Friday, March 4, 2016

25 Tips Jalan-Jalan Liburan Pertama Kali Ke Kuala Lumpur Malaysia

tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Tips Jalan-Jalan Liburan Pertama Kali ke Kuala Lumpur Malaysia
Semenjak ada banyak penawaran tiket promo dari beberapa maskapai penerbangan khususnya Air Asia begitu banyak orang Indonesia yang berkunjung ke Negeri Jiran Malaysia karena mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah. Hal ini menjadikan Malaysia menjadi salah satu negara favorit bagi orang Indonesia untuk berlibur keluar negeri selain negeri Singapura. Ada banyak alasan lain bagi orang Indonesia suka berkunjung ke Malaysia mulai dari mengunjungi twin tower Petronas yang tercatat menjadi menara kembar tertinggi di dunia, berbelanja di Bukit Bintang dan KLCC yang memiliki berbagai barang branded, kulineran di jalan Alor dan Kampung Baru, berburu kerajinan tangan dan coklat malaysia di Pasar Seni Kuala Lumpur, mampir ke pusat pemerintahan Malaysia di kota Putrajaya, mengunjungi kuil hindu Tamil terbesar di Batu Caves Selangor, liburan atau berjudi ke Genting Resort serta berbagai alasan lainnya.
Apabila kamu termasuk orang yang hendak pertama kali mau berlibur ke Kuala Lumpur Malaysia khususnya yang pergi tanpa travel agent berikut beberapa informasi penting beserta tips yang dapat kami berikan agar liburan kamu menjadi lebih menyenangkan dan terencana mulai dari mendarat di negeri Malaysia hingga hendak terbang keluar dari negeri Malaysia.

1.      Persiapkan Peta Wisata & Peta Transportasi Umum
Berhubung tidak mudah untuk menemukan peta dan brosur gratis di bandara Kuala Lumpur International Airport KLIA 1/ KLIA 2 (tidak sebanyak di bandara Changi Singapura) ada baiknya kamu sudah mendownload atau menyiapkan sebelumnya untuk antisipasi dan persiapan. Namun setibanya di Kuala Lumpur International Airport kelak apabila memiliki waktu lebih bisa coba cari Tourism Information Center atau rak-rak yang menyediakan peta dan brosur tentang wisata dan transportasi umum di Malaysia yang dapat kamu ambil secara gratis. Hal ini sangat penting selain untuk mendapatkan gambaran umum peta transportasi umum LRT, Monorail serta KTM komuter juga terdapat informasi tentang semua tempat wisata populer yang patut kamu kunjungi selama berlibur di Malaysia.
lrt maps kuala lumpur, mrt maps klang valley kuala lumpur, public transport maps kuala lumpur
Download Gambar Ini Kemudian Cetaklah Untuk Paduan Transportasi Umum di Kuala Lumpur (image courtesy www.wonderfulmalaysia.com)

2.      Tidak ada Kartu Imigrasi Kedatangan & Keberangkatan
Berbeda dengan Singapura apabila kamu mendarat di Kuala Lumpur tidak akan dibagikan kartu imigrasi kedatangan & keberangkatan (disembarkation/embarkation) jadi setibanya di bandara Kuala Lumpur International Airport 1 atau 2 maka hal yang perlu kamu lakukan adalah berjalan menuju imigrasi untuk distempel paspornya. 


tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Pesawat Air Asia Yang Mendarat di Bandara KLIA 2
3.      Berjalan Menuju Loket Imigrasi
Apabila kamu turun di bandara Kuala Lumpur International Airport 2 maka persiapkan fisik untuk berjalan jauh menuju imigrasi karena jarak gate dari pesawat parkir hingga tiba di loket imigrasi terbilang cukup jauh karena harus melewati jembatan panjang yang dikenal dengan nama sky bridge. Untuk kamu yang traveling bersama orang berkebutuhan khusus, manula, sedang hamil, bawa bayi atau anak kecil bisa juga memanfaatkan fasilitas mobil listrik kecil yang dioperasikan secara gratis untuk melayani penumpang yang membutuhkan jasa antar menuju ke lokasi dekat loket imigrasi sehingga membuat kamu tidak perlu berjalan kaki begitu jauh. Apabila kamu turun di bandara Kuala Lumpur International Airport 1 kondisinya lebih baik karena kamu tidak perlu jalan terlalu jauh untuk menuju loket imigrasi di bandara ini. 
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
 Sky Bridge di Bandara Kuala Lumpur International Airport 2
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Lorong Pertokoan Dari Dan menuju Imigrasi di Bandara KLIA 2
4.      Masuk Loket Imigrasi
Untuk orang Indonesia yang hendak masuk ke negara Malaysia untuk berlibur bebas visa alias gratis. Yang dikenakan visa apabila kamu masuk ke Malaysia untuk bekerja atau tinggal dalam waktu yang panjang. Apabila kamu masuk ke Malaysia melalui jalur udara maka akan diberikan perizinan untuk tinggal/berlibur di Malaysia selama maksimal 30 hari. Saat menuju loket imigrasi baiknya keluarlah di terminal yang sama tempat pesawat kamu mendarat. Kemudian ikuti barisan antrean dengan tertib dan siapkan semua dokumen yang diperlukan yaitu paspor.
Satu yang harus kamu ingat ketika giliran kamu hendak tiba selalu berdiri di belakang garis kuning/ garis pembatas sampai giliran kamu tiba dipanggil untuk menghampiri petugas imigrasi di loket tersebut. Ketika sedang berhadapan dengan petugas imigrasi berperilakulah yang sopan, jangan memotret atau bermain dengan gadget dan handphone mu. Bila diajukan pertanyaan jawablah dengan sopan. Apabila kamu tidak bisa berbahasa inggris gunakan saja bahasa Indonesia karena Malaysia serumpun yang menggunakan bahasa melayu dalam bahasa sehari-harinya, tidak jauh berbeda dengan bahasa Indonesia sehingga sama-sama mudah dimengerti.
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Loket Imigrasi di Bandara KLIA 1
5.      Ambil Bagasi dan Melewati Bea Cukai
Setelah keluar dari imigrasi hal yang harus kamu lalukan adalah mengambil bagasi yang berputar di carousel. Namun jika tidak ada bagasi kamu dapat langsung berjalan melewati pos pemeriksaan bea dan cukai sebelum kamu bisa keluar bandara. Untuk pemeriksaan di bagian Bea Cukai umumnya hanya koper yang masuk dalam bagasi pesawat saja, namun untuk bawaan hand carry umumnya tidak perlu dimasukan dalam mesin scan, kecuali diminta oleh petugasnya.
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Trolley Yang Dapat Kamu Gunakan Untuk Membawa Bagasi
6.      Transportasi Menuju Tengah Kota Kuala Lumpur
Ada beberapa pilihan untuk menuju kota Kuala Lumpur diantaranya dengan taksi, mobil sewaan, Kereta KLIA Express atau bus. Apabila kamu naik taksi gunakanlah taksi bermeter (argo) yang dapat kamu pesan di loket resmi dan jangan coba-coba untuk mendapatkan taksi yang tidak resmi karena bisa dipastikan taksi gelap yang akan memaksamu untuk membayar ongkos lebih mahal tanpa argo. Begitu juga halnya dengan mobil sewaan baiknya disewa melalui tempat resmi. Taksi atau mobil sewaan sangat cocok untuk kamu yang traveling dalam group besar dan membawa banyak barang bawaan. 
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Loket Pembelian Tiket Bus dan Taksi di Bandara KLIA 2
Apabila kamu hendak mengejar waktu maka alternatif berikutnya yaitu kamu dapat naik kereta KLIA Express/ KLIA transit yang dapat membawa kamu ke tengah kota dengan nyaman dan cepat. Namun untuk naik kereta ini tentunya harus merogoh kocak yang cukup dalam yaitu 55 Ringgit untuk sekali jalan perorang. Alternatif paling murah dari bandara KLIA ke tengah kota Kuala Lumpur tentu saja naik bus dengan ongkos 11 Ringgit yang dapat kamu beli di loket resmi di bandara KLIA1 atau KLIA 2.
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Loket Pembelian Tiket Kereta KLIA Express
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Suasana di Dalam Kereta KLIA Express/ KLIA Transit
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Kereta KLIA Express
7.   Tiba di KL Sentral
Sebagian besar orang yang tiba dari bandara KLIA 1 atau KLIA 2 pasti akan turun di KL Sentral yang merupakan stasiun pertukaran tersebar di kota ini, tempat berbagai moda transportasi yang menghubungkan ke banyak destinasi. Di stasiun pertukaran ini ada LRT Jalur Kelana Jaya, 2 Kereta KTM Komuter yaitu Jalur Rawang – Pelabuhan Klang dan Seremban – Batu Caves, Kereta KTM Intercity, ETS Express antar kota serta Jalur Monorail. Di KL Sentral ini kamu dapat menjumpai banyak kedai, gerai, resto franchise ternama hingga sederetan ritel yang ada baik di KL Sentral maupun di Nu Central, sebuah mall yang terhubung langsung dengan stasiun KL Sentral. Di tempat ini kamu bisa juga menjumpai 2 food court yang terletak di KL Sentral serta di Nu Central tempat dimana kamu bisa menjumpai makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
KL Sentral, Stasiun Pertukaran Terbesar di Kota Kuala Lumpur

tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Tempat Penyimpanan / Loker Yang Ada di Lantai Dasar stasiun KL Sentral
8.      Beli Kartu Touch n Go atau MyRapid
Saya rekomendasikan setibanya di stasiun KL Sentral untuk membeli kartu Tocuh n Go yang biasanya dijual oleh beberapa SPG/SPB di dekat loket penjualan tiket atau jika sedang tidak ada kamu juga bisa membeli MyRapid card yang tersedia di loket penjualan tiket. Untuk kartu Touch n Go kartu e-money ini adalah salah satu alat pembayaran elektronik yang diterima secara luas di Malaysia. Dengan kartu ini kamu dapat melakukan pembayaran secara praktis ketika naik transportasi umum seperti LRT, KTM Kereta Komuter, Monorail maupun bus RapidKL dengan cara menempelkan kartu di dekat mesin pembaca. Tak hanya itu kartu inipun dapat diterima di berbagai gerai ritel ternama sebagai alat pembayaran yang sah. Untuk Touch n Go kamu dapat mengisi ulang di beberapa loket penjualan tiket atau di gerai ritel dan minimarket.
Berbeda dengan Touch N Go untuk kartu MyRapid tidak dapat digunakan sebagai e-money untuk alat pembayaran di ritel dan minimarket tetapi hanya berfungsi sebagai pembayaran secara praktis ketika naik transportasi umum seperti LRT, monorail maupun bus RapidKL dengan cara menempelkan kartu di dekat mesin pembaca. Satu hal yang harus kamu ingat kartu RapidKL ini tidak dapat digunakan untuk alat pembayaran transportasi kereta KTM Komuter karena berbeda operator. Apabila kamu membeli kartu RapidKL carilah informasi mengenai cari mengisi ulang kartu tersebut di vending machine otomatis yang tersebar di semua stasiun LRT dan Monorail. Jika kamu mau lebih simple bisa juga membeli kartu tourist pass harian yang bisa dibeli di loket penjualan tiket dimana kartu ini dapat kamu gunakan seharian kemana saja tanpa harus isi ulang.
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Untuk Memudahkan Perjalananmu di KL belilah kartu Touch n Go atay MyRapid KL
9.      Masuk Stasiun LRT dan Monorail.
Pastikan kamu masuk melalui pintu yang benar. Perhatikan dengan seksama mana pintu khusus untuk masuk dan mana pintu untuk keluar yang dapat dibedakan dari warna hijau berarti pintu boleh dilalui dan merah dilarang melintas. Tempelkan kartu Touch n Go, MyRapid Card atau tourist pass tepat pada card reader yang telah ditentukan sampai pintunya terbuka lalu berjalanlah masuk tanpa perlu terburu-buru.

tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Pintu Otomatis di salah Satu Stasiun LRT di Kuala Lumpur Malaysia
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Moda Transportasi Monorail di Kuala Lumpur Malaysia
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Moda Transportasi LRT di Kuala Lumpur Malaysia
10.  Masuk Stasiun KTM Komuter.
Apabila kamu hendak masuk stasiun KTM Komuter prosedurnya sedikit berbeda dengan di stasiun LRT dan Monorail. Tempelkan kartu Touch n Go pada card reader yang telah ditentukan sampai pintunya terbuka lalu berjalanlah masuk tanpa perlu terburu-buru. Apabila kamu hanya memiliki kartu MyRapid kartu tersebut tidak bisa digunakan disini, maka hal yang harus kamu lakukan adalah membeli karcis manual yang dijual di loket-loket penjualan karcis khusus KTM Komuter. Pastikan kamu masuk melalui pintu yang benar. Perhatikan dengan seksama mana pintu khusus untuk masuk dan mana pintu untuk keluar yang dapat dibedakan dari warna hijau berarti pintu boleh dilalui dan merah dilarang melintas.
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Pintu Masuk KTM Komuter di KL Sentral


tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Antre Membeli Tiket (karcis manual) KTM Komuter
11.  Di Dalam Stasiun LRT, Monorail dan KTM Komuter
Di semua platform dan dalam kereta LRT dan Monorail setiap penumpang dilarang untuk makan, minum serta merokok. Jadi patuhilah peraturan tersebut untuk menghindari kamu ditangkap dan dikenakan denda yang besar karena melanggar aturan. Peraturan ini dibuat selain untuk kenyamanan setiap penumpang juga untuk menjaga kebersihan fasilitas transportasi umum di Kuala Lumpur Malaysia.
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Berbarislah yang Tertib di Jalur Yang Ditentukan Dalam Stasiun. Jangan melewati garis Kuning
12.  Naik Transportasi Umum LRT, Monorail dan KTM Komuter
Ketika hendak naik LRT, Monorail dan KTM Kereta Komuter berdirilah mangantre secara tertib di garis yang telah ditentukan. Dahulukan penumpang yang turun dan naiklah ke kereta dengan tertib. Satu hal yang harus kamu lakukan sebaiknya jangan pernah naik di kursi yang tertulis reserved seat yang dialokasikan khusus untuk kaum manula, ibu hamil, ibu yang membawa anak, orang sakit atau orang berkebutuhan khusus walaupun kursi itu sedang kosong terlebih lagi ketika ada orang yang lebih membutuhkan. Jadilah penumpang yang memiliki empati dan peduli terhadap orang lain dan menjadi penumpang yang baik.
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Naik Kereta KTM Komuter Dengan Tertib
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Kereta KTM Komuter di Kuala Lumpur Malaysia
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Larangan dan Peraturan di Dalam Transportasi Umum di Kuala Lumpur
 13.  Naik Transportasi bus umum
Selain LRT, Monorail dan KTM Komuter yang telah menghubungkan hampir ke berbagai penjuru kota di Kuala Lumpur juga terdapat bus umum yang dapat kamu gunakan untuk berkeliling kota. Di negeri ini terdapat beberapa operator bus mulai dari RapidKL, Metrobus, Nadi Putra, Cityliner dan operator bus lainnya yang melayani ke berbagai penjuru kota. Yang harus kamu ketahui hanya bus rapidKL saja yang dapat menggunakan kartu MyRapid dan Touch N Go sebagai alat pembayaran yang sah atau uang koin tunai untuk pembayarannya, untuk operator bus lainnya menggunakan uang cash atau menggunakan kartu pembayaran yang berbeda, misalnya bus nadi putra menggunakan kartu berlangganan khusus.
Apabila kamu naik bus RapidKL Naik dan turun bus di halte yang telah ditentukan. Untuk naik bus naiklah dari pintu depan secara tertib kemudian letakan kartu Touch n Go atau MyRapid di card reader yang ada di dekat supir bus sampai bunyi teet dan terlihat bahwa kartu kamu telah terdeteksi. Untuk beberapa bus yang masih boleh bayar tunai baiknya siapkan uang pas karena pengemudi tidak akan memberikan uang kembalian mengingat di bus-bus umum di Malaysia tidak ada kenek/ kondektur khususnya bus RapidKL.
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Bus Umum Tingkat di Kuala Lumpur
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Bus Umum Modern Dan Bus Umum Lama Yang Beroperasi di Kuala Lumpur
14.  Naik Taksi
Taksi adalah salah satu transportasi umum yang terbilang masih terjangkau di Kuala Lumpur, jika memang kamu memiliki budget terbatas rasanya naik LRT, Monorail, KTM Komuter dan bus adalah solusi paling tepat. Namun jika ada kondisi lain yang membuat kamu harus naik taksi sebaiknya naiklah di tempat pemberhentian taksi yang telah ditentukan. Sebelum naik pastikan pengemudi telah mengetahui tujuanmu dan pilihlah taksi yang menggunakan argo agar kamu tidak dikenakan tarif tanpa argo yang mencekik. Jika kamu memiliki pake data internet saya sarankan untuk memesan taksi melalui aplikasi Grab Taxi/ My Taxi atau memesan lewat Uber agar lebih aman dan nyaman.
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Taksi Berwarna Biru Umumnya Taksi Executive Dengan Tarif Yang Lebih Mahal
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Taksi Berwarna Merah Umumnya Taksi Budget Dengan Argo Yang Lebih Murah
15.  Manfaatkan Fasilitas Bus Umum Gratis GoKL
Di Kuala Lumpur terdapat bus GoKL dengan beberapa jalur yang dapat mengantarkan kamu keliling kota Kuala Lumpur secara gratis. Ada beberapa rute yang dilewati bus go KL di antaranya Go KL jalur berwarna hijau yang berkeliling disekitar KLCC, Twin Tower sampai ke Bukit Bintang. Untuk bus Go KL jalur berwarna ungu melewati area Bukit Bintang, Jalan Petaling, Pasar Seni, KL Tower dan beberapa menara perkantoran lainnya. Dua jalur lain yang dilewati bus Go KL ini yakni jalur berwarna merah yang melayani rute KL Sentral, Museum Negara, Masjid Negara, Dataran Merdeka, Chow Kit serta Stasiun Kuala Lumpur. Dan jalur keempat bus Go KL dengan jalur berwarna biru melayani rute dari Bukit Bintang, Bukit Nanas, Chow Kit, Kampung Baru sampai kembali ke Pavilion di Bukit Bintang.  Untuk tahu lebih detailnya mengenai bus goKL ini baca informasinya disini ya.
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Bus Go KL berwarna Ungu Yang Dapat Kamu Nikmati Secara Gratis Untuk Keliling Kota KL
16.  Keliling kota dengan bus tingkat wisata Hop On Hop Off
Di Kuala Lumpur terdapat bus tingkat wisata Hop on Hop Off yang dapat mengantarkan kamu keliling kota Kuala Lumpur mengunjungi semua tempat populer dan menarik di kota ini. Bus Tingkat Wisata Hop On and Hop Off ini menurut saya cocok untuk kamu-kamu yang tergolong punya waktu terbatas tapi pengen keliling kota Kuala Lumpur dalam waktu 1 hari, kamu-kamu yang memiliki budget lebih untuk transportasi keliling kota, kamu-kamu yang tidak tahu tempat apa saja yang menarik untuk dikunjungi di kota Kuala Lumpur, kamu-kamu yang agak takut nyasar kalo naik transportasi umum serta kamu-kamu yang mungkin memiliki keterbatasan lainnya. Untuk tahu lebih detailnya mengenai bus Hop On Ho Offf ini bacainformasinya disini ya.
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Bus Tingkat Wisata di Kuala Lumpur
17.  Naik Ekskalator
Di Malaysia dan di negara maju ada peraturan dimana ketika kita naik ekskalator berdirilah disisi kiri untuk kamu yang diam berdiri di tangga jalan tersebut. Janganlah berdiri diam di sisi kanan karena jalur tersebut diperuntukan untuk orang-orang yang berjalan cepat khususnya orang-orang yang sedang terburu-buru atau berlari mengejar kereta agar tidak tertinggal.
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Escalator Yang Ada di Stasiun Monorel KL Sentral dan Nu central
18.  Naik Lift
Jika kamu bukan termasuk orang yang sangat membutuhkan fasilitas ini baiknya tidak perlu menggunakan lift namun menggunakan ekskalator saja. Namun apabila kamu hendak menggunakan lift berilah prioritas kepada pihak yang lebih membutuhkan seperti kaum manula, ibu hamil, ibu yang membawa anak, orang sakit atau orang berkebutuhan khusus yang menggunakan kursi roda sebelum kamu naik ke dalam lift tersebut.

19.  Makanan halal & Minuman
Apabila kamu muslim yang hendak mencari makanan halal jangan khawatir karena Malaysia sama seperti Indonesia yang merupakan negara yang memiliki mayoritas umat muslim. Namun bagi kamu yang hendak mencari makanan yang tidak halal pun masih cukup mudah juga untuk dijumpai seperti di kawasan KL Sentral dan Jalan Alor Bukit Bintang.
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Salah Satu Sajian Kulineran Yang Bisa Dicoba di Malaysia
Minum air mineral di Malaysia bisa dibilang sama harganya dengan air kemasan yang dijual di Indonesia jadi kamu tidak perlu khawatir untuk mencari tap air gratisan seperti halnya di Singapura. Untuk kamu yang hendak menghemat pengeluaran bisa membeli air kemasan dengan tutup berwarna putih (air olahan) yang umumnya lebih murah. Namun jika kamu lebih suka air minum dalam kemasan yang berasal dari mata air atau air bawah tanah maka pilihlah minuman dalam kemasan dengan tutup botol berwarna hijau atau biru. Baca artikel ini untuk referensi 30 Makanan di Malaysia Yang Patut Kamu Coba.

