Monday, January 21, 2019

30 Panduan Lengkap Liburan Keluarga ke Legoland Theme Park & Waterpark di Johor Bahru Malaysia


Miniatur Lego di Legoland Johor Baru Malaysia
 Ada banyak alasan mengapa sekarang banyak orang Indonesia yang berkunjung ke Johor Bahru diantaranya karena dekat dengan Singapura dan bisa diakses dengan jalur darat juga tentu saja karena ada Legoland Theme Park dan Legoland Waterpark yang kini telah menjadi destinasi favorit liburan di luar negeri bagi sebagian besar keluarga orang Indonesia. Apabila kamu termasuk orang yang hendak pertama kali mau berlibur ke Johor Bahru Malaysia khususnya yang pergi tanpa travel agent baca juga tips lengkapnya mengenai johor baru disini. 20 Tips dan Panduan Jalan-Jalan Liburan ke Johor Bahru Malaysia
Daya tarik Legoland Malaysia adalah taman hiburan ini merupakan Legoland pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara. Dengan memiliki sekitar 40 wahana bermain interaktif dan atraksi wisata, taman hiburan ini membawa setiap pengunjung yang datang ke dalam petualangan fantastis bersama Lego. Penggemar Lego dari berbagai kalangan usia mulai dari anak kecil hingga dewasa akan sangat senang ketika berkunjung ke tempat ini, itulah kenapa Legoland ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Berikut beberapa informasi penting beserta tips yang dapat kami berikan agar liburan kamu menjadi lebih menyenangkan dan terencana.





1.      Tentukan Tujuan
Sebagai informasi taman bermain Legoland di Johor Bahru ini ada dua area terpisah yaitu Legoland Theme Park dan Legoland Waterpark, Menyusul sedang dalam pembangunan ada satu lagi area tambahan yaitu SEA Aquarium. Legoland Theme Park ini adalah arena taman bermain yang dilengkapi dengan puluhan wahana permainan diantaranya Aquazone wave racer, Beetle bounce, Boating School, Dragon Apprentice, Lego city airport, Lost kingdom adventure, Merlins challenge, Observation tower, Royal joust, Technic twister, The dragon, Driving school, Junior driving school, Kids power tower, Duplo express, Legoland express, Lego Ninja Go the ride, Lego Race VR Coaster, Rescue academy, Lego academy serta miniatur berbagai objek wisata di dunia yang terbuat dari Lego.
Johor Bahru, Malaysia

Untuk Legoland Waterpark sendiri terdapat beberapa arena bermain diantaranya Duplo splash safari, Imagination station, Joker soker, Kolam arus lego, Red rush,  Lego slide racer, Brick blaster, Build a boat, Build a raft, Splash n swirl, Tidal tube, Twin chasers dan Wave riders.

2.  Buat Itinerary Rencana Perjalanan
Setelah mengetahui di Legoland ini ada dua area kemudian tentukan kamu mau mengunjungi salah satunya yaitu Legoland Theme Park saja atau keduanya. Karena kedua tempat itu dijual terpisah dengan harga yang berbeda. Sebagai gambaran seperti tiket Ancol dan tiket Dunia Fantasi yang dijual terpisah, tetapi tersedia juga tiket paketan atau combo untuk masuk ke dalam dua area itu. 
Brosur dan peta Legoland Park & Legowater park

3.  Budget Tiket Masuk ke Legoland
Berapa budget yang kamu harus persiapkan perorang tergantung dari tujuan kamu apakah hendak kedua wahana permainan Legoland Theme Park dan Legoland Waterpark, atau hanya ke Legoland Theme Park saja. Pertanyaan berikutnya jika kamu bertujuan untuk masuk kedua wahana permainan Legoland Theme park dan Legoland Waterpark apakah dihari yang sama (one day) atau dihari yang berbeda (two day), karena secara harga tiketnya pun berbeda.
Salah satu wahana di Legoland Park, Johor Bahru - Malaysia
Sebagai gambaran berikut harga tiket masuk ke Legoland Theme Park dan Waterpark untuk harga normal yaitu membeli tiketnya langsung di loket penjualan disana atau beli online namun dalam waktu kedatangan kurang dari 1 minggu sebelum hari H yaitu:
·    Tiket Harian Legoland Theme Park saja : 245 Ringgit  Malaysia/ Orang (dewasa) dan 195 Ringgit  Malaysia/ Orang (anak-anak > 3 tahun dan lansia +60 tahun). Untuk anak dibawah 3 tahun gratis.
·   Tiket harian Legoland Waterpark saja : 129 Ringgit/ Orang (dewasa) dan 109 Ringgit Malaysia (anak-anak > 3 tahun dan lansia +60 tahun). Untuk anak dibawah 3 tahun gratis dikenakan biaya 11 Ringgit Malaysia yang nantinya akan mendapatkan 2 buah popok untuk berenang.
·  Tiket harian Combo untuk Legoland Waterpark dan Legoland Themepark yaitu 249 Ringgit/ Orang (dewasa) dan 199 Ringgit Malaysia (anak-anak > 3 tahun dan lansia +60 tahun). Untuk anak dibawah 3 tahun gratis.
·   Tiket 2 hari Combo untuk Legoland Waterpark dan Legoland Themepark yaitu 319 Ringgit/ Orang (dewasa) dan 245 Ringgit Malaysia (anak-anak > 3 tahun dan lansia +60 tahun). Untuk anak dibawah 3 tahun gratis.




