juga ah melancong ke negeri jiran.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sebuah pengalaman hidup bisa menjajal satu persatu kereta api di berbagai kota dan negara. dibantuin doa ya semoga suatu saat berkesempatan melancong ke negeri jiran :)

      Delete
  2. Kak Shu, mau nanya untuk teansportasi di Kota Ipoh itu se diri gimana ya??
    Susah atau ngga karna ada rencana jg ksna..
    Kira2 6 hari buat explore KL, Ipoh, Penang cukup ga ya??
    Ada niat jg pgn ke Hatyai sih hehehe..

    ReplyDelete
  3. Mohon bantuannya kak, saya rencana Oktober nanti..

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.