20.  Colokan Listrik
Di Malaysia umumnya menggunakan colokan listrik kaki 3 sedangkan di Indonesia umumnya menggunakan colokan listrik kaki 2. Jadi agar charger atau gadget kamu seperti camera, handphone, dll bisa di charge disini maka sebaiknya bawalah converter dari kaki 2 ke kaki 3. Apabila kamu tidak memilikinya bisa juga beli yang universal converter jadi bisa digunakan ke berbagai negara.

21.  Menuju Menara Kembar Petronas di KLCC
Rasanya menara kembar Petronas pasti masuk dalam destinasi tempat yang akan kamu kunjungi ketika berada di Kuala Lumpur khususnya bagi kamu yang baru pertama kali ke Kuala Lumpur Malaysia. Ibarat makan empek-empek tanpa cuko rasanya kurang maknyus jika ke Kuala Lumpur tetapi tidak ke menara kembar ini. Selain memiliki gedung pencakar langit dengan desain arsitektur yang menawan di sekitar kawasan KLCC kamu juga bisa mengunjungi destinasi lainnya mulai dari Taman KLCC yang hijau yang memiliki kolam renang dan arena permainan terbuka gratisan, Aquaria KLCC seperti Sea Worldnya Ancol, Pusat perbelanjaan Suria yang memiliki berbagai macam gerai ternama serta di malam harinya kamu dapat menikmati pertunjukan air mancur dan laser yang juga bisa dinikmati secara gratis.  Untuk mencapai tempat ini apabila kamu naik LRT Kelana Jaya Line bisa turun di stasiun KLCC kemudian berjalan kearah Suria Mall. Jika kamu naik bus RapidKL, GoKL atau  bus tingkat wisata Hop on and Hop off Kuala Lumpur dapat turun di beberapa halte bus yang tidak jauh dari Menara Petronas.
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Menara Kembar Petronas, Malaysia
22.  Menuju Bukit Bintang dan Jalan Alor
Bukit Bintang terkenal sebagai surga belanja bagi kaum shopaholic karena di kawasan ini terdapat beberapa tempat perbelanjaan besar mulai dari Farenheit88, Pavilion, Lot 10, Parkson Sungai Wang, Low Yat Plaza serta Berjaya Town Square. Untuk tempat kulineran pinggir jalannya kamu dapat berjalan ke arah Jalan Alor tempat dimana deretan restoran dan kedai makan menyajikan beraneka ragam sajian menu lezat dengan harga yang relatif terjangkau. Untuk mencapai kawasan Bukit Bintang kamu dapat menggunakan moda transportasi monorail dengan stasiun terdekat yaitu Bukit Bintang. Jika kamu naik bus rapidKL, goKL atau  bus tingkat wisata Hop on and Hop off Kuala Lumpur dapat turun di beberapa halte bus Bukit Bintang atau Imbi.
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Kulineran di Jalan Alor, Malaysia
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Kawasan Pertokoan dan Mall Ternama di Bukit Bintang
23.  Menuju Kawasan Masjid Jamek, Pasar Seni dan Petaling
Ada beberapa destinasi populer yang dapat kamu kunjungi di kawasan masjid Jamek, Pasar Seni, Petaling Street diantaranya Dataran Merdeka tempat dimana pusat pemerintahan Malaysia berada pada masa pendudukan Inggris. Jika kamu berjalan di kawasan ini kamu akan dimanjakan bangunan-bangunan tua berarsitektur Inggirs seperti Katedral St Mary the Virgin, Perpustakaan Kuala Lumpur, Bangunan Sultan Abdul Samad dan perjalanan di sektiar Dataran Merdeka bisa ditutup dengan mengunjungi KL City Gallery yang di dalamnya terdapat foto-foto sejarah KL dan miniatur kota KL dalam bentuk maket. Di sekitar Pasar Seni kamu bisa membeli kerajinan tangan dan oleh-oleh seperti coklat maupun souvenir yang dijual dengan harga lebih murah dibanding tempat lain. Untuk mencapai tempat ini jika kamu naik LRT Kelana Jaya Line atau LRT Ampang Line bisa turun di stasiun Masjid Jamek atau Pasar Seni. Jika kamu naik bus rapidKL, goKL atau  bus tingkat wisata Hop on and Hop off Kuala Lumpur dapat turun di beberapa halte bus sesuai dengan tujuan yang kamu inginkan.
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Masjid Jamek, Salah Satu Masjid Bersejarah di Kuala Lumpur
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Lapangan Merdeka di Kuala Lumpur Malaysia
24.  Menuju Kuil Batu Caves
Jika kamu memiliki waktu lebih ada sebuah kuil Hindu terpopuler di luar India yang terletak di bukit kapur Batu Caves distrik Gombak, tepatnya 13 kilometer ke arah utara dari kota Kuala Lumpur, Malaysia yang patut kamu kunjungi. Yang paling ikonik dari tempat ini tentu saja sebuah patung emas Dewa Muragan tertinggi di dunia setinggi 42,7 meter dan tepat di belakangnya terdapat 272 anak tangga yang cukup curam untuk menuju ke mulut gua diatas bukit kapur yang berfungsi sebagai kuil. Untuk mencapai kuil ini kamu dapat menggunakan moda transportasi KTM Komuter dengan stasiun akhir yaitu Batu Caves. Jika kamu naik dari KL Sentral ongkos yang dikenakan hanya 2 Ringgit saja sekali jalan selebihnya gratis karena untuk masuk ke kawasan ini setiap orang bebas masuk untuk berkunjung. 
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Kuil Batu Caves di Malaysia
25.  Rekomendasi Penginapan
Untuk mencari penginapan di Kuala Lumpur carilah akses yang dekat dengan transportasi umum seperti LRT, KTM Komuter atau Monorail. Sesuaikan dengan area yang kamu kehendaki. Untuk yang suka belanja rasanya mencari penginapan di bukit bintang adalah pilihan yang tepat, untuk kamu yang memiliki budget terbatas area masjid jamek dan pasar seni bisa menjadi salah satu pilihan karena ada banyak hostel dan guesthouse dengan harga menginap yang terjangkau disana. Untuk kamu yang business trip di area twin tower rasanya area KLCC adalah pilihan yang bijak. 
Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya saya sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Kuala Lumpur, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral saya di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher sebesar 35 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. Tertarik? Yuk Daftar airbnb.com disini.
Semoga tips jalan-jalan liburan untuk kamu yang baru pertama kali ke Kuala Lumpur Malaysia bermanfaat. Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang Malaysia yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini. 

Baca Artikel Lainnya Tentang Destinasi Wisata di Malaysia disini
Kuala Lumpur, 5 tahun yang lalu dan sekarang
2 Must See Beautiful Mosque in Putrajaya City, Malaysia  
13 Free Things  To Do in Twin Tower and Kuala Lumpur City Center Malaysia
3 Masjid Bersejarah di Pusat Kota Kuala Lumpur Malaysia
The Beauty of Petronas Twin Towers, The Highest Building in Malaysia
2 Masjid paling Cantik Dan Megah di Kota Putrajaya, Malaysia 
3 Most Famous & Historical Mosque in Kuala Lumpur, Malaysia 
13 Hal Yang Dapat Kamu Nikmati Secara Gratis di Twin Tower & KLCC Malaysia  
30 Kuliner Terlezat dan Populer di Malaysia Yang Patut Kamu Coba
Foto-foto Menara Kembar Petronas Dari beberapa Sudut Kota Kuala Lumpur  
Berkeliling kota Kuala Lumpur dengan Bus Tingkat Wisata Hop On Hop Off 
Mengintip Sekolah Indonesia di Kuala Lumpur Malaysia 
11 Minuman Dingin Paling Ngetop di Malaysia, Kamu Sudah Nyoba Yang Mana?
Sepotong Senja di Bandara Kuala Lumpur International Airport
Penerbangan Dari Balik Jendela Pesawat Menuju Kuala Lumpur
Tips Cara Gratisan Keliling Kota Kuala Lumpur
Menikmati Kolam renang di Rooftop Regalia Dengan Pemandangan Kota Kuala Lumpur Yang Keren
Restoran Hemisphere, Tempat Makan Kekinian di Kuala Lumpur Dengan View Dari Rooftop Yang Luar Biasa 

Follow my instagram @travelographers , twitter account @travelographers 
 and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :) 


177 comments:

  1. baca blog ini karena emang ditawari teman, tiket pesawat yang murah banget. Lebih enak pakai pemandu wisata atau ala backpaker ya... baca postingan ini malah pengin banget ke Malaysia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung style liburannya sih hehe. tapi menurut kami kota kuala lumpur tidak terlalu besar dan akses transportasi umumnya sangat mudah untuk dipelajari jadi rasanya kalo mau backpackeran kota kuala lumpur menjadi salah satu kota yang ramah untuk para pejalan independen yang liburan tanpa travel agent.

      Delete
    2. kalo bawa rendang ke kabin boleh gak yah? saya rencana ingin backpackeran dan cukup membawa ransel di kabin saja.

      Delete
    3. pengalaman saya boleh asal jumlahnya tidak berlebihan dan dalam kondisi tertutup rapat seperti di wrapping atau dengan alumunium foil.

      Delete
    4. Infonya sangat berguna,,
      Tpi ada yg mau sya tanyakan lagi,,insyaallah bulan desember sya dan teman mau backpaker ke KL utk pertama kali dari riau,,kira2 berapa ringgit yg harus sya tukarkn utk selama 3D2N??
      Sya ingin mengunjungi tempat2 seperti batu cave,,genting dan menara petronas..
      Terimakasih sebelumnya...

      Delete
    5. apabila hendak backpackeran selama 3 hari 2 malam tentunya mempersiapkan budget penginapan mulai dari 50 Ringgit seorang di hostel/guesthouse atau sharing 2 orang seharga 90 ringgit permalam. untuk biaya makan sendiri sekali makan rata" 10 ringgit sudah termasuk minum. untuk transportasi seharinya kira-kira 10-30 ringgit. kalo genting semisal mau hemat bisa naik bus dari kl sentral dan pulang pergi (klo ngga salah sekitra 40-60 ringgit) di hari yang sama jadi tidak perlu menginap. selebihnya untuk batu caves dan petronas biayanya murah karena gratis. jadi bisa dihitung ya budget yang diperlukan di tambahin budget oleh-oleh jika mau membeli hehe

      Delete
    6. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. good review and most of info are correct. Welcome to Malaysia..

    ReplyDelete
  3. salam Backpaker indonesia...info yang sangat berguna nih.
    hehe kebetulan bulan november mendatang sy mau solo perdana backpaker ke KL.
    yg mau saya tanyakan. ketika sy pesan tiket pesawat jakarta ke malaysia/KL lewat traveloka kok tidak ada keterangan nanti saya turun di bandara yg mana.
    saya takut turun di bandara selain KLIA1/KLIA2 krn selain bandara itu saya ngg tau mesti ke arah mana'a buat kr KL sentral'a...
    atau apakah bandara di malaysia cuma itu? mohon jawaban'a krn saya cari bandara KLIA di traveloka tidak ada.
    mohon bantuan'a haturnuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh tahu pakai maskapai apa? kalo Air asia pastinya di KLIA2, selain itu umumnya akan mendarat dan terbang dari KLIA 1. Untuk kuala lumpur hanya ada 2 bandara komersil itu saja dan lokasinya pun berdekatan dan bisa diakses dengan bus atau kereta KLIA express/ transit

      Delete
    2. Kalau naik pesawat kecil Firefly, Malindo, Berjaya Air, dari Singapura atau dari Medan/Pekan Baru/Batam (Indonesia) atau dari Krabi/Koh Samui (Thailand, ketibaan di airport Subang Skypark

      Delete
    3. turun di bandara KLIA2 untuk menuju bagian imigrasi meski berjalan cukup jauh..

