Friday, January 6, 2023

30 Tips dan Panduan Jalan Jalan Liburan Pertama Kali ke Brunei Darussalam


    Jujur tujuan saya pertama kali menginjakan kaki ke negara Brunei Darussalam dengan cara backpacking adalah karena penasaran bagaimana kehidupan di sebuah negeri yang memiliki beberapa masjid yang megah dan indah dimana negeri tersebut menjalankan syariat islam dan dipimpin oleh seorang Sultan yang begitu dicintai rakyatnya. Alasan pribadi lain tentu saja untuk memenuhi misi melengkapi kunjungan semua negara Asean dimana negara Brunei Darussalam adalah negara di Asean ke 9 yang saya kunjungi kemudian dilengkapi oleh kunjungan ke negara Filipina satu tahun berikutnya. Pada saat itu saya hanya berkunjung selama 2 hari 2 malam yang tentunya masih kurang untuk bisa mengenal lebih jauh negeri yang penuh kedamaian ini.

    Beberapa tahun berikutnya saya dapat kesempatan untuk tinggal di negara ini sekitar 10 bulan untuk mengerjakan sebuah proyek IT di beberapa perusahaan di bawah salah satu Kementerian di Brunei Darussalam. Tentunya kesempatan ini saya gunakan untuk mengenal lebih jauh dan menyelam lebih dalam di kehidupan masyarakat Brunei Darussalam yang dikenal sangat ramah dan bersahabat. Melalui pengalaman ini saya ingin berbagi tips dan panduan lengkap untuk kamu yang memiliki impian dan rencana jalan-jalan/ liburan ke Brunei Darussalam ini.






1.     Cek Paspor Sebelum Merencanakan Liburan ke Brunei Darussalam

Untuk kamu yang sudah memiliki paspor pastikan masa berlaku paspor kamu saat tanggal keberangkatan ke Brunei Darussalam tidak kurang dari 6 bulan dari masa akhir berlakunya paspor kamu. Jika kurang dari 6 bulan segeralah lakukan perpanjangan paspor agar perjalananmu berjalan sesuai rencana dan tidak di deportasi oleh imigrasi saat mendarat di Brunei Darussalam atau saat sebelum terbang di bandara.



2.  Buat itinerary ke Brunei Darussalam

Untuk mempersiapkan perjalananmu ke Brunei Darussalam ada baiknya mempersiapkan itinerary perjalanan minimal secara gambaran umumnya agar kamu sudah tahu kemana saja destinasi yang dapat kamu tuju. Kamu harus menentukan terlebih dahulu tujuan kamu ke Brunei Darussalam apakah hanya berkunjung ke 1 negara ini saja atau dalam satu rangkaian perjalanan ini hendak ke Malaysia juga, karena sebagian orang yang berkunjung ke negara ini ada yang ingi sekaligus menjelajah kota terdekat dengan negara Brunei seperti Miri Malaysia atau Kota Kinabalu. Untuk detailnya akan kami jabarkan di point berikutnya ya.






3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk ke Brunei Darussalam.

Dari pengalaman kami jika waktu kamu terbatas hanya memanfaatkan akhir pekan saja untuk weekend getaway selama 2 hari bisa dikatakan cukup untuk menjelajah pusat kota Brunei Darussalam saja yaitu  Bandar Seri Begawan. Selama 2 hari kamu dapat mengunjungi ke beberapa masjid yang megah di Brunei diantaranya Masjid Ali Omar Saefuddin, Masjid Jame’ Asr Hassanil Boldiah, Masjid Ash Shaliheen serta Masjid Duli Pengiran Muda Mahkota Pengiran Muda Haji Al-Muhtadee Billah. Di sela-sela kunjungan ke masjid tersebut kamu bisa meluangkan waktu ke Gadong Market, Kampung Ayer, Jembatan Raja Isteri Pengiran Anak Hajah Saleha, Museum Brunei, Royal Regalia Museum, Pasar Tamu Kianggeh serta kuliner di Tamu Kianggeh. Jika memang masih ada sedikit waktu bisa pergi juga mampir untuk berfoto di depan Istana Brunei serta ke kawasan Jerudong dimana di kawasan tersebut ada pantai, pasar ikan serta arena bermain yang dikenal dengan nama Jerudong Park.


Apabila kamu hendak ke Taman Nasional Ulu Temborongnya juga maka tambahkan waktu 2 hari karena perjalananya cukup jauh dari pusat kota yaitu dengan perahu speed boat yang dilanjutkan dengan bus kemudian dilanjutkan lagi dengan perahu kayu kecil untuk masuk ke dalam taman nasional Ulu Temburong. Apabila kamu mau overland ke negara Malaysia juga seperti ke Serawak atau Sabah maka minimal luangkan waktu 5 hari. Jika kamu mau mengunjungi keduanya maka minimal luangkan waktu 8 hari untuk bisa ke Serawak Malaysia, Brunei Darussalam dan Sabah Malaysia. Untuk detailnya kami tulis dalam artikel terpisah ya, baca disini untuk membaca Rute Overland menjelajah Borneo dan Brunei Darussalam.




3. Rekomendasi rute overland di Brunei Darussalam.

Keberadaan Brunei Darussalam yang diapit oleh dua Negeri Malaysia yaitu Sarawak dan Sabah membuat kamu memiliki pilihan untuk berkunjung ke kota tersebut. Saya sendiri pernah melewati perbatasan kedua negara tersebut melalui jalur darat yaitu dengan rute Bandar Seri Begawan ke Kota Kinabalu di Sabah Malaysia melewati beberapa pintu imigrasi serta dengan rute Bandar Seri Begawan ke kota Miri di Serawak Malaysia. Ada beberapa rekomendasi rute lainnya yang bisa kamu coba yang tentunya bisa disesuaikan dengan ketersediaan waktu dan budget yang kamu miliki. Untuk detailnya kami tulis dalam artikel terpisah ya, baca disini untuk membaca Rute Overland menjelajah Borneo dan Brunei Darussalam dan Panduan untuk ke Taman Nasional Ulu Temburong.



