Tuesday, December 19, 2017

25 Tips & Panduan Jalan-Jalan Liburan Pertama Kali ke Cambodia/Kamboja



Refleksi keindahan Angkor Wat menjelang matahari terbit
Kalau tidak karena Lara croft  dalam game dan film hollywood yang melegenda Tomb Raider, mungkin rasanya negara Kamboja ini akan kurang dikenal dibandingkan dengan negara-negara Asean lainnya. Dalam game dan film yang diperankan Angelina Jolie tersebut terdapat sepenggal kisah di candi tua yang eksotis yang bernama Ta Prohm yang telah sukses menyihir jutaan orang untuk mengunjungi Angkor di Cambodia. Keunikan dan eksotisme candi Ta Prohm yang dijadikan sebagai latar pengambilan gambar film itu yaitu adanya pohon-pohon besar seperti pohon bayan, pohon randu dan pohon fig yang tumbuh di sekitar candi. Pohon-pohon tesebut menghadirkan kesan tua dan mistis pada candi yang berada di kompleks Angkor Wat, Siemriep Cambodia ini.
Selain terpesona dengan candi Ta Prohm dan kemegahan komplek Angkor  Archeological Park, alasan lain yang membuat negara Kamboja masuk dalam daftar negara yang patut dikunjungi yaitu di ibukotanya kita bisa melihat dan mempelejari sejarah kekejaman rezim Pol Pot disaat Khmer Merah berkuasa. Alasan lainnya yaitu karena negara ini mudah diakses melalui jalur darat baik dari Vietnam maupun Thailand yang menjadi jalur favorit para wisatawan.

Kamboja memiliki 2 kota yang paling populer untuk dijelajahi yaitu kota Phnom Penh dan Siem Riep. Apabila kamu hendak ke Kamboja berikut kami sharing tips dan panduan Jalan Jalan Liburan ke Kamboja khususnya bagi kamu yang pergi tanpa travel agent. Semoga tips dan panduan yang dapat saya berikan dapat membuat  liburan kamu menjadi lebih menyenangkan dan terencana mulai dari mendarat di negara Kamboja hingga hendak terbang keluar atau melewati perbatasan ke negara lain.

1.      Buatlah Paspor
Untuk kamu yang belum pernah keluar negeri dan belum memiliki paspor tentu saja harus membuat paspor terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Kamu bisa membuat passport dengan pengajuan secara prosedur normal atau dengan prosedur pengajuan online. Apa saja cara persyaratannya? Untuk detailnya kamu dapat membaca tautan berikut.
Untuk kamu yang sudah memiliki paspor pastikan masa berlaku paspor kamu saat tanggal keberangkatan ke Kamboja tidak kurang dari 6 bulan dari masa akhir berlakunya paspor kamu. Jika kurang dari 6 bulan segeralah lakukan perpanjangan paspor agar perjalananmu berjalan sesuai rencana dan tidak di deportasi oleh imigrasi saat mendarat di Kamboja atau saat sebelum terbang di bandara.



2.      Tentukan Tujuan
Kamboja memiliki 2 kota besar yang paling populer yaitu ibukotanya di Phnom Penh dan Siem Riep kota dimana komplek Angkor Archeological Park berada.  Destinasi mana yang akan kamu inginkan sangat berpengaruh dengan tiket pesawat tujuan mana yang sebaiknya kamu beli. Karena jika salah beli tujuan tentunya akan menyulitkan kita untuk menuju ke destinasi tersebut baik karena keterbatasan waktu maupun budget yang ada.
Jika tujuan kamu hanya untuk melihat keindahan arsitektur di kompekAngkor, menikmati sunrise yang indah di Angkor Wat dan menelurusi eksotisme candi Ta Phrom yang semakin dikenal karena masuk menjadi latar Tomb Raider maka Siem Riep adalah tujuan yang paling pas untuk dituju. Namun bila memiliki waktu lebih bisa juga mengunjungi 2 kota sekaligus yaitu ibukota Phnom Penh tempat dimana istana kerajaan berada serta mengunjungi kota Siem Riep. Dan jika kamu memiliki waktu panjang untuk menjelajah Kamboja bisa juga mempertimbangkan untuk mampir ke kota Sihanoukville yang memiliki pantai dan pulau yang indah. Detailnya akan kami sampaikan di point berikutnya.

