Thursday, May 10, 2018

30 Tips dan Panduan Lengkap Liburan ke Singapore Zoo, River Safari, Night Safari dan Jurong Bird Park di Singapura


Gerbang masuk ke Singapore Zoo
Negara tetangga yang menjadi salah satu destinasi terfavorit orang-orang Indonesia untuk berlibur ini memiliki kebun binatang hutan hujan terbaik di dunia yang dikenal dengan nama Singapore Zoo. Di kawasan yang sama terdapat Night Safari yang merupakan kebun binatang malam hari pertama di dunia serta River Safari yang merupakan suaka marga satwa pertama dan satu-satunya di Asia yang memiliki tema kehidupan di sungai dari berbagai penjuru dunia. Nah bagi kamu yang mau melihat panda maka tempat yang harus kamu kunjungi yaitu River Safari. Sedangkan untuk melihat beragam burung tempatnya yaitu di Jurong Bird park,  jadi jangan salah ya karena setiap area kebun binatang di Singapore Wildlife Reserve ini memiliki ciri khas dan kelebihan masing-masing sesuai temanya. Dengan keunggulan tersebut tentunya Singapura menjadi salah satu destinasi impian untuk liburan keluarga dan wisata edukasi.
Apabila kamu memang sudah merencanakan untuk liburan keluarga ke kebun binatang di Singapura khususnya tanpa travel agent atau mengikuti paket wisata dari Indonesia, mengingat ada 4 area kebun binatang di Singapore Wildlife Reserve yang berada di 2 lokasi yang berbeda maka baca dan pelajari terlebih dahulu tips dan panduan kami berikut ini agar liburan keluarga kamu lebih terencana dan menyenangkan.




1.   Tentukan tujuan
Sebagai informasi di Singapura terdapat 4 tempat wisata yang bertemakan kebun binatang yang dikelola dalam satu group yang sama yaitu Wildlife Reserve Singapore yang berada di dua lokasi yaitu di Jurong dan di Mandai Lake. Untuk Jurong Bird Park berada di Jalan Jurong Hill sedangkan untuk kawasan Kebun binatang di Singapura di kawasan Mandai lake terdapat 3 bagian tempat wisata yaitu Singapore Zoo, River Safari dan Night Safari. Jarak dari kedua lokasi ini cukup berjauhan yaitu sekitar 19 kilometer atau kurang lebih 30 menit dengan kendaraan.
Dalam 1 kawasan ada 3 area kebun binatang yaitu Singapore zoo, river safari dan night safari
Untuk Singapore Zoo memiliki konsep kebun binatang yang dikelilingi hutan hujan dengan beragam koleksi binatang khas dari berbagai penjuru dunia. Untuk River Safari merupakan  suaka marga satwa pertama dan satu-satunya di Asia yang memiliki tema kehidupan di sungai dari berbagai penjuru dunia, disini adalah tempat dimana kamu dapat melihat hewan panda. Yang ketiga adalah Night Safari yang merupakan kebun binatang dengan konsep dikunjungi pada malam hari. Sedangkan untuk Jurong Bird Park berkonsep kebun binatang yang memiliki beragam burung dan unggas dari berbagai penjuru dunia.
Di Singapura juga ada Jurong Bird Park yang memikiki beragam jenis burung dan unggas dari berbagai penjuru dunia

2.   Buat Itinerary Rencana Perjalanan
Setelah mengetahui Wildlife Reserve Singapore memiliki 4 area kebun binatang yang berada di 2 lokasi yang berbeda kemudian tentukan kamu mau mengunjungi area mana saja. Dari pengalaman kami dapat kami rekomendasikan jika kamu tujuan kamu untuk liburan bersama keluarga dan wisata edukasi untuk anak maka minimal luangkan waktu 1 hari penuh untuk mengunjungi kebun binatang di Singapura ini.