4. Hunting tiket pesawat ke Brunei Darussalam

Apabila kamu hanya berencana berkunjung ke Brunei Darussalam saja maka kamu dapat memesan tiket dengan tujuan ke Brunei Internasional Airport di Bandar Seri Begawan. Untuk kamu yang tinggal di Jakarta bisa naik penerbangan langsung dari Jakarta, Surabaya dan Bali ke Brunei Darussalam dengan Royal Brunei Airlines. Untuk informasi pesawat ini adalah full service jadi harga tiket pesawatnya terbilang mahal. Alternatif tiket pesawat yang lebih murah yaitu kamu dapat naik pesawat dengan tujuan ke Kuala Lumpur Malaysia terlebih dahulu kemudian melanjutkan perjalanan dari Kuala Lumpur ke Brunei Darussalam. Dengan penerbangan transit seperti ini kamu dapat menghemat lebih dari setengah harga tiket langsung ke Brunei Darussalam. Metode transit ini juga bisa kamu pakai untuk kamu yang tidak tinggal di Jakarta, Surabaya dan Bali.

Untuk penerbangan transit terlebih dahulu ke Kuala Lumpur Malaysia dari kota terdekat kamu bisa naik maskapai penerbangan yang sesuai dengan waktu keberangkatan serta harga tiket yang masuk budget kamu dengan pilihan AirAsia, Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Malindo, Malaysia Airlines, KLM atau maskapai penerbangan lainnya. Untuk penerbangan lanjutan dari Kuala Lumpur ke Brunei Darussalam pilihan jika diurutkan dari harga tiket termurah yaitu AirAsia, Malaysia Airlines dan Royal Brunei.


Berapa budget untuk tiket pesawat ke Brunei Darussalam? Semua tergantung dari kota mana kamu berangkat dan apakah harga tiket yang kamu peroleh adalah harga promo atau normal. Untuk kamu yang memiliki budget terbatas rasanya ikut hunting tiket promo adalah salah satu jalan menuju ke Brunei Darussalam. Tiket promo dapat kamu dapatkan baik promosi yang diadakan online di website maskapai penerbangan maupun di event-event atau travel fair tertentu. Apabila kamu memiliki waktu lebih rasanya dapat mempertimbangkan Air Asia, salah satu maskapai berbudget rendah favorit kami yang kerap memberikan tiket promo. Untuk pilihan moda transportasi lainnya secara detailnya akan kami jabarkan di point berikutnya ya.





5. Mencari Penginapan di Brunei Darussalam

Jika kamu liburan ke Brunei Darussalam dengan jadwal yang fleksibel rasanya untuk mencari penginapan secara on the spot/ go show masih sangat mungkin, hal inilah yang pertama kali saya lakukan ketika pertama kali traveling ke Brunei Darusalam. Namun dari pengalaman saya sendiri bisa saya katakan tidak saya rekomendasikan karena terkadang pihak imigrasi di bandara menanyakan dan minta ditunjukan dimana kamu akan menginap selama di Brunei Darusalam. Melakukan pemesanan penginapan di Brunei Darussalam dari jauh-jauh hari adalah hal yang bijak sehingga dapat memastikan kamu memperoleh penginapan yang sesuai dengan selera kamu serta sesuai dengan budget yang kamu miliki.






Rekomendasi saya untuk mencari penginapan di Brunei Darussalam sebaiknya cari yang dekat kawasan tengah kota yang lebih dekat ke terminal bus Bandar Seri Begawan dan sekitar Masjid Ali Omar Saiffudin atau di kawasan bisnis seperti Gadong dan Kiulap yang jaraknya lebih dekat ke bandara internasional Brunei. Kalo kamu mencari penginapan paling murah di Brunei Darussalam tepatnya di kota Bandar Seri Begawan pengalaman saya hanya ada 3 tempat yaitu di KH Soon Resthouse, Joy Downtown Rest-Station dan Pusat Belia yang lokasinya sangat strategis dekat terminal bus Bandar Seri Begawan dan Pasar Tamu Kianggeh.

Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya kami sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Brunei, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral kami di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher hingga sebesar 40 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. Pengalaman kami ada beberapa host yang tinggal di Kampung Ayer yang menyewakan huniannya. Kalau kamu ingin merasakan tinggal seperti orang lokal maka menginap di Airbnb adalah jawabannya.

Saat di penginapan baiknya kamu meminta kartu nama yang tertulis alamat penginapan dengan jelas. Hal ini dapat kamu gunakan just in case kamu tersesat sehingga dapat memudahkan kamu pada saat bertanya kepada orang lain di jalan atau dengan supir taksi/ tuk-tuk untuk mengantarkan kembali ke penginapan.



6. Persiapkan Mata Uang Brunei Dollar atau Singapore Dollar.

Di Brunei menggunakan mata uang Brunei Dollar (BND), namun dalam keseharian lebih sering disebut dengan Ringgit. Nilai mata uangnya bisa dikatakan 1 BND = 1 Singapore Dollar. Klo di konversiin ke rupiah kira-kira Rp 9,800an - 10,000. Mengingat nilai mata uang rupiah yang makin jeblok (melemah hingga 1 USD masih bertahan diangka 13,000an), jika di konversi maka bisa biaya hidup di Brunei terbilang mahal untuk orang Indonesia. Untuk properti seperti biaya menginap bisa dikatakan hampir sama mahalnya dengan Singapore, tapi untuk biaya hidup makannya hampir sama murahnya dengan Malaysia. Di beberapa tempat umumnya juga menerima mata uang Singapore Dollar karena nilai tukarnya sama.

