Wednesday, September 25, 2013

Waktu Traveling ke China Yang Direkomendasikan Untuk Dihindari



Forbidden City, Beijing China

Dalam merencanakan liburan atau perjalanan ke China, tentunya salah satu hal yang perlu dilakukan adalah riset untuk menggali informasi mengenai kondisi tempat yang ingin dituju agar disaat perjalanan nanti terasa lebih menyenangkan. Sebagian besar orang liburan ke China tentunya dengan tujuan untuk refresing dari kepenatan rutinitas sehari-hari dengan melihat pemandangan alam yang indah atau bangunan bersejarah yang mengagumkan.
Mengingat China memiliki jumlah penduduk terbesar didunia sekitar 1,34 Milyar penduduk, tak heran jika datang ketempat ini dimasa liburan atau peak season berpotensi merusak suasana perjalanan anda menjadi kurang menyenangkan baik karena kondisi tempat wisata yang begitu sesak dikunjungi orang, harga tiket transportasi yang melambung tinggi, waktu tempuh perjalanan yang lebih lama hingga menghadapi kesulitan mencari akomodasi penginapan karena permintaan penduduk lokal yang sedang berlibur memenuhi setiap kapasitas kamar yang ada.
Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengetahui periode waktu untuk dihindari seperti peak season yang berpotensi membuat perjalanan anda menjadi kurang menyenangkan diantaranya yaitu:


1.       Hari Libur Nasional
Seperti halnya periode libur lebaran di negara kita yang hampir sebagian besar penduduk kota besar melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, di China juga terdapat hari libur nasional sekitar satu minggu sekitar awal Oktober. Diliburan ini jutaan penduduk China akan melakukan perjalanan kembali kekampung halaman atau melakukan perjalanan untuk liburan keluarga.
Seperti halnya dinegara kita, dilibur nasional di China membuat lalu lintas sebagian besar wilayah China menjadi macet. Harga tiket transportasi melonjak tajam seperti halnya harga tuslah dinegara kita, begitu juga dengan harga akomodasi penginapan yang ikut meroket selama periode ini karena permintaan yang tinggi.
Jika menggunakan transportasi umum seperti kereta dan bus, anda dapat menghadapi jadwal kereta yang didelay karena lalu lintas yang begitu sibuk hingga kepadatan saat masuk ke terminal dan stasiun kereta. Begitu juga pada saat anda mengantri untuk membeli tiket, antrian bisa mengular panjang bersama ribuan orang yang bisa saja anda tidak mendapatkan tiket sesuai jadwal yang anda inginkan yang berdampak berubahnya jadwal iitneraty perjalaan anda.
 
Disaat Libur Nasional, Hampir Semua Orang Melakukan Perjalanan Mudik atau Liburan
2.       Hari Libur Buruh
Seperti halnya hari libur nasional, pada masa liburan hari buruh juga salah satu peak season yang direkomendasikan untuk dihindari. Libur Buruh umumnya berlangsung pada periode  akhir april sampai awal bulan Mei. Dimasa ini sebagian orang akan memanfaatkan untuk liburan bersama kerabat maupun keluarga ketempat-tempat wisata. Hampir semua tempat wisata yang populer akan disesaki ribuan pengunjung.
Selain suasananya menjadi kurang menyenangkan karena terlalu padat orang mulai antrian yang ditimbulkan untuk masuk ketempat wisatapun bisa mengular panjang, hingga tidak leluasa menikmati pemandangan atau bangunan yang sedang kita kunjungi. Begitu juga dengan foto yang dihasilkan yang akan didominasi ribuan orang yang menutupi keindahan tempat itu.
Diwaktu Liburan, Tempat Wisata Akan Disesaki Oleh Pengunjung
Dengan mengetahui periode waktu tersebut, tentunya anda dapat merencakanan perjalanan dengan lebih baik sehingga perjalanan anda di China pun akan menjadi lebih menyenangkan dan meninggalkan kesan yang tak terlupakan.

Follow my Instagram & Twitter account : @travelographers

Baca artikel lain terkait mengenai perjalanan ke China:
Waktu yang direkomendasikan untuk dihindari traveling keChina
Mengintip Moda Transportasi Kereta Api di China 


2 comments:

  1. +1 buat infonya, susah nih cari cuti panjang buat ke China.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro.. coba bulan mei 2014 banyak hari kejepit tuh.. hehe..

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.