4.     Cara Beli tiket masuk Legoland Lebih Murah dan Hemat
Dari pengalaman kami usahakan belilah atau lakukanlah pemesanan tiket masuk Legoland jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Cara paling mudahnya belilah secara online di website resmi Legoland malaysia yang dapat memberikan potongan harga yang cukup significant khususnya apabila kamu untuk  liburan keluarga yang membawa serta banyak anggota keluarga. Dan usahakan janganlah membeli langsung di loket penjualan di Legoland nya karena akan dikenakan harga normal seperti point nomer 3 diatas yang tentunya lebih mahal. Sebagai gambaran berikut harga tiket apabila kamu beli secara online di website resmi Legoland.
Miniatur dari Lego di Legoland Johor Baru Malaysia
·    Tiket Harian Legoland Theme Park saja : Harga Normal 245 Ringgit  Malaysia/ Orang (dewasa), harga Online dengan waktu pemesanan minimal 1 minggu sebelum hari H yaitu 160 Ringgit Malaysia. Untuk tiket masuk anak-anak > 3 tahun dan lansia +60 tahun harga normalnya adalah dan 195 Ringgit  Malaysia/ Orang sedangkan harga Online dengan waktu pemesanan minimal 1 minggu sebelum hari H yaitu 128 Ringgit Malaysi,  Untuk anak dibawah 3 tahun gratis.
·    Tiket harian Legoland Waterpark saja untuk harga normalnya 129 Ringgit/ Orang (dewasa) dan 109 Ringgit Malaysia (anak-anak > 3 tahun dan lansia +60 tahun). Sedangkan apabila kamu beli online dengan minimal 1 minggu sebelum kedatangan hari H yaitu 104 Ringgit/ Orang (dewasa) dan 88 Ringgit Malaysia (anak-anak > 3 tahun dan lansia +60 tahun). Untuk anak dibawah 3 tahun gratis dikenakan biaya 11 Ringgit Malaysia yang nantinya akan mendapatkan 2 buah popok untuk berenang.
·     Tiket harian Combo untuk Legoland Waterpark dan Legoland Themepark apabila kamu membeli dengan harga normal yaitu 249 Ringgit/ Orang (dewasa) dan 199 Ringgit Malaysia (anak-anak > 3 tahun dan lansia +60 tahun). Sedangkan apabila kamu beli online dengan minimal 1 minggu sebelum kedatangan hari H yaitu 200 Ringgit/ Orang (dewasa) dan 160 Ringgit Malaysia (anak-anak > 3 tahun dan lansia +60 tahun). Untuk anak dibawah 3 tahun gratis.
·    Sedangkan untuk Tiket 2 hari Combo untuk Legoland Waterpark dan Legoland Themepark harga online dan harga normalnya yaitu sama sebesar 319 Ringgit/ Orang (dewasa) dan 245 Ringgit Malaysia (anak-anak > 3 tahun dan lansia +60 tahun). Untuk anak dibawah 3 tahun gratis.
Tips agar bisa mendapatkan harga tiket Legoland lebih murah dari online yaitu cobalah cari di pameran / travel fair karena umumnya ada banyak promosi salah satunya tiket masuk wahana permainan seperti Legoland ini. Pengalaman kami yaitu dengan membeli tiket beberapa bulan sebelum keberangkatan di travel fair kami bisa mendapatkan harga tiket yang murah sehingga bisa menghemat lebih dari 40 persen dari harga normal. Jika kebetulan kamu sedang di Malaysia dan ada travel fair kunjungi lah travel fair tersebut karena harga promosinya bisa jauh lebih murah lagi karena kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga orang lokal bukan harga tiket foreigner yang tentunya bisa lebih hemat lagi.
Yang terpenting belilah tiket di website atau agen terpercaya, karena apabila tidak resmi bisa saja tiket tersebut sudah tidak valid atau palsu sehingga kamu nanti tidak bisa masuk ke dalam Legolandnya atau harus beli tiket masuk lagi.