Beberapa hari sebelum keberangkatan ada baiknya kamu telah menukarkan uang rupiah dan membeli Brunei Dollar di money changer yang ada di dekat kota kamu. Hindari menukarkan uang di bandara karena umumnya nilai tukarnya sangat rendah. Jika tidak ada Brunei Dollar kamu juga dapat menukarkan ke Singapore Dollar. Dan baiknya jangan pernah berpikir juga untuk menukarkan uang Rupiah saat kamu tiba di Brunei Darussalam karena nilai tukar Rupiah itu kurang bagus bahkan tidak semua money changer di luar negeri yang mau menerima Rupiah.

Jika memang darurat tidak ada tau tidak sempat menukarkan uang rekomendasi kami kamu dapat menukar uangnya di Bandara Internasional Brunei Saja di Lantai atas bagian Departure. Kalao di pusat kota Brunei Darussalam kamu bisa menukar uang di dekat terminal bus Bandar Seri Begawan ada 2 money changer yang nilai tukarnya bagus. Di dekat ruko-roko pasar Gadong juga ada money changer uang Indonesia yang bagus yaitu yang lokasinya bersebelahan dengan restoran Indonesia.

Pastikan juga kamu menukarkan uang dengan jumlah yang cukup karena tidak semua tempat menerima kartu kredit. Gunakan kartu atm atau kartu kredit di Brunei Darussalam saat darurat saja karena umumnya nilai tukarnya kurang bagus atau terkena biaya administrasi tambahan.



7. Tiba di Brunei Lewat Jalur Udara (Brunei International Airport)

Jika kamu naik pesawat untuk masuk ke negara Brunei Darussalam maka sudah dapat dipastikan kamu akan mendarat di Brunei Internasional Airport karena ini adalah satu-satunya airport di negara ini. Bangunannya terbilang baru dengan desain yang modern. Ukurannya tidak terlalu besar tetapi nyaman untuk dikunjungi karena fasilitas seperti money changer, toko coklat, toko souvenir, minimarket dan tempat makan yang cukup beragam untuk memanjakan setiap pengunjung yang datang mulai dari kedai kopi Coffe Bean and Tea Leaf, Burger King, KFC dan ada sebuah restoran dengan cita rasa lokal bernama Anjung Saujana yang patut kamu coba.

Setibanya di Brunei Darussalam umumnya kamu harus melengkapi selembar formulir yang harus kamu isi sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk masuk ke negara Thailand. Pesan saya isilah semua kolom yang diwajibkan dengan lengkap mulai dari cara kedatangan, waktu kedatangan, keberangkatan maskapai yang dinaiki atau moda transportasi darat atau laut apa yang kamu gunakan. Ketika berhadapan dengan petugas imigrasi berlakulah yang sopan dan mudah diajak bekerja sama tanpa perlu panik atau takut yang berlebihan. Bila diajukan pertanyaan jawablah dengan sopan. Apabila kamu tidak bisa berbahasa Thailand gunakan saja bahasa inggris. Bila tidak bisa kedua bahasa itu tersenyumlah, karena senyum adalah bahasa universal yang dapat dimengerti oleh semua umat manusia.

Ikuti barisan antrean dengan tertib dan siapkan semua dokumen yang diperlukan yaitu paspor dan kartu imigrasi kedatangan dan keberangkatan yang telah kamu isi dengan lengkap. Agar dokumen tidak tercecer ada baiknya kamu menggunakan passport cover/ passport holder untuk menyimpan dokumen tersebut. Satu yang harus kamu ingat ketika giliran kamu hendak tiba selalu berdiri di belakang garis kuning/ garis pembatas sampai giliran kamu tiba dipanggil untuk menghampiri petugas imigrasi di loket tersebut.





8. Transportasi dari Bandara Internasional Brunei ke Pusat Kota

    Bisa dikatakan transportasi umum di Brunei Darussalam sangat terbatas. Untuk bus umum beroperasi hanya sampai jam 5-7 sore. Jika kamu mendarat pada malam hari maka mau tidak mau kamu harus naik taxi, itupun jumlahnya sangat terbatas. Naik bus umum dari bandara ke pusat kota pun cukup menantang dan melatih kesabaran karena interval waktu menunggu yang terkadang cukup lama antara 20-60 menit. Belum lagi rutenya yang belum tentu bisa mengantarkan kamu tepat sampai ke depan penginapan yang kamu incar. Apabila kamu hendak naik bus umum dari bandara Brunei Internasional maka naiklah bus berwarna hijau nomer 23/24 atau bus berwarna biru dengan nomer 34/38 dengan tujuan ke pusat kota Bandar Seri Begawan. Cara ini hanya cocok bagi kamu yang backpacker atau budget traveler yang memiliki waktu yang fleksibel.


    Alternatif terbaik yaitu dengan naik taksi dari bandara dengan ongkos fix yang telah ditetapkan oleh pengelola taksi disana yaitu 25 Brunei Dollar untuk tujuan ke Pusat kota, 15 Brunei Dollar jika hendak ke area Gadong, 25 Brunei Dollar jika tujuannya ke daerah Jerudong seperti Jerudong Park dan the Empire Hotel & Country Club yang merupakan hotel termewah di Brunei Darussalam.

    Tips dan rekomendasi dari kami ada sebagian hotel yang memberikan jasa pick up and drop / shuttle service gratis dari bandara ke penginapan dan sebaliknya. Jadi sebelum memesan penginapan di sebuah hotel coba cek kembali apakah penginapan kamu memberikan pelayanan antar jemput gratis dari bandara. Kamu juga bisa memperhitungkan apabila hotel tempat kamu menginap cukup mahal kisaran 70 sampai 200 Brunei Doller tetapi mendapatkan pelayanan gratis antar jemput maka setidaknya kamu dapat menghemat sekitar 50 Brunei Dollar untuk biaya taksi dari bandara dan masih worth it untuk dipesan khususnya apabila tujuan kamu ke Brunei Darussalam untuk liburan bersama keluarga, anak atau orang tua.