Komplek Royal Palace ini berada di kota Phnom Penh, ibukota negara Kamboja
Wat Phnom ini berada di kota Phnom Penh, Kamboja
Toul Sleng Genocide Museum dan Killing fields tempat saksi bisu kekejaman rezim Khmer Merah ini berada di kota Phnom Penh, kamboja

Candi Ta Prohm, bisa diakses dari kota Siem Riep
Keindahan Matahari terbit di Angkor Wat ini bisa diakses dari kota Siem Riep

3.      Hunting Tiket Pesawat
Apabila kamu sudah menentukan tujuan/ kota mana yang dikehendaki hal yang harus kamu lakukan tentu saja mencari tiket ke Kamboja. Setau pengetahuan kami tidak ada penerbangan internasional yang langsung dari Indonesia jadi harus transit di Singapura, Kuala Lumpur, Ho Chi Minh City atau di Bangkok saja. Dari kota tersebut kamu dapat mencari penerbangan yang bisa mengantarkan kamu masuk ke negara Kamboja.
Alternatif lain apabila kamu memiliki waktu lebih dan budget yang cukup bisa dipertimbangkan untuk masuk Kamboja melalui jalur darat bisa melalui Ho Chi Minh city Vietnam kemudian dilanjutkan dengan perjalanan ke kota Phnom Penh dan Siem Riep, atau bisa juga dari Bangkok kemudian dilanjutkan dengan jalur darat menuju Siem Riep dan Phnom Penh. 

Pelajari Dulu Peta Cambodia Untuk Bisa Melihat Posisi Kota atau Destinasi
Yang Hendak Kamu tuju, klik untuk memperbesar petanya (courtesy)
Berapa budget untuk tiket pesawat ke Cambodia? Semua tergantung dari kota mana yang hendak kamu tuju dan apakah harga tiket yang kamu peroleh adalah harga promo atau  normal. Dari pengalaman kami transit di Kuala Lumpur umumnya lebih murah, khususnya apabila kamu mendapatkan tiket promo penerbangan baik yang kamu dapatkan melalui promosi yang diadakan online di website maskapai penerbangan maupun di event-event atau travel fair tertentu.  Apabila kamu memiliki waktu lebih rasanya dapat mempertimbangkan Air Asia, salah satu maskapai berbudget rendah favorit kami yang kerap memberikan tiket promo. Untuk pilihan moda transportasi lainnya secara detailnya akan kami jabarkan di point berikutnya ya.

4.      Buat Itinerary
Untuk mempersiapkan perjalananmu menjelajah negara Kamboja ada baiknya mempersiapkan itinerary perjalanan minimal secara gambaran umumnya agar kamu sudah tahu kemana saja destinasi yang dapat kamu tuju. Hal ini juga untuk membuat perhitungan jarak dari 1 kota ke kota lain yang hendak kamu tuju atau jelajahi. Point ini kami tulis karena dari pengalaman teman kami dimana karena salah memperhitungkan waktu sehingga dengan terpaksa harus menjejalah negara Kamboja dengan tergesa-gesa dengan alasan waktu yang tidak terbatas namun ingin mengunjungi semua tempat favorit di negara Kamboja. Sesungguhnya peta memang terlihat dekat namun waktu tempuh nya juga kita harus pertimbangkan seperti jadwal bus atau jadwal penerbangan yang menghubungkan destinasi yang kita tuju. 
"Selingan iklan"
Telah Terbit Buku Karya Saya Yang Berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina.
Telah terbit buku karya saya yang berjudul Overland. Penasaran bagaimana Trilogy buku ini? Baca Sinopsis lengkapnya disini : Buku Trilogy Overland - Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Sebuah memoar perjalanan jalur darat melintasi perbatasan 13 negara Asia Tenggara dan Daratan Cina.
Untuk teman-teman yang mau order atau tanya informasi detailnya boleh direct whatsapp ya +6287887874709. Bisa juga DM Instagram @travelographers,  beli di website Leutikaprio atau di link marketplace ini ya.
* Tokopedia
* Shopee
* Bukalapak