5.     Berapa hari waktu yang diperlukan untuk menjelajah Legoland
Sejujurnya dari pengalaman kami ke Legoland khususnya apabila tujuannya untuk liburan keluarga bersama anak kecil maka satu hari untuk bermain di kedua wahana permaianan Legoland Waterpark dan Legoland Theme Park tidaklah cukup. Idealnya 1 hari penuh untuk bermain di Legoland Theme Park dan minimal setengah hari di Legoland Waterpark. Namun hal ini kembali lagi dengan tujuan kamu kesini serta budget yang tersedia mengingat harga tiket masuknya berbeda antara yang 1 hari dengan 2 hari, serta harga tiket yang 1 wahana permaianan saja atau yang combo untuk 2 wahana permainan  Legoland Waterpark dan Legoland Theme Park.
Legoland dan Legowater Park cukup luas dan tidak bisa dijelajahi semuanya dalam 1 hari

6.     Bawalah identitas diri atau paspor khususnya anak dibawah 3 tahun.
Bawalah paspor sebagai identitas diri khususnya apabila kamu membawa anak dibawah 3 tahun. Hal ini penting untuk verifikasi oleh petugas penjaga loket untuk menunjukan kebenaran bahwa anak kecil yang kita bawa benar berusia dibawah 3 tahun sehingga gratis atau tidak dikenakan biaya masuk. Jangan sampai terjadi karena kamu tidak membawa identitas diri untuk anak dibawah 3 tahun sehingga kamu diharuskan untuk membayar harga tiket masuk untuk anak diatas 3 tahun. Karena hal ini juga janganlah coba-coba untuk mengakali umur anak ya agar bisa gratis.

7.    Waktu terbaik untuk berkunjung ke Legoland
Jika memungkinkan rencanakan atau hindari pergi ke Legoland di akhir pekan atau long weekend karena tentunya akan lebih ramai dan lebih panjang antreannya. Namun berhubung tempat ini adalah wisata untuk liburan keluarga umumnya akan ramai dikunjungi di saat liburan sekolah. Untuk liburan sekolah di Malaysia dan Singapura sendiri yaitu sekitar pertengahan November sampai akhir Desember, jadi di dua bulan ini pastinya Legoland akan ramai dikunjungi. 
Pintu masuk menuju Legoland Park, Johor Bahru Malaysia
Pengalaman kami pergi di hari senin suasananya ramai namun antreannya tidak panjang sehingga bisa main di hampir semua wahana. Namun jika kami tidak ada pilihan selain liburan di libur anak sekolah yaitu menyamakan dengan jadwal liburan anak maka jadwalkan datang ke Legoland lebih awal sehingga di saat kondisi belum terlalu ramai kamu sekeluarga bisa bermain ke wahana-wahana favorit lebih dulu.




8.    Menginap di Legoland Hotel
Apabila kamu sekeluarga memang pecinta Lego maka menginap di Legoland Hotel dan resort bisa jadi adalah salah satu impian kamu. Apabila kamu mau menginap di hotel ini maka persiapkan untuk merogoh kocek lebih dalam karena biaya menginap permalamnya di hotel ini mulai dari 800 Ringgit Malaysia hingga 1700 Ringgit Malaysia permalam dan perkamar tergantung tema dan type kamar yang hendak dipesan. Jadi bisa diperhitungkan jika kamu liburan bersama keluarga besar yang membawa serta anak-anak serta orang tua yang lansia maka budget menginapnya akan lebih fantastis.
Hotel Legoland Resort yang berada di kawasan Legoland Johor Bahru Malaysia

Menginap di hotel ini akan worth it jika kamu benar-benar penggemar berat Lego dan memiliki budget yang lebih. Keunggulan menginap di tempat ini yaitu posisi hotelnya tepat di depan pintu masuk Legoland Theme park dan Legoland Waterpark sehingga kamu bisa jalanan kaki ke 2 wahana permainan ini. Menginap di hotel ini cocok bagi kamu yang membeli tiket combo dua hari ke Legoland Themepark dan Legoland Water Park.
Legoland Resort yang ada di kawasan Legoland Johor Bahru, Malaysia

Apabila budget kamu terbatas baca point dibawah ini untuk rekomendasi penginapan di Johor Bahru yang sangat dekat dengan Legoland Theme Park dan Legoland Waterpark.

9.  Rekomendasi tempat penginapan
Rekomendasi saya untuk mencari penginapan di Johor Bahru baiknya carilah yang dekat dengan pusat kota, tempat wisata yang dituju atau akses ke transportasi umum seperti bus Causeway Link. Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya kami sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Johor Bahru, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral kami di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher hingga 40 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. 

Salah satu penginapan Airbnb yang kami tempati ketika berlibur ke Johor Bahru
Salah satu penginapan Airbnb yang kami tempati ketika berlibur ke Johor Bahru
Salah satu penginapan Airbnb yang kami tempati ketika berlibur ke Johor Bahru
  
Menyambung point sebelumnya mengenai rekomendasi penginapan dari pengalaman kami liburan keluarga ke Legoland atau Sanrio Hello Kitty Land maka kami mencari penginapan di sekitar Legoland, Medini atau Puteri Harbour. Rekomendasi tempat menginap kami yaitu di apartement Afinity Residence atau Somerset di Medini yang lokasinya tepat diseberang Mal of Medini dan seberang Legoland, jadi kamu hanya tinggal berjalan kaki saja kurang lebih 5-10 menit untuk sampai ke pintu masuk Legoland. Untuk menginap disini kami memesan lewat Airbnb. 
Salah satu penginapan Airbnb yang kami tempati ketika berlibur ke Johor Bahru
Di penginapan airbnb tersebut terdapat infinity pool,lokasinya tepat diseberang Medini Mall dan Legoland
Infinity Pool di penginapan Airbnb kami di Johor Bahru
 Lokasi dan budget apartemen ini sangat sempurna apabila kamu liburan bersama keluarga dan membawa serta anak-anak atau orang tua yang sudah lansia. Karena ukuran apartemennya lebih besar jadi satu unit bisa menampung semua anggota keluarga jadinya kalau dihitung-hitung biaya menginapnya per keluarga jadi terbilang terjangkau. Untuk bisa lebih hemat lagi kamu bisa daftar airbnb dan pakai kode referal kami ya untuk mendapatkan voucher diskon hingga 40 USD!