9. Transportasi Umum di Brunei Darussalam

    Brunei Darussalam tidak memiliki transportasi berbasis rel seperti kereta api, MRT, LRT, Mororail, untuk transportasi umum di jalan raya hanya ada bus umum yang waktu beroperasinya hanya sampai magrib. Interval waktu bus nya pun kisaran 30-60 menit. Yang naik angkutan umum biasanya pendatang atau imigran karena orang lokal rata-rata punya mobil pribadi, masing-masing keluarga umumnya punya lebih dari satu mobil. Ada sih taksi tapi umumnya hanya mudah ditemukan di bandara, di jalan raya sangat jarang dan anggap saja tidak ada. sampai tulisan ini dibuat (2018) disini tidak ada transportasi online seperti Uber, Grab, Gojek juga, tapi kamu bisa mencoba transportasi online namanya Dart yang beroperasi di negeri ini, itupun jumlahnya sangat jarang.

    Apabila kamu hendak keliling dan berwisata di Brunei Darussalam sebenarnya kamu dapat mengandalkan bus umum yang hampir menjangkau ke semua tempat strategis dan tenpat-tempat wisata di Bandar Seri Begawan, namun harus sedikit sabar saja saat menunggu kedatangan bus umumnya. Cara paling nyaman yaitu dengan menyewa kendaraan yang dapat membawa kamu untuk berkeliling Bandar Seri Begawan.


        Kalau transportasi sungai ada perahu untuk sekedar menyebrang ke kampung-kampung yang berjarak dekat yang berada di tepi sungai seperti dari Bandar Seri Begawan ke Kampung Ayer atau jarak jauh untuk pergi ke distrik lain, misalnya pergi ke Temburong dan distrik-distrik lainnya.



10. Daftar Masjid Yang Patut kamu kunjungi di Brunei Darussalam

Ada beberapa masjid di pusat kota Bandar Seri Begawan yang memiliki arsitektur yang indah dan megah yang patut kamu kunjungi ketika liburan ke negeri ini. Masjid tersebut diantaranya adalah Masjid Ali Omar Saefuddin, Masjid Jame’ Asr Hassanil Boldiah, Masjid Ash Shaliheen serta Masjid Duli Pengiran Muda Mahkota Pengiran Muda Haji Al-Muhtadee Billah.

Untuk informasi lebih lengkapnya bisa baca artikel kami ini ya. 4 Masjid Terindah di Pusat Kota Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.








11. Mal dan Pusat Perbelanjaan di Brunei Darussalam

 Di Brunei Darussalam kehidupannya sudah cukup maju hal ini bisa kita lihat dengan adanya beberapa pusat perbelanjaan yang ada di Bandar Seri Begawan. Area perbelanjaan yang patut kamu kunjungi di Brunei diantaranya Gadong Mall, Airport Mall, Wawasan Mall, Seri Qlap Mall serta beberapa supermarket Hua Ho yang dapat kamu kunjungi. Di sekitar area tersebut bisa dijumpai beragam tempat makan baik franchise ternama maupun restoran lokal. Satu hal yang perlu kamu catat jangan berekspektasi malnya itu sangat besar dan ramai seperti kota-kota besar pada umumnya ya karena dari pengalaman kami tinggal di Brunei Darussalam kondisi mall nya cenderung sepi dan hanya ramai di saat weekend saja.



12. Berkunjung ke Kampung Ayer

Tempat yang wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke Negara Brunei Darussalam tentu saja ke Kampung Ayer yang terletak di Bandar Seri Begawan. Kampung ini merupakan kampung air terbesar di Asia yang juga merupakan salah satu jalur perdagangan terpenting di Borneo. Tidak kurang dari 30,000 penduduk tinggal dalam beberapa daerah di perkampungan ini. Sebagian besar kehidupannya dilakukan diatas air dengan menggunakan perahu dimana daerah ini dikelilingi sungai diantara bangunan dan jembatan kayu. Tempat ini dijuluki juga sebagai Venice Timur karena menyerupai Venice di Itali, bedanya bangunan-bangunan di perkampungan ini sebagaian besar terbuat dari kayu dan sebagian besar lainnya sudah dibuat dengan beton dan semen.


Untuk bisa mencapai tempat ini kita bisa naik perahu dari beberapa dermaga yang ada di pusat kota Bandar Seri Begawan. Untuk sekedar menyebrang dengan perahu ongkosnya yaitu 1 Dollar Brunei sekali jalan. Apabila kamu hendak minta diantar berkeliling Sungau Brunei dan berkunjung ke beberapa spot di sekitar Kampung Ayer maka kamu dapat membayar sekitar 20-40 Brunei Dollar tergantung seberapa lama dan seberaja jauh destinasi yang hendak kamu tuju.



13. Berkunjung ke Jembatan Raja Isteri Pengiran Anak Hajah Saleha

    Ada salah satu ikon baru di Bandar Seri Begawan yaitu sebuah jembatan bernama Jembatan Raja Isteri Pengiran Anak Hajah Saleha yang baru saja selesai dibangun pada tahun 2017. Jembatan ini menghubungkan jalan dari Kota Batu ke arah Kampung Ayer. Kamu bisa menikmatinya ketika berkunjung ke Kampung Ayer aatau ketika berjalan di Riverwalk dari arah Wasasan Mall hingga ke jembatan ini. Kabarnya jembatan ini adalah jembatan yang menggunakan single pylon cable kedua terpanjang di dunia. Yang menjadi ciri khas jembatan ini adalah di bagian atas towernya terdapat sebuah kubah berwarna emas dengan diameter 8.7 meter dan berat 8.5 ton yang mencirikan bahwa Brunei Darussalam adalah negara kerajaan yang berlandaskan syariat islam. Jembatan ini adalah salah satu bangunan tertinggi di Brunei selain gedung Kementrian Kewangan dan Minaret masjid Jame Asr’ Hassanil Bolkiah.




