Tuesday, August 25, 2020

3 Makanan Lezat Yang Wajib Disantap Saat Liburan di Brunei Darussalam

Beragam kuliner lezat di Brunei Darussalam
 
    Dari beragam kuliner khas di Brunei Darussalam ada 3 makanan lezat yang wajib kamu coba ketika kamu berkunjung ke Brunei Darussalam khususnya di kota Bandar Seri Begawan. Makanan pertama yaitu Nasi Katok yang merupakan nasi dengan ayam goreng yang disajikan dengan sambal khas katok yang sangat lezat. Nah yang khas ini adalah sambalnya yang menurut kami sangat lezat dan bikin nagih!. Sambal ini hanya bisa dijumpai di Brunei Darussalam saja. Makanan ini menjadi favorit penduduk setempat maupun para imigran yang tinggal di Brunei Darussalam karena selain rasanya enak harganya pun murah yaitu hanya 1 Brunei Dollar saja.
    Dari pertama kali saya ke Brunei Darussalam pada tahun 2013 sampai saya berkesempatan untuk kembali lagi ke Brunei pada tahun 2017 untuk mengerjakan sebuah proyek harganya masih sama tidak berubah yaitu 1 Ringgit/ Brunei Dollar.


Nasi katok ayam goreng Brunei
     
      Ada beberapa tempat yang dapat saya rekomendasikan untuk mencoba nasi katok terlezat di Brunei Darussalam yaitu kamu bisa beli di Warung Nasi Katok Mama yang lokasinya tidak jauh dari terminal bus Bandar Seri Begawan atau tepat di seberang Burger King, Nasi katok Kaka yang berada di Jalan Rakyat Jati Rimba, Nasi Katok yang ada di Tamu Selera serta nasi Katok Mabohai yang beralamat di Low San Flat, 10 Jalan Mabohai Bandar Seri Begawan. Selama kamu di Brunei jangan dilewatkan untuk menikmati nasi katok ini dan nikmatilah selagi bisa. 
 
Ambuyat di Brunei Darussalam
  
  Makanan kedua yaitu Ambuyat, salah satu makanan khas Brunei Darussalam. Kalo di Maluku dan Papua bubur sagu ini dikenal dengan nama Papeda. Paling enak memang disajikan dengan ikan dan sambal. Untuk bisa mencoba Ambuyat ini kamu dapat beli di Restoran Aminah Arif di Kiulap, Tarindak D’seni atau di restoran Mangrove Resort. Harganya kisaran 15-30 Brunei Dollar per paketnya yang sudah disajikan lengkap dengan beragam lauk dan sambal untuk dinikmati bersama-sama.

Salah satu warung nasi ayam katok yang legendaris di Brunei Darussalam

    Saya sendiri diperkenalkan dengan menu ini oleh rekan kerja saya yang merupakan penduduk setempat atau orang Brunei Darussalam. Pertama kali mencoba menu Ambuyat ini yaitu ketika mendapatkan undangan buka puasa bersama di Bulan Ramadhan oleh salah satu perusahaan lokal di Brunei. Salah satu yang khas dari Ambuyat di Brunei ini adalah sambal cicah dan sajian lauknya yang telah dimasak dengan bumbu yang khas yang membuat kita bisa begitu menikmati makanan ini.


Indomie goreng ayam penyet yang populer di Brunei
 

    Satu lagi menu yang patut kamu coba yaitu Indomie Penyet, Ya saya ngga bercanda tapi makanan ini enak banget! hahaha. Yang perlu kamu ketahui orang Brunei sangat suka Indomie asal indonesia, dan karena banyak juga imigran dari Indonesia disini ayam penyet pun disukai oleh penduduk setempat. Menu Indomie penyet bisa kamu jumpai baik Tamu Selera maupun di Cafe salah satunya di My Place Cafe Kiulap. Sambalnya khas racikan dan ulekan Indonesia yang pedas dan terasa harum. Ya walaupun menu ini bisa ada di negeri kita namun tidak ada salahnya kita mencoba menu yang sangat populer di Brunei ini. Kita bisa sedikit berbangga karena makanan Indonesia begitu digemari oleh orang Brunei.
 
Durian di Brunei Darussalam

    Sebenarnya ada banyak lagi makanan dan kuliner yang lezat dari Brunei Darussalam, nanti akan kami tulis dalam artikel terpisah ya. Semoga artikel ini menambah referensi kamu untuk mengetahui makanan apa yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Brunei Darussalam.
 
Nantikan postingan kami berikutnya mengenai rekomendasi kuliner di Brunei Darussalam ya

Nantikan postingan kami berikutnya mengenai rekomendasi kuliner di Brunei Darussalam ya
 
Nantikan postingan kami berikutnya mengenai rekomendasi kuliner di Brunei Darussalam ya

Tonton video kami mengenai pengalaman kami saat tinggal menetap dan berkunjung ke destinasi wisata Brunei Darussalam di youtube channel kami ini ya.
 

Apabila kamu ada rencana liburan ke Brunei Darussalam dan ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya saya sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Brunei Darussalam, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral saya di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher hingga 40 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. Tertarik? Yuk Daftar airbnb.com disini

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers 
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan. 

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.