Denah/ Peta Jurong Bird Park, Singapura
Denah/ Peta di River Safari Singapura

Jika waktu kamu terbatas kami merekomendasikan untuk mengunjungi Singapore Zoo di pagi hari kemudian di sore harinya untuk masuk ke River Safari. Jika kamu memiiki budget lebih bisa ditambah Night Safari karena kebun binatang tersebut berada di lokasi yang berdekatan yaitu di area Mandai Lake.
Denah/ Peta Safari Night Singapura
 Apabila kamu memiliki budget yang cukup dan waktu 2 hari maka dapat kami sarankan untuk datang ke semua Wildlife Reserve Singapore yang masing-masing kebun binatang tersebut memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri.




3.  Budget Yang Perlu Dipersiapkan
Berapa budget yang dibutuhkan tergantung dari area kebun binatang mana saja yang hendak kamu kunjungi. Apabila kamu memiliki waktu yang cukup dan budget lebih tidak ada salahnya untuk masuk ke semua tempat tersebut yang memiliki ciri khas dan kelebihan masing-masing sesuai temanya. Saran kami untuk menghemat budget janganlah beli tiket secara dadakan, namun belilah secara online sehingga bisa dapat potongan harga sekitar 15 persen atau lebih. Untuk dapat harga tiket yang lebih hemat belilah paket kombo yang disesuaikan dengan mau ke area kebun binatang mana saja yang hendak kami kunjungi di Singapore Wildlife Reserve.
River Safari, Singapura
 Tips agar bisa mendapatkan harga tiket lebih murah dari online yaitu cobalah cari di pameran / travel fair karena umumnya ada banyak promosi salah satunya tiket masuk ke kebun binatang Singapore Wildlife Reserve ini. Dari pengalaman kami setelah membandingkan beberapa website agen perjalanan atau aplikasi pemesanan online ternama seringnya menawarkan harga tiket lebih murah dibandingkan website resminya loh. Yang terpenting belilah tiket di website atau agen terpercaya, karena apabila tidak resmi bisa saja tiket tersebut sudah tidak valid atau palsu sehingga kamu nanti tidak bisa masuk ke dalam kebun binatang Singapore Wildlife Reserver atau harus beli tiket masuk lagi. Untuk detailnya baca point selanjutnya ya.

4.   Harga tiket masuk Single Park Singapore Zoo, River Safari, Night Safari atau Jurong Bird Park
Sebagai gambaran berikut harga tiket masuk Singapore Wildlife Reserve apabila kamu membeli secara online untuk perlokasi.
Singapore Zoo
a.    Untuk ke Singapore Zoo saja dikenakan biaya SGD $33.00 untuk dewasa, SGD $22.00 untuk anak-anak usia 3-12 tahun. Untuk anak dibawah 3 tahun gratis. 
b.   Untuk ke River Safari saja dikenakan biaya SGD $30.00 untuk dewasa, SGD $20.00 untuk anak-anak usia 3-12 tahun. Untuk anak dibawah 3 tahun gratis. 
c.    Untuk ke Night Safari saja dikenakan biaya SGD $45.00 untuk dewasa, SGD $30.00 untuk anak-anak usia 3-12 tahun. Untuk anak dibawah 3 tahun gratis. 
d.   Untuk ke Jurong Bird Park saja dikenakan biaya SGD $29.00 untuk dewasa, SGD $19.00 untuk anak-anak usia 3-12 tahun. Untuk anak dibawah 3 tahun gratis.

5.  Harga tiket masuk Combo (Park Hopper) ke Singapore Zoo, River Safari, Night Safari atau Jurong Bird Park
Apabila berminat Park hopper ke semua tempat satwa marga satwa seperti Singapore Zoo, River Safari, Night Safari, Jurong Bird Park maka kamu perlu untuk menyiapkan budget lebih. Keuntungan membeli paketan yaitu kamu bisa mendapat harga lebih murah dibanding beli terpisah. Dengan membeli park hopper kamu bisa hemat hingga 50 persen dan ditambah lagi hemat 5 persen apabila beli secara online. Berikut adalah gambaran harga tiket masuk untuk park hopper (combo) ke Singapore Wildlife Reserve.
Salah satu binatang di Singapore Zoo

