Monday, December 7, 2015

30 Kuliner di Malaysia Yang Nikmat dan Menggugah Selera (Bagian 3)



kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, nasi ayam, chicken rice
30 Kuliner di Malaysia Yang Nikmat Dan Menggugah Selera

Tidak terasa sudah satu tahun saya berada di Malaysia dalam rangka mengerjakan beberapa project disini yang memberikan kesempatan bagi saya untuk mencicipi beragam jenis makanan di Negeri Jiran baik hidangan asli khas Melayu maupun peranakan Tionghoa, Arab, Nusantara serta sajian kuliner lainnya. Hal itu sangat dimungkinkan mengingat Malaysia memiliki banyak kaum imigran yang datang dari berbagai penjuru dunia sehingga berdampak juga dengan sajian kuliner yang beragam dan mendunia. Dari pengalaman saya selama disini saya ingin berbagi menu apa saja yang menarik untuk kamu coba jika sedang berkunjung ke Malaysia. Selamat memanjakan lidah dan perut anda dan berikut adalah daftarnya.

  
21.  Roti John
Sajian roti yang diberi isian telur omelet ini menjadi salah satu menu favorit orang Malaysia. Dibuat dengan roti baguette atau kini diganti roti tawar manis yang berbentuk panjang kemudian digoreng dengan menggunakan margarin. Sebagai isiannya pada bagian tengahnya diberi sayuran, saus, mayonnaise serta tambahan daging sapi atau ayam sesuai selera pelanggan. Dalam perkembangannya di beberapa kedai roti john ini di modifikasi dengan campuran tambahan diantaranya tambahan keju yang melumeri bagian atas roti john sebagai toppingnya.

kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, roti john
Roti John Ukuran Kecil


22.  Bubur Ayam Melayu
Keunikan bubur ayam ini yaitu bubur disajikan dengan pelengkap yang hampir sama dengan nasi lemak diantaranya teri, sambal ikan bilis, telur asin, irisan ayam serta kacang tanah. Untuk menambah kelezatannya bubur ayam ini lebih nikmat disantap dengan kerupuk berwarna.
kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, bubur ayam melayu
Bubur Ayam Melayu
23.  Mee Kolok
Keistimewaan mie yang berasal dari negeri Sarawak ini memiliki bentuk mie yang bertekstur keriting. Cita rasa mie yang dibuat dengan campuran resep tepung gandum, garam serta telur membuat rasanya begitu lembut dan gurih.Disajikan dengan kuah sup daging yang segar, toge serta sambal membuat mie kolok terasa begitu nikmat untuk disantap. Sst, jangan lupa diberi taburan bawang goreng pada sup dagingnya agar rasanya semakin nikmat.
kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, mie kolok, serawak
Mie Kolok Khas Serawak
 

24.  Char Kwe Tiaw
Sajian menu kwitiau goreng ini memiliki bumbu yang khas dengan cita rasa yang lezat. Digoreng dengan minyak kemudian diberi campuran seperti tauge, udang serta kerang kecil membuat hidangan ini begitu nikmat.
kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, kwitiau, penang
Char Kwe Tiaw Khas Penang Dengan Kerang Dan Udang
25.  Nasi Ambeng
Salah satu sajian khas Nusantara yang diterima oleh orang Melayu yaitu nasi ambeng yang awal mulanya berasal dari orang-orang Jawa yang berhijrah ke Tanah Melayu Malaysia. Hal ini dapat segera kita ketahui ketika melihat tampilan menunya yang berwarna kecoklatan karena kecap dan rasanya yang manis seperti halnya menu-menu khas Jawa lainnya. Sebut saja bihun goreng kecap dan tempe oseng kecap serta ikan asin yang menjadi lauk nasi ambeng ini.
kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, nasi ambeng, jawa
Nasi Ambeng Khas Jawa
 