      Delete
  4. Wah thanks ya infonya bermanfaat sekali untuk saya yg perdana akan travelling ke malay bln agust ini.

    ReplyDelete
  5. Sekiranya anda suka shopping mall di Malaysia, ada beberapa mall yang menarik untuk dikunjungi:
    1. Suria KLCC (di KLCC)
    2. Berjaya Times Square (di Bukit Bintang)
    3. Lot 10 (di Bukit Bintang)
    4. BB Plaza (di Bukit Bintang)
    5. The Curve (di Kota Damansara)
    6. IOI City Mall (di Putrajaya)
    7. Alamanda (di Putrajaya)
    8. Sunway Pyramid (di Subang Jaya)
    9. Subang Parade (di Subang Jaya)
    10. AEON Piazza (di Shah Alam)
    11. Putra Mall (di Putra, KL)
    12. Gateway (di KLIA2)
    13. Mitsui Outlet Park (di KLIA)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih untuk informasi mengenai daftar mall yang menarik untuk dikunjungi di KL. ada 1 mall lagi yan patut untuk dikunjungi yaitu The Mines di Serdang yang konsep mall nya unik karena ada wisata boat menuju danau bekas galian tambang.

      Delete
  6. thank you reviewnya! so far dari beberapa blog yang uda gw hunting, ini sih yang paling ngena banget, thanks mate!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih astri. semoga bermanfaat dan menginspirasi ya :) salam pejalan.

      Delete
  7. Sy sekeluarga (2 dewasa dan 3 anak) akan ke KL minggu dpn. Tp sy msh bingung nih ttg kartu TnG.. Bisakah sy cm membeli 1 kartu trus digunakan beramai2 dgn keluarga? Harga 1 kartu RM10, apakah isi dlm kartu tsb limitnya segitu atau lbh kecil?
    Mohon pencerahannya :) makasih byk sblmnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf sekali baru sempat online kembali dan membalas satu persatu komen dan pertanyaan yang masuk. rasanya mba suryati sudah sampai KL ya. namun tetap saya jawab saja pertanyaannya agar orang lan yang membaca dan memiliki pertanyaan yang sama bisa membaca komen ini. untuk touch N go card hanya bsia digunakan secara personal 1 orang untuk waktu yang bersamaan. untuk harga kartunya sendiri 5 ringgit namun biasanya dijual dengan harga 15 ringgit dengan saldo sebesar 10 ringgit atau 20 ringgit dengan saldo sebesar 15 ringgit. Sekali lagi mohon maaf karena baru sempat online ya:)

      Delete
  8. Kartu TnG itu boleh guna untuk tol dijalan raya, kalau guna untuk lrt,bas tiap org perlu ada kartu masing2. Lrt, bas pake uang cash saja pun boleh
    Facebook.com/adi.nasrii

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar sekali. kartu touch n go itu seperti e money yang bisa dipakai untuk bus, lrt, bayar tol hingga bayar di minimarket". terima kasih sudah bantu menjawab ya.

      Delete
    2. Kalo kartu Touch and Go apakah bisa digunakan utk KTM? Saya baca tulisan kakak diatas, utk MyRapid tidak bisa utk KTM. Bagaimana dengan Touch and Go, apakah bisa? Dan utk KLIA express apakah saat kita beli tiket KLIA express sudah ditentukan jam keberangkatan dan tempat duduknya di tiket?ataukah bebas? Kalo misal ditentukan jam naiknya, lalu kita missed saat keretanya datang, apakah tiket akan hangus? Kindly info, thank you in advance..

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Hi..mau tanya, apakah dengan bus saya bisa berhenti untuk sighseeing, misalnya rute bus ke bukit bintang dsb. Klo saya berhenti dulu untuk sightseeing boleh? Lalu setelah sightseeing saya naik bus lagi ke bukit bintang misalnya? Dan apakah klo saya berhenti dan naik lagi saya bayar lagi? dan kalau mau ke genting bagaimana ya? Berapa lama perjalanan? Perlu tidak beli hotel di genting? Untuk beli tiket masuk di genting bisa didapatkan di mana? Saya berencana 3days 2 nights dengan ibu saya cukup tidak ya? Oh iya, blog nya bagus sesuai dengan info teman saya. Makasih...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sighseeing bukit bintang saya sarankan ambil kemudahan Bas Go-KL... gratis.. tapi bila berhenti... bus tidak akan menunggu.. dia terus gerak dan nak naik bus lain perlu tunggu bas Go-KL yang lain... gratis jugak.. untuk ke Genting saya sarankan tidak perlu buat masa sekarang sebab thema park sedang dalam baik pulih,,, tetapi sekiranya mau juga untuk mencoba cable car dan suasana dingin,,,ye saya sarankan... untuk ke genting saya sarankan ambil tiket pergi balik dalam satu hari...beli tiket di KL Sentral.. kalau boleh ambil tiket waktu pagi dan balik lewat petang... perjalanan ke genting melihat kepada faktor jalan... biasanya 1 jam perjalanan..

      Delete
    2. terima kasih abah adam sudah membantu menjawab. halo dian mohon maaf karena saya baru online kembali dan baru bisa menjawab pertanyaannya. seperti yang dikatakan abah kita bisa juga seighseeing dengan bus go KL yang gratis. tinggal ikutin saja rute dan haltenya. kalau seightseeing yang dimaksud bus wisata hop op hop off kamu hanya perlu membeli sekali saja yang berlaku 24 jam atau 48 jam tergantung tipe tiket yang kamu beli. kamu bisa naik dan turun sesuka hati selama masa berlaku tiket tersebut masih valid. kalo punya waktu terbatas rasanya di genting baiknya PP saja jadi tidak perlu menginap disana. tiket nya bisa beli di KL sentral terminalnya bersebelahan dengan tempat bus yang menuju KLIA 1 dan KLIA 2.

      Delete
  11. Hi..mau tanya, apakah dengan bus saya bisa berhenti untuk sighseeing, misalnya rute bus ke bukit bintang dsb. Klo saya berhenti dulu untuk sightseeing boleh? Lalu setelah sightseeing saya naik bus lagi ke bukit bintang misalnya? Dan apakah klo saya berhenti dan naik lagi saya bayar lagi? dan kalau mau ke genting bagaimana ya? Berapa lama perjalanan? Perlu tidak beli hotel di genting? Untuk beli tiket masuk di genting bisa didapatkan di mana? Saya berencana 3days 2 nights dengan ibu saya cukup tidak ya? Oh iya, blog nya bagus sesuai dengan info teman saya. Makasih...:)

    ReplyDelete
  12. Hi..mau tanya, kalo mau ke islamic university of malaysia (universitas islam antarabangsa malaysia) gmn ya caranya dr KLIA 1 & 2 ? Dan apakah dekat univ tsb terdapat byk hotel? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dilihat dari peta universitas islam antar bangsa ada di daerah gombak. dari bandara KLIA cara paling murah naik bus ke KL sentral kemudian naik LRT tujuan gombak, dari gombak bisa coba cari info naik bus rapid KL atau naik taksi semisal bawa barang bawaan yang banyak. untuk hotel mungkin bisa survey di agoda atau booking.com supaya bisa dicari yang sesuai dengan budget. semoga jawabannya mencerahkan ya.

      Delete
  13. Keren infonya..izin save dulu ya.

    ReplyDelete
  14. Sewaan kereta beserta driver di malaysia..bisa kemana sahaja..kuala lumpur dan semua daerah di malaysia.juga bisa jemput dan hantar di airport..

    Nissan almera 4penumpang
    Toyota innova 6penumpang
    Kia pregio 10penumpang
    Toyota hiace 14penumpang
    Toyota estima 7penumpang
    Toyota alphard 7penumpang

    azran
    Whatsapp/call
    0179402240

    ReplyDelete
  15. Sewaan kereta beserta driver di malaysia..bisa kemana sahaja..kuala lumpur dan semua daerah di malaysia.juga bisa jemput dan hantar di airport..

    Nissan almera 4penumpang
    Toyota innova 6penumpang
    Kia pregio 10penumpang
    Toyota hiace 14penumpang
    Toyota estima 7penumpang
    Toyota alphard 7penumpang

    azran
    Whatsapp/call
    0179402240

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berapa biaya utk sewa kreta beserta drivernya??? Thanks

      Delete
    2. Biaya utk kereta sama drivernya rm150/day...all in utk jalan2 di kl

      Delete
    3. Biaya utk kereta sama drivernya rm150/day...all in utk jalan2 di kl

      Delete
    4. Biaya sebesar ituuntuk Berapa lama? Apakah 1 hari full?

      Delete
    5. Kalau pas musim liburan lebaran ada disewakan juga ya pak.perkiraan antara 23 juni sampai 26 juni 2017?
      Berapa biaya nya kira2 untuk sewa toyota innova serta drivernya nett.

      Delete
  16. Hello mas, saya berencana mau coba solo backpack ke malaysia nih.. Sebelumnya saya mau bilang, terimakasih udah share info yang kumplit bangett, blog'nya sangat membantu.. Btw, saya mau tanya nih mas.. Saya nginap di simms hotel dekat Imbi monorail station, rencana mau ambil spot foto di KL city gallery, kira kira kalau lewat dari jam 6 sore saya masih bisa nga ya foto di icon I❤KL nya itu? Trus kalau dari station Imbi mau ke KL city gallery itu gimana? Dekatan ke KL city gallery dlu atau ke KLCC petronas twin tower? (Mohon bantuannya suhuu.. hihihi) Thanks b4.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru sempat respon. sudah berangkat ke KL kah? namun jika belum atau ada yang membaca comment ini semoga bermanfaat.
      Untuk kamu yang hendak ke KL city gallery paling dekat di akses dari masjid jamek atau pasar seni. untuk sekedar foto di depan 1 love KL itu bisa kapan saja karena berada di luar gedung namun kalo mau masuk datanglah pagi dan akan tutup pada pukul 6 atau 7 sore. Untuk KLCC twin tower akses paling mudah bisa naik LRT turun di stasiun KLCC kemudian tinggal jalan kaki sampai di mall suria tepat dibawah bangunan twin towernya.