a. 2 Park Hopper. Tiket ini cocok apabila kamu hendak membeli paket kombo ke dua area kebun binatang yang dapat kamu pilih sesuai keinginan. Harga tiketnya mulai dari 55-65 SGD untuk dewasa dan 35-45 SGD untuk anak-anak usia 3-12 tahun. Untuk anak dibawah 3 tahun gratis. Dengan membeli kombo kamu bisa menghemat sekitar 17 persen dari harga normal. 
b. 4 Park Hopper. Tiket ini cocok apabila kamu hendak membeli paket kombo ke semua area kebun binatang yang dapat kamu pilih sesuai keinginan. Harga tiketnya yaitu 78 SGD untuk dewasa dan 58 SGD untuk anak-anak usia 3-12 tahun. Untuk anak dibawah 3 tahun gratis. Dengan membeli kombo kamu bisa menghemat sekitar 50 persen dari harga normal. 
c. Park Hopper Plus. Tiket ini cocok apabila kamu hendak membeli paket kombo ke semua area kebun binatang yang dapat kamu pilih sesuai keinginan. Harga tiketnya yaitu 88 SGD untuk dewasa dan 68 SGD untuk anak-anak usia 3-12 tahun. Untuk anak dibawah 3 tahun gratis. Kelebihan Park Hopper plus dengan 4 Park hopper yaitu harga sudah termasuk naik tram, naik boat dan carousel di area kebun binatang Singapura.
Salah satu aquarium di River Safari, Singapura



6.  Alamat dan waktu beroperasi Singapore Zoo, River Safari dan Night Safari
Untuk Singapore Zoo, River Safari dan Night Safari beralamat di jalan 80 Mandai Lake Rd, Singapore 729826. Kebun binatang Singapore Zoo dan River Safari  buka setiap hari dan sepanjang tahun dari jam 10 pagi sampai jam 7 malam. Sedangkan untuk Night Safari buka setiap hari dan sepanjang tahun dari jam 7:15 malam sampai jam 11:15 malam.
Salah satu primata di Singapore Zoo

7.  Alamat dan waktu beroperasi Jurong Bird Park
Untuk Jurong Bird Park beralamat di jalan 2 Jurong Hill, Singapore 628925. Tempat ini beroperasi dari jam 8:30 pagi hingga jam 6 sore.

8. Transportasi Umum menuju ke Singapore Zoo, River Savari dan Night Safari
a. Naik MRT Jalur North-South (Red) line turun di stasiun Choa Chu Kang (NS4) kemudian sambung naik bus nomer 927.
b. Naik MRT Jalur North-South (Red) line turun di stasiun Ang Mo Kio (NS16) kemudian sambung naik bus nomer 138.
c. Naik MRT Jalur North-South (Red) line turun di stasiun Marsiling (NS8) kemudian sambung naik bus nomer 926 (beroperasi hanya di akhir pekan dan hari libur saja)
d. Naik MRT Jalur North-South (Red) line turun di stasiun Woodlands (NS9) kemudian sambung naik bus nomer 926 (beroperasi hanya di akhir pekan dan hari libur saja)
Ini terminal bus di Choa Chu Kang tempat menunggu bus 927 ke Singapore Zoo



9.  Transportasi Alternatif menuju ke Singapore Zoo, River Savari dan Night Safari
a.  Naik taksi dari pusat kota sekitar 30 menit. Untuk ongkosnya tergantung kondisi jalan raya.
b.  Alternatif lebih mudahnya kamu dapat naik bus langsung yang tiket busnya bisa dibeli di Safari Gate Suntec City (#0-330) dan Safari Gate Singapore Flyer (#01-06). Apabila kamu naik bus ini ongkos sekali jalan yaitu 7 SGD, sedangkan untuk pulang pergi yaitu 12 SGD, baik untuk tiket anak maupun dewasa. Apabila kamu hendak naik bus ini untuk kedua tujuan yaitu Jurong Bird Park dan Singapore Zoo tarif untuk pulang perginya yaitu sebesar 19 SGD.
Transportasi umum di Singapura
10. Transportasi Umum menuju ke Jurong Bird Park
Kamu bisa naik MRT East West Line (green) line turun di stasiun Boon Lay (EW27) kemudian sambung naik bus nomer 194 dari Boon Lay bus interchange.
MRT di Singapura
Alternatif lebih mudahnya kamu dapat naik bus langsung yang tiket busnya bisa dibeli di Safari Gate Suntec City (#0-330) dan Safari Gate Singapore Flyer (#01-06). Apabila kamu naik bus ini ongkos sekali jalan yaitu 7 SGD, sedangkan untuk pulang pergi yaitu 12 SGD, baik untuk tiket anak maupun dewasa. Apabila kamu hendak naik bus ini untuk kedua tujuan yaitu Jurong Bird Park dan Singapore Zoo tarif untuk pulang perginya yaitu sebesar 19 SGD.

