Monday, January 18, 2016

24 Tips Jalan-Jalan Liburan Pertama Kali Ke Singapura


tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Patung Merlion Dan Marina Bay Sands Yang Menjadi Salah Satu Daya Tarik Para Turis ke Singapura

Menurut survey iseng-iseng yang pernah saya lakukan Singapura adalah destinasi luar negeri pertama yang dikunjungi sebagian besar orang Indonesia. Alasannya selain jaraknya paling dekat di Negeri Singa itu memiliki beragam tempat menarik untuk dikunjungi baik tata kotanya yang modern, arsitektur bangunannya yang futuristik, pusat perbelanjaan yang besar dan lengkap, transportasi MRT, LRT dan bus yang tertata rapih, acara hiburan yang menarik, taman suaka marga satwa yang keren tempat untuk melihat panda yang lucu, aquarium terbesar di dunia, serta arena taman bermain seperti Universal Studio di Sentosa Island yang seru. 
Hal-hal itulah yang menjadi mimpi orang-orang Indonesia khususnya yang hendak pertama kali ke luar negeri dan berkunjung ke Singapura. Dan apabila kamu termasuk orang yang hendak pertama kali mau berlibur ke Singapura khususnya yang pergi tanpa travel agent berikut tips yang dapat kami berikan agar liburan kamu menjadi lebih menyenangkan dan terencana mulai dari mendarat di negeri Singapura hingga hendak terbang keluar dari negeri Singapura.

1.   Mengisi Kartu Imigrasi Kedatangan & Keberangkatan
Apabila kamu pergi ke Singapura dengan pesawat terbang umumnya ketika dalam penerbangan pramugari/ pramugara akan memberikan selembar kartu imigrasi disembarkation/embarkation card yang harus kamu isi sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk masuk ke negara Singapura. Pesan saya isilah semua kolom yang diwajibkan dengan lengkap termasuk dimana kamu tinggal selama di Singapura. Mengapa? Agar ketika kamu nanti hendak di cek di pos imigrasi untuk di cek paspornya tidak mengalami kendala karena kamu harus melengkapinya kartu tersebut serta diinterogasi banyak pertanyaan oleh petugas imigrasi. Hal ini yang kerap kali saya temui ketika ke Singapura dimana beberapa orang tidak mengisi kartu tersebut dengan lengkap sehingga membuat antrean menjadi terhenti dan menjadi lama.

tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Umumnya Pramugari/ Pramugara Akan membagi kartu imigrasi masuk Singapura diatas pesawat. Isilah dengan lengkap.
Bagaimana bila kamu tidak memperoleh kartu imigrasi kedatangan & keberangkatan tersebut? Hal ini bisa saja terjadi misalnya karena kamu tertidur diatas pesawat ketika pramugari membagi kartu imigrasi tersebut atau karena penyebab lainnya. Jika hal tersebut terjadi carilah kartu disembarkation/embarkation yang biasanya ada di meja-meja tak jauh dari loket imigrasi pengecekan paspor untuk masuk ke Singapura.

2.  Ambil Peta dan Brosur
Setibanya di Bandara Changi (Changi International Airport) carilah Tourism Information Center atau rak-rak yang menyediakan peta dan brosur tentang wisata dan transportasi umum di Singapura yang dapat kamu ambil secara gratis. Hal ini sangat penting selain untuk mendapatkan gambaran umum peta transportasi MRT juga terdapat informasi tentang semua tempat wisata populer yang patut kamu kunjungi selama berlibur di Singapura. Selain itu umumnya di setiap brosur yang ada terdapat potongan kupon atau voucher yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan harga diskon puluhan persen di beberapa tempat wisata, hotel maupun tempat makan/restoran.

tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Brosur Dan Peta Yang Dapat Ditemukan Dibeberapa Rak di Bandara Changi

3.  Pelajari Peta Transportasi Umum
       Hampir semua tempat populer Di Singapura dapat dicapai dengan transportasi umum baik MRT, monorail maupun bus umum. Setelah mendapatkan peta dari bandara Changi pelajarilah dengan seksama jalur mana yang hendak kamu pilih dan di stasiun MRT mana sebaiknya kamu transfer atau bertukar kereta.

tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Jalur MRT di Singapura (courtesy: www.catherinepang.com)

4.  Bawa Tumblr atau Botol Air Minum
       Di Singapura air minum bisa dikatakan mahal harganya, jadi apabila kamu memiliki budget terbatas tidak ada salahnya untuk membawa botol minum dari Jakarta kemudian dapat diisi di beberapa tempat air minum gratis yang tersebar di beberapa titik di Bandara Changi Singapura. Lumayan bisa menghemat beberapa dollar.

5.   Toilet
        Ketika baru turun dari pesawat sebagian orang memiliki kebiasaan untuk pergi ke toilet entah sekedar mengaca :D atau memang untuk buang air kecil dan besar khususnya bagi orang yang tidak nyaman untuk menggunakan toilet di pesawat. Salah satu hal yang harus kamu ketahui toilet di Singapura sebagian besar toilet duduk dan tidak ada semprotan air, namun di beberapa toilet memang ada juga toilet jongkok dan ada airnya. Jadi bila kamu tidak terbiasa menggunakan toilet kering ada baiknya membawa tissue basah sendiri. Jika kamu terbiasa membilas dengan air tidak ada salahnya menyiapkan 1 botol bekas air minum sendiri yang dapat kamu gunakan untuk menampung air dari wastafel yang dapat kamu gunakan untuk membilas. 1 hal yang harus kamu patuhi jagalah kebersihan toilet dengan membuang sampah tissuenya di tong yang disediakan dan jagalah toilet agar tetap bersih dan kering.

