Thursday, May 31, 2012

Merasakan Keindahan Wisata Alam di Pegunungan Bandung


           
Salah satu cerita rakyat yang melegenda di kota Bandung yaitu kisah Sangkuriang yang menceritakan mengenai asal mulanya terjadi gunung Tangkuban Perahu yang lokasinya sekitar 20 km kearah utara kota Bandung. Kawasan yang dikelola oleh Perum Perhutani ini akan menyambut anda dengan rimbunnya pepohonan yang didominasi jenis pinus serta kebun teh yang menghijau disekitarnya. Gunung  dengan ketinggian 2084 mdpl ini  memiliki tiga kawah yang indah yang tentunya pemandangan disekeliling gunung ini tentunya menjadi daya pikat utama bagi pengunjung yang datang.
Untuk legenda Sangkuriang sendiri mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Sangkuriang yang jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat yang sulit untuk dipenuhi anaknya yaitu membuat perahu dalam semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu, sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk gunung Tangkuban Parahu yang memang jika kita perhatikan bentuknya menyerupai bentuk perahu yang terbalik.
Status gunung Tangkuban Perahu dan Kawah Ratu ini masih aktif mengeluarkan asap yang mengandung belerang yang merupakan salah satu objek utama yang dikunjungi setiap wisatawan. Untuk mengelilingi kawasan ini dapat dengan berjalan kaki atau dengan kuda yang disewakan oleh penduduk setempat. Dikawasan ini terdapat beberapa kawah diantaranya Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Goa keramat yang berbentuk lorong yang panjang yang konon digunakan sebagai tempat bersemedi. Untuk mencapai tempat ini dapat melalui jalan menuju Ledeng kemudian menuju pintu gerbang awal tangkuban perahu melalui jalur Cikole Lembang.

Untuk bagian selatannya, terdapat sebuah tempat yang mempesona untuk dikunjungi yaitu Kawah Putih. Disebut demikian karena air pada kawah di gunung ini selain warna airnya yang terang dan tampak berwarna putih dikarenakan permukaan kawah umumnya berbatu dan berpasir warna putih. Disekelilingnya terdapat pepohonan dan ranting-ranting yang menambah keindahan kawah ini yang tentunya menjadi daya pikat setiap pengunjung yang datang ke kawah ini.
                Lokasinya berjarak sekitar 46 km dari Kota Bandung sampai pintu gerbang menuju lokasi kawah yang dapat dicapai dari pintu keluar tol Kopo kemudian kearah selatan menuju Soreang sampai ke Ciwidey. Jalan yang dilalui ketika memasuki kawasan Ciwidey umumnya berkelok-kelok dengan pemandangan pepohonan yang tumbuh besar dikedua sisinya.
Dikawasan ini dapat dijumpai sebuah goa yang dalamnya kurang lebih 5 meter yang pernah dipakai  sebagai tambang belerang. Oleh karena itu dibibir goa terdapat peringatan untuk tidak berlama-lama dikawasan ini dikarenakan dari goa ini masih dapat mengeluarkan uap hawa belerang yang berbau sangat tajam yang dapat menggangu pernafasan dan kesehatan jika dihirup terlalu lama dalam kapasitas yang besar.
Masih dalam daerah Ciwidey, terdapat tempat wisata alam lain yang tak kalah manariknya yaitu Mengunjungi Situ Patengan dan Ranca Upas yang masih searah dengan jalur Kawah Putih. Ditempat ini merupakan danau yang indah yang disekitarnya terdapat hamparan perkebunan the yang menghijau, selain itu terdapat tempat penangkaran rusa, atau berenang di kolam renang airpanas ciwalini bisa menjadi tambahan agenda ketika mengunjungi tempat ini.
Selain itu satu jalur dengan arah jalan menuju kawah putih ini terdapat beberapa perkebunan strawberry yang menawarkan pengunjung untuk dapat memetik langsung yang tentunya akan memberikan pengalaman unik, khususnya bagi anak-anak yang umumnya senang dengan strawberry sambil mencoba hal baru yaitu memetik sendiri buahnya langsung dari pohonnya, yang tentu saja bisa langsung dikonsumsi diperkebunan tersebut atau dibawa pulang untuk oleh-oleh. Hmm yummy…
Satu lagi tempat dengan nuansa alam yang bagus untuk dikunjungi dikawasan Lembang yaitu air terjun Maribaya yang kerap dijadikan tempat liburan keluarga dan anak-anak. Terletak di kecamatan Lembang yang jaraknya 5 km dari kota Lembang ke sebelah timur dan 22 km dari pusat kota Bandung. Ditempat ini terdapat beberapa fasilitas rekreasi seperti kolam renang air dingin dan air panas, kamar rendam air panas, dan penyewaan kuda untuk berkeliling kawasan ini. Bagi anda pecinta tanaman, ditempat ini dijajakan berbagai jenis tanaman kaktus berbagai ukuran mulai dari yang kecil imut sampai ukuran yang cukup besar. Siap membawa keluarga anda untuk berwisata alam ke Bandung diakhir pekan ini?
Follow me on twitter : @travelographers
 
 
 

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.