Tuesday, December 1, 2015

11 Minuman Dingin Yang Ngetop di Malaysia, Pernah Nyobain?



kuliner malaysia, cuisine, ABC, Ais Milo, Ais Teh Tarik, Air Mata Kucing, Pop The Soda, Tembikai, Asam Boi, Lay Chee kang, Ais Jagung, Chendul Penang
ABC, Salah Satu Minuman Dingin Favorit di Malaysia
Di setiap negara atau daerah selain memiliki kuliner makanan yang beragam tentunya juga memiliki beragam pilihan minuman yang dapat kamu nikmati untuk melengkapi petualangan kuliner kamu. Jika kamu sedang berkunjung ke Malaysia berikut rangkuman 11 minuman yang segar pilihan saya untuk kamu coba.

1.   Air Mata Kucing
Saya belum bisa membayangkan berapa banyak air mata kucing yang patah hati yang harus dikumpulkan supaya bisa jadi minuman bernama air mata kucing ini. Tentunya saya berharap kamu yang membaca kalimat tadi tidak langsung percaya perkataan saya bahwa es air mata kucing ini benar-benar dibuat dari hasil rintihan dan tangisan kucing-kucing galau karena minuman segar yang terasa manis ini dibuat dari ramuan lo han kuo, buah lengkeng serta di beberapa penjual diberi tambahan irisan kelapa laut yang menambah kenikmatan es air mata kucing. Es air mata kucing favorit saya yaitu yang dijual di daerah Petaling Street tak jauh dari Pasar Seni, atau kamu bisa juga beli di kedai cabangnya yang berada di Mega Mall Mid Valley.
kuliner malaysia, cuisine, ABC, Ais Milo, Ais Teh Tarik, Air Mata Kucing, Pop The Soda, Tembikai, Asam Boi, Lay Chee kang, Ais Jagung, Chendul Penang
Es Air Mata Kucing Petaling Street

 2.  ABC
Kalo kamu berpikir ABC itu adalah sirup yang iklannya banyak bertebaran di semua TV sebelum adzan magrib di bulan puasa maka kamu kurang beruntung. Es ABC di Negeri Jiran ini sebenarnya sama hampir sama seperti es campur di negara kita hanya saja komposisinya yang sedikit berbeda diantaranya kacang merah, cincau hitam, rumput laut, kacang, kolang-kaling, jagung manis serta isi lainnya yang dicampur es serut, sirup, susu kental manis serta gula melaka. Oh iya untuk kamu ya penasaran kenapa namanya ABC kabarnya berasal dari singkatan Air Batu Campur jadi kalau kita singkat jadilah ABC.  
kuliner malaysia, cuisine, ABC, Ais Milo, Ais Teh Tarik, Air Mata Kucing, Pop The Soda, Tembikai, Asam Boi, Lay Chee kang, Ais Jagung, Chendul Penang
Air Batu Campur - ABC
3.   Sirap Bandung
Bandung? Serius? Ga salah tuh?. Iya bener serius saya tidak lagi bercanda sirup bandung adalah salah satu minuman yang segar yang patut untuk dicoba ketika kamu berada di Malaysia. Kenapa? Karena di kota Bandung sendiri aja ngga ada yang menjual sirup Bandung! Loh kok bisa? Kabarnya kata Bandung dalam bahasa melayu memiliki arti berpasangan atau campuran dimana sirup bandung ini dibuat dari campuran sirup berperisa pandan dan rose yang berwarna merah pekat dicampur dengan susu kental manis kemudian diaduk dengan air dingin dan es sehingga warnanya berubah menjadi merah muda dan begitu segar dinikmati selagi dingin.
kuliner malaysia, cuisine, ABC, Ais Milo, Ais Teh Tarik, Air Mata Kucing, Pop The Soda, Tembikai, Asam Boi, Lay Chee kang, Ais Jagung, Chendul Penang
Sirap Bandung Yang Berwarna Merah Muda
4.  Chendul Penang.
(Baca: Cendol). Nah terus apa bedanya dengan cendol di Indonesia? Sebenarnya kalo saya boleh bilang hampir sama namun keistimewaan cendol penang ini memiliki aroma gula manis melaka yang nikmat ditambah dengan taburan kacang merah yang mengambang diantara lautan santan dan cendol hijau yang berenang-renang diantaranya. Intinya kalo kamu lagi kehausan di tengah hari yang terik rasanya cendol Penang ini bisa jadi salah satu alternatif minuman yang bisa membuat kamu seger deh. Oh iya sebagian penjual ada juga yang menambahkan jagung manis untuk melengkapi kenikmatan es cendol di Malaysia.
kuliner malaysia, cuisine, ABC, Ais Milo, Ais Teh Tarik, Air Mata Kucing, Pop The Soda, Tembikai, Asam Boi, Lay Chee kang, Ais Jagung, Chendul Penang
Es Cendol di Malaysia
5.  Ais Jagung
Bisa saya katakan jagung adalah salah satu menu favorit orang Malaysia mulai dari pelengkap di es cendol, martabak manis serta menjadi minuman yang segar ini. Minuman berwarna kuning cerah ini benar-benar terbuat dari jagung manis yang diblender dan diberi tambahan gula cair. Tertarik untuk mencoba? 
 
