Saturday, August 29, 2020

4 Masjid Terindah di Pusat Kota Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam

Salah satu masjid terindah di dunia yang ada di Brunei Darussalam
 
      Untuk kamu yang beragama Islam dan jika kamu hendak melakukan sebuah perjalanan spiritual atau wisata religius di Asean rasanya negara Brunei Darussalam patut kamu pertimbangkan untuk menjadi destinasi kamu berikutnya. Ada beberapa alasan untuk berkunjung ke negara kerajaan dengan mayoritas penduduknya beragama islam ini dimana kita bisa merasakan bagaimana rasanya berkunjung ke sebuah negeri yang menganut sistem hukum agama dan menerapkan hukum syariah dalam perundangan negaranya.
    Beriman dan beragama tidak hanya dibuktikan keyakinan hati dan kata-kata. Setiap orang yang beragama harus membuktikan dengan menunjukan perilaku yang mencerminkan keyakinan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini lah yang kami resapi selama sempat tinggal selama 10 bulan di Brunei Darussalam. Mereka menunjukan islam yang sesungguhnya bagi kami dalam kehidupan sehari-harinya. Kami begitu merasakan damainya dan indahnya islam di negeri ini. Semua pengalaman tersebut semakin lengkap ketika kami bisa merasakan pengalaman untuk berkunjung ke beberapa masjid-masjid yang megah dan indah yang ada di Negeri Brunei Darussalam ini. Jadi jika kamu hendak berkunjung ke Brunei Darussalam berikut kami rekomendasikan 5 masjid yang berada di sekitar pusat kota Bandar Seri Begawan yang patut kamu kunjungi dalam daftar wisata religi kamu.



1.     Masjid Omar Ali Saiffudin
Jika kamu melihat sebuah brosur wisata atau sebuah website tentang negara Brunei Darussalam sudah dapat dipastikan masjid Omar Ali Saiffudin ada di dalam salah satu foto dalam brosur atau website tersebut. Dengan memiliki desain bangunan yang indah membuat masjid ini menjadi satu ikon dan landmark yang wajib dikunjungi ketika liburan ke Brunei Darussalam. 
Salah satu masjid terindah di dunia yang ada di Brunei Darussalam
 







Masjid lainnya yang paling populer dan menjadi salah satu landmark Brunei Darussalam yaitu Masjid Omar Ali Saifuddin yang memiliki desain arsitektur yang unik dan megah baik desain interiornya maupun eksteriornya. Masjid ini selesai dibangun pada tahun 1958 dan menjadi salah satu masjid terindah di Asia Pasifik. Ciri khas dari masjid ini yaitu di pelataran halamannya terdapat sebuah laguna atau kolam besar dan bangunan seperti perahu yang mencirikan Kampung Ayer.
 
 
 
 
 
Alamat : Jalan McArthur, Bandar Seri Begawan BS8711, Brunei Darussalam.
Cara menuju ke Masjid ini : Jika kamu mengandalkan transportasi umum maka bisa dikatakan semua bus yang mengarah ke Terminal Pusat BSB bisa mengantar kamu menuju ke masjid ini. Dari terminal bus hanya tinggal berjalan kaki saja ke arah masjid yang keberadaannya sudah terlihat dari pusat kota sesaat bus sampai ke terminal. Jika kamu menyewa atau membawa kendaraan sendiri maka kamu dapat parkir tepat di pinggir masjid ini atau di dalam mal Wawasan.


2.    Masjid Jame’ Asr Hassanil Bolkiah
Untuk masjid terbesar dan i Brunei Darussalam yaitu Jame’ Asr Hassanil Bolkiah yang juga dikenal oleh penduduk setempat sebagai masjid Kiarong. Masjid yang terdiri dari dua lantai  ini dapat menampung hingga 5000 jemaah. Ciri khas masjid ini selain memiliki desain interior yang megah juga memiliki desain eksterior yang cantik dengan 2 kubah besar berwarna emas, 27 kubah kecil serta 4 minaret setinggi 58 meter. Pada interiornya dihiasi oleh kaligrafi huruf arab yang tertuliskan ayat-ayat Al-quran yang sangat indah dan mempesona. Di ruang utamanya tepatnya dibagian bawah kubah besar terdapat lampu gantung dari kristal yang pada bagian luarnya dilapisi emas. Ukurannya yang sangat besar dan desainnya yang indah membuat lampu ini terlihat begitu mengagumkan dan mempesona bagi setiap orang yang masuk ke dalam masjid ini. 


 
 
 
Untuk bagian halaman masjid terdapat taman serta air mancur dan kolam yang menambah keindahan masjid. Parkiran di dalam masjid ini pun terbilang sangat luas dan dapat menampung ratusan kendaraan. Sebagai salah satu masjid terbesar di negeri ini umumnya masjid ini digunakan untuk acara-acara kenegaraan dan kesultanan Brunei Darussalam.   



Alamat : Kampung Kiarong. Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam
Cara menuju ke Masjid ini : Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah berada di kawasan Kampung Kiarong dan tidak jauh dari pusat perbelanjaan Gadong dan Kiulap. Untuk bisa mencapai tempat ini jika naik transportasi umum yaitu bisa naik bus dari terminal pusat kota BSB dengan tujuan yang melewati Gadong atau Kiulap diantaranya adalah bus nomer 55, 57 atau 58.