14. Pasar Tradisional di Brunei Darussalam

Dari pengalaman kami tinggal disini ada 3 tempat pasar tradisional yang patut kamu kunjungi jika kamu hendak menyelami lebih dalam kehidupan penduduk setempat di Brunei Darussalam. Pasar tradisional pertama yaitu Tamu Kianggeh yang lokasinya dekat dengan Terminal Bus Bandar Seri Begawan dan bisa diakses juga dengan perahu speed boat jika kamu dari Kampung Ayer. Kelebihan Di Tamu Kianggeh kamu bisa menemukan beragam sayuran dan buah-buahan khas Kalimantan serta makanan/ kuliner yang bisa kamu coba. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pasar ini yaitu dari pagi ke siang hari saja.




Pasar kedua yaitu tentu saja Gadong Market yang terletak tidak jauh dari kawasan pusat berbelanjaan Gadong Market dan sederaten ruko-ruko. Kelebihan di pasar Gadong selain bisa menemukan beragam buah kamu juga bisa menjajal beragam kuliner yang lebih lengkap dari pasar lainnya. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Gadong Market yaitu pada sore ke malam hari. Satu lagi pasar tradisional yang patut kamu kunjungi yaitu Jerudong Market yang lokasinya di tepi Pantai Jerudong. Kelebihan pasar ini kamu bisa melihat beragam tangkapan laut yang segar dan murah. Di tempat ini juga bisa ditemukan beragam sayuran dan buah-buahan khas Kalimantan yang patut kamu coba.



15. Bus Antar kota dan negara di Brunei Darussalam

    Untuk bus antar kota di Brunei Darussalam seperti tujuan ke Tutong, Lumut atau Seria umumnya berangkat dari terminal bus yang ada di pusat kota Bandar Seri Begawan yang letaknya di dekat Jalan Cator tidak jauh dari Kampung Ayer, Wawasan Mall, Tamu Kianggeh dann Masjid Ali Omar Saefuddin. Sedangkan untuk bus keberangkatan ke luar negara seperti ke Kota Kinabalu Sabah Malaysia, ke Miri atau Kuching di Serawak Malaysia hingga bus Damri dan SJS Express ke Pontianak Indonesia tempat pemberhentiannya ada di jalan Mc Arthur yang lokasinya tepat di pinggir sungai Brunei tempat dimana banyak orang menyebrang ke Kampung Ayer. Patokannya tepat di seberang Picollo Cafe atau sederetan dengan Surau/ Musholla Haji Abas Sulaiman.



16. Bus Damri dari Bandar Seri Begawan Brunei Darussalam ke Pontianak Indonesia

    Apabila kamu hendak ke Indonesia atau sebaliknya terdapat bus Damri antar negara yang melayani rute dari Pontianak Indonesia ke Bandar Seri Begawan melewati Kuching dan Miri Serawak Malaysia. Selain Damri alternatifnya yaitu bus SJS Express yang juga melayani rute yang sama dari Bandar Seri Begawan dengan tujuan akhir ke Pontianak Indonesia dan sebaliknya. Ongkos sekali jalan untuk naik bus ini yaitu 80 Dollar Brunei dengan lama perjalanan sejauh 1200 kilometer atau sekitar 26 jam. Apabila naik bus ini kamu akan merasakan sensasi 2 kali melewati pintu perbatasan yaitu di Suria Brunei - Miri Malaysia dan Perbatasan Kuching Malaysia masuk ke Kalimantan Barat Indonesia.



Untuk jadwal keberangkatan bus Damri dari Brunei Darussalam yaitu setiap hari pada jam 4 sore dengan ongkos sekali jana sebesar 80 Brunei Dollar. Untuk jadwal keberangkatan SJS Express yaitu setiap hari Selasa, Kamis dan Minggu pada jam 14:30 sore dari Bandar Seri Begawan. Kalau kamu dari arah sebaliknya dari Pontianak bus SJS Express berangkat setiap hari senin, rabu dan sabtu pada jam 7:30 pagi. Bisa dikatakan bus yang memiliki kapasitas 28 penumpang ini memiliki fasilitas yang terbilang cukup layak karena dilengkapi dengan AC dan toilet. Di perjalanan ini bus akan 3 kali berhenti diantaranya di Miri dan Kuching Serawak Malaysia untuk transit dan termasuk istirahat untuk makan.

   

17. Transportasi umum dari Bandar Seri Begawan Brunei ke Pulau Labuan, Malaysia

    Apabila dalam satu rangakaian perjalanan kamu di Brunei hendak pergi ke Labuan Malaysia juga baik yang terus melanjutkan perjalanan ke Kota Kinabalu maupun tidak maka transportasi umum yang dapat kamu pilih dari pusat kota Bandar Seri Begawan yaitu naik bus umum berwarna biru dengan nomer 37, 38 dan 39 dengan tujuan ke Pekan Muara dan Serasa Ferry terminal. Ongkosnya yaitu 1 Brunei Dollar sekali jalan. Estimasi perjalanan yaitu sekitar 1-2 jam tergantung waktu tunggu bus umumnya karena intervalnya terbilang sangat jarang. Kabarnya ada bus langsung dengan ongkos 2 Brunei Dollar tapi sepanjang pengalaman kami tinggal disana belum pernah naik dan mendapatkan info lebih lengkap tentang bis tersebut. Sesampainya dari Serasa Ferry terminal kemudian dilanjutkan dengan naik ferry dengan ongkos 15 Brunei Dollar ditambah 2 Brunei Dollar untuk terminal tax.