5.      Mencari Penginapan
Jika kamu backpackeran ke kamboja dengan jadwal yang fleksibel rasanya untuk mencari penginapan secara on the spot/ go show masih sangat mungkin, hal inilah yang kami lakukan saat traveling ke Kamboja yang baru mencari penginapan saat tiba di kota yang kamu singgahi. Namun jika tujuan kamu adalah berlibur bersama keluarga, teman atau pasangan dengan jadwal perjalanan yang pasti tentunya melakukan pemesanan penginapan dari jauh-jauh hari adalah hal yang bijak sehingga dapat memastikan kamu memperoleh penginapan yang sesuai dengan selera kamu serta sesuai dengan budget yang kamu miliki. Penginapan kami di bawah ini budgetnya mulai dari 5-10 USD permalam/perorang.

Salah satu penginapan kami selama singgah di kota Siem Riep
Suasana kamar tempat kami menginap di Siem Riep
Rekomendasi saya untuk mencari penginapan di Kamboja baiknya carilah yang dekat dengan akses ke transportasi umum seperti bus, tempat makan atau tempat wisata. Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya kami sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Kamboja, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral kami di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher sebesar 25 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. Tertarik? Yuk Daftar airbnb.com disini. Untuk rekomendasi penginapan per kota di kamboja nanti akan kami sharing pada point atau artikel selanjutnya yang disesuaikan dengan kota yang hendak kamu tuju.



6.      Persiapkan Mata Uang USD
Di Kamboja menerima 2 mata uang yaitu Cambodia Riel dan USD Dollar Amerika. Namun karena di Indonesia cukup sulit untuk menemukan tempat pertukaran uang Cambodia Riel maka saran kami beberapa hari sebelum keberangkatan ada baiknya kamu telah menukarkan uang rupiah dan membeli  USD (Dollar Amerika) di money changer yang ada di dekat kota kamu. Hindari menukarkan uang di bandara karena umumnya nilai tukarnya sangat rendah. Nanti sesampainya di Kamboja sebagian mata uang USD (Dollar Amerika) bisa ditukarkan di money changer.
Ingat sebagian kecil saja yang ditukar ke Riel karena untuk pembayaran penginapan, tiket bus, sewa tuk-tuk, tiket pintu masuk tempat wisata umumnya dihargai dalam mata uang USD. Uang Cambodia Riel bisa digunakan untuk membeli makanan saja di warung-watung atau restoran. Karena dari pengalaman kami kalau membayar dengan Riel terbilang lebih murah dibandingkan menggunakan USD.
Dan baiknya jangan pernah berpikir juga untuk menukarkan uang Rupiah saat kamu tiba di Kamboja karena nilai tukar Rupiah itu kurang bagus bahkan  rasanya sebagian besar money changer di luar negeri tidak mau menerima Rupiah. Pastikan juga kamu menukarkan uang dengan jumlah yang cukup karena tidak semua tempat menerima kartu kredit. Gunakan kartu atm atau kratu kredit di Kamboja saat darurat saja karena umumnya nilai tukarnya kurang bagus atau terkena biaya adminsitrasi tambahan.