3.     Masjid Ash Shaliheen
Berbeda dengan masjid Ali Omar Saiffudin dan Jame’s Asr Hassanil Bolkiah masjid ini memiliki desain arsitektur yang bergaya timur tengah Maroko Moorish Andalusia yang berakulturasi dengan budaya Melayu. Yang manjadi ciri khas masjid ini yaitu pada bagian tembok dan pilar-pilar di ruang utama sholatnya dihiasi oleh mosaik khas Maroko. Kaligrafi huruf arab yang dapat dilihat di beberapa sudut ruangan menambah indahnya interior masjid ini. Pada bagian pelataran terdapat sebuah kolam dan air mancur yang menambah kesan bahwa para jemaah sedang berada di kawasan timur tengah. Karena keindahan masjid inilah membuat saya selalu menyempatkan diri untuk sholat disini khususnya disaat bulan Ramadhan untuk melaksanakan sholat tarawih.
 

 
 
 
 
 
Alamat : Jalan Kumbang Pasang, sebelah komplek gedung Prime Minister, Bandar Seri Begawan.
Cara menuju ke Masjid ini : Berhubung interval transportasi umum di Brunei Darussalam terbilang terbatas sebenarnya cara paling nyaman untuk menjelajah Brunei Darussalam yaitu dengan menyewa atau membawa kendaraan. Transportasi online atau taksi pun bisa dikatakan sangat jarang bahkan sangat sulit ditemui kecuali di bandara. Namun apabila kamu hendak menuju ke masjid ini dengan transportasi umum maka pilihannya kamu dapat naik bus dari terminal pusat kota BSB dengan nomer 23, 24 atau 34 dengan tujuan ke Bandara Internasional Brunei atau ke Aiport Mall yang umumnya akan melewati jalan Perdana Menteri. Tipsnya sesaat naik bus tinggalkan pesan ke supir atau kondektur bahwa kamu hendak turun di Masjid Ash Shaliheen.
 


4.      Masjid Duli Pengiran Muda Mahkota Pengiran Muda Haji Al-Muhtadee Billah
Kunjungan pertama kali ke masjid ini adalah berawal dari ketidak sengajaan ketika kami sedang berjalan-jalan menyusuri dan menjelajah Kampung Ayer. Melihat ada sebuah masjid bagus dan kebetulan pada saat ini sedang menjelang magrib akhirnya kami memutuskan untuk singgah sholat dan merasakan betapa damainya ketika beribadah di masjid yang memiliki 4 menara ini. Secara ukuran masjid ini tidaklah terlalu besar namun keramahan penduduk setempat yang kamu temui di dalam masjid ini membuat masjid ini begitu berkesan bagi kami. 

 
 
 
 
 
Ciri khas masjid ini yaitu memiliki 4 minaret utama dan dilengkapi beberapa minaret kecil yang membuat penampilan masjid ini terlihat indah. Keberadaan kaligrafi pada migrab masjid mempercantik bangunan masjid dan memberi kesan yang nyaman untuk berada lebih lama di dalam masjid.  
  
 
 
Alamat : Kampong Tamoi, Bandar Seri Begawan BL2112, Brunei Darussalam.
Cara menuju ke Masjid ini : Masjid ini bisa diakses melalui dua cara yaitu jalur darat atau dari pesisir sungai Brunei. Jika kamu membawa atau menyewa kendaraan sendiri maka bisa melalui jalan Kubah Makam di Raja. Tidak ada akses kendaraan umum untuk sampai ke masjid ini. Untuk cara kedua yaitu kamu dapat berjalan kaki menyusuri Kampung Tamoi yang berada di sederetan Masjid Omar Ali Saiffudin atau naik perahu dari salah satu dermaga dengan ongkos 1 Dollar Brunei untuk sampai ke Masjid ini.


    4 masjid tersebut adalah masjid terindah yang menurut kami dekat dengan pusat kota Bandar Seri Begawan. Sebenarnya ada 1 lagi masjid yang indah disini yaitu di dalam komplek istana kerajaan/ Sultan Brunei Darussalam, namun hanya di saat tertentu dan orang-orang tertentu saja yang bisa masuk ke dalam kawasan istana ini. Kemudian ada 1 lagi masjid yang indah di dekat kawasan Jerudong namun lokasinya cukup jauh dari pusat kota. Semoga rekomendasi kami tentang masjid di Brunei Darussalam dapat memberikan informasi dan inspirasi bagi kamu yang hendak berwisata religi di negeri ini. Tabik.

Tonton video kami mengenai pengalaman kami saat tinggal menetap dan berkunjung ke destinasi wisata Brunei Darussalam di youtube channel kami ini ya.
 

Apabila kamu ada rencana liburan ke Brunei Darussalam dan ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya saya sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Brunei Darussalam, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral saya di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher hingga 40 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. Tertarik? Yuk Daftar airbnb.com disini

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers 
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan. 




No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.