      Delete
  17. Hello mas, saya berencana mau coba solo backpack ke malaysia nih.. Sebelumnya saya mau bilang, terimakasih udah share info yang kumplit bangett, blog'nya sangat membantu.. Btw, saya mau tanya nih mas.. Saya nginap di simms hotel dekat Imbi monorail station, rencana mau ambil spot foto di KL city gallery, kira kira kalau lewat dari jam 6 sore saya masih bisa nga ya foto di icon I❤KL nya itu? Trus kalau dari station Imbi mau ke KL city gallery itu gimana? Dekatan ke KL city gallery dlu atau ke KLCC petronas twin tower? (Mohon bantuannya suhuu.. hihihi) Thanks b4.. ^^

    ReplyDelete
  18. mohon bantuannya.. sabtu besok saya dan keluarga mw k KL emg c utk ke 2x-nya k KL tp apa ada kabarnya genting sekarang yg thema park ud kembali normal blm ya? trima kasih

    ReplyDelete
  19. mohon bantuannya.. sabtu besok saya dan keluarga mw k KL emg c utk ke 2x-nya k KL tp apa ada kabarnya genting sekarang yg thema park ud kembali normal blm ya? trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf utk respon lambatnya, kabarnya utk genting belum jadi karena masih tahap renovasi. untk theme park 21 century kabarnya baru jadi akhir tahun 2016 ini.

      Delete
  20. Nice review mas thanks for share ^^.
    Rencana mau solo backpack bulan Nov ntar. Klo dari KL sentral ke daerah bukit bintang itu rekomended naik apa yah mas.Thank uuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ke bukit bintang ada banyak alternatif angkutan umum untuk kesana. salah satu cara paling mudah bisa naik monorel turun di stasiun bukit bintang. bisa juga naik bus gratisan GO KL yang melayani rute keliling kota KL.

      Delete
  21. terima kasih untuk review-nya.. sangat membantu karena mudah dimengerti... saya berencana ke kuala lumpur 31 agustus nanti...
    saya lihat banyak daftar penginapan murah di chinatown.. saya berminat mencari penginapan dsana.. kira2 itu jauh ga ya dr KLIA? takut.a malah habis d transport nanti budget.a... saya rencana cuman 2 hari aja sih d KL..
    mohon pencerahannyaa...
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk penginapan di china town letaknya di pusat kota dan pusat wisata. akses dari KLIA bisa naik bus/kereta ekpress ke KL sentral kemudian menyambung naik LRT 1 stasiun saja dari KL sentral. kalo waktu terbatas saya menyarankan selain mencari penginapan di china town bisa juga cari penginapan dekat KL sentral yang lebih strategis.

      Delete
  22. Hay, mau nanya ni, saya rencna solo backpack ke KL untuk pertama kalinya, klo di Kl sebaiknya budget yg di bawa udah di tukar dari indonesia atau di tukar sesampainya di airport? trus apa kah ada atm bersama yg tersebar di kl ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baiknya bawalah ringgit dari Indonesia karena nilai tukarnya lebih bagus. dan hindari menukar uang di bandara manapun karena nilai tukarnya umumnya sangat merugikan konsumen. dan baiknya jangan bawa rupiah kalio keluar negeri karena tidak semua negara menerima, kalopun menerima nilai tukarnya jeblok hehe.,. semoga bermangaat :)

      Delete
  23. Ahhhh senengnya baca blog ini akhirnyaaa memudahkan liburan saya.. ehh mw tanya untuk kartu hp atw internet kan kl di singapore kita bs pake starhub nah klo di kl ini apa yahh ada rekomendasinya ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya merekomandasikan gunakan DIGI salah satu provider dengan internet yang lancar dengan harga paket yang lebih terjangkau sesuai kuota yang dibutuhin. sim card dan top up nya bisa dibeli di bandara KLIA 1 atau 2.

      Delete
  24. Selamat siang ka
    Saya rencana tanggal 23 mau solo ke KL nih
    Kira2 kartu yang agak merakyat buat backpacker apa ya ? Klo misalkan digi itu perhari/perminggu berapa ya ? Soalnya saya 8 hari ni dimalaysia
    Makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk menghemat quota tentunya bisa memanfaatkan free wifi yang ada di penginapan, tempat makan dan tempat" wisata. apabila hendak membeli kartu DIGI bisa disesuaikan dengan kebutuhan. untuk pilihan paketnya mulai dari 18 ringgit untuk 450 MB, 20 RInggit untuk 650 MB, 30 ringgit untuk 2,25 GB. klo cuma 8 hari bisa ambil paket yg mingguan aja 15 ringgit dapet 1 giga :)

      Delete
  25. Malam bang,
    Nanya harga untuk tourist pass harian berapa ya, trus kartu itu ada limitnya ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah blm pernah beli yg tourist pass, selama traveling di KL lebih suka beli rapid card yang lebih murah karena disesuaikan sama pemakaian. tp klo ngga salah utk tourist pass harga perharinya sekitar 30-50 ringgit untuk pemakaian tanpa batas/ harian.

      Delete
  26. Terimakasih infonya bang..saya mau nanya bang..kalau untuk 4 orang lebih disarankan naik taxi atau angkutan umum ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo yanni. ini untuk pertanyaan naik transport dimana? kalo dari bandara rasanya naik uber/grab bisa jadi pilihan yang tepat jadi bisa hemat karena patungan ber-4. klo traveling dalam jumlah kecil bisa naik bus ke kl sentral dulu dengan ongkos 10/11 ringgit perorang.

      Delete
    2. Hello.mau nanya nih kalao mau naik uber dari klia1 waitingnya dimana ya?

      Delete
    3. kalau dari klia2 ke KL sentral berapa ya biayanya? termasuk tol

      Delete
  27. mantabbb info nya Gan... InshaAllah tgl 21 Qta rombongan 13 orang mau jalan ke KL. Masalah nya sampai KL jam 00:30. Mohon info nya Gan, dari bandara KLIA ke Pudu naik apa yaa yg murah. Cozz hotel kita di Cheras, Pudu. Trims sebelum nya Gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf sekali ya baru terbaca commentnya. bagaimana trip tanggal 21 kemarin? kalau mau hemat tentunya naik bus dulu ke KL sentral kemudian naik uber/grab. namun karena ramai" 13 orang ada baiknya cari info minivan di bandara KLIA yang bisa antar langsung ke hotel biar hemat waktu dan tenaga mengingat sudah tengah malam.

      Delete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. saya suka dengan website ada , mari mampir untuk memperjelas cara pembuatan pasport untuk berjalanan travel anda klik http://www.caramembuatpaspor.com/

    ReplyDelete
  30. kak kalau pas di kantor imigrasinya kita ditanyai gt gak bawa uang berapa?
    ada limit ga uang yang harus dibawah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat jarang sih ditanya seperti itu karena umumnya kalopun ada random checking mereka akan tanya sampai kapan rencana tinggal di malaysia, bukti tiket keluar malaysia serta tiket penginapan/ akomodasi.

      Delete
  31. Tulisan blog ini sangat berguna sekali untuk saya. Saya rencana pergi ke Malaysia untuk menonton MotoGP akhir bulan ini. Dan saya ada rencana 1 hari untuk trip KL, yaitu mengunjungi Batu Cave dan Petronas serta KL Tower.
    Kalau jam 11 saya baru sampai di KL Sentral, apakah kira-kira waktu saya cukup seharian mengunjungi 3 tempat di atas?
    Lalu, berapa ya estimasi uang cash yang perlu saya bawa untuk transportasi dan makan?

    Mohon infonya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy bagi info ya...kemaren sy ntn F1 di sana, sebenernya menurut sy cukup waktu cm bakalan cape dan coba liat jadwal mrt terakhir ke batu cave. trio yg paling jauh Dr kl sentral ya batu cave walau hanya 30 menit. Dr sana baru ke tower dan Petronas. harga tiket sekali jalan ke batu cave 3,6RM sekali jalan, ke tower Ama Petronas paling 3RM masing2 tempat. untuk makan makanan biasa kurleb 10RM an tergantung makannya apa. jangan lupa pake sunblock di batu cave sama Sepang panas bgt hehehe...

      Delete
    2. 1 hari trip Moto GP berarti pas Sunday Race nya? jam 11 baru sampai KL Sentral ? mending langsung ke Sepang aja deh, jauh loh dari KL Sentral sampai Sepang...bisa 1 - 1,5 Jam kalau ngga macet...tapi biasanya macet trafficnya kalo ada perhelatan motoGP

      Delete
  32. Terimakasih infonya.
    Insyaallah kami ada niat ke sana November mendatang. Setidaknya tahu tata cara dan tata krama mempermudah kami yg persona ke sana.
    Sekali lagi terimakasih :)

    ReplyDelete
  33. Mbak/mas... Thanks buat info nya. Kalau untuk perjalanan selama 3 malam, dengan ala backpacker ya, kira2 perlu bawa uang berapa ringgit ya? Paling belanja souvenir saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab ah, awal oktober kemaren backpacker 3 malam bawa 900RM masih ada sisa 250 RM, tp sy agak boros sih dan banyak bawa souvenir.

      Delete
    2. bantu jawab ah, awal oktober kemaren backpacker 3 malam bawa 900RM masih ada sisa 250 RM, tp sy agak boros sih dan banyak bawa souvenir.

      Delete
    3. Budget ala backpacker ( tidak termasuk hotel ) :

      Transport : 50Rm ( udah cukup lah bisa pulang balik naik MRT ke stesen² kaya KLCC, Pasar Seni, Batu Caves dll tapi non Genting Highland )

      Makan : @5Rm - 10Rm per orang sekali makan + minum , tinggal dikali aja 3 hari , kalau mau bener bener ngirit ya cari yg lebih murah kaya kedai kedai buat karyawan yang ada di dalem mall mall, itu luar biasa murahnya! Saya terakhir makan Nasi Ayam Rendang di foodcourt khusus karyawan yang ada di MidValley MegaMall cuma abis 2Rm...itu aja udah porsi kuli dan rasanya lumayan ( september 2016 )

      Oleh² / Souvenir : Puterin ChinaTown aja, ada lapak komplit yg jual suvenir dari kaos sampe ganci , Harga kaos rata rata di harga 5Rm-10Rm di daerah China Town, Harga ganci sekitar 6 - 10 Rm per set isi 5 atau 6, harga magnet kulkas antara 2 - 3 Rm, Harga miniatur Twin Tower / Asbak / tempat pulpen sekitar 15 - 50Rm dan masih banyak lagi yang lain macemnya.

      fyi : kalau mau kaos yang kualitas bagus saran saya mending beli di KL City Gallery harganya sekitar 25RM per kaos dan disana juga banyak suvenir lain yg lucu lucu tapi lebih berkualitas dibanding yg dijual di ChinaTown. Produk² ini juga bisa ditemukan di dalam Central Market karena KL City Gallery / ARch sudah buka cabang disana

      Jadi bisa dikira kira sendiri abis nya berapa ^_^

      Delete
    4. Bagaimana kita tau kalau itu gerai untukk karyawan?

      Delete
    5. Bagaimana kita tau kalau itu gerai untukk karyawan?

