Thursday, March 10, 2016

Meluncur Dengan Kereta Cepat ETS Platinum Dari Butterworth Penang ke Kuala Lumpur, Malaysia



ETS Platinum Train, KTM Butterworth, Train, KTM, Kereta Api, Malaysia, Penang, Kuala Lumpur, Butterworth
Penampakan Kereta Cepat ETS Platinum di Malaysia

            Di sore hari yang cerah kami menanti kedatangan kereta ETS Platinum di stasiun Butterworth, sebuah kota yang menjadi salah satu pintu masuk menuju Pulau Pinang (Penang) yang menjadi destinasi wisata terpopuler di Malaysia setelah Kuala Lumpur.  Kami duduk memperhatikan layar informasi yang senantiasa memberitahukan kabar terkini tentang status dan jadwal kereta yang akan diberangkatkan dari stasiun ini. Kedatangan kami yang terlalu dini membuat kami harus menunggu cukup lama untuk menanti jadwal keberangkatan kereta untuk menuju ke kota Kuala Lumpur.
Walaupun dari Penang menuju kota Kuala Lumpur terdapat moda transpotasi pesawat terbang dengan waktu tempuh yang lebih singkat ataupun bus dengan harga tiket yang lebih murah namun bagi kami perjalanan dengan kereta api begitu menyenangkan. Senang rasanya untuk mencoba berbagai jenis kereta api di setiap negara atau kota yang kami kunjungi untuk mendapatkan sebuah pengalaman hidup. Terlebih lagi pada saat berangkat dari kota Kuala Lumpur kami sudah menjajal naik bus, jadi rasanya sangat disayangkan jika tidak mencoba moda transportasi kereta api.
ETS Platinum Train, KTM Butterworth, Train, KTM, Kereta Api, Malaysia, Penang, Kuala Lumpur, Butterworth
Suasana Di Lantai Dasar Stasiun Kereta Butterworth
Faktor lainnya tentu saja kami ingin menjajal canggihnya kereta cepat ETS Platinum yang baru beberapa bulan lalu mulai dioperasikan di Malaysia, sebuah kereta cepat yang dapat memangkas waktu perjalanan darat dari Butterworth ke Kuala Lumpur menjadi 3,5 jam saja. Tidak diragukan lagi kereta ETS Platinum ini adalah moda transportasi darat tercepat dan teraman dibandingkan moda transportasi lainnya seperti bus yang bisa membutuhkan waktu 5 jam serta kereta api biasa yang menempuh waktu selama 7 sampai 8 jam.
15 menit sebelum jadwal keberangkatan pengumuman mulai terdengar dari pengeras suara yang menggaung diruang tunggu Stasiun Butterworth semua calon penumpang mulai bangun dari tempat duduknya untuk membuat sebuah barisan di depan pintu masuk peron 1. Wajah-wajah dengan berbagai ekspresi dari beragam etnis terpampang rapi dan berbaur menjadi satu. Kami mulai berjalan bersinggungan badan diantara puluhan orang yang mulai merangsek maju. Karena Stasiun Butterworth adalah stasiun keberangkatan pertama di peron nomer 1 sebuah kereta dengan desain yang futuristik sudah parkir menanti penumpang untuk naik.
ETS Platinum Train, KTM Butterworth, Train, KTM, Kereta Api, Malaysia, Penang, Kuala Lumpur, Butterworth
Suasana Ruang Tunggu di Stasiun Butterworth, Penang- Malaysia
Kereta yang dikenal dengan ETS Platinum ini berwarna dasar putih bermotif warna biru dan kuning pada bagian atasnya. Kereta ETS yang dioperasikan oleh KTM Keretaapi Tanah Melayu di Malaysia ini menggunakan teknologi unit berganda elektrik sehingga ramah lingkungan. Dengan menggunakan listrik sebagai sumber energinya membuat kereta ini menghasilkan emisi karbon yang jauh lebih rendah dibandingkan jenis moda transportasi lainnya yang menggunakan energi fosil minyak bumi yang umumnya menghasilkan emisi karbon yang tinggi.
ETS Platinum Train, KTM Butterworth, Train, KTM, Kereta Api, Malaysia, Penang, Kuala Lumpur, Butterworth
Berpose di Depan Kereta ETS Platinum di Stasiun Butterworth Penang, Malaysia
ETS Platinum Train, KTM Butterworth, Train, KTM, Kereta Api, Malaysia, Penang, Kuala Lumpur, Butterworth
Kereta ETS Platinum di Peron 1
ETS Platinum Train, KTM Butterworth, Train, KTM, Kereta Api, Malaysia, Penang, Kuala Lumpur, Butterworth
Kereta ETS Platinum di Peron 1
Dengan teknologi yang dimiliki kereta ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal 160 km/jam, dengan kecepatan tersebut kereta ini dikatakan masuk dalam kategori kereta cepat berkelajuan tinggi. Kecepatan yang setara dengan Sonic Express dan Kamome Express di Jepang, Tilt Train Service di Australia serta The Taroko Express dan Puyuma Express di Taiwan. Dengan naik kereta ETS Platinum waktu tempuh yang dibutuhkan dari Butterworth untuk sampai ke kota Kuala Lumpur hanya 3 jam 30 menit saja.
Dalam satu harinya ada belasan jadwal keberangkatan dari Butterworth (Penang) ke kota Kuala Lumpur atau sebaliknya menggunakan kereta ETS Platinum dengan harga tiket 79 Ringgit untuk dewasa dan 44 Ringgit untuk anak-anak atau kereta ETS Gold dengan harga tiket 59 Ringgit untuk dewasa dan 34 Ringgit untuk anak-anak. Untuk kamu yang hendak membeli tiket ETS Platinum ada baiknya melakukan pembelian dari beberapa hari sebelumnya agar rencana perjalanan dapat berjalan sesuai itinerary. Untuk pemesanan online dapat klik di website ini https://intranet.ktmb.com.my/e-ticket/login.aspx# dan apabila kamu hendak membeli langsung konter/loket penjualan tiket dibuka dari jam 7 pagi sampai jam 9:30 malam.
Jadwal Perjalanan Kereta ETS di Malaysia (courtesy www.ktmb.com.my)

