Wednesday, July 10, 2013

Kelebihan Menginap di Hostel dibanding Hotel

Hostel tempat saya menginap di daerah Hunan, China

Ada istilah yang beredar di masyarakat ada harga ada barang dimana hal ini dapat juga diartikan harga yang ditawarkan umumnya akan sesuai dengan kualitas yang diberikan. Banyak yang berpikir menginap di hostel yang murah fasilitasnya tidak lengkap dan kurang nyaman sebanding dengan harga murah yang ditawarkan.
Tetapi tak semuanya dapat diukur dengan uang kan? Berdasarkan pengalamanku terdapat beberapa hal yang dapat kita dapatkan di hostel yang biasanya tidak bisa kita peroleh dipenginapan hotel.

1.       Pusat Informasi
Dari meja resepsionis yang umumnya pemiliknya sendiri dapat memberikan kita banyak informasi mengenai tempat wisata yang ingin kita tuju. Disini kita bisa menggali informasi dan mendapatkan rekomendasi bahkan mendapatkan pinjaman buku paduan atau peta kota dan peta wisata untuk referensi.
Pekerja dan pengelola hostel ramah dan siap membantu setiap pertanyaan kita
2.       Tempat asik nongkrong
Di hostel biasanya terdapat tempat yang asik untuk nongkong dengan suasana yang homy seperti di rumah sendiri. Tidak hanya dilengkapi dengan sofa dan tempat duduk yang asik, biasanya terdapat banyak buku novel, majalah dan buku perjalanan untuk menemani waktu santai kita ketika berada di hostel.
Tempat asik untuk nongkrong, santai dan membaca buku di salah satu hostel di Jepang
Hostel di Guangzhou China ini selain buku dan internet, juga bisa main billyar.
3.       Menambah Teman
Tidak seperti di hotel, apabila anda menginap di hostel suasaanya seperti didalam rumah sendiri. Seisi hostel seperti keluarga dan teman yang berada didalam satu atap. Ketika berpapasan akan saling menyapa bahkan bisa menjadi teman ngobrol dan berbagi cerita ketika sedang asik nongkrong di lobby atau tempat berkumpul. Bahkan pengalamanku apabila kebetulan memiliki rencana perjalanan yang sama, beberapa tamu di hostel bisa menjadi teman seperjalanan kita untuk share cost.

Tempat berkumpul bersama backpacker - Hostel di China
4.       Fasilitas Memasak
Seringnya di hostel kita dapat menjumpai fasilitas dapur untuk memasak, apabila ingin menghemat pengeluaran anda dapat menggunakan fasilitas ini untuk minum kopi, memasak nasi bahkan untuk memasak mie instan yang dibeli di mini market terdekat. Umumnya fasilitas ini digunakan oleh kebanyakan backpacker yang melakukan perjalanan panjang berbulan-bulan lamanya untuk tetap mengontrol pengeluaran.

Dapur tempat memasak di sebuah Hostel di Jepang
 5.       Fasilitas Cuci Baju
Ketika aku melakukan perjalanan yang cukup panjang lebih dari satu bulan, rasanya sangat tidak bijak jika membawa pakaian terlalu banyak karena dapat menambah beban barang bawaan. Salah satu triknya yaitu dengan melakukan mencuci baju di hostel yang biasanya terdapat fasilitas yang menawarkan laundry yang murah. Tetapi pengalamanku supaya bisa berhemat kita bisa mencuci sendiri di kamar mandi atau wastafel kemudian menjemurnya sendiri di tempat jemuran yang ada di hostel ini.

Biasanya ada tempat untuk menjemur baju diluar, jika tidak kamarpun bisa dimaksimalkan :D
 6.       Open Trip dengan harga murah
Ketika sedang melakukan solo traveling atau kelompok kecil, tentunya ada beberapa destinasi wisata yang  tidak dapat dikunjungi sendiri karena faktor lokasi maupun akses transportasi. Tetapi dengan menginap di hostel umumnya menawarkan open trip dengan harga yang murah dibandingkan dengan penawaran dari travel. Begitu juga dengan jasa pembelian tiket baik kereta, bus malam sampai pengurusan perpanjangan visa.

Pengalaman ku di Hanoi Vietnam, ketika mengambil open trip ke Perfume Pagoda saya membayar trip dengan harga yang lebih murah dibandingkan orang lain yang satu group yang sama mengambil tour dari Hotel. Begitu juga dengan pengalaman ku di Phuket Thailand yang memberikan setengah harga tur ke PhiPhi Island dari harga yang tertera di brosur resminya.
Open trip yang dibeli di hostel umumnya jauh lebih murah jika membeli dari agent lain
Diantara kamu ada juga yang punya pengalaman seru ketika menginap di hostel? Bisa meninggalkan komen dan saling berbagi cerita mengenai kelebihan menginap dihostel untuk saling berbagi.
Follow my instagram @travelographers , twitter account @travelographers and google plus account +shuTravelographer

Baca artikel lain terkait mengenai hostel dan penginapan murah :

8 comments:

  1. Thanks infonya :D Semoga kapan2 bisa nyobain nginep dihostel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya happy.. tentunya bisa dicoba khususnya pas lagi ngetrip dengan budget terbatas.. hehe..

      Delete
  2. baru sekali sih nginap di Hostel tapi sayang salah milih tempat. malah dapat hostel yang sepi luar biasa.. untung perginya berempat jadi kita malah yg bikin ramai di hostel tersebut.. hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah untuk tips memilih hostel yang tepat bisa mampir di artikel ini http://www.shu-travelographer.com/2013/04/tips-menentukan-hostel-yang-tepat-dan.html hehehe..

      iya, akan ada selalu pengalaman yang unik dihostel, saya juga pernah begitu karna pas low season jadinya sepi.. bahkan kalau malam terkesan seram.. hiiii... :D

      Delete
  3. Aku belum pernah...sayang di kota-kota di Indonesia masih dikit hostel yak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro.. di Indonesia masih dikit tempat menginap yang berkonsep hostel. walaupun banyak penginapan murah typenya lebih ke guesthouse atau homestay yang disewa perkamar.. bahkan di jakarta di jalan jaksa yang terkenal memiliki banyak penginapan murah pun didominasi hotel dan guest house walaupun ada sebagian yang namanya hostel.. dan semisal kalau lg main ke bandung, ada hostel baru di jalan braga yang bisa dicoba..

      Delete
  4. Sempat beberapa kali nginep di hostel, tapi berhubung acara padat dari pagi smp malam, malah gak sempat explore hostel ybs, haha. Next time musti luangkan waktu lebih nih buat sosialisasi sama rekan2 pejalan yg nginep di hostel yg sama.

    Btw thanks for the article, bro!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Gio badai. kalau nginep di hostel dan lagi punya waktu luang coba bergaul sama tamu" disana. selain bisa saling share pengalaman bisa nambah teman juga. dan pengalaman saya pemilik hostelnya umumnya juga asik-asik untuk diajak ngonrol dan menggali informasi ke destinasi yang mau kita kunjungi.

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.