Tuesday, April 10, 2012

Berakhir pekan di Kepulauan Seribu dari Tanjung Pasir

Siluet Senja di Tanjung Pasir

     Masalah klasik untuk sebagian besar orang untuk berlibur yaitu karena budget dan waktu. Atau bisa juga untuk sebagian orang sudah mulai bosan dengan tempat berakhir pekan yang itu-itu saja, sebagai contoh sudah sangat umum orang yang tinggal di sekitar Jabodetabek akan menghabiskan waktu weekend nya untuk pergi kedaerah Bogor, Puncak, Ancol atau pantai Anyer.
    Bagi kamu yang tinggal disekitar Jabodetabek yang hanya memiliki waktu 1 hari untuk berlibur dengan budget tak lebih dari 100 ribu rupiah, tak ada salahnya untuk mencoba menuju kepulauan seribu yang terdekat melalui tanjung pasir.
    Tentunya untuk sebagian orang akan muncul pertanyaan seperti : Loh? Memang bisa, bukannya untuk ke kepulauan seribu harus menginap? bukannya budgetnya lebih dari 200 ribu? dan mungkin puluhan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Perahu yang bersandar di Tanjung Pasir
    Umumnya untuk menuju Kepulauan Seribu, para wisatawan melalui pintu gerbang dermaga Muara Angke atau Marina Ancol dengan tujuan utama yaitu Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Kelapa dan Pulau Untung Jawa yang detailnya akan saya ceritakan di artikel selanjutnya dimana untuk kali ini akan saya ceritakan bagaimana menuju Kepulauan Seribu melalui Tanjung Pasir.
    Untuk menuju tanjung pasir dapat dicapai dengan kendaraan roda dua atau roda empat dari Jakarta atau Tangerang dapat melalui jalan dari Daan Mogot menuju Kamal kemudian menyelusuri jalan menuju Kampung Melayu dan Tanjung Pasir. Alternative lain yaitu melalui  Jalan raya Salembarang dari belakang Bandara Soekarno Hatta menuju Jalan raya Tanjung Pasir, Teluk Naga.
    Dalam perjalanan menuju Tanjung Pasir, anda juga akan melalui penangkaran buaya dan beberapa tempat pemancingan yang bisa dimasukan dalam list kunjungan jika memiliki waktu lebih. Di Tanjung Pasir telah disediakan tempat parkir untuk kendaraan yang letaknya tak jauh dari tempat perahu-perahu bersandar dimana ditempat ini tak ada dermaga, sehingga kita perlu naik jembatan yang disiapkan anak buah kapal untuk naik ke perahu, jadi siap-siap untuk sedikit basah jika laut sedang pasang.
 
 

    Pulau terdekat dari Tanjung Pasir yang umumnya dikunjungi yaitu pulau Untung Jawa dan pulau Rambut dengan ongkos kurang lebih 15,000 rupiah pulang pergi dimana anda akan di drop dipulau dan akan dijemput ketika anda berencana untuk kembali. Untuk bersandar ke pulau Rambut perlu perizinan terlebih dahulu dikarenakan ini merupakan pulau yang dilindungi untuk pelestarian burung, sedangkan pulau Untung Jawa anda hanya dikenakan biaya retribusi kurang lebih 2000 rupiah per orang saat masuk ke pulau ini untuk mengunjungi hutan taman bakau.

    Jika punya waktu lebih, bisa juga menginap di pulau Untung Jawa dimana beberapa rumah warga dijadikan homestay untuk bermalam. Selain dua pulau ini, masih ada beberapa pulau-pulau lain disekitar yang patut anda kunjungi diantaranya pulau Onrust yang bersejarah, pulau Kelor Cipir yang terdapat bangunan tua ditengah pulau kecil ini serta pulau Bidadari yang terdapat benteng kuno. Untuk ketempat ini, tentu saja butuh tambahan ongkos yang dapat dinegosiasi ke anak buah kapal untuk mengantarkan anda kepulau-pulau ini. Umumnya jika saya kesini untuk keperluan photo prewed client saya. Selamat berakhir pekan.

Follow me on twitter : @travelographers

Telah Terbit Buku Karya Saya Yang Berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina.
Telah terbit buku karya saya yang berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Penasaran bagaimana Trilogy buku ini? Baca Sinopsis lengkapnya disini : Buku Trilogy Overland - Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Sebuah memoar perjalanan jalur darat melintasi perbatasan 13 negara Asia Tenggara dan Daratan Cina.
Untuk teman-teman yang mau order atau tanya informasi detailnya boleh direct whatsapp ya +6287887874709. Bisa juga DM Instagram @travelographers,  beli di website Leutikaprio atau di link marketplace ini ya.
* Tokopedia
* Shopee
* Bukalapak



14 comments:

  1. Wahh... Thanks banget bro infonya, pas banget lagi butuh bantuan mencari wisata murah ke pulau seribu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.. semoga informasinya bermanfaat.. indahnya saling berbagi :)
      selamat liburan..

      Delete
  2. Oh ya kalo masalah biaya semua, berapa duit yg anda keluarkan, thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena waktu kesana naik motor, biaya buat bensin PP sekitar 20ribuan. parkir motor 10 ribu, biaya menyebrang PP utk saat ini kurang lebih 30 ribu, beli makanan disana mulai dari 15 ribu perporsi.
      kalau dengan mobil lebih enak dan tidak cape, supaya murah bisa pergi rame" untuk share cost bensinnya.. hehe

      Delete
  3. Info yg sangat bermanfaat. Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih amin wahyudi, semoga bermanfaat ya.
      indahnya berbagi dan salam kenal :)

      Delete
  4. untuk penyebrangan melalui tanjung pasir apa bisa untuk menyebrang ke pulau ayer juga?
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. umumnya yang menyebrang ke pulau ayer dari dermaga marina ancol, kalo dari tanjung pasir terlalu jauh dan mahal karena ngga ada jadwal / rutenya.

      Delete
  5. mau tanya .. kalau mau ke pulau tidung dari tanjung pasir dikenakan biaya brp per org biasanya?? rencana saya thn baru mau kesana sama keluarga sekitar 10 org ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau ke pulau tidung baiknya dari muara angke atau marina karena dari tempat itulah ada banyak jadwal perahu untuk umum yang menuju ke pulau tidung. kalo dari tanjung pasir sejauh yang saya tahu tidak ada jadwal reguler kecuali mau charter kapal sendiri dan pastinya bakal jadi lebih mahal.

      Delete
  6. Klo untuk 1 hari pulau apa yg bagus yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo punya budget lebih 1 hari bisa beli paketan speed boat dari marina bay ke pulau pramuka atau tidung. tapi semisal budget terbatas bisa ke pulau" terdekat dari teluk jakarta yaitu pulau cipir, kelor, onrust, untung jawa. beberapa travel agent/ open trip jual paketnya kisaran 80-100 rb saja. mayan buat liburan diakhir pekan.

      Delete
  7. Kalau mau ke pulau ayer dan pulau bidadari bs gak nyerbrang lewat tanjung pasir. Dan budget nya berapa

    ReplyDelete
  8. Masuk nya yg dri pos AL itu bukan om di tanjung pasirnya

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.