18. Bus dari Bandar Seri Begawan Brunei ke Kota Kinabalu Malaysia

    Apabila dalam satu rangkaian perjalanan kamu di Brunei hendak pergi ke Kota Kinabalu juga maka ada 3 cara yang dapat kamu tempuh yaitu naik pesawat dari Brunei Darussalam ke Kota Kinabalu, kemudian cara kedua yaitu naik bus ke Serasa Ferry terminal untuk naik ferry ke pulau Labuan dan selanjutnya melanjutkan ferry ke Kota Kinabalu atau cara ketiga yaitu jalur darat dari Brunei Darussalam ke Kota Kinabalu dengan bus Sipitang Express/ Jesselton Express dengan lama perjalanan sekitar 8 jam.



Bus berangkat setiap hari pada jam 8 pagi dari tempat pemberhentian bus yang ada di jalan Mc Arthur yang lokasinya tepat di pinggir sungai Brunei tempat dimana banyak orang menyebrang ke Kampung Ayer. Patokannya tepat di seberang Picollo Cafe atau sederetan dengan Surau/ Musholla Haji Abas Sulaiman. Bus akan melewati perbatasan Limbang Serawak Malaysia dan Lawas Serawak Malaysia dengan estimasi sampai Kota Kinabalu pada jam setengah lima sore. Harga tiket bus nya yaitu 45 Brunei Dollar sekali jalan.



19. Rekomendasi tempat makan/ kulineran, Cafe dan Restoran di Brunei Darussalam.

    Ada beberapa tempat makan yang patut kamu kunjungi ketika kamu berkunjung ke Brunei Darussalam diantaranya Gadong Market yang mulai buka pada sore ke malam hari, Tamu Selera yang buka dari siang hingga malam hari, Tamu Kianggeh yang buka pada pagi ke sore hari, Food court di dekat Jerudong Park yang buka dari siang ke malam hari, kawasan pertokoan di Gadong dan Mal Gadong serta kawasan pertokoan di Kiulap.

    Di pusat kota Bandar Seri Begawan kami sempat mencoba beberapa Cafe dan Restoran lokal yang akan kami rekomendasikan untuk kamu kunjungi disini diantaranya Babu Kitchen yang lokasinya tidak jauh dari Terminal bus Bandar Seri Begawan, kemudian tidak jauh dari terminal ini ada beberapa warung makan Indonesia yang lokasinya tepat di seberang Brunei Hotel, di seberang terminal serta di lantai atas terminal bus. Untuk Cafe lokal yang dapat kami rekomendasikan yaitu Picollo Cafe yang letaknya di jalan MC Arthur atau di sederetan Mal Wawasan yang lokasinya juga tidak jauh dari Terminal bus Bandar Seri Begawan.





    Untuk Cafe atau Restoran yang ada di kawasan Kiulap kami bisa merekomendasikan yaitu ada Thien Thien Chicken rice yang menjual nasi ayam dan mie yang enak sekali, kemudian ada My Place Cafe yang menyajikan menu melayu dan western serta Restoran Le Taj yang menyajikan menu Asia tengah dan Middle east. Masih di kawasan yang sama di sekitar jalan Komersil Kiulap terdapat Restoran Big Papa dan Cafe Balcony yang tempatnya asik sekali untuk nongkrong sambil ngopi. Kalau di kawasan pertokoan Kiulap tepatnya di seberang Hua Ho supermarket ada Restoran Serii Balai, Restoran Aminah Arif dan Restoran Nasta’een yang juga patut kamu coba.

    Untuk kawasan Gadong pastinya jangan dilewatkan untuk mencoba kopi dan roti di toko Chop Jing Chew yang legendaris di Brunei Darussalam. Untuk makan beratnya sangat kami sarankan untuk ke Old Kopitiam yang juga berada di kawasan yang sama yaitu Jalan Gadong. Kalau kamu berada di sekitar Gadong Mall terdapat beberapa tempat makan yang enak yaitu restoran Oslam, Chatterbox Kopitiam serta ada juga restoran Indonesia bernama Pondok Sari Wangi.

    Untuk tempat makan di sekitar Kampung Ayer dan Kota Batu ada sebuah restoran bernama Tarindak D’seni yang menawarkan menu all you can eat dimana kamu bisa mencoba beragam makanan khas lokal di satu tempat. Satu tempat lagi yang bisa saya rekomendasikan yaitu Soto Pabo yang warungnya terletak di tepi sungai Brunei. Semua tempat makan diatas adalah murni rekomendasi dari tempat-tempat makan yang pernah kami coba selama tinggal di Brunei Darussalam ya, review yang jujur dengan selera lidah kami sendiri. Untuk detailnya akan kami sharing dalam artikel terpisah ya.





20. Makanan khas dan wajib dicoba saat di Brunei Darussalam

    Dari semua tempat makan diatas ada 3 makanan di Brunei yang wajib kamu coba yaitu Nasi Katok yang bisa kamu beli di Warung nasi Katok Mama yang lokasinya tidak jauh dari terminal bus Bandar Seri Begawan atau tepat di seberang Burger King. Nasi katok ini sebenarnya hanya nasi putih dengan ayam goreng kemudian dikasih sambal. Nah yang khas ini adalah sambalnya yang menurut kami sangat lezat dan bikin nagih!. Harganya pun murah yaitu hanya 1 Brunei Dollar saja.



