Sunday, January 18, 2015

Ketika 1600 Panda nge-Mall di Publika Solaris Duta Mas Kuala Lumpur

1600 Panda di Lobby Publika Shopping Mall, Kuala Lumpur

Dari tanggal 13 Januari 2015 sampai 25 Januari 2015 kemarin ada pemandangan yang berbeda dari hari-hari sebelumnya di Publika Shopping Mall, Solaris Duta Mas Kuala Lumpur Malaysia. Yang biasanya tempat ini selalu diramaikan oleh ribuan manusia yang memadati tempat ini baik untuk berbelanja atau nongkrong di café-café dan restoran yang tersebar di Mall ini kini juga diramaikan oleh ribuan panda yang berkumpul di lobby lantai 1. Totalnya terdapat sekitar 1600 patung panda yang dibuat dari kertas daur ulang dalam berbagai pose, emosi dan ukuran yang dibuat oleh seorang pematung asal Prancis yang bernama Paulo Grangeon.
Keberadaan panda-panda ini bukan tanpa alasan melainkan dalam rangka menjalankan misi untuk mempromosikan pesan konservasi panda untuk kelangsungan hidup binatang yang sudah terancam punah. Hal ini tercermin pada jumlah patung panda tersebut yakni 1600 ekor sebagai representasi simbolis dari jumlah panda yang tersisa di bumi ini. World Wildlife Fund (WWF) sebagai NGO lembaga konservasi yang peduli akan pentingnya kelangsungan alam dan mahluk hidup yang tinggal didalamnya mengusung acara 1600 Panda World Tour in Malaysia dengan tema 'Initiating the Culture of Creative Conservation' dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran setiap orang khususnya warga Malaysia akan pentingnya menjaga kelestarian alam.
Kepadatan Pengunjung Yang Tertarik Untuk Melihat Panda Lebih Dekat
Beberapa Atribut Mengenai 1600 Panda Sudah Terpajang Sejak Depan Pintu Masuk Utama
Pintu Masuk Publika Shopping Mall, Kuala Lumpur
Dari Ujung ke Ujung, Lobi Mall di Penuhi 1600 Panda!
Berbagai Ekspresi 1600 Panda Yang Dipamerkan di Publika Shopping Mall, Kuala Lumpur
Berbagai Ekspresi 1600 Panda Yang Dipamerkan di Publika Shopping Mall, Kuala Lumpur
Berbagai Ekspresi 1600 Panda Yang Dipamerkan di Publika Shopping Mall, Kuala Lumpur
Berbagai Ekspresi 1600 Panda Yang Dipamerkan di Publika Shopping Mall, Kuala Lumpur
Berbagai Ekspresi 1600 Panda Yang Dipamerkan di Publika Shopping Mall, Kuala Lumpur

WWF mengemasnya kampanyenya dengan cara yang menarik. Keberadaan ribuan panda dalam berbagai pose, emosi dan ukuran ini dalam rangka menjalankan misi untuk mempromosikan pesan konservasi ini sukses menarik ribuan pengunjung untuk datang serta dapat berpartisipasi di dalamnya. Pesan tersebut disampaikan melalui spanduk dan billboard yang dipasang di area pemajangan 1600 Panda World Tour in Malaysia di Publika Shopping Mall. Tak hanya itu penyelenggara juga menampilkan pameran foto-foto 1600 panda yang telah berkeliling dunia mengunjungi berbagai landmark beberapa negara yang telah dikunjungi ribuan panda ini dalam rangka kampanye konservasi alam.
Pameran Foto 1600 Panda World Tours di Beberapa Negara
Pameran Foto 1600 Panda World Tours di Beberapa Negara 
Setiap pengunjung yang mendukung upaya konservasi WWF dapat melakukan donasi melalui pembelian merchandise yang dijual di Market Place yang dibangun diarea pemajangan 1600 panda itu. Merchandisenya dikemas dengan baik dan dijual dengan harga yang terjangkau mulai dari boneka, post card atau photo print, payung dan berbagai produk lainnya. Selain donasi dengan cara membeli merchedise di bagian Info Zone didirikan sebuah tempat pendaftaran untuk berpose bersama panda-panda tersebut.  Dari panjangnya antrean yang mengular begitu panjang rasanya pengelola telah sukses untuk mendorong minat setiap pengjunjung yang datang untuk berdonasi melalui foto. Dana yang terkumpul dari event ini rencananya akan disalurkan untuk mendukung upaya konservasi WWF-Malaysia.
Market Place, Tempat Membeli Merchandise Panda yang Lucu Sekaligus Berdonasi Untuk Konservasi
Antrean di Info Zone Untuk Pendaftaran Berfoto Diantara Ribuan Panda
Antrean di Info Zone Untuk Pendaftaran Berfoto Diantara Ribuan Panda

Terlihat Ada Beberapa Orang Yang Sedang Berpose Di Tengah-tengah Panda
1600 Panda Yang Berserakan Dengan Berbagai Ekspresi
1600 Panda Yang Berserakan Dengan Berbagai Ekspresi

1600 Panda Dilihat Dari Atas

Tak hanya di dalam ruangan pihak WWF juga menggelar acara ini dibagian outdoor Publika Shopping Mall. Di bagian ini selain terdapat beberapa stand yang menjual merchandise juga terdapat sebuah panggung besar yang bertemakan Hug Hug Zone, sebuah panggung yang diperuntukan setiap pengunjung dapat berpose memeluk boneka panda untuk kenang-kenangan. Walaupun tak seramai di hall utama namun panggung ini juga begitu diminati oleh berbagai kalangan khususnya orang yang enggan untuk mengantre panjang di hall utama.
Salah Satu Ornamen 1600 Panda Malaysia di Publika Solaris Shopping Mall, Kuala Lumpur
Panggung Hug Hug Zone di Luar Ruangan Yang Menarik Banyak Orang Untuk Memeluk Panda
 Melihat ribuan panda dalam rangka menjalankan misi untuk mempromosikan pesan konservasi keberlangsungan hidup binatang yang terancam punah khususnya panda ini langsung sejenak membuatku berpikir. Mungkinkan pemerintah kita dapat berkolaborasi dengan NGO dan para seniman negeri kita dapat membuat agenda sejenis dalam rangka meningkatkan kesadaran tentang pentingnya upaya kelestarian dan keseimbangan alam melalui upaya konservasi khususnya binatang asli dari Indonesia yang sudah banyak yang terancam punah akibat laju eklopitasi alam yang tak terkendali? Ya mungkin saja binatang seperti orang utan, badak bercula satu, harimau sumatera, gajah, komodo. hiu atau burung cendrawasih dapat menjadi ikon seperti panda ini.
Untuk melihat foto-foto 1600 Panda World Tour in Malaysia lainnya bisa cek di postingan lainnya sebagai berikut:

Follow my instagram @travelographers , twitter account @travelographers 
 and google plus account +shuTravelographer

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.