6.  Masuk Loket Imigrasi
Untuk orang Indonesia bebas visa jadi kamu dapat masuk ke negara Singapura tanpa harus membayar visa. Apabila kamu masuk ke Singapura melalui jalur udara maka akan diberikan perizinan untuk tinggal/berlibur di Singapura selama maksimal 30 hari. Saat menuju loket imigrasi baiknya keluarlah di terminal yang sama tempat pesawat kamu mendarat. Kemudian ikuti barisan antrean dengan tertib dan siapkan semua dokumen yang diperlukan yaitu paspor dan kartu imigrasi kedatangan dan keberangkatan yang telah kamu isi dengan lengkap. Agar dokumen tidak tercecer ada baiknya kamu menggunakan passport cover/ passport holder untuk menyimpan dokumen tersebut. 
Passport Cover Untuk Menyimpan Paspor, Tiket Pesawat Serta Kartu Imigrasi Yang Keren
Satu yang harus kamu ingat ketika giliran kamu hendak tiba selalu berdiri di belakang garis kuning/ garis pembatas sampai giliran kamu tiba dipanggil untuk menghampiri petugas imigrasi di loket tersebut. Ketika sedang berhadapan dengan petugas imigrasi berperilakulah yang sopan, jangan memotret atau bermain dengan gadget dan handphone mu. Bila diajukan pertanyaan jawablah dengan sopan. Apabila kamu tidak bisa berbahasa inggris gunakan saja bahasa Indonesia. Penting!, simpanlah dengan baik jangan sampai hilang potongan kartu imigrasi disembarkation/embarkation karena kartu ini wajib kamu serahkan saat nanti hendak keluar Singapura.

7.  Menuju Terminal 2
Untuk menuju pusat kota terdapat beberapa pilihan moda transportasi mulai dari taxi, bus atau kereta api Mass Rapid Transit yang dikenal dengan MRT. Yang harus kamu ketahui setiap orang yang mendarat di Singapura akan mendarat di terminal yang berbeda tergantung maskapai dan asal penerbangannya. Apabila kamu hendak naik transportasi umum MRT maka berjalanlah mengikuti petunjuk arah menuju stasiun MRT yang terletak di Teminal 2 Bandara Changi. Apabila kamu mendarat di Terminal 1 atau 3 bisa menggunakan kereta monorel yang menghubungkan terminal-terminal di bandara Changi.
tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Posisi MRT ada di Terminal 2 Changi Airport, Ikuti Saja Petunjuk Arah Yang Ada di Bandara
 8.      Beli Kartu EZ Link / Tourist Pass
Saya rekomendasikan setibanya di stasiun MRT Changi Airport untuk membeli EZ Link Card yang tersedia di loket penjualan tiket. Kartu e-money ini adalah salah satu alat pembayaran elektronik yang diterima secara luas di Singapura. Dengan kartu ini kamu dapat melakukan pembayaran secara praktis ketika naik transportasi umum seperti MRT, LRT maupun bus dengan cara menempelkan kartu di dekat mesin pembaca. Tak hanya itu kartu inipun dapat diterima di berbagai vending machine yang menjual minuman serta gerai ritel ternama sebagai alat pembayaran yang sah. Setelah itu carilah informasi mengenai cari mengisi ulang kartu Ez Link tersebut di vending machine otomatis yang tersebar di semua stasiun MRT. Jika kamu mau lebih simple bisa juga membeli kartu tourist pass harian yang bisa dibeli di loket penjualan tiket dimana kartu ini dapat kamu gunakan seharian kemana saja tanpa harus isi ulang.

9.  Masuk Stasiun MRT
Pastikan kamu masuk melalui pintu yang benar. PErhatikan dengan seksama mana pintu khusus untuk masuk dan mana pintu untuk keluar yang dapat dibedakan dari warna hijau berarti pintu boleh dilalui dan merah dilarang melintas. Tempelkan kartu ez link atau tourist pass tepat pada card reader yang telah ditentukan sampai pintunya terbuka lalu berjalanlah masuk tanpa perlu terburu-buru.
tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Masuklah Dengan Tertib Pada Pintu Yang Telah Ditentukan

10.  Di Dalam Stasiun MRT
Di semua platform dan dalam kereta MRT setiap penumpang dilarang untuk makan, minum serta merokok. Jadi patuhilah peraturan tersebut untuk menghindari kamu ditangkap dan dikenakan denda yang besar karena melanggar aturan. Peraturan ini dibuat selain untuk kenyamanan setiap penumpang juga untuk menjaga kebersihan fasilitas transportasi umum di Singapura.
tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Suasana Di Dalam Stasiun MRT Singapura
11.  Naik Ekskalator
Di Singapura dan di negara maju ada peraturan dimana ketika kita naik ekskalator berdirilah disisi kiri untuk kamu yang diam berdiri di tangga jalan tersebut. Janganlah berdiri diam di sisi kanan karena jalur tersebut diperuntukan untuk orang-orang yang berjalan cepat khususnya orang-orang yang sedang terburu-buru atau berlari mengejar kereta agar tidak tertinggal.
tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Biasakan Saat Naik Ekskalator Berdirilah di Sebelah Kiri
12.  Naik Lift
Jika kamu bukan termasuk orang yang sangat membutuhkan fasilitas ini baiknya tidak perlu menggunakan lift namun menggunakan ekskalator saja. Namun apabila kamu hendak menggunakan lift berilah prioritas kepada pihak yang lebih membutuhkan seperti kaum manula, ibu hamil, ibu yang membawa anak, orang sakit atau orang berkebutuhan khusus yang menggunakan kursi roda sebelum kamu naik ke dalam lift tersebut.