kuliner malaysia, cuisine, ABC, Ais Milo, Ais Teh Tarik, Air Mata Kucing, Pop The Soda, Tembikai, Asam Boi, Lay Chee kang, Ais Jagung, Chendul Penang
Ais Jagung
6.  Ais Teh Tarik
Rasanya minuman ini sudah tidak asing lagi karena teh tarik memang salah satu minuman favorit dan paling populer di Negeri Jiran ini. rasanya hampir semua kedai minuman pasti menjual minuman ini. Yang harap kamu ingat ketika hendak memesan minuman ini bilanglah ke penjualnya dengan “Tea ice” atau “Teh Tarik ais” agar diberikan teh tarik. Namun jika kamu hendak memesan es teh manis jangan sekali-kali pesannya “tea ice” atau “ice tea” karena yang kamu terima ya es teh tarik.
 
kuliner malaysia, cuisine, ABC, Ais Milo, Ais Teh Tarik, Air Mata Kucing, Pop The Soda, Tembikai, Asam Boi, Lay Chee kang, Ais Jagung, Chendul Penang
Kalo Yang Difoto ini Teh Tarik Tanpa Es, Lebih Segar Dinikmati Dingin Dengan Es
7.   Lay Chee Kang
Minuman yang berasal dari resep peranakan tionghoa ini dibuat dengan komposisi longan kering, buah leci, kacang walnut, kismis, nata de coco, biji selasih yang dinikmati dengan air es. Salah satu minuman yang seger banget untuk melepas dahaga khususnya di siang yang terik.
 
kuliner malaysia, cuisine, ABC, Ais Milo, Ais Teh Tarik, Air Mata Kucing, Pop The Soda, Tembikai, Asam Boi, Lay Chee kang, Ais Jagung, Chendul Penang
Minuman Segar Lay Chee Kang
8.  Ais Asam Boi Dengan Jambu HIjau atau Kedongdong
Minuman yang pakai asam boi ini biasanya dicampur sama minuman seger lainnya seperti jus jambu hijau atau limau. Namun kesegaran rasa asam yang diberikan dari asam boi ini memberikan warna lain di lidah ketika kita menyeruput setiap tengakan air es yang dinikmati khususnya pas selagi haus di hari yang terik. Untuk bisa nikmatin minuman ini coba carinya di pasar tradisional, pasar tani atau kedai-kedai di pinggir jalan yang punya cita rasa yang khas.
 
