Monday, December 7, 2015

30 Kuliner di Malaysia Yang Nikmat dan Menggugah Selera



kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, nasi arab
30 Kuliner di Malaysia Yang Nikmat Dan Menggugah Selera
 Tidak terasa sudah satu tahun saya berada di Malaysia dalam rangka mengerjakan beberapa project disini yang memberikan kesempatan bagi saya untuk mencicipi beragam jenis makanan di Negeri Jiran baik hidangan asli khas Melayu maupun peranakan Tionghoa, Asia Tengah, Arab, Nusantara serta sajian kuliner lainnya. Hal itu sangat dimungkinkan mengingat Malaysia memiliki banyak kaum imigran yang datang dari berbagai penjuru dunia sehingga berdampak juga dengan sajian kuliner yang beragam dan mendunia. Dari pengalaman saya selama disini saya ingin berbagi menu apa saja yang menarik untuk kamu coba jika sedang berkunjung ke Malaysia. Selamat memanjakan lidah dan perut anda dan berikut adalah daftarnya.

1.  Nasi Kerabu
Hidangan nasi berwarna biru ini berasal dari Kelantan Malaysia yang disajikan dengan ikan, lauk pauk ayam goreng atau daging serta diberikan irisan sayuran mentah diantaranya kubis, kacang panjang serta tauge sebagai lalapannya. Warna biru pada nasi tersebut berasal dari kelopak bunga kembang telang yang merupakan resep turun temurun dari masyarakat yang tinggal di kawasan Pantai Timur Malaysia. Nasi Kerabu ini begitu nikmat disajikan dengan telur asin dan kerupuk ikan serta kepala parut yang telah di sangrai.

kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, nasi kerabu
Nasi Kerabu Khas Kelantan