13.  Naik Transportasi Umum MRT
Ketika hendak naik MRT berdirilah mangantre secara tertib di garis yang telah ditentukan. Dahulukan penumpang yang turun dan naiklah ke kereta dengan tertib. Satu hal yang harus kamu lakukan sebaiknya jangan pernah naik di kursi yang tertulis reserved seat yang dialokasikan khusus untuk kaum manula, ibu hamil, ibu yang membawa anak, orang sakit atau orang berkebutuhan khusus walaupun kursi itu sedang kosong terlebih lagi ketika ada orang yang lebih membutuhkan. Jadilah penumpang yang memiliki empati dan peduli terhadap orang lain dan menjadi penumpang yang baik.
tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Seperti yang Terlihat di Foto Ini Jika Kamu Bukan Orang Yang Berkebutuhan Khusus Jangan Sesekali Duduk di Kursi Prioritas, Berikan Kepada Yang Memang Membutuhkan
14.  Naik transportasi bus umum
Selain MRT yang telah menghubungkan hampir ke berbagai penjuru kota di Singapura juga terdapat bus umum yang dapat kamu gunakan untuk berkeliling kota. Di negeri ini terdapat dua operator bus yaitu SMRT dan SBS transit yang melayani ke berbagai penjuru kota. Yang harus kamu ketahui sebelum menggunakan bus ini baiknya kamu sudah memiliki kartu Ez Link sebagai alat pembayaran yang sah atau uang koin tunai untuk pembayarannya. Naik dan turun bus di halte yang telah ditentukan. Untuk naik bus naiklah dari pintu depan secara tertib kemudian letakan kartu ez link di card reader yang ada di dekat supir bus sampai bunyi teet dan terlihat bahwa kartu kamu telah terdeteksi. Untuk beberapa bus yang masih boleh bayar tunai baiknya siapkan uang pas karena pengemudi tidak akan memberikan uang kembalian mengingat di bus-bus umum di Singapura tidak ada kenek.
tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Gambaran Umum Naik Bus di Singapura

15.  Naik Taksi
Taksi adalah salah satu transportasi umum yang terbilang cukup mahal di negeri Singapura, jika memang kamu memiliki budget terbatas rasanya naik MRT dan bus adalah solusi paling tepat. Namun jika ada kondisi lain yang membuat kamu harus naik taksi naiklah di tempat pemberhentian taksi yang telah ditentukan karena kamu tidak dapat memberhentikan taksi ditempat sembarangan begitu juga saat hendak turun taksi juga akan memberhentikan kamu di tempat yang telah ditentukan.
tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Bus Dan Taksi Memiliki Tempat Khusus Untuk Menaikan dan Menurunkan Penumpang
16.  Banyak Berjalan Kaki
Apabila kamu sedang menjelajah kota Singapura dengan berjalan kaki gunakan jalur pedestrian yang telah ditentukan untuk jalur pejalan kaki. Persiapkan kondisi tubuh yang fit karena untuk jalan-jalan di negeri ini kamu pastinya akan dituntut untuk banyak berjalan kaki mengingat jarak dari satu stasiun MRT ke tempat yang kamu tuju atau jarak dari satu stasiun MRT ke stasiun pertukaran ke laluan MRT terkadang cukup jauh. Karena itu gunakanlah alas kaki atau sepatu yang nyaman untuk berjalan kaki. Pakai sepatu casual yang nyaman dengan model yang trendy bisa jadi pilihan yang tepat. 
Pakailah Sepatu Yang Nyaman Untuk Berjalan Kaki
17.  Menyebrang Jalan
Di negeri ini menyebrang jalan wajib dilakukan di jalur yang telah ditentukan biasanya berupa jalan bawah tanah, jembatan penyebrangan, zebra cross atau dia buah garis putih sejajar. Bila menyebrang melalui zebra cross tunggulah hingga lampu tanda berjalan kaki berwarna hijau dan apabila sudah berwarna kuning ada baiknya jangan mencoba untuk mulai menyebrang.

tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Menyebrang di Dekat Perempatan Jalan

