Tuesday, September 8, 2020

Petualangan Menuju Taman Nasional Ulu Temburong di Brunei Darussalam, Hutan Hujan Paling Alami di Kalimantan!

Petualangan ke Hutan Alami di Ulu Temburong Brunei Darussalam

Jika kamu bilang negara Brunei Darussalam itu kecil dan tidak banyak yang bisa dikunjungi selain masjid di pusat kota Bandar Seri Begawannya maka dapat saya katakan kamu kurang dalam ketika menyelami keindahan negara ini. Kamu perlu meluangkan waktu sedikit lebih banyak untuk berbaur dengan masyarakat setempat dan merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk bisa melihat kehidupan penduduk setempat yang tinggal di pesisir Sungai Brunei, menjelajah hutan bakau dan melihat beragam hewan yang ada di hutan bakau tersebut hingga masuk ke pedalaman hutan yang masih hijau dan alami yaitu di Taman Nasional Ulu Temburong.
Perjalanan di mulai dari dermaga perahu speed boat Kianggeh Jetty/ Bumbungan Dua Belas Jetty yang berada di Sungai Brunei tidak jauh dari jembatan Raja Isteri Pengiran Anak Hajah Saleha. Speed boatnya yaitu dengan tujuan ke kota Bangar, salah satu distrik di negara Brunei Darussalam. Speed boat akan menyusuri Sungai Brunei hingga ke Sungai Limbang yang merupakan perbatasan antara Negara Brunei Darussalam dengan Serawak Malaysia. Sepanjang perjalanan kamu bisa menikmati perkampungan yang berada di tepi sungai salah satunya Kampung Ayer dan Kampung Setia, Melewati Jembatan Raja Isteri Pengiran Anak Hajah Saleha, menikmati pesona hutan bakau yang dilewati sepanjang perjalanan sembari menikmati hewan-hewan yang ada di pesisir sungai. 



Jika kamu beruntung kamu bisa melihat beragam hewan yang tinggal di pesisir sungai mulai dari biawak, burung-burung liar, ular hingga beberapa buaya muara yang sedang berjemur di tepi-tepi pasir dan sungai bakau di aliran sungai ini. 
 
Sesampainya di kota Bangar perjalanan dilanjutkan dengan Batang Duri selama puluhan menit sampai ke dermaga/jetty tempat dimana perahu kayu bersandar. Jalur sungai Ini adalah satu-satunya akses untuk bisa masuk ke Taman Nasional Ulu Temburong di Brunei Darussalam
 
  
Saya memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Taman Nasional ini bersama orang-orang lokal Brunei dan rekan kerja yang tergabung dalam sebuah proyek yang sedang saya kerjakan di Brunei Darussalam. Sebagai informasi Taman Nasional ini dapat dikunjungi secara terbatas yaitu hanya orang-orang yang sudah memesan paket perjalanan melalui Ulu Ulu Resort saja yang diperbolehkan masuk ke kawasan Taman Nasional Ulu Temburong ini.
 


  
Jadi apabila kamu hendak kesini tidak ada cara untuk backpacking dan mengatur perjalanan sendiri, kamu harus melalui agen perjalanan resmi di Brunei Darussalam seperti Sunshine Borneo Tour atau langsung pesan melalui UluUluResort.com. Ada beberapa pilihan paket perjalanan untuk bisa kesini yaitu dengan waktu yang saya rekomendasikan minimal 2 hari 1 malam. Yang perlu kamu tahu budget untuk bisa menikmati keindahan hutan hujan tropis di Brunei Darussalam tidaklah murah karena selain tempatnya memang jauh dari pusat kota yang harus naik beberapa moda transportasi paketan tour nya juga sudah termasuk menginap di resort di tengah hutan yang asri, makan selama di dalam resort, tour guide untuk menjelajah kawasan taman nasional Ulu Temburong diantaranya naik ke Canopy walk tertinggi di Brunei Darussalam, treking ke air terjun yang berada di tengah hutan yang menghijau, bird watching, safari night dan menikmati sensasi river tubing di Sungai Ulu Temburong yang masih alami. 
 



Untuk harga paket menginap di resort Ulu temburong dimulai dari harga 330 Brunei Dollar perorang untuk paket perjalanan selama 2 hari 1 malam hingga paket perjalanan selama 4 hari 3 malam seharga 589 Brunei Dollar perorang, harga yang terbilang sangat mahal namun sangat worth it untuk menikmati sensasi tinggal di hutan yang benar-benar masih alami. Alternatifnya jika kamu ingin sekali ke Canopy walk di Ulu Temburong jika budget kamu sangat terbatas Paketan paling murah yaitu seharga 160 Brunei Dollar untuk 1 day tour dari pusat kota Brunei Darussalam dengan jadwal keberangkatan jam 7 pagi dari pusat kota, sesampai di Taman Nasional langsung menuju ke Canopy Walk dan setelah itu istirahat makan siang menikmati sajian lokal dengan bahan-bahan masakan yang segar. Tour ini dijadwalkan kembali dan sampai ke pusat kota Bandar Seri Begawan pada sore harinya.

