Thursday, August 20, 2020

Hai Petualang. Ini 5 Rute Overland/Jalur Darat menjelajah Borneo dan Brunei Darussalam Yang Patut Kamu Jelajahi!

Antre Di Pintu Perbatasan Brunei Darussalam - Malaysia, Menuju Miri

Jika kamu memiliki jiwa petualang dan suka menjelajah sebuah kota dengan cara overland maka ada 3 negara yang berada di Pulau Kalimantan yang bisa kamu kunjungi melalui jalur darat yaitu dari Pontianak Indonesia, Serawak dan Sabah di Malaysia serta Brunei Darussalam. Kami ingin berbagi pengalaman kami untuk memberikan inspirasi maupun wawasan bagi kamu yang hendak ingin tahu bagaimana kondisi perbatasan di negara tersebut dan rekomendasi itinerary kota mana saya yang bisa dikunjungi yang tentunya bisa disesuaikan dengan budget dan waktu yang tersedia.
Untuk artikel kali ini kami akan menulis 5 rute yang dapat kamu rekomendasikan apabila kamu hendak menjelajah Borneo dan melewati Brunei Darussalam, salah satu negara di Asean yang umumnya dikunjungi para traveler untuk merampungkan mimpi mengunjungi semua negara anggota Asean. Setiap rute yang kami rekomendasikan akan kami jabarkan juga secara detail estimasi biaya serta mininal waktu yang dibutuhkan untuk menjelajah jalur tersebut.



1.     Brunei Darussalam - Limbang Serawak Malaysia - Kota Kinabalu dan Kudat Sabah Malaysia
Apabila dalam satu rangkaian perjalanan kamu di Brunei hendak pergi ke Kota Kinabalu juga maka salah satu jalur darat favorit yang bisa ditempuh dari Brunei Darussalam ke Kota Kinabalu yaitu melalui Limbang Serawak Malaysia. Untuk mendapatkan pengalaman overland ini kamu dapat naik bus Sipitang Express/ Jesselton Express dengan lama perjalanan sekitar 8 jam. Harga tiket bus nya yaitu 45 Brunei Dollar sekali jalan.
 
Bus Jesselton dari Bandar Seri Begawan ke Kota Kinabalu
Konfigurasi tempat duduk bus Jesselton Express

Bus berangkat setiap hari pada jam 8 pagi dari tempat pemberhentian bus yang ada di jalan Mc Arthur yang lokasinya tepat di pinggir sungai Brunei tempat dimana banyak orang menyebrang ke Kampung Ayer. Patokannya tepat di seberang Picollo Cafe atau sederetan dengan Surau/ Musholla Haji Abas Sulaiman. Bus akan melewati perbatasan Limbang Serawak Malaysia dan Lawas Serawak Malaysia dengan estimasi sampai Kota Kinabalu pada jam setengah lima sore. 

Salah satu pintu perbatasan/ Imigrasi dari Brunei ke Malaysia

Pemandangan yang tersaji ketika perjalanan darat dari Brunei Darussalam ke Kota Kinabalu

Melewati beberapa kota kecil di Serawak dan Sabah Malaysia

Salah satu pintu perbatasan/ Imigrasi Brunei Darussalam dan Malaysia

Transit di salah satu kota kecil di Sabah, Malaysia

Apabila kamu memiliki waktu lebih bisa melanjutkan perjalanan darat ke kota Kudat dan Simpang Mangayau tempat dimana titik paling utara pulau Borneo/Kalimantan berada. Estimasi untuk menjejah 3 kota ini yaitu minimal 7 hari dengan rincian 2 hari di Brunei Darussalam, 1 hari untuk perjalanan darat dari Brunei ke Kota Kinabalu, minimal 2 hari untuk menjelajah Kota Kinabalu, 2 hari untuk pulang pergi ke kota Kudat dan menjelajah Simpang Mangayau dan kembali ke Kota Kinabalu. Jika kamu hanya punya waktu 5 hari maka rute paling ideal yaitu hanya dari Brunei Darussalam sampai ke Kota Kinabalu saja. 
Terminal bus di Kota Kinabalu, Malaysia

Menuju Kota Kinabalu, Malaysia
 
Oh iya kalau kamu berencana untuk hiking naik gunung Kinabalu dan Kudansang maka minimal tambahkan waktu 4 hari lagi ya. Estimasi waktu ini berlaku untuk rute sebaliknya dari Kota Kinabalu sampai ke Brunei Darussalam lewat Limbang.


