Thursday, September 19, 2013

Menentukan waktu terbaik untuk mengunjungi China

Pemandangan Yang Begitu Memukau di Dataran China - Guilin
Kau tau, kesan pertamaku ketika menginjakan kaki di Dataran China seperti halnya menginjakan kaki diplanet lain. Ketika melihat panorama alam yang disuguhkan dinegara ini sungguh memanjakan sepasang mata yang melihatnya yang bahkan tidak dapat ditemui ditempat lain. Negara ini memiliki dataran yang begitu luas yang membentang sekitar 18.000 kilometer untuk dijelajah dengan jumlah penduduk terbesar didunia.
Terletak diwilayah Asia Timur, dataran China dengan memiliki berbagai tempat wisata yang menarik mulai dari alam maupun budayanya. Jika kamu mencari perjalanan yang eksotis dikemas dengan pemandangan yang memukau dan menghadirkan pengalaman baru, Cina adalah tempat wajib untuk dijelajahi.
Ketika  merencanakan untuk mengunjungi China, karena Cina sangat luas maka iklim dan kondisinya pun bervariasi dari daerah ke daerah. Jadi sebelum pergi cek terlebih dahulu cuaca dikota yang akan anda tuju karena bisa saja cuaca antara daerah di bisa berbeda. Semisal di selatan sudah masuk musim semi bisa saja dibulan yang sama dibagian utara masih musim salju dan ketika ke wilayah barat matahari sudah bersinar terang. Itulah yang saya rasakan ketika mengujungi negara China ketika masa transisi musim.

Tembok Besar China di Musim Semi
 Secara keseluruhan, China cocok dikunjungi sepanjang tahun dengan memiliki 4 musim yaitu musim dingin, musim semi, musim panas dan musim gugur. Berikut beberapa pilihan waktu kunjungan terbaik yang dapat anda sesuaikan dengan tujuan perjalanan anda ke China.


1.  Waktu kunjungan pelancong terbanyak ke China yaitu pada saat musim gugur pada periode Oktober sampai awal November. Diperiode ini sebagian besar wilayah Cina memiliki suhu yang hangat dan musim hujan telah berhenti sehingga relatif kering dan nyaman untuk perjalanan. Pemandangan alam yang memukau ditambah warna daun pada pepohonan yang memerah menambah magis suasana yang dihadirkan.
Warna-Warni Daun di Musim Gugur
2. Apabila anda ingin merasakan musim semi, waktu terbaik untuk mengunjungi China yaitu periode akhir April dan awal Mei. Di musim ini anda dapat menikmati bunga yang mulai bermekaran disepanjang jalan maupun dihamparan taman. Temperatur yang sejuk dan tidak terlalu panas membuat perjalanan anda lebih menyenangkan.
Musim Semi di China, Bunga-Bunga Mulai Bermekaran
3. Musim panas di China yaitu pada periode Akhir May sampai Agustus. Diperiode ini matahari bersinar sepanjang hari dan waktu yang cocok untuk traveling khususnya bagi orang yang suka kehangatan. 
Di Musim Panas, Matahari Bersinar Sepanjang Hari
 4.  Untuk anda yang ingin merasakan musim dingin di China, waktu berkunjung yang direkomendasikan yaitu pada bulan desember sampai awal maret. Dibulan ini anda dapat menikmati olahraga musim dingin seperti ski serta festival musim dingin seperti di kota Harbin yang setiap tahunnya memiliki agenda festival salju yang dipahat dengan berbagai ragam bentuk yang memiliki nilai seni yang tinggi dan indah untuk dinikmati.
Salju Yang Menghampar Disepanjang Jalan Setapak di Musim Dingin, China
5.  Yang perlu menjadi catatan yaitu hindari perjalanan ke China disaat Libur Nasional di China pada periode akhir September sampai awal oktober serta libur Hari Buruh pada periode akhir April sampai awal bulan Mei. Pada periode tersebut kondisinya begitu ramai dan dapat menghambat perjananan anda baik karena transportasi yang penuh serta akomodasi penginapan yang terbatas karena tingkat permintaan penduduk lokal yang melonjak.
Keramaian Yang Terjadi Ketika Peak Season, Banyak Penduduk China Yang Berlibur
  Jadi karena dataran China terbentang begitu luas, pelajari terlebih dahulu perkiraan cuaca ditempat yang rencananya akan ada tuju. Dengan persiapan yang matang, perjalanan andapun akan lebih menyenangkan.

