Monday, December 7, 2015

30 Kuliner di Malaysia Yang Nikmat dan Menggugah Selera (Bagian 2)



30 Kuliner di malaysia Yang Nikmat dan Menggugah Selera
Tidak terasa sudah satu tahun saya berada di Malaysia dalam rangka mengerjakan beberapa project disini yang memberikan kesempatan bagi saya untuk mencicipi beragam jenis makanan di Negeri Jiran baik hidangan asli khas Melayu maupun peranakan Tionghoa, Arab, Nusantara serta sajian kuliner lainnya. Hal itu sangat dimungkinkan mengingat Malaysia memiliki banyak kaum imigran yang datang dari berbagai penjuru dunia sehingga berdampak juga dengan sajian kuliner yang beragam dan mendunia. Dari pengalaman saya selama disini saya ingin berbagi menu apa saja yang menarik untuk kamu coba jika sedang berkunjung ke Malaysia. Selamat memanjakan lidah dan perut anda dan berikut adalah daftarnya.



11.  Gulai Kawah

Dikenal dengan nama gulai kawah bukan berarti dimasak diatas kawah gunung berapi melaikan di sebuah periuk atau penggorengan yang ukurannya sangat besar. Kelezatan daging sapi atau daging jkambing yang empuk dengan kuah gulai santan yang diberi bumbu dan rempah-rempah membuat siapapun yang mencobanya akan ketagihan. Tapi satu yang harus diingat bila kolesterol kamu tinggi baiknya hindari menu ini ya. 


Gulai Kawah Daging Sapi

12.  Ikan / Seafood di Portugis Grill

Jika kamu sedang berada di foodcourt Mid valley atau di Sogo Bandaraya saya rekomendasikan untuk mencari gerai Portugis Grill dan coba salah satu menu ikan atau seafood bakarnya. Ada beberapa menu favorit banyak orang diantaranya ikan pari, cumi, udang, ikan kembung dan favorit saya adalah ikan dori nya. Dimasak dengan racikan bumbu rempah membuat citarasa kuahnya begitu nikmat ketika disantap. Ada keharuman aroma serai, lengkuas, terasi, asam jawa, daun jeruk serta bawang putih dan bawang merah yang menyatu menjadi kuah kental yang terasa segar.

Portugis Grill Ikan Dori Dengan Bumbu Pedas
 13. Chicken Grill Nandos

Sebenarnya menu ini bukanlah asli Malaysia tetapi produk franchise yang awalnya berasal dari imigran protugis di Afrika Selatan. Di restoran Nandos menyajikan masakan ala portugis dengan manu andalan ayam grill dengan beragam macam bumbu dan hidangan pelengkap yang dapat kamu pilih sesuai selera. Mengapa harus coba menu ini? karena restoran Chicken Grill Nandos ini tidak ada (lagi) di Indonesia karena sudah tutup beberapa tahun yang silam. Awalnya pun saya penasaran untuk mencoba menu ini karena setiap kali lewat restoran ini selalu penuh bahkan di jam-jam makan para pelanggannya rela berdiri ketika masuk dalam daftar tunggu. Bagaimana dengan kamu?

Chicken Grill Dengan Bumbu Mild Dan Nasi Mediterania


14.  Ayam Penyet

Dari namanya penyet sudah bisa kita ketahui kan sebenarnya menu ini adalah dari Indonesia? Namun berhubung sejak dulu begitu banyak imigran khususnya dari Jawa yang berhijrah ke Negeri Jiran makanan ini begitu diterima dan disukai oleh orang Melayu sehingga kini dengan mudah kita temui menu ayam penyet di berbagai kedai tempat makan. Yang membuat sedikit berbeda dengan ayam penyet di Indonesia yaitu bila kamu makan di Negeri Jiran ini akan disajikan dengan semangkuk kuah atau sup bakso.

Nasi Ayam Penyet
 15.  Laksa

Makanan yang dibuat dari mie yang berwarna putih dengan tekstur yang lembut ini merupakan resep peranakan Tionghoa dan Melayu yang sering disajikan di Malaysia, Singapura serta Indonesia. Salah satu keunikan rasa Laksa Malaysia itu kuahnya terasa begitu gurih dengan perpaduan rasa asam dan pedas yang membuat rasanya begitu segar yang disajikan dengan mie putih berbentuk bulat dan sedikit lebih tebal.