18.  Rekomendasi Penginapan

Untuk mencari penginapan di Singapura carilah akses yang dekat dengan transportasi umum MRT untuk memudahkan kita dan sesuaikan dengan area yang kamu kehendaki. Untuk yang suka belanja rasanya mencari penginapan di Orchard adalah pilihan yang tepat, untuk kamu yang memiliki budget terbatas area bugis, little india dan lavender bisa menjadi salah satu pilihan karena ada banyak hostel dan guesthouse dengan harga menginap yang terjangkau disana. Untuk kamu yang business trip di area twin tower rasanya area downtown adalah pilihan yang bijak. 
Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya saya sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Singapura, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral saya di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher sebesar 35 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. Tertarik? Yuk Daftar airbnb.com disini.
19.  Patuhi segala peraturan
Di negara ini diberlakukan sanksi dan hukuman denda yang berat apabila kamu melakukan pelanggaran terhadap peraturan. Jangan harap kamu bisa menghindar karena di negeri ini banyak CCTV untuk memonitor keamanan, kebersihan dan ketertiban khususnya di fasilitas umum. Ada beberapa larangan yang harus kamu ketahui disini diantaranya dilarang menguyah permen karet dan membuang bekasnya sembarangan, dilarang buang sampah sembarangan, dilarang meludah sembarangan, dilarang merokok sembarangan dan larangan lainnya untuk menghindari denda yang besar mulai dari 250 Dollar Singapura hingga puluhan ribu dollar bahkan hukuman penjara.itulah kenapa neger ini dikenal dengan Singapore is Fine City karena begitu besarnya denda yang diterapkan. Namun dampak positifnya negeri ini menjadi sangat tertib, displin, bersih, nyaman dan aman bagi siapa saja yang datang ke negeri ini.
Kalo kamu memiliki kebiasaaan merokok perhatikan dengan seksama tempat dimana saja kamu bisa merokok karena denda yang diberlakukan di negeri ini cukup berat yaitu 1000 dollar Singapura jika kamu melanggarnya. Jangan sesekali mencoba merokok sambil berjalan apalagi di transportasi umum karena bisa saja kamu ditangkap untuk membayar denda tersebut.
tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Beberapa Contoh Denda Yang Dikenakan Apabila Kamu Melanggar Peraturan (courtesy thehikinghighheel.com)
20.  Cuaca Tropis
Singapura memiliki cuaca yang sama dengan Indonesia maka persiapkan pakaian yang nyaman sesuai musim. Ketika musim kemarau pakailah pakaian yang nyaman dan tidak gerah karena kamu akan banyak berada diluar untuk menjelajah tempat-tempat menarik di Singapura dan sebaliknya ketika jalan-jalan di musim hujan jangan lupa bawalah jaket dan payung agar kamu tetap bisa menjelajah dan tidak terjebak di satu tempat saja. Yang pasti bawalah pakaian terbaikmu agar penampilan saat liburan tetap gaya dan keren untuk difoto, seperti pakaian yang dijual di Mapemall ini misalnya.
 
21.  Makanan & Minuman halal
      Apabila kamu muslim yang hendak mencari makanan halal perhatikan dengan seksama tempat dimana kamu membeli makanan. Apabila kamu hendak makan Chinese food pastikan di gerai makanan tersebut terdapat tulisan “no pork no lard”. Jika tidak ada tulisan tersebut ada baiknya mencari kedai lainnya. Untuk amannya baiknya beli nasi padang, yong tou fo, makanan araba tau india atau kedai nusantara.
     Minum air mineral di Singapura bisa dibilang cukup mahal jadi jika kamu memiliki budget terbatas jika memungkinkan belilah di supermarket dibanding beli di minimarket karena harganya lebih murah. Ada baiknya belilah air mineral dalam ukuran besar kemudian di refill ke tempat air minum yang kamu bawa saat traveling sedangkan air minum ukuran besar untuk disimpan di tempat penginapan. 
tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Salah Satu Kedai Halal di Singapura
22.  Colokan Listrik
        Di Singapura  umumnya menggunakan colokan listrik kaki 3 sedangkan di Indonesia umumnya menggunakan colokan listrik kaki 2. Jadi agar charger atau gadget kamu seperti camera, handphone, dll bisa di charge disini maka sebaiknya bawalah converter dari kaki 2 ke kaki 3. Apabila kamu tidak memilikinya bisa juga beli yang universal converter jadi bisa digunakan ke berbagai negara.
23.  Tas selempang
    Ketika jalan-jalan menjelajah Singapura kamu akan dituntut banyak berjalan kaki dan berjalan di keramaian orang lalu lalang baik penduduk setempat maupun sesama turis. Maka ada baiknya bawalah barang bawaan seperlunya dan gunakan tas selempang yang praktis untuk membawa perlengkapan kamu mulai dari dompet, paspor, gadget, peta, tempat air minum dan perlengkapan lain. Tas selempang Organized travel tote yang kecil seperti ini misalnya enak untuk dibawa jalan kemana saja.
Organize Travel Tote Bag Yang Asik Untuk Dibawa Saat Berjalan-Jalan
24.  Keluar Singapura
Saat hendak keluar dari negara Singapura persiapkan dokumen yang diperlukan mulai dari paspor serta potongan kartu imigrasi disembarkation/embarkation yang telah kamu simpan sejak pertama kali masuk ke Singapura.  
tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Pos Imigrasi di Terminal 2 Bandara Changi Singapura
Semoga tips jalan-jalan liburan untuk kamu yang baru pertama kali ke Singapura bermanfaat. Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang singapura yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini. 

Follow my instagram @travelographers , twitter account @travelographers 
 and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :) 

116 comments:

  1. Wah...bermanfaat sekali. Thanks kakak. Hah..rasanya langsung pengen pesan tiket pesawat hari ini juga trus terbang kesana. Tapi sayang...uang di celengan ayam blm cukup. Hehehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya samaratul qalbi, semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi ya.

      iya nabung dulu sedikit demi sedikit. semoga suatu saat bisa terwujud ya impiannya. :)

      Delete
    2. kalo bawa uang indo (transaksi seperti beli kartu kreta dll bagaimna)? apa harus di tukar terlebih dahulu di indonesia?

      Delete
    3. Disarankan penukaran SGD nya money changer di indo aja

      Delete
  2. boleh deh dijadikan bookmark sapa tau dapat kesmepatans ampai singapura

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya angkisland, semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi ya. silahkan di bookmarks hehe.

      amiiinnn.. nabung dulu sedikit demi sedikit. semoga suatu saat bisa terwujud ya impiannya. :)

      Delete
  3. Replies
    1. iya mas agus, semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi ya. silahkan di bookmarks hehe.