      Delete
    6. untuk kedai karyawan umumnya tempatnya kurang strategis namun masih bisa ditemui dengan cara mengikuti petunjuk arah food court. ya untuk di midvalley ada food court karyawan yang murah yang posisinya di jalan penghubung dari midvalley ke arah the garden mall. kalo di KLCC bisa dikatakan makanan paling murah di foodcourt lantai 4 dan 2 atau bisa juga beli di supermarket Cold storage lantai UG.

      Delete
  34. Wah bagus bgt infonya 👍 mau tanya jg nih klo bus goKL gratis itu beroperasi dr jam brp sampai jam brp

    ReplyDelete
  35. Wah bagus bgt infonya 👍 mau tanya jg nih klo bus goKL gratis itu beroperasi dr jam brp sampai jam brp

    ReplyDelete
    Replies
    1. bus beroperasi dari jam 6 pagi sampai jam 11 malam. untuk jam" sibuk biasanya bus penuh dan ada sedikit keterlambatan karena kondisi jalanan yang macet.

      Delete
  36. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  37. Siang Mas/Mba,
    Mungkin disini ada yg bisa bantu saya.
    Kmai ber-7 akan transit di KLIA2 - sabtu dini hari jam 3.00 dan akan flight ke SOETTA jam 18.00 di hari yg sama, yang mau saya tanyakan adalah :

    1. ketika tiba di KLIA2, smbil nunggu pagi hari (sekedar untuk selonjoran kaki / mandi, apakah lebih baik sewa hotel express atau selonjoran di bandara aja ?
    2. Dalam waktu singkat itu, untuk sightseeing / city tour KL, spot2 mana saja yang rekomendasi (foto2 dan belanja, kuliner) ?
    3. Untuk transportasi selama di KL, mending sewa mobil, taksi atau uber ya?

    terima kasih untuk yang bantu jawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Versi backpacker tanpa taksi / mobil / uber

      1. Mending selonjoran sebentar di bandara, perkiraan saya kalau tiba tepat waktu pukul 03.00 setelah itu melalui proses imigrasi dsb akan memakan waktu 30 - 60 menit paling lama. Untuk mempersingkat waktu menuju pusat kota Kuala Lumpur saya sarankan menggunakan KLIA Express yang berangkat paling pagi yaitu jam 5 Pagi. Harga Tiket 55Rm untuk dewasa, dan tiket dapat dibeli di counter resmi KLIA Express setelah keluar dari Imigrasi.

      2. Jika berangkat dari KLIA2 menggunakan KLIA Express jam 5 pagi maka kemungkinan akan sampai di stasiun KL Sentral ( Stasiun Pusat semua kereta di Kuala Lumpur ) sekitar jam 5.45 pagi. Jam tersebut mungkin bisa digunakan untuk beristirahat atau sarapan pagi di seputaran stasiun KL Sentral ( bisa di FoodCourt KL Sentral / kedai nasi Lemak ABC di bawah stesen monorail KL Sentral ). Lepas dari KL Sentral saya menyarankan langsung menuju ke KLCC / Petronas menggunakan LRT Kelana jaya , perjalanan mungkin hanya sekitar 10 - 20 menit paling lama. Karena tiba di Petronas masih sangat pagi jadi Mall Suria KLCC yang ada di dalam Petronas masih belum dibuka, jadi hanya bisa berfoto foto ria dari luar Petronas, bisa dari sisi depan atau dari sisi belakang ( saya sarankan dari sisi belakang karena ada taman serta kolam dan pemandangan lebih bagus )
      Selepas foto foto di Petronas, sebaiknya kembali menggunakan LRT yang sama untuk langsung menuju Stesen Pasar Seni / Central Market , disini bisa shopping banyak souvenir khas malaysia meskipun harganya agak mahal. Kalau mau yang murah mending jalan sedikit sekitar 200 - 300m ke daerah China Town karena disini terkenal paling murah untuk oleh oleh khas Malaysia ( kaos, ganci, magnet kulkas dll ). Kalau doyan belanja dan window shopping saya rasa 2-3 jam waktunya akan habis disini. Jadi kemungkinan sekitar jam 1 baru akan selesai, dan kembalilah menuju stesen Pasar Seni dan langsung kembali menuju Stesen KL Sentral. Setelah itu beli lagi tiket KLIA Ekspress yang menuju KLIA2 ( estimasi perjalanan 45 menit dari KL Sentral ke KLIA2 ) dan saya rasa sekitar jam 15.00 sudah sampai di KLIA2 dan masih cukup banyak waktu untuk Proses Check In dan sightseeing di bandara KLIA2. Semoga membantu dan maaf kalau ada salah kata. Thanks

      Delete
  38. Replies
    1. Saya dan keluarga rencana desember akan ke KL. Kira2 tempat mana saja yaa yg hrs kami kunjungi karena agak lama juga 6 hari 5 malam..

      Delete
    2. kalau transport dari bandara ke johor naik apaa yaa?

      Delete
    3. Ambil flight dari bandara ke johor....atau dari bandara ambil tren klia menuju ke TBS...Dari TBS ambil pula bas ekspress ke johor

      Delete
    4. mauu sumbang idee ahhh

      Jangan cuma di KL, mending jalan jalan ke kota lain juga
      ke Melaka, dari KL Sentral ke TBS lalu naik Bus ke Melaka (bus RM 10)
      Ke Ipoh, dari KL Sentral naik kereta express ke Ipoh (RM 12)

      -M.
      http://inklocita.blogspot.co.id/2016/11/impulsive-weekend-trip-awal-mula.html

      Delete
    5. iya setuju, kota melaka dan ipoh bisa menjadi destinasi tambahan untuk dikunjungi jika ada waktu lebih saat explore malaysia. Salam.

      Delete
  39. Ada yang nak pergi ke KL lihat Gp sendiri? Saya juga sendiri mngkin ada yg bisa bevarengan

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  41. Wah brmnfaat sekali reviewnya,, terimakasih.
    Sblmny knlkn saya Widya,
    Kebetulan saya ada kgiatan dibatu metropolitan park di KL, nah saya berencana bepergian hari kamis depan tgl 24nov ini, kira" seminggu disana,, nah selain saya ingin prgi ke Batu metropolitan itu, saya ingin brjln" jg k twin tower, Batu cave, bukit Bintang dan destinasi wisata lainnya, yang ingin saya tanyakan sebaiknya saya ambil penginapan dimana yaa? Yg bisa mengakses tmpt" itu tidak repot, dan penginapan yg low budget juga? Sebaiknya saya menginap di daerah mana? Mohon pencerahanny, soalny saya baru pertama kalinya ke mlaysi.. Terimakasih sebelumnya. :D

    ReplyDelete
  42. Ada beberapa daerah strategis yang bisa saya rekomendasi kan.
    1. Daerah KL Sentral, ini sangat dekat dengan transportasi umum mulai dari bus ke bandara, kereta ke bandara, kereta antar kota, LRT, Monorail serta kereta komuter. budget penginapan yang low budget disini mulai dari 80 RM. saya bisa rekomendasikan untuk penginapan murah di sekitar KL sentral yaitu my hotel, my hotel 2, easy hotel, metro hotel.

    2. penginapan daerah pasar seni dan masjid jamek. budgetnya bisa mulai dari 40 RM (hostel) dan 70 RM (hotel) dekat dengan pasar seni dan petaling street yang juga jadi salah satu destinasi wisata. jaraknya 1 stasiun LRT dari KL sentral atau dengan bus umum rapid KL. keuntungannya lebih murah dari KL sentral namun kawasannya lebih ramai karena dekat pasar.

    3. kawasan bukit bintang. penginapan di daerah ini yang berberbudget murah mulai dari 50 RM (hostel) dan 80 RM (hotel). kelebihannya dekat dengan pusat perbelanjaan dan kulineran di jalan alor. untuk ke kawasan ini harus naik monorail dulu dari KL sentral. kalo ngga suka keramaian kawasan bukit bintang kurang cocok karena akan sangat bising mengingat kehidupan malam ad di sekitar tempat ini.

    rasanya 3 kawasan itu yang saya bisa rekomendasikan karena dekat dengan transportasi umum, namun pilihan bisa mba sesuaikan dengan budget serta preferensi suka dengan suasana hotel yang seperti apa.

    ReplyDelete
  43. Tanya mas bro tu kartu myrapid tuk per orang y?mis 2 dewasa 1 anak kecil beli 1 atau 3?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas benar 1 kartu untuk 1 orang. namun apabila mas bawanya 1 anak kecil dibawah 6 tahun masih gratis. tapi klo anaknya sudah besar maka harus membeli tiket / kartu yang sama :)

      Delete
  44. ka saya mau tanya, bagaimana orang-orang malaysia sendiri ya? apakah mereka ramha dengan kita? oh ya ka kalo kaka keluar negeri apalagi ke malaysia, cobain deh sewa wifi travel dari wi2fly ga perlu cari sim card lagi, bebas roaming sinyal 4G LTE tarif mulai dari 70 ribu loh ka

    trafel wifi internet wisata ke malaysia

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ramah kok, selama kita bisa menjaga sikap dan berperlikau baik mereka akan sangat baik. kebetulan saya sudah tinggal lama di kota ini dan sejauh ini sangat menyenangkan karena seperti hidup di negeri sendiri.

      Delete
  45. Makasih Yaa infonya,, semoga bermanfaat saat di Malaysia nanti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama just awal, semoga bermanfaat dan menginspirasi ya

      Delete
  46. Mantap nih infonya Mbak, guna banget saya ikutin pake myrapid 7hari, sayangnya minimum top up 10 ringgit dan ga bisa refund hehehe

    -M.
    http://inklocita.blogspot.co.id/2016/11/impulsive-weekend-trip-awal-mula.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya my rapid yg tourist pass juga bisa jadi alternatif supaya lebih ringkas dan praktis tanpa perlu top up"

      Delete
  47. Lengkap nih,, terimakasih banyak infonya,,, 👍👍👍

    ReplyDelete
  48. Sebelumnya terimakasih atas infonya yang sangat bermanfaat bagi keluarga kali yg minggu depan akan berlibur ke KL, saya mau tanya kalau mau ke Singapura dari KL, enaknya naik kereta atau bus ya?, dan berapa lama juga perjalanan dan harga tiket keretanya, terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf bang joshua baru sempat terbalas pesannya. Kalo naik kereta baiknya harus reservasi dulu karena umumnya akan terjual habis khususnya di akhir pekan, klo naik bus karena banyak jadwalnya bisa langsung beli ketika sampai di terminal bus larkin di johor baru menuju kuala lumpur. untuk enakan mana kami sudah mencoba kedua transportasi itu secara waktu perjalanan bus lebih cepat, namun sensasinya tentu berbeda tinggal bang joshua mau mencoba/ lebih suka transportasi apa :D

      Delete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. Maaf mau tanya , klau buat cwe traveller berdua ke malaysia aman gak yaa ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kami sudah tinggal lama di negara ini dan bisa dibilang aman. yang penting kita bisa menjaga sikap dan berperilaku baik. utk cewek baiknya jangan berpakaian yang terlalu mencolok atau mengundang agar lebih aman. untuk transportasi umumnya seprt lrt, monorail dan komuter pun aman krn dilengkapi kamera cctv yang memonitor. tapi kita tetap harus waspada krn di mana saja mungkin ada saja copet klo kita lengah.

