Friday, May 16, 2014

Daftar Oleh-Oleh Khas Serambi Mekah Aceh

Penjual Oleh-Oleh di Provinsi Aceh, Indonesia

       Salah satu budaya orang Indonesia ketika berpergian yaitu membawa buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat terdekat. Rasanya ada yang kurang jika kita kembali ke rumah tanpa bawa oleh-oleh. Jangankan pada saat kita mau pulang kembali ke rumah, sebelum pergi saja biasanya sudah ada saja yang menitip atau memesan dibawakan oleh-oleh seperti halnya teman seperjalananku ini yang dititipkan membawa oleh-oleh Roti Boi Khas Aceh.
         Karena titipan itu sebelum pulang kamipun menyempatkan untuk mampir ke toko yang menjual aneka makanan untuk oleh-oleh khas Aceh.
Jika kamu pergi ke serambi mekah Provinsi Aceh, berikut beberapa oleh-oleh yang dapat kamu beli untuk dibawa pulang untuk keluarga atau kerabat dekat.
* Roti/ Bolu Boi
* Karah Aceh
* Kue Sepet Aceh
* Dodol Nanas Aceh
* Kopi Aceh
* Kue Badarateuk
* Lumpia Abon
* Kue Bawang Isi Abon Sapi
* Asam Manis Pedas
* Ikan Kayu Aceh
* Denden Ikan Manis Aceh
* Deden Sapi Aceh


Dari makanan tersebut yang menurut saya patut untuk dicoba yaitu dendeng ikan kayu yang merupakan oleh-oleh khas Aceh. Dendeng ikan kayu tersebut sudah dilengkapi bumbu sehingga kita bisa langsung membersihkan dan memasaknya menjadi hidangan yang lezat. Roti /Bolu boi yang merupakan kue khas di Aceh pun cukup enak dengan tekstur yang lembut. Dan salah satu hal yang patut dicoba yaitu dodol nanas khas aceh yang agak sulit ditemui di daerah lain diluar Aceh. Selamat Berbelanja.
Punya rekomendasi oleh-oleh lain khas Aceh? Mari kita saling berbagi disini.

Telah Terbit Buku Karya Saya Yang Berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina.
Telah terbit buku karya saya yang berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Penasaran bagaimana Trilogy buku ini? Baca Sinopsis lengkapnya disini : Buku Trilogy Overland - Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Sebuah memoar perjalanan jalur darat melintasi perbatasan 13 negara Asia Tenggara dan Daratan Cina.
Untuk teman-teman yang mau order atau tanya informasi detailnya boleh direct whatsapp ya +6287887874709. Bisa juga DM Instagram @travelographers,  beli di website Leutikaprio atau di link marketplace ini ya.
* Tokopedia
* Shopee
* Bukalapak


Follow my instagram @travelographers & twitter account @travelographers 


6 comments:

  1. Kopi arabika gayo juga mantap tuh, ada Biecoffee, Leuser Coffee dan lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah terima kasih atas masukannya Aulia. semoga ada kesemaptan lagi untuk kembali ke ACeh jadi bisa nyicip kopi Biecoffee dan Leuser Coffee juga..

      Salam ransel.

      Delete
  2. Kayaknya familiar nih tokonya... Itu di pinggir jalan yang mau ke pantai Lampuuk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita mampir di warung yang posisinya ada disebelah kanan jalan ketika dari puncah Geurute menuju Banda Aceh.

      Delete
  3. untuk pemesana resaler bagaimana caranya ???? ada nomor telepon yang bisa di hubungi, saya dari jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas tjahjo. wah saya hanya sharing mas hehe.. mungkin bisa di google kali ada ada agen di aceh yang mencari reseller. :)

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.