2.  Nasi Dagang
Masakan yang berasal dari resep turun temurun dari daerah Terengganu Malaysia dan Thailand Selatan ini berupa campuran beras merah dan putih yang ditanak bersama santan kelapa, dan disajikan bersama lauk kari dan ikan ikan tongkol. Namun jika kamu kurang suka ikan bisa juga dinikmati dengan ayam goreng atau daging.
kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, nasi dagang
Nasi Dagang Khas Kuala Terengganu
3.  Mie Tarik
Malaysia tidak hanya terkenal dengan teh tariknya namun tahukah kamu di Negeri Jiran ini  juga ada hidangan makanan yang dikenal dengan Mie Tarik? Diinspirasikan dari resep peranakan tionghoa mie tarik ini dibuat dengan adonan yang fresh kemudian dibentuk dan ditarik-tarik dengan tangan secara manual tanpa bantuan mesin hingga menjadi sebuah mie. Kenikmatan lainnya mie tarik ini disajikan dengan potongan daging sapi yang empuk serta kuah yang terasa begitu lezat disantap selagi hangat. Sluurrp!
kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, mie tarik
Mie Tarik Malaysia
 4.  Sup Bihun Utara
Tidak kalah segarnya dengan kuah mie tarik sup bihun utara ini juga memiliki cita rasa yang lezat dengan rasa kuah yang nikmat. Dibuat menggunakan rempah sup dengan rebusan katu manis, sereh, lengkuas, buah pelaga, buah lawang, bawang putih, bawang merah, cengkih yang direbus bersama tulang daging yang segar membuat aroma kuah supnya begitu menggoda. Sup bihun utara ini begitu nikmat dihidangkan dengan taburan lobak serta sambal merah.
kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, sup bihun utara
Sup Bihun Utara
 5.   Nasi JJ Kak Wok
Salah satu menu khas Kelantan yang disajikan dengan gulai ayam ditambah ayam goreng yang dipotong kecil-kecil ini begitu nikmat apalagi jika dinikmatinya dengan sambal dan nasi panas. Nasi JJ Kak Wok favorit saya tentu saja yang ada di Shah Alam Selangor tepatnya di Jalan Opera J U2/J, Taman TTDI Jaya. Kedainya berada di barisan pertokoan yang sederhana. Menu yang dijual di Nasi JJ Kak Wok pun hanya 1 macam yaitu nasi ayam namun setiap harinya tempat ini selalu ramai pengunjung karena memiliki cita rasa yang luar biasa nikmatnya. Berani mencoba? Namun butuh perjuangan ekstra jika kamu dari Kuala Lumpur untuk menuju tempat ini karena apabila kamu naik transportasi umum dari tengah kota menuju stasiun KTM Batu Tiga harus dilanjutkan dengan naik taksi dikarenakan sulitnya transportasi umum disana.
kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, nasi JJ kak wok
Nasi Kak Wok Khas Kelantan
6.   Nasi Kandar
Kalo di Indonesia mungkin sejenis nasi rames atau nasi warteg karena pilihan hidangan menu yang beragam disajikan di rak-rak kaca. Sebagian diantaranya ada yang disajikan prasmanan sebagian ada yang tidak. Secara rasa sebagian masakan menggunakan bumbu dan racikan resep yang sama dengan selera Nusantara dan Melayu sebagian menu lainnya ada yang bercita rasa kari dengan resep dari Asia Tengah.
kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, nasi kandar
Nasi Kandar Melayu
 7.  Nasi Minyak
Biasanya menu ini adalah menu andalan yang disajikan ketika orang Melayu membuat acara pesta salah satunya pesta pernikahan. Nasi minyak yang merupakan salah satu makanan khas Terengganu ini juga dimasak dengan rempah-rempah seperti kayu manis, biji buah pelaga, kuntum bunga lawang serta bunga cekih yang membuat aroma dan rasanya begitu nikmat. Umumnya nasi minyak dinikmati dengan gulai ayam atau daging sapi serta irisan acar wortel dan mentimun.
kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, nasi minyak
Nasi Minyak Dengan Daging Kambing
 8.  Nasi Lemak
Sama halnya seperti nasi uduk, nasi lemak khas Malaysia ini dibuat dari nasi yang dikukus dengan santan serta campuran beberapa rempah mulai dari sereh, daun salam, daun pandan serta garam. Untuk menu pelengkapnya umumnya nasi lemak disajikan bersama dengan telur mata sapi atau telur rebus, sambal ikan bilis, irisan mentimun, kacang serta lauk seperti ayam goreng.
kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, nasi uduk, nasi lemak
Nasi Lemak Dengan Ayam Goreng

9.  Asam Pedas
Secara rasa asam pedas yang disajikan di Tanah Melayu ini memiliki cita rasa yang tidak jauh berbeda dengan asam pedas di tanah Sumatera yang berbeda hanyalah ikan atau lauk yang digunakan. Asam pedas yang dapat kamu coba di Negeri Jiran umumnya menggunakan ikan kembung, ikan keris serta ikan tenggiri. Salah satu kenikmatan dari hidangan ini tentu saja kuah asam pedasnya dari asam jawa, tomat dan kuah kari yang membuat lidah bergoyang ketika menyantapnya. Sedap!
kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, asam pedas
Nasi Putih Dengan Daging Asam Pedas
 10.  Chicken Rice
Nasi berwarna kuning ini juga dikenal dengan nama nasi ayam yang merupakan resep Peranakan Tionghoa. Nasi ini dimasak dengan rempah-rempah mulai dari bawang merah, bawang putih, kayu manis, cengkih, daun pandan serta margarin yang membuat warnanya menjadi kuning dan memiliki aroma yang nikmat. Nasi ini umumnya dihidangkan dengan ayam steam, ama roasted atau ayam BBQ dan disajikan dengan sambal yang dibuat dari cabe merah, tomat, bawang putih, halia, gula, garam serta sedikit cuka.  
kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, chicken rice, nasi ayam
Nasi Ayam Hainan
Baca lanjutannya disini :  


Follow my instagram @travelographers , twitter account @travelographers 
 and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

2 comments:

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.