Follow my Instagram & Twitter account : @travelographers

Baca artikel lain terkait mengenai perjalanan ke China:
Waktu yang direkomendasikan untuk dihindari traveling keChina
Mengintip Moda Transportasi Kereta Api di China

26 comments:

  1. Hello Shu the traveler!

    China memang luas, bahkan keterlaluan luasnya sampai2 bikin penasaran untuk diexplore tiap sudutnya.

    Menurut ane spot wisata yg wajib dikunjungi berdasarkan musim adalah:
    - Summer: everywhere
    - Spring : try Kunming, Yellow Canola Fields (sublime...)
    - Autumn : Jiuzhaigou
    - Winter : Inner Mongolia, Harbin

    Dan tentunya jgn pas lagi si "musuh" fotografer datang, awan mendung.

    "Leave nothing but footprints. Take nothing but pictures. Kill nothing but time"

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup betul banget. saking besarnya dataran china setiap daerah bisa punya waktu musim dan cuaca yang berbeda. jadi harus lihat kondisi disana juga.

      well noted. iya masih banyak bgt nih wisata di China yang bagus dan belum sempat dikunjungi.. dream it, plan it, do it

      Delete
  2. Rencananya ke Shanghai bulan September ini. Ini perjalanan pertama kali saya ke cina. Kalau baca kayaknya September-Oktober itu the end of summer and early fall season ya. Ada saran jenis baju yang saya bawa? atau saran lainnya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf notifikasi komen ini tertutup / terlewatkan untuk dibalas. untuk september umumnya masa transisi ke musim gugur jadi umumnya bisa berpotensi hujan dan berawan. baiknya bawa payung, rain coat untuk hujan dan sweater utnuk menghangatkan badan dikala cuaca mulai dingin.

      Delete
  3. kakak saya akan ke Urumqi pada bulan oktober awal, musim apa yang ada disana pada bulan itu? dan pakaian seperti apa yang harus dipersiapkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk oktober awal umumnya masa transisi ke musim gugur dan temperatur udara mulai dingin jadi umumnya bisa berpotensi hujan, berawan dan dingin. baiknya bawa payung, rain coat untuk hujan, sepatu yang tidak tembus air, dan sweater utnuk menghangatkan badan dikala cuaca mulai dingin. jika punya long john tidak ada salahnya untuk bawa antisipasi cauca yang mulai masuk ke musim dingin.

      Delete
  4. mau nanya tanggal 26 oktober - 1 november kira2 pakaian apa yg perlu di siapkan ya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh tau rencananya ke derah mana? karena dataran china sangat luas dan tiap daerah cuacanya bisa cukup berbeda. namun umumnya dataran china di akhir oktoiber ke november sudah masuk musim gugur ke musim dingin jadi baiknya bawa pakaian musim dingin ya.

      Delete
    2. oh iya maaf lupa info daerahnya, rencana 27 sampai di beijing tanggal 2 dr shanghai balik k jakarta lagi. kira2 persiapan pakaiannya gimana ya? sama mau nanya kalau internet beli kartu lokal sana atau gimana ya yg buat 6 hari? terima kasih

      Delete
  5. Klo sekitar 10-23 oktober itu k kunming, dali, li jiang dan shangri'la itu pakaian yg d anjurkan ap y??...dan u/ cuaca ny??thx.