Jadwal Perjalanan Kereta ETS di Malaysia (courtesy www.ktmb.com.my)
Daftar Harga Tiket Kereta ETS di Malaysia (courtesy www.ktmb.com.my)
Kereta ETS Platinum bergerak sesuai jadwal. Bagiku, perjalanan dengan menggunakan moda transportasi adalah perjalanan yang menyenangkan. Sebab, setiap kali aku melakukan perjalanan seperti ini selalu ada pengalaman baru serta pemandangan berbeda yang tersaji di setiap kota yang dilalui. Dalam perjalanan kami mengamati fasilitas yang ada di dalam kereta ETS Platinum ini. Pada setiap baris kursinya masing-masing berisi 4 kursi dengan konfigurasi 2+2 di kedua sisi lorong kereta. Semua kursinya reclining berwarna biru dengan alas kepala berwarna merah merah yang dapat disesuaikan sudut kenyamanannya. Sama halnya dengan tiket kelas ekonomi di pesawat, kelas ini juga dilengkapi dengan meja lipat di belakang setiap kursi dan dapat dilipat untuk memberikan keleluasaan. Pada 4 kursi yang dekat dengan sambungan terdapat meja khusus yang sangat nyaman untuk menikmati makanan di tengah perjalanan.
Fasilitas di Dalam Kereta ETS Platinum, Malaysia
Sambungan Gerbong Kereta ETS Platinum, Malaysia
Fasilitas Tempat Pembuangan Sampah Di Dalam Gerbong Kereta
Fasilitas di dalam kereta ETS Platinum, KTM Malaysia
Rak bagasi untuk menaruh tas ada di atas kursi di kedua sisi kereta namun tidak mempunyai penutup. Hanya tas dan koper ukuran normal yang dapat dimasukan ke kompartemen bagasi ini. Namun di setiap persimpangan dari dua gerbong telah disediakan rak bagasi untuk tempat penyimpanan koper troli berukuran besar. Setiap gerbongnya terdapat 2 buah televisi LED yang menayangkan informasi terkini tentang pelayanan Keretaapi Tanah Melayu (KTMB) serta menyajikan tontonan film yang menarik untuk dinikmati. Untuk kenyamanan dan keselamatan penumpang pada setiap gerbongnya juga dilengkapi kamera CCTV untuk memastikan perjalanan berjalan aman dan nyaman.
Fasilitas di Dalam Kereta ETS Platinum yaitu LED TV dan Rak Bagasi
Beberapa keunggulan pada fasilitas yang diberikan kereta ETS Platinum ini semua fasilitas yang ada di dalam gerbong ini bersahabat dengan orang yang berkebutuhan khusus salah satunya golongan yang menggunakan kursi roda misalnya.  ETS Gold memfasilitasi kaum manula dan orang berkebutuhan khusus dengan memberikan prioritas tempat duduk khusus yang tersedia untuk mereka. Tidak hanya itu saat hendak keluar masuk pintu kereta serta jalur yang dilewati di dalam gerbong begitu juga dengan fasilitas toilet umum yang bersih dan bersabahat dengan orang yang berkebutuhan khusus. (Dalam bahasa melayunya disebut OKU, Orang Kurang Upaya). Jika kamu membutuhkan fasilitas tersebut akan ada petugas yang dapat membantu anda untuk naik dan turun kereta, namun informasikanlah terlebih dahulu minimal 1 hari sebelumnya agar petugas dapat membuat persiapan tersebut.
Toilet yang didesain ramah dan bersahabat untuk semua golongan termasuk OKU atau berkebutuhan khusus