11. Bawalah identitas diri atau paspor khususnya anak dibawah 3 tahun.
Bawalah paspor sebagai identitas diri khususnya apabila kamu membawa anak dibawah 3 tahun. Hal ini penting untuk verifikasi oleh petugas penjaga loket untuk menunjukan kebenaran bahwa anak kecil yang kita bawa benar berusia dibawah 3 tahun sehingga gratis atau tidak dikenakan biaya masuk. Jangan sampai terjadi karena kamu tidak membawa identitas diri untuk anak dibawah 3 tahun sehingga kamu diharuskan untuk membayar harga tiket masuk untuk anak diatas 3 tahun. Karena hal ini juga janganlah coba-coba untuk mengakali umur anak ya agar bisa gratis.
"Selingan iklan"
Telah Terbit Buku Karya Saya Yang Berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina.
Telah terbit buku karya saya yang berjudul Overland. Penasaran bagaimana Trilogy buku ini? Baca Sinopsis lengkapnya disini : Buku Trilogy Overland - Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Sebuah memoar perjalanan jalur darat melintasi perbatasan 13 negara Asia Tenggara dan Daratan Cina.
Untuk teman-teman yang mau order atau tanya informasi detailnya boleh direct whatsapp ya +6287887874709. Bisa juga DM Instagram @travelographers,  beli di website Leutikaprio atau di link marketplace ini ya.
* Tokopedia
* Shopee
* Bukalapak





12. Berapa hari waktu yang diperlukan untuk menjelajah Singapore Wildlife Reserve
Sejujurnya dari pengalaman kami maksimal 2 tempat saja yang dapat kamu kunjungi dalam satu hari. Rekomendasi kami yaitu 1 hari untuk Singapore Zoo dan River Safari atau 1/2 hari untuk Jurong Bird Park dan 1/2 hari untuk ke Safari Night. Idealnya untuk ke empat kebun binatnang ini adalah 2 hari.

Harimau putih yang bisa dijumpai di Singapore Zoo

Kuda nil yang bisa dijumpai di Singapore Zoo

Beberapa hewan yang bisa dijumpai di Singapore Zoo


Pinguin yang bisa dijumpai di Singapore Zoo

 Jika fisik kamu kuat sebenarnya bisa saja dalam satu hari yang sama kamu dapat merencanakan pagi hari ke Singapore Zoo, sore harinya ke River Safari kemudian pada malam harinya ke Safari Night. Namun apabila kamu liburan kesini bersama keluarga dan anak kecil maka jangan dipaksakan dalam 1 hari yang sama karena fisik akan terasa lelah sekali.

Pintu masuk ke River Safari di Singapura


River Safari di Singapura

River Safari di Singapura

Kolam Buaya di River Safari Singapura

River Safari di Singapura
Apabila kamu memiliki waktu terbatas semisal hanya satu hari maka dari 4 kebun binatang di Singapore Wildlife Reserve tersebut baiknya kamu hanya memilih untuk ke dua tempat saja. Jika kamu memiliki rencana untuk mengunjungi keempat kebun binatang ini agar fisik tidak terlalu drop dan waktu lebih efesien apabila kamu rencana mengikuti Safari Night rasanya bisa mempertimbangkan penginapan dengan lokasi yang berdekatan dengan tempat Safari Night ini.

13. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Singapore Zoo, River Safari, Night Safari dan Jurong Bird Park
Jika memungkinkan rencanakan atau hindari pergi ke Singapore Zoo, River Safari, Night Safari dan Jurong Bird Park  di akhir pekan atau long weekend karena tentunya akan lebih ramai dan lebih panjang antreannya. Namun berhubung tempat ini adalah wisata untuk liburan keluarga umumnya akan ramai dikunjungi di saat liburan sekolah. Untuk liburan sekolah di Malaysia dan Singapura sendiri yaitu sekitar pertengahan November sampai akhir Desember, jadi di dua bulan ini pastinya Singapore Zoo, River Safari, Night Safari dan Jurong Bird Park akan ramai dikunjungi. 
Suasana Singapore Zoo yang dibuat terasa begitu alami

Singa yang bisa dijumpai di Singapore Zoo

Zebra yang bisa dijumpai di Singapore Zoo



Badak yang bisa dijumpai di Singapore Zoo
Namun jika kami tidak ada pilihan selain liburan di libur anak sekolah yaitu menyamakan dengan jadwal liburan anak maka jadwalkan datang ke Singapore Zoo, River Safari, Night Safari dan Jurong Bird Park lebih awal sehingga di saat kondisi belum terlalu ramai kamu sekeluarga bisa menikmati kebun binatang ini dengan kondisi yang lebih nyaman.
Beruang kutub di Singapore Zoo

Kandang Beruang Kutub di Singapore Zoo

14. The Giant Panda Forest ada di River Safari
Kandang Panda di River Safari Singapura dikenal dengan nama The Giant Panda Forest yang di dalamnya dibuat menyerupai hutan dalam bio-dome kubah raksasa dimana suhunya diatur sedemikian rupa sehingga selalu berada di rentang 18-22 derajat Celcius agar sesuai dengan habitat aslinya di China. Di dalamnya terdapat 2 ekor Panda bernama Kai-kai Panda jantan yang periang dan suka berada di luar ruang serta Jia-jia Panda betina yang pendiam dan pemalu. Tidak hanya itu masih di  The Giant Panda Forest yang sama kamu juga bisa melihat panda merah yang lucu dan gesit yang akan memberimu sebuah pengalaman menarik bisa melihat hewan Panda secara nyata. 

The Giant Panda Forest di Safari River, Singapura


The Giant Panda Forest di Safari River, Singapura



15.  Mama Panda Kitchen di River Safari
Setelah berkunjung ke rumah panda, sempatkanlah untuk mencoba beberapa kuliner  di Mama Panda Kitchen di River Safari yang menjual beberapa jenis makanan dan minuman yang khas disini diantaranya Panda Pau, fried wanton, wanton ramen, chicken and mashroom Bamboo Rice khas chinese szenchuan.  Untuk minumannya cobalah giant panda cappuccino. Untuk harganya cukup mahal untuk kocek orang Indonesia yaitu kisaran 5.9 SGD hingga 16.9 SGD. Makanan yang paling murah yaitu Panda Pau yang dijual sekitar 2.9 SGD dan secangkir kopi cappuccino yaitu seharga 5.9 SGD.
Mama Panda Kitchen di dalam River Safari

Kursi dan meja di dalam restorannya lucu karena berdesain dan bertema panda.

Ini sebagian menu yang kami pesan di Mama Panda Kitchen, wajib coba Pau ini!

16.  Amazon River Quest di River Safari
Ini adalah salah satu wahana permainan yang sangat kami rekomendasi apabila kamu berkunjung ke River Safari. Untuk bisa naik ke wahana ini kamu harus membeli tiket tambahan baik secara on the spot disana maupun sudah kamu pesan secara online sebelumnya bersamaan ketika kamu membeli tiket masuk Singapore Wildlife Reserve lainnya. Untuk tiket naik perahu ini yaitu 5 SGD untuk dewasa sedangkan anak-anak yaitu 3 SGD.
Amazon River Quest wajib kamu coba di River Safari
Pengalaman seru melihat beragam binatang dari atas perahu di Amazon River Quest
Wahana permainan ini kamu akan naik sebuah perahu untuk mengelilingi sebuah kawasan kebun binatang yang di-setting berada di pinggir sungai kecil yang mengalir. Pengalaman serunya dari atas perahu kita bisa melihat berbagai binatang yang ada disini seperti di habitat aslinya. Durasi naik perahunya sekitar 10 menit, dari pengalaman kami datanglah pada sore hari ketika antreannya sudah mulai sedikit dan tidak terlalu panjang. Untuk anak-anak dengan tinggi dibawah 1.06 meter dan ibu yang sedang mengandung tidak diperbolehkan untuk naik.