kuliner malaysia, cuisine, ABC, Ais Milo, Ais Teh Tarik, Air Mata Kucing, Pop The Soda, Tembikai, Asam Boi, Lay Chee kang, Ais Jagung, Chendul Penang
Asam Boi Dengan Jambu Hijau Dan Kedongdong
9.   Ais Tembikai
Ini juga salah satu minuman favorit orang lokal yaitu es tembikai yang umumnya terbuat dari jus buah semangka. Minuman ini selain banyak dijual di foodcourt-foodcourt pusat perbelanjaan juga mudah ditemui di pasar tani atau kedai-kedai di pinggir jalan.
kuliner malaysia, cuisine, ABC, Ais Milo, Ais Teh Tarik, Air Mata Kucing, Pop The Soda, Tembikai, Asam Boi, Lay Chee kang, Ais Jagung, Chendul Penang
Salah Satu Penjual Minuman Dingin di Malaysia
10.  Ais Milo
Yah masa jauh-jauh ke Malaysia minumnya es Milo, di Indonesia juga ada!. Eh serius beneran kalo kamu coba es milo di Malaysia ini rasanya sedikit beda sama dengan produk Milo di Indonesia, produk Milo di Malaysia menurut saya rasanya jauh lebih nikmat dan makyus. 
 
kuliner malaysia, cuisine, ABC, Ais Milo, Ais Teh Tarik, Air Mata Kucing, Pop The Soda, Tembikai, Asam Boi, Lay Chee kang, Ais Jagung, Chendul Penang
Rasakan Bedanya Es Milo Yang Dijual Di Malaysia.
11.  Pop The Soda
Ini adalah salah satu minuman homemade yang legendaris yang dibuat di Malaysia. Dikarenakan dibuat secara indie produk ini lebih mudah ditemukan ketika ada acara-acara festival atau bazaar dibanding di gerai toko karena memang produk ini distribusikan secara terbatas. Ada beberapa tempat yang menjual Pop The Soda yang saya ketahui diantaranya di salah satu kedai di Ayer 8 Putrajaya, Aloft, KL Central, Thumbs Cafe di Ipoh dan Rasta TTDI Selangor. Keunikan rasa soda ini yaitu memiliki kabornat yang cukup ringan dengan memiliki pilihan rasa yang menarik diantaranya rasa mangga, leci, durian belanda (sirsak), nanas serta pisang. 
kuliner malaysia, cuisine, ABC, Ais Milo, Ais Teh Tarik, Air Mata Kucing, Pop The Soda, Tembikai, Asam Boi, Lay Chee kang, Ais Jagung, Chendul Penang
Minuman Pop The Soda Buatan Malaysia
Penasaran untuk mencoba?

Follow my instagram @travelographers , twitter account @travelographers 
 and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

10 comments:

  1. kapan nyobanya ya bro
    refrensi nya dlu bro baru nyobain
    makasih bro
    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mas ronny. iya dicatet dulu buat referensi, nanti pas ada kesempatan dan rezeki ke negeri jiran bisa diicip minuman ini hehehe

      Delete
  2. Jadi bandung ku siapa kak ??? #NangisJomblo

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tanyakan pada ombak di lautan atau pasir yang senantiasa berbisik di tepi pantai :D *sodorin bir bintang* :)))

      Delete
  3. minuman yang menyegarkan indonesia juga punya minuman khas tu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bener banget mas, banyak banget minuman seger di indonesia. hampir setiap provinsi punya minuman seger yang khas. :D

      Delete
  4. Di Malaysia ada minuman pake nama Bandung toh? Wah, jadi ikut bangga nih sebagai wargi Bandung. Kota Bandung juga campuran kok, campuran kreativitas dan produktivitas. Hehehe *promosigratis

    Salam kenal, bang.
    http://penjajakata.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul banget kang, bandung memang juaranya lah untuk kreativitas dan produktifitas.

      Delete
  5. Pantesan waktu saya diajak sama temen2 Malaysia saya ke kafe-kafe sana kok nama "Bandung" selalu ada di list minuman, sampai ke Terengganu pun ada,apa setenar ini ya haha jadi GR. Entah memang Kota Bandung atau bandung :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar bandung bisa ditemukan diberbagai pelosok kota di Malaysia. salah satu alasannya orang malaysia memang gemar dan senang pergi ke bandung juga hehehe..

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.