Toilet Umum Di Dalam Kereta ETS Platinum
Toilet yang berada di dalam gerbong ETS Platinum dengan teknologi yang sama seperti di dalam pesawat
Salah satu fasilitas yang membuat ku kagum yaitu di gerbong kereta ini disediakan sebuah surau tempat sholat bagi umat muslim yang hendak beribadah. Ruangan sholatnya cukup luas dan diberikan sajadah. Bisa aku katakan ruangan sholat ini dapat menampung 2 orang. Pada bagian dalam ruang tersebut juga disediakan tempat wuhdu yang bersih sehingga setiap penumpang yang hendak berwudhu tidak perlu pergi ke toilet.
Fasilitas Surau/ Mushola/ Tempat Sholat di Gebong 3 Kereta ETS Platinum, Malaysia
Ruang Wudhu Dan Tempat Sholat di Dalam Kereta ETS Platinum
Kereta masih melaju dari satu kota ke kota lain, melewati jam demi jam. Petugas berseragam Keretaapi Tanah Melayu mulai datang menghampiri untuk mengecek tiket yang dimiliki setiap penumpang. Memeriksa kesesuaian tiket yang dimiliki dengan nomor kursi serta tujuan yang tertera pada tiket tersebut.
Tiket kereta yang saya pesan online dan print di kertas A4
Di tengah perjalanan ketika perut lapar ada fasilitas F&B di gerbong C yang menyediakan beberapa jenis makanan dan minuman seperti sandwich, nasi lemak, bihun goreng, kopi panas, teh hangat serta beberapa jenis minuman dingin yang dapat dicoba ditengah perjalanan. Hebatnya lagi walaupun tempat ini adalah satu-satunya kedai yang menyediakan makanan dan minuman didalam perjalanan kereta ETS Platinum namun harga yang dijual masih terjangkau yaitu mengikuti standar makan dikedai luar sekitar 5 sampai 10 ringgit untuk paket makanan dan minuman yang dikehendaki. 
Fasilitas Food & Beverages di Kereta ETS Platinum
Salah Satu Hidangan Yang Disajikan, Boleh Makan di Kursi Sendiri Atau di Meja Makan di Gerbong C
Di tengah perjalanan seorang staf berseragam berwarna biru langit dengan logo KeretaApi Tanah Melayu pada dada kanannya datang menghampiri satu persatu penumpang. Dengan membawa sebuah kotak besar ia mulai meraih isi dalam kotak tersebut yang berisi makanan kecil berupa biskuit, sebatang coklat serta satu kotak susu berukuran kecil. Rupanya sajian tersebut dibagikan secara gratis sebagai salah satu pelayanan yang KeretaApi Tanah Melayu berikan untuk memanjakan setiap penumpangnya serta sebagai rasa terima kasih ETS Platinum kepada para penumpang karena telah menggunakan jasa moda transportasi ini.
Staf dari KTM membagikan makanan kecil untuk semua penumpang ETS Platinum
Sajian cemilan yang diperoleh semua penumpang kereta ETS Platinum dari KTM
Tidak terasa 3,5 jam telah berlalu dan dari pengeras suara petugas memberitahukan semua penumpang bahwa sebentar lagi kereta akan sampai di tujuan, kota Kuala Lumpur. Ketika laju kereta secara perlahan mulai melembat hingga berhenti sempurna setiap penumpang di gerbong ini mulai membereskan barang bawaannya dan turun dengan tertib dalam antrean. Dan kini akupun mulai melangkah kembali ke kota Kuala Lumpur, Pulang.