17. Reservoir Cruise di River Safari
Yang perlu kamu ketahui reservoir cruise di RIver Safari itu berbeda dengan Amazon River Quest. Untuk Reservoir Cruise kamu tidak perlu membayar lagi untuk naik perahu sedangkan wahana Amazon River Quest yaitu 5 SGD untuk dewasa sedangkan anak-anak yaitu 3 SGD. Perbedaannya untuk Reservoir Cruise kamu anak naik sebuah perahu dengan ukuran lebih besar untuk berkeliling kawasan danau dan menikmati pemandangan di sepanjang Selatar Reservoir.
Reservoir di River Safari
Reservoir Cruise di River Safari Singapura
18.  Safari Adventure Tour di Night Safari
Ada sebuah paket khusus di Night Safari yang menawarkan berkeliling kebun binatang pada malam hari dengan naik mobil buggy dan ditemani oleh pemandu khusus yang dapat menjelaskan tentang semua hewan yang ada disini. Jika kamu kesini sebagai wisata edukasi dan untuk mempelajari keberagaman hayati dan binatang rasanya paket ini bisa kamu coba. Namun sayangnya paket ini terpisah tidak termasuk dari harga tiket masuk awal, untuk mengikuti tour ini dikenakan biaya tambahan sebesar 138 SGD untuk dewasa dan 85 SGD untuk anak-anak. Waktu tournya yaitu dari jam 7:15 malam sampai jam 9:15 malam.
Night Safari di Singapura (pic wrs.com.sg)



19.  Safari Adventure Tour di Night Safari
Ada sebuah paket khusus di Night Safari yang menawarkan berkeliling kebun binatang pada malam hari dengan naik mobil buggy dan ditemani oleh pemandu khusus yang dapat menjelaskan tentang semua hewan yang ada disini. Jika kamu kesini sebagai wisata edukasi dan untuk mempelajari keberagaman hayati dan binatang rasanya paket ini bisa kamu coba. Namun sayangnya paket ini terpisah tidak termasuk dari harga tiket masuk awal, untuk mengikuti tour ini dikenakan biaya tambahan sebesar 138 SGD untuk dewasa dan 85 SGD untuk anak-anak. Waktu tournya yaitu dari jam 7:15 malam sampai jam 9:15 malam.

20. Tram (kereta keliling kebun binatang)
Sebenarnya ada fasilitas tram atau kereta kecil yang bisa membawamu berkeliling kawasan kebun binatang Singapore Zoo atau Jurong Bird Park. Namun untuk bisa naik tram tersebut ada biaya tambahan yang harus kamu bayar. Tiket masuk yang sudah masuk tram hanya tipe Park Hopper Plus saja.
Tram sebagai shuttle untuk keliling kebun binatang

21.  Stroller di area Kebun Binatang
Apabila kamu berwisata bersama keluarga dan membawa anak kecil sebaiknya bawa stroller sendiri sehingga anak bisa beristirahat ketika lelah. Kondisi jalan disini ramah untuk stroller. Namun apabila kamu hendak naik tram (kereta keliling kebun binatang) jangan lupa untuk di lipat terlebih dahulu untuk kenyamanan penumpang tram lainnya. 
Ada rental stroller di Singapore Zoo