7.      Bagaimana Dengan Visa?
Sesama anggota Asean negara Kamboja memberlakukan bebas visa terhadap warga negara Indonesia yang hendak berkunjung untuk berwisata. Bebas visa yang berlaku untuk orang Indonesia apabila kamu masuk melalui jalur darat maka kamu akan mendapatkan izin tinggal dengan batas maksimum 30 hari. Namun pengalaman teman kami terkadang ada saja pihak imigrasi yang memungut biaya tidak resmi pada saat melewati imigrasi baik di bandara maupun di imigrasi perbatasan jalur daratnya.

8.      Bandara Internasional di Kamboja
Ada dua bandara internasional di Kamboja yang menjadi pintu masuk wisatawan ke negara ini yaitu ke kota Phnom Penh dan bandara internasional di Siem Riep. Jika tujuan kamu hanya untuk melihat keindahan arsitektur di kompekAngkor, menikmati sunrise yang indah di Angkor Wat dan menelurusi eksotisme candi Ta Phrom yang semakin dikenal karena masuk menjadi latar Tomb Raider maka Siem Riep adalah tujuan yang paling pas untuk dituju. Namun bila memiliki waktu lebih bisa juga mengunjungi 2 kota sekaligus yaitu mendarat di ibukota Phnom Penh tempat dimana istana kerajaan berada kemudian terbang keluar dari kota Siem Riep, atau sebaliknya. 
Gerbang Pintu Keluar Bandara Internasional Phnompenh, Kamboja
Jika ingin mengunjungi kedua kota tesebut jangan cari penerbangan di bandara yang sama karena bujet untuk transportasi akan bertambah serta harus meluangkan waktu lebih untuk perjalanan antar kota Phnom Penh ke Siem Riep. Sebagai informasi waktu tempuh perjalanan bus dari kota Phnom Penh ke Siem Riep itu kurang lebih 6 jam perjalanan.


9.      Tiba di Kamboja Lewat Jalur Udara atau Jalur Darat
Apabila kamu pergi ke Kamboja dengan pesawat terbang satu hal yang sebaiknya kamu lakukan yaitu dalam 1 atau 2 hari sebelum hari keberangkatan periksa kembali jadwal penerbangan apakah ada informasi penundaan atau pembatalan penerbangan untuk memastikan perjalanan kamu berjalan lancar. Setibanya di Kamboja umumnya kamu harus melengkapi selembar formulir yang harus kamu isi sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk masuk ke negara Kamboja Pesan saya isilah semua kolom yang diwajibkan dengan lengkap mulai dari cara kedatangan, waktu kedatangan, keberangkatan maskapai yang dinaiki atau moda transportasi darat atau laut apa yang kamu gunakan.
Kemudian saat berada di loket imigrasi paspor kamu akan di cek dan di verifikasi. Hal ini dilakukan untuk mencegahan masuknya kegiatan terorisme, identitas palsu atau perdagangan manusia di dalam negara Kamboja. Ketika berharapan dengan petugas imigrasi berlakulah yang sopan dan mudah diajak bekerja sama tanpa perlu panik atau takut yang berlebihan. Gunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi, namun apabila kamu kurang lancar gunakan bahasa tubuh yang ramah dan sopan.
Tiba di Bandara International Phnompenh, Cambodia
Ikuti barisan antrean dengan tertib dan siapkan semua dokumen yang diperlukan yaitu paspor dan kartu imigrasi kedatangan dan keberangkatan yang telah kamu isi dengan lengkap. Agar dokumen tidak tercecer ada baiknya kamu menggunakan passport cover/ passport holder untuk menyimpan dokumen tersebut. Satu yang harus kamu ingat ketika giliran kamu hendak tiba selalu berdiri di belakang garis kuning/ garis pembatas sampai giliran kamu tiba dipanggil untuk menghampiri petugas imigrasi di loket tersebut. Satu lagi jangan selfie atau mengambil gambar maupun video di area imigrasi karena menurut peraturan internasional hal ini dilarang.