Follow my instagram @travelographers , twitter account @travelographers 
 and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Baca artikel lain terkait mengenai perjalanan dengan kereta api :
Mengintip Moda Transportasi Kereta Api di China  
Pengalaman Naik Kereta ETS Gold Dari Kuala Lumpur ke Kota Ipoh, Malaysia
Kereta Cepat ETS Platinum Dari Butterworth Penang ke Kuala Lumpur, Malaysia
Perjalanan Kilat Dengan Kereta Peluru Dari Guangzhou ke Shenzhen, China 
Menjajal Canggihnya Kereta Peluru KTX Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Singapura 


28 comments:

  1. Salam..
    Mau nanya kalau dari georgetown maubke ipoh pulang pergi naik transportadi ets gimana ya kalau jadwal hari sabtu..kira kira bisa gak ...caranya gimana y.
    Bisa kasi step by step nya..thanks��

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dalam 1 hari ada beberapa jadwal keberangkatan. namun kali perginya di weekend sangat saya sarankan sudah beli tiket dari jauh" hari mengingat selalu terjual habis. krn kalo beli dadakan umumnya sudah habis dan harus naik bus.

      Delete
  2. Kalo dr KL ke spore pke ETS ada ceritanya gak mas? Share dong bulan Des 2016 saya dan teman2 akan ke Spore dari KL naik kereta. Kalo ada pengalaman share donga mas. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. utk KL ke spore dan sebalinya belum ada ETS adanya kereta umum biasa. tapi sayangnya kami belum sempat menulis cerita dan tips" nya. perjalanan dari KL ke spore dengan kereta api hanya sampai perbatasan johor baru kemudian bisa dilanjutkan naik bus selama 15 menit ke singpura / woodsland atau nyambung naik kereta lagi dengan ongkos 5 MYR.

      Delete
    2. jalur rel ETS nya (double lane) baru mulai projek. dari Gemas ke Johor Bahru. sekarang cuma ada single line, dengan servis keretapi biasa. salam dari warga Malaysia, happy holiday.

      Delete
    3. Jadi kalau dari KL untuk ke Singapore rute keretanya KL - Gemas - Johor Bahru - Woodsland ya? apakah ada yang kereta yang langsung KL ke Johor Bahru?

      Delete
  3. mau tanya , kalau dr Butterworth menuju ke garnidrive berapa jauh, adakah mass tranportasi ? hotel apa yg dekat dgn lokasi di garnidrive . Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gurneydrve posisinya itu sekitar 20 menitan dari tengah kota penang. kalo dari butterworth harus nyebrang dulu naik ferry atau lewat jembatan penang selama 30 menit. utk transportasi umum ada bus rapid penang. bisa juga naik hop on hop off atau mentok' naik uber/ grab :D

      Delete
  4. Salam...mau tanya kalau mau ke hatyai thailand dari kl sentral naik kereta api bisa nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wsalam, bisa.. naik ETS, tapi tukar train di Padang Besar ( sempadan Malaysia-Thai)