      Delete
  51. terimakasih untuk infonya kak.. sangat2 bermanfaat apalagi untuk saya yang masi belum pernah ke malaysia..
    pertengahan januari saya dan keluarga (5org) akan backpackeran kemalaysia, cm kami blm pesen penginapan.
    yg jadi pertanyaan apa bisa kami pesan hotel setibanya di malysia? atau harus booking dlu yaa ke agoda ato web lainnya waktu masi di indonesia kak?
    dan untuk penginapannya yang sekiranya low budget dan dekat dengan pusat kota dimana ya kak? dan apa bisa dijangkau dengan naik kereta, monorail ato komuter?
    mohon pencerahannya kak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo bepergian dengan group apalagi dengan keluarga sebaiknya untuk penginapan sudah di pesan sebelum berangkat, karena kalau go show khususnya di akhir pekan belum tentu dapat yang cocok baik lokasi maupun harga. keuntungan klo sudah bookig kita bisa hemat waktu sehingga sudah tahu kemana pengnapan yang akan dituju serta sudah dapat dibudgetkan berapa biaya penginapanya. kalo pergi sendiri atau berdua baru cocok untuk go show tanpa booking penginapan sebelumnya. Untuk penginapan yang strategis saya sarankan bsia mencari di kawasan KL sentral, pasar seni, masjid jamek atau bukit bintang yang memang kawasan wisata. saya pernah menulis comment mengenai penginapan di KL berikut saya kutip kembali.

      Ada beberapa daerah strategis yang bisa saya rekomendasi kan.
      1. Daerah KL Sentral, ini sangat dekat dengan transportasi umum mulai dari bus ke bandara, kereta ke bandara, kereta antar kota, LRT, Monorail serta kereta komuter. budget penginapan yang low budget disini mulai dari 80 RM. saya bisa rekomendasikan untuk penginapan murah di sekitar KL sentral yaitu my hotel, my hotel 2, easy hotel, metro hotel.

      2. penginapan daerah pasar seni dan masjid jamek. budgetnya bisa mulai dari 40 RM (hostel) dan 70 RM (hotel) dekat dengan pasar seni dan petaling street yang juga jadi salah satu destinasi wisata. jaraknya 1 stasiun LRT dari KL sentral atau dengan bus umum rapid KL. keuntungannya lebih murah dari KL sentral namun kawasannya lebih ramai karena dekat pasar.

      3. kawasan bukit bintang. penginapan di daerah ini yang berberbudget murah mulai dari 50 RM (hostel) dan 80 RM (hotel). kelebihannya dekat dengan pusat perbelanjaan dan kulineran di jalan alor. untuk ke kawasan ini harus naik monorail dulu dari KL sentral. kalo ngga suka keramaian kawasan bukit bintang kurang cocok karena akan sangat bising mengingat kehidupan malam ad di sekitar tempat ini.

      rasanya 3 kawasan itu yang saya bisa rekomendasikan karena dekat dengan transportasi umum, namun pilihan bisa mba sesuaikan dengan budget serta preferensi suka dengan suasana hotel yang seperti apa.

      Salam.

      Delete
  52. wihh jadi pengen backpack ke Malaysia nih, terimakasih atas infonya ya.. oh iya Saya juga punya referensi lain nih tentang pariwisata di Indonesia yang tentunya menarik untuk disimak. http://pariwisata.gunadarma.ac.id/ barangkali bermanfaat. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah anak gundar ya. gundar mana? depok pocin atau bekasi? hehehe..

      salam.

      Delete
  53. Thanks infonya bermanfaat banget..mau tanya kl anak2 apakah hrs membWa id card umur 11,dan 9, selain paspor, terus ditanya gak ttg npwp karena sy ibu rumah tanggA..rencNa dari palembang ber3 janjian sm suami ketemu di KL utk menghemat biaya...tempat pLing aman utk menunggu dimana ya kl dibNdara utk janjian..ada saran gak....thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. identitas yang dibutuhkan saat keluar negeri yang paling utama adalah paspor sedangkan yang lain hanya optional. jika ada bisa dibawa jika tidak juga tidak apa apa. begitu halnya juga dengan NPWP yang tidak wajib bahkan sudah tidak pernah diperikasa lagi karena memang npwp bukanlah salah satu syarat indentitas yang harus dimiliki atau dibawa kemana saat traveling.

      untuk janjian di bandara bisa di pintu keluar setelah imigrasi dan customs saja (tempat dimana orang" menjemput). posisinya sebelum old town atau digi. atau didepan stasiun ERL/kereta express juga bisa jadi pilihan mengingat banyak petunjuk arah yang jelas untuk ke stasiun ini jadi memudahkan untuk bertemu/janjian.

      Delete
  54. Saya mau tanya mudah tidak ya kalo kita benar2 ingin jalan2 di malay pake umum seperti bis atw lrt, dr bandara. Dan untuk 3 hr dsna bagusya tetap dengan 1 penginapan saja atw pindah2. Trus jauh2 tidak tempat rekreasi ya misal sy menginap di central.mksh sebelumya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas ahmad. bsia saya katakan mudah karena moda transportasi di malaysia cukup lengkap mulai dari kerete express bandara ke pusat kota, bus bandara ke pusat kota kemudian sampai ke pusat kota KL sudah ada berbagai transportasi umum yang dapat menjangkau ke semua tempat wisata/tempat menarik diantaranya LRT, Kommuter, monorel dan bus go KL yang gratis. klo hanya 3 hari baiknya jangan pindah" penginapan supaya menghemat waktu packing dan pindah"an.

      Delete
  55. saya ada rencana ke kl bualn febuari, apakah disana musim hujan?
    Sekedar info saya bawa bayi 1tahun dan mama saya..
    oh iya kalau untuk transportasi, mengingat saya agak ribet bawa bayi dan orang tua sewa mobil apakah mahal?
    Terimaksih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuaca di KL hampir sama dengan cuaca di INdonesia. untuk february umumnya masuk transisi musim hujan ke musim kemarau. klo semisal ada budget lebih dan takut nyasar rasanya sewa mobil bisa jadi salah satu pilihan. klo tidak salah seharinya sekitar mulai dari 200 ringgit, ya rada mahal memang. tapi klo budget terbatas seperti kami dan pengalaman kami bawa orang tua dan anak kecil untuk menuju ke tempat wisata/tempat menarik di KL hampir semua bisa diakses dengan transportasi umum LRT dan monorelnya. namun klo prefer naik mobil saya bsia saranin beli kartu sim card lokal untuk bisa internetan kemudian naik saja grab atau uber dijamin perjalanan lebih nyaman untuk orang tua dan anak serta biaya yg jauh lebih murah dibanding sewa mobil sendiri.

      Delete
    2. Halo kak, sebenarnya saya masih bingung dengan tulisannya kakak, jd ceritanya saya akan mendarat di KLIA2 dan berencana mw ke twin tower menggunakan bus, bus rapidkl dll bisa kan ya kak? tapi yg bikin saya bingung itu, tempat pemberhentian bus nya yang deket twin tower apa namanya kak? mohon jawabannya kak, makasih banyak..

      Delete
    3. klo agak bingung naik bus, ke KLCC bisa naik LRT saja dari KL sentral turun di stasiun KLCC. itu berhenti tepat di bawah bangunan suria KLCC twin towernya, jadi dijamin ngga akan nyasar hehe..

      Delete
  56. Saat kita tiba di bandara,jika kita ingin naik bus Go KL apakah rute bus ada di bandara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bus go KL hanya melayani pusat kota kuala lumpur saja. dari bandara ke pusat kota KL bisa naik kerete express ERL atau naik bus bandara yang jauh lebih murah. nanti sesampainya di KL sentral baru bisa naik bus go KL untuk keliling kota.

      Delete
  57. Halo...Mau tanya dong. Kebetulan saya ada plan untuk backpack ke Malaysia di Bulan Maret. Ada beberapa pertanyaan nih yang mau saya tanyain

    1. Dari penjelasan mengenai RapidKL, TouchNGo, kira-kira mana ya yang lebih pas untuk solo backpacker?

    2. Apakah Bus yang mengantar penumpang dari KLIA 2 ke KL sentral beroperasi sampai 24 jam?

    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas abdul.

      1. sebenarnya touch n go lebih "powerfull" bisa dipake ke semua moda transportasi rapidkl (lrt, bus rapid & monorel) termasuk komuter sedangkan rapidkl card hanya untuk lrt, bus dan monorel saja. namun untuk membeli touch n go card kadang tidak mudah karena lokasi pembeliannya kurang strategis di tempat yang tidak terlalu mudah diketahui para wisatawan yang baru pertama kali ke KL. namun semisal melihat ada stand pameran di Kl sentral yang lagi menjual touch n go berarti sedang beruntung karena waktunya pas hehe.. klo semisal tidak menemukan yg jual touch n go datang saja ke loket di stasiun LRT disana pasti menjual kartu rapidKL.

      2. bisa dikatakan hampir 24 jam namun klo sudah tengah malam ke dini hari jadwal keberangkatannya lebih sedikit tidak seperti jadwal sebelum jam 1 pagi yang masih ada 3 kali keberangkatan setiap jam nya.

      Delete
    2. Ooh Gitu ya, tarif rapidKL sendiri itu berapa ya? dan apakah RapidKL dan TouchnGo seperti kartu isi ulang TransJakarta disini atau seperti Singapore Tourist Pass di Singapore yang bisa dipakai sampai 3 hari?

      Terima kasih ya sebelumnya

      Delete
    3. untuk saat ini per akhir july hanya touch n go yang berlaku. kartunya dapat digunakan seumur hidup kecuali ada upgrade system.

      Delete
  58. Salam...
    Sebaiknya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengelilingi Malaysia itu?
    Termasuk, ke KL, Penang, Johor, Langkawi, atau ada kota yang lain yang recommended?
    Ini yang versi backpacker-nya aja..
    Berapa hari dan berapa malam ya cocok-nya?
    Dan, sebaiknya dimulai dan diakhiri dari kota mana aja ya kak?
    Mohon pencerahannya, Suhu..
    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo tya. klo mau backpacker kliling malaysia tentunya bisa dimulai dari johor yangbisa diakses dari singapura atau mendarat langsung di johor. dari johor bisa mampir ke kota tua melaka sebelum menjelajah kuala lumpur. dari kota kuala lumpur bisa singgah ke kota tua ipoh sebelum menjelajah butterworth dan penang. dan penang baru bisa mampir ke langkawi kemudian balik ke indonesia atau nyebrang ke thailand. itu kira-kira urutan kota yang saya rekomendasikan untuk di kunjungi jika mau keliling malaysia. untuk berapa hari dan malam tergantung budget juga. idealnya masing" kota minimal 1 hari 1 malam. klo mau backpacker biar hemat bisa naik bus antar kota untuk mengujungi semua tujuan tersebut kemudian nyambung perahu/ferry untuk ke penang dan langkawinya.