      Delete
  4. sekarang singapura lebih ketat lho kak, nama paspor musti sama dengan nama KTP.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas danan. kebetulan saya pas ke singapura belum pernah di cek ktp nya cuma paspor aja hehe. nah ini jadi catatan yang bagus dari mas danan untuk antisipasi supaya perjalanan kesingapura berjalan lancar nama paspor harus sama dengan nama di KTP.

      Delete
    2. Betul sekali, teman saya pernah kena cek, dan data ktp sama paspor beda,kena blacklist imigrasi singapura selama 2 tahun tidak boleh masuk singapura

      Delete
    3. Betul sekali, teman saya pernah kena cek, dan data ktp sama paspor beda,kena blacklist imigrasi singapura selama 2 tahun tidak boleh masuk singapura

      Delete
  5. Harus sama dengan KTP ya? paspor saya 3 nama karena untuk keperluan umroh, sedangkan KTP hanya 2 nama, gimana dong ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo vira. itu pengecekan secara acak (random checking) saja, tidak semua orang di cek. dan selama kita bisa menunjukan semua dokumen kita asli dan persayratan lengkap in shaa Allah lancar dan boleh masuk.

      Delete
  6. terima kasih sharing artikel nya :))
    jadi bisa meminimalisir hal yang enggak2x disana deh

    buleipotan.com

    ReplyDelete
  7. Bagus bgt tulisannya, sangat bermanfaat. Kalau utk hotel murah yg sudah dgn breakfast, dan dkt dgn stasiun MRT, ada rekomendasi?

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Bagus bgt tulisannya, sangat bermanfaat. Kalau utk hotel murah yg sudah dgn breakfast, dan dkt dgn stasiun MRT, ada rekomendasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf sekali baru sempat online kembali dan membalas satu persatu komen dan pertanyaan yang masuk. kalau boleh tahu kapan liburannya? dan prefernya mau dekat stasiun MRT apa? mungkin bisa dicari yang dekat dengan bugis atau lavender karena umumnya lebih murah dan strategis dibanding kawasan lain.

      Delete
  10. elisabeth sihalohoJune 15, 2016 at 4:11 AM

    Thank u bangett ini infonya kak..tapi untuk penukaran rupiah sm dollar singapore nya gimna kak..soallnya ini juga mau jadi perjalanan pertama saya kak heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf sekali baru sempat online kembali dan membalas satu persatu komen dan pertanyaan yang masuk. baiknya tukar di money changer terpercaya. jangan di bank atau di bandara karena nilai tukarnya kurang bagus dan merugikan :)

      Delete
  11. Permissih kakakk. Nanyak boleh yahhh... Kenalkan dahulu. Saya zubai. Biiznillah dalam waktu dekat mudah2an ringan langkah dalam waktu dekat hendak melaksankan wisata iman ke berbagai negara, dan salah satunya adalah Singapore. Jd ada 2 pertanyaan yg ingin saya ajukan. Mohon bantuannya. 1. Apakah mosque jarang dapat disana?
    2. Bagaimana dengan kita yg menggunakan b.indonesia selama di sana, apakah mereka dapat mengerti? Maaf dan Makasih kakakk. Ditunggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, saya coba jawab boleh kah?

      1.Untuk Masjid/ Mosque tergantung penginapan yang dipilih, bila di daerah Bugis, ada Masjid Sultan letaknya di Muscat Street. Di Orchard Road ada juga Masjid Al Falah,Di dekat Vivo City ada juga Masjid Temenggong Daeng Ibrahim letaknya disebelah Bay Hotel depan Vivo City. Singkatnya Masjid cukup banyak disana.

      2. Mereka bisa menggunakan bahasa Melayu sedikit sedikit, pengalamanku pertama kesana pakai bahasa Mix antara Melayu dan English *jadi manglish dong ya? hehehe* mereka paham kok.

      Semoga membantu ^_^

      Delete
  12. tolong di share juga donk cara dapat tiket promo pesawat ke singapura,dan kapan biasanya di singapura ada festival menarik..terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk cara mendapat tiket promo pesawat bisa baca di link ini ya. http://www.shu-travelographer.com/2016/11/rahasia-terungkap-ini-20-tips-berburu.html

      Delete
  13. Thanks for sharing! It's very useful ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. teriam kasih. semoga bermanfaat dan menginspirasi ya.

      Delete
  14. Nice info...

    Mau nanya kakak... ceritanya mau jadi pemula ini. Hihihi.

    Dokumen yg diperlukan berarti PASPOR ya? terus kira2 perlu nyiapin uang berapa ya misal perjalanan 3hari 2 malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya paspor adalah wajib. bagi yg pertama kali masuk singapura diusahakan siapkan "uang tunjuk" sekitar 2,5jt rupiah, uang itu nantinya hanya ditunjukan pd petugas bila ditanyakan. untuk perjalanan 3h2m, cukuplah uang rp 3jt-an itu saat low season gini ya....info lebih lanjut bisa wa saya di 081282719895. salam knl semua....;)

      Delete
  15. Berguna sekali sebagai panduan pertama ke singapur, terima kasi

    ReplyDelete
  16. Terima kasih infonya.... sangat bermanfaat sekali buat yg mau ke singapura untuk pertama kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas rudy, semoga bermanfaat ya. have a nice trip and enjoy your holiday,.

      Delete
  17. Terima kasih infonya.... sangat bermanfaat sekali buat yg mau ke singapura untuk pertama kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas rudy, semoga informasinay bermanfaat dan menginspirasi ya.