2.   Brunei Darussalam - Labuan Malaysia - Kota Kinabalu Sabah Malaysia
    Apabila dalam satu rangakaian perjalanan kamu di Brunei hendak pergi ke Labuan Malaysia juga baik yang terus melanjutkan perjalanan ke Kota Kinabalu maupun tidak maka transportasi umum yang dapat kamu pilih dari pusat kota Bandar Seri Begawan yaitu naik bus umum berwarna biru dengan nomer 37, 38 dan 39 dengan tujuan ke Pekan Muara dan Serasa Ferry terminal. Ongkosnya yaitu 1 Brunei Dollar sekali jalan. Estimasi perjalanan yaitu sekitar 1-2 jam tergantung waktu tunggu bus umumnya karena intervalnya terbilang sangat jarang. 
Bus umum di Brunei Darussalam
 
Kabarnya ada bus langsung dengan ongkos 2 Brunei Dollar tapi sepanjang pengalaman kami tinggal disana belum pernah naik dan mendapatkan info lebih lengkap tentang bis tersebut. Sesampainya dari Serasa Ferry terminal kemudian dilanjutkan dengan naik ferry dengan ongkos 15 Brunei Dollar ditambah 2 Brunei Dollar untuk terminal tax. Jika waktu kamu terbatas bisa juga melanjutkan penerbangan dari Labuan ke Kuala Lumpur Malaysia untuk mencari penerbangan transit sebelum balik ke Indonesia. 
Ferry dari Brunei Darussalam ke Labuan Malaysia
 
Di Labuan Malaysia sendiri kamu bisa memilih untuk sekedar transit atau ingin stay minimal 1 malam untuk menjelajah beberapa pantai yang pulau yang bisa dikunjungi dari Labuan diantaranya pantai Layang-Layang, Pulau Papan, Pulau Kuruman atau menjelajah spot-spot menarik di tengah kota Labuan diantaranya Masjid Jamek An Nur, Labuan Museum, Chimney Museum, Labuan Square, serta Labuan maritime Museum.
Terminal Ferry di Labuan, Malaysia

3.   Brunei Darussalam - Miri dan Kuching Serawak Malaysia - Pontianak Indonesia
Ini adalah salah satu rute overland di pulau Kalimantan yang cukup panjang dan membentang di 3 negara. Apabila kamu hendak ke Indonesia atau sebaliknya terdapat bus Damri antar negara yang melayani rute dari Pontianak Indonesia ke Bandar Seri Begawan melewati Kuching dan Miri Serawak Malaysia. Selain Damri alternatifnya yaitu bus SJS Express yang juga melayani rute yang sama dari Bandar Seri Begawan dengan tujuan akhir ke Pontianak Indonesia dan sebaliknya. Ongkos sekali jalan untuk naik bus ini yaitu 80 Dollar Brunei dengan lama perjalanan sejauh 1200 kilometer atau sekitar 26 jam. Apabila naik bus ini kamu akan merasakan sensasi 2 kali melewati pintu perbatasan yaitu di Suria Brunei - Miri Malaysia dan Perbatasan Kuching Malaysia masuk ke Kalimantan Barat Indonesia.
Mengantre di pintu perbatasan Brunei Darussalam - Miri Malaysia

Untuk jadwal keberangkatan bus Damri dari Brunei Darussalam yaitu setiap hari pada jam 4 sore dengan ongkos sekali jana sebesar 80 Brunei Dollar. Untuk jadwal keberangkatan SJS Express yaitu setiap hari Selasa, Kamis dan Minggu pada jam 14:30 sore dari Bandar Seri Begawan. Kalau kamu dari arah sebaliknya dari Pontianak bus SJS Express berangkat setiap hari senin, rabu dan sabtu pada jam 7:30 pagi. Bisa dikatakan bus yang memiliki kapasitas 28 penumpang ini memiliki fasilitas yang terbilang cukup layak karena dilengkapi dengan AC dan toilet. Di perjalanan ini bus akan 3 kali berhenti diantaranya di Miri dan Kuching Serawak Malaysia untuk transit dan termasuk istirahat untuk makan. 
Perjalanan darat dari Brunei Darussalam menuju ke Miri Malaysia
 