10.  Transportasi dari Bandara ke Kota
Di bandara internasional di Kamboja terdapat 3 jenis transportasi umum yang bisa dipilih yaitu taksi , tuk-tuk dan kendaraan sewa seperti van atau bus. Untuk kamu yang bepergian dalam kelompok besar seperti tur tentu saja baiknya sewa van atau bus untuk memudahkan mobilisasi. Apabila kami bepergian lebih dari 3 orang serta membawa barang bawaan seperti koper yang cukup besar baiknya memilih transportasi taksi. Namun jika kamu bepergian dalam kelompok kecil 1-3 orang dengan barang bawaan yang sedikit seperti ransel bisa memilih tuk-tuk sebagai altetrnatif. Kelebihan naik tuktuk selain lebih murah kamu bisa mencoba transportasi lokal yang tentunya tidak ada di negara kita.
Kami naik tuk-tuk dari bandara ke tengah kota Phnom Penh karena biayanya lebih murah



11.  Transportasi umum di Kamboja
Sampai saat ini transportasi umum yang ada di Kamboja hanya bus umum, perahu ferry, becak serta tuk-tuk saja. Di negara ini belum ada kereta maupun transportasi urban seperti komuter maupun LRT. Untuk mobilisasi antar kota bisa memanfaatkan bus umum atau sewa kendaraan. Sedangkan untuk menjelajah sebuah destinasi wisata bsia sewa tuk-tuk maupun sepeda. Untuk sewa sepeda perharinya berkisar antara 2-4 USD. Sedangkan untuk sewa tuk-tuk sehari penuh termasuk sopirnya berkisar antara 15-20 USD perharinya.
Suasana Jalan di Kota Phnompenh
 12.  Tuk-Tuk
Salah satu transportasi umum paling populer di Kamboja yaitu tuk-tuk, sebuah kendaraan roda tiga seperti bajaj namun dengan tempat duduk untuk penumpang yang terbuka. Bagian tertutupnya hanya pada atap untuk melindungi penumpang dari hujan dan panas. Sebelum naik pastikan dulu kamu sudah sepakat dengan ongkosnya, jangan ragu untuk menawar jika harganya terlalu mahal. 
Tuk-tuk yang kami sewa dari penginapan untuk menjelajah kota Phnom Peng
 Tipsnya agar lebih murah dan lebih aman bisa menyewa tuk-tuk dari penginapan hotel, guesthouse atau hostel tempat dimana kamu menginap. Karena umumnya penginapan sudah punya daftar beberapa sopir tuk-tuk yang sudah bekerja sama dengan mereka.
Tuk-tuk bisa disewa untuk sekali naik, dalam hitungan jam atau harian, tergantung kebutuhan
13.  Transportasi Sungai dan Laut
Di Kamboja juga ada transportasi sungai yang umum digunakan oleh orang lokal. Kalau transportasi sungai digunakan untuk menelurusi sungai Mekong sedangkan transportasi di laut dengan perahu ferry melayani penyebrangan di daerah Sihanoukville yang memiliki pantai dan pulau yang indah diantaranya penyebrangan ke Koh Rong, Koh Rong Samloem dan M’pay bay.