      Delete
  18. Wah pas bgt ne saya ke sing nti bln nov...sy blh mnt contact person nya??? Sy pingin tny...ato blh email saya di yuliarti85@gmail.com thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau tanya" secara langsung bisa chat kami saja di line. add line kami di akun @travelographers . pada saat online pasti kami bantu jawab dan berbagi info yg kami tahu. salam

      Delete
  19. Nice artikel, yuk oktober ada yang mau travelling bareng ke Singapore? Saya dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga lancar ya mas rencana perjalanan ke singapuranya. untuk mencari teman seperjalanan coba bisa posting di salah satu fans page komunitas backpacker klo ada yg sama bisa barengan tuh :D

      Delete
  20. Thnk u artikelnya.. Tgl 24 bsok mau k Spore tp dr KL dulu. Brmanfaat bgt buat first travelling sy.. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mantab, semoga lancar ya trip di Kl dan singapuranya.

      Delete
  21. Makasih artikelnya sangat membantu untuk saya pertama kali ke Singapura , rencana tahun depan . Apakah Kereta ( Mrt ) jam 5 pagi sudah beroperasi y ? Karena pesawat balik saya jam 8 pagi

    ReplyDelete
  22. Makasih artikelnya sangat membantu untuk saya pertama kali ke Singapura , rencana tahun depan . Apakah Kereta ( Mrt ) jam 5 pagi sudah beroperasi y ? Karena pesawat balik saya jam 8 pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya terlalu mepet. yang saya tahu MRT baru mulai beroperasi jam 5:30 pagi kecuali klo ada event lari marathon atau F1 yang sudah beroperasi di subuh".

      Delete
  23. Terima kasih artikelnya! sangat detail dan membantu!

    ReplyDelete
  24. Oktober banyak promo ke singapura.. yokk bareng.. aku juga blm pernah..

    ReplyDelete
  25. Oktober banyak promo ke singapura.. yokk bareng.. aku juga blm pernah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya khususnya Air Asia sering ada tiket promo dari indonesia ke singapura. mau lebh murah lagi pas bener" promo free seat air asia.

      Delete
  26. .om saya mau ke Singapore dari Jakarta pulang nya dari Malaysia gimana ya caranya ? Kasih gambaran biaya juga om , saya berencana terbang jam 6 sore supaya nyampe Singapore jam 8 langsung ke penginapan besok baru keliling Singapore sampai malam . Di hari berikut nya saya pengen ke petronas om , pulang nya dari Malaysia . Saya kurang pandai bahasa inggris om apa nanti di Singapore tidak repot ?saya sangat senang bila pertanyaan saya ini di jawab . Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan sama,saya tgl 27 oktober ini ke Singapore ama teman2, setelah itu ke Malaysia sendiri, tgl 2 November balik kejakarta. ini telp/wa saya: 082143155619 atas nama mubarrok. founder HEC www.havaracentre.com (Pelopor program Bahasa inggris di Indonesia). Thanks admin bagus postingannya membantu sekali.

      Delete
  27. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  28. Bantu banget artikelnya . mas mau nanya negara Singapore kira2 aman kan buat saya perempuan yg bakal jalan2 sendiri ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama semoga bermanfaat, sejauh ini singapura adalah negara yang aman yang penting kita bisa menjaga diri dan tetap waspada juga. usakan tidak keluar terlalu malam sendiri di tempat yang sepi.

      Delete
  29. Hai..sy 12 nov 2016 ni brgkat ke s'pore bareng suami,tapi ini perdana.masih bingung2..kami brgkat stgh 5 sore kiraan nyampe jam 7mlm,kira2 brp lama yah di imigrasi?oiya ay menginap dekat MRT kallang,kira2 dr changi airport bagaimana cara sy sampai di MRT kallang?krn itu sdh mlm nanggung utk beli touris pass,nah klo esok paginya sy beli touris pass,kira2 dimana yah saya belinya?beli simcard yg murah dimana yah?trimakasih klo pertanyaan sy dijawab...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf sekali ya comment ini baru terbaca, terlewat dan tertutup notifikasi comment yang lain. semoga trip 12 november kemarin menyenangkan ya. salam.

      Delete
  30. makasih infonya , untuk bahasa disana harus bahasa inggris atau pake bahasa indonesia aja makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. umumnya bahasa inggris, namun apabila kita tidak terlalu lancar sebagain besar penduduk setempat mengerti bahasa melayu untuk berkomunikasi. atau bisa juga gunakan bahasa universal yaitu bahasa tubuh dan senyum :D

      Delete
  31. Thanks infonya sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  32. Min mau tanya, kalo ke luar dari singapore, pas sampe cangi berarti masuk ke immigragion dlu baru nuker tiker pesawat gitu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud pertanyaanya apabila mau transit di changi ya?, kalo maskapai penerbangannya sama dan connecting flight tidak perlu keluar imigrasi. apabila maskapainya berbeda maka perlu mengambil bagasi terlebih dahulu dan check in ke maskapai penerbangan selanjutnya.

      Delete
  33. kak mau tanya.. untuk tips pertama kartu imigrasi itu kita kan belum tahu bakal tinggal dimana.. itu gmna dong? kalau di tanyakan di kartu tersebut. oiya kak.. kira2 harus bawa uang berapa ya kak untuk ke SG?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apabila belum tahu bakal tinggal dimana isi saja dengan alamat rencana kamu menginap, yang penting jangan biarkan kosong karena tentunya akan menghambat diri sendiri dan ditanya" langsung oleh petugas imigrasi. untuk uang disesuaikan dengan berapa lama di singapura, mau ke mana saja (tempat wisata gratis atau yang berbayar seperti universal studio dll), karena semakin banyak tempat yang dikunjungi tentunya budget yang dipersiapkan lebih banyak.

