Friday, January 22, 2016

10 Tips Tetap Sehat Dan Fit Saat Traveling/ Liburan



10 Tips Tetap Sehat Dan Fit Saat Traveling/ Liburan

Ketika traveling tentunya kita sudah memiliki beragam rencana yang telah disusun untuk memaksimalkan waktu liburan yang ada. Ada tipe pejalan yang membuat itinerary terjadwal secara rinci mengenai susunan rencana perhari dan waktu ada juga yang hanya membuat itinerary secara gambaran umum saja mengenai tempat mana saja yang hendak dikunjungi tanpa terikat waktu atau lebih fleksibel. Namun persamaan kedua tipe pejalan tersebut setiap rencana yang telah dibuat dapat berantakan jika tiba-tiba menderita sakit ditengah perjalanan dimana sakit memang kerap datang tak terduga.
Sakit bisa saja datang baik karena pola makan yang tidak dijaga saat traveling, karena faktor cuaca yang kerap kali berbeda dengan tempat kita berasal, faktor minum obat (bagi yang sakit) yang tidak teratur atau faktor penyebab lainnya. Untuk membuat traveling liburan kita dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana berikut 10 tips untuk tetap sehat dan fit saat traveling serta cara pencegahannya agar tidak sampai sakit ditengah perjalanan nanti.

Simak 10 Tips Tetap Sehat Dan Fit Saat Traveling/ Liburan Berikut.

1.      Buat Perencanaan Yang Matang
Pelajari terlebih dahulu destinasi yang akan kamu tuju untuk berlibur. Buatlah rencana yang cukup matang mengenai tempat mana saja yang akan kamu kunjungi di hari yang sama. Kunjungilah tempat tersebut berdasarkan zonasi atau sesuai jarak yang berdekatan agar dapat memaksimalkan waktu dan tenaga yang ada. Jika salah dalam perencanaan ini yang ada kamu dapat lebih banyak menghabiskan waktu di jalan dan menguras tenaga sehingga membuat perjalanan dalam liburan kamu menjadi melelahkan. Disaat kelelahan dan kondisi tubuh yang kurang fit seperti inilah penyakit bisa saja menyerang tubuh kita. Ketahui batas daya tahan tubuh yang dapat kita jalani, jangan paksakan agar bisa mengunjungi semua tempat wisata yang direkomendasikan namun mengorbankan kesehatan.

Buat Perencanaan Yang Matang, Mempelajari Peta Wisata Salah Satunya.

2.      Awali Dengan Sarapan
Ketika sedang liburan tidak sedikit orang yang melewatkan sarapan baik karena sengaja bangun siang, karena bangun terlalu pagi untuk mengejar sunrise atau tentunya banyak juga karena terburu-buru untuk mengejar jadwal yang telah direncanakan. Namun satu hal yang harus kamu ketahui sarapan pagi memiliki manfaat yang penting bagi tubuh kita salah satunya sebagai energi untuk menjalani hari.
Menurut penelitian orang yang mengabaikan sarapan lebih cenderung cepat merasa lapar sehingga ketika jam makan siang akan mengkonsumsi porsi makanan yang lebih banyak sehingga dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang menjadi salah satu penyebab diabetes. Karena itulah orang yang sarapan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena diabetes dibandingkan orang yang tidak sarapan.
Manfaatkan Sarapan Di Penginapan Untuk Mengisi Perut di Kala Pagi

3.      Perbanyak Minum Air Putih, Kurangi Soda
Ketika traveling umumnya kita akan berada banyak berada diluar ruangan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata menarik. Semakin banyak kita bergerak dan berkeringat tentunya semakin banyak air yang dibutuhkan untuk dikonsumsi agar tidak dehidrasi. Namun saat traveling baiknya perbanyaklah minum air putih agar cairan dalam tubuh tetap seimbang dan membuat tubuhmu tetap segar. Kurangi konsumsi minuman bersoda dan manis karena dapat membuat berat badan dan menjadi salah satu penyebab diabetes

Kurangi Soda, Perbanyak Air Putih

4.      Hindari Stres
Less Expectation, More Happiness. Ketika sedang traveling/ liburan jangan berekspektasi terlalu tinggi terhadap apapun karena ketika kamu mendapatkan dan menjumpai hal yang tidak sesuai dengan ekspektasimu maka kamu akan kecewa. Semakin tinggi ekpektasinya semakin tinggi juga rasa kecewanya. Dengan tidak terlalu berekpektasi maka ketika kamu mendapatkan atau menjumpai hal yang lebih menyenangkan dibanding ekpektasimu sebelumnya maka kebahagiaan yang dirasakanpun akan terasa lebih menyenangkan.
Sebagai contoh kamu berekpektasi bisa menikmati sunset yang indah dengan suasana yang tenang namun ketika sampai ditempat yang telah kamu idamkan kenyataannya berbanding terbalik misalnya sunsetnya tidak terlalu indah karena mendung dan suasananya terlalu ramai dipadati turis lainnya karena musim liburan. Contoh lainnya kamu berekpektasi dapat mengunjungi semua destinasi yang telah kamu rencanakan namun karena tertinggal bus atau karena kondisi jalan yang macet membuat beberapa rencanamu berantakan. Apabila kamu menghadapi hal tersebut tetaplah relax dan tidak stress, karena kabarnya stress itu salah satu penyebab diabetes loh. Selalu ingat kita traveling liburan untuk mencari kesenangan dan refreshing kan? Jadi tetaplah bahagia dan hindari stress di perjalanan.
Nikmati Setiap Perjalanan Kamu Dengan Bahagia
5.      Ngemil Secukupnya
Saat traveling tentunya kita ingin sekali menjajal semua menu kuliner yang khas di tempat yang kita kunjungi. Namun ada baiknya kita juga mengetahui batas kemampuan tubuh kita (dan batas budget kantong kita tentunya) agar tidak berlebihan. Tipsnya apabila kamu melihat banyak kuliner yang menarik untuk dicoba belilah dalam porsi kecil atau sharing dengan teman seperjalanan kamu agar tidak ngemil secara berlebihan. Karena kalo perut kamu terlalu kenyang dan kembung dapat membuat perjalanan kamu kurang menyenangkan.
Beberapa Cemilan Manis Yang Menggugah Selera di Kota Phuket Thailand Yang Menggiurkan Untuk dicoba