14.  Bus Antar Kota di Kamboja
Untuk bepergian antar kota di Kamboja kamu dapat menggunakan transportasi bus antar kota dengan ongkos yang relatif murah dibanding naik minivan sewa. Untuk menghemat waktu apabila dibutuhkan perjalanan yang panjang pilihlah jadwal keberangkatan yang malam hari sehingga akan tiba pada pagi harinya. Selain hemat waktu kamu juga dapat menghemat biaya penginapan. Untuk pembelian tiket bus dapat kamu lakukan langsung di terminal bus nya atau membeli pada agen perjalanan resmi, hostel atau tempat penginapan kamu menginap. Itulah kelebihan penginapan di Kamboja yang umumnya memiliki fasilitas untuk membantu pemesanan tiket baik bus anatar kota maupun transportasi untuk menyebrang perbatasan ke Thailand atau Vietnam.
Bus umum yang membawa kami ke kota Siem Riep
Suasana di terminal bus Siem Riep
Jika kamu mau melakukan perjalanan dari Phnompenh ke kota Siem Riep atau sebaliknya, waktu perjalanan darat dengan bus yaitu kurang lebih 6 sampai 8 jam. Ada beberapa operator bus yang dapat kamu pilih dengan beberapa jadwal keberangkatan yang beroperasi mulai dari jam 6:30 Pagi diantaranya Mailinh, Phnompenh Sorya Transport, Mekong Express serta Sokha Komar Express. Untuk memastikan rencana perjalananmu berjalan lancar usahakan sudah memesan minimal 1 hari sebelum jadwal keberangkatan agar tidak kehabisan tiket. Untuk pemesanan bisa mencari agen resmi penjual tiket atau umumnya karyawan atau resepsionis di tempat kamu menginap bisa membantu untuk melakukan pemesanan.

15.  Mini Van Antar Kota di Kamboja
Di Peak season bisa saja kamu kehabisan tiket bus antar kota sehingga harus mencari alternatif lainnya yaitu dengan mencari minivan yang juga melayani rute antar kota. Jadi apabila kamu mengejar waktu ada baiknya juga mencari info mengenai keberadaan dan jadwal mini van yang dapat mengantarkan kamu ke kota tujuan. Untuk ongkos umumnya naik mini van lebih mahal sedikit dibandingkan naik bus antar kota. Untuk pembelian tiket naik mini van antar kota  kamu lakukan langsung di terminal bus nya atau membeli pada agen perjalanan resmi, hostel atau tempat penginapan kamu menginap. Yang perlu kamu ketahui transportasi umum di kamboja belum sebaik Vietnam maupun Thailand.
Minivan dan Bus umum yang ada di negara Kamboja
Ada beberapa bus operator yang melayani rute antar kota di Kamboja diantaranya Bus Sokha Komartep Express, Giant Ibis yang melayani antar kota di Kamboja dan melewewati perbatasan ke Thailand dan Vietnam, Mekong Express yang melayani rute penyebrangan ke negara Ho Chi Minh City Vietnam, Kampot Express yang melanayi rute ke Kampot dan Phnom Penh, PSD Xpress yang melayani rute ke Phnom Penh, Siem Riep dan Sihanoukville serta Golden Bayon Express yang melayani rute ke Phnom Penh, Battambang, Sihanoukville dan Siem Riep.



16.  Bus Antar Negara di Kamboja
Ada beberapa gerbang perbatasan di negara Kamboja yang menjadi pintu masuk ke negara tetanggayaitu dengan negara Thailand dan negara Vietnam. Dan bagi kamu yang merencanakan menjelajah negara-negara di Indochina lewat jalur darat ada beberapa operator bus, minivan dan travel yang melayani jalur perbatasan ini yang menghubungkan beberapa destinasi populer antara Thailand dan Siemriep diantaranya Siemriep (cambodia) - Bangkok (Thailand), Siemriep (cambodia) - Pattaya (thailand), Siem Riep (cambodia) - Poipet (border), Siemriep (cambodia) - Vientiane (Laos) serta bus dari Phnom Penh ke Ho Chi Minh City Vietnam. 
Bus yang kami tumpangi untuk mengantarkan kami ke perbatasan Cambodia - Thailand
Apabila kamu hendak menyerbang ke Thailand dari Siem Riep bisa mempertimbangkan operator Giant Ibis atau Hang Tep Travel yang melayani antar kota di Kamboja dan melewewati perbatasan ke Thailand dan Vietnam. Sedangkan apabila kamu hendak menyebrang perbatasan ke Vietnam yaitu menuju kota Ho Chi Minh City kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan operator Mekong Express yang melayani rute penyebrangan ke negara Ho Chi Minh City Vietnam.