Airbnb yang kami tempati di Johor Bahru
Penginapan Airbnb kami di Johor Bahru di Infinity Residence
Penginapan Airbnb kami di Johor Bahru di Infinity Residence
Penginapan Airbnb kami di Johor Bahru di Infinity Residence

Dan menginap di apartement ini bisa jadi alternatif bagi kamu yang tidak memiliki budget yang cukup untuk menginap di Legoland Hotel & Resort yang harga / budget menginapnya bisa 1.5 sampai 2 kali dari biaya menginap di apartement ini.

10. Usia yang cocok untuk mengajak anak bermain
Dari pengalaman kami liburan keluarga dengan membawa balita dan orang tua yang sudah lansia rasanya Legoland sangat cocok untuk liburan bersama keluarga dari berbagai kalangan usia. Namun untuk anak-anak rasanya paling pas apabila usianya sudah lebih dari 4 tahun karena banyak arena permainan yang membatasi usia anak dan tinggi badan.
Tapi tenang untuk anak usia 3 tahun dan dibawah 3 tahun masih ada beberapa wahana yang bisa diikuti, dan rekomendasi kami diantaranya bermain naik perahu bersama orang tua di Boating School, mencoba mengendari mobil-mobilan sendiri di Driving School, bermain lego di Lego Academy, naik kereta-keretaan di Duplo express dan Legoland express, melihat miniatur tentang landmark terkenal dari berbagai negara serta bermain di beberapa playground yang tersedia di Legoland Theme Park.
Driving School di Legoland Park, malaysia
Miniatur dari Lego di Legoland Johor Baru Malaysia
Untuk Legoland Waterpark nya sendiri yang cocok untuk anak kecil diantaranya Duplo splash safari, Imagination station, Wave pool, Joker soker serta berenang di Kolam arus lego.
Salah satu playground untuk anak kecil di Legoland Park, Johor Bahru Malaysia
Wahana naik perahu ini juga bisa dinikmati bersama anak dibawah 3 tahun.
Oh iya kalau kamu membawa anak kecil baiknya bawalah stroller agar anak bisa istirahat apabila lelah atau mengantuk. Alternatif lainnya kamu bisa menyewa stroller dengan harga sekitar 40 sampai 60 Ringgit perhari tergantung modelnya. 
Stroller yang bisa disewa di Legoland Park, Malaysia

11. Alamat lengkap Legoland
Legoland Malaysia berlokasi di Jalan Legoland Bandar Medini Iskandar Malaysia, Iskandar Puteri Nusajaya Johor Bahru. Nomer telepon resminya yaitu  +607 597 8888
"Selingan iklan"
Telah Terbit Buku Karya Saya Yang Berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina.
Telah terbit buku karya saya yang berjudul Overland. Penasaran bagaimana Trilogy buku ini? Baca Sinopsis lengkapnya disini : Buku Trilogy Overland - Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Sebuah memoar perjalanan jalur darat melintasi perbatasan 13 negara Asia Tenggara dan Daratan Cina.
Untuk teman-teman yang mau order atau tanya informasi detailnya boleh direct whatsapp ya +6287887874709. Bisa juga DM Instagram @travelographers,  beli di website Leutikaprio atau di link marketplace ini ya.
* Tokopedia
* Shopee
* Bukalapak



12.  Jam beroperasi Legoland
Merujuk pada halaman website resmi Legoland arena bermain ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 7 sore. Namun kenyataannya pada saat kami disana jam 6 arena bermain sudah mulai tutup karena 1 jam terakhir dialokasikan untuk para pengunjung agar segera keluar meninggalkan area taman bermain. Jadi apabila kamu berencana untuk membeli oleh-oleh atau souvenir sebelum pulang dari Legoland maka datanglah ke toko souvenirnya lebih awal ya agar memiliki waktu yang cukup untuk melihat-lihat mainan legonya.