6.      Hindari Junk Food, Makanlah Dengan Menu Yang Lebih Sehat
Ketika kita traveling tentunya kita akan tergiur dengan sajian beragam kuliner khas disana. Jadi cobalah menu-menu tersebut khususnya yang sehat. Namun untuk umat muslim ketika berkunjung keluar negeri khususnya ke negara dengan muslim sebagai minoritas umumnya terpaksa memakan junk food yang dijual di franchise ternama. Namun jika memungkinkah cobalah alternatif junk food yang lebih sehat misalnya sandwich yang dilengkapi dengan sayur atau salad yang di beberapa gerai junk food juga menjual menu ini.
Contoh menu Junk Food Yang dijual di Pasar atau Pinggir Jalan di Thailand
7.      Konsumsi Buah Dan Sayur
Untuk menyiasati agar menu tetap sehat dan seimbang ada baiknya membeli makanan pendamping yang dilengkapi dengan sayur agar kebutuhan serat terpenuhi. Hal ini untuk menghindari perut kita terasa begah atau mengalami gangguan pencernaan sehingga dapat menggangu kenikmatan saat traveling. Jika diperlukan konsumsi juga susu yang sesuai dengan kebutuhan kamu agar menjadi 4 sehat 5 sempurna.
Jika Memungkinkan Hindari Junk Food Yang Berlebihan, Jaga Pola Makan Dengan Gizi Seimbang

8.      Bawa Obat Yang Dibutuhkan
Jika kamu sedang mengidap penyakit atau untuk antisipasi sakit bawalah obat-obatan yang diperlukan dan simpanlah obat tersebut dalam tas khusus yang senantiasa kamu bawa kemanapun. Untuk orang Indonesia tidak ada salahnya membawa minyak kayu putih atau minyak telon just in case masuk angin saat diperjalanan. Apabila kamu diabetes bawalah obat syringes dan insulin yang cukup yang telah disesuaikan dengan berapa lama kamu traveling.

9.      Olahraga Ringan
Saat traveling tidak ada salahnya tetap menjaga kebugaran tubuh dengan cara olahraga ringan. Umumnya ketika liburan akan banyak melakukan kegiatan aktivitas luar ruangan seperti berjalan kaki, namun jika memungkinkan sebelum berangkat lakukan sedikit pemanasan untuk pelemasan otot sebelum banyak bergerak atau setelah kembali ke penginapan lakukan sedikit pendinginan otot untuk melemaskan otot yang tegang. Jika ada kolam renang di penginapan tidak ada salahnya berenang untuk membuat tubuhh rebih rileks. Dengan begitu kesehatan kita akan tetap terjaga dan rencana traveling di hari berikutnya dapat berjalan sesuai rencana dengan tubuh yang lebih segar.
Tetap Berolahraga Ringan Saat Traveling
10.  Istirahat yang Cukup
Disaat kamu traveling dan memiliki jadwal yang cukup padat yang dimulai dari pagi hingga malam hari namun satu hal yang harus yang penting kamu penuhi yaitu istirahat yang cukup. Jangan paksakan tubuh untuk terus menjelajah mengunjungi ke semua tempat tanpa mengenal waktu dan usahakan tetap tidur tidak kurang dari 6 jam agar kondisi tubuh tetap bugar. Karena apabila kurang istirahat dan tidur kurang berkualitas akibatnya metobolisme dapat teranggu dan kemampuan tubuh memproses glukosa menurun drastis dan menjadi salah satu penyebab diabetes. Tidak hanya itu apabila kurang tidur di keesokan harinya wajah tidak terlihat segar dan tubuh terasa kurang bugar untuk menjalankan segala rencana travelingmu.
Istirahatlah Yang Cukup Agar Tetap Sehat Saat Traveling
 Semoga 10 tips diatas dapat berguna untuk menjaga kebugaran dan kesehatan kamu ketika melakukan traveling/ liburan. Semoga bermanfaat. 

Follow my instagram @travelographers , twitter account @travelographers 
 and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :) 

6 comments:

  1. Banyak duit juga berpengaruh kak :-)
    Denganbanyak duit maka pikiran tenang jadi jarang stress saat liburan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu sakah satu obat paling mujarab ya cum. haahaha

      Delete
  2. Jd inget dulu pas di Bali, niatan ga sarapan karena lagi diet *eh*, yg ada malah pas lagi jalan jd lemes ... akhirnya ga ngelanjutin jalan dulu, tp makan dulu dan minum yg manis2. Langsung deh segerrr :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia timo selain buat tenaga, hemat waktu (untuk mencari makan diluar) sama juga bisa hemat biaya hehe..

      Delete
  3. ane tambahin 1 konsumsi vitamin ehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya bro bener banget nih. vitamin C bagus buat menjaga daya tahan tubuh, secara kalo traveling fisik bakal dikuras banget hehehe..

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.