Jika kamu hendak transit ke kota tersebut maka minimal tambahkan masing-masing satu hari untuk menjelajah kota yang kamu kunjungi tersebut. Rute ini cocok untuk kamu yang memiliki waktu perjalanan minimal 6 hari dengan estimasi itinerary yaitu 2 hari di Brunei Darussalam, 1 hari di Miri, 1 hari di Kuching Malaysia dan 1 hari di Pontianak Indonesia.
Salah satu pintu imigrasi perbatasan Brunei Darussalam - Miri Malaysia
Salah satu pintu perbatasan Miri Malaysia ke Brunei Darussalam
 
4.     Brunei Darussalam - Miri dan Kuching Serawak Malaysia
Jika kamu tidak memiliki waktu sepanjang itu dan kamu ingin menjelajah lebih lama di Serawak Malaysia maka rute dari Brunei Darussalam ke Miri Sampai ke Kuching Serawak bisa jadi pilihan. Nanti dari Kuching Serawak bisa mencari penerbangan langsung ke Indonesia atau flight transit ke Kuala Lumpur yang lebih banyak pilihan untuk penerbangan lanjutannya. Untuk bus yang bisa dipilih yaitu Damri atau SJS Express yang berangkat dari pusat kota Bandar Seri Begawan.
 
Jalan tol dari Brunei Darussalam ke Miri, Malaysia
 
Untuk pembelian tiket bus Damri atau SJS Express bisa dilakukan on the spot saat naik bus tersebut yang umumnya sangat jarang penuh. Apabila kamu hendak melakukan reservasi sebelumnya untuk saat ini kamu tidak tahu kontak person buat bus DAMRI namun apabila kamu hendak naik SJS Express bisa hubungi bruarms@gmail.com atau telpon  (+673) 7130686
Pintu perbatasan Brunei Darussalam - Miri Malaysia
Suasana jalan darat Brunei, Malaysia, Indonesia
Perjalanan darat Brunei - Miri - Pontianak
 
 5.       Kota Kinabalu Malaysia - Labuan Malaysia - Brunei Darussalam - Miri Serawak - Kucing Serawak hingga Pontianak Indonesia
Ini adalah paket komplit, rute paling panjang dan menyenangkan untuk dicoba yang membentang sejauh 1350 kilometer yang bisa ditempuh melalui jalur darat yang menghubungkan beberapa kota di 3 negara mulai dari Sabah malaysia, Brunei Darussalam, Serawak Malaysia Hingga ke Kalimantan Barat Indonesia. Untuk perjalanan dari Kota Kinabalu ke Brunei Darussalam kamu dapat naik bus jesselton express atau sepitang express sampai ke Bandar Seri Begawan Brunei Darussalam kemudian dari Brunei Darussalam kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan bus DAMRI atau SJS express untuk sampai ke Kalimantan Barat Indonesia melalui kota Miri dan Kuching di Serawak Malaysia.
Bus Damri yang menghubungkan Brunei Darussalam - Malaysia dan Indonesia

Apabila kamu memang hendak ke negeri Brunei Darussalam rasanya sangat disayangkan jika hanya mengunjungi 1 negara Brunei saja, luangkanlah sedikit waktu lebih untuk mencoba salah satu dari rute overland ini. 
 
Tonton video saat kami melakukan perjalanan darat dari Brunei Darussalam ke Miri Malaysia di Youtube Channel kami ya

  
Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya saya sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Brunei Darussalam, Miri Malaysia, Kota Kinabalu, Labuan atau Pontianak Indonesia, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral saya di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher hingga 40 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. Tertarik? Yuk Daftar airbnb.com disini
 
 
Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
and twitter account @travelographers 
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.



1 comment:

  1. kalau pakai mobil pribadi apa kelebihan dan kekurangannya

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.