    Makanan kedua yaitu Ambuyat, makanan khas Brunei Darussalam. Kalo di Maluku dan Papua bubur sagu ini dikenal dengan nama Papeda. Paling enak memang disajikan dengan ikan dan sambal. Untuk bisa mencoba Ambuyat ini kamu dapat beli di Restoran Aminah Arif di Kiulap, Tarindak D’seni atau di restoran Mangrove Resort. Harganya kisaran 15-30 Brunei Dollar per paketnya yang sudah disajikan lengkap dengan beragam lauk dan sambal untuk dinikmati bersama-sama.

    Satu lagi menu yang patut kamu coba yaitu Indomie Penyet, Ya saya ngga bercanda tapi makanan ini enak banget! hahaha. Yang perlu kamu ketahui orang Brunei sangat suka Indomie asal indonesia, dan karena banyak juga imigran dari Indonesia disini ayam penyet pun disukai oleh penduduk setempat. Menu Indomie penyet bisa kamu jumpai baik Tamu Selera maupun di Cafe salah satunya di My Place Cafe Kiulap.



21. Mangrove Resort di Brunei Darussalam

    Jika kamu hendak merasakan tinggal di sebuah hotel di Brunei dengan sensasi yang berbeda dari hotel pada umumnya maka kamu dapat mencoba untuk menginap di Mangrove Resort yang lokasinya ada di Jalan Kota Batu atau dapat ditempuh sekitar 20 menit dari pusat kota Bandar Seri Begawan. Penginapan ini cocokk untuk kamu yang ingin merasakan keheningan dan kedamaian yang jauh dari hiruk pikuk kebisingan kota besar. Sensasinya ketika kamu menginap disini bisa menikmati kehidupan bersahaja di pesisir Sungai Brunei, menikmati matahari terbit dan terbenam dari balkoni penginapan yang langsung menghadap ke sungai serta menikmati beragam sajian kuliner serta hidangan laut yang segar di restoran Mangrove Resort.



22. Hotel termewah di Brunei Darussalam

    Di kawasan Jerudong terdapat sebuah hotel mewah bernama The Empire Hotel & Country Club. Di penginapan yang mewah ini memiliki beragama fasilitas mulai dari hotel dengan kamar yang mewah, kolam renang, golf, spa, ruang meeting dan konferensi serta restoran. Untung menginap di hotel ini kamu harus merogoh kocek mulai dari 270 Brunei Dollar hingga 2000 Brunei Dollar tergantung tipe kamar. Keunggulan menginap di tempat ini kamu dapat menikmati dekorasi hotel yang mewah dan pemandangan laut yang mempesona khususnya disaat matahari terbenam tiba.



23. Pantai di Brunei Darussalam

Dari pengalaman kami ada beberapa pantai di Brunei Darussalam yang jaraknya masih mudah diakses dari pusat kota Bandar Seri Begawan diantaranya Pantai Jerudong, Pantai Serasa, Pantai Muara, dan Pantai Tungku. Sebagai informasi untuk kamu pantai di Brunei umumnya sangat sepi apabila dikunjungi di hari biasa. Untuk akhir pekanpun umumnya baru mulai sedikit ramai dari sore menjelang ke magrib saja.

Pantai Jerudong umumnya dikunjungi bagi penduduk setempat yang hendak berbelanja hasil tangkapan laut yang segar di Pasar Jerudong. Untuk Pantai Tungku yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Jerudong bisa dikatakan pantai untuk piknik keluarga karena ada beberapa warung dan arena permainan yang bisa dicoba ketika berkunjung disini. Di pantai ini juga khususnya pada sore hari ada komunitas pecinta surfing yang berlatih dan bermain surfing di pantai ini. Untuk Pantai Serasa dan Pantai Muara karena lokasinya sedikit lebih jauh ke pinggir kota umumnya suasananya lebih sepi. Dari dua pantai ini Pantai Serasa memliki fasilitas yang lebih lengkap diantaranya warung penjual makanan serta tempat bermain anak / playground.





24. Taman dan Arena bermain di Brunei Darussalam

Satu-satunya Theme Park dan Waterpark yang ada di Brunei Darussalam yaitu di Jerudong Park. Lokasinya ada di kawasan Jerudong dan bisa dikatakann sangat sulit untuk diakses dengan bus umum. Sebenarnya ada bus umum nomer 55, 56, 57, 58 namun kesulitannya bagi kamu yang ingin sampai malam akan sulit untuk mencari transport untuk kembali ke tengah kota karena umumnya bus hanya beroperasi sampai jam 6 sore saja. Tidak ada pilihan lain selain menyewa kendaraan untuk antar jemput atau menyetir sendiri.


Yang perlu kamu ketahui Jerudong Park hanya buka di hari Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu. Untuk hari kamis dan jumat arena permainan hanya buka dari jam empat sore sampai jam setengah sebelas malam saja, sedangkan untuk akhir pekan sabtu dan minggu tempat ini buka dari jam 10 pagi hingga jam setengah sebelas malam. Di jam-jam sholat arena permainan akan ditutup sementara untuk istirahat sholat. Biaya masuknya untuk untuk non residen dewasa usia 12-59 tahun yaitu 20 Brunei Dollar, untuk non residen anak-anak usia 3-11 tahun yaitu 10 Brunei Dollar, untuk senior diatas 60 tahun yaitu sebesar 5 Brunei Dollar dan sedangkan anak dibawah 3 tahun gratis.



25. Bahasa Sehari-hari di Brunei Darussalam


Untuk bahasa percakapan di Brunei Darussalam umumnya menggunakan bahasa Melayu dan English. Jika kamu tidak bisa berbahasa Inggris maka tenang saja kamu bisa menggunakan bahasa Indonesia yang umumnya mereka pun paham dan mengerti karena bisa saya katakan bahasa melayu di Brunei Darussalam lebih mirip dengan bahasa Indonesia dibandingkan bahasa melayu ke Semenanjung Malaysia. Ketika berkomunikasi pergunakan bahasa tubuh yang baik dan selalu ingat tersenyum yang merupakan bahasa universal yang dapat dimengerti oleh semua bangsa.   