13.  Transportasi umum ke Legoland dari Bandara Internasional Senai
 Apabila kamu ke Johor Bahrunya naik pesawat maka sudah dapat dipastikan kamu akan turun di bandara internasional Senai di Johor Bahru. Sebagai gambaran umum untuk bandara ini letaknya tidak di tengah kota Johor Bahru dan cukup jauh dari tempat wisata seperti Legoland Hotel and resort, Theme park dan juga Waterpark.
Bandara Internasional Johor, Malaysia.
Bandara Internasional Johor, Malaysia
Transportasi umum dari bandara Senai ke Legoland bisa naik bus umum Causeway Link nomor JPO2 yang dalam satu harinya hanya ada 4 kali jadwal keberangkatan yaitu jam 10 pagi, jam 1 siang, jam 4 sore dan jam 7 sore. Rute bus causeway link yaitu dari Senai international Airport - Johor Premium Outlet (JPO) - Hello kitty town - Legoland (Mal of Medini), Perbatasan CIQ 2nd Link.
Area Drop Off di Bandara Internasional Johor, Malaysia
Tempat pemberhentian bus Causway Link di Bandara Internasional Johor, Malaysia


Untuk alternatifnya bisa naik Taksi atau transportasi online Grab yang juga bisa ditunggu di area pick up and drop off pada bagian pintu keluar bandara internasional  Senai. Untuk ongkos grab dari bandara Senai ke Legoland biayanya sekitar 35-40 Ringgit ditambah tol sekitar 3-4 Ringgit.

14.  Transportasi Bus umum dari Singapura ke Legoland
Dari Pusat kota Singapura kamu bisa naik MRT kemudian turun di stasiun MRT berikut yaitu MRT Kranji, MRT Queen Street dan MRT Newtown Circus. Dari MRT ini terdapat bus Causeway Link yang beroperasi melayani rute ke bandara internasional Senai di Johor Bahru. Bus ini bisa kamu manfaatkan apabila hendak terbang dari Johor Bahru melalui Singapura. Bila dihitung dari pusat kota waktu tempuhnya sekitar 1-3 jam tergantung kondisi jalan raya dan antrean di perbatasan Singapura ke JB Sentral Malaysia. Untuk ongkos busnya yaitu apabila kamu naiknya dari MRT Kranji yaitu sebesar 1 SGD sedangkan apabila kamu naiknya dari MRT Queen Street dan MRT Newtown Circus ongkos ke perbatasan sebesar 3.3 SGD. Setelah melewati perbatasan kemudian bisa melanjutkan perjalanan ke Legoland dengan bus dengan nomer LM1.
Bus Causeway Link Yang Melayani Rute dari Bandara Internasiona Johor ke Johor Premium Outlet hingga perbatasan Singapura

Alternatif lainnya dari Singapura ke Johor Bahru bisa lewat perbatasan  CIQ 2nd Link yaitu dari pusat kota Singapura naik MRT ke Jurong East atau Boon Lay kemudian melanjutkan perjalanan dengan bus ke perbatasan CIQ 2nd Link. Setelah melewati perbatasan ganti dengan bus Causeway Link berwarna kuning dengan nomer JPO2 kemudian turun di Legoland (Mal of Medini).
Salah satu loket informasi bus ke Singapura di Medini mall, Johor Bahru
Alternatif ketiga yaitu untuk mencapai perbatasan Singapura dan Malaysia, dari pusat kota Singapura bisa naik MRT jalur merah menuju Jurong East dan turun di stasiun Woodlands. Tepat di bawah stasiun ini di Causeway terdapat halte bis untuk menuju perbatasan tepatnya Johor Bahru yang merupakan salah satu pintu masuk menuju negeri Jiran, Malaysia.
Setibanya di halte bus di Causeway tampak antrean calon penumpang bus umum yang terbilang cukup ramai memadati namun semuanya tertib berbaris ke belakang mengikuti jalur besi yang telah disediakan. Ikutilah  barisan untuk bus umum SMRT bernomor 950 Tujuan ke Kotaraya II terminal Kota Johor Bahru. Setelah melewati perbatasan dan masuk Johor Bahru kemudian setelah melewati perbatasan kemudian bisa melanjutkan perjalanan ke Legoland dengan bus dengan nomer LM1.
Catatan penting: Cara ini hanya cocok untuk backpacker yang memiliki keterbatasan budget dan memiliki waktu yang fleksibel.

15. Transportasi Bus dengan Travel dari Singapura ke Legoland
Merujuk point sebelumnya cara dengan naik angkutan umum hanya cocok untuk kaum backpacker yang memiliki keterbatasan budget dan waktu yang fleksibel. Jika kamu bersama keluarga khususnya membawa anak dan lansia kami sangat merekomendasikan untuk naik WTS travel yaitu naik bus dari Singapore Flyer dengan pilihan jadwal keberangkatan jam 9 pagi dan 10.30 pagi. Pilihan lain yaitu naik WTS travel dari BigBox Jurong East dengan pilihan jadwal keberangkatan jam 9 pagi dan 11 pagi. Saran kami karena tempatnya terbatas lakukan pemesanan dari beberapa hari sebelumnya untuk memastikan kamu dapat bus ini. Ongkosnya yaitu mulai dari 24 SGD perorang untuk pulang pergi dari Singapura ke Legoland dan kembali lagi ke Singapura di hari yang sama. Lama perjalanan dari Singapura ke Legoland yaitu sekitar 1-2 jam tergantung kondisi jalan dan perbatasan Singapura ke Johor Bahru Malaysia.
Bus Yang Beroperasi di Singapura dan Malaysia