      Delete
  34. hai mas, apakah kode airbnbnya masih berlaku? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo jazilah, iya masih berlaku. untuk menjadi tamu dapat kredit mulai dari Rp 273,459 dan kalo daftar jadi host bisa dapat sampai voucher/kredit 3 juta. semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  35. Hai saya mau tanya. Kalo kesana beneran ga butuh visa ya? Agak dag dig dug juga kalo taunya pake visa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar Ren, untuk WNI yang pergi ke singapura bebas visa dan akan mendapatkan izin masa tinggal selama 30 hari untuk sekali masuk dan liburan.

      Delete
    2. Wah makasih banyak hehe :)

      Delete
    3. sama-sama ren, semoga bermanfaat dan menginspirasi.

      Delete
  36. Halo mas, boleh ga ya bawa rokok ke Singapore via Changi? 5/6 bungkus gitu?
    Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari pengalaman kami sih sebaiknya bawa maksimal 2 bungkus rokok dan sduah dalam kondisi terbuka (kurangin 1 batang). karena kalo bawa lebih dari itu cukup beresiko klo semisal kena pemerikasaan, penaltinya bisa diharuskan membayar pajak untuk cuka rokok itu. utk detail terbaru mengenai peraturan di singapura bisa baca di web bea cukai mereka disini y https://www.customs.gov.sg/individuals/going-through-customs/arrival/guide-for-travellers

      Delete
  37. Sori mau nanya kalo untuk simcard disana better roaming, wifi atau bener2 harus ganti simcard ya? Yang oke kira2 pake apa ya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ngga pernah beli simcard di singapura karena mahal hehe.. tapi klo butuh bisa beli paket wifi saja jadi tidak perlu berganti" simcard. klo pemakaiannya hanya sebentar rasanya roaming bisa menjadi salah satu pilihan mudah dan hemat dibanding beli simcard. klo saaya sediri sih beberapa kali ke singapura tidak pernah membeli simcard hanya mengandalkan free wifi saja yang bisa didapat di beberapa spot di singapura khususnya di tempat wisatanya.

      Delete
  38. Sori mau nanya kalo untuk simcard disana better roaming, wifi atau bener2 harus ganti simcard ya? Yang oke kira2 pake apa ya? Thanks

    ReplyDelete
  39. duhh jadi pengen ke SG lagi nih.. btw makasih gan informasinyaoh iya Saya juga punya referensi lain nih tentang pariwisata di Indonesia yang tentunya menarik untuk disimak. http://pariwisata.gunadarma.ac.id/ barangkali bermanfaat. Thanks

    ReplyDelete
  40. wah bermanfaat sekali, oiya boleh nanya jadi pas kita di bandara indonesia ga hrus urus apa2 kan? tinggal check in dan boarding sperti baisa, lalu pengurusan di negara singapornya? mkasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya di Indonesia kita hanya perlu check in kemudian lewat imigrasi untuk di cap paspornya. kemudian sebelum keluar imigrasi singapura kita harus sudah mempersiapkan kartu kedatangan imigrasi serta menyerahkan paspor untuk di cap masuk oleh imigrasi singapuranya. isi dengan lengkap lembar / kartu kedatangan tersebut jika dibutuhkan lampirkan dokumen pendukung seperti tiket pulang pergi dan tanda bukti pemesanan penginapan selama berada di singapura.

      Delete
  41. makasi banget kak, tapi mau tanya nih, masih bingung, data ktp tmpat tinggal saya sama paspor beda? gimana dong? trus uangnya harus nunjukun 3jt dalam IDR atau USD SGR?

    ReplyDelete
  42. Hai,, ^_^

    Saya suka dengan tips tips nya, dan ini amat berguna untuk kami semua. terutama untuk saya meyakinkan sepupu perempuan saya untuk tidak was was berlebihan untuk Backpacker an di negara Merlion ini.

    Terimakasih ^_^,

    ReplyDelete
  43. Bagus banget tips nya,aku rencana ke sana tahun depan,soalnya lagi kumpulin budget,tapi budget 5 jt,kira2 bisa cukup nggak?

    ReplyDelete
  44. Nice info... sebagai masukan coba ditambah kira2 anggaran yang dikeluarkan selama di Singapura..
    But Tq infonya...

    ReplyDelete
  45. Artikelnya bagus kak.Saya jadi kebayang yang harus saya lakuin nanti soalnya Saya nanti mau solo trip ke sg april. Tapi saya masih bingung, kan katanya sekarang di imigrasinya ktp sama npwp juga dicek, kira2 kalo saya yang masih pelajar gimana ya, soalnya saya belum punya ktp dan npwp? Atau harus pake kartu pelajar? Dan uang saku selama disana bakal di cek langsung?

    Makasih kak

    ReplyDelete
  46. Info nya. Sangat bermanfaat saya ada rencana traveling kesana tapi sama krucil, baiknya naik transfortasi MRT atau taksi ya

    ReplyDelete
  47. Info nya. Sangat bermanfaat saya ada rencana traveling kesana tapi sama krucil, baiknya naik transfortasi MRT atau taksi ya

    ReplyDelete
  48. Sangat bermanfaat. Thanls, niat nya 26 april berangkat... Semoga, ... Kalo ada yg mau kesana di tanggal yg sama, barengan yuk...