26. Etika Berpakaian di Brunei Darussalam

Walaupun Brunei Darussalam menerapkan syariat islam namun negeri ini tidak mewajibkan setiap perempuan yang datang ke kota ini menggunakan kerudung seperti halnya di Aceh, Indonesia. Namun ketika kamu berkunjung ke Brunei Darussalam di hari dimana kamu berencana mengunjungi masjid-masjid nya sebaiknya kenakan pakaian yang sopan saat mengunjungi masjid tersebut sebagai bentuk menghormati dan menghargai umat islam yang sedang beribadah di tempat itu. Sebelum masuk masjid wajib untuk menanggalkan alas kaki untuk menjaga kebersihan dan sebagai bentuk penghormatan terhadap tempat ibadah yang kita singgahi. Untuk kamu yang muslim tentu saja baiknya mengambil air wudhu untuk membersihkan diri dan melakukan sholat.


Sedangkan jika kamu berkunjung ke tempat lain tidak ada peraturan tentang pakaian, namun berhubung berada di negara islam kami sangat merekomendasikan untuk mengenakan pakaian yang sopan sepanjang hari khususnya ketika kamu berada di luar.

  



27. Mengikuti Open Trip di Brunei Darussalam

    Dari pengalaman dan sepanjang sepengetahuan kami ada beberapa open trip yang atau private trip yang bisa kamu ikuti ketika berada di Brunei Darussalam. Umumnya paket trip ini bisa kamu pesan di penginapan tertentu saja seperti di KH Soon Resthouse dan Joy Downtown Rest-Station yang pernah kami lihat bekerja sama juga dengan travel setempat untuk menjual paket trip ke Ulu Temburong National Park, open trip untuk berkeliling hutan bakau di sekitar Kampung Ayer atau layanan private trip untuk keliling pusat Bandar Seri Begawan atau ke Miri National Park di Sarawak Malaysia. Untuk penginapan lain umumnya hanya membantu private trip saja karena bisa dibilang pariwisata disini belum terlalu maju dan terkelola seperti halnya negara Asean yang lain.




28. Cuaca di Brunei Darussalam

Di Brunei Darussalam memiliki cuaca yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia yaitu ada musim hujan dan musim kemarau. Jadi carilah informasi di website ramalan cuaca sepert accu weather untuk mengetahui prakiraan cuaca di tanggal keberangkatan kamu serta kota tujuan kamu agar dapat mempersiapkan pakaian yang sesuai. Jika berpotensi hujan maka persiapkanlah membawa payung atau jas hujan.



29. Paket Internet dan Nomer Lokal Brunei Darusssalam

Di Brunei Darussalam hanya ada 2 provider telekomunikasi selular yaitu DST Com Progresif. Kedua-duanya adalah perusahaan milik pemerintah setempat. Saya sendiri sudah pernah mencoba keduanya dan bisa dikatakan kedua provider ini sama-sama memiliki kualitas jaringan yang sama baiknya. Perbedaannya dari sepengetahuan kami untuk membeli kartu DST Com kamu harus membayar sekitar 25 Brunei Dollar ditambah 10 Brunei Dollar untuk daftar paket internetnya. Membeli kartu dan pemdaftaran hanya bisa di konter resmi DST. Sedangkan progresif pada saat masa promosi pernah menawarkan promo gratis biaya kartu.

Apabila kamu ada rencana ke Taman Nasional Ulu Temburong terakhir saya kesana hanya ada sinyal Progresif saja. Apabila kamu hendak berminat untuk membeli kartu lokal bisa membeli di bandara Internasional Brunei tepat sebelum pintu keluar di kedatangan. Kalau kamu hanya sebentar rasanya cukup sayang harus menghabiskan ratusan ribu rupiah, jika ingin menghemat kamu bisa mengandalkan wifi di cafe-cafe, penginapan atau restoran yang umumnya menyediakan fasilitas free wifi.




30. Tempat wisata Belanja & Oleh-Oleh di Brunei Darussalam

Salah satu budaya orang Indonesia kurang lengkap rasanya apabila tidak berbelanja di negeri Brunei Darussalam dan membawa oleh-oleh ketika pulang. Untuk mencari oleh-oleh di Brunei Darussalam khususnya mencari semacam souvenir saya sarankan belilah di pertokoan Gadong yang ada di seberang Gadong Mall. Selain itu ada juga sebuah toko di seberang di jalan Mc Arthur yang lokasinya tepat di pinggir sungai Brunei tempat dimana banyak orang menyebrang ke Kampung Ayer. Patokannya tepat di sederetan Picollo Cafe dan Wawasan Mall atau berseberangan dengan Surau/ Musholla Haji Abas Sulaiman.



Salah satu rekomendasi saya yaitu ada sebuah kerajinan tangan khas Brunei Darussalam yaitu kristal dengan beragam bentuk menarik dan sebagian diantaranya adalah produk-produk yang bercirikan/ khas negara Brunei. Kristal tersebut adalah produksi dari Mahkota Crystal yang bisa langsung dibeli di pabriknya di Lambak Kanan Industrial Site, Berakas, Brunei Muara BB2915, Brunei Darussalam. Pada jam tertentu kamu juga bisa melihat cara pembuatannya secara langsung. Jika kesana salamkan ke bos atau marketingnya ya, kali aja mereka masih ingat saya karena saya pernah mengerjakan sebuah proyek IT di perusahaan tersebut.



Semoga tips jalan-jalan liburan untuk kamu yang hendak ke Brunei Darussalam bermanfaat.  Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang destinasi wisata di Brunei Darussalam yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini. Salam Pejalan.


Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and tiktok @travelographers
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.