16.   Transportasi dengan Taksi dari Singapura ke Legoland
Apabila kamu berencana naik taksi dari pusat kota Singapura ke Legoland kamu bisa naik Taksi malaysia yang berwarna kuning yang ada di temapt pemberhentian taksi resmi salah satunya di Ban San Street di Bugis. Ongkosnya untuk sekali jalan dari Bugis Singapura ke Legoland yaitu sekitar 70 Dollar Singapura. Lama perjalanan dari Singapura ke Legoland yaitu sekitar 1-2 jam tergantung kondisi jalan dan perbatasan Singapura ke Johor Bahru Malaysia.
Transportasi Bus Yang Dapat Disewa
17.   Transportasi dengan Mobil Sewaan dari Singapura ke Legoland
Ada cara lain untuk ke Legoland Malaysia dari Singapura yang lebih nyaman jika kamu memiliki budget yang lebih yaitu dengan sewa mobil yang bisa kamu pesan melalui website-website resmi. Biaya sewa kendaraannya sudah termasuk supir yang akan mengantarkan kamu sekeluarga ke Legoland yaitu sekitar 100 sampai 150 Dollar Singapura tergantung jenis mobil dan jumlah orang. Mobil sewanya ada yang bisa sampai kapasitas 10 orang. Cara ini lebih hemat dan nyaman apabila kau liburan bersama keluarga dengan jumlah orang antara 5 sampai 10 orang sehingga perhitungannya bisa lebih hemat dibandingkan naik bus travel dari Singapore Flyer. Lama perjalanan dari Singapura ke Legoland yaitu sekitar 1-2 jam tergantung kondisi jalan dan perbatasan Singapura ke Johor Bahru Malaysia.
Salah satu jenis mobil yang dapat disewa untuk pariwisata

18.   Bus Langsung dari kota Kuala Lumpur ke Legoland
Jika kamu hendak dari kota Kuala Lumpur langsung ke Legoland ada sebuah bus langsung yaitu Bus Causeway Link KL yang hanya ada satu kali keberangkatan setiap harinya. Jadwal bus berangkat jam 7 pagi dari Swiss Garden Hotel & Resident di Jalan Pudu, Kuala Lumpur dengan estimasi tiba di Legoland jam 11:30 atau tergantung kondisi lalu lintas. Biayanya yaitu 57 Ringgit Malaysia sekali jalan. Apabila kamu hendak kembali di hari yang sama dari Legoland bus akan kembali ke Kuala Lumpur jam 6:30 dengan ongkos yang sama yaitu 57 Ringgit Malaysia.
Salah satu bus yang melayani rute Johor Bahru ke Kuala Lumpur yang berangkat dari Medini Mall


19.    Bus Antar Kota dari kota Kuala Lumpur ke Legoland
Jika kamu tidak mendapatkan bus langsung dari Swiss Garden Hotel di Jalan Pudu atau menurut kamu jam tiba di Legolandnya terlalu siang saran kami bisa cari alternatif naik bus dari Terminal Bersepadu Selatan di Bandar Tasik Selatan dengan tujuan ke Larkin Sentral Johor Bahru. Naiklah jadwal bus yang lebih pagi misalnya subuh sehingga bisa tiba di Johor Bahru lebih awal. Kemudian dari Larkin Sentral bisa naik bus Causeway Link nomer LM1 dengan tujuan ke Legoland atau naik transportasi online seperti grab/uber agar lebih nyaman khususnya bagi kamu yang liburan bersama keluarga.
Bus Causway Link yang melayani Rute Johor Bahru ke Singapura atau ke Tengah kota





20.  Bus Umum Dari Melaka ke Legoland
Apabila kamu hendak ke kota Johor Bahru dari kota Melaka kamu dapat naik dari terminal bus Melaka Sentral. Kamu dapat memperhatikan jadwal yang ada sehingga dapat disesuaikan dengan kedatanganmu di terminal bus atau melakukan pemesanan tiket secara online sebelumnya. Setiap harinya ada puluhan jadwal keberangkatan bus dari beberapa operator bus dengan jam keberangkatan mulai dari pagi hingga tengah malam. Kemudian dari Larkin Sentral bisa naik bus Causeway Link nomer LM1 dengan tujuan ke Legoland atau naik transportasi online seperti grab/uber agar lebih nyaman khususnya bagi kamu yang liburan bersama keluarga.
Salah Satu Bus Yang Melayani Rute Johor Bharu - Melaka


21.   Transportasi umum dari Pusat Kota/ Larkin Sentral ke Legoland
Apabila kamu tiba di terminal bus ini untuk keliling Johor Bahru kamu bisa memanfaatkan bus umum Causeway Link dengan momer LM1. Yang harus kamu ketahui jadwal bus dari dari Larkin Sentral ke Legoland hanya ada 8 kali keberangkatan setiap harinya. Jika waktunya tidak cocok apabila hendak menggunakan transportasi umum yang lebih nyaman semisal kamu membawa barang bawaan yang cukup banyak atau membawa keluarga maka kami sarankan naiklah tranportasi online seperti grab/ uber yang lebih murah dan aman.
Terminal Bus Larkin Sentral


