Wednesday, April 3, 2013

Tips Menentukan Hostel Yang Tepat dan Murah


Salah satu hostel yang saya tempati ketika sedang di Hanoi, Vietnam
       Dalam melakukan perjalanan wisata, biaya penginap merupakan salah satu komponen utama yang cukup menyedot isi kantong. Jika tidak direncanakan dengan baik, biaya yang dikeluarkan bisa menjadi lebih besar. Salah satu cara menekan pengeluaran untuk penginapan yaitu dengan menginap di hostel atau guesthouse yang tentunya harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan penginapan di hotel.
Dengan dapat menekan biaya penginapan, uang yang dapat disisihkan tersebut tentunya dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan lain seperti untuk kuliner, membayar tiket-tiket masuk tempat wisata serta menambah budget untuk oleh-oleh atau bahkan untuk budget transportasi.
Telebih lagi jika anda melakukan perjalanan trip ini sebagai solo traveler, dengan tidak adanya rekan untuk share cost biaya penginapan tentunya hostel menjadi pilihan yang tepat khususnya bagi anda yang memiliki budget terbatas.

 Berikut beberapa rekomendasi website untuk mencari penginapan murah yaitu:

1.       Hostels.com
2.       Hostelbookers.com
3.       Hostelworld.com

Alternatif lainnya anda juga dapat membandingkan penginapan murah diwebsite berikut yang diperiode tertentu memberikan harga promo yang menarik.
1.       Agoda.com
2.       Booking.com
3.       Wego.com
4.       Rajakamar.com

Menentukan hostel tidak hanya sekedar murah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan hostel yang tepat diantaranya:
1.  Lokasi
Pelajari dengan baik lokasi hostel ini berada, carilah penginapan yang lokasinya strategis dekat dengan pemberhentian bus, stasiun MRT/LRT dan moda transportasi lainnya. Karena jika hanya terpaku pada harga yang murah tetapi lokasinya agak jauh tentunya membuat perjalanan menjadi kurang praktis bahkan bisa menambah biaya transportasi untuk menuju hostel tersebut.
Simpan dengan baik petunjuk arah dan denah lokasi yang diberikan diwebsite hostel atau portal website untuk melakukan reservasi hostel tersebut untuk memudahkan dalam melakukan pencarian lokasi. 

Catat peta dan petunjuk arahnya
2.  Fasilitas
Pelajari fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh hostel tersebut seperti free WiFi, sarapan, fasiltias Locker, fasilitas laundry dan lihatlah foto-foto gallery yang ditampilkan. Jika hostel ini memiliki fasilitas yang baik seperti penyewaan motor, penyewaan sepeda atau dapat mengatur trip terbuka dengan harga murah tentunya akan menjadi nilai tambah.

Cek Fasilitasnya

3.  Tipe kamar
Tahap terakhir yaitu jika sudah cocok dengan lokasi dan fasilitasnya, tentukan tipe kamar hostel yang sesuai dengan anda. Di Hostel terdapat beberapa jenis kamar diantaranya mix dormitory yaitu dalam satu kamar terdapat beberapa kasur bertingkat dengan tamu yang digabung baik perempuan maupun laki-laki dan ada juga kamar woman dormitory yang dalam satu kamarnya terdapat beberapa kasur bertingkat khusus tamu untuk perempuan saja.
Satu hal lagi karena kasurnya bertingkat, pada saat melakukan pemesanan tentukan posisi mana yang anda sukai yaitu kasur dibawah atau kasur diatas.

Kamar dormitory umumnya memiliki kasur bertingkat seperti ini
Tentukan tipe kamar yang sesuai dengan kebutuhan anda
4.  Review
Dan salah satu yang paling utama tentunya pelajari nilai review / testimonial yang diberikan oleh tamu yang sudah pernah menginap ditempat ini. Jika sempat tak ada salahnya membaca semua komentar yang diberikan sehingga dapat memberikan gambaran besar untuk kita mengenai tempat penginapan ini.
Cek review dari tamu yang pernah menginap disini
         Seperti pepatah jangan mau membeli kucing dalam karung, jadi tidak ada salahnya kan untuk kita melakukan perbandingan secara lebih detail sebelum menentukan hostel yang tepat untuk kita. 

 
Follow me on Instagram & Twitter account : @travelographers


Baca artikel lain terkait mengenai hostel dan penginapan murah :
Tips Menekan Biaya Penginapan saat Backpackeran
Tips Mencari Penginapan Dengan Cara Go Show
Tips Menentukan Hostel Yang Tepat dan Murah
Kelebihan Menginap di Hostel dibanding Hotel



28 comments:

  1. Untuk harga hotel di agent-agent terkadang bisa mendapatkan biaya harga kamar yang lebih murah di bandingkan langsung walk-in ke Hotelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul. ada baiknya kita cek harga penginapan di website" yang bisa membandingkan harga seperti trivago dot com atau agen-agen perjalanan. selain itu jadi lebih terjamin dapat kamar karena sudah dilakukan pemesanan.

      Delete
    2. waah tk kira tadi hostel itu apa kak xD hehe
      ternyata hotel to :3

      Delete
    3. iya hostel itu hotel yang pake s hehe. harganya lebih murah dibanding hotel

      Delete
    4. oalah gtu ternyata xD .. aku kalo cari hotel harganya kok nyekik dompet smua ya x( padahal bukan hotel bintang 5

      Delete
  2. wiihh. ininihh.. keren buat refensi :)
    ijin share kak ^^

    ReplyDelete
  3. hostel itu mirip sama guest house tah ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara budget iya, tapi bedanya hostel umumnya punya kamar dormitory yang sangat bersabahat dengan kocek pejalan backpacker atau solo backpacker.

      Delete
  4. waaah kuereeeen abisss, jadi bisa untuk reff ni

    ReplyDelete
  5. Wah, kalau tidak tepat bisa rugi berattt

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.