Monday, May 21, 2012

Bali kecil dipulau Jawa itu bernama Pantai Batu Karas



     Kurang lebih satu jam perjalanan dari Pantai Pangandaran, terdapat sebuah pantai bernama Batu Karas yang merupakan sisi damainya Pangandaran. Suasananya yang begitu tenang tak seramai Pangandaran membuat pantai ini menjadi tempat yang tepat untuk melepaskan kepenatan dari kebisingan kota besar.
     Untuk menuju Pantai Batu Karas, dapat melalui jalur darat menggunakan kendaraan pribadi atau bus umum kearah Banjar Pangandaran dari kota masing-masing yang kini sudah terdapat berbagai pilihan bus, kemudian dilanjutkan menuju arah Cijulang. Sedangkan jalur udara dapat diakses melalui Jakarta Jakarta melalui Bandara Halim Perdana Kusuma sedangkan dan dari Bandung melalui Bandara Husein Sastranegara dengan menggunakan pesawat Susi Air menuju bandara Nusawiru.
     Pantai ini memiliki keistimewaan memiliki pantai pasir hitam yang landai dengan ombak yang indah yang membuat tempat ini menjadi surga kecil para peselancar bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, karena pesona itulah tempat ini juga dikenal dengan nama “Bali Kecil”. Dibagian selatan Pantai Batu Karas terdapat sebuah tebing yang tinggi sebagai pemecah ombak alami dari ombak laut selatan serta memiliki teluk kecil sehingga memudahkan para peselancar untuk melakukan paddling menuju titik awal gelombang datang untuk diarungi dengan papan selancar.


     Seperti halnya di Pantai Kuta Bali, untuk yang mau belajar Surfing terdapat beberapa tempat penyewaan papan selancar yang akan diberikan pelatihan dasar oleh instruktur yang berpengalaman. Estimasi biaya yang dibutuhkan untuk menyewa perlengkapan berselancar dan pelatihan dasar kurang lebih seratus lima puluh ribu rupiah, sedangkan untuk penyewaan Body Boarding kisaran sepuluh ribu rupiah.
     Ada beberapa spot andalan peselancar di pantai ini diantaranya Karang, Legok Pari dan Bulak Bendak. Secara umum tempat tersebut memiliki ombak yang bagus untuk berselancar dan relatif aman selama saat berselancar mengikuti prosedur keselamatan standar. Untuk yang tidak bisa surfing tak perlu khawatir, karena masih banyak permainan lain yang dapat dinikmati disini diantaranya water sport seperti banana boat dan jet ski, menelurusi  tepi pantai dengan kereta kuda atau bermain pasir dan ombak. Siap untuk menari diatas ombak Pantai Batu Karas?

Follow me on twitter : @travelographers


  






No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.