22.   Bisakah naik Grab dari Kuala Lumpur ke Legoland?
Kami menambah point ini karena sebelumnya kami pernah mendapatkan pertanyaan apakah memungkinkan untuk naik grab atau transportasi online dari Kuala Lumpur ke Legoland, dan jawaban kami adalah sangat tidak direkomendasikan karena selain mahal juga tentu saja kasihan supir Grabnya karena harus menempuh perjalanan sekitar 4-6 jam perjalanan. Kamu harus memikirkan juga semisal kamu hanya sekali jalan maka ketia ia kembali ke Kuala Lumpur kemungkinan besarnya kososng tanpa mengangkut penumpang. Mengingat hal itu rasanya sangat kecil atau bahkan tidak ada supir Grab yang mau ke luar kota sampai ke Johor Bahru kecuali kalo memang mungkin supir grab itu kebetulan ada keperluan keluar kota jadi bisa sekalian.
Area Drop Off Grab dan Taksi di Bandara Internasional Johor, Malaysia

23.  Sewa Kendaraan dari Pusat Kota Kuala Lumpur ke Legoland
Menyambung point diatas dari pada kamu berpikir untuk naik grab agar perjalanan liburan bersama keluarga lebih nyaman bisa mempertimbangkan sewa kendaraan dengan supir dari pusat kota Kuala Lumpur. Biayanya mulai dari 450 Ringgit Malaysia sampai 900 Ringgit Malaysia tergantung jenis mobil.
Salah satu jenis kendaraan yang bisa disewa untuk pariwisata di Malaysia



24.   Taksi di Johor Bahru
Taksi adalah salah satu transportasi umum yang terbilang cukup terjangkau argonya, bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan argo taksi di Indonesia. Untuk scam atau penipuan taksi tanpa argo bisa terjadi kapan saja tergantung ada peluang maka pada saat naik pastikan kamu telah deal dengan pengemudi taksi bahwa taksi yang kamu tumpangi menggunakan argo/ meter kalaupun tidak menggunakan argo baiknya sudah sepakat di ongkos yang dikenakan. Jika kamu menggunakan aplikasi Grab/ Uber untuk ke Legoland rasanya bisa jadi pilihan lain mengingat lebih aman karena kamu tidak perlu menawar harga ongkos taksi.
Taksi di Johor Bahru, Malaysia
25.  Mall of Medini
Mal ini adalah pintu masuk menuju ke Legoland ThemePark dan Legoland Waterpark. Di mall ini terdapat beberapa gerai dan restoran franchise seperti KFC, Old Town White Coffee, Secret Recipe, Burger King, Chicken Rice dan juga terdapat beberapa minimarket, farmasi dan kosmetik. Di mall ini juga temapt pemberhentian bus umum antar kota, bus umum dalam kota serta titik drop off untuk naik dan turun penjemputan kendaraan bagi setiap pengunjung yang datang ke Legoland.
Mal of Medini di Johor Bahru, Malaysia

26.  Membawa Makanan dan Minuman dari luar dan Tempat makan/ Restoran di dalam Legoland
Hampir semua tempat wisata pasti harga makanan di dalam arena permainan lebih mahal dibanding beli di luar. Namun pada umumnya hampir semua arena taman bermain ada peraturan tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar. Dari pengalaman kami setibanya di legoland Theme park ketika hendak masuk para petugas akan memeriksa secara umum apakah kita membawa makanan atau minuman dari luar atau tidak.
    Kalau kami sendiri berhubung liburan bersama keluarga yang membawa 3 anak kecil dan lansia tentunya untuk menghemat pengeluaran kami membawa bekal air putih/mineral. Tipsnya agar bisa lolos atau diperbolehkan saat pemeriksaan jangan bawa dalam bentuk botol air kemasan ya namun bawalah dalam air botol tupperware. Untuk cemilan bawalah dalam jumlah yang wajar, jadi kalaupun ditemukan pada saat pemeriksaan mereka akan tetap memperbolehkan.
    Jika mau bawa makanan berat tidak ada cara lain selain menyembunyikannya di dalam tas bawaan kamu ke bagian paling dalam, karena dari pengalaman kami petugas akan memeriksa secara umum saja tidak terlalu detail sampai ke bagian dalam tas. Cara ini cocok bagi kamu yang memiliki budget terbatas dan ingin berhemat, mengingat harga makanan dan minuman dalam taman bermain cukup mahal.

