Friday, January 13, 2023

Lupakan Brand Kopi Waralaba Internasional, Ini 3 Kedai Kopi Lokal Yang Wajib Kamu Coba Saat di Vietnam




Untuk kamu pecinta kopi, sesungguhnya kopi Vietnam memang tidak pernah salah khususnya ketika kamu sedang berkunjung ke negara Vietnam. Lupakan lah brand-brand kopi waralaba internasional jika kamu sedang berada di Vietnam dan cobalah cicipi satu persatu kedai kopi Vietnam yang begitu mudah ditemukan di berbagai sudut kota. Dari perjalanan di Vietnam setiap harinya kami selalu menyempatkan untuk nongkrong di sebuah kedai kopi baik yang sudah memiliki jaringan atau cabang di kota-kota besar Vietnam maupun kedai kecil serta cafe perorangan.
Dari pengalaman kami menjelajah Vietnam mulai dari Ho CHi Minh City, Mui Ne, Da Nang, Hoi An, Ha Noi, Ha Long,  Lao Cai, Bac Ha, hingga Sa Pa kami melihat ada 3 jaringan kedai kopi lokal yang menjadi raja di negerinya sendiri. Karena itulah di setiap kota yang kami tuju setiap kali menemukan kedai kopi tersebut tentunya kami sempatkan untuk mampir baik untuk nongkrong lama ataupun sekedar menikmati kopi untuk rehat sejenak ketika dalam perjalanan. Dalam artikel ini kami ingin merekomendasikan 3 kedai kopi lokal yang sudah memiliki jaringan yang luas di Vietnam yang patut kamu coba ketika berada di negeri ini.






1.     Trung Nguyen Legend Cafe
Trung Nguyen is not only serving the best cups, we also giving wings to your dream. Salah satu slogan ini kami baca ketika menikmati betapa nikmatnya kopi Cà phê sữa đá di salah satu Cafe Trung Nguyen Legend. Cà phê sữa đá dan Cà phê sữa nong adalah salah satu menu yang paling digemari disini yaitu kopi Vietnam yang telah digiling disajikan melalui manual dripping untuk memisahkan ampas dan sari kopi. Alat untuk menyaring kopi yang disebut phin tersebut umumnya terbuat dari alumunium atau baja tahan karat dimana pada bagian tengahnya berbentuk silinder dan memiliki lubang kecil untuk menyaring kopi dan pada bagian pinggirnya dapat ditumpu oleh secangkir kopi. Perbedaan antara Cà phê sữa đá dan Cà phê sữa nong adalah untuk Cà phê sữa đá disajikan dengan es batu dan susu dan dinikmati dingin sedangkan Cà phê sữa nong dinikmati ketika kopi masih panas.


Sejarah Trung Nguyen Legend mulai dirintis oleh Trung Nguyen di kota Buon Ma Thuot pada tahun 1996. 2 tahun berikutnya brand ini mulai mengembangkan bisnisnya untuk membuka jaringan kedai kopi pertama di kota Ho Chi Minh City. 3 tahun setelahnya jaringan kedai kopi dan pemasaran kopi produk Trung Nguyen semakin meluas hingga ke berbagai negara-negara lain di dunia.
Di Trung Nguyen Legend Cafe selain menyajikan kopi juga menyajikan beragam kue serta produk kopi Trung Nguyen yang bisa dibeli untuk oleh-oleh. Menurut penilaian kami kedai kopi Trung Nguyen Legend Cafe ini memiliki tema yang ekslusif dan memiliki market untuk kelas menengah keatas mengingat mereka menyajikan kopi dan menu yang bercita rasa tinggi yang disertai harga yang terbilang lebih mahal dibanding kedai kopi lainnya di Vietnam. Bisa dikatakan harganya setara dengan kedai kopi waralaba internasional seperti Starbucks dan The Coffe Bean & Tea Leaf.




2.   Highlands Coffee
2 tahun setelah berdirinya Trang Nguyen jaringan kedai kopi Highlands Coffee mulai mengembangkan bisnisnya di Vietnam. Sama halnya dengan Trung Nguyen kedai kopi ini juga menyajikan kopi jenis Robusta dan Arabika untuk customernya. Dari pengalaman kami jaringan Highlands Coffee tidak kalah banyak dengan Trung Nguyen yang juga berkembang di kota-kota besar di Vietnam mulai dari Ho Chi Minh City hingga Ha Noi.
Jika kita berkunjung ke Ha Noi kamu pasti tidak akan melewatkan bangunan kedai kopi Highlands Coffee yang terletak di persipangan jalan dekat danau Hoan Kiem. Bangunan ini menjadi salah satu landmark khas kota Ha Noi dan menjadi tempat nongkrong yang asik mengingat view yang ditawarkan dari tempat ini begitu indah yaitu pemandangan danau Hoan Kiem yang magis dan lalu lalang orang di sekitar Old Quarter.


Untuk ukuran harga terbilang sedikit lebih murah dibanding Trung Nguyen Legend Cafe. Di kedai kopinya selain menyajikan kopi juga menyajikan beragam kue serta produk kopi Highlands Coffee yang bisa dibeli untuk oleh-oleh. Kamu wajib membeli nya mengingat produk Highlands Coffee tidak mudah ditemukan di tempat lain selain di Vietnam, berbeda dengan kopi produk Trung Nguyen yang sudah mulai dijual di beberapa supermarket internasional di negara lain.




3.   The Coffee House
The Coffee House ini salah satu brand lokal yang tidak boleh dilewatkan selain Highlands Coffee dan Trung Nguyen Legend. Bisa dibilang pangsa pasar kedai kopi ini lebih ke anak-anak muda karena tampilan kafenya yang dibuat lebih stylish dan harga yang dijual terbilang lebih murah dibanding pesaingnya Highlands Coffee dan Trung Nguyen Legend. Jujur karena kami masih muda #azeeek, kami lebih suka nongkrong di kedai kopi The Coffee House. Salah satu The Coffee House favorit kami yang berada di kota Ha Noi yang lokasinya tidak jauh dari Hoan Kiem Lake.


Menu yang dijual di The Coffee House tidak hanya kopi karena mereka juga menyajikan menu seperti special tea, chocolate dan ice blended. Ketika kami berada di kota Da Nang Vietnam kami semapt mencoba ice blended green tea yang rasanya juga enak banget, so creamy.




Sebenarnya ada banyak kedai kopi lokal lainnya di Vietnam, namun untuk artikel kali ini kami memfokuskan untuk kedai kopi yang sudah memiliki jaringan yang luas di negara Vietnam. Insya Allah akan kami tulis di artikel terpisah untuk rekomendasi lainnya. Cheers! Angkat gelas kopimu kawan.




Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and tiktok @travelographers 
and if you found the post useful or interesting please do share! :)



Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.