Mie Kari Dan Mie Laksa Menjadi Salah Satu Makanan Favorit di Malaysia
 16.  Nasi Briyani

Menu ini juga sebenarnya bukan asli Malaysia namun berhubung di negara ini begitu banyak kaum imigran dari berbagai negara di dunia membuat hidangan di negeri ini menjadi lebih beragam. Nasi yang berasal dari bangsa Persia atau Iran ini sangat populer dan menjadi favorit baik oleh kaum pendatang maupun orang lokal sendiri. Nasi briyani ini umumnya dimasak dengan menggunakan beras basmati atau beras yang berjenis panjang dan pera kemudian dimasak dalam kuah kaldu daging atau ayam, ketumbar, teh jintan, teh kapulaga, daun mint, buah tomat, yoghurt kental, bawang bombay serta bubuk garam masala. Dengan perpaduan rempah dan bumbu tersebutlah yang membuat nasi briyani memiliki cita rasa yang istimewa.  


Nasi Briyani Dengan Daging Kambing Dan Tempe Oseng

17.  Nasi Arab

Sama halnya dengan nasi Briyani menu hidangan nasi Arab pun begitu digemari baik oleh imigran dari Arab maupun orang lokal. Cita rasa nasi mandy, nasi maqlubah dan nasi kasbah yang dihidangkan cocok dengan lidah orang Melayu. Cukup mudah kita temui keda-kedai dan restoran yang menyajikan nasi Arab di Malaysia namun salah satu favorit saya yaitu di Restoran Aroma Hijrah yang terletak di TTDI Jaya Shah Alam Selangor di restoran Almaeda Arabian Cuisine di Ayer 8 Putrajaya. Rasakan aroma rempah-rempah yang meresap pada nasinya dan nikmati keempukan daging sapi, kambing atau ayam yang menjadi lauk pauknya.

Nasi Arab Dengan Daging Kambing

18.  Mie Kari Udang

Satu lagi mie yang patut dicoba ketika kamu berada di Malaysia tentu saja Mie kari yang terasa begitu sedap disantap dengan dengan sambal udang nya. Mie yang dikatakan berasal dari Tiongkok ini dibawa serta dan diperkenalkan ke Tanah Melayu oleh pada saudagar dari China kemudian resep tersebut diolah secara turun temurun hingga kini. Rasakan kelezatan mie kari yang dapat kamu nikmati bersama tambahan kerang, udang, tahu, tauge, daging, telur serta irisan sayuran yang dipadu dengan sempurna untuk menghasilkan cita rasa yang menggugah selera.

Mie Kari Udang

19. Popiah

Makanan yang dikatakan berasal dari resep peranakan Tiongkok ini dibawa serta dan diperkenalkan ke Tanah Melayu oleh pada saudagar dari China. Makanan ini asalnya disebut Pop Piah hingga kemudian lebih dikenal dengan nama popiah. Sedangkan jika di Indonesa makanan ini dikenal dengan nama lumpia. Yang membuat cita rasa Popiah berbeda dengan Lumpia menurut saya terletak pada sausnya yang kental yang terbuat dari saus tiram dan kecap asin kemudian diberi biji wijen yang sudah di sangrai untuk menjadi toppingnya. Untuk kulit dan isiannya bisa saya katakan menggunakan komposisi yang sama diantaranya udang, toge, bawang merah, bawang putih, irisan worteldan mentimun.

Popiah Malaysia, Courtesy : gqtrippin.com
 20. Nasi Kukus Ayam Berempah


Satu lagi menu yang berasal dari Pantai Timur yang wajib kamu coba ketika kamu berada di Malaysia yaitu Nasi Kukus dengan lauk ayam berempah. Aroma rempah-rempah daun kari, kayu manis, bunga lawang, kunyit dan bumbu-bumbu lainnya meresap ke dalam daging ayam sehingga terasa begitu nikmat ketika disantap dengan nasi kukus yang terasa begitu pulen. Untuk menyempurnakan rasanya nasi kukus ayam berempah ini biasanya dilengkapi dengan irisan mentimun, sambel cabe serta kuah santan kari yang menambah kelezatan makanan ini. 
Nasi Kukus Ayam Berempah
Baca lanjutannya disini :  

Follow my instagram @travelographers , twitter account @travelographers 
 and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.