Restoran dan Tempat Makan Yang Ada Di Dalam Legoland
Restoran dan Tempat Makan Yang Ada Di Dalam Legoland
Untuk tempat makan atau restoran di dalam arena permainan Legoland cukup banyak dan bervariasi mulai dari Asian food, grill, western, pizza, ayam goreng serta snack corner yang menjual hotdog serta pop corn. Harganya mulai dari 7 Ringgit hingga 30 Ringgit Perporsi.
Salah satu restoran di dalam Legoland Park
       
27.  Basah-basahan di Dino Island
Ada sebuah arena permainan yang serupa dengan Niagara di Dunia fantasi Ancol yaitu Dino Island. Jadi saran kami jika mau bermain wahana ini bersiap-siaplah untuk basah kuyup ketika perahu yang dinaiki mulai meluncur turun seperti roller coaster kemudian ketika sampai bawah air akan membasi semua penumpang yang berada di atas perahu. Karena ini tinggalkan atau titipkan terlebih dahulu alat elektronik dan barang berharga kamu sebelum naik wahana ini. 
Salah satu permainan di Legoland Park
Apabila kamu basah kuyup ada sebuah mesin pengering yang dapat kamu gunakan untuk meneringkan pakaian yang sedang kamu kenakan. cara kerjanya kamu masuk ke sebuah ruang dan mesin tersebut akan menyemportokan udara panas untuk mengeringkan pakaian yang sedang kamu kenakan. biayanya yaitu sekitar 10 Ringgit yang harus kamu masukan dalam vending machine.




28.  Mencoba Lego Race VR Coaster
Lego Race VR Coaster adalah salah satu wahana yang wajib kamu coba ketika bermain di Legoland Themepark. Ini adalah permainan yang menantang adrenalin dengan memadukan keseruan roller coaster dengan nuansa Virtual Reality yang dapat kita nikmati dari VR yang kita pakai selama naik roller coaster ini. Sebagai informasi Lego Race VR Coaster ini adalah pertama di dunia dan satu-satunya di Asia!
Lego Race VR Coaster di Legoland Johor Bahru

Video yang ditayangkan dalam VR menggambarkan kita sedang berada didalam permaianan balapan namun karena dalam kenyataannya kita sedang naik roller coaster membuat kondisinya terasa begitu nyata. Apa yang kita alami saat di roller coaster menambah tantangan adrenalin ketika video dalam games lego yang kita lihat begitu dramatis dan menegangkan.

29.  Melempar sabit di Lego Ninja Go The Ride
 Satu lagi arena permainan interaktif yang menyenangkan adalah berkendara sambil melempar sabit ala ninja di Lego Ninja Go The Ride. Permainannya adalah kita akan naik ke sebuah kendaraan yang akan berjalan mengikuti rel kemudian dihadapan kita adalah musuh-musuh ninja yang harus dihancurkan dengan cara dilempar sabit. Sabitnya sendiri adalah di-trigger dari hasil gerakan tangan kita yang seperti melempar sabit ninja. Ada sebuah sensor yang membaca gerakan kita saat melempar sabit tersebut. Dalam permainan ini kita bisa melihat berapa score atau nilai akhir dari hasil melempar sabit tersebut sehingga kita bisa saling berkompetisi dengan keluarga atau teman yang bersama-sama mengendarai Lego Ninja Go The Ride ini.
Ninja Go ini salah satu wahana favorit kami di legoland Park

30.  Rekomendasi permaianan di Legoland Waterpark
Untuk Legoland Waterpark sendiri terdapat beberapa arena bermain diantaranya Duplo splash safari, Imagination station, Joker soker, Kolam arus lego, Red rush,  Lego slide racer, Brick blaster, Build a boat, Build a raft, Splash n swirl, Tidal tube, Twin chasers dan Wave riders.

Legoland WaterPark, Johor Bahru Malaysia
Tiketing Legoland WaterPark, Johor Bahru Malaysia
Tiketing Legoland WaterPark, Johor Bahru Malaysia
Peraturan di Legoland WaterPark, Johor Bahru Malaysia

Dari daftar permainan tersebut yang cocok untuk bermain untuk anak dewasa adalah Lego slide racer, Brick blaster, Build a boat, Build a raft, Splash n swirl, Tidal tube dan Twin chasers. Permainan seluncur ini sangat menantang adrenalin. Sedangkan untuk permainan air bersama keluarga dan anak kecil favorit kami disini yaitu  Duplo splash safari, Imagination station, Joker soker, serta berenang di Kolam arus lego.

Loker tempat penyimpanan barang di LegoPark
Salah satu wahana di Legopark
Semoga tips jalan-jalan liburan keluarga di Legoland Thempark, Legoland Waterpark untuk kamu di Kota Johor Bahru Malaysia bermanfaat. Untuk tips dan panduan liburan di tempat-tempat wisata di Johor Bahru akan kami sharing di artikel terpisah ya agar lebih rinci dan lengkap. Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang Legoland Malaysia yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini.


Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.


7 comments:

  1. Ngilerr deh pengen liat Lego Land. Secara suka banget sama mainan Lego, meski ga rapih jagain koleksinya :-p. Thank you share infonya ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, semoga info dari kami bermanfaat dan menginspirasi

      Delete
  2. Informasi yg sangat detil..terima kasih banyak sharingnya ya

    ReplyDelete
  3. Gimana bang sdh diajukan blm monet nya

    ReplyDelete
  4. Gimana bang sdh diajukan blm monet nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang yuli, sudah diajukan dan alhamdulillah sudah disetujui. salkomsel

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.