Thursday, May 2, 2013

Tips Menekan Biaya Penginapan saat Backpackeran



Backpacker Hostel yang saya tempati ketika berada di Jepang
Masalah klasik yang ditemui hampir semua pejalan yaitu keterbatasan waktu untuk melakukan traveling baik karena keterbatasan cuti maupun terasa terlalu banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Masalah klasik lainnya tentunya juga keterbatasan dana yang membuat kita harus membuat perencanaan yang matang untuk memaksimalkan waktu yang ada dan melakukan efesiensi pengeluaran ketika traveling.
Dengan perencanaan yang matang yang dapat kita lakukan melalui riset sebelum traveling mengenai tempat yang ingin kita tuju serta penginapan yang tepat tentunya dapat menekan pengeluaran ketika traveling dan budgetnya bisa dialokasikan untuk pengeluaran lain seperti transportasi,  wisata kuliner atau untuk oleh-oleh.

Berikut beberapa tips untuk menekan biaya penginapan:


1. Hostel berlokasi Strategis
Pilihlah penginapan yang berupa hostel yang menawarkan harga menginap yang lebih murah dibandingkan hotel. Tidak hanya pilih yang murah faktor lain yang perlu diperhatikan yaitu pilihlah lokasi hostel yang strategis dekat dengan pemberhentian bus, stasiun MRT/LRT dan moda transportasi lainnya. Karena jika hanya terpaku pada harga yang murah tetapi lokasinya agak jauh tentunya membuat perjalanan menjadi kurang praktis bahkan bisa menambah biaya transportasi untuk menuju hostel tersebut.
Simpan dengan baik petunjuk arah dan denah lokasi yang diberikan diwebsite hostel atau portal website untuk melakukan reservasi hostel tersebut untuk memudahkan dalam melakukan pencarian lokasi. 
Cek lokasi tempat penginapan dan pelajari akses transportasinya
 2. Memilih Kamar Dormitory
Untuk anda yang berpergian sendiri atau kelompok kecil rasanya memilih kamar dormotiry adalah pilihan yang tepat karena harganya paling murah. Kamar dormitory merupakan kamar yang didalamnya terdapat beberapa kasur yang bertingkat seperti halnya tidur di asrama. Akan ada pengalaman yang menarik ketika pertama kali mencoba menginap dikamar dormitory yaitu bisa berteman dengan berbagai pejalan dari penjuru dunia. Saling berbagi cerita bahkan bisa menjadi teman seperjalanan.
Ini kamar dormitory yang saya tempati ketika di Hanoi, tempat tidurnya bertingkat
Ini kamar dormitory yang saya tempati ketika di Thailand, tempat tidurnya berjejer
3. Perjalanan malam hari
Untuk mengurangi biaya penginapan, jika memungkinkan lakukan perjalanan yang panjang seperti pindah dari satu kota ke kota lain pada malam hari. Dengan melakukan perjalanan dimalam hari berarti kita bisa tidur di bus, kereta, pesawat atau kapal sehingga dapat menghemat pengeluaran penginapan untuk malam itu. Hal ini sejalan dengan memaksimalkan waktu untuk menjelajah lebih banyak.
Mobil Travel antar kota di Thailand

Kereta dengan kelas penumpang Hard Sleeper di China yang menyediakan fasilitas tempat tidur
 4. Tidur di Bandara
Seringnya tiket promo yang ditawarkan maskapai penerbangan memiliki jadwal penerbangan yang kurang bersahabat, entah berangkat dijam dini hari atau mendarat hampir tengah malam. Untuk menyiasatinya sebagian orang seperti saya akan memilih bandara untuk menginap karena selain dapat menghemat biaya penginapan satu malam, kita bisa menghemat biaya transportasi untuk taksi ketengah kota pada malam hari dikarenakan umumnya fasilitas bus atau kereta sudah tidak beroperasi di jam tersebut.


Tidur dibandara bisa menjadi alternatif untuk menghemat pengeluaran
 5. Berteman dengan Komunitas
Untuk sebagian pejalan yang bergaul dengan komunitas backpacker umumnya akan saling bantu dan memberikan tumpangan gratis bagi setiap kawannya yang sedang singgah ke kota tempat ia tinggal. Hal ini terjalin karena asas saling percaya dan tolong menolong antar sesama pejalan yang dilakukan dengan sukarela. Salah satu contohnya yaitu anda dapat berteman dengan komunitas sejenis Couchsurfing dan forum-forum backpacker lainnya.

Berteman dengan komunitas
 Diantara kamu ada juga yang punya pengalaman dan tips untuk menekan biaya penginapan? Bisa meninggalkan komen dan saling berbagi cerita tips dan triknya untuk saling berbagi.

Follow me on Instagram & Twitter account : @travelographers


Baca artikel lain terkait mengenai hostel dan penginapan murah :
Tips Menekan Biaya Penginapan saat Backpackeran
Tips Mencari Penginapan Dengan Cara Go Show
Tips Menentukan Hostel Yang Tepat dan Murah
Kelebihan Menginap di Hostel dibanding Hotel

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.