    ReplyDelete
  49. Terimakasih informasinya kak, sangat membantu sekali.
    dan saya mau tanya juga, tempat penukaran uang (money charger) itu biasanya dimana ya? soalnya perdana mau ke LN, yaitu ke Singapore hehe..
    Terimakasih

    ReplyDelete
  50. Apakah disingapore masih bisa menggunakan nomor seluler indonesia?? Karena saya tidak bisa meninggalkan telp karena harus selalu terhubung urusan pekerjaan. Terima kasih

    ReplyDelete
  51. Kak kalo ke singapura selama 3 hari terus saya hanya bawa uang 150 sgd, apa bisa kak?

    ReplyDelete
  52. nice info mau tanya untuk yang nomor 11 itu kan pake transportasi umum bus sana pake Ez Link kalao pake touris pass bisa jg g ya? terus jika bisanya bahasa indonesia doang apakah g merasa kesusahan untuk disana? maklum bahasa inggris saya masih pasif cman bisa mengartikan tapi untuk membalas omongan blum bisa. terimakasih

    ReplyDelete
  53. Permisi kak mau nanya nih... Rencananya tahun depan mau ke singapore, tp suami saya gak punya last name denger2 itu bisa jd masalah di pihak imigrasi solusinya gimana yya kak. Apalagi suami saya gak bisa bahasa inggris. Trimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya sih ngga masalah klo di passport tidak memiliki last name. namun klo mau aman bisa saja request ke kantor imigrasi untuk menabahkan nama orang tua sebagai last name seperti para jemaah umrah atau haji yang namanya hanya 2 kata saja di tambah nama orang tua dibelakangnya agar bisa jadi 3 suku kata sebagaimana persyaratan dari arab saudi.

      Delete
  54. Terimakasih infonya sangat bermanfaat.
    Barang kali ada yang cari sepatu travellingnya bisa mampir ke toko kita di
    www.geraisepatuonline.com

    ReplyDelete
  55. trim's sangat bermanfaat infonya, mw tanya mas kalo ke singapur jalur laut gmn y dari bandara hang nadim? ticket penyebrangan batam singapur yg murah dmn? trim's

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tiket dari batam menyebrang ke singapura bisa beli di agen resmi di bandara atau di terminal ferrynya. setahu kami harganya sama cuma beda masa berlaku tiketnya saja nah jadi yg penting beli di konter yang resmi ya. klo mau langsung nyebrang seharusnya tidak masalah.

      Delete
  56. Hello Semua. Mari berkongsi info terbaru..Nampaknya currency Singapore semakin menaik & MYR pula menurun.. Jadi harga semua berubah seperti harga perbelanjaan dalam Singapura. Terbaru info in FEB 2017 jika MYR to SGD rate dalam minimum 3.2 (ada juga Money Changer caj higher seperti kalau di Bugis Singapura ada yang ambil 3.33, tinggi kan? Kene hati-hati juga dalam memilih money changer ya)
    .
    Btw, Jika anda ingin dapatkan tiket masuk SEA AQUARIUM pada harga murah, sila hubungi saya. Boleh beli & BOOK awal. Harga promosi: SGD 35/MYR 112 sahaja (Adult) dan SGD 25/ MYR 80 sahaja (CHILD). USS pula MYR 211 per adult sahaja (est S66). Pakej USS with 2 ways transfer via bus from DANGA BAY JB - USS juga ada.
    .
    Tiket original OPEN DATE 3 bulan valid dari tarikh beli. Tiket lain juga ada seperti GARDEN BY THE BAY, SINGAPORE ZOO, WINGS OF TIME, dan banyak lagi..semua pada harga promosi!
    .
    Lawati LOVE TRAVEL page di >>> http://lovetravel-love.blogspot.com & >>> www.facebook.com/lovetravel86 .
    PIC Jessica, Love Travel (whatsapp: +6012-7760219) Email: jessica.travel8686@gmail.com

    ReplyDelete
  57. sangat pas.. infonya menarik!! Good

    salam http://balitours99.net/

    ReplyDelete
  58. Mungkin ada yg mau backpacker bareng, biar sama2 jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan brgktnya mas? dari kota mana?

      Delete
  59. Terimakasih infonya, semoga bisa terwujud ke singapura. Amin hehe, tuhan berkati~

    ReplyDelete
  60. Terimakasih infonya, semoga bisa terwujud ke singapura. Amin hehe, tuhan berkati~

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juga. semoga bermanfaat dan menginspirasi ya. senangnya bisa berbagi hal positif ke sesama.

      Delete
  61. Terima kasih informasinya. Sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama kang asep, semoga bermanfaat dan menginspirasi.

      Delete
  62. halo salam kenal.. mau ikutan tanya, untuk kartu tourist pass nya apakah ada di setiap stasiun MRT atau hanya ada di stasiun MRT tertentu? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo di bandara changi ada di terminal 2. untuk di stasiun terngah kota hanmpir semua stasiun menjual tourist pass utk semua transportasi umum di singapura.

      Delete
    2. Simcard di singapura yg bagus dan harga ramah apa ya ??

      Delete
    3. jujur kami blm pernah beli simcard di singapura karena lumayan mahal, jadi ngga bisa kasih rekomendasi ya, karena kami selama ini hanya mengandalkan free wifi aja hehehe

      Delete
  63. Kak. Untuk MRT. Yg saya liat di maps, saya kan mau ke Buona Vista, itu jalur mrt nya warna ijo di maps. Itu yang ijo jalurnya atau kereta MRT nya warna ijo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada stasiun di buona vista, ini jalur East West Line dan juga jalur the Circle Line, jadi bisa naik kedua jalur kereta ini karena stasiun buona vista itu stasiun interchange/ pertemuan/ pertukaran.

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.