17.  Minuman & Makanan halal
Apabila kamu muslim yang hendak mencari makanan halal perhatikan dengan seksama tempat dimana kamu membeli makanan. Apabila kamu hendak makan pastikan di gerai makanan tersebut terdapat tulisan “no pork no lard” atau kamu dapat menanyakan langsung kepada penjualnya apabila tidak ada tulisan tersebut. Jika tidak ada tulisan tersebut ada baiknya mencari kedai lainnya. 
Aneka bubur manis, salah satu menu yang bisa ditemukan di pasar tradisional di kota Phnom Penh

Penjual mie goreng telor dan sayuran pinggir jalan di kota Siem Riep
Mi goreng sayur dan telur yang kami beli di gerobak pinggir jalan

Kamboja terkenal dengan aneka kulinernya jadi luangkan waktumu untuk mencoba aneka masakan yang makanan yang ada baik yang kamu temukan di kedai restoran ternama atau di pinggir jalan yang ada di pasar malam dan tempat-tempat pariwisata. Namun dari pengalaman kami hanya ada 4 alternatif makanan halal di Kamboja yaitu menu Indonesia Melayu yang bisa ditemui di kota Phnompenh, restoran Asia Tengah dan Timur tengah di Phnom Penh dan Siem Riep, gerobak penjual mie goreng di pinggir jalan, serta penjual buah-buah potong untuk mengganjal perut yang lapar.

18.  Bahasa
Dalam kehidupan sehari-hari penduduk lokal di Kamboja menggunakan bahasa Khmer untuk berkomunikasi. Namun untuk penduduk yang berhubungan langsung dengan dunia pariwisata seperti resepsionis di penginapan dan sopir tuk-tuk umumnya mereka bisa berbahasa inggris dengan cukup lancar atau bisa dimengerti. Jika kamu tidak bisa berbahasa Inggris atau orang yang kamu temui tidak bisa bahasa Inggris maka pergunakanlah bahasa tubuh yang dilengkapi dengan tulisan agar bisa menjalin komunikasi yang baik. Dan selalu ingat tersenyum yang merupakan bahasa universal yang dapat dimengerti oleh semua bangsa.

19.  Pakaian
Ketika kamu berkunjung ke kamboja ke kota manapun yang hendak kamu tuju umumnya ada daftar candi  yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Jadi baiknya persiapkan pakaian yang sopan saat mengunjungi kuil tesebut sebagai bentuk menghormati dan menghargai umat Buddha yang sedang beribadah di tempat itu. Untuk beberapa kuil sebelum masuk umumnya tanggalkan alas kaki untuk menjaga kebersihan dan sebagai bentuk penghormatan terhadap tempat ibadah yang kita singgahi.
Bila berkunjung di musim panas, mengenakan topi adalah pilihan yang tepat
Sedangkan jika kamu berkunjung ke tempat seperti pantai disini kamu bebas menggunakan pakaian apa saja. Mau yang tertutup atau terbuka bebas tidak akan ada orang yang melarang.

20.  Cuaca
Di kamboja memiliki cuaca yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia yaitu ada musim hujan dan musim kemarau. Untuk musim kemarau umumnya dimulai dari bulan desember sampai april. Musim hujan di Kamboja umumnya dimulai dari bulan May sampai November.  Jadi carilah informasi mengenai prakiraan cuaca di tanggal keberangkatan kamu serta kota tujuan kamu agar dapat mempersiapkan pakaian yang sesuai.