      Delete
    2. sebelumya maaf ya dite ike commentnya terlewatkan jadi tidak terbalas. dan terima kasih abah adam sudah membantu menjawab. ya selain dengan ETS bisa juga naik kereta senandung langkawi dari KL menuju hatyai langsung. jadwalnya bisa di lihat dan tiketnya bisa dipesan di www.ktmb.com.my

      Delete
  5. Salam...mau tanya kalau mau ke hatyai thailand dari kl sentral naik kereta api bisa nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa, salah satu keretanya bernama senandung langkawi yang berangkat malam hari. saya pernah juga tulis di blog bisa dicari artikelnya di blog ini ya. untuk info keberangkatan kereta dari kl sentral ke hatyai bisa ihat web resmi www.ktmb.com.my ya

      Delete
  6. Ass, mau nanya bg stasiun kereta ets di kl dimana nya ya? Trus ada gak kereta malam ets dari penang-kl atau sebaliknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wsalam, semua jenis kereta (train ) berpusat di KL Sentral... jadi sekiranya nak beli tiket kereta.. datang laa ke KL sentral... untuk ETS dari penang- Kl last jam 7 mlam, kalau dari Kl-penang last jam 8 malam... jam-jam berikutnya sepeti jam 10-11 malam last stop adalah di Ipoh sahaja... kena tunggu pagi esok untuk teruskan perjalanan...

      Delete
    2. terima kasih abah adam sudah membantu menjawab. ya kereta ETS di kl sentral posisinya di dekat KFC lantai 2 klo tidak salah. untuk jadwal terakhir ETS ke penang jam 8 malam dan itu tidak langsung ke pulau penangnya ya melainkan ke stasiun butterworth. untuk ke penangnya harus nyebrang lagi naik ferry selama kurang lebih 30 menit dengan masa tunggu jadwal ferry dan antriannya.

      Delete
  7. Ooh macemtu.. jadi bila nak pergi naik kereta ets, mesti berapa jam sebelum keberangkatan kah saya boleh pesan tiket???

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ETS, boleh ambil bila-bila masa sahaja... tapi untuk mengelakkan kesesakkan pada hari cuti.. sekurang2nya tempah sebulan atau dua bulan sebelum hari keberangkatan...untuk hari biasa tiada masalah,,, jangan hari cuti malaysia.. memang cepat habis...

      Delete
  8. Mau tanya.
    Kalau dari hatyai ke kuala lumpur naik kereta apa ya?
    Bookingnya dimana?
    Saya cari di KTMB kok ga ada ya yang dari hatyai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik kereta senandung langkawi, jadi kereta biasa. krn setahu kami utk kereta semi cepat ini baru sampai butterworth penang.

      Delete
  9. Mau tanya bos. Saya beli e-ticket untuk 23 feb 2017. Sudah terbayar melalui kartu kredit. Tapi tiket tidak saya terima alias server ktmb error. Tapi hubungi call center atau email ke ktmb tidak ada jawaban. Apa yg harus saya lakukan. Mohon petunjuk. Thank's

    ReplyDelete
  10. Wah negara tetangga udah punya kereta cepat ayo dong indonesia jangan mau kalah, kita juga harus punya kereta cepat biar pulang kampung makin nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar. dan sekarang malaysia sedang membangun kereta cepat dari KL ke singapura. nanti waktu tempuhnya hanya 1 jam-an saja.

      Delete
  11. kak , mau tanya doonggg untuk KL-Bangkok ada cerita sama saran ga kalu lewat darat ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada, tapi harus nyambung 2x klo mau naik kereta. dari KL bisa naik kereta ke hatyai kemudian menyambung dari hatyai ke bangkok. klo mau lihat cerita di blog ini saja dari hatyai mampir ke krabi dan phuket dulu sebelum ke bangkok.

      Delete
  12. Kak , itu booking ets nya harus pakai kartu kredit ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf sekali pesannya baru terbaca, tertutup komen yg lain. iya pembayarannya hanya bisa kartu kredit dan kartu debit lokal saja.

      Delete
  13. hi...saya belum pernah menaiki ets ini. dan ingin mencuba ets dari penang ke gemas. adakah ets dari butterworth penang ke gemas direct? atau stop di KL?

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.