    ReplyDelete
  6. Slm kenal...rcnnya mau ke beijing liburan..spot yg ingin dikunjungi a.l tembik cina sama summer place..kira2 klo awal april recommend untuk brgkt k sn u/ mengunjungi spot2 tsbt?

    ReplyDelete
  7. Slm kenal...rcnnya mau ke beijing liburan..spot yg ingin dikunjungi a.l tembik cina sama summer place..kira2 klo awal april recommend untuk brgkt k sn u/ mengunjungi spot2 tsbt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada masjid niu jie untuk wisata rohani, ada bird nest dan stadion" olimpiade di beijing yang megah yang bisa dikunjungi serta gedung" perkotaan yang menjuang tinggi di kawasan CBD nya. dann tentu saja forbidden city jangan terlewatkan ya.

      Delete
  8. salam kenal, saya rencana ke beijing akhir desember, apakah recomended utk berkunjung kesana, apakah dinginnya ekstrem?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak kesananya januari aja yuk ada saljunya hehehe

      Delete
    2. untuk kulit tropis indonesia tentunya terasa sangat dingin namun selama membawa perlengkapan dan persiapan yang cukup dapat membuat perjalanan lebih menyenangkan. namun tentunya harus bersiap apabila cuaca salju membatasi ruang gerak yang membuat kita harus juga membatasi jumlah destinasi yang hendak dikunjungi dalam satu harinya disesuaikan dan dikondisikan dengan cuaca yang bisa terus berubah.

      Delete
  9. HALOO,MAU TANYA KALAU KE SHANGHAI AWAL MARET MUSIM APA YA ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. utk di Shanghai pada awal maret umumnya masih musim transisi dari musim dingin ke musim semi. cauca akan lebih sering hujan dan temperatur udara masih terbilang dingin untuk kulit tropis orang Indonesia. untuk persiapan baiknya tetap bawa longjohn utk mengahngatkan, coat dan rain coat dengan ponco / bawa patung serta pakai sepatu yang nyaman dan tahan air.

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Hai..saya mau bertanya. Rencana 20 des ini mau ke harbin. Kira2 baju untuk winter apa saja yg direkomendasikan, mengingat saya jg akan membawa anak saya yg berusia 4 thn... trims atas bantuan nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. harbin di china dikenal sebagai surganya salju, salah satu destinasi saat musim dingin terbaik di china karena akan ada festival salju. untuk bulan desember di harbin cuaca lagi dingin"nya yang bisa bikin tubuh tropis kita menggigil beku karena suhunya bisa mencapai -9 derajat. jadi tentunya persiapkan longjohn untuk anak dan dewasa, sepatu yg waterproof tahan air, jacket yang rapat untuk musim dingin, bawa beberapa kaos kaki, sarung tangan, penutup kepala dan telinga jika dibutuhkan serta sweater dan jacket.

      Delete
  12. hi saya mau tanya untuk bulan maret akhir ada tempat yang di rekomendasikan saat di Beijing? lalu baiknya pakaiannya gimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman kami saat mengunjungi beijing di bulan maret cuacanya masih dalam transisi musim dingin ke musim semi. Udaranya masih dingin dan sering gerimis ringan jadi baiknya bawa jacket yang bisa berfungsi sebagai penghangat dan rain coat untuk hujan. bawa juga long john dan sewater untuk menghangatkan tubuh serta sepatu yang tahan air. untuk rekomendasi tempat di beijing tentunya kawasan forbidden city, niu jie mosque, temple of heaven, dan pastinya ke tembok raksasa china karena di musim inilah kita bisa menikmati tembok china dalam kondisi yang tidak terlalu ramai turis.

      Delete
  13. Mau nanya ni.. Kalau ke beijing di awal maret kan kena winter..dan saya cek sktr 15°. Kira2 dingin nya seperti apa ya? Soalnya rencana bawa mama yg umur 70

    ReplyDelete
  14. Kalau di china sendiri suhu terdinginnya kira-kira brp derajat celcius ya, dan bulan apa saja yang bisa mencapai titik terdingin itu?

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.