22.  Bolehkah memberi makan hewan?
Yang kamu perlu kamu ketahui Singapura adalah negara yang sangat taat hukum dan peraturan. Dan di semua kebun binatang di Singapura ada larangan untuk tidak boleh memberikan makanan kepada hewan yang ada disini.
Tapi cobalah cek brosur yang kamu dapat untuk melihat jadwal sesi dan lokasi kandang untuk feed the animal yaitu memberi makan kepada hewan. Beberapa jadwal yang kami rekomendasikan untuk dikunjungi di Singapore Zoo diantaranya memberi makan gajah di area Elephants of Asia pada jam 9:15 pagi, 1:30 siang dan jam 4:30 sore. Untuk memberi makan jerapah bisa datang ke area Wild Africa pada jam 10.45 pagi, 1:50 siang dan 3:45 sore. Untuk jadwal memberi makan kambing ada di area Rainforest Kidzworld pada jam 11:30 pagi dan jam 3:30 sore. 
Jerapah yang bisa dijumpai di Singapore Zoo
Untuk jadwal memberi makan baboon hamadryas bisa di area kandang Great Rift Valley of Ethiopia pada jam 2:30 sore dan 5 sore. Satu lagi yaitu jadwal memberi makan badak putih di area Wild Africa pada jam 1:15 siang. Hanya di sesi inilah kamu dapat memberi makan binatang dengan makanan yang telah disediakan oleh pengelola Singapore Wildlife Zoo atau yang telah kamu beli di loket yang telah disediakan disini.
Memberi makanan burung di Jurong Bird Park (pic wrs.com.sg)



23.  Rekomendasi tempat penginapan
Apabila kamu berencana untuk Park Hopper selama 2 hari dan mengikuti safari night maka kami sarankan bisa mencari penginapan yang dekat dengan kawasan Singapore Zoo. Namun apabila kamu hanya sehari saja rasanya menginap di pusat kota Singapura saja tidak masalah karena akses transportasinya terbilang banyak pilihan dan nyaman. Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya kami sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Singapura, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral kami di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher hingga 40 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan.
Secara lokasi dan budget untuk menginap di apartemen lewat airbnb ini sangat cocok apabila kamu liburan bersama keluarga dan membawa serta anak-anak atau orang tua yang sudah lansia. Karena ukuran apartemennya lebih besar jadi satu unit bisa menampung semua anggota keluarga jadinya kalau dihitung-hitung biaya menginapnya per keluarga jadi terbilang terjangkau. Untuk bisa lebih hemat lagi kamu bisa daftar airbnb dan pakai kode referral kami ya untuk mendapatkan voucher diskon hingga 40 USD!

baca Info, review dan tips lengkap tentang airbnb disini : 30 Tips dan Review lengkap menginap di Airbnb, Ini Kelebihan dan kekurangannya
24.   Usia yang cocok untuk ke kebun binatang
Dari pengalaman kami liburan keluarga dengan membawa balita dan orang tua yang sudah lansia rasanya Kebun binatang di Singapura sangat cocok untuk liburan bersama keluarga dari berbagai kalangan usia. Untuk pengenalan dini terhadap keberagaman binatang anak dibawah 2 tahun pun sudah cocok untuk dibawa ke kebun binatang. Jadi salah satu tempat yang cocok untuk belajar hal baru dan baik untuk perkembangan dan kecerdasan anak.
Anak kecil yang sedang melihat Cheetah yang bisa dijumpai di Singapore Zoo

25.  Membawa Makanan dan Minuman dari luar dan Tempat makan/ Restoran di dalam Singapore Wildlife Reserve
Hampir semua tempat wisata pasti harga makanan di dalam arena permainan lebih mahal dibanding beli di luar. Namun pada umumnya hampir semua arena taman bermain ada peraturan tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar. Namun berbeda dengan wahana rekreasi lainnya disini pengunjung di bebaskan membawa makanan dari luar.
Kalau kami sendiri berhubung liburan bersama keluarga yang membawa 3 anak kecil dan lansia tentunya untuk menghemat pengeluaran kami membawa bekal air putih/mineral dan beberapa cemilan khususnya untuk anak.
Jika mau bawa makanan berat baiknya bwalah makanan yang tahan lama, tidak cepat basi dan kering. Cara ini cocok bagi kamu yang memiliki budget terbatas dan ingin berhemat, mengingat harga makanan dan minuman dalam taman bermain cukup mahal. Kalau kami sendiri ketika berada di Singapore Zoo makan KFC karena terbilang halal.