26.  Tau Fu Fa & Yau Char Kwa
Sebenarnya makanan ini juga berasal dari resep negeri Tiongkok namun tidak ada salahnya jika kamu penggemar cak we dan kembang tahu rasanya patut untuk mencoba menu ini yang banyak dijual di kedai-kedai orang tionghoa. Selain itu kamu juga bisa dengan mudah menemukan menu ini di beberapa pusat perbelanjaan yang terdapat gerai franchise I Love Yoo yang menjual 2 menu lezat ini.
kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, tau fu fa, kembang tahu, cakue
Kembang Tahu Dan Cakue di I Love Yoo
 27.  Duck Noodles
Dihidangkan dengan mie berukuran kecil dan bertekstur yang lembut membuat mie ini terasa begitu lezat. Dengan kuah yang segar yang dipadu dengan irisan daging bebek yang telah diberikan bumbu rempah membuat sajian menu ini terasa begitu segar ketika disantap.
kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, mie bebek, duck noodles
Duck Noodles Dengan Mie Kecil dan Selada Hijau



28.  Wantan Mee
Sama halnya dengan duck noodles resep wantan mee ini juga berasal dari Peranakan tionghoa yang secara turun temurun dapat diterima oleh berbagai kalangan. Disajikan dengan irisan ayam serta pangsit rebus membuat hidangan menjadi salah satu favorit dikarenakan kelezatan mie nya yang lembut serta kesegaran kuahnya yang nikmat.
kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, wantan mee
Wanten Mee Dengan Ayam Dan Pangsit Rebus
29.  Keropok Lekor
Kelezatan rasa keropok lekor membuat makanan yang berasal dari Pantai Timur Semenanjung Malaysia ini begitu populer di Malaysia. Dibuat dari adonan tepung gandung dan tepung sagu kemudian diolah bersama ikan kembung, ikan tamban atau ikan layur membuat keropok lekor menjadi kudapan yang nikmat untuk ngemil. Jika kamu hendak mencoba makanan ini umumnya di jual di kedai atau food truck yang ada pingir jalan atau di pasar tradisional.
kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, keropok lekor, terengganu
Kerupuk Lekor Khas Terengganu
 30.  Satar dan Otak-Otak Kuala Terengganu
Jika kamu melihat kedai yang menjual satar dan otak-otak asal Kuala Terengganu saya rekomendasikan untuk segera membeli dan mencoba sajian kuliner yang khas dari Pantai Timur Semenanjung Malaysia ini. Untuk satar hidangan ini dibuat dari campuran ikan tenggiri yang tumbuk, kelapa parut serta bumbu rempah yang dibalut dalam daun pisang yang berbentuk menjadi segi tiga. Kemudian satar tersebut ditusuk dalam sebatang lidi kemudian dibakar untuk dimasak. Sedangkan otak-otak khas Kuala Terengganu hidangan yang terbuat dari bahan dasar ikan ini dibentuk memanjang dengan bumbu rempah-rempah serta cabai yang membuat makanan ini menjadi berwarna orange kemerahan. Setelah dibalut daun pisang otak-otak ini kemudian ditusuk dan dibakar hingga matang dan aroma kelezatannya terasa begitu nikmat.
kuliner malaysia, cuisine, cullinary, food, melayu, satar, otak-otak terengganu
Satar Dan Otak-Otak Khas Kuala Terengganu

Oh iya kalo kamu sedang berada di area KL Sentral, kamu bisa mencoba salah satu pisang goreng yang legendaris Mr Chiam yang dikenal dengan nama pisang goreng Brickfied KL Sentral ya. Tonton video dan reviewnya disini.


Dari rekomendasi saya diatas pilihan menu yang mana yang menarik untuk kamu coba? Yuk share!

Telah Terbit Buku Karya Saya Yang Berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina.
Telah terbut buku karya saya yang berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Penasaran bagaimana Trilogy buku ini? Baca Sinopsis lengkapnya disini : Buku Trilogy Overland - Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Sebuah memoar perjalanan jalur darat melintasi perbatasan 13 negara Asia Tenggara dan Daratan Cina.
Untuk teman-teman yang mau order atau tanya informasi detailnya boleh direct whatsapp ya +6287887874709. Bisa juga DM Instagram @travelographers,  beli di website Leutikaprio atau di link marketplace ini ya.
* Tokopedia
* Shopee
* Bukalapak


Follow my instagram @travelographers , twitter account @travelographers 
 and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.