21.  Open Trip
Salah satu kelebihan kamboja mereka mengemas sebuah paket tur dengan sangat baik yaitu dengan banyaknya paket perjalanan open trip. Open trip disini yaitu paket perjalanan dengan jadwal regular ke sebuah destinasi populer dengan konsep biaya sharing cost sehingga umumnya harga paketnya lebih terjangkau. Jadi kita tidak perlu menyewa kendaraan sendiri atau pemandu untuk membawa kita ke sebuah destinasi melainkan kita akan bergabung dengan peserta trip lain dari berbagai negara. Selain harganya lebih murah juga kita bisa berkenalan dan menambah teman baru dari berbagai negara. Untuk memesan open trip ke sebuah destinasi kami rekomendasikan belilah di hostel, penginapan kamu atau agen perjalanan terpercaya. 
Kendaraan mini van dan bus open trip dan private trip yang terlihat di pelataran parkir candi Angkor
 Namun bila kamu ingin perjalanan yang lebih fleksibel khususnya saat menjelajah tempat-tempat wisata di Phnom Penh dan Angkor di Siem Riep baiknya sewa tuk-tuk sendiri saja sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan dan rekomendasi dari sopir tuk-tuk.

22.  Sewa Sepeda
Salah satu cara untuk menghemat biaya saat menjelajah negara Kamboja yaitu dengan menyewa sepeda. Sepeda cocok untuk kamu yang ingin menjelajah negara Kamboja dengan cara yang unik khususnya menjelajah komplek candi Angkor di Siem Riep. Namun yang harus kamu perhatikan tentunya siapkan kondisi yang fit agar kuat menggowes mengingat kawasan komplek candi Angkor sangat besar. Biaya sewa sepeda umumnya berkisar antara 2 – 5 USD. Sewa motor cocok untuk kamu yang berjiwa petualang dengan fisik yang kuat dan berani nyasar karena ketika menjelajah ke sebuah tempat atau destinasi kamu hanya mengandalkan peta dan insting pejalan.
Suasana jalan raya di kota Siem Riep, Cambodia
23.  Penginapan
Saat di penginapan baiknya kamu meminta kartu nama yang tertulis alamat penginapan dengan jelas. Hal ini dapat kamu gunakan just in case kamu tersesat sehingga dapat memudahkan kamu pada saat bertanya kepada orang lain di jalan atau dengan supir taksi/ tuk-tuk untuk mengantarkan kembali ke penginapan.

24.  Internet
Ketika kami  ke Kamboja hanya memanfaatkan free wifi yang diperoleh di penginapan atau fasilitas umum dan tidak membeli paket internet disana dengan alasan ingin menikmati menjelajah negerinya dibanding sibuk bermain gadget (baca: padahal budget terbatas hehe). Namun apabila kamu generasi zaman now yang perlu eksis di media sosial tentunya perlu akses internet dimana saja, kamu bisa membeli kartu sim card lokal yang dapat di beli di minimarket atau di bandara internasional. Belilah paket data sesuai kebutuhan dan minta tolonglah penjualnya itu untuk mengaktifkan data kamu.

25.  Wisata Belanja & Oleh-Oleh
Salah satu budaya orang Indonesia kurang lengkap rasanya apabila tidak berbelanja di negeri kamboja dan membawa oleh-oleh ketika pulang. Untuk mencari oleh-oleh saya sarankan belilah di pasar malam, kedai-kedai atau kios di pasar tradisional atau di dekat kuil-kuil yang menjadi tempat wisata karena umumnya harganya lebih murah dan lebih otentik khas Kamboja.
Suasana Pasar Tradisional di kota Phnom Penh
Apabila kamu membeli di pasar malam jangan ragu untuk menawar dan membandingkan terlebih dahulu dengan penjual lainnya agar mendapatkan gambaran harga pasarnya sehingga kita bisa mendapatkan harga terbaik. Sebelum membeli oleh-oleh atau barang yang kamu incar ada baiknya persiapkan kalkulator kecil atau kertas dan pulpen yang dapat kamu gunakan sebagai media untuk tawar menawar mengingat banyak penjual di Kamboja yang tidak bisa berbahasa Inggris.

Semoga tips jalan-jalan liburan untuk kamu yang baru pertama kali ke Kamboja bermanfaat. Untuk tips dan panduan detail perkotanya akan kami tulis di artikel terpisah ya.  Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang Kamboja yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini. Salam Pejalan.


Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya. Salam Pejalan. 


No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.