Thursday, May 10, 2012

Desa Sawarna yang alami mempesona



     Awalnya, desa ini sering dilewatkan saja bagi yang berkunjung ke pantai Bayah dan Pelabuhan Ratu yang lebih popular keberadaannya, Namun setelah terkuak keindahannya dari berbagai informasi yang beredar, kini Desa Sawarna sudah menjadi salah satu pilihan untuk berakhir pekan dan berpetualang di desa yang masih alami ini
     Desa ini letaknya di Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten, sebuah daerah terpencil yang lokasinya berada dibalik bukit dengan jalanan yang cukup terjal dan berbatu ini kerap menjadikan desa ini masih enggan dikunjungi wisatawan. Dengan mulai banyaknya pengunjung yang datang ketempat ini, Desa Sawarna mulai berbenah diantaranya beberapa rumah penduduk menawarkan rumahnya untuk menjadi homestay dengan harga yang murah yang biasanya sudah termasuk beberapa kali makan selama berada disana. Masakan yang disajikan yaitu khas sunda dengan sambal yang begitu menggugah selera.
     Ada beberapa lokasi yang menjadi daya tarik utama disini yaitu pantai yang menghadap ke Samudera Hindia diantaranya Pantai pasir putih Ciantir, Tanjung Layar, Pantai Karang Bokor, Pantai Karang Taraje, Pantai Karang Seupang dan Teluk Lagon Pari yang begitu mempesona. Selain Pantai Desa ini memiliki beberapa potensi wisata alam yang dapat dikembangkan menjadi objek wisata dan daya tarik wisata di Desa Sawarna diantaranya sebagai tempat berselancar karena memiliki ombak yang bagus dan disukai oleh surfer baik lokal maupun mancanegara. Dengan pembenahan dan peningkatan sarana dan fasilitas yang ada saat ini, tempat ini akan semakin dilirik untuk dikunjungi oleh para peselancar dunia.

     Selain itu potensi lain yang ada di desa ini yaitu terdapat beberapa wisata alam seperti hamparan persawahan dan perkebunan kelapa, serta goa yang masih dapat di eksplorasi khususnya yang memiliki minat caving goa diataranya Goa Lalay, Goa Sikadir, Goa Singalong, Goa Cimaul. Dari potensi wisata tersebut,  yang merupakan lokasi favorit untuk dikunjungi yaitu menikmati matahari terbenam di pantai Ciantir, caving di goa Lalay, surfing di lagon pari serta mengunjungi salah satu ciri khas Desa Sawarna yaitu Pantai Tanjung Layar yang terdapat batu karang menjulang keatas menyerupai layar yang sedang berkembang.
     Untuk mencapai tempat ini dapat ditempuh dari Rangkasbitung Kabupaten Lebak arah Malimping, Bayah sampai pantai Pulomanuk. Untuk dari arah Jakarta dapat menempuh melewati Tomang – Tol Merak – Serang – Pandeglang – Malimping – Bayah – Sawarna dengan estimasi perjalanan selama 6 sampai 8 jam. Hmm, tertarik untuk break senejak dari gegap gempitanya kehidupan perkotaan dan rindu merasakan suasana perdesaan, Desa Sawarna salah satu tempat yang dapat mengobati kerinduan tersebut. Tunggu apa lagi, waktunya kembali ke Desa!

Follow me on twitter : @travelographers

 





 




No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.