      Delete
  59. wow gambaran di bandaranya lengkap sekali.. sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih. semoga bermanfaat dan menginspirasi ya.

      Delete
  60. Welcome to Malaysia. I would like to recommend other parts of KL. To see old KL shopping area is Jalan Tuanku Abdul Rahman. Old shops lined this street plus a few small malls such as Sogo, Mara Digital and Maju Junction. This street is just next to Dataran Merdeka. Secondly use the new MRT to reach Mutiara Damansara where famous malls are located such as The Curve, IPC, Cineleisure and Ikea.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes agree. with new MRT line and LRT extension to putra heights we can access so many place in KL using public transport. so if we have enough time we can explore other parts of KL as well. thank u for your info

      Delete
  61. Hello.
    Mau nanya nih kalao pesan uber taxi waiting nya di mana ya?soalnya kalao di klia1 kayaknya gak boleh y.
    Trus seandai kalao pesan taxi bandara untuk kapasitas 5 orang berapa biayanya perkiraan tujun ke kl hotel bukit bintang.thqnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Malaysia pesan grab/uber atau moda online itu aman karena legal. biasanya kami menunggu di area keberangkatan atau penjemputan (asal tidak di tempat bus ya). klo naik taksi meter bisa sampai 140 RM, tapi klo naik uber/grab yg kapasitasnya 4 orang tarifnya hanya 65 RM + tol 7 RM. klo yang lebih besar kami belum pernah coba.

      Delete
  62. Thanks untuk infonya , mau tanya Mas kalau dari batucaves ke genting (cable car station ) apakah ada bus ? Kira2 tarifnya berapa yah ? Dan begitupun sebaliknya kalau dari genting apa ada bus yang langsung ke KL sentral atau bukit bintang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf sekali baru terbalas ya commentnya. setahu kami tidak ada transportasi umum dari batu caves ke genting. klo mau ke genting dari tengah kota bsia naik di KL sentral, posisi busnya ada di LG sederatan sama bus" yang ke bandara KLIA. jadi klo dari batu caves harus naik kereta komuter dulu balik ke KL Sentral. kecuali dari batu caves mau sewa taksi/mobil/grab untuk ke genting namun pasti mahal harganya.

      Delete
  63. nice info mas. artikelnya juga bagus , menarik buat dibaca.
    kalo misalnya butuh info tmpt jalan" coba liat di Info Travelling aja , siapa tau membantu. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap. terima kasih sudah berkunjung. smeoga bermanfaat ya. nanti kami mampir juga ke webnya.

      Delete
  64. Masih bisa pake referral code mu kah mas buat airbnb nya? Boleh minta linknya kah? Thx before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh pakai referral saya. ini link nya www.airbnb.com/c/heris2

      untuk kamu yang mau dapat voucher atau potongan harga saat pertama kali booking dengan airbnb bisa lewat link itu ya, salam.

      Delete
  65. Sangat membantu, terimakasih banyak info nya. 10 feb 2017 mau piknik ke Malaysia ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung. semoga bermanfaat ya, salam

      Delete
  66. info yang sangat amat membantu !!
    rencana mau backpack di februari sendirian... semoga berjalan sesuai rencana dan gak blah-bloh di negri orang ya.. :)))

    keep update yaa..
    Terimakasih sebelumnya, banyak membantu jawaban pertanyaan saya juga..

    ReplyDelete
  67. Saya ke KL 13 Feb 2017 sampe 20 Feb 2017.
    Ada yg mau Jln2 bareng di KL ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh share mau kemana aja? Saya 14 15 feb ke KL juga... Hehe

      Delete
    2. Kirim WA/Line/BBM u ke konjimmychandra@gmail.com
      TQ

      Delete
  68. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  69. Saya ke KL tanggaL 13 Feb sampe 20 Feb 2017.
    TinggaL di Tune Hotel - Downtown KL.
    Ada yg mau Jln2 bareng seLama gw di KL ?
    KaLo ada yg tertarik...Kirim WA/Line/BBM u ke konjimmychandra@gmail.com
    TQ...

    ReplyDelete
  70. Saya ada planning ke KL dari tanggal 22 - 24 April (tanggal merah) 2017. Ada yang mau bareng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa kunjungi blog saya ya, siapa tau dapat ngebantu planning jalan-jalannya :D salam traveller
      https://suryatse.wordpress.com/2016/10/12/tips-jalan-jalan-kuala-lumpur-melaka-6d-5n/

      Delete
  71. Lengkap dan informatif sekali! Terima kasih mas..

    Saya beli tiket pesawat murah ke KL tetapi ternyata saya baru sadar kalau itu pas bulan puasa sedangkan saya non muslim. Apakah tetap ada tempat makan yang buka di bulan puasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang kartika, di kuala lumpur itu beragam suku, agama dan bangsanya dan pada saat ramadhan tempat makan pun buka seperti biasanya bahkan tidak ada sweeping'an seperti di negara kita. malahan kamu datang di saat yang tepat karena menjelang buka puasa di beberapa tempat disulap menjadi pasar ramadhan yang menjual banyak makanan yang bisa jadi ajang wisata kulineran hehe..

      Delete
  72. mau tanya dong gan... saya besok mau ke macau tapi transit dimalaysia 12jam.. itu kira2 saya boleh jalan2 keluar g ya?, pengen ke menara twins itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah maaf sekali komennya terlewatkan untuk dibalas, tapi saya tetap harus balas supaya orang lain yang membaca ini dan kebetulan ingin bertanya hal yang sama jadi bisa tahu. 12 jam untuk transit di kuala lumpur malaysia sebenarnya cukup untuk mein ke tengah kota dan ke KLCC nya (twin tower), asalkan sebaiknya tidak membawa banyak barang (koper dll dititipkan terlebih dahulu di bandara) supaya mempermudah mobilisasi. untuk mengejar waktu balik ke bandaranya bisa naik kerete express atau grab/uber khususnya di jam" sibuk (macet). usahakan sudah balik dari tengah kota maksimal 3 jam sebelum keberangkatan karena perjalanan dari tengah kota ke bandara KLIA itu 45 sampai 1,5 jam (tergantung kondisi jalan).

      Delete
  73. Alhamdulillah sangat membantu sekali informasi nya & lengkap ��
    Rencana saya mau menginap di sekitaran pasar seni & masjid jamek. Bisa rekomendasikan hostel atau hotel yang bagus utk hijab traveller ?
    Mohon bantuan nya ya mas. Terimakasih...☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. di pasar seni dan masjid jamek ada banyak sekali hotel mulai dari kelas backpacker sampai yang mewah. namun jujur kami belum pernah menginap dikawasan itu karena menurut kami terlalu ramai. biasanya kami menginap di daerah KL sentral yang lebih strategis dengan transport ke bandara, bukit bintang atau daerah bandaraya yang dengan pusat perbelanjaan. saran kami coba cek review orang" di agoda.com atau booking.com ya sebelum booking penginapan ya. salam

      Delete
  74. Kalo hotel yg strategis di KL sentral atau di Bukit bintang ya?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk KL sentral dari pengalana kami saya sarankan easyhotel, my hotel, nu hotel, metro hotel atau hotel sentral. tinggal disesuaikan sama budgetnya. itu yg budget rencah ke menengah.

      Delete
  75. Hai, salam kenal Mas. Terima kasih infonya :) berguna banget untuk saya yg masih belum ada gambaran soal transportasi di sana. Rencananya bulan April ini saya mau solo backpacker ke Kuala Lumpur & Malaka. Mau tanya, kartu Touch n Go & RapidKl sistem nya gimana ya.. Apakah seperti Singapore Tourist Pass yg bisa dipakai utk paket selama beberapa hari dan bisa direfund? Keduanya bisa dibeli di loket yg tersedia di Kl Sentral kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo touch n go tidak bisa direfund karena itu sama seperti memberli kartu e-money atau flass. keuntungan pakai touch n go bsia dipakai di semua transportasi umum yang cashless (lrt, monorail, rapid bus, komuter) serta bisa buat belanja di minimarket juga. klo kartu rapidkl hanya bisa digunakan di transportasi masal dibawah pengelolaan rapidkl seperti lrt, monorel, bus. kelebihan rapidkl lbh mudah utk top up valuenya dan ada yang versi khusus untuk turis (harian), jadi tidak ada balancenya dan tidak perlu direfund.

      Delete
  76. Petunjuk yg lengkap. Maturnuwun mas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih, semoga bermanfaat dan menginspirasi ya.

      Delete
  77. Enaknya jalan-jalan ke Malaysia tuh gak susah cari makanan yang halal, nice info mas keep posting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar, dan cita rasanya pun terbilang selera nusantara juga. terima kasih sduah berkunjung.

      Delete
  78. Malam. Mau tanya utk ke Malaysia apa diwajibkan membawa NPWP ya supaya bebas fiskal? Saya browsing katanya wajib. kl tdk bawa NPWP bisa dikenakan 2.5juta/orang. Itu benar tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh itu tidak benar. sejak beberapa tahun yang lalu NPWP tidak diwajibkan. yang diperlukan hanya pasport dan boarding pass.

      Delete
  79. Hi salam kenal, saya aidil. Saya rencana bulan agustus akan beekunjung ke KL selama 4D3N. Sya ingin menanyakan beberapa hal. 1) apakah wisata batu cave, bukitbintang, petaling, dataran merdeka,KL citygalery, bisa dijadikan dalam 1hari? 2) di hari ketiga saya berencana untuk ke genting highland, saya browsing katanya bisa booking online untuk paket GOGenting yang include bus+cablecar+outdorthemepark. Tapi sy tdak bsa menmukan situs pnjualan onlinenya. Apakah bnar bsa dibeli online dan melalui situs apa? 3) sy berncana menginap di setia sky residence. Apakah dari KL sentral ada akses LRt/mrt/bus yg langsung kelokasi di daerah kampung baru? Dan apakah didaerah kampung baru ada shelter bus GoKL? 4) untuk kartu TNG apakah sama dg kartu MyPass? Dan berapa harga mnimum yg ditawarkan saat membeli di kiosk bandara KLIA? 5) untuk paket data internet adakah kartu yg recomended yg harganya murah? Dan area publik mana saja di KL yg mnyediakan akses free wifi ? 6) sy rencana dri KLIA mnunu KL sentral menggunakan bus, apakah sebaiknya sya membeli tiket return atau single trip?

    Terima kasih sebelumnya, ini akan menjadi perjalanan pertama saya mengunjungi KL.

    Salam,

    Aidil

    ReplyDelete
  80. Mau nanya dong buat yg punya blog maupun yg baca. Kalo berburu buku murah di KL dimana aja sih selain di bookxcess? Dan bookxcess paling lengkap dan terbesar dimana ya? Oh ya, sama toko mainan recommended di KL dimana ya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo beruru buku murah umumnya pas ada acara Big Bad Wolf Books, klo toko buku yg terkenal umumnya MPH. untuk mainan yg murah dan rekomended adanya di daerah chowkit. klo yg branded tentunya di mal" ada banyak brand ya.

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.