Untuk penginapan di resortnya terdapat beberapa jenis kamar yang bisa kamu pilih mulai dari dormitory yang cocok untuk kamu yang berpergian dalam kelompok besar hingga tipe kamar deluxe dan superior untuk kam yang hendak berpetualang bersama keluarga, teman dekat atau untuk honeymoon bersama pasangan. Setibanya di Resort ini kamu akan disambut oleh pengelola untuk menikmati welcome drink dan akan diberikan tempat minum (tumblr) yang tertuliskan Ulu ULu Resort Temburong National Park. Selain sebagai souvenir hal ini juga sebagai kebijakan pengelola Taman Nasional Ulu Temburong yang tidak memperbolehkan pemakaian botol air mineral. Hal ini penting untuk mencegah pemakaian plastik dan mengurangi sampah/limbah. Hal inilah yang membuat kondisi lingkungan di sekitar Taman Nasional Ulu Temburong tetap bersih dan alami.
Banyak aktivitas di luar ruangan (outdoor) yang bisa dilakukan disini mulai dari berenang di Sungai Temburong yang masih alami, menikmati hijaunya pepohonan sembari menikmati beragam hewan yang ada di sekitar hingga menantang adrenalin dengan mengikuti river tubing dengan ban untuk menyusuri sungai Temburong yang masih sangat alami, bersih dan segar. Dengan pemandangan kedua sisinya masih hutan alami menambah sensasi petualangan yang luar biasa. Sesampainya di titik berhenti untuk river tubing kita bisa melanjutkan perjalanan menyusuri jalan setapak masuk ke dalam hutan untuk menuju air terjun kecil yang di dalam kolamnya terdapat banyak ikan kecil. Ikan kecil disini umumnya yang biasa digunakan untuk fish teraphy/fish message dimana mereka akan memakan sel-sel kulit mati di kaki yang tentunay memberikan sensasi spa dan terapi yang menyenangkan karena kita melakukannya langsung di tengah hutan yang masih alami



Pada malam hari kami berkesempatan untuk melakukan safari night yang dimulai dengan menyusuri Sungai Temburon dengan perahu speed boat untuk menuju ke salah satu jalur trekking ke dalam hutan. Bersama guide/ ranger kami diajak untuk melihat beragam jenis hewan malam yang mulai keluar untuk beraktivitas mencari makan mulai dari serangga, katak hingga ular diatas pohon. Di saat penjelajahan kami saat itu kami cukup beruntung bsia melihat beragam jenis hewan salah satunya salah satu spesies katak yang tergolong katak paling kecil di dunia yang berukuran sangat kecil di jari kami.

 
Pada pagi hari atau sore hari salah satu hal yang patut untuk dilakukan ketika berada di Taman Nasional Ulu Temburong ini tentu saja berkunjung ke Canopy Walk yang merupakan jembatan canopy tertinggi di Brunei Darussalam. Dari jembatan gantung setinggi setinggi 42 meter setara dengan 21 lantai ini kami bisa menikmati pemandangan hutan yang masih alami dengan udara yang begitu segar seperti ini. Ketika berjalan dari satu tower ke tower lain melalui jembatan canopy yang menggantung diatas ketinggian 42 meter mata kami dimanjakan oleh pemandangan sekeliling yaitu hutan yang menghijau, tidak ada kata lain yang terucap selain rasa bersyukur dan takjub akan keindahan hutan yang masih alami ini. Semua keringat yang menetes dan rasa letih terbayar lunas dengan indahnya pemandangan dari atas canopy ini. Ini adalah salah satu hutan paling alami di dunia yang masih terjaga keasriannya.


Bisa dikatakan biaya untuk masuk ke Taman Nasional Ulu Temburong ini tidaklah murah jika di konversikan ke mata uang Rupiah. Namun apabila kamu mencintai alam dan senang dengan aktivitas outdoor bisa saya katakan berkunjung ke taman nasional ini Worth every penny karena memang tidak ada tempat lain seperti ini di hutan Kalimantan. Apalagi ada yang bilang You Only Live Once, jadi apabila kamu sedang berkunjung ke Brunei Darussalam dan memiliki budget lebih maka berpetualanglah ke Taman Nasional Ulu Temburong ini.  

 
Tonton video kami mengenai pengalaman kami saat tinggal menetap dan berkunjung ke destinasi wisata Brunei Darussalam di youtube channel kami ini ya. 
 
 

Apabila kamu ada rencana liburan ke Brunei Darussalam dan ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya saya sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Brunei Darussalam, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral saya di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher hingga 40 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. Tertarik? Yuk Daftar airbnb.com disini

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers 
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan. 

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.