26.  Ambil Brosur dan catat jadwal pertunjukannya
Setibanya di dalam kawasan kebun binatang umumnya kamu akan diberi sebuah brosur yang berisi peta atau denah kebun binatang. Kami sarankan catat juga informasi mengenai jadwal pertunjukan yang patut kamu kunjungi bersama anak dan keluarga tercinta. Datanglah 10 menit lebih awal sebelum pertunjukan dimulai agar tidak ketinggalan pertunjukan dari beberapa binatang.

27.  Makan siang bersama burung kakatua (parrots) di Jurong Bird Park
Apabila kamui memiliki budget lebih dan ingin merasakan sensasi makan siang yang berbeda maka kamu dapat mencoba untuk makan siang bersama parrots di Jurong Bird Park. Untuk bisa makan siang disini sebaiknya lakukan pemesanan terlebih dahulu karena tempat terbatas. Untuk biaya makan siangnya yaitu untuk 25 SGD dewasa dan 20 SGD untuk anak-anak usia 6 sampai 12 tahun. Waktu makan siangnya yaitu dari jam 12:30 sampai jam 2 siang setiap harinya. Untuk jadwal pertunjukan burung kakak tuanya berlangsung selama 30 menit dari jam 1 siang sampai jam 1:30 siang.

Makan siang bersama Carrot di Jurong Bird Park (pic wrs.com.sg)

28.  Pertunjukan binatang di Singapore Zoo
Ada beberapa pertunjukan di Singapore Zoo yang direkomendasikan untuk dilihat yaitu Splash safari yang berlokasi di Shaw Foundation Amphitheate dengan pilihan 2 kali pertunjukan yaitu jam 10:30 pagi dan jam 5 sore. Untuk pertunjukan Animal Friends bisa dilihat di Rainforest kidzworld amphitheatre pada jam 11 pagi dan jam 4 sore. Untuk pertunjukan rainforest fights back bisa berlokasi di Shaw Foundation Amphitheatre dengan pilihan 2 kali pertunjukan yaitu jam 12:30 siang dan jam 2:30 siang. Dan yang paling ramai yaitu pertunjukan gajah di Elephnats Work & Play di Elephants of Asia pada jam 11:30 pagi dan jam 3:30 sore.
Koala yang bisa dijumpai di Singapore Zoo

29.  Pakaian
Karena lokasinya adalah di area terbuka maka kenakan pakaian yang nyaman karena seharian kita akan banyak berjalan. Jika datang di cuaca yang panas dan terik maka persiapkan pakaian yang dapat menyerap keringat. Jika datang di musim hujan persiapkan membawa payung atau jas hujan.
Pergunakan pakaian yang nyaman ketika berkunjung ke Singapore Zoo dan River Safari



30.   Souvenir
Sebagai kenang-kenangan selain mengabadikan dalam gambar dan video kamu juga bisa membeli souvenir atau cenderamata yang dijual disini. Untuk budgetnya kisaran 5 SGD hingga ratusan SGD tergantung jenis souvenir dan jumlah yang hendak kamu beli. Saran kami belilah souvenir yang otentik yang bertemakan kebun binatang singapura yang tentunya hanya dapat ditemukan disini.

Semoga tips jalan-jalan liburan keluarga di kebun binatang di Singapura bermanfaat. Untuk tips dan panduan liburan di tempat-tempat wisata di Singapura akan kami sharing di artikel terpisah ya agar lebih rinci dan lengkap. Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang Singapore Zoo, River Safari, Night Safari dan Jurong Bird Park yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini. 


Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan. 


2 comments:

  1. Halo cik , apa tiket park hopper nya bs beli onlinee ? Atau beli di loket singapore zoo ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi theresa, mohon maaf baru terbalas karena terlewatkan komennya,utk kedepannya bisa contact akun medsos kami agar dpt fast response. namun disini kami tetap membalas krn ingin menjawab pertanyaan tersebut agar pembaca yang mencari informasi yang sama bisa membaca informasinya disini. untuk tiket bisa dibeli online maupun langsung disana, harganya sama. namun terkadang ada promo klo pembelian online jadi dapat potongan harga dan lebih hemat. keuntungan lain tidak perlu mengantre saat hendak masuk ke singapore zoo nya

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.